Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Informasi rute perjalanan dan liputan acara-acara road trip.

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 04 Feb 2019, 17:54

Sempat beberapa kali ketemu Iring2an Upacara Adat dan kami di hentikan oleh petugas yang mengawal upacara adat tersebut, saya sih senang karena jadi bisa punya dokumentasi, dan jarang sekali kami melihat hal semacam ini karena memang kami ga sering ke Pulau Bali...


Image


Image


Image


Jika melihat jam di Dashcam, ternyata kami otw ke Gilimanuk sudah jam 5 sore .........
Artinya kami cukup lama putar2 di Kuta tadi sehabis makan siang....
Tapi tidak apa2 lah yang penting anak2 puas sudah putar2 di area Kuta dan sekitar nya..hehehe...
Kapan2 kami ke Bali lagi akan menginap di sekitaran Kuta, seperti Desember 2013 saat pertama kami ke Bali menggunakan kendaraan F272 VNTurbo, yang menginap di Hard Rock Hotel..

Image
Foto : Dokumentasi Road Trip Jawa - Bali 2013

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 06 Feb 2019, 10:07

Perjalanan menuju Pelabuhan Gilimanuk via selatan sore itu bagi saya terus terang terasa membosankan, entah mungkin karena saya sudah mulai merasa bosan mengendarai mobil.. atau mugkin badan sudah terasa lelah, yang jelas kondisi jalur selatan sore itu benar2 mulai membuat saya serba salah, mau nyalip ngga bisa.. mau jalan ber iringan kok pelan banget.. dan jalanan berkelok2... itulah alasan yang membuat saya bosan..

Tapi ada yang paling menjadi alasan, yaitu harus meninggalkan pulau Bali disaat orang2 mulai berdatangan ke Pulau Bali untuk merayakan pergantian Tahun ...ini jg disinyalir jadi faktor yang paling krusial.. wkwkwkwk..

Yang jelas, perjalanan saya sore itu terasa lambat sekali.. bahkan beberaoa kali om Rendi kasih info dimama posisi dia.. dan saya lihat pergerakan om Rendi cepat sekali via jalur Utara... saya jauh tertinggal di jalur Selatan... duh kalo tau jalur selatan padat gini saya tadi akan belok ke kanan arah ke jalur utara.. tapi skarang sudah tanggung dan hari mulai gelap...

Oke kita lanjut saja terus ke Gilimanuk...

Akhir nya Om Rendi tiba duluan sekitar 45 menit sebelum akhir nya saya pun tiba di Gilimanuk.. saat itu Kami ketemuan di depan sebuah Mesjid sebelum area Pelabuhan Gilimanuk..

Lucu nya, moment pertemuan Kami itu seperti teman yang terpisah lama sekali.. padahal baru 2 hari ga jalan sama2 setelah berpisah di Lobby Hotel Amaris Teuku Umar 2 hari lalu.. hahaha.. kangen rupanya gara2 kmaren sekitar 13 harian jalan bersama sejak tanggal 14 Desember 2018 dari mulai berangkat ke Larantuka dan pulang ke Bali..

Setelah berbincang sebentar, kami langsung bergerak tak menyia2kan waktu untuk segera membeli tiket kapal.. dan ternyata pelabuhan Gilimanuk sore menjelang malam itu cukup padat.. OMG..

Kami harus antri bergerak merayap dari mulai antri tiket.. sampai antri menuju jembatan penyeberangan menuju perut Kapal Ferry.. saya lupa persis nya berapa lama.. tapi akan kita lihat di beberapa Foto Dashsam yang mencantumkan data detail jam nya..


Image

Mulai beli tiket Kapal Ferry jam 20:56....


Image

Sampai Antrian menjelang Jembatan menuju Kapal Ferry jam 21:54....



Berarti hampir 1 jam kami merayap perlahan2 di area pelabuhan itu.....

Sampai akhir nya kami benar2 mendapatkan giliran untuk bergerak maju melewati jembatan penyebrangan untuk kemudian masuk ke dapam perut Kapal Ferry...

Image


Image


Image


Proses masuk ke Kapal Ferry juga berlansung Dramatis... karena kondisi antrian yang padat, sehingga 2 kendaraan kami tidak bisa dengan leluasa berjalan beriringan, malah cenderung salip2an dengan kendaraan lain, seolah semua kendaraan ingin lebih dulu masuk walaupun ada cukup banyak petugas yang mengatur nya.

Nah saat itu kendaraan pm Rendi sudah mulai dapat giliran masuk kapal...tapi kendaraan saya belum bisa bergerak karena terhalang 1 mobil di depan.. om Rendi sempat sedikit bingung, karena sesampainya di dalam kapal, kata nya kondisi kapal hampir penuh.. nah bagaimana jika saya tidak kebagian masuk kapal ?? Brarti om Rendi sia2 sudah menunggu saya lama tadi di depan mesjid sebelum pelabuhan jika ternyata hasilnya tetap saja tidak bisa berlayar sama2 menuju Pulau Jawa.. hehehe..





Tapi akhir nya saya bisa masuk juga ke dalam Kapal Ferry.. dan merupakan mobil terakhir yang ter angkut dalam kapal yang sama dengan om Rendi.. Alhamdulillah..

Sesaat setelah mobil saya masuk..pintu segera di tutup..dan kapal pun mulai bergerak meninggalkan Perairan pulau Bali menuju Pulau Jawa..

Kami memilih stay di dalam mobil, karena saya kesulitan membangunkan pasukan untuk turun menuju ruang penumpang di atas.. begitu juga dengan pasukan om Rendi yang sudah tertidur lelap di kabin VRZ nya..

Image

Tiba di dalam Perut Kapal Ferry jam 21:56....Pas 1 jam sejak dari Loket Tiket




ImageImageImage

liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1671
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by liep » 06 Feb 2019, 11:31

F 272 wrote:
06 Feb 2019, 10:07
Image[/url]

Tiba di dalam Perut Kapal Ferry jam 21:56....Pas 1 jam sejak dari Loket Tiket




ImageImageImage
imho ini posisi mbl yg paling sy suka, paling blakang sama spt pas sy nyebrang ke lombok, enak lho posisi ini krn kita bisa buka pintu bagasi biar udara ngalir tanpa ada ac+ga diliatin org krn blakng mbl kita pas itu lgs pintu kapal, apalagi klo depan kita ada 2 truk besar, buka jendela kiri kana plus bagasi, terasa spt rmh sendiri ga ada yg bisa liat bahkan tersembunyi pandangan dr lt 2 kapal

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 06 Feb 2019, 13:28

liep wrote:
F 272 wrote:
06 Feb 2019, 10:07
Image[/url]

Tiba di dalam Perut Kapal Ferry jam 21:56....Pas 1 jam sejak dari Loket Tiket




ImageImageImage
imho ini posisi mbl yg paling sy suka, paling blakang sama spt pas sy nyebrang ke lombok, enak lho posisi ini krn kita bisa buka pintu bagasi biar udara ngalir tanpa ada ac+ga diliatin org krn blakng mbl kita pas itu lgs pintu kapal, apalagi klo depan kita ada 2 truk besar, buka jendela kiri kana plus bagasi, terasa spt rmh sendiri ga ada yg bisa liat bahkan tersembunyi pandangan dr lt 2 kapal
Nah iya betul om.. tapi kesempatan spt itu jarang2 hehehe...walaupun saya lumayan sering ngalami jg...

