250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by Profith83 »

Hallo para pembaca, admin dan semua penghuni SM.

Saya punya D4D AT 2012 (Innova diesel matic) KM masih 52.[cencored]
Enaknya dijual bekas dapat uang 250 kemudian dibelikan 7 seater yang baru misalnya :
XPander atau Sienta atau Avanza.

Tidak perlu baru, bekas pun gak papa karena saya juga jual mobil saya yang sudah berumur 5 tahun.

Apakah layak dijual dan digantikan dengan mobil yang lain?
Kriteria :
1. 7 seater senyaman Innova, jepang.
2. Irit, anggap 5,000 KM. Dengan asumsi 1 Liter = 9 KM.
Memakai solar 555 liter x 5,150 = 2,858,250. + campuran vitamin diesel 250,000
Olie 7 liter x 100,000 = 700,000.
olie garden tiap 20,000 KM. 4L=100,000 = 400,000. Karena perbandingan 5,000 KM artinya 400,000/4 = 100,000 --> mobil penggerak roda depan
tidak ada olie garden.
olie power steering tiap 40,000 KM ganti dengan biaya 100.000 x 4 = 400,000. Karena perbadingan tiap 5,000 KM maka 400,000/8 = 50,000 -->
mobil pakai EPS tidak perlu ganti olie Power steering
Artiya tiap 5,000 KM keluar biaya Total = 2,858,250 + 250,000 + 700,000 + 100,000 + 50,000 = sekitar 3,950,000

Misal dicompare denan Mobilio 1 Liter = 10 KM (rute sama)
Pakai Dex 8600 x 500 liter = 4,300,000
Olie 4 liter x 100 rb = 400,000
olie garden 0 rupiah
olie power steering 0 rupiah
Tiap 5,000 KM keluar biaya 4,700,000
3. spare part murah dan jarang rusak
4. bandel
5. harga jual akan bertahan(kuat)

Ada inputan diganti mobil apa ya dengan kriteria diatas, baru ataupun bekas sama saja.
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 04 Feb 2017, 08:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT
Contact:

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by adriangaut »

Pake terus aja, innova 50rb km masih panjang umurnya
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by ginting »

Profith83 wrote: 16 Oct 2017, 13:23 Hallo para pembaca, admin dan semua penghuni SM.

Saya punya D4D AT 2012 (Innova diesel matic) KM masih 52.[cencored]
Enaknya dijual bekas dapat uang 250 kemudian dibelikan 7 seater yang baru misalnya :
XPander atau Sienta atau Avanza.

Tidak perlu baru, bekas pun gak papa karena saya juga jual mobil saya yang sudah berumur 5 tahun.

Apakah layak dijual dan digantikan dengan mobil yang lain?
Kriteria :
1. 7 seater senyaman Innova, jepang.
2. Irit, anggap 5,000 KM. Dengan asumsi 1 Liter = 9 KM.
Memakai solar 555 liter x 5,150 = 2,858,250. + campuran vitamin diesel 250,000
Olie 7 liter x 100,000 = 700,000.
olie garden tiap 20,000 KM. 4L=100,000 = 400,000. Karena perbandingan 5,000 KM artinya 400,000/4 = 100,000 --> mobil penggerak roda depan
tidak ada olie garden.
olie power steering tiap 40,000 KM ganti dengan biaya 100.000 x 4 = 400,000. Karena perbadingan tiap 5,000 KM maka 400,000/8 = 50,000 -->
mobil pakai EPS tidak perlu ganti olie Power steering
Artiya tiap 5,000 KM keluar biaya Total = 2,858,250 + 250,000 + 700,000 + 100,000 + 50,000 = sekitar 3,950,000

Misal dicompare denan Mobilio 1 Liter = 10 KM (rute sama)
Pakai Dex 8600 x 500 liter = 4,300,000
Olie 4 liter x 100 rb = 400,000
olie garden 0 rupiah
olie power steering 0 rupiah
Tiap 5,000 KM keluar biaya 4,700,000
3. spare part murah dan jarang rusak
4. bandel
5. harga jual akan bertahan(kuat)

Ada inputan diganti mobil apa ya dengan kriteria diatas, baru ataupun bekas sama saja.
Waduhhh, oom...
Kalau disini itu namanya salah bertanya.
udah pasti 90% jawabnya "kebanting" kalao ganti mobil devva D4d matic ke mobil yang "itu".
Yuk kita bikin sensus,..pasti pada gak nyaranin...

Kalau menurut saya, mobil masih Odo segitu jangan dijual dulu. Belum ada yang bisa menyaingi akomodasi, performance all rounder D4D dibanding opsi yng oom TS bilang.

So, pake saja dulu oom.
Minimal sampai 200K di Odo.

