Grand Livina Gak Kuat Nanjak ????

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Risol1 wrote: Sy gak bilang kualitasnya GL jelek atau dibawah kijang, tapi MUNGKIN aja settingan original mesinnya kaya gitu....soalnya kan produsen mobil setting mesin kadang2 beda2 untuk tiap2 mobil/produknya walaupun dari base mesin yg sama. :D makanya menurut bro Doni bisa di remap ECUnya supaya lebih baik performa di tanjakkannya.....jadi mungkin cuma settingan mesin doang yang mesti sedikit di ubah dan gak ada hub dengan "rendahnya" kualitas mesin nissan
Dr info yg saya dengar GL produksi Juni (deliver juni-juli) yg bisa Re-maping ECU bila diinginkan (NOTE: Remaping adalah re-program ulang settingan ECU, bukan ganti unit ECU . kalo dikomputer masalah softwarenya deh.. bukan hardwarenya). Re-map ECU untuk menaikkan torque pada RPM rendah dan juga secara secara otomatis A/C akan dimatikan sesaat apabila pedal gas ditekan lebih dari 20 derajat.

Pendapat gw pribadi... kalo torsi bawah dinaikkan.. pasti top speednya turun.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
subianto
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Sep 11, 2007 15:02

Post by subianto »

maxx wrote:
Risol1 wrote: Sy gak bilang kualitasnya GL jelek atau dibawah kijang, tapi MUNGKIN aja settingan original mesinnya kaya gitu....soalnya kan produsen mobil setting mesin kadang2 beda2 untuk tiap2 mobil/produknya walaupun dari base mesin yg sama. :D makanya menurut bro Doni bisa di remap ECUnya supaya lebih baik performa di tanjakkannya.....jadi mungkin cuma settingan mesin doang yang mesti sedikit di ubah dan gak ada hub dengan "rendahnya" kualitas mesin nissan
Dr info yg saya dengar GL produksi Juni (deliver juni-juli) yg bisa Re-maping ECU bila diinginkan (NOTE: Remaping adalah re-program ulang settingan ECU, bukan ganti unit ECU . kalo dikomputer masalah softwarenya deh.. bukan hardwarenya). Re-map ECU untuk menaikkan torque pada RPM rendah dan juga secara secara otomatis A/C akan dimatikan sesaat apabila pedal gas ditekan lebih dari 20 derajat.

Pendapat gw pribadi... kalo torsi bawah dinaikkan.. pasti top speednya turun.
jadi artinya memang benar ada masalah untuk ditanjakan? bukan karena penyesuaian pola drivernya yah. bung maxx apakah untuk GL yang diterima dari agustus - november nanti apakah masih perlu untuk disetting kembali? itu bisa disetting dimana saja pak, apakah di beres tempat kita ambil kendaraan bisa atau kah harus ke NMI pusat?
subianto
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Sep 11, 2007 15:02

Post by subianto »

maxx wrote:Menurut saya .. kalo mo mobil yg kuat dan enak u /dibawa pd tanjakan maka lebih tepat beli SUV yg sdh tentu memiliki karakter mesin dg Torsi yg besar dan dikhususkan u/ medan tsb... tp tentunya SUV jg memiliki keterbatasan di FC dan top speed.
Panther kan ngga gitu pak. murah lagi
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

maxx wrote:
Risol1 wrote: Sy gak bilang kualitasnya GL jelek atau dibawah kijang, tapi MUNGKIN aja settingan original mesinnya kaya gitu....soalnya kan produsen mobil setting mesin kadang2 beda2 untuk tiap2 mobil/produknya walaupun dari base mesin yg sama. :D makanya menurut bro Doni bisa di remap ECUnya supaya lebih baik performa di tanjakkannya.....jadi mungkin cuma settingan mesin doang yang mesti sedikit di ubah dan gak ada hub dengan "rendahnya" kualitas mesin nissan
Dr info yg saya dengar GL produksi Juni (deliver juni-juli) yg bisa Re-maping ECU bila diinginkan (NOTE: Remaping adalah re-program ulang settingan ECU, bukan ganti unit ECU . kalo dikomputer masalah softwarenya deh.. bukan hardwarenya). Re-map ECU untuk menaikkan torque pada RPM rendah dan juga secara secara otomatis A/C akan dimatikan sesaat apabila pedal gas ditekan lebih dari 20 derajat.