Tapi ada kalanya saat kita masuk kapal ferry yang kecil itu membuat kita terpaksa harus keluar dari kabin selama pelayaran, karena berbahaya jika tetap di mobil, pintu mobil ga bisa dibuka jika terjadi kecelakaan laut, kita bakalan terjebak di dalam kabin kecuali pecahin kaca om.. kapal besar pun sama, kalo kiri kanan mobil truk besar susah itu kalo ombak besar mobil2 goyang2 ..ngeri kita ketimpa ImageImageImageImageImageImage

pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by pengendiesel » 06 Feb 2019, 15:08

Setuju sama om f, di kapal feri, penumpang harusnya nggak berada di dek mobil. Karena kalo ada apa2 dengan kapalnya, lawan kita mobil/truk/bus gede2 yang bisa terlempar ke mana2...bisa2 kita koit dulu kegencet bodi kendaraan sebelum sempat tenggelam.

Saya di mobil selalu siap palu untuk mecahkan kaca dan begitu terasa ombak agak besar, langsung deh naik ke lantai 2.

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 06 Feb 2019, 15:13

pengendiesel wrote:
06 Feb 2019, 15:08
Setuju sama om f, di kapal feri, penumpang harusnya nggak berada di dek mobil. Karena kalo ada apa2 dengan kapalnya, lawan kita mobil/truk/bus gede2 yang bisa terlempar ke mana2...bisa2 kita koit dulu kegencet bodi kendaraan sebelum sempat tenggelam.

Saya di mobil selalu siap palu untuk mecahkan kaca dan begitu terasa ombak agak besar, langsung deh naik ke lantai 2.
Memang banyak himbauan dari mulai tulisan besar2 di dinding dek bawah kapal om, Tertulis besar warna merah : DILARANG BERADA DI DALAM KENDARAAN SAAT PENYEBRANGAN, DILARANG MENGHIDUPKAN MESIN DLL..

Dan memang saya juga sudah membayangkan jika terjadi kecelakaan kapal, itu kan Dek pasti gelap.. lampu mati semua, bagaimana kita mau keluar dan ke dek atas ?? lalu mau pake jaket pelampung pun tentu tak akan semudah yang di bayangkan jika kita berada di bawah..

InsyaAllah kita semua selamat dalam perjalanan ya Om... :e-pray: :e-pray:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 06 Feb 2019, 15:16

Penyebrangan dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja... dan selamat saya menyebrang di perairan ini sejak Th.2013, saya merasakan relatif lancar dengan jumlah kapal yang cukup banyak, sehingga kita hampir tidak pernah mengalami antrian kapal yang terlalu lama.

Begitu pula dengan ombak nya, selama ini saya merasakan ombak yang cukup tenang, sehingga waktu pelayaran pun cepat, 1 jam sudah mulai merapat di Pelabuhan Ketapang...

Ada hal menarik saat semua mobil mulai bersiap untuk keluar kapal malam itu.. F272 mulai bergerak perlahan keluar kapal, saat itu tiba2 saya melihat mobil nya om Rendi yak ada tanda2 untuk bergerak, saya langsung yakin om Rendi kecapean...dan pasti tertidur lelap..pulas di dalam kabin, jadi saya segera dekat dan merapat ke dekat om Rendi.. saya buka kaca saping kiri lalu minta istri untuk mengetuk kaca driver mobil om Rendi, sekejap..om Rendi langsung terbangun dan saya ajak ngobrol di Rakom.. saya ajak bercanda agar om Rendi ngga kaget..

Saya bilang saja.. : Om untung saya bangunin.. kalo ngga, om akan kebawa balik lg ke Bali.. wkwkwkwk


:big_biglaugh:









:big_biglaugh:









:big_biglaugh:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 06 Feb 2019, 15:20

Rencana kami malam itu mau kembali makan malam bersama di Warung Bik Ati 2, tempat yang kita gunakan makan bersama saat pergi menuju Pulau Bali tgl. 16 Desember 2018 lalu.. tetapi saat kami datangi, ternyata warung nya sudah tutup karena menurut petugas parkir semua menu sudah habis.. OMG.. Oke kita cari tempat lain.... dan kami pun kembali Gaspol... melewati Taman Nasional Baluran yang malam itu sepi sekali...

Image


Image

Sampai akhir nya saya dan om Rendi melipir ke sebuah SPBU yang cukup besar untuk isi SOlar sekalian ke Toilet... ternyata di SPBU itu juga banyak toko dan warung makan, akhir nya kami memutuskan untuk makan di area SPBU tersebut, tetapi saya pilih makan sate di sebarng SPBU dan om Rendi juga malah ikutan makan sate dan sop kambing hehehe... setelah itu kami kembali Gaspol.. sambil beberapa kali membuntuti Bus2 Malam yang lari nya kencang sekali... tapi walau demikian kami tetap juga sesekali salip Bus2 itu.. artinya kami lebih kencang ya wkwkwkwk..


Image


Image

liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1671
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by liep » 06 Feb 2019, 21:06

F 272 wrote:
06 Feb 2019, 15:13
pengendiesel wrote:
06 Feb 2019, 15:08
Setuju sama om f, di kapal feri, penumpang harusnya nggak berada di dek mobil. Karena kalo ada apa2 dengan kapalnya, lawan kita mobil/truk/bus gede2 yang bisa terlempar ke mana2...bisa2 kita koit dulu kegencet bodi kendaraan sebelum sempat tenggelam.

Saya di mobil selalu siap palu untuk mecahkan kaca dan begitu terasa ombak agak besar, langsung deh naik ke lantai 2.
Memang banyak himbauan dari mulai tulisan besar2 di dinding dek bawah kapal om, Tertulis besar warna merah : DILARANG BERADA DI DALAM KENDARAAN SAAT PENYEBRANGAN, DILARANG MENGHIDUPKAN MESIN DLL..

Dan memang saya juga sudah membayangkan jika terjadi kecelakaan kapal, itu kan Dek pasti gelap.. lampu mati semua, bagaimana kita mau keluar dan ke dek atas ?? lalu mau pake jaket pelampung pun tentu tak akan semudah yang di bayangkan jika kita berada di bawah..

InsyaAllah kita semua selamat dalam perjalanan ya Om... :e-pray: :e-pray:
sy sangking parnonya kmrn pas ke lombok..di bwh jok sdh siap pelampung jaket anak..pelampung punggung..pelampung tangan..pelampung ban ama pelampung sluncuran..smua siap utk anak2 tersayang..bapak ibunya yg musti renang tanpa alat klo dibutuhkan hehe
pas ombak ud keras wkt nyebrang lombok ya tpaksa naik ke dek teratas sd aman
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 07 Feb 2019, 07:23

liep wrote:
F 272 wrote:
06 Feb 2019, 15:13
pengendiesel wrote:
06 Feb 2019, 15:08
Setuju sama om f, di kapal feri, penumpang harusnya nggak berada di dek mobil. Karena kalo ada apa2 dengan kapalnya, lawan kita mobil/truk/bus gede2 yang bisa terlempar ke mana2...bisa2 kita koit dulu kegencet bodi kendaraan sebelum sempat tenggelam.

Saya di mobil selalu siap palu untuk mecahkan kaca dan begitu terasa ombak agak besar, langsung deh naik ke lantai 2.
Memang banyak himbauan dari mulai tulisan besar2 di dinding dek bawah kapal om, Tertulis besar warna merah : DILARANG BERADA DI DALAM KENDARAAN SAAT PENYEBRANGAN, DILARANG MENGHIDUPKAN MESIN DLL..

Dan memang saya juga sudah membayangkan jika terjadi kecelakaan kapal, itu kan Dek pasti gelap.. lampu mati semua, bagaimana kita mau keluar dan ke dek atas ?? lalu mau pake jaket pelampung pun tentu tak akan semudah yang di bayangkan jika kita berada di bawah..

