Mobil Perang - sangat minim perawatan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by thestoneroses »

Omnibus wrote: Thu Sep 24, 2020 9:13
thestoneroses wrote: Thu Sep 24, 2020 9:08
Yup, saya punya mobilio (3 utk usaha); 1 dalam waktu 2 tahun sudah kena ecu dll, saya pernah ungkapkan di thread mobilio user.
Beres ngga bisa apa2, garansi ngga berlaku karena a i u.

Gampangan melihara m104 sama red block kemana2 dibanding benerin tuh lio ha ha
tandanya ecu kena gimana om?

sorry kelewat baca di trit satunya
Awalnya driver bilang nyala oom tanda hot (mesin panas), berhubung ini mobil ngga ada kan temperatur, saya penasaran dong.
Saya coba pake kerja, tebet-depok. Bener, nyala tuh tombol hot.
Masuk beres, divonis radiator. Ganti seunit, dari mulai radiator, water pump, extra fan, sampai thermostat.

Ujung2nya tetep nyala tuh tombol hot. Baru divonis ganti ecu, tapi mereka ngga janji kalau ecu diganti belum tentu sembuh. Sama garansi udah ngga berlaku, karena 3 tahun lewat sebulan kumatnya. Saya bilang, nerbener ini jap crap, mosok lewat sebulan jebol semuanya. Itu posisi km 16ribuan.

Yang 2 lagi normal sih, ngga ada masalah. Cuma 1 itu, mosok beres nga bisa megang mobil baru.
Penasaran dong, saya ngolong, sampe bikin video itu radiator beneran bocor apa ngga (lama baru dicompare), ngga ada tuh bocor.

Emang nyerah aja kali beresnya. Haha kapok
Ron Asheton Forever
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by lemonadelovers »

Profith83 wrote: Thu Sep 24, 2020 3:52 Yuk bahas mobil sesuai topic.
Kita pasti ingin pakai mobil, kita naik mobil yang tidak rewel. Asumsi mobil dipakai minim 10 thn keatas.

Saya tidak suka beli mobil yang 1 thn sekali harus ke bengkel, misal :
thn ke 6 ganti bearing, ganti lower arm,
thn ke 7 ganti engine mounting, ganti shock
thn ke 8 ganti long tie road dan tie road end
thn ke 9 ganti CV joint.
dstnya ....

Saya tidak suka beli mobil, tapi kita dipersulit mobil itu sendiri karena mobil tiap tahun minta jajan.
Kalau perawatan rutin misalnya dibawah ini adalah normal :
Ganti olie mesin dan filter, oli transmisi dan filter, oli rem, oli gardan, oli power steering, belt, bersihkan TB, cairan pendingin, grease di bagian rack end, propeler shaft adalah termasuk memang harus diberi grease.

Yang saya pernah pakai mobil tersebut namanya Kijang Innova. 8 thn lebih masih mantap ... belum ada ganti. cuma ganti long tie road karena salah pemakaian.
Jika ada mobil yang lain bisa posting disini agar bisa dijadikan pilihan
Hmm coba deh mobilnya masukin dulu general checkup ke beres di weekdays ntar keluar kok semua PR tersembunyi :big_grin:
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

thestoneroses wrote: Fri Sep 25, 2020 23:41
Awalnya driver bilang nyala oom tanda hot (mesin panas), berhubung ini mobil ngga ada kan temperatur, saya penasaran dong.
Saya coba pake kerja, tebet-depok. Bener, nyala tuh tombol hot.
Masuk beres, divonis radiator. Ganti seunit, dari mulai radiator, water pump, extra fan, sampai thermostat.

Ujung2nya tetep nyala tuh tombol hot. Baru divonis ganti ecu, tapi mereka ngga janji kalau ecu diganti belum tentu sembuh. Sama garansi udah ngga berlaku, karena 3 tahun lewat sebulan kumatnya. Saya bilang, nerbener ini jap crap, mosok lewat sebulan jebol semuanya. Itu posisi km 16ribuan.

Yang 2 lagi normal sih, ngga ada masalah. Cuma 1 itu, mosok beres nga bisa megang mobil baru.
Penasaran dong, saya ngolong, sampe bikin video itu radiator beneran bocor apa ngga (lama baru dicompare), ngga ada tuh bocor.

Emang nyerah aja kali beresnya. Haha kapok
thanks sharingnya om

akhirnya setelah ganti ecu udah bener om?
jangan2 cuma gara2 ECT (coolant temperature sensor) yg bacaannya error. di mesin itu ada 2 sensornya.
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by thestoneroses »

@oom Omnibus

Akhirnya ngga saya ganti ecu oom, karena waktu itu beres nga menjanjikan sembuh.
Sejak '18an akhir itu kumat, sampai awal 2020 saya peremajaan semua, itu lio ngga dipake oom. Ngejogrok aja didiamkan.
Pas peremajaan diambil juga itu yg ngejogrok sama ya toyoxx truxx oom, include yang 2 lain diganti avanza.
Sejauh ini ngga ada masalah, entah yang 2 tahun 7 bulan lagi (asumsi 3 tahun+1 bulan spt lio)

Seinget saya udah diganti oom ECT, sekaligus paket2, soalnya bill habis 16an. Serasa abis servis besar sonder di car ha ha ha
Ntar kalau ketemu billnya, saya fotoin.
Ron Asheton Forever
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Omnibus »

thestoneroses wrote: Sat Sep 26, 2020 5:29 @oom Omnibus

Akhirnya ngga saya ganti ecu oom, karena waktu itu beres nga menjanjikan sembuh.
Sejak '18an akhir itu kumat, sampai awal 2020 saya peremajaan semua, itu lio ngga dipake oom. Ngejogrok aja didiamkan.
Pas peremajaan diambil juga itu yg ngejogrok sama ya toyoxx truxx oom, include yang 2 lain diganti avanza.
Sejauh ini ngga ada masalah, entah yang 2 tahun 7 bulan lagi (asumsi 3 tahun+1 bulan spt lio)

