Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Dickson
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Jul 10, 2012 4:55

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Dickson »

majomania wrote:Teman2, permisi numpang nanya. Sy pemakai innova diesel matic, baru sekitar 2 minggu ini (baru sekitar 500km).

Dalam 2 hari ini saya baru engeh ada bunyi tik tik di bagian dalam dashboard kanan. Bunyi tik/klik ini sepertinya ada hubungannya dgn rpm mobil, mirip seperti yg bunyi "ctek" thermostat di AC tapi yg ini bunyi nya rutin setiap 30detik-1menit. *mudah2an istilah nya bener.

Semoga teman2 bisa membantu. Terima Kasih :)

Maaf, Ingin saya tanyakan juga, apakah suara itu telah hilang sekarang? apa solusinya?
Karena mobil Innova saya yang baru terima 2 hari juga ada suara ini ....

Thanks..
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

bro turboman tanya dong,
Sebentar lagi ipah saya mau purging. Lebih baik pilih mana ya, Di GUT pakai Liquimoly atau di GBT ya? Thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

juanaxel wrote:bro turboman tanya dong,
Sebentar lagi ipah saya mau purging. Lebih baik pilih mana ya, Di GUT pakai Liquimoly atau di GBT ya? Thanks
Bebas lah, sesuai budget aja, LMDP sih sekitar 140 - 150 rb. / 500cc, kalo Bilsterin di GBT lebih mahal tapi pake-nya 1 L dan obat lebih keras.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

oli FK massimo diesel dash sm Q8 bagus mana ya? di rev cuman ada oli ini nih.. harganya lumayan juga euyy 400-an/4 liter.. klo innova kan harus beli 8 liter ya... ato ada oli recommended lain?
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

tesna wrote:oli FK massimo diesel dash sm Q8 bagus mana ya? di rev cuman ada oli ini nih.. harganya lumayan juga euyy 400-an/4 liter.. klo innova kan harus beli 8 liter ya... ato ada oli recommended lain?
FK Mass DD 10W30 sih tarikan enak, tapi umur oli gak panjang, di atas 4000 Km suara mesin dah kasar, 5000 Km suara mesin saat panas dah gak karu2-an, sy 2X pakai oli ini

Q8 T800 10W40 enak, suara mesin halus dan kinerja stabil sampai 10.000 Km / Max 10 - 11 bulan

Kalau mau 5000 Km pertama lebih enak pakai Q8 Excel Diesel 5W40, ganti di 8000 Km / Max 11 bulan.

Ini berdasarkan apa yg saya amati di mobil sy, tidak sedikitpun bertujuan mendiskreditkan merek tertentu.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

Turboman wrote:
tesna wrote:oli FK massimo diesel dash sm Q8 bagus mana ya? di rev cuman ada oli ini nih.. harganya lumayan juga euyy 400-an/4 liter.. klo innova kan harus beli 8 liter ya... ato ada oli recommended lain?
FK Mass DD 10W30 sih tarikan enak, tapi umur oli gak panjang, di atas 4000 Km suara mesin dah kasar, 5000 Km suara mesin saat panas dah gak karu2-an, sy 2X pakai oli ini

Q8 T800 10W40 enak, suara mesin halus dan kinerja stabil sampai 10.000 Km / Max 10 - 11 bulan

Kalau mau 5000 Km pertama lebih enak pakai Q8 Excel Diesel 5W40, ganti di 8000 Km / Max 11 bulan.

Ini berdasarkan apa yg saya amati di mobil sy, tidak sedikitpun bertujuan mendiskreditkan merek tertentu.
ah ternyata bener tho.. saya pikir saya salah denger pas nelfon bengkel tadi. orang bengkelnya bilang klo FK massimo cuman tahan 5000km Q8 bisa 10k km. Saya pikir FK massimo berhubung full synt bisa lebih tahan daripada Q8 yg masih semi.

EDIT lagi: setelah googling2 ternyata FK massimo masih semi juga yak bukan full..