InsyaAllah kita semua selamat dalam perjalanan ya Om... :e-pray: :e-pray:
sy sangking parnonya kmrn pas ke lombok..di bwh jok sdh siap pelampung jaket anak..pelampung punggung..pelampung tangan..pelampung ban ama pelampung sluncuran..smua siap utk anak2 tersayang..bapak ibunya yg musti renang tanpa alat klo dibutuhkan hehe
pas ombak ud keras wkt nyebrang lombok ya tpaksa naik ke dek teratas sd aman
Wkwkwkwk saya denger cerita om Liep di depan tenda Ayam Taliwang, Mataram Lombok ketawa ngakak..

Setelah om Liep bilang : nanti pake jaket pelampung nya ya Nak... trus kamu berenang gaya bebek...

Lalu anaknya om Liep teriak : Horeee Tsunami... kita bisa berenang..

OMG ImageImageImageImageImageImageImageImage

User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 587
Joined: 26 Apr 2009, 23:30
Daily Vehicle: ojol-KRL

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by omenRoo » 07 Feb 2019, 08:13

F 272 wrote:
03 Feb 2019, 07:56
Ya Begitulah..........

Di parkiran Pura Ulun Danu Batur tadi ternyata sudah menunggu om Yusuf dengan Subaru Outback AWD nya... kita emang ngga janjian alias kebetulan saja om Yusuf sedang berada di Bali dan dekat dengan posisi saya saat itu di Pura Ulun Danu Batur, ketika om Yusuf tau dari Grup WA SMRT saya ada dekat posisi beliau, maka langsung merapat....... sekali lagi inilah Keluarga besar SMRT yang senantiasa akrab dan kekeluargaan..

Setelah salaman dan ngobrol2 sebentar, kami saling tanya .. Mau kemana sekarang ..???

Lho.. sama2 bingung, waktu sudah sore menjelang malam.. Destinasi lain masih banyak yang belum di datangi.. Bagaimana kalo cari Destinasi paling dekat saja, Danau Batur !! Tapi kita ke Black Lava dulu... baru kemudian cari jalan ke Danau Batur..

Oke, semua setuju.. maka kamipun mulai bergerak mengikuti peta Google, baru berjalan beberapa Kilometer dengan rute kelokan2 tajam dan menurun menuju Kaldera.. kita sudah berhenti untuk ambil gambar hehehe.. karena view nya benar2 indah dan seakan menghipnotis siapa saja yang doyan jalan2 dengan kendaraan roda empat..inilah nuansa alam Gunung Batur dengan rute nya yang sangat menggoda hati untuk mendatanginya...

Teman2 tentu setuju dengan pendapat saya diatas.... dan lihat lah apa yang tergambar dari foto2 dibawah ini... menurut saya ini bagaikan sebuah studio....ya studio alam.. inilah keiandahan Alam Indonesia.......Negeri yang kita cintai...

:emo-photo: :emo-flowerforyou: :emo-big_love:

Image


Image


:mky_02: :mky_02: :mky_02:

Dan kami terus bergerak menuju Gunung Batur, dengan menyusuri permukaan jalan nya bervariasi, ada aspal mulus... ada gravel dan akhir nya hanya batu2an yang sudah padat karena dilalui truk setiap hari mengangkut material batu2 lava yang sudah mengering ini...

Gunung Batur
merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia.

Location : https://goo.gl/maps/Agz3GowgnsK2

Image


Image


Kaldera

Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia (van Bemmelen, 1949). Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m - 2152 m (puncak G. Abang). Di dalam kaldera I terbentuk kaldera II yang berbentuk melingkar dengan garis tengah lebih kurang 7 km. Dasar kaldera II terletak antara 120 – 300 m lebih rendah dari Undak Kintamani (dasar Kaldera I). Di dalam kaldera tersebut terdapat danau yang berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara yang panjangnya sekitar 7,5 km, lebar maksimum 2,5 km, kelilingnya sekitar 22 km dan luasnya sekitar 16 km2 yang yang dinamakan Danau Batur. Kaldera Gunung Batur diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar, 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu .

Gunung Batur terdiri dari tiga kerucut gunung api dengan masing-masing kawahnya, Batur I, Batur II dan Batur III.


Image


Image

Letusan

Lava dari letusan Gunung Batur (1926 ?) nyaris menimbun candi bentar di komplek pura.

Gunung Batur telah berkali-kali meletus. Kegiatan letusan G. Batur yang tercatat dalam sejarah dimulai sejak tahun 1804 dan letusan terakhir terjadi tahun 2000. Sejak tahun 1804 hingga 2005, Gunung Batur telah meletus sebanyak 26 kali[2] dan paling dahsyat terjadi tanggal 2 Agustus dan berakhir 21 September 1926. Pura ini masih terkenal sebagai pura yang paling indah di Bali. Pura ini dipersembahkan untuk menghormati "Dewi Danu" yakni dewi penguasa air, seperti halnya pura yang terdapat di Danau Bratan juga dipersembahkan untuk memuja "Dewi Danu".

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Batur

Image


Image


Image


Di sepanjang rute lava hitam yang mengering ini kami banyak sekali berhenti untuk mengabadikan foto & video...

Udara disekitar sinu sangat sejuk sore itu.. membuat kami betah berlama2 berada di luar kabin kendaraan...

Menikmati suasana sore yang indah di Gunung Batur..


:mky_01: :mky_02: :emo-photo: :emo-flowerforyou:


Image


Image


Image

Dan akhirnya kami tiba di sebuah Pura... itulah ujung dari rute yang bisa di capai oleh kendaraan roda empat, setidaknya saya sudah pastikan kepada beberapa orang yang saya temui di sana.. sebenarnya saya masih penasaran ingin terus masuk lebih jauh mendekat ke arah gunung Batur, tapi saat itu sudah sore menjelang malam dan tidak mungkin untuk meneruskan rencana itu, jika malam sudah tiba, semua area ini akan gelap dan saya membayangkan tidak akan mudah keluar dari area ini jika tersesat, karena jalur nya tidak ada petunjuk sama sekali baik ramu2, penerangan maupun petunjuk lain, kami hanya mengandalkan peta Google saja..

Di area komplek Pura inilah menurut orang2 yang saya temui, dulunya berdiri bangunan pura ulun danu batur yang tadi saya sempat kunjungi di dataran tinggi dibelakang sana, tapi karena Letusan Gunung Batur yang Dahsyat...maka bangunan pura nya rusak parah dan akhirnya dipindahkan ke lokasi yang jauh dari posisi Gunung Batur di atas sana.. di Lokasi yang tadi saya kunjungi.. bangunan tetap menggunakan batu yang berasal dari batuan di Gunung Batur ini..

Di area Komplek Candi ini juga saya lihat ada deretan Toilet bersih yang cukup banyak, tapi saat saya cek, banyak pintu terkunci dan ada yang tidak dikunci tapi kondisi air nya tidak bisa mengalir alias kering... Sayang sekali.. jadi untuk teman2 yang ingin mengunjungi area ini, jangan berharap menemukan Toilet yang ada air nya, kecuali pihak pengelola komplek pura sudah memperbaiki nya..


Image


Image

Kami tidak berlama2 di Lokasi ini, sebenarnya kami sudah menurunkan meja lipat, dan mau masak air untuk seduh kopi / teh hangat... tapi kita urungkan, karena saya saya lihat kondisi bagasi F272 yang amburadul.. waduhh... bongkar peralatan yang ada di container bagian bawah ini akan memakan waktu, begitu juga nanti membereskan nya..sedangkan waktu makin sore.. kalo diburu2..engga asik lah ngopi nya... oke cancel saja yah.. hehehe... meja pun kembali dimasukkan dan kami bersiap untuk menuruni track arah pulang dan berbelok ke arah danau batur...