Seinget saya udah diganti oom ECT, sekaligus paket2, soalnya bill habis 16an. Serasa abis servis besar sonder di car ha ha ha
Ntar kalau ketemu billnya, saya fotoin.
wahh rugi dong mobil baru sampai ngejogrok. harusnya kl cuma lewat 1 bulan gitu msh bisa request yg namanya warranty goodwill selama mobil diservice rutin ke beres. apalagi om ngambilnya 3 unit dr baru jaminan di acc itu.

msh sulit percaya sy (bukan ga pcaya sm om) masalah begitu ga kelar sm beres. ganti ecu sebelum vonis final n bebanin ke customer kan sebetulnya bisa dicoba dulu robbing dr mobil test drive utk test n trial. itu sampai ganti paket2 spare part begitu mah typical parts changer mekaniknya, lacking proper diagnosis.

jadinya pindah merk gara2 itu ya om. he he he
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

thestoneroses wrote: Fri Sep 25, 2020 23:41
Omnibus wrote: Thu Sep 24, 2020 9:13
thestoneroses wrote: Thu Sep 24, 2020 9:08
Yup, saya punya mobilio (3 utk usaha); 1 dalam waktu 2 tahun sudah kena ecu dll, saya pernah ungkapkan di thread mobilio user.
Beres ngga bisa apa2, garansi ngga berlaku karena a i u.

Gampangan melihara m104 sama red block kemana2 dibanding benerin tuh lio ha ha
tandanya ecu kena gimana om?

sorry kelewat baca di trit satunya
Awalnya driver bilang nyala oom tanda hot (mesin panas), berhubung ini mobil ngga ada kan temperatur, saya penasaran dong.
Saya coba pake kerja, tebet-depok. Bener, nyala tuh tombol hot.
Masuk beres, divonis radiator. Ganti seunit, dari mulai radiator, water pump, extra fan, sampai thermostat.

Ujung2nya tetep nyala tuh tombol hot. Baru divonis ganti ecu, tapi mereka ngga janji kalau ecu diganti belum tentu sembuh. Sama garansi udah ngga berlaku, karena 3 tahun lewat sebulan kumatnya. Saya bilang, nerbener ini jap crap, mosok lewat sebulan jebol semuanya. Itu posisi km 16ribuan.

Yang 2 lagi normal sih, ngga ada masalah. Cuma 1 itu, mosok beres nga bisa megang mobil baru.
Penasaran dong, saya ngolong, sampe bikin video itu radiator beneran bocor apa ngga (lama baru dicompare), ngga ada tuh bocor.

Emang nyerah aja kali beresnya. Haha kapok
ini yang suka bikin tagihan di beres itu ajaib ajaib :big_grin:

diagnosis ngga tepat sasaran malah konsumen rugi bayar mahal buat repair besar.

beres rata rata ngga dilatih untuk diagnosis permasalahan di mobil, cm diajarin bongkar pasang part. asal rusak ganti baru semua. pdhl ganti baru blm tentu menyelesaikan masalah.

gw pernah HRV ga bisa di starter sampe harus towing ke beres, montirnya ampe service manager bingung semua ini kenapa. konsultasi ke luar malah bokap gw yg ngajarin managernya itu keyless switch dituker sama punya mobil lain... eh bisa... untung dicover garansi.

ngga nyalahin sih, didikan STM montir montir muda emang kebanyakan lbh banyak ilmu bongkar pasang daripada diagnosis... gw aja ragu mereka pernah pegang scanner kalo ngga diajarin ama seniornya di bengkel... ironisnya di beres ya yang sisa montir montir muda dengan pengalaman <5 thn, jarang di atas itu. biasanya uda cabs buka praktek sendiri di luaran... ky montir kenalan gw ada bekas montir senior beres ahond dan masdah skrg buka praktek door to door sendiri...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by thestoneroses »

Itulah, kebanyakan mekanik yang sudah berpengalaman keluar, buka spesialis sendiri.
Terakhir saya mengalami mekanik senior yang masih bekerja di bengkel itu ya di peugeot Tebet, dari megang 505-405-406-607 nah entah setelah beres Tebet ditutup pak cipto kemana.
Memang ndak menutup kemungkinan ada beberapa beres yang mekaniknya jago restorasi mobil berumur juga, kadang bikin promo "young timer week", atau nemu eks tvri lalu direstorasi di bengkel tersebut, etc. Tapi semakin jarang ya.
Ron Asheton Forever
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

thestoneroses wrote: Sat Sep 26, 2020 6:56 Itulah, kebanyakan mekanik yang sudah berpengalaman keluar, buka spesialis sendiri.
Terakhir saya mengalami mekanik senior yang masih bekerja di bengkel itu ya di peugeot Tebet, dari megang 505-405-406-607 nah entah setelah beres Tebet ditutup pak cipto kemana.
Memang ndak menutup kemungkinan ada beberapa beres yang mekaniknya jago restorasi mobil berumur juga, kadang bikin promo "young timer week", atau nemu eks tvri lalu direstorasi di bengkel tersebut, etc. Tapi semakin jarang ya.
dan biasanya malah lbh update informasi eks montir beres ini ke lineup baru drpd montir muda muda yg pegangannya mobil masa kini... yahh wajar sehh di luar beres ngga terlalu ditarget brapa unit per hari, jd kerjainnya ga model kejar setoran, masalah bisa di diagnosis pelan pelan ampe ktemu akarnya.

klo yang hobi hobi restorasi gt biasanya merek ngeropahan om. maklum lah jangankan mekanik, usernya aja kalo uda biasa pegang mobil ngeropah tetiba dari orang awam langsung jadi S1 otomotif :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by lemonadelovers »

ChZ wrote: Sat Sep 26, 2020 5:49
thestoneroses wrote: Fri Sep 25, 2020 23:41
Omnibus wrote: Thu Sep 24, 2020 9:13

tandanya ecu kena gimana om?

sorry kelewat baca di trit satunya
Awalnya driver bilang nyala oom tanda hot (mesin panas), berhubung ini mobil ngga ada kan temperatur, saya penasaran dong.
Saya coba pake kerja, tebet-depok. Bener, nyala tuh tombol hot.
Masuk beres, divonis radiator. Ganti seunit, dari mulai radiator, water pump, extra fan, sampai thermostat.