Pendapat gw pribadi... kalo torsi bawah dinaikkan.. pasti top speednya turun.
hehehe....emang kadang di hidup ini kita gak bisa dapet semua yang kita mao....pasti semuanya ada trade off nya
kalo gw dikasi pilihan kaya gini, mending gw naikkin torsi di puteran bawah daripada ngejar top speed karena spt yang bos maxx bilang, kalo mao lari kenceng mustinya beli sedan/sport car :D no offense lho bro.... :D
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

subianto wrote:
maxx wrote:Menurut saya .. kalo mo mobil yg kuat dan enak u /dibawa pd tanjakan maka lebih tepat beli SUV yg sdh tentu memiliki karakter mesin dg Torsi yg besar dan dikhususkan u/ medan tsb... tp tentunya SUV jg memiliki keterbatasan di FC dan top speed.
Panther kan ngga gitu pak. murah lagi
diesel beda lah bos...totally different ballpark
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Risol1 wrote:
maxx wrote:
Risol1 wrote: Sy gak bilang kualitasnya GL jelek atau dibawah kijang, tapi MUNGKIN aja settingan original mesinnya kaya gitu....soalnya kan produsen mobil setting mesin kadang2 beda2 untuk tiap2 mobil/produknya walaupun dari base mesin yg sama. :D makanya menurut bro Doni bisa di remap ECUnya supaya lebih baik performa di tanjakkannya.....jadi mungkin cuma settingan mesin doang yang mesti sedikit di ubah dan gak ada hub dengan "rendahnya" kualitas mesin nissan
Dr info yg saya dengar GL produksi Juni (deliver juni-juli) yg bisa Re-maping ECU bila diinginkan (NOTE: Remaping adalah re-program ulang settingan ECU, bukan ganti unit ECU . kalo dikomputer masalah softwarenya deh.. bukan hardwarenya). Re-map ECU untuk menaikkan torque pada RPM rendah dan juga secara secara otomatis A/C akan dimatikan sesaat apabila pedal gas ditekan lebih dari 20 derajat.

Pendapat gw pribadi... kalo torsi bawah dinaikkan.. pasti top speednya turun.
hehehe....emang kadang di hidup ini kita gak bisa dapet semua yang kita mao....pasti semuanya ada trade off nya
kalo gw dikasi pilihan kaya gini, mending gw naikkin torsi di puteran bawah daripada ngejar top speed karena spt yang bos maxx bilang, kalo mao lari kenceng mustinya beli sedan/sport car :D no offense lho bro.... :D
dan pastinya bisa lebih iritan (CMIIW). Maxx itu yang harus di remap hanya untuk yang didelivery bulan juni - juli saja? atau kalau dirasa perlu boleh2 saja walaupun misal bulan agustus?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

subianto wrote:
maxx wrote:
Risol1 wrote: Sy gak bilang kualitasnya GL jelek atau dibawah kijang, tapi MUNGKIN aja settingan original mesinnya kaya gitu....soalnya kan produsen mobil setting mesin kadang2 beda2 untuk tiap2 mobil/produknya walaupun dari base mesin yg sama. :D makanya menurut bro Doni bisa di remap ECUnya supaya lebih baik performa di tanjakkannya.....jadi mungkin cuma settingan mesin doang yang mesti sedikit di ubah dan gak ada hub dengan "rendahnya" kualitas mesin nissan
Dr info yg saya dengar GL produksi Juni (deliver juni-juli) yg bisa Re-maping ECU bila diinginkan (NOTE: Remaping adalah re-program ulang settingan ECU, bukan ganti unit ECU . kalo dikomputer masalah softwarenya deh.. bukan hardwarenya). Re-map ECU untuk menaikkan torque pada RPM rendah dan juga secara secara otomatis A/C akan dimatikan sesaat apabila pedal gas ditekan lebih dari 20 derajat.

