All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
Peelip
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 17 Sep 2017, 22:29
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Peelip » 08 Sep 2019, 16:00

ini pakai shock apa gan supaya bs stabil

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna » 08 Sep 2019, 19:51

mau sedikit review ah foglamp led harrier yang plug and play di bemper anki. Sebenernya dari dulu saya orangnya ga pernah pakai foglamp di kondisi normal, sejak jaman mobil yang OEM nya udah HID. Ada beberapa alasan sih:
1. Foglamp kebanyakan masih halogen, jadi kalau dinyalain kelihatannya belang (walau ya harusnya sih bisa lebih nembus kabut)
2. foglamp sesuai namanya ya hanya digunakan di keadaan berkabut atau ya cuaca buruk, gunanya untuk menyinari bagian mobil yang lebih dekat jadi jarak pandang terbatas bisa buat nyinarin marka jalan yang terdekat dari mobil
3. Saya anti yang namanya mengganti bohlam nya saja karena originally reflektor pasti didesain untuk halogen, kalau dipasangin LED ato HID pasti akan menyilaukan orang lain!

Sampai akhirnya saya browsing ada yang jual foglamp LED OEM harrier, BARU pula, plug and play di ANKI, dan harga yang... menarik. Awalnya ga ada stock tapi ada 1 toko punya demo unit sebelah doang dan cutoff nya cukup jelas dan jadi naksir pengen. Akhirnya dapet dan langsung dipasang:

Overall puas sih, belum ngalamin gimana kalau hujan habis di jakarta lagi jarang hujan.. kabut apalagi Kmaren sih lewat cipularang/cikampek malem2 sih fine fine aja. Tp klo hasil sinar nya biar foto yang berbicara

low beam only
IMG_20190908_185042.jpg
low beam + fog
IMG_20190908_185045.jpg
sisi 2
low beam only
IMG_20190908_185116.jpg
low beam + fog
IMG_20190908_185129.jpg
Jadi jelas kan bagian yang disinarin sama low beam itu beda sama fog lamp, fog lamp lebih ngisi sisi yang terdekat jadi marka jalan bisa lebih terlihat di cuaca buruk.

bonus: hi beam led
IMG_20190908_185430.jpg
tampak depan
IMG_20190908_185224_LI.jpg
siang hari
IMG_20190904_135333.jpg
foglamp led oem
[attachment=1]IMG_20190904_110125.jpg[/attachment
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
RobbyKodo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: 06 Jan 2019, 01:52
Location: Pontianak
Daily Vehicle: Mazda cx5

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RobbyKodo » 08 Sep 2019, 23:49

Malam om
Mau minang type V diesel
Utk tidak adanya VSC pengaruh ga utk kestabilan berkendara?
Dan transmisi apa ya yg enak A/T ato M/T
Soalnya ane user cx5 dan berhubung udh dijual dan emg reborn yg dipilih utk mobil berikutnya
2014 CX5

mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1005
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by mike22 » 08 Sep 2019, 23:59

RobbyKodo wrote:
08 Sep 2019, 23:49
Malam om
Mau minang type V diesel
Utk tidak adanya VSC pengaruh ga utk kestabilan berkendara?
Dan transmisi apa ya yg enak A/T ato M/T
Soalnya ane user cx5 dan berhubung udh dijual dan emg reborn yg dipilih utk mobil berikutnya
Vsc pengaruh sih buat mpv begitu, terutama kl yg nyetirnya ugal2an di toll. Tp tetep aja walo ada vsc ga jamin bakal aman juga
Kayanya pilihan masuk akal metik deh kecuali kl di daerah ya

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna » 09 Sep 2019, 07:32

RobbyKodo wrote:
08 Sep 2019, 23:49
Malam om
Mau minang type V diesel
Utk tidak adanya VSC pengaruh ga utk kestabilan berkendara?
Dan transmisi apa ya yg enak A/T ato M/T
Soalnya ane user cx5 dan berhubung udh dijual dan emg reborn yg dipilih utk mobil berikutnya
wah downgrade dong dr cx5 ke anki (kalau soal kenyamanan dan driving experience ya). Saya pun sebelum nya daily drivernya mazda6, beralih ke ANKI V diesel matic karena dapat dari kantor... (well mazda6 nya masih ada sih, cuman ga dipake tiap hari lagi)