Ujung2nya tetep nyala tuh tombol hot. Baru divonis ganti ecu, tapi mereka ngga janji kalau ecu diganti belum tentu sembuh. Sama garansi udah ngga berlaku, karena 3 tahun lewat sebulan kumatnya. Saya bilang, nerbener ini jap crap, mosok lewat sebulan jebol semuanya. Itu posisi km 16ribuan.

Yang 2 lagi normal sih, ngga ada masalah. Cuma 1 itu, mosok beres nga bisa megang mobil baru.
Penasaran dong, saya ngolong, sampe bikin video itu radiator beneran bocor apa ngga (lama baru dicompare), ngga ada tuh bocor.

Emang nyerah aja kali beresnya. Haha kapok
ini yang suka bikin tagihan di beres itu ajaib ajaib :big_grin:

diagnosis ngga tepat sasaran malah konsumen rugi bayar mahal buat repair besar.

beres rata rata ngga dilatih untuk diagnosis permasalahan di mobil, cm diajarin bongkar pasang part. asal rusak ganti baru semua. pdhl ganti baru blm tentu menyelesaikan masalah.

gw pernah HRV ga bisa di starter sampe harus towing ke beres, montirnya ampe service manager bingung semua ini kenapa. konsultasi ke luar malah bokap gw yg ngajarin managernya itu keyless switch dituker sama punya mobil lain... eh bisa... untung dicover garansi.

ngga nyalahin sih, didikan STM montir montir muda emang kebanyakan lbh banyak ilmu bongkar pasang daripada diagnosis... gw aja ragu mereka pernah pegang scanner kalo ngga diajarin ama seniornya di bengkel... ironisnya di beres ya yang sisa montir montir muda dengan pengalaman <5 thn, jarang di atas itu. biasanya uda cabs buka praktek sendiri di luaran... ky montir kenalan gw ada bekas montir senior beres ahond dan masdah skrg buka praktek door to door sendiri...
Selain ttg scanner jgn2 ga cek ke Factory Service Manual? Atau jgn2 FSM mobil non JDM ga sedetail yg JDM. Setelah saya pelajarin FSM mobil ternyata memang rancang bangun sebuah mobil sangat complicated
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2572
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by farizfsa »

thestoneroses wrote: Sat Sep 26, 2020 6:56 Itulah, kebanyakan mekanik yang sudah berpengalaman keluar, buka spesialis sendiri.
Terakhir saya mengalami mekanik senior yang masih bekerja di bengkel itu ya di peugeot Tebet, dari megang 505-405-406-607 nah entah setelah beres Tebet ditutup pak cipto kemana.
Memang ndak menutup kemungkinan ada beberapa beres yang mekaniknya jago restorasi mobil berumur juga, kadang bikin promo "young timer week", atau nemu eks tvri lalu direstorasi di bengkel tersebut, etc. Tapi semakin jarang ya.
Kayanya yg young timer week gt kayanya ga jauh dr beres bmw mercy peugeot ya um

Jepangan kayanya cm dgr restorasi xenia gen 1 doang promo beres
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by epevert »

ChZ wrote:
thestoneroses wrote: Fri Sep 25, 2020 23:41
Omnibus wrote: Thu Sep 24, 2020 9:13 tandanya ecu kena gimana om?

sorry kelewat baca di trit satunya
Awalnya driver bilang nyala oom tanda hot (mesin panas), berhubung ini mobil ngga ada kan temperatur, saya penasaran dong.
Saya coba pake kerja, tebet-depok. Bener, nyala tuh tombol hot.
Masuk beres, divonis radiator. Ganti seunit, dari mulai radiator, water pump, extra fan, sampai thermostat.

Ujung2nya tetep nyala tuh tombol hot. Baru divonis ganti ecu, tapi mereka ngga janji kalau ecu diganti belum tentu sembuh. Sama garansi udah ngga berlaku, karena 3 tahun lewat sebulan kumatnya. Saya bilang, nerbener ini jap crap, mosok lewat sebulan jebol semuanya. Itu posisi km 16ribuan.

Yang 2 lagi normal sih, ngga ada masalah. Cuma 1 itu, mosok beres nga bisa megang mobil baru.
Penasaran dong, saya ngolong, sampe bikin video itu radiator beneran bocor apa ngga (lama baru dicompare), ngga ada tuh bocor.

Emang nyerah aja kali beresnya. Haha kapok
ini yang suka bikin tagihan di beres itu ajaib ajaib :big_grin:

diagnosis ngga tepat sasaran malah konsumen rugi bayar mahal buat repair besar.

beres rata rata ngga dilatih untuk diagnosis permasalahan di mobil, cm diajarin bongkar pasang part. asal rusak ganti baru semua. pdhl ganti baru blm tentu menyelesaikan masalah.

gw pernah HRV ga bisa di starter sampe harus towing ke beres, montirnya ampe service manager bingung semua ini kenapa. konsultasi ke luar malah bokap gw yg ngajarin managernya itu keyless switch dituker sama punya mobil lain... eh bisa... untung dicover garansi.

ngga nyalahin sih, didikan STM montir montir muda emang kebanyakan lbh banyak ilmu bongkar pasang daripada diagnosis... gw aja ragu mereka pernah pegang scanner kalo ngga diajarin ama seniornya di bengkel... ironisnya di beres ya yang sisa montir montir muda dengan pengalaman <5 thn, jarang di atas itu. biasanya uda cabs buka praktek sendiri di luaran... ky montir kenalan gw ada bekas montir senior beres ahond dan masdah skrg buka praktek door to door sendiri...
Case kaya gini bukannya bisa ya om misal ada saran penggantian part, kita minta coba dulu pastikan apa emang part itu yg rusak pasti...

