All About Hyundai H1

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ, F 272

diesel mania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: 27 Nov 2009, 18:24

Re: All About Hyundai H1

Post by diesel mania » 30 Jul 2017, 22:32

Lagi minat sama H1 coz anak sudah 3 so suv 7 seater pun terasa kurang lega. Bawa istri,anak babysitter,mertua belum lagi kalo anak2 berantem gara2 rebutan tempat, haduuuhhh. Saya makin tertarik lagi coz selidik punya selidik mesinnya sama percis yang dipake pajero dakar. 4D56 VGT. Belum lagi dia RWD lho. Klop dah serasa naik pajero dengan kabin yang luass. Membaca sejarahnya di korea hyundai/kia sangat hobi pake mesin mitsu. Dulu hyundai H1 ato lebih dikenal dengan hyundai starex, generasi awal pake body yang berbagi platform dengan mitsubishi delica. Dimana mereka berdua selalu setia mengusung mesin 4D56T turbo intercooled yg masih non commonrail . Ini sedikit liputannya:

https://youtu.be/8WFsYI1qyL8

Mereka berdua jago offroad. Delica dulu terkenal dengan minibus yg pakai 4x4. Bahkan generasi yang pualing awal delica ternyata adalah nama L300 versi luar dgn mesin 4D56 pertama. Sayang dalam perkembangannya delica malah jadi minibus banci cuma mengusung mesin bensin fwd. Hanya ground clearance yg masih agak tinggi yg diklaim mitsu pernah menjadi legenda minibus offroad.
Justru hyundai H1/Starex lah yg sampai saat ini masih setia dengan mesin 4D56 terbaru VGT dan RWD. Even versi luar terbaru H1/Starex tetap ada yg pake 4WD.

https://youtu.be/t4A7Dl4vWpA

Kalo diadu sebenernya antara hiace mesin innova 2KD non VNT sangat head to head dgn H1 ini. Melanjutkan perang SUV diesel toyota vs mitsu. Tapi kalo pake hiace gimana bisa parkir dalem mall. Klo H1 masih bisa masuk mall. Sayangnya pihak hyundai masih malu, bahkan gak pernah mempromosikan mesinnya yang ternyata sama dengan pajero sport. Padahal itu adalah salah satu nilai jual.
Sementara alpret cuma ada bensin fwd, ga cocok buat diesel freak n mobil macho macem saya. Harganya juga, hehe..
Siapa tau nemu limbah 4WD starex korea bisa dipasang di H1 lokal sini..
Hrv 2016
PJS Exceed 2010 FOR SALE immidiately!!
VNT 4x4 2015
Blazer dohc 1997

User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 919
Joined: 15 Nov 2016, 12:22
Location: Tangerang

Re: All About Hyundai H1

Post by adrevolution » 31 Jul 2017, 05:24

diesel mania wrote:
30 Jul 2017, 22:32
Lagi minat sama H1 coz anak sudah 3 so suv 7 seater pun terasa kurang lega. Bawa istri,anak babysitter,mertua belum lagi kalo anak2 berantem gara2 rebutan tempat, haduuuhhh. Saya makin tertarik lagi coz selidik punya selidik mesinnya sama percis yang dipake pajero dakar. 4D56 VGT. Belum lagi dia RWD lho. Klop dah serasa naik pajero dengan kabin yang luass. Membaca sejarahnya di korea hyundai/kia sangat hobi pake mesin mitsu. Dulu hyundai H1 ato lebih dikenal dengan hyundai starex, generasi awal pake body yang berbagi platform dengan mitsubishi delica. Dimana mereka berdua selalu setia mengusung mesin 4D56T turbo intercooled yg masih non commonrail . Ini sedikit liputannya:

https://youtu.be/8WFsYI1qyL8

Mereka berdua jago offroad. Delica dulu terkenal dengan minibus yg pakai 4x4. Bahkan generasi yang pualing awal delica ternyata adalah nama L300 versi luar dgn mesin 4D56 pertama. Sayang dalam perkembangannya delica malah jadi minibus banci cuma mengusung mesin bensin fwd. Hanya ground clearance yg masih agak tinggi yg diklaim mitsu pernah menjadi legenda minibus offroad.
Justru hyundai H1/Starex lah yg sampai saat ini masih setia dengan mesin 4D56 terbaru VGT dan RWD. Even versi luar terbaru H1/Starex tetap ada yg pake 4WD.

https://youtu.be/t4A7Dl4vWpA

Kalo diadu sebenernya antara hiace mesin innova 2KD non VNT sangat head to head dgn H1 ini. Melanjutkan perang SUV diesel toyota vs mitsu. Tapi kalo pake hiace gimana bisa parkir dalem mall. Klo H1 masih bisa masuk mall. Sayangnya pihak hyundai masih malu, bahkan gak pernah mempromosikan mesinnya yang ternyata sama dengan pajero sport. Padahal itu adalah salah satu nilai jual.
Sementara alpret cuma ada bensin fwd, ga cocok buat diesel freak n mobil macho macem saya. Harganya juga, hehe..
Siapa tau nemu limbah 4WD starex korea bisa dipasang di H1 lokal sini..
Anu om, bener enginenya H1 CRDi sama ama PS dakar? Soalnya dr kapasitas mesin udah beda (2497cc di H1 vs 2477cc di 4D56 VGT punya dakar lama)
Cmiiw

diesel mania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: 27 Nov 2009, 18:24

Re: All About Hyundai H1

Post by diesel mania » 31 Jul 2017, 08:15

Yup. Trims buat masukannya.
Jadi 4d56 di produksi sendiri oleh hyundai/kia dan dikasih kode d4bh, d4bf dan d4bh. Banyak mobil korea yang pakai mesin itu tahun 2000an awal. Hyundai galoper, h1/starex,h100 etc.
Sementara untuk grand starex atau H1 baru dieselnya pakai kode mesin d4cb. Saya pikir masih satu generasi sama 4d56. Setelah saya nemu videonya n saya pelototin ternyata udah beda sm 4d56u pajero. Hehe. Maap ya.
https://youtu.be/2FscADAlB2U
Hrv 2016
PJS Exceed 2010 FOR SALE immidiately!!
VNT 4x4 2015
Blazer dohc 1997

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat

Re: All About Hyundai H1

Post by ak4ng » 31 Jul 2017, 09:28

Setau saya di brosur H1 pun disebutkan kode mesinnya 4D56, tapi ternyata kalau diteliti unitnya beda sm 4D56 dakar
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 919
Joined: 15 Nov 2016, 12:22
Location: Tangerang

Re: All About Hyundai H1

Post by adrevolution » 31 Jul 2017, 09:33

diesel mania wrote:
31 Jul 2017, 08:15
Yup. Trims buat masukannya.
Jadi 4d56 di produksi sendiri oleh hyundai/kia dan dikasih kode d4bh, d4bf dan d4bh. Banyak mobil korea yang pakai mesin itu tahun 2000an awal. Hyundai galoper, h1/starex,h100 etc.
Sementara untuk grand starex atau H1 baru dieselnya pakai kode mesin d4cb. Saya pikir masih satu generasi sama 4d56. Setelah saya nemu videonya n saya pelototin ternyata udah beda sm 4d56u pajero. Hehe. Maap ya.
https://youtu.be/2FscADAlB2U
No probs sir :frm_salut:
Memang mesin hyundai era 90an akhir - 2000an awal banyak yg rebadge mesin mitsu, baik diesel maupun bensin.

Post Reply

Return to “Minibus / Station Types”

Who is online

Users browsing this forum: handoyo and 3 guests