All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

Profith83 wrote: Mon Aug 26, 2019 2:39
evanbngdor wrote: Fri Aug 23, 2019 9:45
Siap. Thank you saran nya Om.

Memang sih kemungkinan besar ambil yg second aja, relatif lebih gampang cari ANKI Bensin dibanding ANKI Diesel dengan mint condition.

Lumayan jg selisihnya td iseng2 liat di situs jual beli, ANKI V Matic bensin 2017 harga 260 juta, ANKI V Matic Diesel 2017 harga 338 juta, ANKI V Matic diesel baru harga 395 juta setelah diskon
Berarti setelah pemakain 2 thn, seperti om bilang :
ANKI V matic bensin 2017 260 jt, barunya pricelist 380 (sumber website Toyota) turun 120 jt . Depresiasi 120/380 = 31%
ANKI V matic diesel 2017 338 jt, barunya pricelist 414 (sumber website Toyota) turun 76 jt . Depresiasi 76/414 = 18%
Iyep, lumayan terkoreksi ya harga ANKI Matic Bensin, kalo manual mungkin agak mendingan dikit.

Imbas nya ke harga GNKI Bensin nih, bakal lebih drop lg. Kemaren iseng2 nanya ke showroom ada GNKI V matic bensin 2013 harga cash dia buka harga 155jt. Berarti harga modalnya sekitar 10-15% di bawah itu minimal.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Wed Jul 28, 2010 9:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by roymhs31 »

evanbngdor wrote: Fri Aug 23, 2019 7:29
Profith83 wrote: Fri Aug 23, 2019 6:49 Menurut saya sama sama AT.
Misal diesel dalam kota AT bisa 1 L 12.5 KM, maka rute yg sama bensin 1 L 10 KM.
Harga pertamax turbo 11.200
Harga dex 11.700.

Asumsi tiap 5,000 KM ganti olie

Dex, 5000 KM/12.5 = 400 liter x 11.700 = 4.680.000
Pertamax Turbo, 5000 KM/10 = 500 liter x 11.200 = 5.600.000

Olie Diesel = 8 liter x 100.000 = 800.000
Olie bensin = 5 liter x 90.000 = 450.000

Total pemakaian Dex + Oli tiap 5000 KM = 4.680.000 + 800.000 = 5.480.000
Total pemakaian Pertamax Turbo tiap 5000 KM = 5.600.000 + 450.000 = 6.050.000

Sebagai info saja, saya pemakai Diesel 2GD matic.
Pernah test "toll" to "toll" bisa 1L 23 - 25 KM.

Kombinasi tol dan jalan luar kota bisa 1L = 20 KM (50 KM dalam kota, 70 KM luar kota)

Menurut saya dengan pemakaian yang sama pun tetap Diesel lebih irit dan fun to drive, apalagi untuk luar kota dan tanjakan.
Harga jualnya pun beda jauh diesel dan bensin.

Kalau memang pemakaian sedikit banget dan hanya untuk dalam kota buat apa beli Innova.
Mending Biro atau Ertiga/Xpander.
Thanks sharingnya Om. Coba saya review lg itungan saya deh. Mohon dikoreksi kalo kurang tepat

Kalo perhitungan saya kemarin itu
Pertamax: 10rb. 1:10
Dex: 11,7rb. 1:13
Bandinginnya pertamax biasa vs dex karena mobil bakal jarang jalan mesti pake dex, ngga bisa pake dexlite atau biosol sedangkan untuk bensin rasanya pertamax udah oke.

Oli bensin 0w-20 harga 120rb/liter
Oli diesel 5w-30 150rb/liter.
Oli ganti setiap 5rb km

Dari variabel itu saya ngitung untuk jarak tempuh 5rb km memang masih lebih hemat ANKI Diesel sekitar 500rb. Misal mobil mau dipakai sampai 10 tahun atau 100rb km kira2. Selisih biaya operasionalnya berarti sekitar 10 juta, lebih hemat ANKI Diesel.

Rencana juga kalau ada unit second yang oke mau ambil second aja. Harga second misal 2 tahun selisihnya skg bisa sampe 70 juta, padahal harga barunya ngga sampe segitu gede selisihnya.