Skrg pertanyaannya adalah, pas pake CX5, berapa kali VSC nya bekerja? di M6 saya sih jarang banget kepake. buat saya sih ya ngga penting2 amat sih, lebih penting ABS for sure. Ke tidak adaannya VSC bisa dikompensasi sedikit dengan mengganti ban yang mempunyai grip lebih baik, either ganti ban nya (ban stdnya eco2 gitu) atau upsize velg + ban biar bisa mengakomodir ban dengan tapak lebih lebar jadi kemungkinan selip bisa dikurangi. Kalau nikung juga jangan ngebut2 amat la, ini MPV hahahah

Tentunya hari gini sih enakan matic ya... ga capek hahahah, tetep ngacir juga koq sama kayak cx5 6 speed a/t juga :D

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1594
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 » 09 Sep 2019, 09:40

Sebagai info saja

ANKI diesel manual kecepatan 120 km per jam RPM 3000
ANKI diesel automatic kecepatan 120 km per jam RPM 1950

Maksudnya bukan mau ngebut, tetapi dengan RPM yang rendah mesin jadi lebih awet

User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 751
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by andyez86 » 09 Sep 2019, 10:05

Profith83 wrote:
09 Sep 2019, 09:40
Sebagai info saja

ANKI diesel manual kecepatan 120 km per jam RPM 3000
ANKI diesel automatic kecepatan 120 km per jam RPM 1950

Maksudnya bukan mau ngebut, tetapi dengan RPM yang rendah mesin jadi lebih awet
bkn lebih awet...tp dgn cruising di jol tol,rpm lebih rendah sdh pasti konsumsi bbm lebih irit....

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 934
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor » 09 Sep 2019, 10:18

andyez86 wrote:
09 Sep 2019, 10:05
Profith83 wrote:
09 Sep 2019, 09:40
Sebagai info saja

ANKI diesel manual kecepatan 120 km per jam RPM 3000
ANKI diesel automatic kecepatan 120 km per jam RPM 1950

Maksudnya bukan mau ngebut, tetapi dengan RPM yang rendah mesin jadi lebih awet
bkn lebih awet...tp dgn cruising di jol tol,rpm lebih rendah sdh pasti konsumsi bbm lebih irit....
Lebih awet itu efek jangka panjang nya Om.

Contohnya ada 2 mobil yg sama2 menempuh jarak 10rb km, tp mobil yg satu nyetir kalem, rpm nya rendah, mobil yg satunya sering geber rpm tinggi, otomatis part2 macem timing belt, fan belt, dll pasti lebih awet yg lebih rendah RPM nya. Kualitas oli mesinnya saat 10rb km juga pasti masih lebih bagus yg jarang geber dibanding yg sering geber/RPM tinggi
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 751
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by andyez86 » 09 Sep 2019, 14:55

evanbngdor wrote:
09 Sep 2019, 10:18
andyez86 wrote:
09 Sep 2019, 10:05
Profith83 wrote:
09 Sep 2019, 09:40
Sebagai info saja

ANKI diesel manual kecepatan 120 km per jam RPM 3000
ANKI diesel automatic kecepatan 120 km per jam RPM 1950

Maksudnya bukan mau ngebut, tetapi dengan RPM yang rendah mesin jadi lebih awet
bkn lebih awet...tp dgn cruising di jol tol,rpm lebih rendah sdh pasti konsumsi bbm lebih irit....
Lebih awet itu efek jangka panjang nya Om.