2 kendaraan kita mulai bergerak... dan sesampainya di bawah kami berbelok ke kiri... kalau ke kanan tadi ke arah Pura Ulun Danu Batur ..

Permukaan jalan bervariasi bahkan ada sebagian yang sedikit light offroad tapi sedan om Yusuf tetap aman bisa lewat, hanya genangan2 air saja...




Setelah bergerak sejauh sekitar 3 Kilometer.. sampailah kami di persimpangan jalan... ke kanan itu aspal mulus...dan jalanan nya lumayan berkelok2 menuju Danau Batur,, rute nya agak memutar dan lebih jauh, dan ke kiri itu jalanan nya khas gravel bebatuan lava hitam yang sudah padat sama seperti jalan menuju komplek pura tadi...serta ada portal yang menghalangi mobil truk untuk tidak melalui jalur ini, rute ini lebih pendek menuju Danau Batur.. kami sempat koordinasi via Rakom, mau ke kanan atau Kiri...wkwkwkkw

Tadinya semua pasukan F272 maupun om Yusuf memilih jalur kanan, maklum sudah agak gelap.. ga lucu kalo tersesat di tengah2 area lava hitam yang ga ada petunjuk sama sekali... jalanan juga pas2am..dan ga bisa cepat.. oke kita belok kanan..............

Tapi.... sedetik kemudian, saya rem.... lalu mundur..dan belok kiri.. wkwkwkwk

dan masuk ke dalam area yang di portal tersebut...

:off_good_job: :off_good_job:


Image


Image


Kapan lagi menikmati jalur antimainstream disini... mumpung ada om Yusuf yang pake sedan AWD.. hahaha.. Kami pun masuk ke kiri..

dan sempat berhenti mengabadikan beberapa foto..

Image


Image

Setelah itu kami terus menyusuri jalanan setapak yang pas2an untuk 1 mobil... kami juga sempat deg2an bagaimana jika dari depan ada mobil ? musti cari sela2 dulu untuk bisa berpapasan dengan mulus.. sedangkan kondisi jalan agak sulit rasanya untuk cari celah tersebut... tapi beruntung sore itu kami berjalan tidak ketemu 1 mobil pun sampai ujung jalan bebatuan hitam ini..


Image


Image


Lama juga kami geal-geol di jalur itu....sekitar 20 menitan kalau lihat data jam di Dash Cam...dan makin lama makin terasa bebatuan hitam ini mulai di tumbuhi pohon2 hijau.. artinya kami sudah mulai mau keluar ke area kehidupan normal hehehe... tanda2 kehidupan pun terlihat saat kami melewati gerbang keluar...

Tepat setelah keluar gerbang dan portal kami lihat Danau Batur di kejauhan... ada semacam Restoran di sana dengan mobil2 terparkir di halaman Resto.. kami terus bergerak ke arah kiri.. menuju pusat Danau Batur ... Tujuan kami saat itu adalah Toya Devasya.. sebuah tempat pemandian air panas yang mungkin terbesar dan termegah di Danau Batur ini..

Image


Image

Jalanan nya aspal mulus berkelok2 dan saat itu banyak sekali mobil dari arah berlawanan, mereka sudah selesai wisata Danau Batur dan menuju arah pulang, sedangkan kita baru saja mau sampai...wkwkwkwk...salah waktu spertinya kita...

:mky_01: :mky_01: :mky_01:

Tak berapa lama.... tibalah kami di Toya Devasya......masuk area parkir dan saya mencari Mushola dulu utnuk menunaikan ibadah sholat Maghrib....


Toya Devasya
Location : https://goo.gl/maps/mkZk6eSziCP2


Image


Image


Saya masih dapat beberapa Foto Sunset yang masih tersisa sore itu...


:emo-photo: :emo-photo: :emo-flowerforyou: :emo-flowerforyou:

Image


Image


Loket tiket masih buka, tapi akan berakhir jam 9 malam, setelah itu kolam pemandian air panas akan di tutup... semua pengunjung diharuskan keluar karena jam oeprasional nya sudah habis... OMG... Sebentar sekali..? Padahal sih biasanya kami juga berenang paling 1 jam dan maksimal 2 jam, mustinya sih masih oke lah... tapi memang masalahnya kami tak ada niat saja untuk mandi disini karena mungkin sudah terlalu capek..waktu sudah sore ..sedangkan kami sudah jalan sejak pagi2..sekarang pun ingin nya segera masuk kamar Hotel untuk istirahat...

Oke oke..yang penting kami sudah tahu di Toya Devasya ini bagus, dan lokasi nya sudah kami datangi...... besok2 kami akan kembali ke sini lebih awal... pagi2 mungkin asik lihat kabut di Danau Batur... lalu nyemplung ke kolam air hangat..... Mantab...

Setelah berkomunikasi dengan om Yusuf, kami pun bergerak menuju Kota Denpasar dan kami berencana cari Lokasi makan malam di Kota Denpasar...

Image

Lagi2 menu Ayam Betutu andalan saya di gadang2 akan menjadi tempat makan malam kami saat itu....

Tapi ternyata lagi2 kondisi lalu-lintas yang padat yang cukup macet membuat kami tertahan lama sekali sampai akhir nya warung makan yang kami tuju keburu tutup (lagi) wkwkwkwk... Nasib...Nasib...

:mky_01: :mky_01: :mky_01: :big_childish: :big_childish: :big_comfort: :big_comfort:

Ya sudahlah.. saya akhir nya berpisah saja dengan om Yusuf karena om yusuf juga langsung otw menuju warung makan andalan sebagai alternatif dan ketika om Yusuf sampai duluan di lokasi, mengabarkan bahwa menu nya juga sudah mau habis tapi masih ada...cukup untuk om Yusuf dan keluarga makan malam... kita memang kemalaman karena lalu-lintas macet..

Oke..saya pilih lanjut saja terus menuju Kota Denpasar lagi.. sambil cari2 lokasi makan malam... seperti biasa, saya tawarkan beberapa opsi tapi pasukan F272 tidak rekomendasi..akhir nya ganti saja : Cari Hotel hehehe...dengan maksud, di Hotel saja deh kita makan nya... tinggal pesan dari kamar.. beres..

Banyak Hotel yang kami coba cari via Google maps.. dan saat itu om Rendi mengabarkan bahwa dia sudah Check in di Hotel Harris Kuta...dan menawarkan untuk bantu lakukan Pemesanan di Hotel tersebut, tapi saya bilang ga usah karena kami sudah dekat juga ke lokasi Hotel... kami saja yang melakukan check, karena kadang anak2 banyak permintaan ini itu soal kamar hehehe..khawatir salah pilih kamar nanti malah jadi ribet..

akhirnya kami tiba di Hotel Harris juga malam itu...

Location : https://goo.gl/maps/sC8oNNJdYDy

Check in dan masuk kamar yang asik sekali karena kami dapat 1 Studio Room dengan 2 kamar tidur di dalam 1 ruangan besar plus dapat ruang tengah sebagai ruang keluarga, ada dapur mini dan meja makan...

Sesaat setalah kami masuk kamar..2 cibul pun segera melakukan pemesanan Makan malam...sambil kami mandi membersihkan diri, dan stelah mandi selesai... Taraaaaaaaaa... Hidangan makan malam pun sudah datang...entah menu apa yang dipesan oleh 2 cibul.. seperti biasanya kami hanya pesan 2 sd 3 porsi saja, untuk kami santap ber 4, karena jika pesan 1 orang 1 porsi, pasti kami tak akan sanggup menghabiskan nya...dan akhir nya terbuang sia2... Oke kami makan malam dulu ya teman2.......

