Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Informasi rute perjalanan dan liputan acara-acara road trip.

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 19 May 2019, 09:06

Dari cerita yang sedikit agak seram di atas... mungkin teman2 membayangkan kami berkeliling dengan penuh perasaan takut..

Tapi nyatanya tidak demikian... kami tetap tersenyum saat di foto... :mky_02: :big_grin:

Banyak foto2 yang berhasil di abadikan.. baik dari EOS nya si Cibul maupun dari camera handphone saya..

Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image

Duuuhh malah foto2 Dapur itu lagi.......

:mky_01: :big_dunno: :big_bored: :big_smile]


Setelah dirasa cukup berputar2 di area Lobang Jepang...saya pun segera menghubungi teman2 via HT untuk segera berkumpul di area parkir .. kita mau ke Ngarai Sianok...sebuah spot ngarai yang cukup terkenal di Bukittinggi...

Break...Break....Break... !!!


Image


Kami berjalan ber iringan 4 kendaraan menuju ke Ngarai Sianok......Saya sempat memperhatikan satu warung makan yang pada Juni 2014 lalu saya jadikan tempat bersantap itiak mudo lado ijo (Bebek muda cabe hijau) ..dan saya lihat warung itu baru saja buka tapi masih bersiap2... lalu sempat saya kontak teman2 via HT : apakah kita akan langsung makan beebk dulu..? Teman2 menjawab : Masih kenyang sarapan di Hotel tadi pagi.... Nanti saja kita makan setelah dari Ngarai Sianok..

Memang kami belum merasa lapar... dan kita hanya akan foto2 saja sebentar di Ngarai Sianok yang indah itu..

Sebentar.... Ya Hanya Sebentar.... paling sekitar 15 menit saja... maksimal 30 menitan lah...

Saat itu waktu menunjukkan jam 10an pagi... ya pas lah menjelang jam 11an siang kita nanti akan makan Itiak Mudo Lado Ijo.. nyam..nyam..nyam..

Demikian lah rencana dan Teori yang kami susun dengan sangat mutakhir...

:mky_02: :big_grin: :big_biglaugh:

Image



Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai ke nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di kecamatan Palupuh. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga menjadi salah satu objek wisata andalan provinsi.

Image


Ngarai Sianok yang dalam jurangnya sekitar 100 m ini, membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m, dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatra menjadi dua bagian memanjang (patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau—hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal)—yang dialiri Batang Sianok (batang berarti sungai, dalam bahasa Minangkabau) yang airnya jernih. Di zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai karbouwengat atau kerbau sanget, karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai ini.


Image


Batang Sianok kini bisa diarungi dengan menggunakan kano dan kayak yang disaranai oleh suatu organisasi olahraga air "Qurays". Rute yang ditempuh adalah dari nagari Lambah sampai jorong Sitingkai nagari Palupuh selama kira-kira 3,5 jam. Di tepiannya masih banyak dijumpai tumbuhan langka seperti rafflesia dan tumbuhan obat-obatan. Fauna yang dijumpai misalnya monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, dan juga tapir.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Ngarai_Sianok


Image

Awal mula kami tiba di Ngarai Sianok......... Foto2 masih di atas jalur jalan cor Beton....

Lalu saya mulai iseng minta teman2 ikutan foto di dekat sungai...artinya turun dari jalur jalan permukaan cor beton..lalu perlahan parkir dengan ban menapak di pasir dan batu kerikil campur air sungai becek2an dikit.. ga ke tengah yah... kita maen di pinggir saja.. lalu foto2, seolah kami adalah segerombolan petualang yang doyan main air di sungai menggunakan mobil... Ya Mobil, bukan Perahu seperti orang normal pada umumnya...

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:


Image


Image

Aksi kami foto2 di bibir sungai ini sukses membuat seorang Bapak2 yang mengaku sebagai wisatawan ini minta ijin untuk Foto2 di depan 4 kendaraan kami yang terparkir di dekat sungai... Kata Bapak itu : Waaaa Hebat sekali Mobil nya bisa masuk SUngai.. saya pikir hanya perahu yang bisa jalan di sungai...

:mky_01: :mky_01: :mky_02: :mky_02:

Kami pun senang sekali mendapatkan pujian dari Bapak2 itu...

Terlihat dari Foto saya dan om Riz yang sumringah di bawah ini......

Saking senengnya bisa foto2 di sungai Ngarai Sianok ini..


Image


Image


:big_grin: :big_biglaugh: :big_grin: :big_biglaugh:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 19 May 2019, 11:48

Apakah kami puas sampai disini ??


Harus nya sih puas yah....
Kan katanya cuma mau foto2 aja di ngarai sianok.. dari background tebing..sampai sungai sudah.... sudah cukuplah, skarang kita mau ke warung bebek muda cabe hijau.. mantab sekali itu..

tapi.......

Tiba2 saja om Q punya keisengan yang sbener nya saya curiga ini adalah keisengan bawaan Orok dari om Q..

Apa yang dilakukan om Q ??


Simak Video pendek di bawah ini....









Tak disangka inilah awal dari kekacauan yang terjadi hari itu...


Awal dari segala kesulitan yang harus kami hadapi dan kami mati2an cari solusi nya dengan waktu yang tidak sebentar.. penuh cucuran keringat dari ujung rambut sampai ujung kaki..

Memang terdengar Lebay..
Tapi memang itulah yang akhir nya terjadi ..


:mky_01: :mky_01: :big_cry: :big_dunno: :big_bored: :big_smile]


User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 19 May 2019, 12:51

Nah.......seperti yang bisa di lihat di akhir Video pendek itu.. sebener nya Om Q cuma mau nyebrang sungai dnegan permukaan dangkal, dan menurut om Q dia sudah melakukan penegecekan terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana kondisi permukaan sungai itu, hal ini adalah sebagai langkah preventif jika kita mau turun ke sungai..kita harus tahu dulu apakah permukaan nya keras atau lembek ..dalam atau dangkal, dan ketika om Q rasa permukaan sungai dangkal dan keras..maka dia berani untuk terjun dengan VRZ super standar nya... sambil melambai2kan tangan seraya wajah sumringah saking senangnya mirip anak kecil dapat mainan baru wkwkwkwkw...

Image


Image

Daaaaaaann... beberapa meter lagi VRZ om Q akan mencapai daratan, tiba2 ban depan nya tidak bisa bergerak...

Seperti mentok ke batu besar yang menghalangi roda depan...

Disitulah VRZ nya langsung tertahan... nancap dengan sukses.... lalu saya lihat lampu mundur nya menyala, pertanda om Q akan mundur sedikit lalu cari alternatif jalur yang tidak ada batu besar yang menghalanginya (mungkin ya) tapi...... apa daya, saat roda belakang berusaha mundur, si roda malah jalan di tempat sambil menggali lobang...


Image


Image


OMG.......... :big_childish: :big_comfort: :big_dunno:

Kami yang berkomunikasi via HT pun coba berteriak mengarahkan untuk lakukan langkah2...

Tahaaaan Om Q...!!!!

Jangan dipaksa..

Nanti ban nya justru akan makin terbenam di dalam dasar sungai yang kemudian saya ketahui berisi batu kerikil yang hampir sepanjang dasar sungai sama semua... isi nya batu kerikil yang cukup tajam... jika kena ban, bisa mengakibatkan sobek...nah ini lebih repot lagi nanti..