Contohnya ada 2 mobil yg sama2 menempuh jarak 10rb km, tp mobil yg satu nyetir kalem, rpm nya rendah, mobil yg satunya sering geber rpm tinggi, otomatis part2 macem timing belt, fan belt, dll pasti lebih awet yg lebih rendah RPM nya. Kualitas oli mesinnya saat 10rb km juga pasti masih lebih bagus yg jarang geber dibanding yg sering geber/RPM tinggi

hahhahaha....iya aja deh..yg jelas dlu pnya innova bensin 2008 dr awal pnya sampe dijual bbrp bln lalu di km 120rb an fanbelt masih bagus,tnya ke bengkel ga disarankan ganti,suara mesin halus,bs lebih halus dr yg rawatan bengkel resmi,ini mbl hampir ga pernah dipake pelan sih,brake pad 2x ganti,kopling 1x ganti sklian bubut flywheel,klo di tol ga pernah dipake pelan2...hehhhe...mbl yg jarang digeber blm tentu jg lebih awet umurnya sih om...pnya tmn saya jarang bgt digeber malah lebih rajin ganti part....yaaa mgkin cm kebetulan aja sihh....

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 934
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor » 09 Sep 2019, 15:16

andyez86 wrote:
09 Sep 2019, 14:55
evanbngdor wrote:
09 Sep 2019, 10:18

Lebih awet itu efek jangka panjang nya Om.

Contohnya ada 2 mobil yg sama2 menempuh jarak 10rb km, tp mobil yg satu nyetir kalem, rpm nya rendah, mobil yg satunya sering geber rpm tinggi, otomatis part2 macem timing belt, fan belt, dll pasti lebih awet yg lebih rendah RPM nya. Kualitas oli mesinnya saat 10rb km juga pasti masih lebih bagus yg jarang geber dibanding yg sering geber/RPM tinggi

hahhahaha....iya aja deh..yg jelas dlu pnya innova bensin 2008 dr awal pnya sampe dijual bbrp bln lalu di km 120rb an fanbelt masih bagus,tnya ke bengkel ga disarankan ganti,suara mesin halus,bs lebih halus dr yg rawatan bengkel resmi,ini mbl hampir ga pernah dipake pelan sih,brake pad 2x ganti,kopling 1x ganti sklian bubut flywheel,klo di tol ga pernah dipake pelan2...hehhhe...mbl yg jarang digeber blm tentu jg lebih awet umurnya sih om...pnya tmn saya jarang bgt digeber malah lebih rajin ganti part....yaaa mgkin cm kebetulan aja sihh....
Ngga apple to apple dong bandinginnya kalo perawatannya aja beda. Ngga sekalian aja bandingin mobil jarang pake perawatan ala kadarnya VS mobil sering dipakai&perawatan kelas wahid?
:mky_03:

Tp secara logika suatu part yang lebih di-abuse udah pasti ada pengaruh negatif yg lebih tinggi meskipun ngga mutlak, contohnya kayak yg saya ksh tau td.

Lagipula ngga semua tingkat keausan part itu bisa dilihat secara visual sih Om, ya pendapat orang boleh beda2 kok, kalau mau lebih akurat ya perlu ada pembuktian uji/tes lebih lanjut.
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna » 09 Sep 2019, 19:19

katanya sih ya mesin yg jarang digeber banyak kerak nya jadi kurang sehat. makanya ada istilahnya yg namanya italian tune up khan biar bersih2 ruang bakar dan intake.


cuman ya memang kalau terlalu sering digeber juga ga baik juga, namanya juga kerjanya lebih keras. Cuman ya sekali2 digeber boleh lah itung2 olahraga biar sehat 😆😆😆 sama kayak manusia kalo jarang olahraga ya jadi sakit2an 😆😆😆

Mrvin
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 29 Dec 2015, 08:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Mrvin » 09 Sep 2019, 19:43

Dulu ane pernah ubek ubek techstream anki tipe V di menu customize> other

Terus nemu fungsi, body control with torque demand

Ada yg tahu kah mekanisme kerjanya??

Ane pun sampe skrg blum paham cara kerjanya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Setrikaan aspal sehari-hari: ANKI 2GD m/t 2015
Mantan pengguna: GNKI 2KD m/t 2011, Mits kudis grandia 2002, isuzu panther C223 std 1994
Salam Diesel mania

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna » 09 Sep 2019, 20:57

Mrvin wrote:
09 Sep 2019, 19:43
Dulu ane pernah ubek ubek techstream anki tipe V di menu customize> other

Terus nemu fungsi, body control with torque demand

Ada yg tahu kah mekanisme kerjanya??

