RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Oct 04, 2013 9:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012

RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri »

Dear Para Sesepuh SM yang budiman,

Ane newbie yang uda lama jd silent reader, mau tanya kendala di mobil ane AN Xenia 2012 R (1.3L). Jadi problem yang sering terjadi (mskp tidak selalu), saat pindah gigi dari 1 mau masuk ke gigi 2 seringnya RPM mesin tidak mau turun mskpn pedal gas dilepas & pedal kopling udah diinjak mentok. Jadi pas kondisi netral (jeda dr gigi 1 ke 2) gas free & kopling diinjek, RPM tetep tinggi, baru setelah gigi dioper ke 2, RPM mesin mau turun. Problem ini cuma kejadian saat mau pindah dari gigi 1 ke gigi 2 aja, selain itu ga ada masalah sama sekali. Menurut para suhu disini, penyebabnya knp ya? Atau ada part yang perlu diganti? Terima kasih sebelumnya, mohon maaf kalo tritnya acak2an (trit pertama setelah jd member 5th,he2)..
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by IGedeAmat »

Kabel gas nyangkut... ?
Maybe...
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by b8099ok »

Idle control valve macet itu, bersihin aja
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Oct 04, 2013 9:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri »

IGedeAmat wrote: Wed Apr 25, 2018 1:26 Kabel gas nyangkut... ?
Maybe...
sepertinya bukan om, kl kbl gas mgkn ga spesifik tiap mau pindah dr gigi 1 ke 2. Trs jg kl kbl gas, harusnya mobil lgsg nylonong bgtu msk gigi 2, ini nggak. CMIIW
GpN
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Thu Apr 20, 2017 10:32
Location: Bekasi

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by GpN »

Saya juga meraskan gitu om di semua mobil avanza yg pernah saya kendarai 2011-grand new, krn sy punya yg grand new.
Pernah nanya bengkel resmi emng begitu krakter mesinnya avanza biar gak drop tenaga kata ass nya
User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Oct 04, 2013 9:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri »

b8099ok wrote: Wed Apr 25, 2018 2:13 Idle control valve macet itu, bersihin aja
makasi infonya om, ane cb googling cara bersihinnya dl. Ini mau dibawa ke bengkel nunggu gajian dl, sambil cari info spy ada gambaran kira2 apa yg musti diperbaiki/diganti.
User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Oct 04, 2013 9:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri »

GpN wrote: Wed Apr 25, 2018 6:26 Saya juga meraskan gitu om di semua mobil avanza yg pernah saya kendarai 2011-grand new, krn sy punya yg grand new.
Pernah nanya bengkel resmi emng begitu krakter mesinnya avanza biar gak drop tenaga kata ass nya
Ohh, emang gt ya om? Waktu itu punya om rpm tinggi setiap kali pindah gigi atau cm waktu dr gigi 1 ke gigi 2 aja? Terima kasih pencerahannya..
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by michaelgiri93 »

Saya pernah coba avanza 1.3 tahun 2008, 2011, sama yang new 2012.
Ke 3nya terutama kalo berakselerasi gasnya begitu, kaya telat nutupnya dan dari gigi 1 ke 2. Kalau 2 ke 3 masih tapi tdk separah yg 1 ke 2.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by nimoo »

saya pernah setir avanza gen 1 & 2 begitu semua, tapi kalo [cencored] di rpm tengah ke tinggi malah lebih parah kayak gas diinjek padahal kaki udh lepas full
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by quyquy »

All new xenia 2012 ini masih pake mesin K3VE yg single vvti itu kan?

Kalo rpm tiba2 sering ngegerung tinggi itu memang kelemahan nya mesin K3VE.

Sensor iddle up nya kotor. Tinggal bersihin aja.

Selagi mo bersihin sensor idle up sekalian bersihin throtle bodynya. Mudah kok mencopot throtle bodynya.

Setelah bersih, dipasang lagi, trs jng lupa reser ecu nya.

Dijamin abis itu enak lagi mobilnya.

Oiya, kalo dikerjakan sama bengkel, kalo tukangya bilang sensor idle up nya rusak pak, jng percaya dulu. Suruh dia bersihin itu sensor. Kalo tukangnya bilang nggak bisa dibersihin berarti boong tu..

