Mobil Perang - sangat minim perawatan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Dat510 »

Mobil kantor ada avanza gen 1 tahun 2008 - sekarang, slow moving parts bukannya ngga rusak, tetep rusak tapi dicuekin yang penting mobil masih bisa jalan & AC dingin.
Klo gini termasuk minim perawatan ngga?
Dxo24
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Fri Apr 22, 2016 0:15
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Kijang Innova

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Dxo24 »

seniya 2016, jalan 130rb km cuma ganti oli2 rutin, aki 2x, rem, ban 2x, shock belakang :big_blushing:
3SZ-VE (2008)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by maastricht889 »

Or4cle wrote: Thu Sep 24, 2020 6:41
erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 6:16
riisesky wrote: Thu Sep 24, 2020 6:07 jadi asumsinya mobil harus jalan 10 tahun tanpa ada perbaikan apapun dong?

yang namanya barang mekanikal + elektrikal ya pasti ada aja faulty nya, ga yakin ada mobil jalan 10 taun cuma ganti oli sama isi bensin doang, mungkin ada kalo owner nya emang ga perduli sama kondisi mobilnya, udah pada wear n tear tapi dicuekin
Saya aja innova 2010 dr baru cm perawatan seadanya (pentingg rutin ganti oli mesin gardan transmisi), tuneup kl udah ngelitik parah.

Kemarin rutin servis pas diangkat lift ya udah ada rembes di dkt carter oli om (persis sbl kanan filter), sama ganti filter bensin. Hari ini tau2 br aja koilnya mati 2 biji sy ganti semuanya+busi baru. Di sektor kaki2 pun memang belum ada yg diganti keseluruhan, tapi karet boot perbatesan interior ama mesin (dkt pedal2) tau2 aja sobek sama kl kondisi jalan itu juga dr setir kerasa ada sesuatu yg kalo diistilahin dalem bunyi itu "glek". Buat sy selama problem2nya masih wajar, part always available dan memang penyakitnya begitu sih its okay lah

Yaa namanya ada umur, wear and tear, pemakaian wajar sih pasti ada penggantian
Rembesan di mesin biasanya agak tricky, ongkos beli sparepart murah tapi ongkos bongkarnya yang cukup mahal.
Apalagi rembesannya sdh lengket dan menggumpal, susah dicari sumber rembesannya, kecuali mesin dicuci bersih di salon mobil baru kelihatan sumber rembesannya dimana. Dan sialnya, dibawa ke bengkel ganti packing & seal pun kadang masih rembes, teknik pemasangan harus benar-benar diperhatikan. Kalau montir kurang teliti dan kerja asal cepat kemungkinan bakal rembes lagi walau dah diganti packing.
Kebetulan kl innova ini modelnya pake sealer om yg bawah2 itu. Avanza k3ve juga
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

racho wrote: Thu Sep 24, 2020 6:45

nuff said, bro marmut... so true. overengineering is almost extinct today. even on aircraft. apalagi cuma mobil.
nahh ngomong over engineering jd ingat mobil jerman...

jerman era 90s itu badaknya luar biasa even sampe skrg E36 aja banyak yg masih keliaran di jalan dan jd bahan modif with original engine... E36 with relatively low odo yg simpenan saja masih sehat wal afiat, pdhl yang modern didiemin jadi garage queen malah ngambekan. rival utamanya si benz aplg tuh benz era eighties ampe zamannya boxer itungannya badak...

jerman sejak early 2000s sehh malah jatohnya over complicated bkn over engineered .... yahh 5 taon dipake minimal sensor ud ganti 1 lah. :ngacir: yg kelas rakyat macem VW aja 8 taon ngabisin 100 juta.

jepangan durability still oke lah biarpun build quality nya compromised. msh acceptable dipake lebih dr 5 taon. mulai dr ilangnya soft touch ampe panel panel bergetarrrrr kalo sering lewat jalan rusak. ditukar dengan fancy electronics dan head unit cungkwo an lelet dan suaranya ancur for the sake of kekinian... dulu pdhl mobil entry level ga jarang dpt HU keraton walau cm single din... skrg head unit 2din buatan pabrikan jepun ternama aj ancur kualitasnya... kenwood ama panasonic bawaan ahond ntu total crap.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

Dat510 wrote: Thu Sep 24, 2020 7:23 Mobil kantor ada avanza gen 1 tahun 2008 - sekarang, slow moving parts bukannya ngga rusak, tetep rusak tapi dicuekin yang penting mobil masih bisa jalan & AC dingin.
Klo gini termasuk minim perawatan ngga?
itu namanya minim perhatian om ... alias jablay jarang dibelai.


