Mobil Perang - sangat minim perawatan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

Jenson wrote: 28 Sep 2020, 18:21
ChZ wrote: 28 Sep 2020, 10:11
Jenson wrote: 27 Sep 2020, 18:26
Iya, selama ini sih saya selalu ngikut aja jadwal servis resminya beres. Sepertinya memang belom pernah diganti ya. Aneh bin ajaib ini HRV, saya punya Jazz GK 5 tahun 2014 aja, pemakaian sama persis, so far uda 6 tahun gaada keluhan sama sekali. Lha ini HRV, malah ada2 aja power window lha ngadat, dlu klaim kipas belt AC rusak, trs sandaran tangan sekaligus cup holder itu patah. Sekarang keluhan lainnya jga cruise control mulai error, saat lg cruising di tol kalo nemu sambungan ga mulus lgsg mati. Ada yg pernah ngalaminkah? Yang gini2 nih bikin pengen punya mobil kek ipah, tinggal isi bensin bejek terus gaada error2 karena minim fitur XD
ipah jg ga jaminan om

ini saya punya ipah reborn, power window sisi supir ud seminggu berulah.. kl dipencet auto naek mobil musti diem, gerak dikit aj lgs turun lg kbawah smua.. ganggu banget kl lg di pintu tol ujan2.. mobil ud ga garansi lg.. tp lg coba claim goodwill dr TAM, kayanya sehh di gol kan

sdgkan saya dl ad jg ipah gen 1 taon 2006, dipake ampe 2020, ntuh power window ga perna rusak skalipun
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: 10 Dec 2010, 23:43

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by epevert »

Jenson wrote:
Herman7103 wrote: 27 Sep 2020, 18:41
Jenson wrote: Waduh, jadi mulai agak waswas nih, garansi uda keburu habis lagi. Thanks saran2nya om, nanti coba saya cek lagi deh ke beres. Yang anehnya, gejala ini timbul ilang timbul ilang, jadi saya masi bsa tolerir. Biasa mulai kumat kalo abis macet2an, mulai deh penyakit berasa kek transmisi DSG. Biasa si paling kerasa pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Tp kalo akselerasi sih ga kerasa. Serem juga kalo sampe cvt jebol, bisa abis berapa itu ya :(
Saran saya cuma coba kuras dan ganti oli CVT dulu deh om, bila setelah kuras dan ganti oli CVT masih terjadi hal yang sama dimana saat pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Probably transmisi CVT anda upnormal. Untuk cvt mobil honda kalau jebol dan ganti segelondong yang pernah gue denger sih Rp.70 juta an, tapi kalau ex singapur sekitar 15 jutaan. Jangan ragu ragu untuk claim.warranty om, dari pada setelah masa waranty tuh CVT jebol lebih baik kuras dan ganti oli CVT nya dulu di beres nya, tapi bila masih sama minta beresnya claim warranty ke HPM, bila perlu om Email ke Honda Care dan Cc kan emailnya ke dealer Honda tempat om beli mobilnya biasanya kalau emang defect pasti diganti baru segelondong. [emoji2]
Thanks bgt om sarannya. Nanti pas servis 40rb ini saya mau cba kuras dan ganti oli CVT nya, moga2 bisa beres. Kebetulan warranty saya sudah habis, apakah ad yg pernah cba, kalaj part vital sperti transmisi yg faulty merka bsa ganti?
Tahun lalu mobilio saya ganti CVT masih dicover beres H..walau KM udah 145rb umur mobil di 33-34bulan...

Padahal saya tdk ajukan, pas service rutin ganti oli cvt udah ada rontokan part campur di oli cvt nya...(padahal blm ada gejala eror tiap saya pakai)langsung mrk sarankan ganti CVT..tanpa biaya sepeserpun...cuma lama aja 3mgg

Ganti oli CVT saya selalu di 20rb KM..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: 28 Sep 2020, 18:42
Jenson wrote: 28 Sep 2020, 18:21
ChZ wrote: 28 Sep 2020, 10:11

Iya, selama ini sih saya selalu ngikut aja jadwal servis resminya beres. Sepertinya memang belom pernah diganti ya. Aneh bin ajaib ini HRV, saya punya Jazz GK 5 tahun 2014 aja, pemakaian sama persis, so far uda 6 tahun gaada keluhan sama sekali. Lha ini HRV, malah ada2 aja power window lha ngadat, dlu klaim kipas belt AC rusak, trs sandaran tangan sekaligus cup holder itu patah. Sekarang keluhan lainnya jga cruise control mulai error, saat lg cruising di tol kalo nemu sambungan ga mulus lgsg mati. Ada yg pernah ngalaminkah? Yang gini2 nih bikin pengen punya mobil kek ipah, tinggal isi bensin bejek terus gaada error2 karena minim fitur XD
ipah jg ga jaminan om

ini saya punya ipah reborn, power window sisi supir ud seminggu berulah.. kl dipencet auto naek mobil musti diem, gerak dikit aj lgs turun lg kbawah smua.. ganggu banget kl lg di pintu tol ujan2.. mobil ud ga garansi lg.. tp lg coba claim goodwill dr TAM, kayanya sehh di gol kan

sdgkan saya dl ad jg ipah gen 1 taon 2006, dipake ampe 2020, ntuh power window ga perna rusak skalipun
Soal power window plg jijik itu avanza sampe gen airbag pertama om. Itu yg power window supir ringkihnya minta ampun, terutama yg gen 1 non vvti wkwkwkwkwk
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Profith83 »

DOHC wrote: 28 Sep 2020, 18:42
Jenson wrote: 28 Sep 2020, 18:21
ChZ wrote: 28 Sep 2020, 10:11