Oke... Sekarang kita coba lakukan evakuasi dengan menggunakan ANPS Putih om Rizqy
Kami sih saat itu merasa Pede sekali karena ANPS nya om Riz adalah berpenggerak 4 Roda alias varian 4x4 ... CBU pulak, jadi kami yakin sekali saat itu dapat mengatasi kepaternya VRZ om Q dengan mudah tanpa harus bersusah payah...

:big_smile] :mky_01: :mky_02:

Sampai disini....Hati kami tetap tenang dan tanpa firasat jelek sedikitpun........


:big_blushing: :big_think: :big_peace:


Image

Berikutnya... ANPS Putih 4x4 om Riz mulai ambil posisi ancang2 untuk melakukan evakuasi....

Nah cara evakuasi yang kami gunakan saat itu rencananya om Riz mau mundur mendekati bagian belakang VRZ om Q lalu tarik paksa VRZ om Q dengan segala kekuatan ANPS 4x4... hal ini dengan pertimbangan bersama bahwa VRZ akan dengan mudah di tarik apalagi posisi ANPS 4x4 om Riz menghadap depan... yakin pasti lolos lah...

Image


Image



Saat itu 2 kendaraan lain yaitu VRZ F272 dan Delica nya om Sugi masih dalam posisi aman karena belum masuk ke dalam air sungai...

Jadi hanya 2 kendaraan yang saat ini posisi nya di air... dan saya masih ingat debit air nya masih sangat rendah.. tidak ada sedikitpun curiga atau khawatir bakalan ketancep lama di spot ini... aman lah semua.. santai aja.. saya sendiri anggap ini sebagai Fun Offroad ala2 kami lah hehehe..

Nah.........Saat ANPS 4x4 om Riz mundur...saya masih ingat.. semua masih aman.. normal dan bergerak perlahan...mendekati VRZ nya om Q


Image



Tapi............saat ANPS 4x4 om Riz berhenti di satu titik karena dirasa jarak dengan VRZ sudah pas untuk melakukan Evakuasi dengan cara menarik dengan sebuah Strap berwarna kuning yang saya dapatkan dari om @otnawsil beberapa waktu lalu.. kalo ga salah di Bromo saat survey, om Lis menitipkan STrap kuning ini sambil berkata .. "Om Wah..saya punya STrap ini, silahkan gunakan jika diperlukan, semoga membantu.." waktu itu kami mau masuk Bromo dengan kondisi tidak tahu bagaimana jalur nya jadi kemungkinan kepater sangat tinggi...dan ternyata Kami baru gunakan disini.. Ngarai Sianok.. beberapa bulan kemudian...

:mky_01: :mky_01: :mky_01:


Image

Nah.. saat ANPS 4x4 brenti... STrap kuning pun mulai di cantol kan ke masing2 hanger (cantolan besi) yang ada di masing2 kendaraan : ANPS 4x4 om Riz dan VRZ Hitam om Q..semua dipasang di bagian belakang karena 2 mobil ini dalam posisi saling membelakangi...

Strap nya om @otnawsil itu berbentuk kain tebal berbahan plasma dengan 2 pengait besi di masing2 ujung nya....jadi pemasangan nya sangat mudah...maka, setelah pemasangan Strap selesai...kami bersiaplah untuk memberi aba2 agar ANPS 4x4 om Riz segera gas pelan2 menarik VRZ nya om Q....


Image

Nah.. saat mulai ditarik... apa yang terjadi..???

2 pengait besi pada strap kuning langsung lepas..rusak..patah....

OMG.......... :mky_01: :big_childish: :big_comfort: :big_chicken: :big_weee:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 19 May 2019, 13:48

Hari mulai siang.......

Matahari mulai terasa terik menyengat kami yang saat itu masih terkaget2 dengan patah nya pengait besi strap kuning yang kami gunakan untuk evakuasi VRZ om Q ... Terus terang kami tidak ada persiapan sama sekali untuk proses evakuasi ini .. disini lah saya mulai mendapatkan firasat, bahwa ini akan membutuhkan usaha lebih dari sekedar Fun Offroad yang menyenangkan...dan membuat kami semua Happy..


:mky_01: :mky_01: :big_bored: :big_smile] :big_comfort: :big_childish:

Ada hal2 lain yang membuat kami merasa mempunyai beban lebih berat selain harus acara dorong2 dan tarik2 mobil..

Apa itu..?


Semua kendaraan memang masih dalam kondisi mesin hidup dan AC menyala... tapi anak istri sudah mulai bertanya2 : Kapan kita segera keluar dari sungai ini... tak terasa sudah hampir 1 jam kita berada di spot ini.. dan kondisi nya belum banyak terjadi perubahan... Mobil VRZ nya om Q masih ketancep... skarang mobil ANPS 4x4 nya om Riz juga kelihatan nya akan mengalami hal yang sama...

OMG.... :big_dunno: :big_dunno: :big_dunno:

Lho.... Kenapa ANPS 4x4 malah ikut2an ketancep..???

Saat 2 pengait besi yang ada pada strap patah..rusak... otomatis kami gunakan cara ke 2 yaitu dengan membuat simpul sederhana agar tali strap bisa tersangkut ke hanger / pengaiut besi yang ada pada masing2 kendaraan... jadi kami ikat lah strap pada 2 mobil ini..... dan perlahan kami mulai tarik.. dengan cara : ANPS 4x4 maju perlahan menarik VRZ om Q.. tapi VRZ om Q seolah tak bergeming....

Lalu ANPS 4x4 menambah tekanan gas nya untuk lebih kuat lagi menarik... tapi apa daya..4 roda tak dapat traksi...malah berputar di tempat....

hal ini menyebabkan 4 roda ANPS seolah membenamkan diri pada permukaan pasir campur kerikil yang ada di dasar sungai...

Perhatikan 2 foto di bawah ini....

Foto pertama bumper belakang ANPS masih jauh dari atas air sungai yang mengalir...

Image

sedangkan Foto ke dua sudah mulai menyentuh air bahkan mulai terbenam.....lebih dalam...

Image

Dan jika semakin di gas... dengan maksud untuk menarik VRZ nya om Q...

maka 4 roda ANPS berputar..dia akan lebih dalam lagi terbenam..... :big_comfort:

Image


Image

Nah trus kenapa kok 2 mobil yaitu VRZ F272 dan Delica om Sugi terlihat juga berada di air..??

Begini ceritanya.....

Saat 2 mobil lama sekali sulit keluar dari air... saya ingin mengabadikan moment..dengan foto dan video...

jadi saya minta si Cibul ANdika untuk majukan sedikit VRZ F272 lebih ke tengah, tapi sedkiit saja.... ga usah jauh2...dan ternyata..sedkiit itu masih aman (pikir saya).. menyusul Delica om Sugi juga saya minta untuk menggeser posisi agak ke tengah seungai supaya 4 mobil ada dalam 1 Frame yang keren ... (masih dalam pola pikir saya juga hehehe)

Maka jadilah beberapa Frame keren seperti di bawah ini :

Image

Dan ternyata ide saya itu malah membuat situasi makin parah.... saat Delica nya om Sugi selesai Foto dia berhasil kembalimke tempat aman di daratan... tapi tidak bagi VRZ F727 ......sekarang VRZ F272 malah iku2an sulit untuk kembali ke daratan alias ketancep juga... padahal posisi tidak terlalu jauh dari daratan.. ban belakang kehilangan traksi dan mulai terbenam juga...


Selamat !!! sekarang jadi 3 mobil yang kepater di satu spot yang sama...