Jd kesimpulannya kalau hitungan saya sih masih jauh lebih ekonomis pake ANKI bensin.

Kenapa saya pilih Innova? Karena ortu udah ngerasa nyaman&puas banget pake innova 2KD yg skg saya pake, bahkan dibanding CRV RM pun lebih seneng kalo naik innova. Ya saya sebagai anak pilih mobil yang ortu seneng aja karena yg pake jg bukan saya, dan ada kemungkinan pake driver. Paling yg jd pertimbangan ya cuma antara diesel vs bensin nya aja dr segi ekonomis nya.
:mky_01:
om emg anki bensin bisa 1:10 di dalkot? prasaan innova bensin lama bisa 1:8 aj ud prestasi bgt. Boleh tau spek oli ama bensinnya apa ya om biar anki bensin bs dapat sgitu?
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by pengendiesel »

Ane juga penasaran ANKI bensin dalkot bisa 1:10? Kalo bisa prestasi banget dan jadi layak dipertimbangkan.

Dulu ada GNKI 2.0 a/t, dalkot 1:6-7, susah banget dapet 1:8. Lukot 1:11, ajib
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Wed Jul 28, 2010 9:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by roymhs31 »

pengendiesel wrote: Mon Aug 26, 2019 4:14 Ane juga penasaran ANKI bensin dalkot bisa 1:10? Kalo bisa prestasi banget dan jadi layak dipertimbangkan.

Dulu ada GNKI 2.0 a/t, dalkot 1:6-7, susah banget dapet 1:8. Lukot 1:11, ajib
bener om. klo bs 1:10 layak masuk pertimbangan khususnya yg make mobil cm wiken doang. klo diesel buat mobil wiken dan pake pendek2 agak kurang nutup ama selisih harga belinya, aplg liat harga sekennya.
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by andyez86 »

lg cb ANKI bensin MT d rmh baru jln 1700km sih....tp ud ganti oli pakai PTT 0w20 , oli persneling LV75w, bensin pertamax tanpa aditif...so far kmrn2 sih dalkot solo 1:8an...tp blm bs jadi acuan ya krn blm break in dan oli jg beda....1000km pertama pakai oli bawaan...trs servis berkala 1000km sklian ganti ke 0w20
laoshizaoan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Aug 29, 2016 16:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by laoshizaoan »

andyez86 wrote: Mon Aug 26, 2019 1:58
laoshizaoan wrote: Sun Aug 25, 2019 15:31 Permisi om, suhu2 sekalian, saya ada venturer 2019, di kecepatan tinggi diatas 80kmh ada suara seperti angin masuk. Apakah ada juga yang mengalami nya? Saya sudah coba complaint ke auto200, mereka sempat mau ganti kaca segitiga yang di samping kiri kanan, katanya ada angin dari situ, cuma terakhir mereka juga agak ragu, sampai skrg belum ada solusi nya. Pdahal sudah di tes juga oleh yang katanya Team Leader mereka. Apa ada yang mengalami hal sama? Suara angin masuk cukup ganggu dan bukan suara putu jeduk turbo. Terima kasih
kaca segitiga ga ngefek bgt om...saya ud claim kaca segitiga dan masih ada suara angin juga...kynya dari celah pintu deh....cb masuk dlm mbl trs suru org d luar nutup celah antara pintu dpn dan fender dpn abis itu dipakai di jln tol..hahhha....iya lah bkn turbo nya....venturer baru lebih enak ngga tarikan nya?
Jadi solusi nya ganti apa om setelah kaca segitiga ga ngefek juga? Perlu ganti/claim bagian mana? Skrg sy punya belum ada solusi sama sekali soalnya. Soal tarikan enak om, torsi besar di putaran bawah, apalagi sy punya versi enggak ada cc nya.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

roymhs31 wrote: Mon Aug 26, 2019 4:11
om emg anki bensin bisa 1:10 di dalkot? prasaan innova bensin lama bisa 1:8 aj ud prestasi bgt. Boleh tau spek oli ama bensinnya apa ya om biar anki bensin bs dapat sgitu?
Ya dalkotnya tergantung kondisi jg sih. Dalkot di Jakarta sama dalkot di Tangerang aja bisa beda jauh hasilnya

