Page 1 of 1

PANTHER : Setir Gak Stabil Kenapa Ya ??

Posted: Thu Mar 25, 2004 5:00
by gauss
Mau minta advice ke teman2 yg. ahli nih.....
Saya punya Isuzu Panther th 2000 (grand royal), akhir2 ini saya merasakan stir nggak stabil (ngebuang) ketika melewati jalan bergelombang di jalan tol.
Minggu lalu saya sudah ganti karet2 di stabilizer dan gak ada improvement. Harus saya apakan ya ??? Tolong dong..... :cry:

Posted: Fri Mar 26, 2004 18:40
by DigitALL
Bagi yang ahli, saya persilahkan ... Soalnya saya ngga begitu ahli kalo masalah ginian.

Posted: Tue Mar 30, 2004 23:46
by baronfh
Panther sering bermasalah di lengan yang berfungsi sebagai penerus daya dorong (kiri ato kanan) dari worm steer. Setau saya ada dua tipe power steering.

1. Rack and pinion
2. Circulating ball (worm)

Panther make yang nomer dua, seperti halnya Taft, Rocky, etc. Ujung lengan yang dapat dengan tie rod kiri ato kanan, biasanya AUS, jadi memungkinkan ada speleng "clearence" yang berlebih. Akibatnya setir bisa lari lari. Tinggal diganti aja boss nya itu, ga mahal kok.

Mumpung sekalian dibongkar. Cek juga kondisi :
1. Shock absorber.
2. Tie rod /ball joint
3. Bearing roda.
4. Karet-karet bushing pegangan lower arm atau boss yang disebut diatas.

Harusnya ga parah dan dapat langsung dideteksi oleh bengkel yang berpengalaman. Kalo bengkel Anda ga bisa mendeteksinya, yah sebaiknya cari bengkel lain yang lebih baik. :)

Posted: Wed Mar 31, 2004 15:40
by DigitALL
Akhirnya sang ahli dateng juga...

Bung baronfh itu teknisi ya? Ato lulusan mesin?

Posted: Thu Apr 01, 2004 4:38
by Yongis_CD
wah uda kejawab semua....oh ya satu lagi kondisi kedua ban depan bagus ga?.....kalo bagus dan semua yg disbutkan bung baron bagus harusnya masalah tersebut sudah tidak ada..........kebetulan saya pernah ngalami hal diatas tapi semua yg disebutkan bung baron sudah dipastikan oke tapi masih aja ngebuang, ternyata ban depan aus di bagian dalam stetelah di rotasi berhasil

Posted: Fri Apr 02, 2004 16:44
by deanz
kalo di sedan sih biasanya kalo pake tapak ban lebar
So kalo jalan miring ke kiri tu setir ikut ke kiri, begitu juga kalo ke kanan.

Cuma yg saya heran mobilku tu pake ban standard, tapi begitu ada cewe cakep di kiri pasti tu stir lari ke kiri tiba2 ?????? Any suggestion

Posted: Sat Apr 03, 2004 18:31
by DigitALL
Hehehe ... itu sih orangnya yang harus di spooring n balancing... ( JK =P )

Posted: Wed Apr 07, 2004 3:31
by Yongis_CD
pake kacamata kuda......

upsss....kok jadi OOT nih?......

Posted: Wed Apr 07, 2004 16:14
by DigitALL
Hehehe ... ntar susah beloknya !

(Back to the topic pls...)

Posted: Sat May 15, 2004 15:10
by whitewolf
Sedikit tambahan.. Kalo dah diperbaiki, jangan lupa dispooring ama balance biar jadi lebih mantap setirnya.

Posted: Sat May 15, 2004 21:34
by Chalupa
deanz wrote:kalo di sedan sih biasanya kalo pake tapak ban lebar
So kalo jalan miring ke kiri tu setir ikut ke kiri, begitu juga kalo ke kanan.

Cuma yg saya heran mobilku tu pake ban standard, tapi begitu ada cewe cakep di kiri pasti tu stir lari ke kiri tiba2 ?????? Any suggestion

Hehehe, mas, kayaknya mas harus dipasangai "kacamata kuda" deh, biar matanya gak berkeliaran kemana-mana, biar tatapannya lulus, kalo gak, wah bahaya, kasihan ama pedestrians, keserempet melulu entar ama mobil mas, hehehe :)

Posted: Wed May 31, 2006 9:31
by adh
wah, gw jg punya problem yg sm tuh, mbil gw bekas kondisinya jg kaya gt. gw dah datengin smua bengkel2 rekomendasi tp blm bnr2 jg, hampir 80 % uda gw cek smua kaki2nya. masi jg lari2, spooring balancing dah ampir 10 kali tuh , gmana yah??

setir ga bs nyaman

Posted: Wed May 31, 2006 19:18
by adh
suhu.. sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan da rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... :cry: dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, sy minta informasinya kepada empu
( mbl ini blm prnh nabrak )

Posted: Thu Jun 01, 2006 2:58
by handling
nawilis yang dimana pak?

Posted: Thu Jun 01, 2006 8:07
by adh
tanah abang

Posted: Thu Jun 01, 2006 8:26
by Mike
Udah coba cek, klaher (bearing roda)?

Posted: Thu Jun 01, 2006 9:18
by adh
sudah sy prnh cek laher dan bearingnnya pun dalam kondisi bagus... thx

Re: setir ga bs nyaman

Posted: Wed Jun 21, 2006 21:37
by PenyuTurbo
adh wrote:suhu.. sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan da rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... :cry: dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, sy minta informasinya kepada empu
( mbl ini blm prnh nabrak )
Solusi terakhirnya adalah ganti ban (Yokohama atau Falken), kemudian pakai gas NITROGEN (jangan angin biasa) pada tekanan 37 psi.

Re: setir ga bs nyaman

Posted: Sun Sep 10, 2017 9:02
by Mamme
adh wrote:suhu.. sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan da rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... :cry: dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, sy minta informasinya kepada empu
( mbl ini blm prnh nabrak )
Coba deh gan ganti karet stabil dan pengimbangnya.