:big_biglaugh:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Dat510 »

Omnibus wrote: Thu Sep 24, 2020 8:33
Dat510 wrote: Thu Sep 24, 2020 7:23 Mobil kantor ada avanza gen 1 tahun 2008 - sekarang, slow moving parts bukannya ngga rusak, tetep rusak tapi dicuekin yang penting mobil masih bisa jalan & AC dingin.
Klo gini termasuk minim perawatan ngga?
itu namanya minim perhatian om ... alias jablay jarang dibelai.


:big_biglaugh:
wah iya juga minim perhatian.. :big_biglaugh:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Thu Sep 24, 2020 8:33
Dat510 wrote: Thu Sep 24, 2020 7:23 Mobil kantor ada avanza gen 1 tahun 2008 - sekarang, slow moving parts bukannya ngga rusak, tetep rusak tapi dicuekin yang penting mobil masih bisa jalan & AC dingin.
Klo gini termasuk minim perawatan ngga?
itu namanya minim perhatian om ... alias jablay jarang dibelai.


:big_biglaugh:
Setuju ini jablay.

Semua tergantung kebutuhan.
Ada yang merasa tiap tahun ke bengkel setelah menginjak 6 tahun itu lumrah.
Ada yang merasa harusnya tidak ada yang perlu diganti sampai 6 thn atau bahkan sampai 10 thn.

Kalau saya belum waktunya memakai kendaraan dinikmati dan OK ke bengkel tiap tahun.
Saya masih dalam tahap ingin menikmati kendaraan tapi tidak mau dibuat pusing karena setiap hari masih ngantor ...
Sabtu dan Minggu untuk urusan mobil tidak suka, kecuali DIY yang simple.

Kendaraan kalau problem di thn ke 6 ... tidak semua bengkel bisa betulin ...
1. BeRes saja perlu 3x bolak balik ke bengkel baru ketahun engine mounting.
2. Belum lagi rusak hal yang lain, yang mungkin lebih ribet dari engine mounting.
3. Belum lagi kalau asal ganti dan problem tetap ada.

Keluar waktu, keluar biaya, belum tentu diganti itu yg rusak. Pernah ngalami sendiri Greco jaman jadul setelah pakai >10 thn ke BeRes habis 2 jt problem tidak ditemukan. Bengkel langganan teman ternyata cuma karet gantungan knalpot menyebabkan RPM 2000 selalu ada bunyi. cuma biaya 300 rb masalah selesai.

Karena alasan itulah malas ngurusi mobil yang "merepotkan".

OK Innova, Panther, Fortuner, MUX, Pajero Sport.
Sepertinya semua basis double cabin yang tahan banting dan merek Jepang.
BTW untuk buatan thn 2016 keatas apakah masih kuat juga? menimbang putu dan disc peyang.
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by thestoneroses »

marmut wrote: Thu Sep 24, 2020 6:13 tunggu sebentar, ini tahun 2020 kan?
saya sudah pernah tulis di trit sienta kalau tidak salah, 2015-2016 lalu istri saya beli sienta brand new gres fresh from the oven. baru selesai serah terima dengan sales, saya bawa jalan itu ada suara klutuk-klutuk. plus konsumsi bahan bakar yang tidak normal sampai perlu penggantian 1 unit ECU.
jadi, nggak perlu nunggu 6 tahun buat gegantian ini itu.

kalau hidup di tahun 80 atau 90, mungkin saja beli mobil baru tanpa ada penggantian apapun. ini tahun 2020 bung, pabrik maunya kita ganti mobil setahun 2×.
Yup, saya punya mobilio (3 utk usaha); 1 dalam waktu 2 tahun sudah kena ecu dll, saya pernah ungkapkan di thread mobilio user.
Beres ngga bisa apa2, garansi ngga berlaku karena a i u.