Saya sendiri belom ngerasain, makanya saya nanya2 disini minta pertimbangan kalo mau beli baiknya antara bensin/diesel buat jd mobil standby
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
paparay
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Jul 07, 2017 3:35

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by paparay »

andyez86 wrote: Mon Aug 26, 2019 1:58
laoshizaoan wrote: Sun Aug 25, 2019 15:31 Permisi om, suhu2 sekalian, saya ada venturer 2019, di kecepatan tinggi diatas 80kmh ada suara seperti angin masuk... (cut) ...Apa ada yang mengalami hal sama? Suara angin masuk cukup ganggu dan bukan suara putu jeduk turbo. Terima kasih
kaca segitiga ga ngefek bgt om...saya ud claim kaca segitiga dan masih ada suara angin juga...kynya dari celah pintu deh.... (cut)
Idem. Saya tidak perhatikan di kecepatan berapa, tapi kalo lagi kenceng memang ada suara angin menderu. Terutama dari arah jendela kanan, yg kiri tdk memperhatikan.
Saya tidak yakin karena udara yang masuk ke kabin. Secara logika, harusnya ada bau asap kendaraan di kabin kalo ada udara masuk. Tapi ini kan tidak.
Dugaan saya sih gara-gara ukuran spionnya yang terlalu gede sehingga tidak aero-dinamis.
utrid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Thu Jan 31, 2019 7:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by utrid »

paparay wrote: Mon Aug 26, 2019 7:18
andyez86 wrote: Mon Aug 26, 2019 1:58
laoshizaoan wrote: Sun Aug 25, 2019 15:31 Permisi om, suhu2 sekalian, saya ada venturer 2019, di kecepatan tinggi diatas 80kmh ada suara seperti angin masuk... (cut) ...Apa ada yang mengalami hal sama? Suara angin masuk cukup ganggu dan bukan suara putu jeduk turbo. Terima kasih
kaca segitiga ga ngefek bgt om...saya ud claim kaca segitiga dan masih ada suara angin juga...kynya dari celah pintu deh.... (cut)
Idem. Saya tidak perhatikan di kecepatan berapa, tapi kalo lagi kenceng memang ada suara angin menderu. Terutama dari arah jendela kanan, yg kiri tdk memperhatikan.
Saya tidak yakin karena udara yang masuk ke kabin. Secara logika, harusnya ada bau asap kendaraan di kabin kalo ada udara masuk. Tapi ini kan tidak.
Dugaan saya sih gara-gara ukuran spionnya yang terlalu gede sehingga tidak aero-dinamis.
Coba tambahkan karet O dia 8 mm kedalam karet pintu bagian body (bukan di daun pintunya). Mungkin bisa membantu meredam suara yg masuk.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

Mrvin wrote: Mon Aug 26, 2019 2:10
Saya punya CC bekas 2gd baru jalan 30rb km di gudang ga kepake.... Mau om ambil? Ane lepas 1.3jt dah. Kalo mau nanti bisa transaksi via tokped aja atau mau cod kota Semarang
ternyata menurut bro osbertc0ol cc nya dipindah ke front pipe dan barusan gue cek ternyata memang ada hahaha jadi ga jadi pengen downpipe yang ber cc. thanks udah nawarin bro!
osbertc0ol wrote: Mon Aug 26, 2019 3:11
Yg baruan CC nya pindah ke Front pipe om. pipa setelah downpipe, coba ngolong deh harusnya ada jendolan..

Katanya sih memang CC yang baru ini dibuat flow nya lebih besar (efektifitas berkurang sedikit) biar back pressure dan suhu ke turbo lebih kecil (Biar gak gampang putu)
wah bener juga ya, tadi sore ngolong dan ada jendolan cc di tengah...wah pindah kesana toh... anki versi sebelumnya cuman di down pipe aja? bukan down pipe + front pipe?

koq anki gue bau asep nya beti aja ya sama metro mini wakakak padahal ada cc nya.... ah ya sudahlah terima nasib aja, yang penting udah berusha niat.