OMG.... :big_comfort: :big_comfort: :big_dunno: :big_dunno:


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image


Image

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 19 May 2019, 14:21

Tak Terasa ... kami sudah berada disini hampir 3 jam lebih

saat itu waktu menunjukkan sekitar jam 2 siang...
dan Matahari yang tadinya bersinar terang menyengat tiba2 berubah menjadi meredup...
berganti menjadi mendung.... Anak2 dan para istri mulai protes... wkwkwkwk

Mereka nekat mulai pada turun dari mobil dan memilih duduk2 di tepian sungai...
Ga lama kemudian datanglah tukang es Krim dengan suara khas nya..
Tolelot... Toolelot... Toooleloleeet..... Hayoo Es Krim apa ini namanya ..?

:mky_07: :mky_07:


Image

Karuan saja tukang es krim langsung di serbu anak2 yang memang kepanasan sejak 2 jam lebih tadi..

Es Krim langsung Ludes karena Bapak2 nya juga ikutan makan es krim... :wkkk: :wkkk:







Dan... setelah Tukang Es Krim Laris manis.... sekarang giliran datang tukang buah2an Segar.. wow...makin seru..
Semangka dingin.. melon dingin...pepaya..dan anek buah2an siap santap .. langsung kita serbu..

Ga sampai 15 menit habislah 1 gerobak buah itu ... :big_dunno: :mky_02: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Lucunya mobil2 yang ketancep di tengah2 sungai itu kita tinggalakn begitu saja ..saking sibuknya kita makan buah2an...

dan ketika buah2an sudah habis.... barulah kita mulai diam.... ... Sambil saling menatap mata satu sama lain dan bertanya :

ini gimana cara angkat 3 mobil di dalam sungai..??

dan akhir nya kita ketawa bersama2..


:big_biglaugh: :big_biglaugh: :wkkk: :wkkk:






Lalu saya mulai posting2 di Grup WA SMRT tentang kondisi yang terjadi saat itu...
Seperti biasa... teman2 SMRT yang baik itu mulai menunjukkan solidaritas nya dengan memberikan berbagai saran agar kami dapat segera terlepas dari jeratan sungai ngarai Sianok ini.. dan saat itu om [mention]MAB[/mention] menawarkan untuk melakukan kontak dengan teman nya yang tergabung sebagai anggota IOF Bukittinngi (Indonesia Offroad Federation), saya oun dengan senang hati menerimakanya...

Oke kita akan dapat bala bantuan dari IOF Bukitinggi yang sudah dikontak om [mention]MAB[/mention] sementara kita menunggu dulu..

Nah saat kita menunggu itu mulai banyak berdatangan tamu2 tak di undang...

:big_chicken: :big_chicken: :big_smile] :big_bored: :big_dunno:

Siapa dia...????


User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 19 May 2019, 15:16

Siapa Tamu Tak diundang yang saya maksud di atas..???


:mky_01: :mky_01:

Image

Pertama ..... 1 orang Pria tegap berambut cepak..mirip2 aparat TNI tapi saya ngga yakin dia adalah tentara, dia dengan lugas dan cekatan berusaha membantu kami untuk mengatasi kepater ... awalnya kami senang2 saja dapat bala bantuan dari akamsi (anak kampung sini) tapi lama2 melihat gerak-geriknya kok makin mengkhawatirkan (kami sama sekali tidak curiga)...

Kenapa kami khawatir ? karena saya dan o Q cukup kerepotan saata harus menghalau dia untuk tidak masuk sembarangan ke dalam kabin mobil om Q tanpa ijin.... wkwkwkwk lucu nya sampai dia masuk mobil, kami langsung datangi dan tanya : mau apa pak..?

dia bilang mau majuin ini mobil... Lha dari tadi juga kita udah usaha maju kan ga bisa...
Lalu dia terlihat sibuk sekali untuk oper2 tuas persneling VRZ om Q.. wkwkwk trus dia bingung sendiri sambil nanya2.. : ini tuas nya musti ke arah mana ya..? R, D, N, atau P..??? walaaaahhh Paaaak...Pakk... udah deh ngga usah coba2 ini mobil suusah bawa nya wkwkwkwk...

Akhir nya dia mungkin malu...dan keluar dari kabin VRZ om Q dan tiba2 menghilang entah kemana... yang jelas dia datang dari mana dan pergi nya keman pun kami ga tau wkwkwk

:big_think: :big_think: :big_blushing: :big_blushing: :big_sorry: :big_sorry:

Image


Kedua.... ada segerombolan alay.. (anak2 abg) akamsi juga.. jumlah nya ada sekitar 5 sd 6 orang..mereka juga menawarkan diri untuk bantu tarik, awalnya kami cuek saja karena saya melihat anak2 ini kurus2 dan ga ada tenaga untuk narik.. lha kami yang gendut2 ini aja engga bisa narik..apalagi klean...???

:big_weee: :big_weee: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Tapi ...mereka terus berusaha dengan mengatakan : Kemarin juga ada mobil seperti ini kepater disini, dan kami berhasil membantunya keluar dari sungai dengan cara tarik ramai2.... Ooooo Gitu ya..? oke deh kalo gitu coba kita tarik saja ramai2...

Hasilnya...? beberapa kali di coba, tidak satupun mobil berhasil terangkat, jangankan terangkat dari sungai..bergeserpun tidak... wkwkwk

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

dan tiba2... alay2 ini malah minta duit katanya sudah capek bantu tarik dan baju pada kotor semua, masak ngga dapat uang rokok..?

Yaaah karena saya kasihan..ya sudahlah..saya kasih mereka goceng2.. deh

OMG.............. :big_chicken: :big_chicken:


Image

Ketiga.... Ada 2 mobil hitam yang datang menuju ke arah kami.. satu GNKI..dan satu ANF.. semua standar...mereka mendekat dan foto2 di ngarai sianok...lalu ada salah seorang pria tegap mendekat... perawakan dan gerak tubuh nya mirip aparat kepolisian, tapi saya engga yakin dia Polisi hehehe... (lagi2 ga yakin) si Bapak ini banyak sekali bertanya dan memberikan saran... tapi kami sebenarnya tidak menginginkan itu, yang kami ingin adalah : Mobil Bapak bisa bantu narik kami keluar dari sungai engga ?? (dalam hati kami) Tapi kami tidak mau bicara tentang hal tersebut, kenapa..? karena dari tadi Bapak ini tak sedikitpun terlihat mau menawarkan diri untuk membantu kami dengan 2 kendaraan nya.. wkwkwkw Nasib...Nasib.... dsn akhirnya mungkin karena dia kebanyakan kasih saran akhirnya dia capek sendiri dan pergi sendiri jg...xiixixi

Ke Empat..... Nah ini seru.... ada seorang Bapak2 akamsi yang menawarkan diri memanggil sebuah Truk kepala kuning untuk menarik mobil2 kami keluar dari Sungai ini...

Taraaaaa... Akhirnya yang di harapkan pun tiba... Truk !!
ya sebuah Truk Kepala Kuning !! siap tarik mobil2 kami..


:big_grin: :big_think: :big_peace: :big_exellent: :big_exellent:


Image


User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 19 May 2019, 15:54

Image

Oiya... beberapa saat sebelum Truk kepala Kuning tiba.... Sebenernya Delica sudah berusaha ke sebrang sungai dengan cara memutar lewat jalan masuk di ujung jalan masuk area Ngarai sianok ini.. lalu belok ke arah Warung bebek muda sambel ijo... dari situlah bisa menysuuri jalanan cor beton lagi untuk menuju sisi sungai yang sebrang sana... lalu Delica mencoba berusaha untuk tarik VRZ om Q dari depan... tapin berulang kali di coba.. ternyata VRZ om Q tak bergeming, memang secara bobot VRZ ini jauh lebih berat dari Delica nya om Sugi yang berpenggerak roda depan dan bermesin CVT pula... beberapa kali Delica berusaha keras sapmai ban nya spin2 ..yang membuat kami justru khawatir ban nya sobek kena batu2 tajam di sekitar Delica..akhirnya kami stop saja Delica narik VRZ om Q... wkwkwkwk..