Iya, selama ini sih saya selalu ngikut aja jadwal servis resminya beres. Sepertinya memang belom pernah diganti ya. Aneh bin ajaib ini HRV, saya punya Jazz GK 5 tahun 2014 aja, pemakaian sama persis, so far uda 6 tahun gaada keluhan sama sekali. Lha ini HRV, malah ada2 aja power window lha ngadat, dlu klaim kipas belt AC rusak, trs sandaran tangan sekaligus cup holder itu patah. Sekarang keluhan lainnya jga cruise control mulai error, saat lg cruising di tol kalo nemu sambungan ga mulus lgsg mati. Ada yg pernah ngalaminkah? Yang gini2 nih bikin pengen punya mobil kek ipah, tinggal isi bensin bejek terus gaada error2 karena minim fitur XD
ipah jg ga jaminan om

ini saya punya ipah reborn, power window sisi supir ud seminggu berulah.. kl dipencet auto naek mobil musti diem, gerak dikit aj lgs turun lg kbawah smua.. ganggu banget kl lg di pintu tol ujan2.. mobil ud ga garansi lg.. tp lg coba claim goodwill dr TAM, kayanya sehh di gol kan

sdgkan saya dl ad jg ipah gen 1 taon 2006, dipake ampe 2020, ntuh power window ga perna rusak skalipun
Ini kalau habis apa yah.
Oh saya ingat kalau saya turunin gak sampai habis tekan terus nanggung sampai 1/3 kaca. Kemudian saya naikkan lagi tekan sampai full dan lepas itu malah turun sampai habis kacanya wakakka.

Tapi kalau kaca turun full dengan cara tekan full dan lepas. Kemudian tekan penuh naik ke atas maka dia akan naik keatas

Wakakakak programnya memang ngaco ini
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

erwinign wrote: 28 Sep 2020, 19:45
DOHC wrote: 28 Sep 2020, 18:42
Jenson wrote: 28 Sep 2020, 18:21
Iya, selama ini sih saya selalu ngikut aja jadwal servis resminya beres. Sepertinya memang belom pernah diganti ya. Aneh bin ajaib ini HRV, saya punya Jazz GK 5 tahun 2014 aja, pemakaian sama persis, so far uda 6 tahun gaada keluhan sama sekali. Lha ini HRV, malah ada2 aja power window lha ngadat, dlu klaim kipas belt AC rusak, trs sandaran tangan sekaligus cup holder itu patah. Sekarang keluhan lainnya jga cruise control mulai error, saat lg cruising di tol kalo nemu sambungan ga mulus lgsg mati. Ada yg pernah ngalaminkah? Yang gini2 nih bikin pengen punya mobil kek ipah, tinggal isi bensin bejek terus gaada error2 karena minim fitur XD
ipah jg ga jaminan om

ini saya punya ipah reborn, power window sisi supir ud seminggu berulah.. kl dipencet auto naek mobil musti diem, gerak dikit aj lgs turun lg kbawah smua.. ganggu banget kl lg di pintu tol ujan2.. mobil ud ga garansi lg.. tp lg coba claim goodwill dr TAM, kayanya sehh di gol kan

sdgkan saya dl ad jg ipah gen 1 taon 2006, dipake ampe 2020, ntuh power window ga perna rusak skalipun
Soal power window plg jijik itu avanza sampe gen airbag pertama om. Itu yg power window supir ringkihnya minta ampun, terutama yg gen 1 non vvti wkwkwkwkwk
aneh nya, dl apanja gen 1 vvti saya malah ga perna masalah loh power window nya, dr beli ampe dijual.. lancar jaya, bahkan dibersihin aj ga perna rel nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by indeskey »

ChZ wrote:
Jenson wrote: 27 Sep 2020, 18:26
Waduh, jadi mulai agak waswas nih, garansi uda keburu habis lagi. Thanks saran2nya om, nanti coba saya cek lagi deh ke beres. Yang anehnya, gejala ini timbul ilang timbul ilang, jadi saya masi bsa tolerir. Biasa mulai kumat kalo abis macet2an, mulai deh penyakit berasa kek transmisi DSG. Biasa si paling kerasa pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Tp kalo akselerasi sih ga kerasa. Serem juga kalo sampe cvt jebol, bisa abis berapa itu ya :(
saya jadi curiga apa ini penyebab ahond skrg memperpendek interval penggantian oli CVT jadi 20k / 2 yrs. :big_think: mungkin banyak keluhan.

selama ini servis ikut standar beres terus ? kalo iya bisa jadi sih CVTF belum pernah ganti jd begitu. :big_think:
Sekarang jadi 20k/thn ya om?

Punya saya lansiran 2016, masih bilang 30k/2thn (lupa 30k/40k)
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by MSU »

DOHC wrote: 28 Sep 2020, 18:42
Jenson wrote: 28 Sep 2020, 18:21
ChZ wrote: 28 Sep 2020, 10:11

Iya, selama ini sih saya selalu ngikut aja jadwal servis resminya beres. Sepertinya memang belom pernah diganti ya. Aneh bin ajaib ini HRV, saya punya Jazz GK 5 tahun 2014 aja, pemakaian sama persis, so far uda 6 tahun gaada keluhan sama sekali. Lha ini HRV, malah ada2 aja power window lha ngadat, dlu klaim kipas belt AC rusak, trs sandaran tangan sekaligus cup holder itu patah. Sekarang keluhan lainnya jga cruise control mulai error, saat lg cruising di tol kalo nemu sambungan ga mulus lgsg mati. Ada yg pernah ngalaminkah? Yang gini2 nih bikin pengen punya mobil kek ipah, tinggal isi bensin bejek terus gaada error2 karena minim fitur XD
ipah jg ga jaminan om

ini saya punya ipah reborn, power window sisi supir ud seminggu berulah.. kl dipencet auto naek mobil musti diem, gerak dikit aj lgs turun lg kbawah smua.. ganggu banget kl lg di pintu tol ujan2.. mobil ud ga garansi lg.. tp lg coba claim goodwill dr TAM, kayanya sehh di gol kan

sdgkan saya dl ad jg ipah gen 1 taon 2006, dipake ampe 2020, ntuh power window ga perna rusak skalipun
apa jangan2 karet channel-nya seret om...jadinya fitur security-nya on (kalo ada yg kejepit kaca akan turun)
gimana kalo dicoba karet channel disemprot lubricant khusus karet
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