Gampangan melihara m104 sama red block kemana2 dibanding benerin tuh lio ha ha
Ron Asheton Forever
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by farizfsa »

susah juga mau punya mobil tp setaun sekali ke bengkel aja agak malas.

kalo saya setahun aja minimal 1 mbl ke bengkel 3x, itupun ganti oli filter2 aja.

BMW 520d F10 2014 bln 10 ane sih:
setahun 3x ganti oli dan filter2;
tahun ke 2 ganti ban km 30rb;
tahun ke 3 ganti aktuator rem tangan elektrik, covered beres km 50rb;
tahun ke 4 ganti kampas rem & ban km 60rb;
tahun ke 5 ganti engine mounting + cat bemper kena gores km 120rb.

Toyota Camry XV50 2012 bulan 11 ane juga beberapa kali setahun ke bengkel km sudah 160rb:
setahun 2x ganti oli dan filter2
tahun ini sudah 3x ke bengkel, ganti ban 4, facelift ke model tahun 2016 wkwk
tahun lalu 2x, lampu xenon koit, kaki2 gluduk2 berisik

setahun artinya bs 3-5x satu mbl, mobil harian total.

memangnya mbl ts setahun jalan berapa km ya?

mbl2 keluaran astra diatas lumayan awet dan tdk nyusahin sih memang
Last edited by farizfsa on Thu Sep 24, 2020 9:16, edited 1 time in total.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

thestoneroses wrote: Thu Sep 24, 2020 9:08
Yup, saya punya mobilio (3 utk usaha); 1 dalam waktu 2 tahun sudah kena ecu dll, saya pernah ungkapkan di thread mobilio user.
Beres ngga bisa apa2, garansi ngga berlaku karena a i u.

Gampangan melihara m104 sama red block kemana2 dibanding benerin tuh lio ha ha
tandanya ecu kena gimana om?

sorry kelewat baca di trit satunya
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Profith83 »

farizfsa wrote: Thu Sep 24, 2020 9:09 susah juga mau punya mobil tp setaun sekali ke bengkel aja agak malas.

kalo saya setahun aja minimal 1 mbl ke bengkel 3x, itupun ganti oli filter2 aja.

BMW 520d F10 2014 bln 10 ane sih:
setahun 3x ganti oli dan filter2;
tahun ke 2 ganti ban km 30rb;
tahun ke 3 ganti aktuator rem tangan elektrik, covered beres km 50rb;
tahun ke 4 ganti kampas rem & ban km 60rb;
tahun ke 5 ganti engine mounting + cat bemper kena gores km 120rb.

Toyota Camry XV50 2012 bulan 11 ane juga beberapa kali setahun ke bengkel km sudah 160rb:
setahun 2x ganti oli dan filter2
tahun ini sudah 3x ke bengkel, ganti ban 4, facelift ke model tahun 2016 wkwk
tahun lalu 2x, lampu xenon koit, kaki2 gluduk2 berisik

setahun artinya bs 3-5x satu mbl, mobil harian total.

memangnya mbl ts setahun jalan berapa km ya?

mbl2 keluaran astra diatas lumayan awet dan tdk nyusahin sih memang
Kalau ke BeRes dan kerjaan selalu BeRes gapapa om.
Saya pernah ngurusin meler olie di Mobilio sampai ke Beres 7x baru selesai. pernah saya share.
Diatas saya tulis Greco
Mobilio 3x ganti master rem (5 thn)
Lower arm dicari 3 kali ke Beres baru tahu kalau bunyi dari lower arm
Setelah itu cari 3x ke BeRes lagi baru ketahuan engine mounting.