Pengalaman sih biasany dia cari mobil sejenis utk dilepas partnya dan coba di mobil kita....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

lemonadelovers wrote: Sat Sep 26, 2020 9:56
Selain ttg scanner jgn2 ga cek ke Factory Service Manual? Atau jgn2 FSM mobil non JDM ga sedetail yg JDM. Setelah saya pelajarin FSM mobil ternyata memang rancang bangun sebuah mobil sangat complicated
saya pernah nongkrong di kantor service manager ahond dan ada koq ntu FSM berjejer di rak, pernah iseng baca jg cukup detail sharusnya ada guideline nya masing-masing.

mslhnya ya itu, faktor pertama ngga semua beres kerjanya rapi, gw beres satu merk di kota yang sama aj kualitas kerjanya langit bumi ada...

faktor kedua yah kualitas SDM... yang gw heran kadang ampe level service manager jg cm bisa planga plongo di depan konsumen...
epevert wrote: Sat Sep 26, 2020 15:30 Case kaya gini bukannya bisa ya om misal ada saran penggantian part, kita minta coba dulu pastikan apa emang part itu yg rusak pasti...

Pengalaman sih biasany dia cari mobil sejenis utk dilepas partnya dan coba di mobil kita....
stau saya idealnya spt itu om... cm beres itu kadang spt ambil shortcut, kalo ngga tau pasti disaranin ganti segelondong skalian.

mslhnya ini tidak berlaku di banyak kasus... ada byk kasus uda dibelain brapa kali ganti part baru ya tetep aj muncul keluhannya :big_biglaugh:

dan beres tend to tidak nginepin mobil lama lama ngejogrok... krn setau saya emang ditarget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Jenson »

ChZ wrote: Sat Sep 26, 2020 5:49
thestoneroses wrote: Fri Sep 25, 2020 23:41
Omnibus wrote: Thu Sep 24, 2020 9:13

tandanya ecu kena gimana om?

sorry kelewat baca di trit satunya
Awalnya driver bilang nyala oom tanda hot (mesin panas), berhubung ini mobil ngga ada kan temperatur, saya penasaran dong.
Saya coba pake kerja, tebet-depok. Bener, nyala tuh tombol hot.
Masuk beres, divonis radiator. Ganti seunit, dari mulai radiator, water pump, extra fan, sampai thermostat.

Ujung2nya tetep nyala tuh tombol hot. Baru divonis ganti ecu, tapi mereka ngga janji kalau ecu diganti belum tentu sembuh. Sama garansi udah ngga berlaku, karena 3 tahun lewat sebulan kumatnya. Saya bilang, nerbener ini jap crap, mosok lewat sebulan jebol semuanya. Itu posisi km 16ribuan.

Yang 2 lagi normal sih, ngga ada masalah. Cuma 1 itu, mosok beres nga bisa megang mobil baru.
Penasaran dong, saya ngolong, sampe bikin video itu radiator beneran bocor apa ngga (lama baru dicompare), ngga ada tuh bocor.

Emang nyerah aja kali beresnya. Haha kapok
ini yang suka bikin tagihan di beres itu ajaib ajaib :big_grin:

diagnosis ngga tepat sasaran malah konsumen rugi bayar mahal buat repair besar.

beres rata rata ngga dilatih untuk diagnosis permasalahan di mobil, cm diajarin bongkar pasang part. asal rusak ganti baru semua. pdhl ganti baru blm tentu menyelesaikan masalah.

gw pernah HRV ga bisa di starter sampe harus towing ke beres, montirnya ampe service manager bingung semua ini kenapa. konsultasi ke luar malah bokap gw yg ngajarin managernya itu keyless switch dituker sama punya mobil lain... eh bisa... untung dicover garansi.

ngga nyalahin sih, didikan STM montir montir muda emang kebanyakan lbh banyak ilmu bongkar pasang daripada diagnosis... gw aja ragu mereka pernah pegang scanner kalo ngga diajarin ama seniornya di bengkel... ironisnya di beres ya yang sisa montir montir muda dengan pengalaman <5 thn, jarang di atas itu. biasanya uda cabs buka praktek sendiri di luaran... ky montir kenalan gw ada bekas montir senior beres ahond dan masdah skrg buka praktek door to door sendiri...
Jadi pengen sharing pengalaman ama beres ahon. Bawa HRV 1.8 mau klaim kenapa transmisi ndut2an ya kalo 20 ampe 40 kmh, jwaban beres gaada masalah pak semua normal emang karakter mobil. Lalu power window suka naik sndiri pas lg pencet turun (kata berrs ini kotor aja). Ya bener si abis dibersihin 1 minggu aman, minggu depannha kumat lagi. Emang QC mobil zaman skrg kacrut kayanya. Oh iya, KM 39k skrg menyentuh 4 tahun. Penyakit2 di atas ud keluar dr km 20rbuan
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Poporing »

Jenson wrote: Sat Sep 26, 2020 19:25 Jadi pengen sharing pengalaman ama beres ahon. Bawa HRV 1.8 mau klaim kenapa transmisi ndut2an ya kalo 20 ampe 40 kmh, jwaban beres gaada masalah pak semua normal emang karakter mobil. Lalu power window suka naik sndiri pas lg pencet turun (kata berrs ini kotor aja). Ya bener si abis dibersihin 1 minggu aman, minggu depannha kumat lagi. Emang QC mobil zaman skrg kacrut kayanya. Oh iya, KM 39k skrg menyentuh 4 tahun. Penyakit2 di atas ud keluar dr km 20rbuan
Cvt haerve 1.5 SE saya mirip gejalanya ama om...
Awal2 komplen di servis 10k, katanya direset aja.. entah apa yg direset..
Balik dr BeRes, ktmu macet yg crawling, pas 20kph eh endut2an lagi... hahahaha

Lama kemudian, saya komplen lg... tp ketemu SA yg beda... trus akhirnya cek pake cvt scanner (kayaknya).. karena ada kertas diagnosa gitu yg bs tau kapan cvt itu getar... dan benar di range rpm tertentu ada getaran...