MSU wrote: 29 Sep 2020, 07:17
DOHC wrote: 28 Sep 2020, 18:42
Jenson wrote: 28 Sep 2020, 18:21
Iya, selama ini sih saya selalu ngikut aja jadwal servis resminya beres. Sepertinya memang belom pernah diganti ya. Aneh bin ajaib ini HRV, saya punya Jazz GK 5 tahun 2014 aja, pemakaian sama persis, so far uda 6 tahun gaada keluhan sama sekali. Lha ini HRV, malah ada2 aja power window lha ngadat, dlu klaim kipas belt AC rusak, trs sandaran tangan sekaligus cup holder itu patah. Sekarang keluhan lainnya jga cruise control mulai error, saat lg cruising di tol kalo nemu sambungan ga mulus lgsg mati. Ada yg pernah ngalaminkah? Yang gini2 nih bikin pengen punya mobil kek ipah, tinggal isi bensin bejek terus gaada error2 karena minim fitur XD
ipah jg ga jaminan om

ini saya punya ipah reborn, power window sisi supir ud seminggu berulah.. kl dipencet auto naek mobil musti diem, gerak dikit aj lgs turun lg kbawah smua.. ganggu banget kl lg di pintu tol ujan2.. mobil ud ga garansi lg.. tp lg coba claim goodwill dr TAM, kayanya sehh di gol kan

sdgkan saya dl ad jg ipah gen 1 taon 2006, dipake ampe 2020, ntuh power window ga perna rusak skalipun
apa jangan2 karet channel-nya seret om...jadinya fitur security-nya on (kalo ada yg kejepit kaca akan turun)
gimana kalo dicoba karet channel disemprot lubricant khusus karet
Lg ta biarin aj om

Pihak beres (kayanya) ad goodwill utk perbaikin..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

indeskey wrote: 28 Sep 2020, 20:47
Sekarang jadi 20k/thn ya om?

Punya saya lansiran 2016, masih bilang 30k/2thn (lupa 30k/40k)
dulu 40k om.

ini haerpi adek saya aja blom pernah diganti... odo 36k. udah gejala ada suara agak agak kasar klo lg cruising...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: 06 Mar 2019, 09:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by HaykelAdityawarman »

Profith83 wrote: 24 Sep 2020, 10:52 Yuk bahas mobil sesuai topic.
Kita pasti ingin pakai mobil, kita naik mobil yang tidak rewel. Asumsi mobil dipakai minim 10 thn keatas.

Saya tidak suka beli mobil yang 1 thn sekali harus ke bengkel, misal :
thn ke 6 ganti bearing, ganti lower arm,
thn ke 7 ganti engine mounting, ganti shock
thn ke 8 ganti long tie road dan tie road end
thn ke 9 ganti CV joint.
dstnya ....

Saya tidak suka beli mobil, tapi kita dipersulit mobil itu sendiri karena mobil tiap tahun minta jajan.
Kalau perawatan rutin misalnya dibawah ini adalah normal :
Ganti olie mesin dan filter, oli transmisi dan filter, oli rem, oli gardan, oli power steering, belt, bersihkan TB, cairan pendingin, grease di bagian rack end, propeler shaft adalah termasuk memang harus diberi grease.

Yang saya pernah pakai mobil tersebut namanya Kijang Innova. 8 thn lebih masih mantap ... belum ada ganti. cuma ganti long tie road karena salah pemakaian.
Jika ada mobil yang lain bisa posting disini agar bisa dijadikan pilihan
klo baca postingan om yang lain di thread ini, ane yakin problemnya lebih ke bengkel resminya dibanding mobilnya itu sendiri... ane udah gamau dibego2in beres dari thn 2013, makin kesini liat cerita om dan member lainnya ternyata makin ancor ya kualitas bengkel resmi :big_biglaugh:

berdasarkan pengalaman ane, innova salah satu mobil jaman sekarang yang paling sedikit effort buat maintenancenya, pertahanin om. klo sudah mulai minta jajan jual ganti ipah lagi :D

banyak kawan2 di sekeliling ane yang zero knowledge about maintaining a car, tipikal yang kaya gini belinya mobil yang pasaran di jalan, ngerawat mobilnya ngasal ganti oli juga cuma klo inget, tiap 2-3 taun ganti baru, ga perlu ganti parts apa2.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Profith83 »

HaykelAdityawarman wrote: 29 Sep 2020, 09:23
Profith83 wrote: 24 Sep 2020, 10:52 Yuk bahas mobil sesuai topic.
Kita pasti ingin pakai mobil, kita naik mobil yang tidak rewel. Asumsi mobil dipakai minim 10 thn keatas.

Saya tidak suka beli mobil yang 1 thn sekali harus ke bengkel, misal :
thn ke 6 ganti bearing, ganti lower arm,
thn ke 7 ganti engine mounting, ganti shock
thn ke 8 ganti long tie road dan tie road end
thn ke 9 ganti CV joint.
dstnya ....