:big_smile] :mky_02:


Image


Image

Setelah makan malam, yang benar2 malam ...sekitar jam 10 malam, kami pun istirtahat tidur.... :angel: :e-clap:



Sampai ketemu besok pagi yaaa............



Salam Road Trip Mania.....!!!
:big_peace: :big_peace: :big_peace: :mky_02: :mky_02:
horeee.. masuk tritnya om F272. quote ah biar panjang wkwkwk.....
sejak sebelum berangkat, saya sudah minta istri atur jadwal dan tujuan setiap hari selama di bali. sambil monitor om wah dan om rendi sudah sampe mana, saya pantengin terus tuh grup hahaha.. pas om wah bilang di daerah ubud menuju gunung batur, saya juga sudah menuju gunung batur dari bedugul. senang sekali bisa ketemu teman di perjalanan. terlebih lagi di #smroadtrip semua sudah seperti sodara..

sebenernya saya sudah pernah ke gunung batur sekitar maret 2017 lalu, waktu itu sewa mobil lokal, dan saya sudah lihat2 alamnya yang bagus sekali. tapi hanya coba berendem aer panas aja di Toya Devasya dan belum ada seluncuran kayak di foto om wah.. karena kesorean dan hujan, saya gak sempat eksplor lebih banyak.

jadi pas ke bali kemarin, saya sudah cari2 destinasi sekitar gunung batur... dan muncul nama Black Lava yang bikin saya ngilerrrrr liat foto2nya. pengen rasanya bawa mobil sendiri buat foto2 di sana (orangnya gak difoto? istri saya bilang begitu hahaha)
sempat ragu juga karena dari info yang saya cari di internet dan youtube, tracknya offroad, sedangkan saya minim pengalaman offroad. agak pede karena pake AWD saja. jadi, pas ketemu om wah dan keluarga, saya senang sekali karena om wah mau ke Black Lava bareng2... jaga2 aja kalo kenapa2 kan ada temennya wkwkwk...

ternyata treknya... luar biasa....... buat saya senyum2 terus sepanjang jalan.. excited!

User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 587
Joined: 26 Apr 2009, 23:30
Daily Vehicle: ojol-KRL

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by omenRoo » 07 Feb 2019, 08:20


liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1671
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by liep » 07 Feb 2019, 09:02

F 272 wrote:
07 Feb 2019, 07:23
Wkwkwkwk saya denger cerita om Liep di depan tenda Ayam Taliwang, Mataram Lombok ketawa ngakak..

Setelah om Liep bilang : nanti pake jaket pelampung nya ya Nak... trus kamu berenang gaya bebek...

Lalu anaknya om Liep teriak : Horeee Tsunami... kita bisa berenang..

OMG Image Image Image Image ImageImage Image Image
wah hebat om wah msh inget aj...ud bisik2 pelan eh anak teriak hore tsunami bikin malu aj hehehe

tp betul sy sempat stres pas 2th lalu ke bali nyebrang...krn parno 2anak dan istri smua ga bisa renang..otak ini sdh mikir siapa yg bakal saya bawa klo ad masalah di kapal...musti milih salah 1...akhirnya 1th lalu sy leskan anak sulung dan bini renang. smua sdh bisa renang 2 sd 4gaya. aman. pas kmrn nyebrang jd sdh beda otaknya lbih tenang dikit

akur79
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: 21 Jan 2014, 09:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by akur79 » 07 Feb 2019, 10:36

liep wrote:
07 Feb 2019, 09:02
F 272 wrote:
07 Feb 2019, 07:23
Wkwkwkwk saya denger cerita om Liep di depan tenda Ayam Taliwang, Mataram Lombok ketawa ngakak..

Setelah om Liep bilang : nanti pake jaket pelampung nya ya Nak... trus kamu berenang gaya bebek...

Lalu anaknya om Liep teriak : Horeee Tsunami... kita bisa berenang..

OMG Image Image Image Image ImageImage Image Image
wah hebat om wah msh inget aj...ud bisik2 pelan eh anak teriak hore tsunami bikin malu aj hehehe

tp betul sy sempat stres pas 2th lalu ke bali nyebrang...krn parno 2anak dan istri smua ga bisa renang..otak ini sdh mikir siapa yg bakal saya bawa klo ad masalah di kapal...musti milih salah 1...akhirnya 1th lalu sy leskan anak sulung dan bini renang. smua sdh bisa renang 2 sd 4gaya. aman. pas kmrn nyebrang jd sdh beda otaknya lbih tenang dikit
wkwkwkwkw mantap om.. sampai sempat2nya kepikiran dan akhirnya memberikan les renang ke anak dan istri..
selalu jaga2 dikondisi yang gak terduga.. :big_exellent:

udah lama sy gak nyebrang ke bali.. gara2 fotonya [email protected] bikin pengen trip kesana lagi

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 07 Feb 2019, 11:19

akur79 wrote:
07 Feb 2019, 10:36
liep wrote:
07 Feb 2019, 09:02
F 272 wrote:
07 Feb 2019, 07:23
Wkwkwkwk saya denger cerita om Liep di depan tenda Ayam Taliwang, Mataram Lombok ketawa ngakak..

Setelah om Liep bilang : nanti pake jaket pelampung nya ya Nak... trus kamu berenang gaya bebek...

Lalu anaknya om Liep teriak : Horeee Tsunami... kita bisa berenang..

OMG Image Image Image Image ImageImage Image Image
wah hebat om wah msh inget aj...ud bisik2 pelan eh anak teriak hore tsunami bikin malu aj hehehe

tp betul sy sempat stres pas 2th lalu ke bali nyebrang...krn parno 2anak dan istri smua ga bisa renang..otak ini sdh mikir siapa yg bakal saya bawa klo ad masalah di kapal...musti milih salah 1...akhirnya 1th lalu sy leskan anak sulung dan bini renang. smua sdh bisa renang 2 sd 4gaya. aman. pas kmrn nyebrang jd sdh beda otaknya lbih tenang dikit
wkwkwkwkw mantap om.. sampai sempat2nya kepikiran dan akhirnya memberikan les renang ke anak dan istri..
selalu jaga2 dikondisi yang gak terduga.. :big_exellent:

udah lama sy gak nyebrang ke bali.. gara2 fotonya [email protected] bikin pengen trip kesana lagi

Hahahahaha... Saya juga seneng banget tampilkan foto2 Bali om.. eksotis banget...
Sebener nya foto2 nya banyak banget cuma kalo saya tampilkan semua bakalan meleduk nanti server nya hehehe...

Ayooo jalan2 om ke Bali... kemarin juga anak2 pengen nya tambah nginapnya barang 1 sd 2 hari di Bali, tapi saya udah kehabisan tenaga dan khawatir malah sudah tambah hari, mereka malah makin ogah pulang... hahahaha bahaya banget itu...

Tapi saya kmaren2 sempat rencanakan ke Bali lagi dalam waktu dekat, dengan Rute yang express.. Bogor langsung Cuss Bali, stay 3 malam.. langsung Cuss Bali to Bogor lagi... entah kapan itu... tapi pasti kami jalan .. No Road Trip, No Life........

:mky_08: :mky_08: :mky_08: :mky_01: :mky_01: :mky_02: :mky_02:

liep wrote:
07 Feb 2019, 09:02
F 272 wrote:
07 Feb 2019, 07:23
Wkwkwkwk saya denger cerita om Liep di depan tenda Ayam Taliwang, Mataram Lombok ketawa ngakak..

Setelah om Liep bilang : nanti pake jaket pelampung nya ya Nak... trus kamu berenang gaya bebek...

Lalu anaknya om Liep teriak : Horeee Tsunami... kita bisa berenang..