Dari pengalaman semua diatas dan waktu saya yang terbatas karena masih kerja jadi pegawai.
Sabtu dan minggu maunya sih ngurusin hal yang lain...
Om kalau ke bengkel siapa yang ngurusin? hari apa? apakah selalu BeRes masalahnya?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by farizfsa »

Profith83 wrote: Thu Sep 24, 2020 9:21 Dari pengalaman semua diatas dan waktu saya yang terbatas karena masih kerja jadi pegawai.
Sabtu dan minggu maunya sih ngurusin hal yang lain...
Om kalau ke bengkel siapa yang ngurusin? hari apa? apakah selalu BeRes masalahnya?
ke bengkel selalu saya sendiri ga pernah driver atau org lain, karena saya sih mau tau masalahnya apa
saya juga masih kantoran kok, cari-cari waktu aja, kan tidak tiap weekend sibuk, lagian sebenernya mbl kan bs ditinggal, lalu kerjain aktivitas lain. selesai tinggal ambil, sambil berdoa mobil beneran beres wkwk.

saya weekend doang punya waktu ke bengkel, ini sj saya masih wfo. cari2 bengkel bagus deket kantor, kl ada masalah tinggal masukin sblm masuk kantor, makan siang atau pulang bs ambil.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by IGedeAmat »

Profith83 wrote: Thu Sep 24, 2020 8:52 ...
Pernah ngalami sendiri Greco jaman jadul setelah pakai >10 thn ke BeRes habis 2 jt problem tidak ditemukan.
Bengkel langganan teman ternyata cuma karet gantungan knalpot menyebabkan RPM 2000 selalu ada bunyi.
cuma biaya 300 rb masalah selesai.

Karena alasan itulah malas ngurusi mobil yang "merepotkan".
...
itu mah bukan mobilnya yang ngerepotin Om,
mekanik beres nya yg gebleg...
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Profith83 »

IGedeAmat wrote: Thu Sep 24, 2020 9:33
Profith83 wrote: Thu Sep 24, 2020 8:52 ...
Pernah ngalami sendiri Greco jaman jadul setelah pakai >10 thn ke BeRes habis 2 jt problem tidak ditemukan.
Bengkel langganan teman ternyata cuma karet gantungan knalpot menyebabkan RPM 2000 selalu ada bunyi.
cuma biaya 300 rb masalah selesai.

Karena alasan itulah malas ngurusi mobil yang "merepotkan".
...
itu mah bukan mobilnya yang ngerepotin Om,
mekanik beres nya yg gebleg...
Betul ... mekanik BeRes kan jarang ngurusin mobil diatas 100rb KM dan diatas 3 thn.
Jadi dia secara teori dapat case case tertentu, tapi sangat jarang praktek case aneh2x tersebut.

Drpd ribet ngurusin hal hal begitu dan tidak yakin pendapat mereka benar. Kan lebih baik sekalian cari mobil yang battle proven biar gak repot 10 thn.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Thu Sep 24, 2020 9:21
Kalau ke BeRes dan kerjaan selalu BeRes gapapa om.
Saya pernah ngurusin meler olie di Mobilio sampai ke Beres 7x baru selesai. pernah saya share.
Diatas saya tulis Greco
Mobilio 3x ganti master rem (5 thn)
Lower arm dicari 3 kali ke Beres baru tahu kalau bunyi dari lower arm
Setelah itu cari 3x ke BeRes lagi baru ketahuan engine mounting.

Dari pengalaman semua diatas dan waktu saya yang terbatas karena masih kerja jadi pegawai.
Sabtu dan minggu maunya sih ngurusin hal yang lain...
Om kalau ke bengkel siapa yang ngurusin? hari apa? apakah selalu BeRes masalahnya?
oli rembes 7x datang. master rem 3x rusak. sy kok lebih condong ke kualitas bengkelnya drpd mobilnya yg rewel ya om. ganti beres aja dulu. kl msh sama baru ganti merk.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Profith83 »

farizfsa wrote: Thu Sep 24, 2020 9:27
Profith83 wrote: Thu Sep 24, 2020 9:21 Dari pengalaman semua diatas dan waktu saya yang terbatas karena masih kerja jadi pegawai.
Sabtu dan minggu maunya sih ngurusin hal yang lain...
Om kalau ke bengkel siapa yang ngurusin? hari apa? apakah selalu BeRes masalahnya?
ke bengkel selalu saya sendiri ga pernah driver atau org lain, karena saya sih mau tau masalahnya apa
saya juga masih kantoran kok, cari-cari waktu aja, kan tidak tiap weekend sibuk, lagian sebenernya mbl kan bs ditinggal, lalu kerjain aktivitas lain. selesai tinggal ambil, sambil berdoa mobil beneran beres wkwk.