Saya tidak suka beli mobil, tapi kita dipersulit mobil itu sendiri karena mobil tiap tahun minta jajan.
Kalau perawatan rutin misalnya dibawah ini adalah normal :
Ganti olie mesin dan filter, oli transmisi dan filter, oli rem, oli gardan, oli power steering, belt, bersihkan TB, cairan pendingin, grease di bagian rack end, propeler shaft adalah termasuk memang harus diberi grease.

Yang saya pernah pakai mobil tersebut namanya Kijang Innova. 8 thn lebih masih mantap ... belum ada ganti. cuma ganti long tie road karena salah pemakaian.
Jika ada mobil yang lain bisa posting disini agar bisa dijadikan pilihan
klo baca postingan om yang lain di thread ini, ane yakin problemnya lebih ke bengkel resminya dibanding mobilnya itu sendiri... ane udah gamau dibego2in beres dari thn 2013, makin kesini liat cerita om dan member lainnya ternyata makin ancor ya kualitas bengkel resmi :big_biglaugh:

berdasarkan pengalaman ane, innova salah satu mobil jaman sekarang yang paling sedikit effort buat maintenancenya, pertahanin om. klo sudah mulai minta jajan jual ganti ipah lagi :D

banyak kawan2 di sekeliling ane yang zero knowledge about maintaining a car, tipikal yang kaya gini belinya mobil yang pasaran di jalan, ngerawat mobilnya ngasal ganti oli juga cuma klo inget, tiap 2-3 taun ganti baru, ga perlu ganti parts apa2.
Ipah yang baru minta olie yg bagus om.
Oli matic minta yang 125 rb keatas per liter sebelum diskon
Oli mesin minta yang 150 rb per liter sebelum diskon
Turbo (diesel) gampang putu. --> saya alami, garansi
Yang manual beberapa case susah masuk gigi
Piringan disc peyang --> saya alami, garansi
Yoke steer --> saya alami, garansi
bunyi fan AC -> saya alami, males ngurusnya dulu kadang kadang. Lewat masa garansi hampir selalu bunyi.
dashboard dan pintu driver kadang bunyi ..

Sekarang cari yang tidak ada problem susah ... hahahah
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

Profith83 wrote: 29 Sep 2020, 09:49
HaykelAdityawarman wrote: 29 Sep 2020, 09:23
Profith83 wrote: 24 Sep 2020, 10:52 Yuk bahas mobil sesuai topic.
Kita pasti ingin pakai mobil, kita naik mobil yang tidak rewel. Asumsi mobil dipakai minim 10 thn keatas.

Saya tidak suka beli mobil yang 1 thn sekali harus ke bengkel, misal :
thn ke 6 ganti bearing, ganti lower arm,
thn ke 7 ganti engine mounting, ganti shock
thn ke 8 ganti long tie road dan tie road end
thn ke 9 ganti CV joint.
dstnya ....

Saya tidak suka beli mobil, tapi kita dipersulit mobil itu sendiri karena mobil tiap tahun minta jajan.
Kalau perawatan rutin misalnya dibawah ini adalah normal :
Ganti olie mesin dan filter, oli transmisi dan filter, oli rem, oli gardan, oli power steering, belt, bersihkan TB, cairan pendingin, grease di bagian rack end, propeler shaft adalah termasuk memang harus diberi grease.

Yang saya pernah pakai mobil tersebut namanya Kijang Innova. 8 thn lebih masih mantap ... belum ada ganti. cuma ganti long tie road karena salah pemakaian.
Jika ada mobil yang lain bisa posting disini agar bisa dijadikan pilihan
klo baca postingan om yang lain di thread ini, ane yakin problemnya lebih ke bengkel resminya dibanding mobilnya itu sendiri... ane udah gamau dibego2in beres dari thn 2013, makin kesini liat cerita om dan member lainnya ternyata makin ancor ya kualitas bengkel resmi :big_biglaugh:

berdasarkan pengalaman ane, innova salah satu mobil jaman sekarang yang paling sedikit effort buat maintenancenya, pertahanin om. klo sudah mulai minta jajan jual ganti ipah lagi :D

banyak kawan2 di sekeliling ane yang zero knowledge about maintaining a car, tipikal yang kaya gini belinya mobil yang pasaran di jalan, ngerawat mobilnya ngasal ganti oli juga cuma klo inget, tiap 2-3 taun ganti baru, ga perlu ganti parts apa2.
Ipah yang baru minta olie yg bagus om.
Oli matic minta yang 125 rb keatas per liter sebelum diskon
Oli mesin minta yang 150 rb per liter sebelum diskon
Turbo (diesel) gampang putu. --> saya alami, garansi
Yang manual beberapa case susah masuk gigi
Piringan disc peyang --> saya alami, garansi
Yoke steer --> saya alami, garansi
bunyi fan AC -> saya alami, males ngurusnya dulu kadang kadang. Lewat masa garansi hampir selalu bunyi.
dashboard dan pintu driver kadang bunyi ..

Sekarang cari yang tidak ada problem susah ... hahahah
mitsubishi l300 aj yg dr taon 70an ga ubah, skrg aj bermasalah

tetangga depan rumah buka toko material, blom lama ngeluh mesin nya overheat krn radiator bcor, padahal L300 nya baru setaon beli
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: 06 Mar 2019, 09:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by HaykelAdityawarman »

Paling ambil yang bensin klo mau (lebih) worry free dibanding diesel ya om... pilihan yang sepertinya paling aman dari masalah ternyata ga bebas dari masalah, mau gimana lagi yah jaman sekarang :big_childish:
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

DOHC wrote: 29 Sep 2020, 10:17
mitsubishi l300 aj yg dr taon 70an ga ubah, skrg aj bermasalah

tetangga depan rumah buka toko material, blom lama ngeluh mesin nya overheat krn radiator bcor, padahal L300 nya baru setaon beli
elsapek baru mahh ampas radiatornya dikecilin... sejak 2006 rasanya. punya ane jg koq sebiji yg taon 2017 uda kena radiator 2x. byk yang diganti ke radiator yg jadul lbh gede dan lbh kuat.