OMG Image Image Image Image ImageImage Image Image
wah hebat om wah msh inget aj...ud bisik2 pelan eh anak teriak hore tsunami bikin malu aj hehehe

tp betul sy sempat stres pas 2th lalu ke bali nyebrang...krn parno 2anak dan istri smua ga bisa renang..otak ini sdh mikir siapa yg bakal saya bawa klo ad masalah di kapal...musti milih salah 1...akhirnya 1th lalu sy leskan anak sulung dan bini renang. smua sdh bisa renang 2 sd 4gaya. aman. pas kmrn nyebrang jd sdh beda otaknya lbih tenang dikit
Widih... semaksimal mungkin itu persiapan nya, kapan2 kita jalan barengan yah om...

Saya sih ngga pernah ngebut2 om...santaaaaii banget apalagi kalo lewat daerah yang indah2 kayak Bali... hehehe..

(Bali mulu nih...bahaya dah...) :mky_01: :emo-big_love: :emo-flowerforyou:

liep wrote:
07 Feb 2019, 09:02
F 272 wrote:
07 Feb 2019, 07:23
Wkwkwkwk saya denger cerita om Liep di depan tenda Ayam Taliwang, Mataram Lombok ketawa ngakak..

Setelah om Liep bilang : nanti pake jaket pelampung nya ya Nak... trus kamu berenang gaya bebek...

Lalu anaknya om Liep teriak : Horeee Tsunami... kita bisa berenang..

OMG Image Image Image Image ImageImage Image Image
wah hebat om wah msh inget aj...ud bisik2 pelan eh anak teriak hore tsunami bikin malu aj hehehe

tp betul sy sempat stres pas 2th lalu ke bali nyebrang...krn parno 2anak dan istri smua ga bisa renang..otak ini sdh mikir siapa yg bakal saya bawa klo ad masalah di kapal...musti milih salah 1...akhirnya 1th lalu sy leskan anak sulung dan bini renang. smua sdh bisa renang 2 sd 4gaya. aman. pas kmrn nyebrang jd sdh beda otaknya lbih tenang dikit
Soalnya saya denger nya antara Lucu, ngeri, dan gimana yah... campur2 om sata om cerita itu..
dan ada 1 hal yang terjadi juga saat itu... gara2 kita ngobrol, saya kecolongan dekat tenda ayam taliwang malam itu

Lho..... kecolongan apa..???

Anu om....... istri saya belanja Mutiara ke pedagang asongan yang nunggu sejak saya mulai makan... wkwkwkwk
Padahal saya udah wanti2... "Awas jangan beli2 mutiara lagi, kmaren (Des 2015) saya belikan di GEM Pearl yang asli, dan mahal, eh hilang entah kemana...." cerita nya cincin mutiara itu dipake ke acara Resepsi di sebuah gedung pernikahan... tau2 saya lihat cincin nya udah sisa pengikat nya saja, sedangkan mata mutiara nya tidak ada, mugnkin jatuh entah kemana, artinya itu mutiara bulat mudah lepas dari lingkar cincin logam nya.. padahal saya beli lumayan lho segeluntung itu 2,5jt.. OMG....

Nah tau2 pas kita ngobrol...... eh dia beli lagi..kali ini beli nya 1 set.. gelang, cincin, kalung... Mateeee deh aneee..

:big_slap: :big_childish: :big_comfort: :big_cry: :big_dunno: :big_bored:

Saya tau nya saat ada catatan pengeluaran di WA.. :mky_04:
omenRoo wrote:
07 Feb 2019, 08:20


Keren...kontras banget yah foto nya...saya kayak terbang hahaha..
omenRoo wrote:
07 Feb 2019, 08:13
- cut ah..kepanjangan... - :upss: :thanks:


horeee.. masuk tritnya om F272. quote ah biar panjang wkwkwk.....
sejak sebelum berangkat, saya sudah minta istri atur jadwal dan tujuan setiap hari selama di bali. sambil monitor om wah dan om rendi sudah sampe mana, saya pantengin terus tuh grup hahaha.. pas om wah bilang di daerah ubud menuju gunung batur, saya juga sudah menuju gunung batur dari bedugul. senang sekali bisa ketemu teman di perjalanan. terlebih lagi di #smroadtrip semua sudah seperti sodara..

sebenernya saya sudah pernah ke gunung batur sekitar maret 2017 lalu, waktu itu sewa mobil lokal, dan saya sudah lihat2 alamnya yang bagus sekali. tapi hanya coba berendem aer panas aja di Toya Devasya dan belum ada seluncuran kayak di foto om wah.. karena kesorean dan hujan, saya gak sempat eksplor lebih banyak.

jadi pas ke bali kemarin, saya sudah cari2 destinasi sekitar gunung batur... dan muncul nama Black Lava yang bikin saya ngilerrrrr liat foto2nya. pengen rasanya bawa mobil sendiri buat foto2 di sana (orangnya gak difoto? istri saya bilang begitu hahaha)
sempat ragu juga karena dari info yang saya cari di internet dan youtube, tracknya offroad, sedangkan saya minim pengalaman offroad. agak pede karena pake AWD saja. jadi, pas ketemu om wah dan keluarga, saya senang sekali karena om wah mau ke Black Lava bareng2... jaga2 aja kalo kenapa2 kan ada temennya wkwkwk...

ternyata treknya... luar biasa....... buat saya senyum2 terus sepanjang jalan.. excited!
Sebuah kesempatan langka sih kita keluarga besar #SMRT #SMRoadTrip bisa ketmuan di Bali walaupun kita engga sempat makan malam bareng ya om Yusuf... semoga tahun depan kita bisa ulang... dan jelajah nya lebih luas lagi... bahkan berharap bisa ajak teman2 lebih banyak lagi jalan2 kesana ..

Kasih 1 foto lagi ah....

Image

:mky_02: :mky_02:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 07 Feb 2019, 11:57

F 272 wrote:
06 Feb 2019, 15:20
Rencana kami malam itu mau kembali makan malam bersama di Warung Bik Ati 2, tempat yang kita gunakan makan bersama saat pergi menuju Pulau Bali tgl. 16 Desember 2018 lalu.. tetapi saat kami datangi, ternyata warung nya sudah tutup karena menurut petugas parkir semua menu sudah habis.. OMG.. Oke kita cari tempat lain.... dan kami pun kembali Gaspol... melewati Taman Nasional Baluran yang malam itu sepi sekali...

- cut -

Sampai akhir nya saya dan om Rendi melipir ke sebuah SPBU yang cukup besar untuk isi SOlar sekalian ke Toilet... ternyata di SPBU itu juga banyak toko dan warung makan, akhir nya kami memutuskan untuk makan di area SPBU tersebut, tetapi saya pilih makan sate di sebarng SPBU dan om Rendi juga malah ikutan makan sate dan sop kambing hehehe... setelah itu kami kembali Gaspol.. sambil beberapa kali membuntuti Bus2 Malam yang lari nya kencang sekali... tapi walau demikian kami tetap juga sesekali salip Bus2 itu.. artinya kami lebih kencang ya wkwkwkwk..

- cut -
Lanjut cerita Perjalanan dulu aah.... Sedikit lagi nih tanggung... hehehe...


Tujuan perhentian berikutnya adalah : SPBU Utama Raya

Location : https://goo.gl/maps/UGp31VaMXfp

disini rencananya kami mau rehat sejenak menunggu waktu Subuh..
Saya lupa jam berapa tepatnya tiba di SPBU Utama Raya, mungkin sekitar jam 2 pagi...