Pendapat gw pribadi... kalo torsi bawah dinaikkan.. pasti top speednya turun.
jadi artinya memang benar ada masalah untuk ditanjakan? bukan karena penyesuaian pola drivernya yah. bung maxx apakah untuk GL yang diterima dari agustus - november nanti apakah masih perlu untuk disetting kembali? itu bisa disetting dimana saja pak, apakah di beres tempat kita ambil kendaraan bisa atau kah harus ke NMI pusat?
kalo menurut saya sih bukan masalah ditanjakan tp lebih ke soal program ECU yg pertama kali disetting yg lebih condong ke TOP Speed. .. . sekali lagi benernya spt apa saya ndak tau... ini pendapat pribadi.

Program settingan ECU di release oleh Nissan JPG.. bukan oleh NMI... jadi tinggal pakai aja .. jadi tinggal install settingan tsb di ECU.
Dr info tsb sudah jelas bisa disimpulkan yg deliver Agt keatas.. ECU-nya sudah di re-map dg settingan yg baru... tp jelasnya/kepastian apakah sudah re-map yg baru atau belum.. sptnya perlu ditanyakan pada CS NMI ... u/ dilihat kembali berdasarkan nomor Chasis... begitu pula soal BERES mana saja yg melayani re-maping ECU.. krn sptnya ga semua beres memiliki mesin/alat dan kemampuan u/ re-map ECU.
Last edited by maxx on Fri Sep 14, 2007 5:19, edited 1 time in total.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote: dan pastinya bisa lebih iritan (CMIIW). Maxx itu yang harus di remap hanya untuk yang didelivery bulan juni - juli saja? atau kalau dirasa perlu boleh2 saja walaupun misal bulan agustus?
sdh dijawab di posting seblmnya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
flexiblebil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
Location: Java

Post by flexiblebil »

Kalo boleh urun ngasih opini, menurut saya GL nggak kuat nanjak, selain torsi putaran bawahnya memang kurang mungkin ada kaitannya juga dengan throttle by wire (TBW)-nya.

Sekedar share pengalaman, saya juga pernah ngalamin terperangkap di tanjakan curam di pedalaman Banten pake CRV matic, pas nanjak lama2 makin pelan & akhirnya berenti di tengah2 tanjakan, di gas sampe pol juga tetep nggak kuat, posisi udah di 1. Waktu itu pake CRV baru yang udah pake TBW & mobil cuma diisi 4 orang. Padahal powernya CR-V kan cukup gede, 160 hp kalo nggak salah.

Herannya kasus ini nggak terjadi waktu gue pake CRV lama yang masih pake kabel gas di tempat yang sama, gas pol terus lancar sampe ujung tanjakan. Gue curiga TBW-nya nggak 'menerjemahkan' injakan gas ke bukaan throttle dengan baik. Mungkin karena putaran mesin ketahan & speed mobil rendah, kayanya throttle sengaja nggak dibuka penuh sama si ECU, makanya nggak kuat nanjak.. Ini cuma mungkin lho..
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

maxx wrote:
ichsan_n wrote: dan pastinya bisa lebih iritan (CMIIW). Maxx itu yang harus di remap hanya untuk yang didelivery bulan juni - juli saja? atau kalau dirasa perlu boleh2 saja walaupun misal bulan agustus?
sdh dijawab di posting seblmnya.
bro maxx, gambar yang di signature ente itu warna grey atau yellowish ya, cakep juga tuh dikasih KF yang gold gitu kali ya?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

flexiblebil wrote:Kalo boleh urun ngasih opini, menurut saya GL nggak kuat nanjak, selain torsi putaran bawahnya memang kurang mungkin ada kaitannya juga dengan throttle by wire (TBW)-nya.