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Image

Saya masih ingat saat itu Om Sugi sempat bilang di Rakom : Maafkan Puteri Delica yah.. ngga bisa banyak membantu, abis gimana lagi....mesin ngga kuat narik Gajah2 Disel ini...

:mky_01: :mky_01: :emo-big_love: :emo-flowerforyou: :emo-photo: :big_smile] :big_love:

Setelah gagal narik dari Sisi Sungai seberang... Delica pun kembali ke seberang sini untuk berusaha narik VRZ F272... heheeh Puteri Delica mondar-mandir jadi nya nih....

Image

Sampai di sisi sungai dekat VRZ F272, berbagai trik di coba untuk menarik F272.. tapi tetap sulit dan malah strap yang sudah di ikat di kedua mobil PUTUS !!! OMG... STrap Putus... kita engga ada lagi tali yang bisa untuk narik nih...

:mky_01: :mky_01: :big_comfort: :big_comfort:

Berbagi cara sudah kami lakukan untuk membebaskan diri dari Sungai Ngarai Sianok ini, dan tak satupun membuahkan hasil...

Roda2 kami makin lama malah makin terbenam...terbelenggu.. seolah ada ribuan tangan yang memegangi nya dari dalam air dan dasar sungai... Hiyyy... Cerita saya mulai seram nih.... apalagi saya mulai lihat awan gelap di ujung sana..di arah bukit2 hutan yang terlihat jauh sekali... Waduh.. kalo sampai Hujan deras di hutan yang merupakan sumber air sungai ini.. sudah dapat dipastikan mobil2 kami bakalan jadi perahu di sungai ini...

:big_comfort: :big_childish: :big_blushing: :big_dunno:

Image

Hati saya mulai terasa sedikit gelisah saat melihat debit air mulai menjadi terasa lebih deras... air mulai meninggi sedtkit demi sedikit..

Perhatikan ANPS 4x4 Putih om Riz..skarang jadi makin dalam .... trus.. tiba2 Gerimis mulai turun...

Disitulah saya mulai agak2 ngeri.... karena Fun Offroad ini kok jadi serius ...??

Saya perhatikan VRZ F272 mulai miring posisinya karena ban belakang kiri terus menggali lobang & ANPS 4x4 om Riz makin terbenam di air, masuk ke dasar sungai......air mulai meninggi, saya duga di hutan sana sudah mulai turun hujan dan air nya mengalir ke sungai ini ..

OMG.....apakah ini yang dimaksud "Mobil Jadi kura-kura" spt yang pernah di katakan om MAB ke saya beberapa waktu lalu...

Image
Pertanyaan nya :

Apakah kita akan berhasil keluar dari Ngarai Sianok hari ini ???


:mky_01: :mky_01: :big_bored: :big_bored:




User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 20 May 2019, 05:53

Saat sedang mulai gelisah itulah...tiba2 sang Truk kepala kuning datang dari arah sebrang sungai tepat dekat sekali dengan VRZ om Q

Saya mulai tersenyum kembali walaupun saya belum tahu bagaimana nanti hitung2an nya dengan sang Driver Truk kepala kuning (baca: administrasi)

:mky_02: :mky_02: :mky_02:

Nah.....Saya lihat proses evakuasi sudah akan di mulai, saat itu saya coba berfikir cepat dengan menanyakan :

Pak.. Maaf ini ongkos tarik nya berapa ya kalo bole tau..?

Kenapa saya menanyakan hal itu..? Padahal sebener nya Evakuasi saja dulu..baru urusan ongkos bisa belakangan... hehehe akal sehat saya yang normal juga mengatakan demikian, seolah engga ethis saat ada pihak yang ingin membantu kok saya malah sibuk tanya soal ongkos..?

Nah disini saya belajar dari pengalaman para alay tadi yang tiba2 saja minta uang roko dengan tanpoa rasa belas kasihan ke kami yang sedang mengalami kesulitan ini hehehe.. maka dengan sangat terpaksa saya menanyakan ongkos berapa ke supir Truk kepala kuning ini..

Betapa kaget nya saya ketika sang supir truk menjawab tanpa keraguan sedikitpun ... :

Murah pak, 350 Rebu saja...!!!

:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_chicken: :big_chicken:

Kami ber tiga mobil (yang kepater) saling berpandangan ...

Hmmmm.... Rp.350.000 untuk tarik 3 Mobil ini dari sungai Ngarai Sianok... apa ngga bisa kurang ?
Maklum kami ber 3 adalah para pedagang yang setiap hari jualan wkwkwkwk jadi mikir2 mau nawar ceritanya..
Lalu kami coba nawar : Pak.. jangan 350.000 dong.. diskon yah..? wkwkkwkw

Akhirnya kami tawar2an seperti layaknya sedang transaksi jual-beli di pasar... Lucu sekali jika ingat momen itu..

Di dapatlah angka deal Rp.250.000,- Oke... kami setuju..!!


Tapi.... kembali saya ragu....

Lho kenapa lagi...???

Anu........ itu...... Rp.250.000 untuk tarik 3 mobil kan pak...????


Betapa kaget nya kami.... saat supir Truk kepala kuning ini dengan santai menjawab :

Oooh.. Rp.250.000 itu untuk tarik 1 mobil saja.. jadi kalo 3 mobil = Rp. 750.000... !!!

Ooooooo Maaaaaiiiii Gaaaaaattt... !!!

Pandai kali kau berhitung Bang !!!

:big_weee: :big_weee: :big_cry: :big_cry: :wkkk: :wkkk: :mky_04: :mky_04:


User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 20 May 2019, 09:14

itulah cerita lucu tentang Truk Kepala Kuning yang akhir nya berhasil narik VRZ om Q keluar dari sungai di Ngarai Sianok...


Akhirnya stelah tau harga ongkos tarik VRZ pake Truk itu adalah Rp. 250.000, kita putuskan untuk tarik 1 mobil saja deh yaitu VRZ nya om Q .. dan proses evakuasi nya juga tidak bisa dibilang mudah & sebentar.. sempat beberapa kali gagal karena tali strap kembali putus.. mungkin saking berat nya om Q.. eh maksud saya saking berat nya mobil VRZ nya om Q :ngacir: :ngacir:

Strap putus kita sambung ... lalu tarik lagi.... Roda belakang truk terlihat spin..spin... ngeri juga ada batu kerikil yang mulai mental2... takut kena kaca depan VRZ om Q... dan akhir nya setelah beberapa kali berusaha narik... VRZ om Q berhasil juga naik dari sungai... Hmmm.. emang susah banget narik nya, karena selain bobot om Q eh bobot mobil VRZ berat, juga karena mobil om Q dalam kondisi Full Loaded..ingat ada kulkas segala di bagasi nya... belum lagi kompor gas.. panci, penggorengan, dkk...