Dia blg ke saya mau eskalasi ini ke HPM.. tp ga janji.. karena satu dan lain hal..
Eh tau2 bbrp minggu kemudian, dia blg cvtnya bs diganti FoC.

Jadi ya emg BeRes itu standarnya ga mau ribet.. hahaha
Harus kita konsisten komplen biar mereka mau gerak dan ketemu SA yg tepat
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Profith83 »

Poporing wrote: Sun Sep 27, 2020 3:10
Jenson wrote: Sat Sep 26, 2020 19:25 Jadi pengen sharing pengalaman ama beres ahon. Bawa HRV 1.8 mau klaim kenapa transmisi ndut2an ya kalo 20 ampe 40 kmh, jwaban beres gaada masalah pak semua normal emang karakter mobil. Lalu power window suka naik sndiri pas lg pencet turun (kata berrs ini kotor aja). Ya bener si abis dibersihin 1 minggu aman, minggu depannha kumat lagi. Emang QC mobil zaman skrg kacrut kayanya. Oh iya, KM 39k skrg menyentuh 4 tahun. Penyakit2 di atas ud keluar dr km 20rbuan
Cvt haerve 1.5 SE saya mirip gejalanya ama om...
Awal2 komplen di servis 10k, katanya direset aja.. entah apa yg direset..
Balik dr BeRes, ktmu macet yg crawling, pas 20kph eh endut2an lagi... hahahaha

Lama kemudian, saya komplen lg... tp ketemu SA yg beda... trus akhirnya cek pake cvt scanner (kayaknya).. karena ada kertas diagnosa gitu yg bs tau kapan cvt itu getar... dan benar di range rpm tertentu ada getaran...

Dia blg ke saya mau eskalasi ini ke HPM.. tp ga janji.. karena satu dan lain hal..
Eh tau2 bbrp minggu kemudian, dia blg cvtnya bs diganti FoC.

Jadi ya emg BeRes itu standarnya ga mau ribet.. hahaha
Harus kita konsisten komplen biar mereka mau gerak dan ketemu SA yg tepat
BeRes itu coba terima mobil yg lewat masa garansi. Minta general check up. Pasti bilang ganti ini dan itu rusak semua
Tapi kalau masih gaansi lama cari problemnya .... hahahhaa
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Herman7103 »

Jenson wrote:
ChZ wrote: Sat Sep 26, 2020 5:49
thestoneroses wrote: Fri Sep 25, 2020 23:41 Awalnya driver bilang nyala oom tanda hot (mesin panas), berhubung ini mobil ngga ada kan temperatur, saya penasaran dong.
Saya coba pake kerja, tebet-depok. Bener, nyala tuh tombol hot.
Masuk beres, divonis radiator. Ganti seunit, dari mulai radiator, water pump, extra fan, sampai thermostat.

Ujung2nya tetep nyala tuh tombol hot. Baru divonis ganti ecu, tapi mereka ngga janji kalau ecu diganti belum tentu sembuh. Sama garansi udah ngga berlaku, karena 3 tahun lewat sebulan kumatnya. Saya bilang, nerbener ini jap crap, mosok lewat sebulan jebol semuanya. Itu posisi km 16ribuan.

Yang 2 lagi normal sih, ngga ada masalah. Cuma 1 itu, mosok beres nga bisa megang mobil baru.
Penasaran dong, saya ngolong, sampe bikin video itu radiator beneran bocor apa ngga (lama baru dicompare), ngga ada tuh bocor.

Emang nyerah aja kali beresnya. Haha kapok
ini yang suka bikin tagihan di beres itu ajaib ajaib :big_grin:

diagnosis ngga tepat sasaran malah konsumen rugi bayar mahal buat repair besar.

beres rata rata ngga dilatih untuk diagnosis permasalahan di mobil, cm diajarin bongkar pasang part. asal rusak ganti baru semua. pdhl ganti baru blm tentu menyelesaikan masalah.

gw pernah HRV ga bisa di starter sampe harus towing ke beres, montirnya ampe service manager bingung semua ini kenapa. konsultasi ke luar malah bokap gw yg ngajarin managernya itu keyless switch dituker sama punya mobil lain... eh bisa... untung dicover garansi.

ngga nyalahin sih, didikan STM montir montir muda emang kebanyakan lbh banyak ilmu bongkar pasang daripada diagnosis... gw aja ragu mereka pernah pegang scanner kalo ngga diajarin ama seniornya di bengkel... ironisnya di beres ya yang sisa montir montir muda dengan pengalaman <5 thn, jarang di atas itu. biasanya uda cabs buka praktek sendiri di luaran... ky montir kenalan gw ada bekas montir senior beres ahond dan masdah skrg buka praktek door to door sendiri...
Jadi pengen sharing pengalaman ama beres ahon. Bawa HRV 1.8 mau klaim kenapa transmisi ndut2an ya kalo 20 ampe 40 kmh, jwaban beres gaada masalah pak semua normal emang karakter mobil. Lalu power window suka naik sndiri pas lg pencet turun (kata berrs ini kotor aja). Ya bener si abis dibersihin 1 minggu aman, minggu depannha kumat lagi. Emang QC mobil zaman skrg kacrut kayanya. Oh iya, KM 39k skrg menyentuh 4 tahun. Penyakit2 di atas ud keluar dr km 20rbuan
Salut gue sabar amat Om jenson, penyakit yang keluar dari Km 20ribuan terus berlangsung sampai sekarang odo 39 ribu Km di tahun ke 4. Sekadar info aja om, karena gue juga pakai mobil CVT jg dari tahun 2014 sampai sekarang ngak ada itu transmisi bikin mobil ndut ndut an yg saya rasakan transmisi CVT itu kalau dalam kondisi sehat ya smooth no.jedug, dan ngak ada ndut ndut an.
Di mobil saya sudah kuras dan ganti oli CVT 2X termasuk sekali ganti filter oli CVT nya karena mobil mau digunakan jangka panjang.
:glodak:
HR15DE 2014
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Jenson »

