Page 1 of 3

Innova Diesel v.s Panther

Posted: Thu Aug 09, 2007 7:16
by gio
para SM'ers lebih pilih mana, kijang innova diesel atau isuzu panther? baik dari segi kenyamanan, nilai jual, irit, dll semuanya. sekalian sama alasan'nya ya fren. thanks!

Posted: Thu Aug 09, 2007 10:43
by uch
IMHO Panther yg udah type touring lebih bagus dari Kijang Diesel.

Di bawah type itu gw nggak tau.

Posted: Thu Aug 09, 2007 10:59
by HS
Kalo gw jelas2 pilih innova donk,bukan karena gw skrg pakai innova,gw dulu juga perna punya & pakai panther..Faktor2 yg membuat ipah unggul adalah :

1. Kenyamanan: Innova lebih nyaman daripada panther sekalipun di jalan rusak,mulus,dll..Panther agak keras kalau melewati jalan rusak..O ya,Perpindahan gigi matik ipah jauh lebih mulus dari panther karena uda Super ECT,sedangkan panther masi konvensional..

2. Nilai jual : Innova lebih unggul karena uda ada brand toyota,kalo panther agak kalah sedikit..

3. Irit : Nah..yg ini innova kalah dari panther,panther gw dulu bisa dapet 1:13 untuk rute dalkot,sedangkan innova plg bagus bisa dapet 1:12..

4. Performa : Yg ini menang lagi innova soalnya torsinya cukup besar apalagi yg versi matiknya,kalo panther biasa2 aja..

5. Fitur : Punya gw dulu panther LS 25 A/T kalo dibandingin ama ipah G D4D A/T, kliatanyya lebih banyak ipah,karena uda ada parking sensor,matik super ect, dll...Kalo panther mah, kurang lengkap,tapi benernya uda cukup koq..

Jadi,bung gio mending ambil ipah aja kalo berminat ama boil ini,apalagi kalau mau beli baru,ambil ipah diesel aja..panther kemahalan harga barunya,tetapi fitur sedikit..

Posted: Thu Aug 09, 2007 11:40
by gio
HS wrote:Kalo gw jelas2 pilih innova donk,bukan karena gw skrg pakai innova,gw dulu juga perna punya & pakai panther..Faktor2 yg membuat ipah unggul adalah :

1. Kenyamanan: Innova lebih nyaman daripada panther sekalipun di jalan rusak,mulus,dll..Panther agak keras kalau melewati jalan rusak..O ya,Perpindahan gigi matik ipah jauh lebih mulus dari panther karena uda Super ECT,sedangkan panther masi konvensional..

2. Nilai jual : Innova lebih unggul karena uda ada brand toyota,kalo panther agak kalah sedikit..

3. Irit : Nah..yg ini innova kalah dari panther,panther gw dulu bisa dapet 1:13 untuk rute dalkot,sedangkan innova plg bagus bisa dapet 1:12..

4. Performa : Yg ini menang lagi innova soalnya torsinya cukup besar apalagi yg versi matiknya,kalo panther biasa2 aja..

5. Fitur : Punya gw dulu panther LS 25 A/T kalo dibandingin ama ipah G D4D A/T, kliatanyya lebih banyak ipah,karena uda ada parking sensor,matik super ect, dll...Kalo panther mah, kurang lengkap,tapi benernya uda cukup koq..

Jadi,bung gio mending ambil ipah aja kalo berminat ama boil ini,apalagi kalau mau beli baru,ambil ipah diesel aja..panther kemahalan harga barunya,tetapi fitur sedikit..
thanks bung HS!
btw innova diesel boros ga? 1 banding b'rapa?
gw ada sih rencana ambil innova diesel yg baru tapi takutnya rewel.
soalnya denger2 innova yg diesel boros n rewel. tapi ngga tau lagi innova diesel yg baru di launching.