Jadi wajar saja jika VRZ om Q berat nya minta ampun... :ngacir: :ngacir:


Oke.. 1 Mobil sudah berhasil naik dari sungai.... bayarlah om Q Rp. 250.000 dan si Truck pun Hepi.. sambil kipas2 dia melirik kan matanya ke arah 2 driver mobil lain yang masih ada di sungai yaitu : ANPS 4x4 om Riz dan VRZ F272... tapi kami ga tergoda.... :thanks:

Kami pikir..cukup mobil om Q aja yang di tarik... lalu nanti Om Q akan tarik mobil VRZ F272 saya .. setelah itu saya akan bergerak ke arah Kota Bukittinggi untuk beli Tambang plastik ukuran besar dan panjang ..untuk narik ANPS 4x4 nya om Riz... Selesai deh.. itu rencana nya..

:big_comfort: :big_childish: :big_grin: :big_exellent: :big_bored:


Nah kok ngga ada Foto2 atau Video Truk Kepala Kuning yang sedang evakuasi VRZ om Q..???

Saya juga lagi cari2 itu foto nya..... di 2 folder Foto/Video dalam Harddisk Drive PC saya tidak saya temukan...

Sepertinya memang saya tidak sempat foto/video karena Handphone saya keburu Lowbatt... Lalu saya juga sudah minta bantuan temen2 di wa Grup SMRT untuk kirim foto Truk Kepala kuning itu yang dulu sempat banyak beredar di WAG SMRT... tapi sudah lama sekali, Desember 2017, sedangkan sekarang sudah Mei 2019...hampir 1,5 tahun yang lalu kejadian yang sedang saya ceritakan ini...

Dan pagi ini saya sudah dapatkan Foto TRUK KEPALA KUNING nya walaupun cuma 1 Frame dari om Q...

Image


Lho.... ??? Kok Truk nya Warna Biru ???!!!


:wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 20 May 2019, 13:13

Ya betul......,ternyata Truk nya bukan warna Kuning... yang benar adalah warna Biru...

Saya minta maaf karena sudah lupa warna truk nya, lantaran sudah lama sekali cerita ini terjadi.. 1,5 tahun yang lalu... hehehe..

Nah setelah Mobil VRZ om Q naik dari Sungai, dia seegra menarik VRZ F272 dan dengan proses yang cukup susah payah akhirnya berhasil juga VRZ 272 naik ke daratan... lalu saya segera bergegas menuju ke Kota Bukittinggi untuk membeli tambang besar yang panjang untuk evakuasi ANPS 4x4 om Riz yang saat ini masih terbenam di tengah2 sungai Ngarai Sianok... dan ada moment dimana om Riz ditinggal sendirian di tengah2 sungai dengan ANPS 4x4 nya.. karena saya harus ke Kota Bukittinggi dan om Q serta om Sugi harus dropping penumpang ke Warung Bebek Muda sambel iho di ujung jalan jalur cor beton ngarai Sianok ini... sehingga tingggal lah om Riz sendirian menunggui ANPS 4x4 nya yang masih berada di tengah2 sungai.. Foto itu dramatis sekali, sangat tragis dan ironis... seperti ini foto nya :

Image

:mky_01: :mky_01: :mky_01: :big_comfort: :big_childish: :big_bored: :big_smile] :big_dunno:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 20 May 2019, 13:59

Setelah saya menurunkan penumpang di Warung Bebek... saya secepat kilat menuju ke Pusat Kota Bukittinggi untuk mencari tambang ber ukuran besar yang saya perkirakan akan cukup kuat menarik sebuah ANPS dari sungai, seingat saya panjang nya 20 meter yang saya beli di sebuah Toko bangunan di Kota Bukittinggi...

Strap kuning milik om [mention]otnawsil[/mention] yang kita pake tadi sudah luluh lantak tak berbentuk lagi, sebagian masih nyangkut di tail hanger / cantolan besi VRZ F272...

Image

Image

Setelah saya mendapatkan tambang besar dan panjang, saya segera kembali menuju Ngarai sianok... dan saat saya tiba, saya lihat ada beberapa mobil Offroad yang terparkir di sekitar Ngarai Sianok... Ooooh rupanya teman2 om [mention]MAB[/mention] dari IOF Bukittinggi sudah tiba dan bahkan sudah melakukan evakuasi terhadap mobil ANPS 4x4 om Riz .... dan berikutnya saya langsung ngobrol singkat dengan saah satu driver kendaraan Offroad IOF Bukittinggi ini, saya mengucapkan banyak terimakasih dan menawarkan untuk kita makan bareng... tapi beliau menolak dengan halus karena harus kembali ke Bukittinggi.....

Saya juga mendengar dari om Riz bahwa teman2 Offroader IOF Bukittinggi engga mau menerima ucapan terimakasih (berupa uang dalam amplop) dari Om Riz .. walau sudah dipaksa2 tetap tidak mau... Duh hebat dan salut sekali om2 dari IOF Bukittinggi ini...

Image


Image


Image


:emo-photo: :emo-flowerforyou: :emo-big_love:


Akhirnya setelah kami ngobrol singkat, kami berpisah dengan teman2 IOF Bukittinggi karena mereka mau segera kembali ke Bukittinggi dan kami akan segera ke warung makan, maklum hari itu sudah mulai beranjak sore... saya melirik jam sudah menunjukkan waktu hampir jam 3 sore....wow.. Luar biasa.. kami tadi tiba di Ngarai Sianok sekitar jam 10 pagi... jadi kami kepater sekitar 5 jam !!!

Sebuah keisengan yang menegangkan, menyenangkan, dan mengkhawatirkan hehehe...

:mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01:


Selanjutnya .... menu Bebek Muda Sambel ijo menjadi begitu nikmat sekali dan sukses masuk ke perut sambil sliding di tenggorokan...

Sebenar nya ini bebek bukan di tempat yang saya incar dan kasih tahu tadi pagi ke teman2... karena tadi saat saya ke warung yang di tuju, dia sudah keburu habis..., akhir nya kami geser ke warung satu lagi dan ternyata masih ada... duh untung yah masih ada... wkwkwkwk


Image


Image







Setelah makan siang yang kesorean itu... Jam 4 sore kami mulai bergerak dari Bukittinggi menuju ke Kota Padang melalui Padang Panjang... melewati spot air terjun Lembah anai..


Lalu-lintas sore itu cukup lancar dan kami sangat menikmati Perjalanan sore yang indah menuju Kota Padang..Cuaca sangat bersahabat, matahari bersinar dengan terik dan kami dapat menikmati pemandangan indah sepanjang jalan sambil terus komunikasi via rakom, ada tema yang paling hangat sore itu, apalagi kalau bukan tentang Kepater di Ngarai Sianok... wkwkwkwk

Perjalanan dari Kota Bukittinggi ke Kota Padang tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 2,5 jam saja dengan jarak tempuh sekitar 85 kilometer

Image


:mky_02: :mky_08:






Image


Image

Air Terjun Lembah Anai
Location : https://goo.gl/maps/3nPYXai8VS9MaKFY6




User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: 10 Nov 2016, 15:24
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by Gasoline24 » 20 May 2019, 14:02

F 272 wrote:
17 May 2019, 16:07
Gasoline24 wrote:
17 May 2019, 14:39
salute sama photo management - databasenya itu lho.......keren Om Mod ceritanya, bikin kepengen apalagi explore sumbar [Impian banget]


#entah kapan
Ayolah om jalan2 ke Sumatera.......ajak si Bironx icip2 trek Ngarai Sianok.... hehehe

Dekat kok...cuma 29 jam aja... :mky_01:

Image
someday om wah....someday
tunggu tanggal mainnya

:mky_01:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 20 May 2019, 17:12




Sesampai di Kota Padang kami tidak langsung menuju Hotel, tapi kami memutuskan untuk beli oleh2 dulu di toko Shirley.. toko yang sama tempat saya beli oleh2 pada Juni 2014 lalu di Kota Padang ini..