Simpan duitnya. Mantap djiwa.!!
User avatar
fariezal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: 11 Mar 2015, 21:12

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by fariezal »

D4D matic mobil dicari orang,,, tp diliat kendaraan tahun 2012 dijual minta 250juta ya agag lama laku nya, cz pasarannya udah gag sampai segitu sekarang.... Kecuali nawarin harga segitu ya ga masalah
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by daftar »

ya kalo bicara keiritan & perawatan innova d4d 50ribu Km masih bisa bersaing sama LMPV baru selama isinya solar busuk,,

lain halnya kalo bicara soal kelincahan, fun to drive, fitur, safety, hingga immob :mky_03: LMPV generasi terbaru mungkin bisa lebih unggul
:ngacir:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by NYoman »

Yang jadi masalah, ditanya yang senyaman innova terutama seri 2012..
Jawabannya gak ada, even ANKI pun gak senyaman dan selincah GNKI (proved) seminggu pakai punya temen, regret to sell old GNKI..

Kalau dibanding biaya perawatan langsung dari beres, jujur saya malah bilang lebih banyak keluar duit untuk servis di mobilio.. Saya ada brio yang lebih kecil dari si mobilio, servis tiap 10rb nya lebih mahal dari GNKI saya yang total pekerjaan nya tidak sebanyak mobil yang lebih besar..

Kecuali emng nyari yang fun to drive dan nyari yang enak dibawa ngebut ya mobilio itu pilihan paling masuk akal..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by coklatMetalik »

Pertahankan aja itu ipah solar
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by arfs »

Hmm gk salah GNKI lebih nyaman dr ANKI?

Saya jg punya GNKI coba ANKI punya sepupu rasanya jauh lebih baik peredaman NVH (Noise Vibration Harshness) nya. Kalau lincah emg kdg terasa lebih lincah GNKI mungkin karena dimensi nya yg lebih kecil dan suspensi nya tdk se empuk ANKI jd handling ny terasa lebih lincah.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by liep »

mobil dewa SM kok dijual hehe, pdhal kriterianya ud msuk smua: 7seater+irit+jepang+bandel+km msh 50rb

bosan sangking awet+km ga nambah2 rupanya
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: 15 Nov 2016, 12:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by adrevolution »

Mungkin pendapat sy gak populer, tapi paham kok kadang namanya udah 5 taun mungkin bosen pengen ganti suasana ya gimana yah...

Kalau baru sih emg pasti turun kelas dari GNKI, tapi so far dari tes duduk di 3 mobil tsb yg paling mendekati innova ya xpander... sepertinya karakteristik resale value kl dicompare dgn avanza akan mirip dgn pajero sport vs fortuner...
Habis liat review xpander semalem cukup amazed dgn konsumsi bbmnya, harusnya 11 km/l dapet lah ya pake pertalite. Dan kalau untuk dipake 5 tahun dgn odo segitu rasanya aman2 saja.

Justru kalo bekas saya malah bingung, masa GNKI lagi, bosen atuh. Tapi fortuner, pajero sport malah dpt taun yg lebih tua (slow moving mulai jajan = higher running cost), x-trail 3rd row gak proper, ANKI diesel belom dapet :shrug:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
Crossoverjersey
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: 05 Mar 2017, 14:05
Location: Bandung

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by Crossoverjersey »

Sienta Q dapat tuh om 250 juta kan diskonnya 42 jt
Lebih canggih dari Xpander lah itu sienta Q kemana mana

Kekurangannya kalo VS Xpander
Lebih sempit dari Xpander
Exterior (masih bisa diupgrade jadi modellista)
Gada armrest Tengah

Tapi itu kan jadinya downgrade yah kalo dari Innova...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by ChZ »

7 seater senyaman Innova jepang irit bandel...

Klw bandingannya sama GNKI lama... ya Xpander Sport (prefer interior hitam klw sering bawa anak kecil)... atau Grand New Avanza Veloz juga menurut butt-o-meter ane gak hina-hina amat bantingannya... kebetulan skrg pake sebiji yang Grand New Avanza G...

Tp kalo sabar, ya Xpander Sport aja... indentnya bisa ampe taon depan tapi.
NYoman wrote: 16 Oct 2017, 14:06 Yang jadi masalah, ditanya yang senyaman innova terutama seri 2012..
Jawabannya gak ada, even ANKI pun gak senyaman dan selincah GNKI (proved) seminggu pakai punya temen, regret to sell old GNKI..

Kalau dibanding biaya perawatan langsung dari beres, jujur saya malah bilang lebih banyak keluar duit untuk servis di mobilio.. Saya ada brio yang lebih kecil dari si mobilio, servis tiap 10rb nya lebih mahal dari GNKI saya yang total pekerjaan nya tidak sebanyak mobil yang lebih besar..