EDIT: Q8 jadi recommended ya? masih ragu sih karena belum pernah denger sebelum nya hehehe. tp klo sang master turboman udah bilang oke sih percaya saja saya :D atau ada oli diesel lain yg lebih ok untuk harga yang relatif sama? (100rb/liter?) klo oli shell HX7 diesel gmn? itu kan sama2 semi synt, 10-40.. cuman harganya lebih murah. Apa itu oli kurang cocok dengan commonrail?
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

tesna wrote: ah ternyata bener tho.. saya pikir saya salah denger pas nelfon bengkel tadi. orang bengkelnya bilang klo FK massimo cuman tahan 5000km Q8 bisa 10k km. Saya pikir FK massimo berhubung full synt bisa lebih tahan daripada Q8 yg masih semi.

EDIT lagi: setelah googling2 ternyata FK massimo masih semi juga yak bukan full..

EDIT: Q8 jadi recommended ya? masih ragu sih karena belum pernah denger sebelum nya hehehe. tp klo sang master turboman udah bilang oke sih percaya saja saya :D atau ada oli diesel lain yg lebih ok untuk harga yang relatif sama? (100rb/liter?) klo oli shell HX7 diesel gmn? itu kan sama2 semi synt, 10-40.. cuman harganya lebih murah. Apa itu oli kurang cocok dengan commonrail?
FK Mass DD = mineral based

Q8 sy pernah cantumkan hasil test lab setelah jalan 8900 Km utk Excel Diesel dan 10.000 Km tuk T800

HX7 Diesel bagus juga, bisa pakai sampai 7500 Km atau 8 - 9 bulan Max.

Cuman mmg Q8 lagi promo di Toda, Excel Dsl beli 4 bonus 1, T800 beli 2 gallon yg gallon ke 2 disc 50%
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

koq tombol edit postnya ilang ya.... anyway..

saya salah, saya pikir kemasan oli galon itu 4 liter, ternyata 5 liter ya. Jadi nya /liter nya nggak 100 ribu.. sekitar 80-an ribu. Berhubung Q8 T800 kemasannya per galon, kalau mau pakai di innova harus beli 2 galon (10 liter) yang berarti bakal kesisa 3 liter (asumsi saya innova diesel ngisi +- 7 liter). Nah ini sisa olinya bisa disimpen lama ngga ya buat pergantian oli berikutnya (sekitar 1 tahun?) takutnya oli klo udah dibuka seal nya nggak bisa disimpen lama, air bisa masuk lewat kondensasi... apa aman2 aja?

Kalau yg full synt Q8 Excel Diesel 5w/40 itu gimana? itu hrsnya lebih ok kan ya? full synt soalnya. kemasan per liter (118rb/liter).. kl opsi pertama oli sisanya ga bisa disimpen sama aja ujung2nya keluar duitnya. (sama2 800-an ribu jg) jadi lebih baik beli ini sekalian..

innova diesel saya sih emang dipake setiap hari, tapi nggak jauh2 jarak tempuhnya. Rata2 pemakaian setahun itu belum tentu sampe 10 ribu.. apa pake oli full synt itu agak mubazir dalam kasus saya?
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

tesna wrote: innova diesel saya sih emang dipake setiap hari, tapi nggak jauh2 jarak tempuhnya. Rata2 pemakaian setahun itu belum tentu sampe 10 ribu.. apa pake oli full synt itu agak mubazir dalam kasus saya?
Mobil hanya utk DalKot saja ?

Kalo kondisinya spt ini mending pakai Semi Synth aja spt HX7 Diesel 10W-40, di DTMF / Atrium bisa dapat harga miring, ganti tiap 8 bulan sekali
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Kijang Innova D-4D

Post by imsus2c »

tesna wrote:koq tombol edit postnya ilang ya.... anyway..
Untuk user, tombol "edit" memang ada kadaluarsanya (expired) pak..., saya lupa tepatnya setelah berapa menit :D
Jika ada yg tulisan yg harus direvisi/edit, silahkan di-quote post asli untuk ralat,
Jika memang sangat mengganggu (minta diedit/dihapus), silakan hubungi (bisa lewat PM) ke Moderator/Administrator :D
Atau lewat tombol "report this post" (tombol tanda seru warna merah di pojok kanan bawah)