Herman7103 wrote: Sun Sep 27, 2020 9:05
Jenson wrote:
ChZ wrote: Sat Sep 26, 2020 5:49

ini yang suka bikin tagihan di beres itu ajaib ajaib :big_grin:

diagnosis ngga tepat sasaran malah konsumen rugi bayar mahal buat repair besar.

beres rata rata ngga dilatih untuk diagnosis permasalahan di mobil, cm diajarin bongkar pasang part. asal rusak ganti baru semua. pdhl ganti baru blm tentu menyelesaikan masalah.

gw pernah HRV ga bisa di starter sampe harus towing ke beres, montirnya ampe service manager bingung semua ini kenapa. konsultasi ke luar malah bokap gw yg ngajarin managernya itu keyless switch dituker sama punya mobil lain... eh bisa... untung dicover garansi.

ngga nyalahin sih, didikan STM montir montir muda emang kebanyakan lbh banyak ilmu bongkar pasang daripada diagnosis... gw aja ragu mereka pernah pegang scanner kalo ngga diajarin ama seniornya di bengkel... ironisnya di beres ya yang sisa montir montir muda dengan pengalaman <5 thn, jarang di atas itu. biasanya uda cabs buka praktek sendiri di luaran... ky montir kenalan gw ada bekas montir senior beres ahond dan masdah skrg buka praktek door to door sendiri...
Jadi pengen sharing pengalaman ama beres ahon. Bawa HRV 1.8 mau klaim kenapa transmisi ndut2an ya kalo 20 ampe 40 kmh, jwaban beres gaada masalah pak semua normal emang karakter mobil. Lalu power window suka naik sndiri pas lg pencet turun (kata berrs ini kotor aja). Ya bener si abis dibersihin 1 minggu aman, minggu depannha kumat lagi. Emang QC mobil zaman skrg kacrut kayanya. Oh iya, KM 39k skrg menyentuh 4 tahun. Penyakit2 di atas ud keluar dr km 20rbuan
Salut gue sabar amat Om jenson, penyakit yang keluar dari Km 20ribuan terus berlangsung sampai sekarang odo 39 ribu Km di tahun ke 4. Sekadar info aja om, karena gue juga pakai mobil CVT jg dari tahun 2014 sampai sekarang ngak ada itu transmisi bikin mobil ndut ndut an yg saya rasakan transmisi CVT itu kalau dalam kondisi sehat ya smooth no.jedug, dan ngak ada ndut ndut an.
Di mobil saya sudah kuras dan ganti oli CVT 2X termasuk sekali ganti filter oli CVT nya karena mobil mau digunakan jangka panjang.
Waduh, jadi mulai agak waswas nih, garansi uda keburu habis lagi. Thanks saran2nya om, nanti coba saya cek lagi deh ke beres. Yang anehnya, gejala ini timbul ilang timbul ilang, jadi saya masi bsa tolerir. Biasa mulai kumat kalo abis macet2an, mulai deh penyakit berasa kek transmisi DSG. Biasa si paling kerasa pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Tp kalo akselerasi sih ga kerasa. Serem juga kalo sampe cvt jebol, bisa abis berapa itu ya :(
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Herman7103 »

Jenson wrote:
Herman7103 wrote: Sun Sep 27, 2020 9:05
Jenson wrote: Jadi pengen sharing pengalaman ama beres ahon. Bawa HRV 1.8 mau klaim kenapa transmisi ndut2an ya kalo 20 ampe 40 kmh, jwaban beres gaada masalah pak semua normal emang karakter mobil. Lalu power window suka naik sndiri pas lg pencet turun (kata berrs ini kotor aja). Ya bener si abis dibersihin 1 minggu aman, minggu depannha kumat lagi. Emang QC mobil zaman skrg kacrut kayanya. Oh iya, KM 39k skrg menyentuh 4 tahun. Penyakit2 di atas ud keluar dr km 20rbuan
Salut gue sabar amat Om jenson, penyakit yang keluar dari Km 20ribuan terus berlangsung sampai sekarang odo 39 ribu Km di tahun ke 4. Sekadar info aja om, karena gue juga pakai mobil CVT jg dari tahun 2014 sampai sekarang ngak ada itu transmisi bikin mobil ndut ndut an yg saya rasakan transmisi CVT itu kalau dalam kondisi sehat ya smooth no.jedug, dan ngak ada ndut ndut an.
Di mobil saya sudah kuras dan ganti oli CVT 2X termasuk sekali ganti filter oli CVT nya karena mobil mau digunakan jangka panjang.
Waduh, jadi mulai agak waswas nih, garansi uda keburu habis lagi. Thanks saran2nya om, nanti coba saya cek lagi deh ke beres. Yang anehnya, gejala ini timbul ilang timbul ilang, jadi saya masi bsa tolerir. Biasa mulai kumat kalo abis macet2an, mulai deh penyakit berasa kek transmisi DSG. Biasa si paling kerasa pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Tp kalo akselerasi sih ga kerasa. Serem juga kalo sampe cvt jebol, bisa abis berapa itu ya :(
Saran saya cuma coba kuras dan ganti oli CVT dulu deh om, bila setelah kuras dan ganti oli CVT masih terjadi hal yang sama dimana saat pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Probably transmisi CVT anda upnormal. Untuk cvt mobil honda kalau jebol dan ganti segelondong yang pernah gue denger sih Rp.70 juta an, tapi kalau ex singapur sekitar 15 jutaan. Jangan ragu ragu untuk claim.warranty om, dari pada setelah masa waranty tuh CVT jebol lebih baik kuras dan ganti oli CVT nya dulu di beres nya, tapi bila masih sama minta beresnya claim warranty ke HPM, bila perlu om Email ke Honda Care dan Cc kan emailnya ke dealer Honda tempat om beli mobilnya biasanya kalau emang defect pasti diganti baru segelondong. [emoji2]
:glodak:
HR15DE 2014
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Jenson »

