GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Post by dizco »

saya ex-user OGL XV MT 2011, sudah khatam pahit manisnya mobil ini sejauh 176 ribu km. satu highlight utama buat saya konsumsi bbm nya ajeg di sekitar 1:13-1:14, kaki kanan suka bolos kuliah, kondisi pemakaian dalam kota stop&go, luar kota nyeruntul. oli setelah lulus dari beres pakai shell HX-7 10W-30

di keluarga besar saya masih ada beberapa yang piara GL, untuk konsumsi BBM sejelek jeleknya di jakarta sepertinya terakhir ngobrol masih sekitar 1:9-1:10, jadi untuk TS sepertinya mobilnya perlu dicek lagi mesinnya
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Post by pengendiesel »

ChZ wrote: Fri May 11, 2018 9:58
pengendiesel wrote: Fri May 11, 2018 9:20 Feeling saya sih mostly karena pola pemakaian TS. Pemakaian jarak pendek dan sebentar2, banyak stopnya memang bikin parah banget borosnya.
Dicoba bandingkan full to full di tol atau luar kota.

Dulu pernah piara OGL, dalkot 1:11, lukot rata2 1:16, sama semua utk bbm premium-pertamax. Blm pernah coba ANGL, jadi gak bisa komen tentang CVTnya.

2 hal yg menurut newbie perlu diperhatikan di mesin HR15DE :
1. CMIIW, mesinnya mengarah ke square. Beda dengan mobil2 sejenis yg cenderung oversquare. Jadi karakternya bolot di rpm bawah, tp rpm tengah atasnya enak banget.
2. Ngelitik forever.

+1 yg nunggu sabda mbah bebong tentang ngelitiknya...penasaran
CiBo Hatch saya juga cuma dapet 7 km/l.... isinya keluar masuk garasi mulu :ngacir:
Mod, silahkan japri saya kalau butuh bantuan untuk menjalankan CiBonya, GRATIS. Kan sayang tuh mobil ganteng dan kenceng cuma keluar masuk garasi sekalian juga supaya FCnya membaik :big_biglaugh:
ajprasetyo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Tue Dec 26, 2017 16:10
Location: DEPOK
Daily Vehicle: All New Grand Livina 2013-akhir XV AT 1500 cc

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Post by ajprasetyo »

liemivan86 wrote: Fri May 11, 2018 9:37 Om TS, di MID grand livina nya ada average speed nda ya? Kalo ada, mungkin bisa di reset, lalu coba tes full to full dan catat average speed nya juga. Kalo di bawah 15 km/jam, jelas akan sangat boros..
average speed? hmmm. kayaknya nggak ada deh. tapi memang segitu sih. banyak idle nunggu anak-istri di dalem dan ac nyala. maklum newbie, jadi baru sadar kalau kelakuan kyk gini bikin bocor bensin :big_childish:
ajprasetyo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Tue Dec 26, 2017 16:10
Location: DEPOK
Daily Vehicle: All New Grand Livina 2013-akhir XV AT 1500 cc

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Post by ajprasetyo »

dizco wrote: Fri May 11, 2018 12:42 saya ex-user OGL XV MT 2011, sudah khatam pahit manisnya mobil ini sejauh 176 ribu km. satu highlight utama buat saya konsumsi bbm nya ajeg di sekitar 1:13-1:14, kaki kanan suka bolos kuliah, kondisi pemakaian dalam kota stop&go, luar kota nyeruntul. oli setelah lulus dari beres pakai shell HX-7 10W-30

di keluarga besar saya masih ada beberapa yang piara GL, untuk konsumsi BBM sejelek jeleknya di jakarta sepertinya terakhir ngobrol masih sekitar 1:9-1:10, jadi untuk TS sepertinya mobilnya perlu dicek lagi mesinnya
saya pakai shell itu juga sepertinya. kalau di depok mungkin lebih macet ya gan. di daerah gunadharma kelapa dua sering stuck satu jalan cuma 2 km bisa 1 jam. dan kyknya kelakuan ane yg sering ngadem di mobil nunggu anak istri juga jadi penyebab. lebaran ini mau coba bawa mobil, sekalian coba. kalau memang hasilnya parah, baru ke bengkel. ada yg tau bengkel yg bagus buat service BeRes dan Non Beres batu makan grand livina perihal konsumsi BBM kah gan?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: Fri May 11, 2018 13:17
Mod, silahkan japri saya kalau butuh bantuan untuk menjalankan CiBonya, GRATIS. Kan sayang tuh mobil ganteng dan kenceng cuma keluar masuk garasi sekalian juga supaya FCnya membaik :big_biglaugh:
Mobil udah 6 bulan odometer blom sampe 1000... :big_childish: di rumah klo ngga da saya nggak ada yang mau pake, habis gimana pendek sih :big_biglaugh: tar bulan juni baru mulai kenceng naiknya itu odo.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Post by P47hos »