Silakan dilanjut diskusinya

:thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Hansen »

imsus2c wrote:
tesna wrote:koq tombol edit postnya ilang ya.... anyway..
Untuk user, tombol "edit" memang ada kadaluarsanya (expired) pak..., saya lupa tepatnya setelah berapa menit :D
Jika ada yg tulisan yg harus direvisi/edit, silahkan di-quote post asli untuk ralat,
Jika memang sangat mengganggu (minta diedit/dihapus), silakan hubungi (bisa lewat PM) ke Moderator/Administrator :D
Atau lewat tombol "report this post" (tombol tanda seru warna merah di pojok kanan bawah)

Silakan dilanjut diskusinya

:thanks:
Thanks om momod... :mky_01:
Image
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

Turboman wrote:
tesna wrote: innova diesel saya sih emang dipake setiap hari, tapi nggak jauh2 jarak tempuhnya. Rata2 pemakaian setahun itu belum tentu sampe 10 ribu.. apa pake oli full synt itu agak mubazir dalam kasus saya?
Mobil hanya utk DalKot saja ?

Kalo kondisinya spt ini mending pakai Semi Synth aja spt HX7 Diesel 10W-40, di DTMF / Atrium bisa dapat harga miring, ganti tiap 8 bulan sekali
Ini mobil mainly emang dipake dalem kota kebanyakan (rumah-kantor).. namun kadang2 saja keluar kotanya (paling jauh juga ke bandung).


Btw, tadi siang ke DTMF dan ternyata disana Q8 T800 nya bisa dijual per liter :D akhirnya beli itu aja deh, toh harganya jg ga beda jauh sm HX7.. Menurut testimoni suhu Turboman ini oli mantab untuk kelas semi synt ya udah deh :D Sekalian beli filter oli, filter udara, oli transmisi, oli rem DOT4, oli kopling DOT3 (kt temen oli kopling jgn pake DOT4), oli ATF (buat power steering).. bener2 diganti semua deh cairannya.

Bsk mampir ke REV deh buat naro semuanya...
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

imsus2c wrote:
tesna wrote:koq tombol edit postnya ilang ya.... anyway..
Untuk user, tombol "edit" memang ada kadaluarsanya (expired) pak..., saya lupa tepatnya setelah berapa menit :D
Jika ada yg tulisan yg harus direvisi/edit, silahkan di-quote post asli untuk ralat,
Jika memang sangat mengganggu (minta diedit/dihapus), silakan hubungi (bisa lewat PM) ke Moderator/Administrator :D
Atau lewat tombol "report this post" (tombol tanda seru warna merah di pojok kanan bawah)

Silakan dilanjut diskusinya

:thanks:
ooh gitu.. kirain mata saya kmarin siwer wkwkkw.. thanks ya buat penjelasannya :)
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

Ternyata salesnya salah kasih harga yang di bawah 290jt itu untuk yang G A/T dan yang untuk V A/T itu masih 299jt-an
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D-4D

Post by DOHC »

ane numbang saran yahh.... biar kata mobil rute pendek2 dan km jarang naek... mendingan sehh tetep pake yg agak bagusan aja oli nya... harga ga terlalu beda jauh tapi kayanya lebi worth it sehh beli yg bagusan... beli nya kalo saran ane, jgn di beres atau di toko2 oli ternama, itu harga nya uda melambung terlalu tinggi... coba dtmf atau atrium... jauh lebi bersahabat, namun hati2 aja belanja oli dsini... musti teliti karena ga jarang ketemu oli palsu, bahkan toko oli yg uda ckup terkenal di milis2 aj bisa ngejual oli palsu, entah dia kecolongan kemasukan barang palsu atau emang sengaja (hanya dia yg tau)...


mengenai minyak rem dan kopling, kalo di ipah tuh uda jadi satu om reservoir nya... jadi yahhh ga perlu dibeda2in lagi, wong dituang ke satu reservoir gt... dan kalo kopling pake dot 4 ane rasa gpp tuh... panther ane utk minyak rem dan minyak kopling malah ane pakein dot 4...ga ada masalah apa2 ampe ari ini..

tesna wrote:
Turboman wrote:
tesna wrote: innova diesel saya sih emang dipake setiap hari, tapi nggak jauh2 jarak tempuhnya. Rata2 pemakaian setahun itu belum tentu sampe 10 ribu.. apa pake oli full synt itu agak mubazir dalam kasus saya?
Mobil hanya utk DalKot saja ?