Herman7103 wrote: Sun Sep 27, 2020 11:41
Jenson wrote:
Herman7103 wrote: Sun Sep 27, 2020 9:05 Salut gue sabar amat Om jenson, penyakit yang keluar dari Km 20ribuan terus berlangsung sampai sekarang odo 39 ribu Km di tahun ke 4. Sekadar info aja om, karena gue juga pakai mobil CVT jg dari tahun 2014 sampai sekarang ngak ada itu transmisi bikin mobil ndut ndut an yg saya rasakan transmisi CVT itu kalau dalam kondisi sehat ya smooth no.jedug, dan ngak ada ndut ndut an.
Di mobil saya sudah kuras dan ganti oli CVT 2X termasuk sekali ganti filter oli CVT nya karena mobil mau digunakan jangka panjang.
Waduh, jadi mulai agak waswas nih, garansi uda keburu habis lagi. Thanks saran2nya om, nanti coba saya cek lagi deh ke beres. Yang anehnya, gejala ini timbul ilang timbul ilang, jadi saya masi bsa tolerir. Biasa mulai kumat kalo abis macet2an, mulai deh penyakit berasa kek transmisi DSG. Biasa si paling kerasa pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Tp kalo akselerasi sih ga kerasa. Serem juga kalo sampe cvt jebol, bisa abis berapa itu ya :(
Saran saya cuma coba kuras dan ganti oli CVT dulu deh om, bila setelah kuras dan ganti oli CVT masih terjadi hal yang sama dimana saat pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Probably transmisi CVT anda upnormal. Untuk cvt mobil honda kalau jebol dan ganti segelondong yang pernah gue denger sih Rp.70 juta an, tapi kalau ex singapur sekitar 15 jutaan. Jangan ragu ragu untuk claim.warranty om, dari pada setelah masa waranty tuh CVT jebol lebih baik kuras dan ganti oli CVT nya dulu di beres nya, tapi bila masih sama minta beresnya claim warranty ke HPM, bila perlu om Email ke Honda Care dan Cc kan emailnya ke dealer Honda tempat om beli mobilnya biasanya kalau emang defect pasti diganti baru segelondong. [emoji2]
Thanks bgt om sarannya. Nanti pas servis 40rb ini saya mau cba kuras dan ganti oli CVT nya, moga2 bisa beres. Kebetulan warranty saya sudah habis, apakah ad yg pernah cba, kalaj part vital sperti transmisi yg faulty merka bsa ganti?
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by thestoneroses »

farizfsa wrote: Sat Sep 26, 2020 12:14
Kayanya yg young timer week gt kayanya ga jauh dr beres bmw mercy peugeot ya um

Jepangan kayanya cm dgr restorasi xenia gen 1 doang promo beres
Iya, kalau bmw belum pernah lihat atau ngeh.
Tapi kalau pug suka ajaib itu, masa masih suka ada shock 605, part2 slow moving kayak 1 set lampu belakang 406, terus didiskon. Sepertinya tahun ini belum ya, mungkin karena penjualan mereka lagi bagus.

Case bintang mah ngga heran saya tune up terus ada 280GE tangan 1 lagi diservis juga. Jadi young timer week kayak mau narik mereka2 yang sudah lari ke spesialis biar balik lagi ke beres, kayaknya ya

@Chz maaf saya kurang paham multiquote
Bener, malah nanti sekalinya ketemu langsung pada lari ke spesialis.
Kalau jadi s1 otomotif bawaan hobi kali ya oom, kalau kadung tresno ganti ac seset juga berasa shiatsu aja ha ha
Ron Asheton Forever
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Herman7103 »

Jenson wrote:
Herman7103 wrote: Sun Sep 27, 2020 11:41
Jenson wrote: Waduh, jadi mulai agak waswas nih, garansi uda keburu habis lagi. Thanks saran2nya om, nanti coba saya cek lagi deh ke beres. Yang anehnya, gejala ini timbul ilang timbul ilang, jadi saya masi bsa tolerir. Biasa mulai kumat kalo abis macet2an, mulai deh penyakit berasa kek transmisi DSG. Biasa si paling kerasa pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Tp kalo akselerasi sih ga kerasa. Serem juga kalo sampe cvt jebol, bisa abis berapa itu ya :(
Saran saya cuma coba kuras dan ganti oli CVT dulu deh om, bila setelah kuras dan ganti oli CVT masih terjadi hal yang sama dimana saat pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Probably transmisi CVT anda upnormal. Untuk cvt mobil honda kalau jebol dan ganti segelondong yang pernah gue denger sih Rp.70 juta an, tapi kalau ex singapur sekitar 15 jutaan. Jangan ragu ragu untuk claim.warranty om, dari pada setelah masa waranty tuh CVT jebol lebih baik kuras dan ganti oli CVT nya dulu di beres nya, tapi bila masih sama minta beresnya claim warranty ke HPM, bila perlu om Email ke Honda Care dan Cc kan emailnya ke dealer Honda tempat om beli mobilnya biasanya kalau emang defect pasti diganti baru segelondong. [emoji2]
Thanks bgt om sarannya. Nanti pas servis 40rb ini saya mau cba kuras dan ganti oli CVT nya, moga2 bisa beres. Kebetulan warranty saya sudah habis, apakah ad yg pernah cba, kalaj part vital sperti transmisi yg faulty merka bsa ganti?
Upst mobilnya sudah habis warranty toh, oh no. Kalau setelah masa waranty lewat, untuk honda saya ngak tahu apakah ada yang pernah coba klaim goodwill dan berhasil dapat penggantian transmisi baru, tapi setahu saya, cuma pernah baca yg berhasil claim goodwill justru pemilik mobil masa after warranty ini di mobil.eropah sih but who know, Om coba aja dulu kirim email request klaim goodwill ke HPM dan CC kan ke dealer tempat om.beli mobil tsb, manatahu nanti berhasil. Mencoba,selalu lebih baik dari pada diem aja dan ngak berusaha.[emoji2]
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by ChZ »