Ane pun sampe skrg blum paham cara kerjanya
klo dilihat dari deskripsinya sih sepertinya sih active/adjustable suspension. Tapi innova kan ga ada active suspensionnya kan??

Mrvin
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 29 Dec 2015, 08:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Mrvin » 09 Sep 2019, 21:06

tesna wrote:
09 Sep 2019, 20:57
Mrvin wrote:
09 Sep 2019, 19:43
Dulu ane pernah ubek ubek techstream anki tipe V di menu customize> other

Terus nemu fungsi, body control with torque demand

Ada yg tahu kah mekanisme kerjanya??

Ane pun sampe skrg blum paham cara kerjanya
klo dilihat dari deskripsinya sih sepertinya sih active/adjustable suspension. Tapi innova kan ga ada active suspensionnya kan??
Makannya ane bingung... Itu fungsi apa

Hahaha sapa tahu ada yg tahu cara kerjanya
Setrikaan aspal sehari-hari: ANKI 2GD m/t 2015
Mantan pengguna: GNKI 2KD m/t 2011, Mits kudis grandia 2002, isuzu panther C223 std 1994
Salam Diesel mania

standrolla19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 03 May 2017, 11:07

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by standrolla19 » 10 Sep 2019, 11:56

percobaan iseng, tempelin sensor termometer di fuel.cooler (yg ada dibawah bodi depan kiri) di jalur keluar cooler menuju tangki BBM, suhu 35 an sblm brkt, kondisi panas terik jam 12 an siang.

habis pemakaian sekitar 1 jam an (macet lampu merah sm macet diparkiran) suhu naik jd 57 an drjt clcius. cm syg pas mw foto hpny tiba" drop...

kira" suhu real di solarny lbh tinggi apa lbh rendah y kl sensorny cm ditempel.di bagian luar coolerny sj
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna » 10 Sep 2019, 16:37

standrolla19 wrote:
10 Sep 2019, 11:56
percobaan iseng, tempelin sensor termometer di fuel.cooler (yg ada dibawah bodi depan kiri) di jalur keluar cooler menuju tangki BBM, suhu 35 an sblm brkt, kondisi panas terik jam 12 an siang.

habis pemakaian sekitar 1 jam an (macet lampu merah sm macet diparkiran) suhu naik jd 57 an drjt clcius. cm syg pas mw foto hpny tiba" drop...

kira" suhu real di solarny lbh tinggi apa lbh rendah y kl sensorny cm ditempel.di bagian luar coolerny sj
jaman dahulu kala (sektiar tahun 2014 gitu) pernah colok scanner ke 2KD, dan fuel temperature yg kebaca sekitar 53 derajat, ga beda jauh sm reading om. Jadinya harusnya sih cukup akurat ya itu, itu fuel cooler kan hanya sebongkah metal/alloy gitu. Itu kodisi macet aja segitu ya, gimana kalau kondisi full load macam ngebut di toll atau nanjak2 di cipularang... (atau bisa jadi karena macet, fuel coolernya jadi ngga dapet airflow).
IMG_20141022_160650.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

standrolla19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 03 May 2017, 11:07

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by standrolla19 » 10 Sep 2019, 18:46

tesna wrote:
10 Sep 2019, 16:37
standrolla19 wrote:
10 Sep 2019, 11:56
percobaan iseng, tempelin sensor termometer di fuel.cooler (yg ada dibawah bodi depan kiri) di jalur keluar cooler menuju tangki BBM, suhu 35 an sblm brkt, kondisi panas terik jam 12 an siang.

habis pemakaian sekitar 1 jam an (macet lampu merah sm macet diparkiran) suhu naik jd 57 an drjt clcius. cm syg pas mw foto hpny tiba" drop...

kira" suhu real di solarny lbh tinggi apa lbh rendah y kl sensorny cm ditempel.di bagian luar coolerny sj
jaman dahulu kala (sektiar tahun 2014 gitu) pernah colok scanner ke 2KD, dan fuel temperature yg kebaca sekitar 53 derajat, ga beda jauh sm reading om. Jadinya harusnya sih cukup akurat ya itu, itu fuel cooler kan hanya sebongkah metal/alloy gitu. Itu kodisi macet aja segitu ya, gimana kalau kondisi full load macam ngebut di toll atau nanjak2 di cipularang... (atau bisa jadi karena macet, fuel coolernya jadi ngga dapet airflow).