Kalo kondisinya spt ini mending pakai Semi Synth aja spt HX7 Diesel 10W-40, di DTMF / Atrium bisa dapat harga miring, ganti tiap 8 bulan sekali
Ini mobil mainly emang dipake dalem kota kebanyakan (rumah-kantor).. namun kadang2 saja keluar kotanya (paling jauh juga ke bandung).


Btw, tadi siang ke DTMF dan ternyata disana Q8 T800 nya bisa dijual per liter :D akhirnya beli itu aja deh, toh harganya jg ga beda jauh sm HX7.. Menurut testimoni suhu Turboman ini oli mantab untuk kelas semi synt ya udah deh :D Sekalian beli filter oli, filter udara, oli transmisi, oli rem DOT4, oli kopling DOT3 (kt temen oli kopling jgn pake DOT4), oli ATF (buat power steering).. bener2 diganti semua deh cairannya.

Bsk mampir ke REV deh buat naro semuanya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

DOHC wrote:ane numbang saran yahh.... biar kata mobil rute pendek2 dan km jarang naek... mendingan sehh tetep pake yg agak bagusan aja oli nya... harga ga terlalu beda jauh tapi kayanya lebi worth it sehh beli yg bagusan... beli nya kalo saran ane, jgn di beres atau di toko2 oli ternama, itu harga nya uda melambung terlalu tinggi... coba dtmf atau atrium... jauh lebi bersahabat, namun hati2 aja belanja oli dsini... musti teliti karena ga jarang ketemu oli palsu, bahkan toko oli yg uda ckup terkenal di milis2 aj bisa ngejual oli palsu, entah dia kecolongan kemasukan barang palsu atau emang sengaja (hanya dia yg tau)...


mengenai minyak rem dan kopling, kalo di ipah tuh uda jadi satu om reservoir nya... jadi yahhh ga perlu dibeda2in lagi, wong dituang ke satu reservoir gt... dan kalo kopling pake dot 4 ane rasa gpp tuh... panther ane utk minyak rem dan minyak kopling malah ane pakein dot 4...ga ada masalah apa2 ampe ari ini..

iya makanya kemarin akhirnya ngambil yang bagusan walau lebih mahal sedikit. Mobil saya yang 1 nya lagi (mobil bensin) sih tetep dikasih oli full synt walau setahun cuman naik 2000-3000km hahaha.. untungnya cuman abis 4 liter jadi klo ganti oli ga tongpes... lagian ini mobil kyknya cuman cocok sm oli full synt.. dulu pas make semi (10-40) HLA nya bunyi ga karuan.. tp klo pake full synt (5-40) mesin sunyi senyap sampai 8000km (dulu sebelom ada innova dipake terusss). Klo innova dikasih full synt lumayan berasa juga.. minimal 700ribu...

thanks juga buat info minyak rem nya.. udah lama ga megang mobil manual jadi aga2 lupa tentang itu. Saya pikir juga lha tempatnya kan sama? masa bisa beda cairannya? tp kmarin temen insist bilang bedaaa.. tempat cairannya ada 2 gitu... (at least di mobilnya dia)
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D-4D

Post by DOHC »

ane coba sertakan foto dari engine bay nya ipah bensin ane...

yg ane kasi garis2 merah tsb ialah jalur utk minyak kopling... jadi ngambil cairan nya pun dari tabung reservoir minyak rem... lalu masuk ke pompa hidrolik nya yg terhubung ama pedal kopling kita.. lalu diteruskan ke another hydrolic pump kecil di deket gearbox...
CameraZOOM-20120721165152549.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Kijang Innova D-4D

Post by tesna »

DOHC wrote:ane coba sertakan foto dari engine bay nya ipah bensin ane...