Sekedar share pengalaman, saya juga pernah ngalamin terperangkap di tanjakan curam di pedalaman Banten pake CRV matic, pas nanjak lama2 makin pelan & akhirnya berenti di tengah2 tanjakan, di gas sampe pol juga tetep nggak kuat, posisi udah di 1. Waktu itu pake CRV baru yang udah pake TBW & mobil cuma diisi 4 orang. Padahal powernya CR-V kan cukup gede, 160 hp kalo nggak salah.

Herannya kasus ini nggak terjadi waktu gue pake CRV lama yang masih pake kabel gas di tempat yang sama, gas pol terus lancar sampe ujung tanjakan. Gue curiga TBW-nya nggak 'menerjemahkan' injakan gas ke bukaan throttle dengan baik. Mungkin karena putaran mesin ketahan & speed mobil rendah, kayanya throttle sengaja nggak dibuka penuh sama si ECU, makanya nggak kuat nanjak.. Ini cuma mungkin lho..
Ada benernya juga.. bisa jadi krn penerapan TBW, yg menyebabkan lag.. jadi saat di bejeg.. kopling langsung dilepas.. tp ecu belum respon.. alhasil mobil mundur dulu.. kmdn saatnya ECU merespon.. mesin udah berat u/ narik .. krn selain bobot mobil dan gaya gravitasi, ditambah mementum mundur krn TBW yg menyebabkan ECU lambat respon.

Mungkin sebaiknya u/ mobil dg TBW, dibantu rem tangan dimana gas ditekan.. kopling dilepas perlahan.. setelah dapat momentum torsi (ECU tlh respon)... rem tangan dilepas perlahan.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

dion wrote:
maxx wrote:
ichsan_n wrote: dan pastinya bisa lebih iritan (CMIIW). Maxx itu yang harus di remap hanya untuk yang didelivery bulan juni - juli saja? atau kalau dirasa perlu boleh2 saja walaupun misal bulan agustus?
sdh dijawab di posting seblmnya.
bro maxx, gambar yang di signature ente itu warna grey atau yellowish ya, cakep juga tuh dikasih KF yang gold gitu kali ya?
Yg bikin cakep krn Velg-nya yg besar dan diceper... : :wink:
Kalo warna sptnya ga ada yg cocok dg std GL... masuk diantara warna silver dan grey.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
geli2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Oct 01, 2006 7:39

Post by geli2 »

bagaimana rpm nya pak? pas lagi lanjak n jadi makin pelan, rpmnya turun/naik? penasaran gw heheh..
flexiblebil wrote:Kalo boleh urun ngasih opini, menurut saya GL nggak kuat nanjak, selain torsi putaran bawahnya memang kurang mungkin ada kaitannya juga dengan throttle by wire (TBW)-nya.

Sekedar share pengalaman, saya juga pernah ngalamin terperangkap di tanjakan curam di pedalaman Banten pake CRV matic, pas nanjak lama2 makin pelan & akhirnya berenti di tengah2 tanjakan, di gas sampe pol juga tetep nggak kuat, posisi udah di 1. Waktu itu pake CRV baru yang udah pake TBW & mobil cuma diisi 4 orang. Padahal powernya CR-V kan cukup gede, 160 hp kalo nggak salah.

Herannya kasus ini nggak terjadi waktu gue pake CRV lama yang masih pake kabel gas di tempat yang sama, gas pol terus lancar sampe ujung tanjakan. Gue curiga TBW-nya nggak 'menerjemahkan' injakan gas ke bukaan throttle dengan baik. Mungkin karena putaran mesin ketahan & speed mobil rendah, kayanya throttle sengaja nggak dibuka penuh sama si ECU, makanya nggak kuat nanjak.. Ini cuma mungkin lho..
<Start><IFRAME></IFRAME><End>
yol127
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
Location: Yogyakarta

Post by yol127 »

flexiblebil wrote:Kalo boleh urun ngasih opini, menurut saya GL nggak kuat nanjak, selain torsi putaran bawahnya memang kurang mungkin ada kaitannya juga dengan throttle by wire (TBW)-nya.