saya weekend doang punya waktu ke bengkel, ini sj saya masih wfo. cari2 bengkel bagus deket kantor, kl ada masalah tinggal masukin sblm masuk kantor, makan siang atau pulang bs ambil.
nah saya jugs selalu ngurus sendiri dan selalu tungguin, bahkan masuk ke workshop. Selama ini ke BeRes tetapi hasilnya belum tentu BeRes.
Yang tidak ke BeRes itu jaman jadul Greco tn 2000 awal, mobil ortu.

520D nya thn berapa dan KM berapa?

Case Mobilio saya thn 2015 KM 80rb
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Thu Sep 24, 2020 9:38
Profith83 wrote: Thu Sep 24, 2020 9:21
Kalau ke BeRes dan kerjaan selalu BeRes gapapa om.
Saya pernah ngurusin meler olie di Mobilio sampai ke Beres 7x baru selesai. pernah saya share.
Diatas saya tulis Greco
Mobilio 3x ganti master rem (5 thn)
Lower arm dicari 3 kali ke Beres baru tahu kalau bunyi dari lower arm
Setelah itu cari 3x ke BeRes lagi baru ketahuan engine mounting.

Dari pengalaman semua diatas dan waktu saya yang terbatas karena masih kerja jadi pegawai.
Sabtu dan minggu maunya sih ngurusin hal yang lain...
Om kalau ke bengkel siapa yang ngurusin? hari apa? apakah selalu BeRes masalahnya?
oli rembes 7x datang. master rem 3x rusak. sy kok lebih condong ke kualitas bengkelnya drpd mobilnya yg rewel ya om. ganti beres aja dulu. kl msh sama baru ganti merk.
Entahlah om.
7 x itu ceritanya begini.
1x complaint dibersihan dulu supaya tahu dri mana
2x datang seteleh rembesan tahu dri mana diambil foto, tapi karena melernya kecil suruh datang lagi setelah meler banyak
3x datang meler banya difoto, disuruh tunggu
4x datang dibikin betul
5x datang masih meler, difoto disuruh balik lagi katanya bagian yang lain sekarang yang meler
6x datang kerjain bagian yang lain tersebut. eh ada bunyi ker ker ... ternyata ada kancingan yang lepas
7x datang benerin kancingan yang lepas sama bilang jangan sampai merembet yang lain lagi yah ...

1. Master rem ORI meler
2. Direcal dan diganti
3. Yang Recall bocor diganti
4. Sekarang pakai yang ke 4 kalinya.

Untuk master rem saya tidak hitung berapa kali datang ke BeRes.
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by geofreyap »

Kalau di brand yg oe jual, ada yg namanya program KINTO.
Selama masa pakai, cukup isi bensin + bayar biaya "sewa" aja.
Parts & jasa + asuransi sudah dicover.

Nanti kalo masa pakai habis, bisa extend atau tuker unit lain.

Gitu sih.
:D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by adityawei »

Profith83 wrote: Thu Sep 24, 2020 8:52 Setuju ini jablay.

Semua tergantung kebutuhan.
Ada yang merasa tiap tahun ke bengkel setelah menginjak 6 tahun itu lumrah.
Ada yang merasa harusnya tidak ada yang perlu diganti sampai 6 thn atau bahkan sampai 10 thn.

Kalau saya belum waktunya memakai kendaraan dinikmati dan OK ke bengkel tiap tahun.
Saya masih dalam tahap ingin menikmati kendaraan tapi tidak mau dibuat pusing karena setiap hari masih ngantor ...
Sabtu dan Minggu untuk urusan mobil tidak suka, kecuali DIY yang simple.

Kendaraan kalau problem di thn ke 6 ... tidak semua bengkel bisa betulin ...
1. BeRes saja perlu 3x bolak balik ke bengkel baru ketahun engine mounting.
2. Belum lagi rusak hal yang lain, yang mungkin lebih ribet dari engine mounting.
3. Belum lagi kalau asal ganti dan problem tetap ada.