Anyway, akhirnya wiken kmaren cobain mobil di tol aga lama, wow ni mobil irit juga jalan tol rada rame gitu ke arah bogor MID nya sempet 1:17... rute baliknya malah lebih irit lagi.. 1:21 mhhahaha. Well, itu toll doang sih but overall impressiv lah, blom diitung full to full.. tp 2KD manual gue dulu paling irit 1:12-13 klo rute toll....

Tapi ya di jalan tol lama2 gue jadi sadar ni ANKI gw suspensinya ada yg salah, terlalu ngayun... kayak naik perahu... suspect shock breaker nya nih. Langsung meluncur ke bengkel kaki2 langganan di blok m mall... dan owner bengkelnya pun bingung lah ni mobil plat 2018 udah minta di cekin kaki2 nya wkakkakak.

Setelah konsul dan cerita keluhan gue dan menimbang2 berbagai macam shock breaker...
1. ori toyota ==> katanya emang karakter nya paling lembut...
2. bilstein ==> paling mahal dan kebetulan ditoko2 disana ga ada yang ready komplit depan belakang... (adanya depan silver, belakang kuning) masa belang2...
3. tokico ==> kata yg punya bengkel ini keras banget, jangan katanya
4. kayaba excel G ==> ini rada balance, lebih keras dari ori toyota tapi lebih empuk dari tokico

akhirnya milih kayaba, dan so far impresi gue.. AHHH ini baru namanya suspensi mobil... asli jauh lebih enak.. pas gitu.. bantinganya jadi dewasa hahhaha.. ga terlalu keras, ga terlalu soft juga.. perfect!

pas nunggu shockbreaker dipasang juga iseng lihat2 head unit.. duh.. hampir tergoda beli hu pioneer yg 12 juta.. hampir aja khilaf.. mendingan buat beli piggy aja dahhhh
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
donodomo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Sep 21, 2008 2:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by donodomo »

Om. Kayaba Excel G berapa harganya. Di blok m di toko apa ya. Tx
donodomo.multiply.com
ym. dodonomo
User avatar
theansoracing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Thu Jul 10, 2008 8:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by theansoracing »

tesna wrote:
Mrvin wrote: Mon Aug 26, 2019 2:10
Saya punya CC bekas 2gd baru jalan 30rb km di gudang ga kepake.... Mau om ambil? Ane lepas 1.3jt dah. Kalo mau nanti bisa transaksi via tokped aja atau mau cod kota Semarang
ternyata menurut bro osbertc0ol cc nya dipindah ke front pipe dan barusan gue cek ternyata memang ada hahaha jadi ga jadi pengen downpipe yang ber cc. thanks udah nawarin bro!
osbertc0ol wrote: Mon Aug 26, 2019 3:11
Yg baruan CC nya pindah ke Front pipe om. pipa setelah downpipe, coba ngolong deh harusnya ada jendolan..

Katanya sih memang CC yang baru ini dibuat flow nya lebih besar (efektifitas berkurang sedikit) biar back pressure dan suhu ke turbo lebih kecil (Biar gak gampang putu)
wah bener juga ya, tadi sore ngolong dan ada jendolan cc di tengah...wah pindah kesana toh... anki versi sebelumnya cuman di down pipe aja? bukan down pipe + front pipe?

koq anki gue bau asep nya beti aja ya sama metro mini wakakak padahal ada cc nya.... ah ya sudahlah terima nasib aja, yang penting udah berusha niat.

Anyway, akhirnya wiken kmaren cobain mobil di tol aga lama, wow ni mobil irit juga jalan tol rada rame gitu ke arah bogor MID nya sempet 1:17... rute baliknya malah lebih irit lagi.. 1:21 mhhahaha. Well, itu toll doang sih but overall impressiv lah, blom diitung full to full.. tp 2KD manual gue dulu paling irit 1:12-13 klo rute toll....

Tapi ya di jalan tol lama2 gue jadi sadar ni ANKI gw suspensinya ada yg salah, terlalu ngayun... kayak naik perahu... suspect shock breaker nya nih. Langsung meluncur ke bengkel kaki2 langganan di blok m mall... dan owner bengkelnya pun bingung lah ni mobil plat 2018 udah minta di cekin kaki2 nya wkakkakak.