Ya, ternyata Hari sudah berganti.....
Hari ke 16 : Sabtu 29 Desember 2018

Setiba nya di area SPBU Utama Raya, ternyata pengunjung cukup padat, semua area parkir terisi penuh sehingga kami harus melewatinya sampai ke spot perhentian kami saat berangkat ke Bali beberapa hari yang lalu, bahkan spot itupun tetap penuh...kami tarus maju jauh ke dalam, sampai di samping kamar villa..ada space parkir untuk 2 kendaraan... akhirnya saya dan om Rendi parkir di space itu, setelah itu saya dan istri ke Toilet dan sholat di Mesjid yang sangat bersih sekali... disini Toilet nya VIP, bisa mandi juga.. setelah itu saya kembali ke MObil dan mencoba menanyakan ke Om Rendi.. :

Bagaimana om..mau pesan kamar ? atau stay di Mobil sampai pagi..?
Ternyata om Rendi bilang pilih stay di Mobil saja...kalo om Wah mau ke kamar engga apa2...

Saya pun akhir nya memilih istirahat di mobil juga sampai jam 5 pagi..lumayan ada 3 jam untuk rehat memejamkan mata, kalo 2 cibul sih memang sudah lelap sejak jam 11 an tadi...sempat bangun makan sate dan tongseng di SPBU.. hehehe..

Saya tidak punya dokumentasi selama di SPBU Utama Raya, tapi saya punya 2 Foto saat pagi2 terbangun lalu sholat subuh di mesjid Utama Raya.. dan memesan Kopi panas...

Image


Image

Semua pasukan pun bangun dan segera menuju mesjid, karena sebentar lagi kita akan segera bergerak melanjutkan perjalanan menuju pulang ke rumah... Horeeeee... Liburanh berakhir juga.... antara senang bisa segera pulang dan sedih harus meng akhiri perjalanan panjang...

Sekitar jam 5.30 kami mulai bersiap.......berkoordinasi ke om Rendi dan memastikan semua penumpang dan driver sudah sikat gigi dan sholat... karena kami akan segera menuju ke Rawon Nguling untuk Sarapan Pagi... hehehe...

Oke..Lessssgooohhh kita jalan lagi... mumpung Pagi.. Lalu-Lintas belum ramai....

Image


Image


:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_08: :mky_08: :mky_08:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 07 Feb 2019, 12:11

Planning saya cukup berhasil, jika kita bergerak pagi2..Lalu-lintas masih sepi dan kita bisa bergerak dengan cepat, baru 30 menit kami jalan.........sudah mulai memasuki Kota Probolinggo.... Suasana Pagi yang cukup sejuk dan indah saat kami perlahan melintasi Kota Probolinggo...Sempat mampir ke Sebuah SPBU karena keponakan om Rendi mau ke Toliet..





Image


Image


Image

dan tak lama kemudian kami pun tiba di RAWON NGULING

Location : https://goo.gl/maps/X2u6rZm43VN2

Sebuah rumah makan yang cukup Legendaris di ruas jalan ini, banyak foto2 Presiden SBY saat singgah mampir makan Rawon disini beberapa tahun yang lalu.

Saya sendiri pertama kali mampir ke sini Desember 2013 atas rekomendasi dari SMER om [mention]madCat[/mention] dan seetelah itu hampir tidak pernah melewatkan mampir kesini sata melintas di Probolinggo.. memang lezat sekali Rawon nya..

Tapi pagi itu saya tidak memesan ful porsi untuk 1 orang, karena saya merasa banyak banget 1 porsi untuk 1 orang, maka saya memesan 2 porsi untuk 4 orang, itu sudah pas, tidak terlalu banyak, kalo kekenyangan saya malah ngantuk hehehe...maklum perjalanan masih jauh nih ke Bogor..

:mky_01: :mky_01: :mky_08: :mky_08: :mky_02: :mky_02:

Image


Image


Image



User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 07 Feb 2019, 12:46

Selesai sarapan pagi di Rawon Nguling.......sekitar jam 8 pagi, kami mulai bergerak kembali dan tiba2 saja saya melihat rambu penunjuk arah bahwa di depan ada Jalan yang bisa ke SURABAYA via TOL... woooww.. mantab sekali... berarti benar bahwa Tol sudah beroperasi sampai di Probolinggo, karena saat kami pergi tanggal 16 Desember 2018 lalu tol ini belum beroperasi...

Image

Image


Image


Image


Image


Image

Saya sempat mendokumentasikan situasi pagi itu sesaat setelah melewati gerbang tol Grati, untuk kenang2an bahwa kami pernah melewati gerbang tol ini untuk pertama kali di tanggal 29 Desember 2018 hehehe...

:mky_02: :mky_02: :mky_01: :mky_01: :mky_08: :mky_08:





Beberapa saat kemudian kami sudah mulai bergerak kembali.. menuju SURABAYA...SEMARANG...JAKARTA.. dan semua nya Lewat Tol teman2...!!!

Ya bagaikan mimpi, dari Makan Rawon Nguling, bisa langsung Masuk Tol..
Tol nya ga putus2....sampai turun di dekat rumah kami di Bogor.. hahahahahahahahaha.......


:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:


Image

Image


Saya coba tampilkan dalam Google maps... ternyata hanya butuh waktu 12 jam saja via Tol, dengan jarak tempuh sejauh 879 Kilometer, artinya jika saat ini jam 8.30 Pagi, diperkirakan jam 8 malam kami sudah tiba di Bogor...

Luar Biasa.......... :emo-photo: :emo-big_love: :emo-flowerforyou:



hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by hafizh » 07 Feb 2019, 14:58

Sebentar lagi malah bisa sampai leces probolinggo, jd kalau pengin rawon nguling keluar di grati pasuruan atau tongas probolinggo ...

liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1671
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by liep » 07 Feb 2019, 15:33

akur79 wrote:
07 Feb 2019, 10:36
wkwkwkwkw mantap om.. sampai sempat2nya kepikiran dan akhirnya memberikan les renang ke anak dan istri..
selalu jaga2 dikondisi yang gak terduga.. :big_exellent:

udah lama sy gak nyebrang ke bali.. gara2 fotonya [email protected] bikin pengen trip kesana lagi
maklumlah om otak parno didikan ayah dulu ya kyk gini jadinya, musti mkir keslamatan kluarga dulu

F 272 wrote:
07 Feb 2019, 11:19
Widih... semaksimal mungkin itu persiapan nya, kapan2 kita jalan barengan yah om...
Saya sih ngga pernah ngebut2 om...santaaaaii banget apalagi kalo lewat daerah yang indah2 kayak Bali... hehehe..
(Bali mulu nih...bahaya dah...) :mky_01: :emo-big_love: :emo-flowerforyou:
wah mbl sy ga ad yg suv+diesel om, ga bisa ngikutin om wah yg suka rute2 aneh hehe, malah sy jadi penghambat ntar
F 272 wrote:
07 Feb 2019, 07:23
Soalnya saya denger nya antara Lucu, ngeri, dan gimana yah... campur2 om sata om cerita itu..
dan ada 1 hal yang terjadi juga saat itu... gara2 kita ngobrol, saya kecolongan dekat tenda ayam taliwang malam itu
Lho..... kecolongan apa..???
Anu om....... istri saya belanja Mutiara ke pedagang asongan yang nunggu sejak saya mulai makan... wkwkwkwk
Padahal saya udah wanti2... "Awas jangan beli2 mutiara lagi, kmaren (Des 2015) saya belikan di GEM Pearl yang asli, dan mahal, eh hilang entah kemana...." cerita nya cincin mutiara itu dipake ke acara Resepsi di sebuah gedung pernikahan... tau2 saya lihat cincin nya udah sisa pengikat nya saja, sedangkan mata mutiara nya tidak ada, mugnkin jatuh entah kemana, artinya itu mutiara bulat mudah lepas dari lingkar cincin logam nya.. padahal saya beli lumayan lho segeluntung itu 2,5jt.. OMG....
Nah tau2 pas kita ngobrol...... eh dia beli lagi..kali ini beli nya 1 set.. gelang, cincin, kalung... Mateeee deh aneee..
:big_slap: :big_childish: :big_comfort: :big_cry: :big_dunno: :big_bored:
Saya tau nya saat ada catatan pengeluaran di WA.. :mky_04:
hehe sdh swajarnya master dpt yg terbaik, jarang2 ad bini yg betah duduk sd tidur di mobil berhari2 lho om, salutlah saya ama master
sy kmrn ga brani mampir di toko mutiara yg om info--pas sy ngurus sim di ntt, ud kbayang jutaan hehehe, pdhal ga sampe 2km dr hotel lokasinya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by liep on 07 Feb 2019, 16:24, edited 1 time in total.