Keluar waktu, keluar biaya, belum tentu diganti itu yg rusak. Pernah ngalami sendiri Greco jaman jadul setelah pakai >10 thn ke BeRes habis 2 jt problem tidak ditemukan. Bengkel langganan teman ternyata cuma karet gantungan knalpot menyebabkan RPM 2000 selalu ada bunyi. cuma biaya 300 rb masalah selesai.

Karena alasan itulah malas ngurusi mobil yang "merepotkan".

OK Innova, Panther, Fortuner, MUX, Pajero Sport.
Sepertinya semua basis double cabin yang tahan banting dan merek Jepang.
BTW untuk buatan thn 2016 keatas apakah masih kuat juga? menimbang putu dan disc peyang.
Kalau innova mending cari 2kd low KM, relatif lebih gampang ngerawatnya drpd yg 2GD karena kaya mesin jadul tp dikasih commonrail doang, kalau mau bensin ya innova bensin sparepart lebih murah..

Saya ngangkat ipah 2KD jalan 2 tahun ini, seken odo 100k km, sejauh ini ke bengkel pas pertama ngangkat ganti kaki2 semua ( long tie rod, shock 4 biji ) ganti ban semua, gurah liquid semua, purging..
Trus ganti oli tiap 5k doang, baru2 ini ke bengkel lg 20k km ganti downpipe an purging, dan bersih2 rem..

Relatif bisa dibilang ga ada masalah sih mengingat odo 100k km
Btw kalo mau nyari jarang2 masalah cari yg less electrical aja
Less electrical = less probs :big_grin:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by farizfsa »

Profith83 wrote: Thu Sep 24, 2020 9:39
farizfsa wrote: Thu Sep 24, 2020 9:27
Profith83 wrote: Thu Sep 24, 2020 9:21 Dari pengalaman semua diatas dan waktu saya yang terbatas karena masih kerja jadi pegawai.
Sabtu dan minggu maunya sih ngurusin hal yang lain...
Om kalau ke bengkel siapa yang ngurusin? hari apa? apakah selalu BeRes masalahnya?
ke bengkel selalu saya sendiri ga pernah driver atau org lain, karena saya sih mau tau masalahnya apa
saya juga masih kantoran kok, cari-cari waktu aja, kan tidak tiap weekend sibuk, lagian sebenernya mbl kan bs ditinggal, lalu kerjain aktivitas lain. selesai tinggal ambil, sambil berdoa mobil beneran beres wkwk.

saya weekend doang punya waktu ke bengkel, ini sj saya masih wfo. cari2 bengkel bagus deket kantor, kl ada masalah tinggal masukin sblm masuk kantor, makan siang atau pulang bs ambil.
nah saya jugs selalu ngurus sendiri dan selalu tungguin, bahkan masuk ke workshop. Selama ini ke BeRes tetapi hasilnya belum tentu BeRes.
Yang tidak ke BeRes itu jaman jadul Greco tn 2000 awal, mobil ortu.

520D nya thn berapa dan KM berapa?

Case Mobilio saya thn 2015 KM 80rb
2014 bulan 10, km 120rban jalan cepet, mbl2 saya ga ada yg dibawah 120rb km berarti skrg haha

Ga ada satupub skrg yg ke beres juga
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Herman7103 »