IMG_20141022_160650.jpg
om Tesna,
kl bacaan scanner bs dptin data temperatur, jd bawaan pabrik , dimobil ada sensor suhu di jalur solar mobil yh? sory oot question hehe... msh awam soal scanner n komputer" mobil. sy penasaran, waktu sblm pasang fuel cooler, suhu solarny ada di amgka brp. krna baca" dr forum sebelah yg smpat dibagikan di forum SM (cm lupaan linknya dimana) suhu optimal solar di angka 45clcius , jarang banget sptny bisa dpt suhu bgini lecuali jalan malam di traffic yg lancar (mungkin jg , krna.blm coba sndiri), diatas suhu ini sdh tdk optimal lg solarny.

standrolla19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 03 May 2017, 11:07

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by standrolla19 » 10 Sep 2019, 18:55

dan percobaan lanjutan sy, rencana air tetesan ac maw di salurkan tetesannya diatas fuel cooller ini, atau dibikin dobel cooler, setelah jalur cooler yg asli hehehe

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna » 10 Sep 2019, 19:49

standrolla19 wrote:
10 Sep 2019, 18:46

om Tesna,
kl bacaan scanner bs dptin data temperatur, jd bawaan pabrik , dimobil ada sensor suhu di jalur solar mobil yh? sory oot question hehe... msh awam soal scanner n komputer" mobil. sy penasaran, waktu sblm pasang fuel cooler, suhu solarny ada di amgka brp. krna baca" dr forum sebelah yg smpat dibagikan di forum SM (cm lupaan linknya dimana) suhu optimal solar di angka 45clcius , jarang banget sptny bisa dpt suhu bgini lecuali jalan malam di traffic yg lancar (mungkin jg , krna.blm coba sndiri), diatas suhu ini sdh tdk optimal lg solarny.
iya harusnya ada sensor suhu nya, suhu udara, suhu bbm, dan sensor2 lainnya kan diperhitungkan buat brapa qty yang optimal buat pembakaran yang seefisien/emisi yang baik. Tapi yang jelas sih di jaman 2KD dulu berasa banget koq efek fuel coolernya, mesin jadi lebih halus dan tenaga lebih ngisi kalau dipakai perjalanan jauh/lama. Makanya di 2GD begitu standardnya belum pakai fuel cooler langsung dipasangin, murmer juga kan.

seujujurnya saya lupa itu kondisi udah dipasang cooler apa belum, udah lama bgt euy. Saya juga masih punya kabel scanner buat baca ECU toyota dan berhasil baca data2 2KD, cuman di 2GD 2018 saya blom bisa kebaca bagian mesin.

contoh data di 2KD dulu.
OBD02.jpg
disitu ada data fuel temp: 57 derajat, fuel return temp (fuel yang balik ke tangki) di 91 derajat! so turun ke 57 derajat udah improvement la, kan juga nyampur sama fuel yang di tangki juga.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
RobbyKodo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: 06 Jan 2019, 01:52
Location: Pontianak
Daily Vehicle: Mazda cx5

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RobbyKodo » 10 Sep 2019, 20:33

tesna wrote:
09 Sep 2019, 07:32
RobbyKodo wrote:
08 Sep 2019, 23:49
Malam om
Mau minang type V diesel
Utk tidak adanya VSC pengaruh ga utk kestabilan berkendara?
Dan transmisi apa ya yg enak A/T ato M/T
Soalnya ane user cx5 dan berhubung udh dijual dan emg reborn yg dipilih utk mobil berikutnya
wah downgrade dong dr cx5 ke anki (kalau soal kenyamanan dan driving experience ya). Saya pun sebelum nya daily drivernya mazda6, beralih ke ANKI V diesel matic karena dapat dari kantor... (well mazda6 nya masih ada sih, cuman ga dipake tiap hari lagi)