Setelah konsul dan cerita keluhan gue dan menimbang2 berbagai macam shock breaker...
1. ori toyota ==> katanya emang karakter nya paling lembut...
2. bilstein ==> paling mahal dan kebetulan ditoko2 disana ga ada yang ready komplit depan belakang... (adanya depan silver, belakang kuning) masa belang2...
3. tokico ==> kata yg punya bengkel ini keras banget, jangan katanya
4. kayaba excel G ==> ini rada balance, lebih keras dari ori toyota tapi lebih empuk dari tokico

akhirnya milih kayaba, dan so far impresi gue.. AHHH ini baru namanya suspensi mobil... asli jauh lebih enak.. pas gitu.. bantinganya jadi dewasa hahhaha.. ga terlalu keras, ga terlalu soft juga.. perfect!

pas nunggu shockbreaker dipasang juga iseng lihat2 head unit.. duh.. hampir tergoda beli hu pioneer yg 12 juta.. hampir aja khilaf.. mendingan buat beli piggy aja dahhhh
Udah cek exhaust system, takut nya karat dan bolong sehingga bau metromini deh
Eh hu Pioneer apa yg ampe 12jt. Kenwood ddx 919 ws dan Sony xav ax7000 di bawah 10jt tuh hrg nya hires dan Android auto serta apple car play tuh
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

donodomo wrote: Mon Aug 26, 2019 13:25 Om. Kayaba Excel G berapa harganya. Di blok m di toko apa ya. Tx
depan 1.2jt, belakang 900k. Lebih mahal sedikit aja dari orinya. Belinya di sumber raya motor, pasangnya di hasan per.
theansoracing wrote: Mon Aug 26, 2019 13:31 Udah cek exhaust system, takut nya karat dan bolong sehingga bau metromini deh
Eh hu Pioneer apa yg ampe 12jt. Kenwood ddx 919 ws dan Sony xav ax7000 di bawah 10jt tuh hrg nya hires dan Android auto serta apple car play tuh
ngga ada bolong sih melihat sekilas tadi, bunyi mesin atau suara knalpot jg cukup ngga berisik.

HU nya Pioneer DMH ZS8250BT. layarnya 8 inch.. klo kenwood atau sony kan msh di 7 inch, walau secara resolusi kenwood masih lebih baik.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
theansoracing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Thu Jul 10, 2008 8:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by theansoracing »

tesna wrote:
donodomo wrote: Mon Aug 26, 2019 13:25 Om. Kayaba Excel G berapa harganya. Di blok m di toko apa ya. Tx
depan 1.2jt, belakang 900k. Lebih mahal sedikit aja dari orinya. Belinya di sumber raya motor, pasangnya di hasan per.
theansoracing wrote: Mon Aug 26, 2019 13:31 Udah cek exhaust system, takut nya karat dan bolong sehingga bau metromini deh
Eh hu Pioneer apa yg ampe 12jt. Kenwood ddx 919 ws dan Sony xav ax7000 di bawah 10jt tuh hrg nya hires dan Android auto serta apple car play tuh
ngga ada bolong sih melihat sekilas tadi, bunyi mesin atau suara knalpot jg cukup ngga berisik.

HU nya Pioneer DMH ZS8250BT. layarnya 8 inch.. klo kenwood atau sony kan msh di 7 inch, walau secara resolusi kenwood masih lebih baik.
Gugel dulu ah spek itu pio
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"
supriyanto98
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Sun Apr 15, 2018 15:36
Location: jakarta barat
Daily Vehicle: Innova 2gd

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by supriyanto98 »

Profith83 wrote: Mon Aug 26, 2019 2:39
evanbngdor wrote: Fri Aug 23, 2019 9:45
Profith83 wrote: Fri Aug 23, 2019 8:48
Rencana juga kalau ada unit second yang oke mau ambil second aja. Harga second misal 2 tahun selisihnya skg bisa sampe 70 juta, padahal harga barunya ngga sampe segitu gede selisihnya.

Comment dari paragraph diatas, nah kalau harga second beda 70 jt jelas beli bensin, barunya beda cuma 30 jt, logikanya bekas harus bedanya dibawah 30 jt, nah ini beda 70 jt mending beli bensin, setuju saya

Tapi bagi yang beli baru mending beli Diesel, karena dijual bekasnya harga diesel masih tinggi, sedangkan bensin harga jual hancur.