Jenson wrote: Sun Sep 27, 2020 11:26
Waduh, jadi mulai agak waswas nih, garansi uda keburu habis lagi. Thanks saran2nya om, nanti coba saya cek lagi deh ke beres. Yang anehnya, gejala ini timbul ilang timbul ilang, jadi saya masi bsa tolerir. Biasa mulai kumat kalo abis macet2an, mulai deh penyakit berasa kek transmisi DSG. Biasa si paling kerasa pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Tp kalo akselerasi sih ga kerasa. Serem juga kalo sampe cvt jebol, bisa abis berapa itu ya :(
saya jadi curiga apa ini penyebab ahond skrg memperpendek interval penggantian oli CVT jadi 20k / 2 yrs. :big_think: mungkin banyak keluhan.

selama ini servis ikut standar beres terus ? kalo iya bisa jadi sih CVTF belum pernah ganti jd begitu. :big_think:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Taufiq6210 »

thestoneroses wrote: Sun Sep 27, 2020 23:01 Tapi kalau pug suka ajaib itu, masa masih suka ada shock 605, part2 slow moving kayak 1 set lampu belakang 406, terus didiskon. Sepertinya tahun ini belum ya, mungkin karena penjualan mereka lagi bagus.
Tahun ini udah 2 kali saya liat, tapi giliran lagi waktunya malah kelupaan terus :big_bored:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by DOHC »

Herman7103 wrote: Sun Sep 27, 2020 11:41
Jenson wrote:
Herman7103 wrote: Sun Sep 27, 2020 9:05 Salut gue sabar amat Om jenson, penyakit yang keluar dari Km 20ribuan terus berlangsung sampai sekarang odo 39 ribu Km di tahun ke 4. Sekadar info aja om, karena gue juga pakai mobil CVT jg dari tahun 2014 sampai sekarang ngak ada itu transmisi bikin mobil ndut ndut an yg saya rasakan transmisi CVT itu kalau dalam kondisi sehat ya smooth no.jedug, dan ngak ada ndut ndut an.
Di mobil saya sudah kuras dan ganti oli CVT 2X termasuk sekali ganti filter oli CVT nya karena mobil mau digunakan jangka panjang.
Waduh, jadi mulai agak waswas nih, garansi uda keburu habis lagi. Thanks saran2nya om, nanti coba saya cek lagi deh ke beres. Yang anehnya, gejala ini timbul ilang timbul ilang, jadi saya masi bsa tolerir. Biasa mulai kumat kalo abis macet2an, mulai deh penyakit berasa kek transmisi DSG. Biasa si paling kerasa pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Tp kalo akselerasi sih ga kerasa. Serem juga kalo sampe cvt jebol, bisa abis berapa itu ya :(
Saran saya cuma coba kuras dan ganti oli CVT dulu deh om, bila setelah kuras dan ganti oli CVT masih terjadi hal yang sama dimana saat pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Probably transmisi CVT anda upnormal. Untuk cvt mobil honda kalau jebol dan ganti segelondong yang pernah gue denger sih Rp.70 juta an, tapi kalau ex singapur sekitar 15 jutaan. Jangan ragu ragu untuk claim.warranty om, dari pada setelah masa waranty tuh CVT jebol lebih baik kuras dan ganti oli CVT nya dulu di beres nya, tapi bila masih sama minta beresnya claim warranty ke HPM, bila perlu om Email ke Honda Care dan Cc kan emailnya ke dealer Honda tempat om beli mobilnya biasanya kalau emang defect pasti diganti baru segelondong. [emoji2]
Sebenernya utk matic cvt itu ga ad yg murah seh, mau itu jatco nissan, honda bahkan cvt aisin toyota.. kl ud kena, biaya servis nya lmayan gorok leher.. perna cek jg ke worner, utk cvt merk apapun, ud pasti tembus belasan jt kl rusak.. itu diluar parts copotan atau ganti segelondongan baru


Makanya kl masi garansi, kejar terus ampe dapet.. kl ud ga garansi, yah lakukan yg sperti om herman lakukan, kuras walaupun oleh beres dibilang blom perlu.. atau bisa jg sperti yg beberapa user dsini lakukan termasuk saya, tiap 20 rebu or less, tap n drain tuh cvt.. investasi murah utk jangka panjang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan

Post by Jenson »

ChZ wrote: Mon Sep 28, 2020 3:11
Jenson wrote: Sun Sep 27, 2020 11:26
Waduh, jadi mulai agak waswas nih, garansi uda keburu habis lagi. Thanks saran2nya om, nanti coba saya cek lagi deh ke beres. Yang anehnya, gejala ini timbul ilang timbul ilang, jadi saya masi bsa tolerir. Biasa mulai kumat kalo abis macet2an, mulai deh penyakit berasa kek transmisi DSG. Biasa si paling kerasa pas lg lepas gas, dia jeduk2 kaya ganti gigi ke bawah. Tp kalo akselerasi sih ga kerasa. Serem juga kalo sampe cvt jebol, bisa abis berapa itu ya :(
saya jadi curiga apa ini penyebab ahond skrg memperpendek interval penggantian oli CVT jadi 20k / 2 yrs. :big_think: mungkin banyak keluhan.

selama ini servis ikut standar beres terus ? kalo iya bisa jadi sih CVTF belum pernah ganti jd begitu. :big_think:
Iya, selama ini sih saya selalu ngikut aja jadwal servis resminya beres. Sepertinya memang belom pernah diganti ya. Aneh bin ajaib ini HRV, saya punya Jazz GK 5 tahun 2014 aja, pemakaian sama persis, so far uda 6 tahun gaada keluhan sama sekali. Lha ini HRV, malah ada2 aja power window lha ngadat, dlu klaim kipas belt AC rusak, trs sandaran tangan sekaligus cup holder itu patah. Sekarang keluhan lainnya jga cruise control mulai error, saat lg cruising di tol kalo nemu sambungan ga mulus lgsg mati. Ada yg pernah ngalaminkah? Yang gini2 nih bikin pengen punya mobil kek ipah, tinggal isi bensin bejek terus gaada error2 karena minim fitur XD