Kripik Balado Shirley
Location : https://goo.gl/maps/LzwN5ZxApJNVC4jV6

Di toko Shirley inilah saya coba mencari informasi dari pemilik toko Shirley tentang kuliner yang lezat untuk kami makan malam setelah belanja oleh2 selesai..

Kami di referensikan untuk makan malam di sebuah restoran ikan bakar bernama : FUJA..

Rumah Makan Fuja
Location : https://goo.gl/maps/WowvbVS63GdizGaw9






Image


Image


Image


Image

Setelah selesai makan malam, barulah kami melakukan reservasi hotel di Kota Padang, dan kami cari Hotel yang tidak terlalu jauh posisi nya dari tempat kami makan malam dan masih berada di pusat kota Padang, akhir nyya kami sepakat malam itu kita nginap di Whiz Hotel Padang ...

Whiz Prime Hotel Khatib Sulaiman Padang
Location : https://goo.gl/maps/dTgMrRoqNnmtt1UB9

Saat kami tiba di Lobby Hotel Whiz Prime Hotel Khatib Sulaiman Padang, kami langsung dapat posisi parkir di Lobby dan ini sangat membuat kami senang karena memang kami sangat membutuhkan posisi ini, selain mudah untuk loading keluar masuk barang dari bagasi, kami juga merasa asik saja jika membayangkan mobil2 kotor terparkir di lobby hotel yang bersih...Nah alasan terakhir itu murni adalah keisengan kami saja...xixixixi.

Hotel nya cukup bagus dan bersih serta nyaman walaupun kami sempat merasa kesal saat proses check in ternyata Receptionist nya hanya ada 1 orang sedangkan tamu cukup banyak yang saat itu melakukan Chcek-in.. jadi kami sempat tertahan sekitar 30 menitan di Lobby hotel tersebut... tapi akhir nya kami masuk juga ke kamar yang siap menampung tubuh2 lelah yang sudah sejak pagi berkubang di SUngai Ngarai SIanok ini...

:mky_01: :mky_01: :mky_01: :emo-photo: :emo-flowerforyou:

Image


:mky_02: :mky_02: :big_love: :big_okay: :big_exellent:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 20 May 2019, 17:25

Image

Ada hal yang menarik saat kami parkir di Lobby Hotel Whiz Prime Padang ini, stelah kami check-in dan masuk kamar, seperti biasa saya akan turun lagi ke mobil, mengecek segala sesuatu, baik ambil barang, maupun merapihkannya dan memastikan semua kondisi sekitar mobil kami parkir itu aman.. Nah saat sata melakukan hal itu, saya sempat mendengar pihak security yang terdiri dari beberapa orang petugas membicarakan kami yang menurut mereka saya dengar tidak boleh parkir disini, entah mungkin karena mobil kami kotor atau mungkin juga memang tidak boleh karena merusak pemandangan lobby hehehe ..

Image

Nah saat petugas2 itu mau mendatangi saya yang masih ada di mobil... tiba2 datang 1 orang komandan nya yang saya duga dari unsur TNI/Polri lalu ikut terlibat membicarakan tentang rencana pemindahan lokasi parkir 2 kendaraan kami ini... lalu saya dengar kembali ternyata sang Komandan melarang anggota nya untuk memerintahkan pemindahan tersebut... saya hanya tersenyum saja mendengarnya.. dan saat saya membawa beberapa barang dari mobil menuju kamar dengan melewati Lobby, saya hanya menegur sapa saja petugas2 keamanan hotel tersebut dan mereka membalas dengan rasa hormat termasuk 1 komandan nya, tegur-sapa saya itu sarat dengan rasa terimakasih & hormat untuk sang Komandan yang sudah faham apa yang kami inginkan... "Terimakasih banyak Pak..." tak lama kemudian saya pun menuju Lift untuk ke kamar tidur .....

Image


Oke Sampai disini cerita perjalanan Hari ke 13 Keliling 1 pulau Sumatera

Etape Kota Bukittinggi menuju ke Kota Padang

Nantikan Cerita Perjalanan kami Etape selanjut nya :

ROAD TRIP KOTA PADANG MENUJU BENGKULU
lanjut ke Lampung dan Kembali ke Jakarta..



:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_01: :mky_01: :mky_08: :mky_08:

pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 623
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by pengendiesel » 20 May 2019, 20:04

Mantap om cerita kepaternya. Biasanya hal2 paling ancur gini yang paling diingat di kemudian hari :big_biglaugh:

Untung nggak ada kiriman air dari atas ya

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 20 May 2019, 20:56

pengendiesel wrote:
20 May 2019, 20:04
Mantap om cerita kepaternya. Biasanya hal2 paling ancur gini yang paling diingat di kemudian hari :big_biglaugh:

Untung nggak ada kiriman air dari atas ya
Sampe sekarang saya engga akan pernah lupa om.... liat aja sudah 1,5 tahun saya masih hafal alur cerita nya sampe mendetail gitu.. kecuali Warna Truk nya aja saya lupa lantaran saya emang ngga punya foto nya sama sekali baik di Handphone maupun di DSLR hehehe.. saya ingat nya truk kepala Kuning eh tau nya Truk nya warna Biru... wkwkwkwk Kocak juga sih...

Oiya saya dapat kiriman foto lagi dari @@Mr Q ... yaitu foto detik2 evakuasi TAFT IOF Bukittinggi narik ANPS 4x4 nya om Riz ....

Image

Ini adalah Taft IOF Bukittinngi yang sedang berusaha narik ANPS 4x4 nya om Riz .... jadi katanya si TAFT mengikatkan diri dulu ke sebuah tiang yang berada di belakang nya supaya saat dia narik ANPS dia tidak malah tertarik ke depan karena bobot TAFT lebih ringan dari ANPS apalagi ANPS sedang dalam kondisi tertanam di Lumpur sungai pasti menjadi jauh lebih berat...

TAFT IOF Bukittinggi ini sudah dilengkapi dengan Winch dan sling baja nya panjang sekali, cukup untuk di ulur sampai ujung nya di kaitkan ke tail hanger / cantolan / pengait besi di ANPS.. nah trus setelah dia terkaait, dia mulai operasikan gulungan Winch nya... sedikit demi sedikit demi sedikit ANPS bisa keluar dari sungai... dan naik ke daratan...

Saat kejadian ini berlangsung saya sedang tidak ada di TKP karena sedang emmbeli tambang di Kota Bukittinggi dan tidak ada yang mengabadikan nya sama sekali via Video... jadi sampai saat ini saya sebener nya masih penasaran ... ingin kembali ke spot itu dengan membawa peralatan yang lebih memadai.. OMG...!!

