PANTHER : Setir Gak Stabil Kenapa Ya ??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
PANTHER : Setir Gak Stabil Kenapa Ya ??
Mau minta advice ke teman2 yg. ahli nih.....
Saya punya Isuzu Panther th 2000 (grand royal), akhir2 ini saya merasakan stir nggak stabil (ngebuang) ketika melewati jalan bergelombang di jalan tol.
Minggu lalu saya sudah ganti karet2 di stabilizer dan gak ada improvement. Harus saya apakan ya ??? Tolong dong.....
Saya punya Isuzu Panther th 2000 (grand royal), akhir2 ini saya merasakan stir nggak stabil (ngebuang) ketika melewati jalan bergelombang di jalan tol.
Minggu lalu saya sudah ganti karet2 di stabilizer dan gak ada improvement. Harus saya apakan ya ??? Tolong dong.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Panther sering bermasalah di lengan yang berfungsi sebagai penerus daya dorong (kiri ato kanan) dari worm steer. Setau saya ada dua tipe power steering.
1. Rack and pinion
2. Circulating ball (worm)
Panther make yang nomer dua, seperti halnya Taft, Rocky, etc. Ujung lengan yang dapat dengan tie rod kiri ato kanan, biasanya AUS, jadi memungkinkan ada speleng "clearence" yang berlebih. Akibatnya setir bisa lari lari. Tinggal diganti aja boss nya itu, ga mahal kok.
Mumpung sekalian dibongkar. Cek juga kondisi :
1. Shock absorber.
2. Tie rod /ball joint
3. Bearing roda.
4. Karet-karet bushing pegangan lower arm atau boss yang disebut diatas.
Harusnya ga parah dan dapat langsung dideteksi oleh bengkel yang berpengalaman. Kalo bengkel Anda ga bisa mendeteksinya, yah sebaiknya cari bengkel lain yang lebih baik.
1. Rack and pinion
2. Circulating ball (worm)
Panther make yang nomer dua, seperti halnya Taft, Rocky, etc. Ujung lengan yang dapat dengan tie rod kiri ato kanan, biasanya AUS, jadi memungkinkan ada speleng "clearence" yang berlebih. Akibatnya setir bisa lari lari. Tinggal diganti aja boss nya itu, ga mahal kok.
Mumpung sekalian dibongkar. Cek juga kondisi :
1. Shock absorber.
2. Tie rod /ball joint
3. Bearing roda.
4. Karet-karet bushing pegangan lower arm atau boss yang disebut diatas.
Harusnya ga parah dan dapat langsung dideteksi oleh bengkel yang berpengalaman. Kalo bengkel Anda ga bisa mendeteksinya, yah sebaiknya cari bengkel lain yang lebih baik.
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
wah uda kejawab semua....oh ya satu lagi kondisi kedua ban depan bagus ga?.....kalo bagus dan semua yg disbutkan bung baron bagus harusnya masalah tersebut sudah tidak ada..........kebetulan saya pernah ngalami hal diatas tapi semua yg disebutkan bung baron sudah dipastikan oke tapi masih aja ngebuang, ternyata ban depan aus di bagian dalam stetelah di rotasi berhasil
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
deanz wrote:kalo di sedan sih biasanya kalo pake tapak ban lebar
So kalo jalan miring ke kiri tu setir ikut ke kiri, begitu juga kalo ke kanan.
Cuma yg saya heran mobilku tu pake ban standard, tapi begitu ada cewe cakep di kiri pasti tu stir lari ke kiri tiba2 ?????? Any suggestion
Hehehe, mas, kayaknya mas harus dipasangai "kacamata kuda" deh, biar matanya gak berkeliaran kemana-mana, biar tatapannya lulus, kalo gak, wah bahaya, kasihan ama pedestrians, keserempet melulu entar ama mobil mas, hehehe
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue May 30, 2006 11:26
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue May 30, 2006 11:26
setir ga bs nyaman
suhu.. sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan da rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, sy minta informasinya kepada empu
( mbl ini blm prnh nabrak )
( mbl ini blm prnh nabrak )
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue May 30, 2006 11:26
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: setir ga bs nyaman
Solusi terakhirnya adalah ganti ban (Yokohama atau Falken), kemudian pakai gas NITROGEN (jangan angin biasa) pada tekanan 37 psi.adh wrote:suhu.. sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan da rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, sy minta informasinya kepada empu
( mbl ini blm prnh nabrak )
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Sep 08, 2017 9:03
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: User
Re: setir ga bs nyaman
Coba deh gan ganti karet stabil dan pengimbangnya.adh wrote:suhu.. sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan da rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, sy minta informasinya kepada empu
( mbl ini blm prnh nabrak )