Kalau BBM, nurut saya perbandingannya :
Bio vs premium
Dexlite vs pertalite
XXXXXX vs pertamax
Dex vs pertamax turbo --> saya lihatnya bahkan merek BMW pun lebih prefer PERTAMINA DEX banding dengan Shell diesel atau yang lain
Artinya Dex adalah top of the line. Tapi mau dibandingkan dengan pertamax juga tetap lebih irit diesel

Kesimpulan : Baru beli yang diesel karena harga jual bekas diesel masih tinggi
Bekas beli yang bensin karena harga bekas bensin sangat turun
Siap. Thank you saran nya Om.

Memang sih kemungkinan besar ambil yg second aja, relatif lebih gampang cari ANKI Bensin dibanding ANKI Diesel dengan mint condition.

Lumayan jg selisihnya td iseng2 liat di situs jual beli, ANKI V Matic bensin 2017 harga 260 juta, ANKI V Matic Diesel 2017 harga 338 juta, ANKI V Matic diesel baru harga 395 juta setelah diskon
Berarti setelah pemakain 2 thn, seperti om bilang :
ANKI V matic bensin 2017 260 jt, barunya pricelist 380 (sumber website Toyota) turun 120 jt . Depresiasi 120/380 = 31%
ANKI V matic diesel 2017 338 jt, barunya pricelist 414 (sumber website Toyota) turun 76 jt . Depresiasi 76/414 = 18%
for info tahun 2017 anki v diesel d pricelistny 396 , setelah di potong disc jadi 376.
ya kalo ngomongin depresiasi jadi cuma turun 40 jt.
atau sekitar 10% harga asli :mky_03:
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by pilotgaruda »

ANKI V Matic Diesel 2017 338jt
ANKI V Matic Diesel 2019 384jt (Brand New After Diskon)
Selisih Rp 46jt..2 tahun Depresiasi 11.9%

btw nanya dong, soal rem Innova yg diinjek dikit terlalu ngerem ini apa ada solusinya?
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

solusinya paling ekonomis adalah membiasakan kaki menyesuaikan 😅😅😅
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4584
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

Memang kebangetan iritnya ANKI diesel.

Masak mobil segede gaban gitu, bisa 1 L 20 KM lebih …
Bahkan kalau full toll ke toll malam hari bisa 1L 25 KM

Kalau dalam kota memang rata rata boros karena mobil tidak bergerak tapi perlu energi untuk nyalain AC.
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by KSG88 »

Solar B30 B50 B100 gimana kabarnya

Denger2 dr sales atoyot yg versi diesel nya mau diganti jadi bensin hybrid ya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Turboman »

tesna wrote:mungkin ada pertanyaan yang agak kurang lazim, sepertinya anki saya udah versi catless (tanpa catalitic converter) di downpipe setelah turbo. Downpipe klo dari penampakan sih ga ada jendolannha, pipa doang. Kira2 kalau mau dipasangin cc bisa ngga ga order d toyota? atau ada yg mau jual downpipe ber cc nya ke saya?

alasannya, 2GD sy minum full pertadex dan saya ngga suka bau exhaustnya...baunya sama ama metro mini hahahahah.

Dulu pas pake 2KD standarnya kan ada CC, dan bau knalpotya aga wangi, pas ganti downpipe baru deh jd sama ama metro mini... Dulu kan minumnya solbus, takut cc mampet. Sekarang kayaknya mau lebih care sama lingkungan deh dengan kasi minuman bergizi...
Kalo utk Diesel sih better cari CC yg free flow yg 200 CPI gitu X ya

biarpun gak se efektif yg 400 CPI, tapi drpd gak pake sama sekali

di sini gak ada yg jual masalahnya

kalo ada saya juga mau pasang

IMHO :
Cara nyetir dgn Pulse n Glide dan juga gak pake warming up & gak jadi genset juga udah bantu ngurangin polusi

Juga lebih baik jalan kaki utk tujuan2 yg bisa dicapai dgn jalan kaki
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

gue weekend kmarin beres2 gudang dan akhirnya ketemu juga kabel mini vci yang diapkai buat ngebaca data2 innova 2KD jaman dahulu kala.