Posted: Thu Aug 09, 2007 17:20
by Turboman
gio wrote:
HS wrote:
thanks bung HS!
btw innova diesel boros ga? 1 banding b'rapa?
gw ada sih rencana ambil innova diesel yg baru tapi takutnya rewel.
soalnya denger2 innova yg diesel boros n rewel. tapi ngga tau lagi innova diesel yg baru di launching.
Saya punya D4 D G A/T usia setahun 2 bulan jalan 25.000 Km, tiap hari mobil tsb. jalan, including weekend (nggak pernah libur pokoke) almost maintenance free, ganti filter solar baru sekali di KM 18.000, purging sekali di KM 10.000.

Solar mostly isi biosolar aja + DEX 20% atau Shell Diesel 20% + Amsoil Cetane Booster

Rekor teririt utk luar kota pernah mencapai 1:15 an (mesin sudah TPS tuning + Rizor Max 2B + RFP + Down Pipe + semi free flow muffler + JFC filter) dgn ban 215/65 R 16 (X Trail punya) & full peredam, kalau ban std maka bisa lebih irit lagi.

Rekor terburuk utk dalam kota dimana sekitar 50% macet masih dapat 1:9,5

Demikian report

Posted: Fri Aug 10, 2007 1:43
by Masterpiece
Bro Turbo and pemakai D4D lainnya
Dari dulu saya pingin nambah Innova D4D A/T tapi yang masih membuat saya ragu di kota sy tidak ada pilihan solar ( solar umum ) jadi takutnya jadi masalah padahal itu mobil udah pas bangaet luas,irit,cukup nyaman.Menurut rekan2 bener ga kekuatiran saya ini soalnya kalo panther aduh suara and goyang vibratornya itu loh mana tahan.
Jadi kalo sy nekad kasih solar umum masalah dan reksiko/kerusakan apa yang akan terjadi nih selain fuel filternya ngeblok,kalo fuel filter ngeblok harus diganti atau cukup dibersihkan?mahal ga?bisa secara mudah ganti sendiri ga?
Oh iya pajak nya D4D 2005 berapa ya?
Mohon info ya bro
Thanks

Posted: Fri Aug 10, 2007 2:18
by uch
SOrry...sorry... saya salah yg di atas. Yg kepikiran saat baca postingan TS adalah Kijang Diesel, bukan Innova diesel... he..he..

Inilah akibat baca forum sambil liat SAP R3.. opss nyari kambing hitam.

Kalo innova diesel dgn panther... walah.. mesinnya udah beda kelas tuh bro.

Posted: Fri Aug 10, 2007 4:40
by w1ndut
Masterpiece wrote:Bro Turbo and pemakai D4D lainnya
Dari dulu saya pingin nambah Innova D4D A/T tapi yang masih membuat saya ragu di kota sy tidak ada pilihan solar ( solar umum ) jadi takutnya jadi masalah padahal itu mobil udah pas bangaet luas,irit,cukup nyaman.Menurut rekan2 bener ga kekuatiran saya ini soalnya kalo panther aduh suara and goyang vibratornya itu loh mana tahan.
*Semua* mobil diesel, akan goyang kayak vibrator, kalo ada masalah pada distribusi solar ke mesin.

Posted: Fri Aug 10, 2007 4:42
by w1ndut
Turboman wrote: Rekor terburuk utk dalam kota dimana sekitar 50% macet masih dapat 1:9,5
rekor terburuk konsumsi bbm dalam kota panther saya sekarang 1:12 saja :)

kondisi sudah di tuning mirip dengan innovanya bro turboman

Posted: Fri Aug 10, 2007 4:56
by Turboman
w1ndut wrote:
Turboman wrote:
rekor terburuk konsumsi bbm dalam kota panther saya sekarang 1:12 saja :)

kondisi sudah di tuning mirip dengan innovanya bro turboman
Dikarenakan mobil oom w1ndut transmisinya manual, tidak diberi peredam, ban standard & minumnya full DEX / SDF...........harga BBM nya itu loh.........kekekekekek

But eniwei bagi yg mau consider mobil Diesel M/T juga oke sebab Torsi besar di RPM rendah membuat kita tidak perlu sering oper2 gigi :D