bokap ampe heran pdhl punya mobil pribadi aj 5 taon 8 taon ga ad yang bermasalah dengan radiator, ini yg teknologi jadul hrsnya kuat malah masalah mulu.

dan harga barunya makin mehong wkwkwkwkw...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

ChZ wrote: 29 Sep 2020, 12:08
DOHC wrote: 29 Sep 2020, 10:17
mitsubishi l300 aj yg dr taon 70an ga ubah, skrg aj bermasalah

tetangga depan rumah buka toko material, blom lama ngeluh mesin nya overheat krn radiator bcor, padahal L300 nya baru setaon beli
elsapek baru mahh ampas radiatornya dikecilin... sejak 2006 rasanya. punya ane jg koq sebiji yg taon 2017 uda kena radiator 2x. byk yang diganti ke radiator yg jadul lbh gede dan lbh kuat.

bokap ampe heran pdhl punya mobil pribadi aj 5 taon 8 taon ga ad yang bermasalah dengan radiator, ini yg teknologi jadul hrsnya kuat malah masalah mulu.

dan harga barunya makin mehong wkwkwkwkw...
Pantesan

Kasian supirnya ud dmarahin, dikira gara2 diisi aer ledeng katanya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by benzz89 »

Imho mobil2 sampai dengan tahun 2010 itu masih lebih robust banding yang 2010 up to now.

Baik T, H, S, Mt, Mz, N, D, japs mainstream jarang ada penyakit yang aneh2 yang timbul setelah 2010 Up atau malah pasca 2016 Up.

Gak bicara merek2 europe, mamarika atau H miring yang masuk kategori non mainstream yang memang perlu special treatment. Yang CBU rata2 sih memang lebih baik built qualitynya banding CKD.

Tapi yang pasti memang seluruh pabrikan (manufacturing) berlomba2 untuk tekan cost of production di semua lini sektor & berharap konsumen pakai mobil sesingkat mungkin 3-5 taon, jadi mobil2 sekarang didesain secara life cyclenya lebih pendek.

Pelat makin tipis, cat makin tipis, plastik2 makin tipis. Yang awalnya pakai logam ganti ke plastik yang secara properties bisa mendekati logam secara strukturnya (engineering plastic), demikian juga di logam dicari yang lebih tipis, lebih ringan, tapi masih masuk standard pabrikan dst...dst.

Intinya semua bahan sebisa mungkin dikurangi, fitur2 gimmick yang seiring dengan perkembangan jaman memang otomatis akan terus bertambah, tapi durability & life cyclenya pelan2 dikurangi sehalus mungkin... kecuali badge2 legendary tertentu macam TLC yang memang "dijaga" pamornya... itupun harganya sudah menjulang gak karuan. Just my 2 cents cmiiw
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 29 Sep 2020, 12:13 Imho mobil2 sampai dengan tahun 2010 itu masih lebih robust banding yang 2010 up to now.

Baik T, H, S, Mt, Mz, N, D, japs mainstream jarang ada penyakit yang aneh2 yang timbul setelah 2010 Up atau malah pasca 2016 Up.

Gak bicara merek2 europe, mamarika atau H miring yang masuk kategori non mainstream yang memang perlu special treatment. Yang CBU rata2 sih memang lebih baik built qualitynya banding CKD.

Tapi yang pasti memang seluruh pabrikan (manufacturing) berlomba2 untuk tekan cost of production di semua lini sektor & berharap konsumen pakai mobil sesingkat mungkin 3-5 taon, jadi mobil2 sekarang didesain secara life cyclenya lebih pendek.

Pelat makin tipis, cat makin tipis, plastik2 makin tipis. Yang awalnya pakai logam ganti ke plastik yang secara properties bisa mendekati logam secara strukturnya (engineering plastic), demikian juga di logam dicari yang lebih tipis, lebih ringan, tapi masih masuk standard pabrikan dst...dst.

Intinya semua bahan sebisa mungkin dikurangi, fitur2 gimmick yang seiring dengan perkembangan jaman memang otomatis akan terus bertambah, tapi durability & life cyclenya pelan2 dikurangi sehalus mungkin... kecuali badge2 legendary tertentu macam TLC yang memang "dijaga" pamornya... itupun harganya sudah menjulang gak karuan. Just my 2 cents cmiiw
Kcuali nisan gren lvina

Justru yg ud feslip dual cvtc injector (post 2012 and above) yg jauh lebi minim keluhan

Dl pmakai OGL gen awal pada gondok smua ngebengkel jut2an, dah kaya piara sheer driving plisur

Tp yg ud feslip, minim bener keluhan nya kaya punya nya om herman
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

DOHC wrote: 29 Sep 2020, 12:11
Pantesan

Kasian supirnya ud dmarahin, dikira gara2 diisi aer ledeng katanya
insinyur mitsu lupa kalo di endonesyah elsapek bisa dibuat ngangkut berton-ton dengan medan ekstrim... jaoh di atas GVW nya :big_biglaugh:
benzz89 wrote: 29 Sep 2020, 12:13 Imho mobil2 sampai dengan tahun 2010 itu masih lebih robust banding yang 2010 up to now.

Baik T, H, S, Mt, Mz, N, D, japs mainstream jarang ada penyakit yang aneh2 yang timbul setelah 2010 Up atau malah pasca 2016 Up.

Gak bicara merek2 europe, mamarika atau H miring yang masuk kategori non mainstream yang memang perlu special treatment. Yang CBU rata2 sih memang lebih baik built qualitynya banding CKD.