Kalau pengalaman saya pribadi ya mobil MPV yang sudah 6 1/2 tahun saya kendarai dan tidak bikin saya tong pes (Kantong kempes) selama 6 1/2 tahun lebih memeliharanya ya mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT. Alasannya kenapa saya kategorikan Awet dan Bandel karena :
1. Selama 6 1/2 Tahun lebih di saya BBM selalu saya isi premium ron 88(area Sumsel karena SPBU di dekat rumah masih nyediain) tanpa aditif aditif an ngak pernah ada masalah yang saya alami.
Jadi biaya BBM termasuk murah meriah dan irit karena FWD dgn matic CVT.
2. Part part yg yg pernah di ganti selama 6 1/2 tahun lebih pemakaian sampai odo sekarang (87.8XX) cuma 2 X ganti aki, 1X ganti
kanpas rem depan, 1 X ganti karet wiper depan, 1 X ganti 1 bohlam belakang dan ganti 4 ban dan sekali ganti PNP Switch dan
Pipe – Water dengan part no 14053-1KXOA serta
2 X kuras oli CVT termasuk 1 X ganti filter oli CVT nya
dan terakhir ganti 4 busi iridium di tahun 2020 ini.
Total semua biaya pergantian semua part part tsb masih masuk kategori biasa dan tidak mahal.
Dan untuk oli mesin dan filter rutin diganti tiap 6 atau 7 bulan.
Cairan Radiator coolant dan minyak rem ganti tiap 4 tahun sekali.
Part part lainnya diluar itu masih part bawaan dealer saat beli mobil. Yup sektor kaki kaki cuma pernah 2X greasing bearing roda depan nya doank.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by PRBS »

Herman7103 wrote: Thu Sep 24, 2020 10:58 Kalau pengalaman saya pribadi ya mobil MPV yang sudah 6 1/2 tahun saya kendarai dan tidak bikin saya tong pes (Kantong kempes) selama 6 1/2 tahun lebih memeliharanya ya mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT. Alasannya kenapa saya kategorikan Awet dan Bandel karena :
1. Selama 6 1/2 Tahun lebih di saya BBM selalu saya isi premium ron 88(area Sumsel karena SPBU di dekat rumah masih nyediain) tanpa aditif aditif an ngak pernah ada masalah yang saya alami.
Jadi biaya BBM termasuk murah meriah dan irit karena FWD dgn matic CVT.
2. Part part yg yg pernah di ganti selama 6 1/2 tahun lebih pemakaian sampai odo sekarang (87.8XX) cuma 2 X ganti aki, 1X ganti
kanpas rem depan, 1 X ganti karet wiper depan, 1 X ganti 1 bohlam belakang dan ganti 4 ban dan sekali ganti PNP Switch dan
Pipe – Water dengan part no 14053-1KXOA serta
2 X kuras oli CVT termasuk 1 X ganti filter oli CVT nya
dan terakhir ganti 4 busi iridium di tahun 2020 ini.
Total semua biaya pergantian semua part part tsb masih masuk kategori biasa dan tidak mahal.
Dan untuk oli mesin dan filter rutin diganti tiap 6 atau 7 bulan.
Cairan Radiator coolant dan minyak rem ganti tiap 4 tahun sekali.
Part part lainnya diluar itu masih part bawaan dealer saat beli mobil. Yup sektor kaki kaki cuma pernah 2X greasing bearing roda depan nya doank.
sama om, livina kakak saya 2009 makin kesini makin keliatan badaknya.. awal2 emang kecewa kok glitik trus.. tapi pas Km nya tinggi, BQ interior masih kenceng ga ada rattle, ga ada penggantian apapun kecuali fast moving parts selama service berkala tiap 10rb.. km sekarang udah jalan 135rb km
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Taufiq6210 »

Kalau ga salah ada juga penyewaan mobil jangka panjang kan ya? Ada ga ya layanan yang bisa tiap sekian bulan ganti mobil (dianterin ke rumah misalnya), jadi kita ga usah mikirin perawatan
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by rakyatwkwkland »

Kalo mau mobil yg bisa sampai bertahun-tahun tanpa ada penggantian ato kerusakan slow moving parts ya susah oom. Kalo mobil baru sih masih mungkin. Tapi kalo mobil yang dah berumur yah impossible yah. Ane piara Xenia gen 1 yg katanya sangat2 badak ga rusak-rusak aja kira-kira tiap 1-2 tahun sekali juga tetep aja tuh ada penggantian part selain fluida2, apalagi ketika mulai masuk ke usia senjanya. Yg bohlam putus, karet wiper, sampe ke kopling, koil, dll. Padahal mobil bukan mobil capek dan semenjak ada r3 jadi garage queen. Yah namanya mobil dah berumur ya pasti ada jajannya.