yg ane kasi garis2 merah tsb ialah jalur utk minyak kopling... jadi ngambil cairan nya pun dari tabung reservoir minyak rem... lalu masuk ke pompa hidrolik nya yg terhubung ama pedal kopling kita.. lalu diteruskan ke another hydrolic pump kecil di deket gearbox...
CameraZOOM-20120721165152549.jpg
iya ternyata cuman 1.. semua cairan sudah diganti semua :D

anyway.. ada yg ipah nya dikasihin velg 18 dengan ban 235/50/18 ngga ya? offset yg aman itu offset brapa ya? kalau pake lebar 8.5" denga offset 35 aman ngga yah di innova dengan profil ban segitu? dulu sempet pake velg yg sama tapi bannya 235/40/18 sih nggak gesrot walau muat banyak, sekarang pake ban std lagi karena lagi pengen yang empuk2 hahaha (ban nya jg dah rada botak jg sih). Cuman ban std nya skrg jg dah mau botak juga :e-doh: jadi kepikiran pengen beli yg 235/50/18 tapi mau pake velg yg sama.... tapi takut gesrot2 karena offsetnya 35 (agak kluar fender sedikit)
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Kijang Innova D-4D

Post by LV »

om turboman, tanya dunk..
Innova baru khan sdh ngak punya CC, tp msh nekuk patah, pengaruh significant ngak sich kalau diganti dp? Soalnya ada yg pernah comment, setelah ganti DP saki ngak terlalu significant perubahannya. Thx.
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Kijang Innova D-4D

Post by LV »

ada yg pakai swaybar undercontrol dan tvs? Hrg berbanding sama kualitas dan efektifitas, pilih mana ya.. Untuk kurangi limbungnya innova, thx
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

LV wrote:om turboman, tanya dunk..
Innova baru khan sdh ngak punya CC, tp msh nekuk patah, pengaruh significant ngak sich kalau diganti dp? Soalnya ada yg pernah comment, setelah ganti DP saki ngak terlalu significant perubahannya. Thx.
Pengaruh, karena daerah pas tekuk patah itu lubang dalamnya jadi agak ellips, ntar perhatiin deh.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

LV wrote:ada yg pakai swaybar undercontrol dan tvs? Hrg berbanding sama kualitas dan efektifitas, pilih mana ya.. Untuk kurangi limbungnya innova, thx
Coba UNderbrace dulu aja, kalo dirasa kurang baru tambah swaybar

Btw kalo dari percobaan saya, sebetulnya utk meningkatkan kinerja suspensi yg paling utama adalah dgn shock kemampuan tinggi, baru jika dirasa kurang tambah UB / SB.
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

gimana kalo ganti per eibach aja bro turboman
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

juanaxel wrote:gimana kalo ganti per eibach aja bro turboman
Itu kalau mau diceperin.

Kalo ketinggian mau tetap std per jangan diganti, paling per belakang ganti dgn per MB W123 (depan), potong sekitar 1,75 ulir.

Per W123 = Progressive rate spring, celah ulir atas - bawah beda kerapatan.

Kalo konfigurasi mobil ane skg :
- Shock HotBits DT-1
- Per belakang MB W123 (potong 1,75 ulir)
- Underbrace

Stabil dapat, Comfort dapat.........kalo abis test drive mobil Premium Eropa then balik ke Ipah turunnya gak drastis.......heheheheheh
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Kijang Innova D-4D

Post by LV »

Turboman wrote:
LV wrote:ada yg pakai swaybar undercontrol dan tvs? Hrg berbanding sama kualitas dan efektifitas, pilih mana ya.. Untuk kurangi limbungnya innova, thx
Coba UNderbrace dulu aja, kalo dirasa kurang baru tambah swaybar

Btw kalo dari percobaan saya, sebetulnya utk meningkatkan kinerja suspensi yg paling utama adalah dgn shock kemampuan tinggi, baru jika dirasa kurang tambah UB / SB.
Thanks Om turboman.
Tp saya jadi agak bingung nih, soalnya hasil baca2 katanya sebenarnya yg paling efektif untuk kurangi limbung adalah dgn menambah swaybar karena berhubungan sama suspensi, kalau underbrace hubungan ke chasis ya? kualitas TRS sama undercontrol +/- sama yach om? harga murahan mana ya kalau kualitas +/- sama.