Tapi yang pasti memang seluruh pabrikan (manufacturing) berlomba2 untuk tekan cost of production di semua lini sektor & berharap konsumen pakai mobil sesingkat mungkin 3-5 taon, jadi mobil2 sekarang didesain secara life cyclenya lebih pendek.

Pelat makin tipis, cat makin tipis, plastik2 makin tipis. Yang awalnya pakai logam ganti ke plastik yang secara properties bisa mendekati logam secara strukturnya (engineering plastic), demikian juga di logam dicari yang lebih tipis, lebih ringan, tapi masih masuk standard pabrikan dst...dst.

Intinya semua bahan sebisa mungkin dikurangi, fitur2 gimmick yang seiring dengan perkembangan jaman memang otomatis akan terus bertambah, tapi durability & life cyclenya pelan2 dikurangi sehalus mungkin... kecuali badge2 legendary tertentu macam TLC yang memang "dijaga" pamornya... itupun harganya sudah menjulang gak karuan. Just my 2 cents cmiiw
nah soal ini sbenernya tidak melulu cost reduction saja... kadang ada unsur regulasi bermain.

misalnya regulasi emisi dan safety.

bayangin skr ntu radar collision sensor dll uda masuk standar bintang dalam safety test. ga heran pada lbh fokus bikin fitur radar spt ini yang notabene justru bikin mahal - dan mengorbankan sisi lain spt build quality. ya emang mobilnya safer sih, cuma kualitasnya jadi caur demi menekan cost.

enjin juga pada ngembangin over complicated design yang bikin makin prone to trouble demi mengejar emisi. sensor sensor elektroniknya makin banyak buat antisipasi error = makin besar kemungkinan trobel.

yahh tp gimana gimana juga mungkin manufacturer juga liat behavior konsumen yang pake mobil 3-5 taun buang... sama spt gadget. makanya useless mereka ngembangin mobil yang awet awet. caranya yah bikin platform yang bisa dipake 2 - 3 generasi, tp part qualitynya sedikit dikurangin, didesain untuk breakdown melewati masa pemakaian, mungkin dulu 10 taon skrg jadi 7 taon, konsumennya won't notice kalo cm pake 3 taon :big_biglaugh:

klo saya liat behavior konsumen spt ini ya saya melakukan yang sama jg. aplg bisnis otomotif itu berat bgt persaingannya. ga bisa ngandelin income cuma dari jualan mobil, tp spare parts dan services juga. klo pabrikan ngotot bikin over engineered cars yg tidak memerlukan perbaikan saya rasa hari ini pabrikan mobil ud tinggal dikit yang hidup.
DOHC wrote: 29 Sep 2020, 12:18
Kcuali nisan gren lvina

Justru yg ud feslip dual cvtc injector (post 2012 and above) yg jauh lebi minim keluhan

Dl pmakai OGL gen awal pada gondok smua ngebengkel jut2an, dah kaya piara sheer driving plisur

Tp yg ud feslip, minim bener keluhan nya kaya punya nya om herman
ahond era ciarpi RM dan civic FB jg...

di luar kualitas nya caur tp ntu 2 mobil robust loh dibanding RE dan FD... ane ampe odo 60k km dl di FB nyaris tanpa perbaikan apapun di kaki kaki...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
benzz89 wrote: 29 Sep 2020, 12:13 Imho mobil2 sampai dengan tahun 2010 itu masih lebih robust banding yang 2010 up to now.

Baik T, H, S, Mt, Mz, N, D, japs mainstream jarang ada penyakit yang aneh2 yang timbul setelah 2010 Up atau malah pasca 2016 Up.

Gak bicara merek2 europe, mamarika atau H miring yang masuk kategori non mainstream yang memang perlu special treatment. Yang CBU rata2 sih memang lebih baik built qualitynya banding CKD.

Tapi yang pasti memang seluruh pabrikan (manufacturing) berlomba2 untuk tekan cost of production di semua lini sektor & berharap konsumen pakai mobil sesingkat mungkin 3-5 taon, jadi mobil2 sekarang didesain secara life cyclenya lebih pendek.

Pelat makin tipis, cat makin tipis, plastik2 makin tipis. Yang awalnya pakai logam ganti ke plastik yang secara properties bisa mendekati logam secara strukturnya (engineering plastic), demikian juga di logam dicari yang lebih tipis, lebih ringan, tapi masih masuk standard pabrikan dst...dst.

Intinya semua bahan sebisa mungkin dikurangi, fitur2 gimmick yang seiring dengan perkembangan jaman memang otomatis akan terus bertambah, tapi durability & life cyclenya pelan2 dikurangi sehalus mungkin... kecuali badge2 legendary tertentu macam TLC yang memang "dijaga" pamornya... itupun harganya sudah menjulang gak karuan. Just my 2 cents cmiiw
Kcuali nisan gren lvina

Justru yg ud feslip dual cvtc injector (post 2012 and above) yg jauh lebi minim keluhan

Dl pmakai OGL gen awal pada gondok smua ngebengkel jut2an, dah kaya piara sheer driving plisur

Tp yg ud feslip, minim bener keluhan nya kaya punya nya om herman
Hahahah... berarti ane cukup beruntung dong yah beli OGL 2011 akhir sampe dijual taon 2018 KM 70 ribu cuma kena "getok" evap AC bocor doang. Padahal awal2 banyak juga masalah indikator bensin ngaco dll. Dijual karena "feeling" ane mengatakan bakal jajan banyak kedepannya.