Coba install di PC jaman now, di windows 10 ngga kompatibel, akhirnya ngga keabisan akal dan install windows XP di virtual machine dan berhasil.

Cuman ya mungkin versi nya ngga kompatibel atau something karena di list of vehicle ngga ada innova. Aneh juga sih padahal AVANZA aja ada :mky_07:
1.png
tapi setidaknya udah pasti connect karena VIN kebaca
2_LI.jpg
ecu nya ga bisa konek kecuali ke SRS
3_LI.jpg


penasaran aja sih selain pengen baca parameter mesin dengan detail, klo di forum2 luar negri sih hiluxnya bisa di idup matiin fitur macam auto lock, seatbelt beeper dkk. Saatnya hunting2 software yang lebih update :D
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
theansoracing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Thu Jul 10, 2008 8:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by theansoracing »

tesna wrote:gue weekend kmarin beres2 gudang dan akhirnya ketemu juga kabel mini vci yang diapkai buat ngebaca data2 innova 2KD jaman dahulu kala.

Coba install di PC jaman now, di windows 10 ngga kompatibel, akhirnya ngga keabisan akal dan install windows XP di virtual machine dan berhasil.

Cuman ya mungkin versi nya ngga kompatibel atau something karena di list of vehicle ngga ada innova. Aneh juga sih padahal AVANZA aja ada :mky_07:
1.png
tapi setidaknya udah pasti connect karena VIN kebaca
2_LI.jpg
ecu nya ga bisa konek kecuali ke SRS
3_LI.jpg


penasaran aja sih selain pengen baca parameter mesin dengan detail, klo di forum2 luar negri sih hiluxnya bisa di idup matiin fitur macam auto lock, seatbelt beeper dkk. Saatnya hunting2 software yang lebih update :D
Wow keren... Tp kok kebaca nya hilux 1gd tes, apa gegara gak ketemu anki yah
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Mrvin »

tesna wrote: Tue Sep 03, 2019 2:57 gue weekend kmarin beres2 gudang dan akhirnya ketemu juga kabel mini vci yang diapkai buat ngebaca data2 innova 2KD jaman dahulu kala.

Coba install di PC jaman now, di windows 10 ngga kompatibel, akhirnya ngga keabisan akal dan install windows XP di virtual machine dan berhasil.

Cuman ya mungkin versi nya ngga kompatibel atau something karena di list of vehicle ngga ada innova. Aneh juga sih padahal AVANZA aja ada :mky_07:

1.png

tapi setidaknya udah pasti connect karena VIN kebaca

2_LI.jpg

ecu nya ga bisa konek kecuali ke SRS
3_LI.jpg



penasaran aja sih selain pengen baca parameter mesin dengan detail, klo di forum2 luar negri sih hiluxnya bisa di idup matiin fitur macam auto lock, seatbelt beeper dkk. Saatnya hunting2 software yang lebih update :D
Region GTS nya diganti other> Indonesia> dealer dulu atau europe> UK> corporate

Dan kalau bisa pakai GTS versi 14.10 yang latest update

Windows 10 ga masalah sih di tempat saya

Karena dulu ada bbrp kasus utk anki/anf diatas 2018, butuh techstream versi min 14.00
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
dendonggg
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Sep 03, 2019 5:35
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova 2GD

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dendonggg »

selamat siang agan,
disini saya masih newbie mengenai ANKI diesel,
saya mau tanya perihal piping intercooler ANKI, saya mau bikin sendiri kebetulan saudara punya bengkel bubut yg lumayan lengkap alat dan mesinnya.

apa ada syarat spek untuk pembuatan piping intercooler dari stainless seperti tebal dan jenis stainlessnya?

mohon penerangannya gan
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

Mrvin wrote: Tue Sep 03, 2019 5:37
Region GTS nya diganti other> Indonesia> dealer dulu atau europe> UK> corporate

Dan kalau bisa pakai GTS versi 14.10 yang latest update

Windows 10 ga masalah sih di tempat saya

Karena dulu ada bbrp kasus utk anki/anf diatas 2018, butuh techstream versi min 14.00
wah ternyata ada yg sukses, minta link sw terbarunya dong. di saya kalau di win10 blm bisa nih. gitu d win xp lancar.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18