Sekedar share pengalaman, saya juga pernah ngalamin terperangkap di tanjakan curam di pedalaman Banten pake CRV matic, pas nanjak lama2 makin pelan & akhirnya berenti di tengah2 tanjakan, di gas sampe pol juga tetep nggak kuat, posisi udah di 1. Waktu itu pake CRV baru yang udah pake TBW & mobil cuma diisi 4 orang. Padahal powernya CR-V kan cukup gede, 160 hp kalo nggak salah.

Herannya kasus ini nggak terjadi waktu gue pake CRV lama yang masih pake kabel gas di tempat yang sama, gas pol terus lancar sampe ujung tanjakan. Gue curiga TBW-nya nggak 'menerjemahkan' injakan gas ke bukaan throttle dengan baik. Mungkin karena putaran mesin ketahan & speed mobil rendah, kayanya throttle sengaja nggak dibuka penuh sama si ECU, makanya nggak kuat nanjak.. Ini cuma mungkin lho..
TBW ... kepanjangannya Telat Banget Waktunya kale .....
Gue juga kagok dengan TBW GL 1.5 Matic, jadi telat2 mlulu kalau kickdown.
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Post by tukang sapu »

yol127 wrote:
TBW ... kepanjangannya Telat Banget Waktunya kale .....
Gue juga kagok dengan TBW GL 1.5 Matic, jadi telat2 mlulu kalau kickdown.
Hehe kalo gitu situ gak cocok bawa mobil yg pake turbocharger yah.
yol127
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
Location: Yogyakarta

Post by yol127 »

tukang sapu wrote: Hehe kalo gitu situ gak cocok bawa mobil yg pake turbocharger yah.
Maklum mobil sebelumnya manual dengan mesin RB20 (udah pakai turbo juga yah CMIIW) .... tempel goyang kanan tekan gas dan ngacir ... sekarang harus rubah driving style gaya panther diesel ... ngeblong tanpa rem ... untuk mendahului :D

Salam,
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

flexiblebil wrote:Kalo boleh urun ngasih opini, menurut saya GL nggak kuat nanjak, selain torsi putaran bawahnya memang kurang mungkin ada kaitannya juga dengan throttle by wire (TBW)-nya.

Sekedar share pengalaman, saya juga pernah ngalamin terperangkap di tanjakan curam di pedalaman Banten pake CRV matic, pas nanjak lama2 makin pelan & akhirnya berenti di tengah2 tanjakan, di gas sampe pol juga tetep nggak kuat, posisi udah di 1. Waktu itu pake CRV baru yang udah pake TBW & mobil cuma diisi 4 orang. Padahal powernya CR-V kan cukup gede, 160 hp kalo nggak salah.

Herannya kasus ini nggak terjadi waktu gue pake CRV lama yang masih pake kabel gas di tempat yang sama, gas pol terus lancar sampe ujung tanjakan. Gue curiga TBW-nya nggak 'menerjemahkan' injakan gas ke bukaan throttle dengan baik. Mungkin karena putaran mesin ketahan & speed mobil rendah, kayanya throttle sengaja nggak dibuka penuh sama si ECU, makanya nggak kuat nanjak.. Ini cuma mungkin lho..
mungkin juga bro....di mobil saya (yg udah pake throttle by wire), kalo tuas transmisi ditaro di N atau P, saya bejek sampe pol gasnya pun, RPMnya cuma mentok ke 2500an rpm. kalo mobil yang pake kabel, makin gas dibejek, makin tinggi RPMnya gak ada limiternya, gimana dgn GL?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

geli2 wrote:bagaimana rpm nya pak? pas lagi lanjak n jadi makin pelan, rpmnya turun/naik? penasaran gw heheh..
flexiblebil wrote:Kalo boleh urun ngasih opini, menurut saya GL nggak kuat nanjak, selain torsi putaran bawahnya memang kurang mungkin ada kaitannya juga dengan throttle by wire (TBW)-nya.