Skrg pertanyaannya adalah, pas pake CX5, berapa kali VSC nya bekerja? di M6 saya sih jarang banget kepake. buat saya sih ya ngga penting2 amat sih, lebih penting ABS for sure. Ke tidak adaannya VSC bisa dikompensasi sedikit dengan mengganti ban yang mempunyai grip lebih baik, either ganti ban nya (ban stdnya eco2 gitu) atau upsize velg + ban biar bisa mengakomodir ban dengan tapak lebih lebar jadi kemungkinan selip bisa dikurangi. Kalau nikung juga jangan ngebut2 amat la, ini MPV hahahah

Tentunya hari gini sih enakan matic ya... ga capek hahahah, tetep ngacir juga koq sama kayak cx5 6 speed a/t juga :D
Downgrade sih iya tapi yg bikin jual kemarin yg pegang mazda di pontianak akhir tahun sudah tutup ganti DFSK.

karena sya kerja diluar kota menggunakan ni cx5 jadi emg seing ugal"an nyetirnya karena ya itu tadi driving experiencenya si cx5 ini pernah kejadian ngebut di waktu hujan tiba" Hilang grip nah vsc nya ini yg membantu saya buat ngendaliin ini mobil. Nyetir 390km trans kalimantan nonstop ga bikin pegal

Nah emg mau ambil matic juga biar akhir pekan istri bisa pake juga hehe
Terima kasih om informasi nya membantu banget

mike22 wrote:
08 Sep 2019, 23:59
RobbyKodo wrote:
08 Sep 2019, 23:49
Malam om
Mau minang type V diesel
Utk tidak adanya VSC pengaruh ga utk kestabilan berkendara?
Dan transmisi apa ya yg enak A/T ato M/T
Soalnya ane user cx5 dan berhubung udh dijual dan emg reborn yg dipilih utk mobil berikutnya
Vsc pengaruh sih buat mpv begitu, terutama kl yg nyetirnya ugal2an di toll. Tp tetep aja walo ada vsc ga jamin bakal aman juga
Kayanya pilihan masuk akal metik deh kecuali kl di daerah ya

Nah saya klo diluar kota ugal"an om maklum jiwa mudanya masih dapet hehe. Tapi dgn adanya vsc membantu sedikit juga sih.
Okey om metik biar istri juga bisa nyetirnya
2014 CX5

standrolla19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 03 May 2017, 11:07

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by standrolla19 » 10 Sep 2019, 22:43

tesna wrote:
10 Sep 2019, 19:49
standrolla19 wrote:
10 Sep 2019, 18:46

om Tesna,
kl bacaan scanner bs dptin data temperatur, jd bawaan pabrik , dimobil ada sensor suhu di jalur solar mobil yh? sory oot question hehe... msh awam soal scanner n komputer" mobil. sy penasaran, waktu sblm pasang fuel cooler, suhu solarny ada di amgka brp. krna baca" dr forum sebelah yg smpat dibagikan di forum SM (cm lupaan linknya dimana) suhu optimal solar di angka 45clcius , jarang banget sptny bisa dpt suhu bgini lecuali jalan malam di traffic yg lancar (mungkin jg , krna.blm coba sndiri), diatas suhu ini sdh tdk optimal lg solarny.
iya harusnya ada sensor suhu nya, suhu udara, suhu bbm, dan sensor2 lainnya kan diperhitungkan buat brapa qty yang optimal buat pembakaran yang seefisien/emisi yang baik. Tapi yang jelas sih di jaman 2KD dulu berasa banget koq efek fuel coolernya, mesin jadi lebih halus dan tenaga lebih ngisi kalau dipakai perjalanan jauh/lama. Makanya di 2GD begitu standardnya belum pakai fuel cooler langsung dipasangin, murmer juga kan.

seujujurnya saya lupa itu kondisi udah dipasang cooler apa belum, udah lama bgt euy. Saya juga masih punya kabel scanner buat baca ECU toyota dan berhasil baca data2 2KD, cuman di 2GD 2018 saya blom bisa kebaca bagian mesin.