:big_comfort: :big_childish: :big_bored: :big_smile] :big_chicken:

Gasoline24 wrote:
20 May 2019, 14:02

- cut -



someday om wah....someday
tunggu tanggal mainnya

:mky_01:
Om Doni udah mau ke sana lagi om untuk kedua kali nya.... pake Avanza lho.... Salute sama om @rakjatdoni

:big_exellent: :big_exellent: :big_grin: :big_grin:

User avatar
rakjatdoni
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: 02 Oct 2014, 10:42

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by rakjatdoni » 21 May 2019, 08:52

F 272 wrote:
20 May 2019, 20:56

Om Doni udah mau ke sana lagi om untuk kedua kali nya.... pake Avanza lho.... Salute sama om @rakjatdoni

:big_exellent: :big_exellent: :big_grin: :big_grin:
mohon doa'nya om F272

Nah saat petugas2 itu mau mendatangi saya yang masih ada di mobil... tiba2 datang 1 orang komandan nya yang saya duga dari unsur TNI/Polri lalu ikut terlibat membicarakan tentang rencana pemindahan lokasi parkir 2 kendaraan kami ini... lalu saya dengar kembali ternyata sang Komandan melarang anggota nya untuk memerintahkan pemindahan tersebut... saya hanya tersenyum saja mendengarnya.. dan saat saya membawa beberapa barang dari mobil menuju kamar dengan melewati Lobby, saya hanya menegur sapa saja petugas2 keamanan hotel tersebut dan mereka membalas dengan rasa hormat termasuk 1 komandan nya, tegur-sapa saya itu sarat dengan rasa terimakasih & hormat untuk sang Komandan yang sudah faham apa yang kami inginkan... "Terimakasih banyak Pak..." tak lama kemudian saya pun menuju Lift untuk ke kamar tidur .....
Komandannya paham ama plat ente mod :mky_02:

KYTORA
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 21 May 2019, 14:45
Location: Medan
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova Diesel
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by KYTORA » 21 May 2019, 14:53

:mky_02: mantap nih om wahdi F272 roadtripnya, saya lebaran ini juga ada rencana roadtrip pertama saya dan teman teman start dari Medan menuju Pekanbaru lalu Bukit tinggi, Padang lalu Danau Toba dan Kembali ke Medan.. apakah ada saran khusus dikarenakan ini merupakan perjalanan jauh dengan mobil pertama saya dan teman teman.. :mky_01:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 21 May 2019, 15:11

KYTORA wrote:
21 May 2019, 14:53
:mky_02: mantap nih om wahdi F272 roadtripnya, saya lebaran ini juga ada rencana roadtrip pertama saya dan teman teman start dari Medan menuju Pekanbaru lalu Bukit tinggi, Padang lalu Danau Toba dan Kembali ke Medan.. apakah ada saran khusus dikarenakan ini merupakan perjalanan jauh dengan mobil pertama saya dan teman teman.. :mky_01:
Terimakasih om @KYTORA atas atensi nya dan salam kenal... HORAASS..!!!

Wow mau Road Trip Sumut - Sumbar ya..? Mantaaabb...
Jadi dari Medan ke Pekanbaru dulu... nginap 1 malam... ini lumayan panjang nih rute nya om...berangkat lebih pagi supaya sampai di Pekanbaru tidak terlalu malam... Lalu-lintas ramai lancar 24 jam di jalur ini...

Dari Pekanbaru ke Bukittinngi akan melewati Kelok 9 yang melegenda.. di saat Lebaran mungkin akan cukup padat, karena merupakan tujuan wisata, jika masih siang/sore/hari terang bisa mampir ke Harau Valley .. bahkan bisa nginap di Harau Valley... tapi nginap di Bukittinngi juga oke, jangan lupa pesan hotel jauh2 hari karena kabarnya kalo Lebaran agak sulit dapat Hotel di Bukittinggi . maklum Kota nya tidak terlalu besar tapi sejuk dan nyaman tinggal di Bukittinggi.

dari Bukittinngi ke Padang tidak terlalu jauh hanya sekitar 2,5 jam saja jika lancar..bisa melalui 2 jalur.. : Padang Panjang melewati Air terjun Lembah anai.. atau lewat solok melewati Danau Singkarak... sama2 indah, hanya beda lebar jalan saja.. yg lewat Lembah anai jalan nya lebih lebar dari jalan yang lewat Singkarak...

di Padang banyak Hotel karena kota besar... dan banyak juga tujuan wisata... dari Padang ke Toba..ini lumayan jauh om...650 Kilometer, jika kejauhan lebih baik singgah di Padangsidempuan nginap 1 malam... ada Hotel yang rekomended Favorite om @m@Mr Q disana..

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Dari Padangsidempuan baru melanjutkan perjalanan menuju Samosir.. saran saya om lewat Tele saja, tidak nyebrang pake kapal Ferry...di Samosir juga banyak penginapan tapi sebaiknya di pesan dulu sebelum tiba di samosir...

dari Samosir pulang menuju Medan bisa lewat : Tele lagi ..lalu Kabanjahe - Brastagi - Sibolangit - Medan .. Nah ini jalur yang belum pernah saya lewatin om...

Mungkin Om2 lain ada yang pernah lewat bagaimana kondisinya silahkan kasih komen.......
banyak Om2 dari Medan disini .. ada om Nainggolan.. ada Om GintinG.. om Mangoloi..dkk lain

:big_exellent: :big_peace:

KYTORA
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 21 May 2019, 14:45
Location: Medan
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova Diesel
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by KYTORA » 21 May 2019, 15:37

terima kasih om Wahdi atas responnya, kalo misalnya berangkat dari medan sore dengan rencana sampai pekanbaru besok paginya bagaimana ya om? apakah jalanan dari Medan-Pekanbaru rawan jika jalan di malam hari? terima kasih om salam roadtrip!

KYTORA
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 21 May 2019, 14:45
Location: Medan
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova Diesel
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by KYTORA » 21 May 2019, 15:42

ginting wrote:
06 Apr 2018, 17:01
F 272 wrote:
06 Apr 2018, 16:20
liep wrote:
06 Apr 2018, 16:11

mantap, gara2 om f272, ane nyobain ntar mlm ikut turing jg, 14 mbl dr mlg jam 11mlm ke bwi, sesama prit HOFOS Malang, tp cuma beberapa yg ORARI hehe
Kereeen...om.. Tetap selalu berhati2 di perjalanan yah Om.. Gapapa hanya beberapa yg ORARI ..itu sudah OK kok..
Dulu kalo tidak salah waktu SM Road trip pertama Bandung ke Pangandaran itu yg ORARI cuma 1 atau 2 orang dari hampir 30 mobil hahaha..

Aman om.. kita kan hanya untuk koordinasi aja... :mky_02: :mky_08:

Salam untuk teman2 Road Trip Hofos nya yah om ... from F272 :emo-flowerforyou:
khusus untuk teman2 yang di Jabodetabek, kalau misalnya ada ujian di ORLOK yg berdekatan, bisa ikut ujian disana. Karena hasil Ujian itu diakui kok di wilayah anda.
Contoh anda warga Bekasi, tapi di Orlok Bekasi belum ada ujian ORARI. padahal ada ujian di bulan itu di Tangerang Selatan. Nah, ikut saja ujian di Tangsel. Nanti dapat SKAR. Setelah itu urus IAR di ORLOK Masing-masing.

Btw, kalau warga SM mau bikin izin ORARI di Tangsel, saya bisa bantu kenalkan sama Ketua ORLOK Tangsel dan/atau Bagian Pendaftaran Ujian.

Salam dari YD1WAG (Woooww Abang Ginting ) :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:
Om, jika melakukan roadtrip tapi bukan anggota ORARI bagaimana ya om, soalnya saya dan teman teman belum menjadi anggota ORARI nih om..

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 21 May 2019, 16:05

rakjatdoni wrote:
21 May 2019, 08:52
F 272 wrote:
20 May 2019, 20:56

Om Doni udah mau ke sana lagi om untuk kedua kali nya.... pake Avanza lho.... Salute sama om @rakjatdoni

:big_exellent: :big_exellent: :big_grin: :big_grin:
mohon doa'nya om F272

- cut -

Komandannya paham ama plat ente mod :mky_02:

Siap Om Doni.... Selalu tetap berhati2 disetiap perjalanan Anda...