ajprasetyo wrote: Fri May 11, 2018 15:38
dizco wrote: Fri May 11, 2018 12:42 saya ex-user OGL XV MT 2011, sudah khatam pahit manisnya mobil ini sejauh 176 ribu km. satu highlight utama buat saya konsumsi bbm nya ajeg di sekitar 1:13-1:14, kaki kanan suka bolos kuliah, kondisi pemakaian dalam kota stop&go, luar kota nyeruntul. oli setelah lulus dari beres pakai shell HX-7 10W-30

di keluarga besar saya masih ada beberapa yang piara GL, untuk konsumsi BBM sejelek jeleknya di jakarta sepertinya terakhir ngobrol masih sekitar 1:9-1:10, jadi untuk TS sepertinya mobilnya perlu dicek lagi mesinnya
saya pakai shell itu juga sepertinya. kalau di depok mungkin lebih macet ya gan. di daerah gunadharma kelapa dua sering stuck satu jalan cuma 2 km bisa 1 jam. dan kyknya kelakuan ane yg sering ngadem di mobil nunggu anak istri juga jadi penyebab. lebaran ini mau coba bawa mobil, sekalian coba. kalau memang hasilnya parah, baru ke bengkel. ada yg tau bengkel yg bagus buat service BeRes dan Non Beres batu makan grand livina perihal konsumsi BBM kah gan?
Saran Saya ganti minimal ke HX 8 yg 5w-30 full syn, sukur2 ada rejeki pake 5W-40 soalnya tarikannya jauh lbh ringan, daya tahan oli nya jg lebih lama(+/- 8000km) dihitung2 jatuhnya malah lbh murah dibanding pake HX-7(semi-syn) cuma tahan paling 5000km sudah warning bikin sludge didlm.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Post by IGedeAmat »

b8099ok wrote: Fri May 11, 2018 12:10
IGedeAmat wrote: Fri May 11, 2018 10:15
b8099ok wrote: Fri May 11, 2018 10:01
#bakarFRD
Stelan vvt kurang dimainin. Mereka kail tenaga dgn cara majuin timing aja.
#injekbijiFRD
sorry kepo dikit om bebonk,
kenapa engineer Nissan gak mainin stelan vvt ya ?
apa ada "harga" yang harus dibayar buat itu (konsumsi bbm / umur komponen / emisi gas buang / ???) ??
Emisi gas buang, scavenging utk simulasi exhaust gas recirculation. Dan lebih krn malas klo menurut ane.
Make sense kalo gitu,
diluar sono soal kadar emisi gas buang emang gak bisa maen2,
liat aja udah beberapa pabrikan kena kasus soal kadar emisi..
gmash
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Feb 21, 2011 10:11

Re: GRAND LIVINA 2013 XV AT Kenapa boros bgt ya?

Post by gmash »

Saya pengguna HWS 2011 1.5 matic (non cvt)
Dari baru sampai dijual pas masuk tahun ke 6, di km 120rb
Dari pengalaman sih, gak pernah seboros itu

Penyakit utama sih memang ngelitik,
tapi lumayan solve dengan rutin carbon cleaner dan minum minimal 92
juga rutin servis di beres per 10rb

pemakaian dalkot kira 9-11km/L ini juga sangat2 tergantung kondisi
pemakaian luar kota, saya pernah tembus 22km/L (metode full to full)
jangan tanya kok bisa sampai segitu
namanya konsumsi bbm, sangat2 tergantung banyak faktor

tapi so far puas dengan mobil ini
apalagi yang saya punya HWS,
pada zamannya lumayan lah tampilan dan fiturnya

mobil ini sangat stabil di kecepatan tinggi
terutama kalo buat nikung
semakin kenceng, semakin kerasa napak tanah
pernah coba sampai 190 km/jam (nyaris mentok itu spido)
masih oke juga
sbnrnya msh bisa nambah,
tapi udah takut, dan track jalan sdh g memungkinkan
gth jg
yang 1800cc bisa lari sampai brp brati.

sama 1 lagi
matiknya (masih matik konvensional) lumayan enak program komputernya
kalo overdrive dilepas,
ga langsung naik ke gigi 4,
tapi malah nambah rpm dan otomatis juga tenaga
jadi malah berasa tambah kenceng lagi
trus baru setelah bbrp saat,
baru naik gigi

bgtu yang saya bisa share.