Kalo ke yg dibilang sama om Profith bulak-balik ke bengkel itu mah kalo kata ane bengkelnya aja yg bapuk+sial dapet barang cacat produksi. Toh kasus begitu kan itungannya random case. Jadi masalah-masalah macam itu ya tergantung amal ibadah masing2. :ngacir:

Kalo masalah beres, ya gabisa menggeneralisir mereknya juga. Toh tiap merek yg ane liat mah pasti pengalaman tiap orang beda2. Ada yang ke beres merek A kudu 5 kali bulak-balik baru masalah kelar, ada yang satu kali dateng didiagnosa masalah langsung beres.

Jadi kalo saran ane yah solusinya : PERBANYAK AMAL IBADAH! :ngacir: :ngacir: :ngacir: :big_weee:

Btw,

Kalo mau naik eropaan yang enak tapi kaga nyusahin dan badak ane tahu kok solusinya ada eropaan yang kayak gitu.

SCANIA K310IB, Benz OH 1626, Volvo B11R ... dapet jatah supir, jalur pribadi untuk membelah kemacetan jakarta. Naikan enak dan bandel gak manja.

DCnya hanya sekitar 3500 sadja sekali jalan . . . :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Herman7103 »

PRBS wrote:
Herman7103 wrote: Thu Sep 24, 2020 10:58 Kalau pengalaman saya pribadi ya mobil MPV yang sudah 6 1/2 tahun saya kendarai dan tidak bikin saya tong pes (Kantong kempes) selama 6 1/2 tahun lebih memeliharanya ya mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT. Alasannya kenapa saya kategorikan Awet dan Bandel karena :
1. Selama 6 1/2 Tahun lebih di saya BBM selalu saya isi premium ron 88(area Sumsel karena SPBU di dekat rumah masih nyediain) tanpa aditif aditif an ngak pernah ada masalah yang saya alami.
Jadi biaya BBM termasuk murah meriah dan irit karena FWD dgn matic CVT.
2. Part part yg yg pernah di ganti selama 6 1/2 tahun lebih pemakaian sampai odo sekarang (87.8XX) cuma 2 X ganti aki, 1X ganti
kanpas rem depan, 1 X ganti karet wiper depan, 1 X ganti 1 bohlam belakang dan ganti 4 ban dan sekali ganti PNP Switch dan
Pipe – Water dengan part no 14053-1KXOA serta
2 X kuras oli CVT termasuk 1 X ganti filter oli CVT nya
dan terakhir ganti 4 busi iridium di tahun 2020 ini.
Total semua biaya pergantian semua part part tsb masih masuk kategori biasa dan tidak mahal.
Dan untuk oli mesin dan filter rutin diganti tiap 6 atau 7 bulan.
Cairan Radiator coolant dan minyak rem ganti tiap 4 tahun sekali.
Part part lainnya diluar itu masih part bawaan dealer saat beli mobil. Yup sektor kaki kaki cuma pernah 2X greasing bearing roda depan nya doank.
sama om, livina kakak saya 2009 makin kesini makin keliatan badaknya.. awal2 emang kecewa kok glitik trus.. tapi pas Km nya tinggi, BQ interior masih kenceng ga ada rattle, ga ada penggantian apapun kecuali fast moving parts selama service berkala tiap 10rb.. km sekarang udah jalan 135rb km
Mantap om, livina tahun 2009 punya kakak om, cukup lama pemakaiannya sampai skrg. Punya saya tahun 2014 sampai skrg masih halus suara mesin dan transmisimya masih smooth jadi akan terus saya gunakan untuk jangka
panjang. Kalau di saya ya Om, mobil satu satunya di garasi ya memang saya rawat dengan telaten, dari awal beli sampai sekarang sudah jadi kebiasaan pribadi kalau mobil habis di gunakan biasanya selalu saya bersihkan karpet lantai biar kotoran dan debu hilang serta sering di cuci mobilnya biar kinclong catnya serta bagian karet karet mobil tersiram air sehingga tuh bahan rubber rubber di mobil tidak getas dan minta jajan. So far di saya piara mobil livina murah dari segi maintenance dan biaya BBM nya, serta murah pajaknya. Belum pernah mogok nih mobil, puas jadinya.
:glodak:
HR15DE 2014