Dikerjain nih ane ama OGL batu makam. Pas ambil dari dealer gak perhatiin catnya secara detail. Pas sampe rumah sudah beberapa hari baru liat perbatasan bumper dengan fender catnya mungkin ada masalah, tapi cuman di kuas doang finishingnya kiri & kanan... caur banget deh PID nya itu merek.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: 29 Sep 2020, 12:18
benzz89 wrote: 29 Sep 2020, 12:13 Imho mobil2 sampai dengan tahun 2010 itu masih lebih robust banding yang 2010 up to now.

Baik T, H, S, Mt, Mz, N, D, japs mainstream jarang ada penyakit yang aneh2 yang timbul setelah 2010 Up atau malah pasca 2016 Up.

Gak bicara merek2 europe, mamarika atau H miring yang masuk kategori non mainstream yang memang perlu special treatment. Yang CBU rata2 sih memang lebih baik built qualitynya banding CKD.

Tapi yang pasti memang seluruh pabrikan (manufacturing) berlomba2 untuk tekan cost of production di semua lini sektor & berharap konsumen pakai mobil sesingkat mungkin 3-5 taon, jadi mobil2 sekarang didesain secara life cyclenya lebih pendek.

Pelat makin tipis, cat makin tipis, plastik2 makin tipis. Yang awalnya pakai logam ganti ke plastik yang secara properties bisa mendekati logam secara strukturnya (engineering plastic), demikian juga di logam dicari yang lebih tipis, lebih ringan, tapi masih masuk standard pabrikan dst...dst.

Intinya semua bahan sebisa mungkin dikurangi, fitur2 gimmick yang seiring dengan perkembangan jaman memang otomatis akan terus bertambah, tapi durability & life cyclenya pelan2 dikurangi sehalus mungkin... kecuali badge2 legendary tertentu macam TLC yang memang "dijaga" pamornya... itupun harganya sudah menjulang gak karuan. Just my 2 cents cmiiw
Kcuali nisan gren lvina

Justru yg ud feslip dual cvtc injector (post 2012 and above) yg jauh lebi minim keluhan

Dl pmakai OGL gen awal pada gondok smua ngebengkel jut2an, dah kaya piara sheer driving plisur

Tp yg ud feslip, minim bener keluhan nya kaya punya nya om herman
Waah bener ini om, mewakili saya banget jaman punya OGL 1.5 XV MT 5sp CVTC 2007 beli nov 2007. Tiap 6 bulan aki soak, sepanjang th 2012 mgkn dlm seminggu 7 hari sy main ke bengkel 5x. Entah tongkat transmisi patah, AC ngadat, ngelitik, pincang2, klakson mati, busi mati, serpis oli :big_okay:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by MSU »

benzz89 wrote: 29 Sep 2020, 12:13 Imho mobil2 sampai dengan tahun 2010 itu masih lebih robust banding yang 2010 up to now.

Baik T, H, S, Mt, Mz, N, D, japs mainstream jarang ada penyakit yang aneh2 yang timbul setelah 2010 Up atau malah pasca 2016 Up.

Gak bicara merek2 europe, mamarika atau H miring yang masuk kategori non mainstream yang memang perlu special treatment. Yang CBU rata2 sih memang lebih baik built qualitynya banding CKD.

Tapi yang pasti memang seluruh pabrikan (manufacturing) berlomba2 untuk tekan cost of production di semua lini sektor & berharap konsumen pakai mobil sesingkat mungkin 3-5 taon, jadi mobil2 sekarang didesain secara life cyclenya lebih pendek.

Pelat makin tipis, cat makin tipis, plastik2 makin tipis. Yang awalnya pakai logam ganti ke plastik yang secara properties bisa mendekati logam secara strukturnya (engineering plastic), demikian juga di logam dicari yang lebih tipis, lebih ringan, tapi masih masuk standard pabrikan dst...dst.

Intinya semua bahan sebisa mungkin dikurangi, fitur2 gimmick yang seiring dengan perkembangan jaman memang otomatis akan terus bertambah, tapi durability & life cyclenya pelan2 dikurangi sehalus mungkin... kecuali badge2 legendary tertentu macam TLC yang memang "dijaga" pamornya... itupun harganya sudah menjulang gak karuan. Just my 2 cents cmiiw
ini-lah alasannya saya masih pake mobil yang umur 20thn :big_biglaugh:
produksi baru2 yang saya lihat robust cuma avxen & innova lama...minus-nya ya pelat avxen rada tipis
benar sekali mungkin produsen2 mobil jaman sekarang fokus-nya bukan durability lg...tp kompromi jg spy konsumen tetap ganti2 mobil setelah bbrp tahun.
kl browsing, yg dibilang reliability bagus rata2 mobil2 tua : merc w123 (diesel), accord, camry, dst
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by thestoneroses »

benzz89 wrote: 29 Sep 2020, 12:13 Imho mobil2 sampai dengan tahun 2010 itu masih lebih robust banding yang 2010 up to now.

Baik T, H, S, Mt, Mz, N, D, japs mainstream jarang ada penyakit yang aneh2 yang timbul setelah 2010 Up atau malah pasca 2016 Up.

Gak bicara merek2 europe, mamarika atau H miring yang masuk kategori non mainstream yang memang perlu special treatment. Yang CBU rata2 sih memang lebih baik built qualitynya banding CKD.

Tapi yang pasti memang seluruh pabrikan (manufacturing) berlomba2 untuk tekan cost of production di semua lini sektor & berharap konsumen pakai mobil sesingkat mungkin 3-5 taon, jadi mobil2 sekarang didesain secara life cyclenya lebih pendek.

Pelat makin tipis, cat makin tipis, plastik2 makin tipis. Yang awalnya pakai logam ganti ke plastik yang secara properties bisa mendekati logam secara strukturnya (engineering plastic), demikian juga di logam dicari yang lebih tipis, lebih ringan, tapi masih masuk standard pabrikan dst...dst.