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 07 Feb 2019, 15:39

Lanjut cerita Perjalanan Pulang dari Pintu Tol Grati di Probolinggo menuju Semarang...


Berikutnya kami larut dalam perjalanan Tol dengan pemandangan pagi yang benar2 indah.........
Kami bergerak stabil dan tetap hati2 karena tol ini baru, permukaan cor betol nya tentu masih belum terbiasa di lintasi, dan kami pun baru pertama kali lewat ruas tol ini, sehingga tidak hafal bagaimana kondisi nya, walaupun saat itu terpantai kondisi lalu-lintas biasa saja, tidak terlalu padat..

Dan ada saja kendaraan yang bertingkah aneh, seperti saat ada 1 ANPS hitam (ada foto nya di bawah, silahkan cari hehehe..) yang seolah tidak terima saat disalip oleh om Rendi yang kebetulan saya minta ambil posisi di depan saya...Kejadian cukup lucu, jadi saat dia jala di ruas kiri dan om Rendi mendahului, tiba2 saja dia menambah kecepatan... tapi karena kita sedang dalam kecepatan tinggi, ya jalan saja terus, nah saat di ruas kiri tempat dia melaju ada kendaraan di depan, bela2in dia nyalip lewat kiri dan ngebut sekencang2nya...wkwkwkwk.. Lucu sekali jadinya, trus akhir nya mungkin karena dia tidak terbiasa ngebut di tol...ya lama2 dia juga capek dan mengurangi laju kendaraan nya... sementara kami yang jalan stabil (stabil lari 160 sd 170 kpj maksudnya) ya kembali mendahului dia dengan cepat wkwkwkwk....

Berikut penampakan perjalanan Tol dari Gerbang Tol Grati menuju Kota Semarang yang kami pilih untuk makan siang bersama.

:emo-photo: :emo-photo: :emo-photo: :emo-photo:

Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


:mky_08: :mky_08: :mky_08: :mky_08:


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Setelah berkendara dari Probolinggo jam 8.30 pagi... maka jam 12.45 kami tiba di Pintu Tol Banyumanik, menjelang Kota Semarang...
Artinya data yang kami dapat dari Google maps mendekati reatime yang kami dapat.. yaotu sekitar 5 Jam dengan kecepatan rata2 santai dan sesekali ngebut agar tidak ngantuk dengan tetap waspada - selalu berhati2 sepanjang jalan...

Image


Image


Selanjutnya kami mulai memasuki Pusat Kota Semarang yang siang itu benar2 terasa padat sekali, OMG.......inilah Kota Semarang...

Tujuan kami mampir ke Pusat Kota Semarang sebenarnya ada 2,
yaitu untuk membeli oleh2 Bandeng Presto di Pandanaran, karena sejak kami arah pulang dari Flores memang kami tidak sempat membeli oleh2 untuk dibawa pulang yang berupa makanan, kenapa..? karena memang tidak sempat dan kami khawatir makanan nya keburu expired dengan menghitung waktu dan jarak pulang ke Bogor, dan siang itu kami beli oleh2 Khas Kota Semarang di :

Bandeng Juwana Elrina - Pandanaran
Location : https://goo.gl/maps/pPSoLNa3Ttw

Tujuan selanjutnya sebelum pulang kami mau makan siang...bersama, kebetulan ada teman #SMRT juga yaitu om @Kijangers yang sempat menghubungi saya saat saya di ruas Tol anatara Probolinggo ke Semarang (saya lupa tepat nya dimana) bahwa om Kijang juga sedang berada di ruas yang sama... dan menanyakan mau makan siang di mana ? saya jawab di Semarang, maka Om Kijang langsung setuju..dan kami berkabar tentang dimana kami akan makan siang itu di Kota Semarang..

Image


Image

Singkat cerita, setelah kami belanja oleh2... langsung kami meluncur ke satu tempat makan yang memang di cari di Google maps oleh istri saya, lalu saya coba menanyakan ke teman #SMRT yang berdomisili di Kota Semarang yaitu om @SUKENDAN02 dan menurut nya itu Recomended.. Oke... Kita meluncur ke :

Gama Ikan Bakar & Seafood
Location : https://goo.gl/maps/E1XSDouDYuz

Ketika tiba di Lokasi parkir, saya melihat 1 Everest yang sudah terparkir.. itulah kendaraan om Kijang...

Wiiih Namanya Kijang tapi kok mobil nya Ford Everest yah..? hehehe.. :mky_01: :mky_02:

Image


Image

Lalu seperti biasa...kami pun selalu foto2 saat kami ketemu teman #SMRT diperjalanan....

dan mengabarkan nya ke teman2 lain lewat grup WA #SMRT hehehe... Narsis terusss..membuat teman2 lain selalu ingin jalan2 dan bertemu di suatu kota, makan bareng, ngobrol, ngopi dan jalan2 lagi.... dan itulah memang Hobby kami yang sama : Road Trip, Piknik bersama keluarga, menikmati kuliner..dan pemandangan indah disepanjang jalan...... Obat Awet muda katanya sih hehehe..

Image


Image


Image

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4093
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Ayo Road Trip ke LARANTUKA, Flores - NTT.

Post by F 272 » 07 Feb 2019, 16:31

Setelah makan siang (yang udah mulai sore) itu... kami bersiap untuk kembai Bergerak meninggalkan Kota Semarang..

Dan saat itulah datang om [mention]sukerdan02[/mention] menemui kami dan sempat Berfoto2 lagi wkwkwk

Kami ngobrol2 sebentar dan selanjutnya siap2 untuk bergerak...

Image


dan Perhatikan......

Foto kami ber 4 di bawah ini mirip 4 bersaudara berdasarkan berat badan yah.. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Image

Om Dani eh om Sukendan02 berbaik hati mengantarkan kami sampai masuk pintu Tol... agar kami mendapatkan rute tercepat menuju pulang via Tol... dan sesampainya di Pintu Tol.. eh...malah dia bablas ikutan masuk ke Tol wkwkwkwk... saya sih berharap om Danni ikutan juga lupa diri bablas sampai ke Jakarta...

:mky_01: :mky_01:


Image


Image


Image

Sampai di simpang Tol menuju ke luar Kota Semarang, barulah om Dani melipir mempersilahkan kami 3 mobil untuk meneruskan perjalanan pulang... dan Om Danni kembali masuk ek arah Kota Semarang... Terimakasih om Danni atas keramahtamahannya..kapan2 kami akan kembali mampir di Kota Semarang..

Image


Image


Image


Dan Sore itu langit bagus sekali... berwarna kuning keemasan, seolah mengantarkan kami menuju Pulang....

Duh.....Semakin dekat ke rumah... perasaan semakin tak menentu, antara kangen rumah dan masih ingin jalan2..

SI Cibul Arya berulang kali berkata dengen nada lucu nya :

Aaaahhh Liburan nya udah selesai... Aku engga sukaaa..!!

:mky_01: :mky_01: :upss: :upss: :off_bored:


Post Reply