RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Oct 2013, 16:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Contact:

RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri » 25 Apr 2018, 01:44

Dear Para Sesepuh SM yang budiman,

Ane newbie yang uda lama jd silent reader, mau tanya kendala di mobil ane AN Xenia 2012 R (1.3L). Jadi problem yang sering terjadi (mskp tidak selalu), saat pindah gigi dari 1 mau masuk ke gigi 2 seringnya RPM mesin tidak mau turun mskpn pedal gas dilepas & pedal kopling udah diinjak mentok. Jadi pas kondisi netral (jeda dr gigi 1 ke 2) gas free & kopling diinjek, RPM tetep tinggi, baru setelah gigi dioper ke 2, RPM mesin mau turun. Problem ini cuma kejadian saat mau pindah dari gigi 1 ke gigi 2 aja, selain itu ga ada masalah sama sekali. Menurut para suhu disini, penyebabnya knp ya? Atau ada part yang perlu diganti? Terima kasih sebelumnya, mohon maaf kalo tritnya acak2an (trit pertama setelah jd member 5th,he2)..

IGedeAmat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 513
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by IGedeAmat » 25 Apr 2018, 08:26

Kabel gas nyangkut... ?
Maybe...

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2357
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by b8099ok » 25 Apr 2018, 09:13

Idle control valve macet itu, bersihin aja
Tune and drive! :big_love:

User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Oct 2013, 16:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Contact:

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri » 25 Apr 2018, 13:15

IGedeAmat wrote:
25 Apr 2018, 08:26
Kabel gas nyangkut... ?
Maybe...
sepertinya bukan om, kl kbl gas mgkn ga spesifik tiap mau pindah dr gigi 1 ke 2. Trs jg kl kbl gas, harusnya mobil lgsg nylonong bgtu msk gigi 2, ini nggak. CMIIW

GpN
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 20 Apr 2017, 17:32
Location: Bekasi

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by GpN » 25 Apr 2018, 13:26

Saya juga meraskan gitu om di semua mobil avanza yg pernah saya kendarai 2011-grand new, krn sy punya yg grand new.
Pernah nanya bengkel resmi emng begitu krakter mesinnya avanza biar gak drop tenaga kata ass nya

User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Oct 2013, 16:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Contact:

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri » 25 Apr 2018, 13:28

b8099ok wrote:
25 Apr 2018, 09:13
Idle control valve macet itu, bersihin aja
makasi infonya om, ane cb googling cara bersihinnya dl. Ini mau dibawa ke bengkel nunggu gajian dl, sambil cari info spy ada gambaran kira2 apa yg musti diperbaiki/diganti.

User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Oct 2013, 16:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Contact:

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri » 25 Apr 2018, 13:32

GpN wrote:
25 Apr 2018, 13:26
Saya juga meraskan gitu om di semua mobil avanza yg pernah saya kendarai 2011-grand new, krn sy punya yg grand new.
Pernah nanya bengkel resmi emng begitu krakter mesinnya avanza biar gak drop tenaga kata ass nya
Ohh, emang gt ya om? Waktu itu punya om rpm tinggi setiap kali pindah gigi atau cm waktu dr gigi 1 ke gigi 2 aja? Terima kasih pencerahannya..

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 752
Joined: 03 Sep 2016, 20:25

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by michaelgiri93 » 25 Apr 2018, 14:12

Saya pernah coba avanza 1.3 tahun 2008, 2011, sama yang new 2012.
Ke 3nya terutama kalo berakselerasi gasnya begitu, kaya telat nutupnya dan dari gigi 1 ke 2. Kalau 2 ke 3 masih tapi tdk separah yg 1 ke 2.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt

nimoo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: 14 Nov 2015, 21:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by nimoo » 25 Apr 2018, 16:29

saya pernah setir avanza gen 1 & 2 begitu semua, tapi kalo [cencored] di rpm tengah ke tinggi malah lebih parah kayak gas diinjek padahal kaki udh lepas full

quyquy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 331
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by quyquy » 25 Apr 2018, 21:48

All new xenia 2012 ini masih pake mesin K3VE yg single vvti itu kan?

Kalo rpm tiba2 sering ngegerung tinggi itu memang kelemahan nya mesin K3VE.

Sensor iddle up nya kotor. Tinggal bersihin aja.

Selagi mo bersihin sensor idle up sekalian bersihin throtle bodynya. Mudah kok mencopot throtle bodynya.

Setelah bersih, dipasang lagi, trs jng lupa reser ecu nya.

Dijamin abis itu enak lagi mobilnya.