Intinya semua bahan sebisa mungkin dikurangi, fitur2 gimmick yang seiring dengan perkembangan jaman memang otomatis akan terus bertambah, tapi durability & life cyclenya pelan2 dikurangi sehalus mungkin... kecuali badge2 legendary tertentu macam TLC yang memang "dijaga" pamornya... itupun harganya sudah menjulang gak karuan. Just my 2 cents cmiiw
Salah satu alasan masih harian pakai jerman bolot 90an, sebelum ini pakai swedia 90an juga rasanya enak, singa jengke 2000an awal enakk.
Malah ada pengalaman kecewa sama matahari terbit. Biarin dicap style opa-opa tapi pinggang joss kalau jalan jauh. Walau tetep yah, di garasi kudu ada itu kerjasama indonesia jepang, untuk rasa aman aja. He he he
Ron Asheton Forever
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by MSU »

ChZ wrote: 29 Sep 2020, 12:08
DOHC wrote: 29 Sep 2020, 10:17
mitsubishi l300 aj yg dr taon 70an ga ubah, skrg aj bermasalah

tetangga depan rumah buka toko material, blom lama ngeluh mesin nya overheat krn radiator bcor, padahal L300 nya baru setaon beli
elsapek baru mahh ampas radiatornya dikecilin... sejak 2006 rasanya. punya ane jg koq sebiji yg taon 2017 uda kena radiator 2x. byk yang diganti ke radiator yg jadul lbh gede dan lbh kuat.

bokap ampe heran pdhl punya mobil pribadi aj 5 taon 8 taon ga ad yang bermasalah dengan radiator, ini yg teknologi jadul hrsnya kuat malah masalah mulu.

dan harga barunya makin mehong wkwkwkwkw...
elsapek baru itu kalo ikuti di fb problemnya :
- overheat (sepertinya benar radiator downsize)
- aki cepat mati (1 tahunan)
- catalytic mampet..bisa jadi ini penyebab overheat jg...akhirnya dijebol
sayang2 legenda 4D56 dirubah jadi kurang reliable begini
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by maastricht889 »

MSU wrote: 29 Sep 2020, 13:34
benzz89 wrote: 29 Sep 2020, 12:13 Imho mobil2 sampai dengan tahun 2010 itu masih lebih robust banding yang 2010 up to now.

Baik T, H, S, Mt, Mz, N, D, japs mainstream jarang ada penyakit yang aneh2 yang timbul setelah 2010 Up atau malah pasca 2016 Up.

Gak bicara merek2 europe, mamarika atau H miring yang masuk kategori non mainstream yang memang perlu special treatment. Yang CBU rata2 sih memang lebih baik built qualitynya banding CKD.

Tapi yang pasti memang seluruh pabrikan (manufacturing) berlomba2 untuk tekan cost of production di semua lini sektor & berharap konsumen pakai mobil sesingkat mungkin 3-5 taon, jadi mobil2 sekarang didesain secara life cyclenya lebih pendek.

Pelat makin tipis, cat makin tipis, plastik2 makin tipis. Yang awalnya pakai logam ganti ke plastik yang secara properties bisa mendekati logam secara strukturnya (engineering plastic), demikian juga di logam dicari yang lebih tipis, lebih ringan, tapi masih masuk standard pabrikan dst...dst.

Intinya semua bahan sebisa mungkin dikurangi, fitur2 gimmick yang seiring dengan perkembangan jaman memang otomatis akan terus bertambah, tapi durability & life cyclenya pelan2 dikurangi sehalus mungkin... kecuali badge2 legendary tertentu macam TLC yang memang "dijaga" pamornya... itupun harganya sudah menjulang gak karuan. Just my 2 cents cmiiw
ini-lah alasannya saya masih pake mobil yang umur 20thn :big_biglaugh:
produksi baru2 yang saya lihat robust cuma avxen & innova lama...minus-nya ya pelat avxen rada tipis
benar sekali mungkin produsen2 mobil jaman sekarang fokus-nya bukan durability lg...tp kompromi jg spy konsumen tetap ganti2 mobil setelah bbrp tahun.
kl browsing, yg dibilang reliability bagus rata2 mobil2 tua : merc w123 (diesel), accord, camry, dst
Soal bandel2an yg om bilang saya tau2 kepikiran mazda 6 yg dipake polisi/mazda yg mesin 2.0-2.5 sky keitung bandel jg ngga ya om? Udah 3 generasi mazda 6 berturut2 dipake polisi, bahkan yg jadul 2008 masih projector 3 biji kecil2 di kota saya ada yg masih jalan terus dan servisnya selalu di beres mazda. Yg mazda 6 polisi model nagare th 2012an aja di kota saya aja diisi premium/pertalite ttp jalan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

MSU wrote: 29 Sep 2020, 13:38
elsapek baru itu kalo ikuti di fb problemnya :
- overheat (sepertinya benar radiator downsize)
- aki cepat mati (1 tahunan)
- catalytic mampet..bisa jadi ini penyebab overheat jg...akhirnya dijebol
sayang2 legenda 4D56 dirubah jadi kurang reliable begini
Saya waktu itu pnasaran gugling dan nemu video yutub bahas elsapek dan kaget jg radiator dikecilin size nya, kayak cm 3/4 nya ukuran radiator yg lama...

Nahh soal aki nih ntah ud brapa x tiap pagi buka toko hrs drama dorong mobil gegara susah starter... Kmrn pas setahun elsapek ane satunya yg 2019 aki nya mokat.

Ntah gimana yah kompetitornya si rajanya disel... Klo si rajanya disel bgini juga sayang seh. Yg terkenal mesinnya maha badak khan si rajanya disel.

Apa gegara ini jg byk yang beralih beli rajanya disel di kelas medium/large truck... Wkwkwkwkw
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post