Sekedar share pengalaman, saya juga pernah ngalamin terperangkap di tanjakan curam di pedalaman Banten pake CRV matic, pas nanjak lama2 makin pelan & akhirnya berenti di tengah2 tanjakan, di gas sampe pol juga tetep nggak kuat, posisi udah di 1. Waktu itu pake CRV baru yang udah pake TBW & mobil cuma diisi 4 orang. Padahal powernya CR-V kan cukup gede, 160 hp kalo nggak salah.

Herannya kasus ini nggak terjadi waktu gue pake CRV lama yang masih pake kabel gas di tempat yang sama, gas pol terus lancar sampe ujung tanjakan. Gue curiga TBW-nya nggak 'menerjemahkan' injakan gas ke bukaan throttle dengan baik. Mungkin karena putaran mesin ketahan & speed mobil rendah, kayanya throttle sengaja nggak dibuka penuh sama si ECU, makanya nggak kuat nanjak.. Ini cuma mungkin lho..
kalo gak kuat nanjak dan mobil makin pelan, pastinya RPM juga turun lah bro :D
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

maxx wrote:
flexiblebil wrote:Kalo boleh urun ngasih opini, menurut saya GL nggak kuat nanjak, selain torsi putaran bawahnya memang kurang mungkin ada kaitannya juga dengan throttle by wire (TBW)-nya.

Sekedar share pengalaman, saya juga pernah ngalamin terperangkap di tanjakan curam di pedalaman Banten pake CRV matic, pas nanjak lama2 makin pelan & akhirnya berenti di tengah2 tanjakan, di gas sampe pol juga tetep nggak kuat, posisi udah di 1. Waktu itu pake CRV baru yang udah pake TBW & mobil cuma diisi 4 orang. Padahal powernya CR-V kan cukup gede, 160 hp kalo nggak salah.

Herannya kasus ini nggak terjadi waktu gue pake CRV lama yang masih pake kabel gas di tempat yang sama, gas pol terus lancar sampe ujung tanjakan. Gue curiga TBW-nya nggak 'menerjemahkan' injakan gas ke bukaan throttle dengan baik. Mungkin karena putaran mesin ketahan & speed mobil rendah, kayanya throttle sengaja nggak dibuka penuh sama si ECU, makanya nggak kuat nanjak.. Ini cuma mungkin lho..
Ada benernya juga.. bisa jadi krn penerapan TBW, yg menyebabkan lag.. jadi saat di bejeg.. kopling langsung dilepas.. tp ecu belum respon.. alhasil mobil mundur dulu.. kmdn saatnya ECU merespon.. mesin udah berat u/ narik .. krn selain bobot mobil dan gaya gravitasi, ditambah mementum mundur krn TBW yg menyebabkan ECU lambat respon.

Mungkin sebaiknya u/ mobil dg TBW, dibantu rem tangan dimana gas ditekan.. kopling dilepas perlahan.. setelah dapat momentum torsi (ECU tlh respon)... rem tangan dilepas perlahan.
GL 1.8XV MT gw dah datang 2 minggu lalu.
Bener saat dibejek terasa lag respon mesin ... ini karakter TBW yg katanya bisa u/ efisiensi dan lagi jadi ajang mobil2 baru u/ TBW bahkan DBW .. padahal menurut gw sih enak Throttle dg system mekanik aja .. lebih responsif dan lag hampir ga ada.