contoh data di 2KD dulu.
OBD02.jpg

disitu ada data fuel temp: 57 derajat, fuel return temp (fuel yang balik ke tangki) di 91 derajat! so turun ke 57 derajat udah improvement la, kan juga nyampur sama fuel yang di tangki juga.

wow.. 91clcs ?? kl gt mmg perlu di dobel.ini lah fuel coolerny wkwk.... krna sy ngerasain driving selama stgh jam pertama sptny lbh enak dibandig 1 jam brktny. jd kesimpulannya the cooler the better asal don below 40clcs.

data ini didapat setelah idle / waktu tempuh brp.lama 2KD ny om? tinggimbenar y sdh 91clcs, sdh mw.mendidih di bayangan sy mah (kl air). dan rasa" nya mmg sdh peak temperature x y kl segitu...

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna » 11 Sep 2019, 07:55

standrolla19 wrote:
10 Sep 2019, 22:43

wow.. 91clcs ?? kl gt mmg perlu di dobel.ini lah fuel coolerny wkwk.... krna sy ngerasain driving selama stgh jam pertama sptny lbh enak dibandig 1 jam brktny. jd kesimpulannya the cooler the better asal don below 40clcs.

data ini didapat setelah idle / waktu tempuh brp.lama 2KD ny om? tinggimbenar y sdh 91clcs, sdh mw.mendidih di bayangan sy mah (kl air). dan rasa" nya mmg sdh peak temperature x y kl segitu...
nah kalau kondisi mesin abis nyala lama apa ngga saya ngga inget, itu capture tahun 2014 haha. Tapi melihat coolant temp di 82 derajat sih harusnya agak lama ya? duh sy blom bisa baca data anki 2018 saya sih nih jadinya ga bisa lihat data terbaru.

Lagian kan 91 derajat itu akan ngelewatin fuel cooler, trus nyampur sama bbm yang ada di tangki, trus balik lagi ke commonrail. (mohon para senior tolong di koreksi kalau jalurnya salah).

Saya rasa sih penggunaan fuel cooler OEM sudah cukup buat sehari hari IMO. Udah jauh lebih baik daripada ngga ada sama sekali. Alternatif lainnya ya fuel coolernya beli yg model radiator mini gitu, kayak ATF cooler taruh di depan, jamin dingin sih klo gitu wkwkwkwk. Tapi yha kalau amit2 tabrakan depan, fuel bocor resikonya lebih gede.

Btw mungkin yg situ baca optimal di 45 derajat itu ada di https://forums.tdiclub.com/showthread.php?t=20401 , tp sih katanya di suhu fuel 25 derajat itu power naik ahahahah, 45 best fuel economy. Diatas itu power turun, fuel economy turun.

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna » 11 Sep 2019, 09:51

Mrvin wrote:
05 Sep 2019, 09:06


Dicoba dulu gan buat scan engine data list mobil lainnya misal avanza, cayla, etc

Kalo masih ga bisa, berarti antara mini vci nya yg salah atau crack crack an Program nya yg sudah ga bekerja maksimal


Hehehe
Setelah tadi pagi berkutat nyari OBD port nya avanza dan ngga nemu2, akhirnya nemu kelinci percobaan, lupa gue klo di kantor ada 2KD nganggur dan colok aja deh. Kondisi mesin mati sih karena di basement dan parkir tepat di depan orang2 duduk, ga enak nyalain mesin, tapi bisa ngebaca data2 mesin. Ini konfirm klo kabel mini vci dan program nya bekerja dengan baik. Berarti ANKI 2018 emang di protect ato gimana ya sampe lihat data mesin nya aja ga bisa :mky_05:
2kd.jpg
lihat data di atas ada yang aneh sih, ini mobil jarang hidup... dan setau gue pagi ini ngga dipanasin/dihidupin, tapi knapa fuel temp return nya 62 derajat yah haaha. Apa ignition ON itu fuel pump nya udah running ya bikin fuel nya langsung naik segitu. Tapi ya fuel pressurenya masih kebaca 0 disana. Ntah lah.