Posted: Fri Aug 10, 2007 5:10
by Turboman
Masterpiece wrote:Bro Turbo and pemakai D4D lainnya
Dari dulu saya pingin nambah Innova D4D A/T tapi yang masih membuat saya ragu di kota sy tidak ada pilihan solar ( solar umum ) jadi takutnya jadi masalah padahal itu mobil udah pas bangaet luas,irit,cukup nyaman.Menurut rekan2 bener ga kekuatiran saya ini soalnya kalo panther aduh suara and goyang vibratornya itu loh mana tahan.
Jadi kalo sy nekad kasih solar umum masalah dan reksiko/kerusakan apa yang akan terjadi nih selain fuel filternya ngeblok,kalo fuel filter ngeblok harus diganti atau cukup dibersihkan?mahal ga?bisa secara mudah ganti sendiri ga?
Oh iya pajak nya D4D 2005 berapa ya?
Mohon info ya bro
Thanks
pake solar biasa gpp asal dr pom terpilih & selalu tambahkan racun, minimal Powerfuel & kalau bisa dapat Amsoil akan lebih oke lagi, Amsoil Cetane Booster & Amsoil Diesel Contentrate

Dah itu 10 rb. Km sekali purging either dgn LMDP / Wynn's

Filter solar harga antara 50 rebuan - 75 rebuan (cartridge-nya), kalau udah jelek mendingan diganti.

Harusnya sih dlm waktu yg nggak kelewat lama lagi Shell akan expansi ke sana

Posted: Fri Aug 10, 2007 5:19
by Risol1
cuma enaknya panther dari kijang itu kalo duduk di panther berasa kita kaya duduk di mobil sedan (bangkunya agak tenggelam), kalo kijang rasanya bangkunya agak tinggi jadinya posisi nyetir lebih tinggi ....tapi dua2nya sama2 cukup nyaman. :D

Posted: Fri Aug 10, 2007 8:28
by HS
@Gio

Buat rute dalkot kalo cara nyetirnya agresif, gw dapet paling jelek 1:10..kalo nyetirnya bagus dan halus,isa dapet 1:12 dengan gampang tu..

Posted: Fri Aug 10, 2007 8:32
by HS
@Turboman

Emang bung turboman pake velgnya X-Trail??Kena berapa?

Posted: Fri Aug 10, 2007 8:45
by gio
HS wrote:@Gio

Buat rute dalkot kalo cara nyetirnya agresif, gw dapet paling jelek 1:10..kalo nyetirnya bagus dan halus,isa dapet 1:12 dengan gampang tu..
mobil bung HS diapa'in aja?
standart atau di tuning seperti innova'nya turboman?

Posted: Mon Aug 13, 2007 13:55
by HS
Standar aja koq,cuman chamber clean aja setiap 25rb km..Kalau ipah diesel mau irit,injak pedal gasnya harus perlahan jangan sampai mesinnya mengerang..

Posted: Tue Aug 14, 2007 7:35
by Khöedhöe
HS wrote:Standar aja koq,cuman chamber clean aja setiap 25rb km..Kalau ipah diesel mau irit,injak pedal gasnya harus perlahan jangan sampai mesinnya mengerang..
mengingatkan gw akan sesuatu.... :e-whistle:

Posted: Tue Aug 14, 2007 11:51
by HS
@KhoeDhoe

Apaan tuh?? :roll: :roll: :roll:

Posted: Fri Aug 24, 2007 7:45
by speedy208
tapi koq rasanya harga Innova Diesel dan Panther itu mahal banget yah... dah sekitar 200 jt-an... dengan harga solar yang kurang lebih sama dengan bensin apa masih ada nilai tambahnya kita pilih mesin diesel? perawatan juga mestinya ngga beda2 jauh antara mesin diesel ama bensin khan

menurut gua sih harga keduanya udah agak overvalued... ngga tau sih kalo Panther ada diskon2 khusus ngga yah...