Minggu lalu gw bw GL ke villa gw di puncak .. jalan masuk dari pintu gerbang ke pelataran parkir kalo langsung lurus lumayan curam sekitar 40-45 derajat.. dan biasanya gw ambil jalan memutar (jalur masuk) dan menggunakan jalur lurus gerbang pelataran parkir u/ jalan keluar, krn Accord dan Carens II gw (skrg diganti GL) juga berat u/ nanjak langsung apalagi kalo aspalnya basah, biasanya kalo mo nanjak lurus musti ambil ancang2 agak jauh.

Krn pernah baca2 di disini GL agak repot u/ nanjak... Kemarin itu gw sempat coba2 langsung dari gerbang ke tempat parkir yg nanjak mayan curam .. 2 cara yg gw coba:
1. Kondisi aspal kering dg jarak ancang2 sekitar 3 meter dari pintu gerbang ... hasilnya GL bisa sampai dipelataran parkir dg sedikit effort pertahankan RPM, sptnya dg ancang2 3 mtr tsb ECU udah bisa respon.

2. Tanpa ancang2 .. dimulai dari tanjakan dg posisi kendaraan sudah berada dg kemiringan elevasi jalan, ini perlu pinter2 main kopling, TBW dan feeling akan respon ECU .. kalo langsung spt halnya throttle mekanik dimana kopling langsung lepas berbarengan dengan injak pedal gas ... GL mundur dulu (ECU blm respon TBW keknya) .. bener bro Maxx bilang diatas spt yg jg gw alami dan lakukan ... lagi itu gw tarik rem tangan, injak pedal gas, lepas kopling perlahan.. setelah dirasakan ECU merespon.. lepas rem tangan perlahan... GL bisa nanjak ke pelataran parkir meski agak berat ... sama rasanya stp Accord dan Carens II gw kalo lgs ke pelataran parkir dg nanjak langsung tanpa ancang2.
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

wah ini ECU koq jadinya kayak pake 486DX aja ya processornya.. mungkin malah pake 286 kali yah? Pake lag segala..:D:D:D

gimana sih yang bikin ECU koq response lambat. Gw kerasa banget nih ini lag, makanya jadi kayak endut-2an.. Mbok ECU ganti Core2 Duo gitu loh...

Moga-moga ada petinggi NMI yang baca...
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

gunawan98 wrote:wah ini ECU koq jadinya kayak pake 486DX aja ya processornya.. mungkin malah pake 286 kali yah? Pake lag segala..:D:D:D

gimana sih yang bikin ECU koq response lambat. Gw kerasa banget nih ini lag, makanya jadi kayak endut-2an.. Mbok ECU ganti Core2 Duo gitu loh...

Moga-moga ada petinggi NMI yang baca...
Wakakak.. Core2Duo kurang kenceng .. mustinya pakai Core 2 Quad + Memory 1G DDR2 PC6400.

Anyway... lag TBW ini juga gw rasakan di mobil CRV yg sudah TBW (note: bukan new CRV.. gw blum coba yg ini nih), jadi bisa dibilang lag krn TBW msh jd kendala umum. Konon TBW bisa meningkatkan efisiensi BB... tp lag nya ga enak. Mungkin kelasnya Ferrari, Lambo, Porche dkk.. TBW nya udah ga ada lag kali ya... ditambah Triptonic CVT + F1 Chip Shifting Management .. weeehhh.. mantab .. mimpi kali teknologi gini diterapkan di GL.. ke ke keke..
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

gunawan98 wrote:wah ini ECU koq jadinya kayak pake 486DX aja ya processornya.. mungkin malah pake 286 kali yah? Pake lag segala..:D:D:D

gimana sih yang bikin ECU koq response lambat. Gw kerasa banget nih ini lag, makanya jadi kayak endut-2an.. Mbok ECU ganti Core2 Duo gitu loh...