Kita ngopi bareng ya nanti di Palembang sebelum om Gaspol ke Jambi...

:mky_02: :mky_08: :emo-photo: :emo-flowerforyou:

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3411
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by ginting » 21 May 2019, 18:26

KYTORA wrote:
21 May 2019, 15:42
ginting wrote:
06 Apr 2018, 17:01
F 272 wrote:
06 Apr 2018, 16:20


Kereeen...om.. Tetap selalu berhati2 di perjalanan yah Om.. Gapapa hanya beberapa yg ORARI ..itu sudah OK kok..
Dulu kalo tidak salah waktu SM Road trip pertama Bandung ke Pangandaran itu yg ORARI cuma 1 atau 2 orang dari hampir 30 mobil hahaha..

Aman om.. kita kan hanya untuk koordinasi aja... :mky_02: :mky_08:

Salam untuk teman2 Road Trip Hofos nya yah om ... from F272 :emo-flowerforyou:
khusus untuk teman2 yang di Jabodetabek, kalau misalnya ada ujian di ORLOK yg berdekatan, bisa ikut ujian disana. Karena hasil Ujian itu diakui kok di wilayah anda.
Contoh anda warga Bekasi, tapi di Orlok Bekasi belum ada ujian ORARI. padahal ada ujian di bulan itu di Tangerang Selatan. Nah, ikut saja ujian di Tangsel. Nanti dapat SKAR. Setelah itu urus IAR di ORLOK Masing-masing.

Btw, kalau warga SM mau bikin izin ORARI di Tangsel, saya bisa bantu kenalkan sama Ketua ORLOK Tangsel dan/atau Bagian Pendaftaran Ujian.

Salam dari YD1WAG (Woooww Abang Ginting ) :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:
Om, jika melakukan roadtrip tapi bukan anggota ORARI bagaimana ya om, soalnya saya dan teman teman belum menjadi anggota ORARI nih om..
kalau belum jadi Orari, maks saran saya jangan pakai Rig. krn itu terlalu kentara.
kalau pakae HT kan gak kelihatan.
yg kita takut cuma razia saja, lalu ditanya perizinan.
apalagi baru baru ini ada edaran utk "penertiban" pemakai radio amatir tanpa izin. info dari grup WA Orari Tangsel yg saya ikuti.
Saran saya sih ikut aja ujian oom.
kalau cuma jadi YD sih semua lulus, asal ikut ujian dan pembinaan.
kayaknya sih tujuan mereka agar yg liar liar bs dimasukkan dlm wadah resmi.
bukan mengedepankan keahlian jawab soal kayak EBTANAS.

Satya21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: 07 Apr 2015, 17:34

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by Satya21 » 21 May 2019, 22:19

F 272 wrote:
KYTORA wrote:
21 May 2019, 14:53
:mky_02: mantap nih om wahdi F272 roadtripnya, saya lebaran ini juga ada rencana roadtrip pertama saya dan teman teman start dari Medan menuju Pekanbaru lalu Bukit tinggi, Padang lalu Danau Toba dan Kembali ke Medan.. apakah ada saran khusus dikarenakan ini merupakan perjalanan jauh dengan mobil pertama saya dan teman teman.. :mky_01:
Terimakasih om [mention]KYTORA[/mention] atas atensi nya dan salam kenal... HORAASS..!!!

Wow mau Road Trip Sumut - Sumbar ya..? Mantaaabb...
Jadi dari Medan ke Pekanbaru dulu... nginap 1 malam... ini lumayan panjang nih rute nya om...berangkat lebih pagi supaya sampai di Pekanbaru tidak terlalu malam... Lalu-lintas ramai lancar 24 jam di jalur ini...

Dari Pekanbaru ke Bukittinngi akan melewati Kelok 9 yang melegenda.. di saat Lebaran mungkin akan cukup padat, karena merupakan tujuan wisata, jika masih siang/sore/hari terang bisa mampir ke Harau Valley .. bahkan bisa nginap di Harau Valley... tapi nginap di Bukittinngi juga oke, jangan lupa pesan hotel jauh2 hari karena kabarnya kalo Lebaran agak sulit dapat Hotel di Bukittinggi . maklum Kota nya tidak terlalu besar tapi sejuk dan nyaman tinggal di Bukittinggi.

dari Bukittinngi ke Padang tidak terlalu jauh hanya sekitar 2,5 jam saja jika lancar..bisa melalui 2 jalur.. : Padang Panjang melewati Air terjun Lembah anai.. atau lewat solok melewati Danau Singkarak... sama2 indah, hanya beda lebar jalan saja.. yg lewat Lembah anai jalan nya lebih lebar dari jalan yang lewat Singkarak...

di Padang banyak Hotel karena kota besar... dan banyak juga tujuan wisata... dari Padang ke Toba..ini lumayan jauh om...650 Kilometer, jika kejauhan lebih baik singgah di Padangsidempuan nginap 1 malam... ada Hotel yang rekomended Favorite om @m[mention]Mr Q[/mention] disana..

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Dari Padangsidempuan baru melanjutkan perjalanan menuju Samosir.. saran saya om lewat Tele saja, tidak nyebrang pake kapal Ferry...di Samosir juga banyak penginapan tapi sebaiknya di pesan dulu sebelum tiba di samosir...

dari Samosir pulang menuju Medan bisa lewat : Tele lagi ..lalu Kabanjahe - Brastagi - Sibolangit - Medan .. Nah ini jalur yang belum pernah saya lewatin om...

Mungkin Om2 lain ada yang pernah lewat bagaimana kondisinya silahkan kasih komen.......
banyak Om2 dari Medan disini .. ada om Nainggolan.. ada Om GintinG.. om Mangoloi..dkk lain

:big_exellent: :big_peace:
Pengalaman lebaran hari ke 3 di Sumbar 3tahun lalu, macet parah om..

Pekanbaru - payakumbuh 6jam.
Payakumbuh - bukit tinggi 3jam.
Bukit tinggi - padang panjang 2jam.
Padang panjang - padang 5jam.
Mungkin sy lagi apes pas kena macet parah om..
Tapi krn niat nya emg jalan2 ya dibawa happy saja hehehe

Usahakan bensin full terus ya om, krn antrian di spbu nya rata2 sangat panjang/suka kehabisan stok krn truk tangki nya kena macet juga.

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3991
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Referensi Rute Perjalanan Pulau Sumatera via darat

Post by F 272 » 21 May 2019, 22:40

KYTORA wrote:terima kasih om Wahdi atas responnya, kalo misalnya berangkat dari medan sore dengan rencana sampai pekanbaru besok paginya bagaimana ya om? apakah jalanan dari Medan-Pekanbaru rawan jika jalan di malam hari? terima kasih om salam roadtrip!
Sepengalaman saya sih aman2 aja walaupun jalam malam... kalo lihat Video Jelajah Sumatera yang saya buat, serta cerita perjalanan etape Pekanbaru menuju ke Medan, itu memang lumayan panjang.. di Google Maps saya dapatkan waktu = 13.5jam dg jarak tempuh sekitar 650 Kilometer...

Tapi realnya saya waktu itu start jam 9an pagi...sampai Medan jam 5 subuh.. Image jadi 20 jam !!! Gokil !!!

Ini dikarenakan perjalanan terhambat berbagai hal terutama Hujan deras dan banyak nya berhenti di banyak tempat..

Image

Post Reply