Oiya, kalo dikerjakan sama bengkel, kalo tukangya bilang sensor idle up nya rusak pak, jng percaya dulu. Suruh dia bersihin itu sensor. Kalo tukangnya bilang nggak bisa dibersihin berarti boong tu..

Kalo bsk2 rpm ngegerung lg padahal sensor udah dibersihin berarti memang rusak itu sensor.

Itu semua dari pengalaman ane sendiri, bebersih sendiri throtle body xenia vvti 2009.

User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Oct 2013, 16:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Contact:

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri » 26 Apr 2018, 01:44

michaelgiri93 wrote:
25 Apr 2018, 14:12
Saya pernah coba avanza 1.3 tahun 2008, 2011, sama yang new 2012.
Ke 3nya terutama kalo berakselerasi gasnya begitu, kaya telat nutupnya dan dari gigi 1 ke 2. Kalau 2 ke 3 masih tapi tdk separah yg 1 ke 2.
nimoo wrote:
25 Apr 2018, 16:29
saya pernah setir avanza gen 1 & 2 begitu semua, tapi kalo [cencored] di rpm tengah ke tinggi malah lebih parah kayak gas diinjek padahal kaki udh lepas full
makasi infonya Om Michael & Om Nimoo, ternyata emang karakter mesinnya gitu ya.
quyquy wrote:
25 Apr 2018, 21:48
All new xenia 2012 ini masih pake mesin K3VE yg single vvti itu kan?

Kalo rpm tiba2 sering ngegerung tinggi itu memang kelemahan nya mesin K3VE.

Sensor iddle up nya kotor. Tinggal bersihin aja.

Selagi mo bersihin sensor idle up sekalian bersihin throtle bodynya. Mudah kok mencopot throtle bodynya.

Setelah bersih, dipasang lagi, trs jng lupa reser ecu nya.

Dijamin abis itu enak lagi mobilnya.

Oiya, kalo dikerjakan sama bengkel, kalo tukangya bilang sensor idle up nya rusak pak, jng percaya dulu. Suruh dia bersihin itu sensor. Kalo tukangnya bilang nggak bisa dibersihin berarti boong tu..

Kalo bsk2 rpm ngegerung lg padahal sensor udah dibersihin berarti memang rusak itu sensor.

Itu semua dari pengalaman ane sendiri, bebersih sendiri throtle body xenia vvti 2009.
Makasih pencerahannya Om Quyquy, penjelasannya detail & sangat bermanfaat. Ntar kl libur mau nyoba cleaning idle up & throttle body sendiri (semoga saja bongkar2nya ga terlalu rumit, he2).

User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: 02 Jan 2009, 00:47

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by Mozawa » 13 Oct 2018, 20:32

Rpm gak turun itu udah jadi ciri khas an xenia avanza mulai tahun 2012 ....dari baru keluar dari showroompun udah begitu bawaannya... ini mobil emang kasar perpindahan transmisinya...,ama kadang terasa banget saat injectornya cut off dan on lagi....saat rpm nanggung...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black

User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: 26 Nov 2015, 23:27

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by rajapb » 14 Oct 2018, 00:33

sengaja digituin biar alus dan gak endut2an, konsekuensi nya bikin agak selip.

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by Pugman » 14 Oct 2018, 08:07

Saya pakai Avanza G 1.3 kebetulan tidak menemukan gejala seperti itu, tapi kalau rpm tidak segera turun, seperti kata suhu2 disini tersangka ya idle regulator

Duvebriliant0
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 07 Feb 2016, 16:03

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by Duvebriliant0 » 14 Oct 2018, 08:10

2011 3SZ-VE
2015 1KR-DE
2016 1TR-FE
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2423
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by marmut » 14 Oct 2018, 09:09

mazveri wrote:
25 Apr 2018, 13:28
b8099ok wrote:
25 Apr 2018, 09:13
Idle control valve macet itu, bersihin aja
makasi infonya om, ane cb googling cara bersihinnya dl. Ini mau dibawa ke bengkel nunggu gajian dl, sambil cari info spy ada gambaran kira2 apa yg musti diperbaiki/diganti.

ngapain ke bengkel? kerjaan sambil merem itu..... beli karb kliner aja bongkar trotel body sendiri.
sebelum lepas baut trotel body, kendorin dulu baut ISC yang pake obeng kembang ada 2. hati-hati kepala bautnya slek karena agak keras ngebukanya, kalo mau gampang ujung obengnya sambil digetok palu.
kalo mau reset ECU boleh, enggak juga ngga masalah. yang utama musti reset ISC-nya.
setengah jam selesai.



*pake sarung tangan karet sama safety goggle waktu nyemprot-nyemprot karb klin.
pipes - cigars - coffee

Post Reply

Return to “Minibus / Station Types”