Moga-moga ada petinggi NMI yang baca...
hahaha...mungkin memang begitu gejala TBW di mobil2 jaman sekarang...gw pake s type juga terasa ada sedikit lag kalo lagi kickdown....malahan pertama test drive, gw kirain transmisinya yg gak bener. mungkin bbrp tahun lagi produsen mobil bisa bikin mobil TBW yang responnya persis kaya konvensional (pake kabel) :D mudah2an.....
WTF
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Fri Sep 14, 2007 11:48

Post by WTF »

Ha ha ha.. emang iya nih.. kalo belum terbiasa dg TBW.. apalagi belum pernah nyoba dan dulu selalu pake throtle yg konvensional(mekanik).. pasti kaget dan bertanya2 ... disangka ada yg ga bener.. :D
geli2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Oct 01, 2006 7:39

Post by geli2 »

Risol1 wrote:
geli2 wrote:bagaimana rpm nya pak? pas lagi lanjak n jadi makin pelan, rpmnya turun/naik? penasaran gw heheh..
flexiblebil wrote:Kalo boleh urun ngasih opini, menurut saya GL nggak kuat nanjak, selain torsi putaran bawahnya memang kurang mungkin ada kaitannya juga dengan throttle by wire (TBW)-nya.

Sekedar share pengalaman, saya juga pernah ngalamin terperangkap di tanjakan curam di pedalaman Banten pake CRV matic, pas nanjak lama2 makin pelan & akhirnya berenti di tengah2 tanjakan, di gas sampe pol juga tetep nggak kuat, posisi udah di 1. Waktu itu pake CRV baru yang udah pake TBW & mobil cuma diisi 4 orang. Padahal powernya CR-V kan cukup gede, 160 hp kalo nggak salah.

Herannya kasus ini nggak terjadi waktu gue pake CRV lama yang masih pake kabel gas di tempat yang sama, gas pol terus lancar sampe ujung tanjakan. Gue curiga TBW-nya nggak 'menerjemahkan' injakan gas ke bukaan throttle dengan baik. Mungkin karena putaran mesin ketahan & speed mobil rendah, kayanya throttle sengaja nggak dibuka penuh sama si ECU, makanya nggak kuat nanjak.. Ini cuma mungkin lho..
kalo gak kuat nanjak dan mobil makin pelan, pastinya RPM juga turun lah bro :D
Betul bro :), hanya saja gw tanyakan untuk menyingkirkan bahwa masalah bukan kopling yang selip. Coba liat kasusnya, agak berbeda dengan livina, mobilnya nanjak (bukan dari keadaan berhenti total) tapi kemudian makin pelan sampe berhenti. Nah, jika bukan karena kopling slip, apakah berarti torsinya yang dah habis? Atau Rem-nya selip? Jika semua-nya gak masalah tinggal satu yang jadi tersangka, yaitu mekanisme TBW itu sekalian sama komplotannya yakni si ECU. Mohon koreksi dari senior/pakar SM.
<Start><IFRAME></IFRAME><End>
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Post by gunawan98 »

Risol1 wrote:
gunawan98 wrote:wah ini ECU koq jadinya kayak pake 486DX aja ya processornya.. mungkin malah pake 286 kali yah? Pake lag segala..:D:D:D

gimana sih yang bikin ECU koq response lambat. Gw kerasa banget nih ini lag, makanya jadi kayak endut-2an.. Mbok ECU ganti Core2 Duo gitu loh...

Moga-moga ada petinggi NMI yang baca...
hahaha...mungkin memang begitu gejala TBW di mobil2 jaman sekarang...gw pake s type juga terasa ada sedikit lag kalo lagi kickdown....malahan pertama test drive, gw kirain transmisinya yg gak bener. mungkin bbrp tahun lagi produsen mobil bisa bikin mobil TBW yang responnya persis kaya konvensional (pake kabel) :D mudah2an.....
Kalo gitu benefitnya apa nih TBW (selain klaim lebih hemat tadi?). Kalo emang lebih enak konvensional, kenapa yah ada TBW?