Fuel temp nya sih masuk akal di 28 karena emang room temp nya sekitar segitu, maching sm coolant temp sama intake air temp.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

standrolla19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 03 May 2017, 11:07

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by standrolla19 » 11 Sep 2019, 21:31

tesna wrote:
11 Sep 2019, 07:55
standrolla19 wrote:
10 Sep 2019, 22:43

wow.. 91clcs ?? kl gt mmg perlu di dobel.ini lah fuel coolerny wkwk.... krna sy ngerasain driving selama stgh jam pertama sptny lbh enak dibandig 1 jam brktny. jd kesimpulannya the cooler the better asal don below 40clcs.

data ini didapat setelah idle / waktu tempuh brp.lama 2KD ny om? tinggimbenar y sdh 91clcs, sdh mw.mendidih di bayangan sy mah (kl air). dan rasa" nya mmg sdh peak temperature x y kl segitu...
nah kalau kondisi mesin abis nyala lama apa ngga saya ngga inget, itu capture tahun 2014 haha. Tapi melihat coolant temp di 82 derajat sih harusnya agak lama ya? duh sy blom bisa baca data anki 2018 saya sih nih jadinya ga bisa lihat data terbaru.

Lagian kan 91 derajat itu akan ngelewatin fuel cooler, trus nyampur sama bbm yang ada di tangki, trus balik lagi ke commonrail. (mohon para senior tolong di koreksi kalau jalurnya salah).

Saya rasa sih penggunaan fuel cooler OEM sudah cukup buat sehari hari IMO. Udah jauh lebih baik daripada ngga ada sama sekali. Alternatif lainnya ya fuel coolernya beli yg model radiator mini gitu, kayak ATF cooler taruh di depan, jamin dingin sih klo gitu wkwkwkwk. Tapi yha kalau amit2 tabrakan depan, fuel bocor resikonya lebih gede.

Btw mungkin yg situ baca optimal di 45 derajat itu ada di https://forums.tdiclub.com/showthread.php?t=20401 , tp sih katanya di suhu fuel 25 derajat itu power naik ahahahah, 45 best fuel economy. Diatas itu power turun, fuel economy turun.
yeap itu dia link ny om. cm rsnya utk wilayahntropis kyny ga bs terlalu pattokan x y, pa lg.yg tiggal di garis khatulistiwa.

sy cm ngebayangin, mgk keren y scanner bs terpasang dlm keadaan mobil jalan... jd bs lihat pergerakan datany hehehe...

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4013
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by kompresorz » 17 Sep 2019, 06:39

2 mobil paling asikkkk...

selama punya mobil...kencang irit awet ac dingin kulkas...
gonta ganti ganjil genap...

untung rasain ini mobil jadi sementara gak kepengen beli mobil baru lagi...
apalg pajak makin sadis....skrg aja ngeri ngeri sepettt paiittt...

di tol ngecengin mobil bensin kelas rakyat....

yah sperti biasa bejek ngasal aja mentokin spido...

apalg ankiii....sadissss emennnn.....


yaris baru jalan bawah dr blkg gak sabar trs maksa motong ...ngalah dl kasih duluan..lagi malas kesal ladenin rame gak enak yg lain..
depan ada tol biasanya lancar sepi eh masuk tuh yaris...kebetulan akan dimakan anki...
ssetelah pintu tol yaris ngacir bejek sekuat tenaga...sepertinya :big_think: ...
nah giliran anki....sbentar bejek lgsg 190...

ternyata yaris bombastis gayo aja...kalo pepatah banyak NATO...no aksi talk online..

berarti belum tau anki disel...kencang irit awet ac dingin...bilstin pula... :wkkk:

yahhh sudahlah ke pom solar sbelum sampe rumah...MID wooowwwww pakeee bingittt kurang ajarrrr....

ini naik mobil apa naik motor beat dirumah... :drinking:





Screenshot_20190917-062322_Gallery.jpg
20190917_062849.jpg
20190917_062921.jpg
Screenshot_20190917-062607_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Post Reply