RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Oct 2013, 16:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Contact:

RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri » 25 Apr 2018, 01:44

Dear Para Sesepuh SM yang budiman,

Ane newbie yang uda lama jd silent reader, mau tanya kendala di mobil ane AN Xenia 2012 R (1.3L). Jadi problem yang sering terjadi (mskp tidak selalu), saat pindah gigi dari 1 mau masuk ke gigi 2 seringnya RPM mesin tidak mau turun mskpn pedal gas dilepas & pedal kopling udah diinjak mentok. Jadi pas kondisi netral (jeda dr gigi 1 ke 2) gas free & kopling diinjek, RPM tetep tinggi, baru setelah gigi dioper ke 2, RPM mesin mau turun. Problem ini cuma kejadian saat mau pindah dari gigi 1 ke gigi 2 aja, selain itu ga ada masalah sama sekali. Menurut para suhu disini, penyebabnya knp ya? Atau ada part yang perlu diganti? Terima kasih sebelumnya, mohon maaf kalo tritnya acak2an (trit pertama setelah jd member 5th,he2)..

IGedeAmat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by IGedeAmat » 25 Apr 2018, 08:26

Kabel gas nyangkut... ?
Maybe...

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2254
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by b8099ok » 25 Apr 2018, 09:13

Idle control valve macet itu, bersihin aja
Tune and drive! :big_love:

User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Oct 2013, 16:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Contact:

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri » 25 Apr 2018, 13:15

IGedeAmat wrote:
25 Apr 2018, 08:26
Kabel gas nyangkut... ?
Maybe...
sepertinya bukan om, kl kbl gas mgkn ga spesifik tiap mau pindah dr gigi 1 ke 2. Trs jg kl kbl gas, harusnya mobil lgsg nylonong bgtu msk gigi 2, ini nggak. CMIIW

GpN
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 20 Apr 2017, 17:32
Location: Bekasi

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by GpN » 25 Apr 2018, 13:26

Saya juga meraskan gitu om di semua mobil avanza yg pernah saya kendarai 2011-grand new, krn sy punya yg grand new.
Pernah nanya bengkel resmi emng begitu krakter mesinnya avanza biar gak drop tenaga kata ass nya

User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Oct 2013, 16:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Contact:

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri » 25 Apr 2018, 13:28

b8099ok wrote:
25 Apr 2018, 09:13
Idle control valve macet itu, bersihin aja
makasi infonya om, ane cb googling cara bersihinnya dl. Ini mau dibawa ke bengkel nunggu gajian dl, sambil cari info spy ada gambaran kira2 apa yg musti diperbaiki/diganti.

User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Oct 2013, 16:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Contact:

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri » 25 Apr 2018, 13:32

GpN wrote:
25 Apr 2018, 13:26
Saya juga meraskan gitu om di semua mobil avanza yg pernah saya kendarai 2011-grand new, krn sy punya yg grand new.
Pernah nanya bengkel resmi emng begitu krakter mesinnya avanza biar gak drop tenaga kata ass nya
Ohh, emang gt ya om? Waktu itu punya om rpm tinggi setiap kali pindah gigi atau cm waktu dr gigi 1 ke gigi 2 aja? Terima kasih pencerahannya..

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 725
Joined: 03 Sep 2016, 20:25

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by michaelgiri93 » 25 Apr 2018, 14:12

Saya pernah coba avanza 1.3 tahun 2008, 2011, sama yang new 2012.
Ke 3nya terutama kalo berakselerasi gasnya begitu, kaya telat nutupnya dan dari gigi 1 ke 2. Kalau 2 ke 3 masih tapi tdk separah yg 1 ke 2.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt

nimoo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: 14 Nov 2015, 21:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by nimoo » 25 Apr 2018, 16:29

saya pernah setir avanza gen 1 & 2 begitu semua, tapi kalo [cencored] di rpm tengah ke tinggi malah lebih parah kayak gas diinjek padahal kaki udh lepas full

quyquy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by quyquy » 25 Apr 2018, 21:48

All new xenia 2012 ini masih pake mesin K3VE yg single vvti itu kan?

Kalo rpm tiba2 sering ngegerung tinggi itu memang kelemahan nya mesin K3VE.

Sensor iddle up nya kotor. Tinggal bersihin aja.

Selagi mo bersihin sensor idle up sekalian bersihin throtle bodynya. Mudah kok mencopot throtle bodynya.

Setelah bersih, dipasang lagi, trs jng lupa reser ecu nya.

Dijamin abis itu enak lagi mobilnya.

Oiya, kalo dikerjakan sama bengkel, kalo tukangya bilang sensor idle up nya rusak pak, jng percaya dulu. Suruh dia bersihin itu sensor. Kalo tukangnya bilang nggak bisa dibersihin berarti boong tu..

Kalo bsk2 rpm ngegerung lg padahal sensor udah dibersihin berarti memang rusak itu sensor.

Itu semua dari pengalaman ane sendiri, bebersih sendiri throtle body xenia vvti 2009.

User avatar
mazveri
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 04 Oct 2013, 16:20
Location: Malang
Daily Vehicle: All New Xenia 2012
Contact:

Re: RPM ANX tidak mau turun mskp kopling diinjak saat pindah gigi

Post by mazveri » 26 Apr 2018, 01:44

michaelgiri93 wrote:
25 Apr 2018, 14:12
Saya pernah coba avanza 1.3 tahun 2008, 2011, sama yang new 2012.
Ke 3nya terutama kalo berakselerasi gasnya begitu, kaya telat nutupnya dan dari gigi 1 ke 2. Kalau 2 ke 3 masih tapi tdk separah yg 1 ke 2.
nimoo wrote:
25 Apr 2018, 16:29
saya pernah setir avanza gen 1 & 2 begitu semua, tapi kalo [cencored] di rpm tengah ke tinggi malah lebih parah kayak gas diinjek padahal kaki udh lepas full
makasi infonya Om Michael & Om Nimoo, ternyata emang karakter mesinnya gitu ya.
quyquy wrote:
25 Apr 2018, 21:48
All new xenia 2012 ini masih pake mesin K3VE yg single vvti itu kan?

Kalo rpm tiba2 sering ngegerung tinggi itu memang kelemahan nya mesin K3VE.

Sensor iddle up nya kotor. Tinggal bersihin aja.

Selagi mo bersihin sensor idle up sekalian bersihin throtle bodynya. Mudah kok mencopot throtle bodynya.

Setelah bersih, dipasang lagi, trs jng lupa reser ecu nya.

Dijamin abis itu enak lagi mobilnya.

Oiya, kalo dikerjakan sama bengkel, kalo tukangya bilang sensor idle up nya rusak pak, jng percaya dulu. Suruh dia bersihin itu sensor. Kalo tukangnya bilang nggak bisa dibersihin berarti boong tu..

Kalo bsk2 rpm ngegerung lg padahal sensor udah dibersihin berarti memang rusak itu sensor.

Itu semua dari pengalaman ane sendiri, bebersih sendiri throtle body xenia vvti 2009.
Makasih pencerahannya Om Quyquy, penjelasannya detail & sangat bermanfaat. Ntar kl libur mau nyoba cleaning idle up & throttle body sendiri (semoga saja bongkar2nya ga terlalu rumit, he2).

Post Reply

Return to “Minibus / Station Types”