Posted: Fri Aug 24, 2007 11:33
by w1ndut
wajar kalau mobil diesel lebih mahal daripada mobil bensin. Mesin diesel dirancang untuk berumur lebih lama daripada mesin bensin. Jadi kualitas materialnya jauh lebih mumpuni.
Walaupun harga bbm diesel lebih mahal 50% daripada bensin, saya rasa mobil diesel masih menguntungkan untuk dipelihara. Apalagi kalau pemakaiannya lebih dari 20 ribu km per tahun.
Karena mesin diesel mempunyai keuntungan yg tidak dmiliki oleh mesin bensin, diantaranya:

* torsi yang lebih besar di putaran mesin yang lebih rendah sehingga nyaman dikendarai ke kepadatan lalu lintas dan dalam membawa beban banyak
* lebih irit bahan bakar; diesel secara rancangan awal, pasti lebih irit bahan bakar dibanding dengan mesin bensin dengan displacement yang sama..
* perawatan yang jauh lebih mudah; mesin diesel, hanya perlu perawatan kebersihan saluran bahan bakar, udara dan sedikit kelistrikan (untuk commonrail diesel, itupun jauh lebih sederhana dibanding bensin), sedangkan mesin bensin banyak yang harus diperhatikan. Dan penyakit yang paling sering ditemukan dan paling sering kambuh di mesin bensin adalah penyakit pengapian dan kelistrikan (duh)..
* emisi mesin diesel menyebabkan kanker, emisi mesin bensin menyebabkan fatal (kematian). Ingat kasus orang meninggal karena terkurung di dalam kendaraan dan keracunan CO? hampir 100 persen kejadian di mesin bensin. :)

Posted: Sun Aug 26, 2007 13:03
by HS
Bner skali bung w1ndut,cuman mesin diesel ga bisa kenceng2 amat larinya tu boil..Kecuali yg ccnya uda gede2,baru bisa lari..

Posted: Sun Aug 26, 2007 15:27
by Hansen
gw demen ama mesin dieselnya Nissan Frontier Navara, muantap abiz... :D

Posted: Sun Aug 26, 2007 17:34
by Turboman
speedy208 wrote:tapi koq rasanya harga Innova Diesel dan Panther itu mahal banget yah... dah sekitar 200 jt-an... dengan harga solar yang kurang lebih sama dengan bensin apa masih ada nilai tambahnya kita pilih mesin diesel? perawatan juga mestinya ngga beda2 jauh antara mesin diesel ama bensin khan

menurut gua sih harga keduanya udah agak overvalued... ngga tau sih kalo Panther ada diskon2 khusus ngga yah...
Reasons :

Utk mobil yg sekelas / se type maka kons. BBM yg versi Diesel umumnya lebih hemat 25 - 30% drpd yg gasoline

Sekedar BBM saja ?

Torsi Max. mesin Diesel umumnya didapat @ 2000 RPM spt yg ditulis oom w1ndut, inilah yg membuat tarikan bawah mobil Diesel terasa berisi & berotot, juga middle acceleration yg kuat tanpa harus oper gigi.

Utk mesin gasoline NA tarikan bawah yg kuat & berotot umumnya hanya bisa didapat jika kapasitas mesin amat sgt besar, kecuali mesin2 gasoline modern macam VW 1.4 TSI / Audi 1.8 TFSI.

Supir saya yg biasa bawa D4 D G A/T begitu bawa all new CR V 2.0 A/T bilang tarikan bawahnya kok letoy / loyo nggak kayak si Ipah......padahal CR V nya dah pasang Ground Cable.......hiks hiks......

Posted: Sun Aug 26, 2007 17:40
by Turboman
HS wrote:Bner skali bung w1ndut,cuman mesin diesel ga bisa kenceng2 amat larinya tu boil..Kecuali yg ccnya uda gede2,baru bisa lari..
Bagaimana dengan yg ini :

http://www.youtube.com/watch?v=8Av-fp-aayg

i-CTDi = 2200 cc :mrgreen:

Posted: Tue Aug 28, 2007 9:27
by HS
Ahahaha benar juga bro turboman...

Tapi,Maksud saya boil2 di indo bro..kalo di luar negerikan emang beringas2 mesin dieselnya,walapun cc kecil..

Btw,yg di video itu accord atau crv ya??