Kalo bsk2 rpm ngegerung lg padahal sensor udah dibersihin berarti memang rusak itu sensor.

Itu semua dari pengalaman ane sendiri, bebersih sendiri throtle body xenia vvti 2009.
User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Oct 04, 2013 9:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri »

michaelgiri93 wrote: Wed Apr 25, 2018 7:12 Saya pernah coba avanza 1.3 tahun 2008, 2011, sama yang new 2012.
Ke 3nya terutama kalo berakselerasi gasnya begitu, kaya telat nutupnya dan dari gigi 1 ke 2. Kalau 2 ke 3 masih tapi tdk separah yg 1 ke 2.
nimoo wrote: Wed Apr 25, 2018 9:29 saya pernah setir avanza gen 1 & 2 begitu semua, tapi kalo [cencored] di rpm tengah ke tinggi malah lebih parah kayak gas diinjek padahal kaki udh lepas full
makasi infonya Om Michael & Om Nimoo, ternyata emang karakter mesinnya gitu ya.
quyquy wrote: Wed Apr 25, 2018 14:48 All new xenia 2012 ini masih pake mesin K3VE yg single vvti itu kan?

Kalo rpm tiba2 sering ngegerung tinggi itu memang kelemahan nya mesin K3VE.

Sensor iddle up nya kotor. Tinggal bersihin aja.

Selagi mo bersihin sensor idle up sekalian bersihin throtle bodynya. Mudah kok mencopot throtle bodynya.

Setelah bersih, dipasang lagi, trs jng lupa reser ecu nya.

Dijamin abis itu enak lagi mobilnya.

Oiya, kalo dikerjakan sama bengkel, kalo tukangya bilang sensor idle up nya rusak pak, jng percaya dulu. Suruh dia bersihin itu sensor. Kalo tukangnya bilang nggak bisa dibersihin berarti boong tu..

Kalo bsk2 rpm ngegerung lg padahal sensor udah dibersihin berarti memang rusak itu sensor.

Itu semua dari pengalaman ane sendiri, bebersih sendiri throtle body xenia vvti 2009.
Makasih pencerahannya Om Quyquy, penjelasannya detail & sangat bermanfaat. Ntar kl libur mau nyoba cleaning idle up & throttle body sendiri (semoga saja bongkar2nya ga terlalu rumit, he2).
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by Mozawa »

Rpm gak turun itu udah jadi ciri khas an xenia avanza mulai tahun 2012 ....dari baru keluar dari showroompun udah begitu bawaannya... ini mobil emang kasar perpindahan transmisinya...,ama kadang terasa banget saat injectornya cut off dan on lagi....saat rpm nanggung...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by rajapb »

sengaja digituin biar alus dan gak endut2an, konsekuensi nya bikin agak selip.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by Pugman »

Saya pakai Avanza G 1.3 kebetulan tidak menemukan gejala seperti itu, tapi kalau rpm tidak segera turun, seperti kata suhu2 disini tersangka ya idle regulator
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by Duvebriliant0 »

It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by marmut »

mazveri wrote: Wed Apr 25, 2018 6:28
b8099ok wrote: Wed Apr 25, 2018 2:13 Idle control valve macet itu, bersihin aja
makasi infonya om, ane cb googling cara bersihinnya dl. Ini mau dibawa ke bengkel nunggu gajian dl, sambil cari info spy ada gambaran kira2 apa yg musti diperbaiki/diganti.

ngapain ke bengkel? kerjaan sambil merem itu..... beli karb kliner aja bongkar trotel body sendiri.
sebelum lepas baut trotel body, kendorin dulu baut ISC yang pake obeng kembang ada 2. hati-hati kepala bautnya slek karena agak keras ngebukanya, kalo mau gampang ujung obengnya sambil digetok palu.
kalo mau reset ECU boleh, enggak juga ngga masalah. yang utama musti reset ISC-nya.
setengah jam selesai.



*pake sarung tangan karet sama safety goggle waktu nyemprot-nyemprot karb klin.