Kecuali emng nyari yang fun to drive dan nyari yang enak dibawa ngebut ya mobilio itu pilihan paling masuk akal..
Prnh bandingin ANKI G vs GNKI ... kbetulan waktu tugas dinas jemput tamu... sewa 3 Innova 1 ANKI 2 GNKI... Brangkat pertama numpang di GNKI... pulangnya numpang yg ANKI... bantingan, NVH, semua ANKI lbh bagus... berasa banget kok... kaki-kaki jauh ANKI lebih enak terutama klw lewat gronjalan atw speedtrap.

pdhl ANKI nya G Diesel MT entry level... GNKI nya juga G Diesel MT... klw kelincahan yaaa ANKI lbh berat 200kg...

Soal perawatan beres hmmm yakin gak dicuanin ama beresnya ? Sya servis Civic HRV CRV semua normal-normal aja... per 10k KM jarang tembus sejuta... ama SA mah jangan mau klw ditawarin yang di luar buku serpis...

bengkel resmi Honda langganan kebetulan workshop managernya dulu orangnya sesuai SOP standar HPM dan buku serpis... kgk pernah nawarin yang aneh - aneh... jaman pake CRV RE malah nyaris gak keluar sepeserpun serpis 10k karna dapet voucher wkt beli... itupun abis cm 700ribu-an serpis 10k... malah mahalan Xenia tiap 10k... gile aja Xenia tiap 10k keluar tagihan sejuta... entah diapain aja mobilnya... jaman ane masih bego blom paham amat ama mobil... batin ane serpis CRV ma Xenia mahalan Xenia...

Di Nissan, telpon beres tanya serpis 20k berapaan... dijawab 2.5 juta... ditutup telponnya ama bokap karna g masuk akal... ngapain aja 2.5 juta... lsg bawa ke shop n drive ganti oli aja... wakakkaa...

Serpis di luaran dengan harga beres bisa dapet barang lbh bagus... wakakkaa... kuras rem, ganti ATF + XADO ATF, kuras radiator... cm sejutaan lebih dikit... mahal di XADO ATF nya...



Menarik bwat dibahas... video investigasi bengkel resmi di kanada... tp ga beda ama kelakuan bengkel resmi disini sih... sukanya nambahin apa yg g perlu di buku manual servis...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by Profith83 »

Saya pakai perbandingan dengan asumsi servis di luar servis berkala yang harus ke Bengkel resmi. Kalau masih garansi di Toyota murah karena jasa free. Sehingga perhitungan tidak memperhitungkan biaya jasa.
Karena itu perhitungan keluar untuk perbadingan :
1. BBM + vitamin(kalau bio solar harus pakai vitamin)
2. Olie tiap 5,000 KM ganti karena pakai 10-12 bulan baru 5,000 KM
3. Olie garden --> mobil penggerak roda depan yang biasanya LMPV gak pake olie gardan
4. Olie power steering --> mobil penggerak roda depan biasanya pakai Electronic power steering, sehingga tidak ada olie power steering

Keluar pebandigangan Ipah dan Mobilio dengan kriteria diatas 5,000 KM maka running cost 3.95 jt untuk Innova AT diesel dan 4.7 jt Mobilio RS AT.
Biarpun Mobilio dikeluarkan biaya jasa masih lebih mahal 750 rb per 5,000 KM. Belum lagi kalau biaya jasa dimasukkan.

Sebenarnya SEMUA LMPV biayanya saya yakin mirip mirip lah paling beda 100-150 rb per 5,000 KM. Jadi tidak dipakai sebagai perbandingan...
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Contact:

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by NYoman »

ChZ wrote: 16 Oct 2017, 16:00 7 seater senyaman Innova jepang irit bandel...

Klw bandingannya sama GNKI lama... ya Xpander Sport (prefer interior hitam klw sering bawa anak kecil)... atau Grand New Avanza Veloz juga menurut butt-o-meter ane gak hina-hina amat bantingannya... kebetulan skrg pake sebiji yang Grand New Avanza G...

Tp kalo sabar, ya Xpander Sport aja... indentnya bisa ampe taon depan tapi.
NYoman wrote: 16 Oct 2017, 14:06 Yang jadi masalah, ditanya yang senyaman innova terutama seri 2012..
Jawabannya gak ada, even ANKI pun gak senyaman dan selincah GNKI (proved) seminggu pakai punya temen, regret to sell old GNKI..

Kalau dibanding biaya perawatan langsung dari beres, jujur saya malah bilang lebih banyak keluar duit untuk servis di mobilio.. Saya ada brio yang lebih kecil dari si mobilio, servis tiap 10rb nya lebih mahal dari GNKI saya yang total pekerjaan nya tidak sebanyak mobil yang lebih besar..

Kecuali emng nyari yang fun to drive dan nyari yang enak dibawa ngebut ya mobilio itu pilihan paling masuk akal..
Prnh bandingin ANKI G vs GNKI ... kbetulan waktu tugas dinas jemput tamu... sewa 3 Innova 1 ANKI 2 GNKI... Brangkat pertama numpang di GNKI... pulangnya numpang yg ANKI... bantingan, NVH, semua ANKI lbh bagus... berasa banget kok... kaki-kaki jauh ANKI lebih enak terutama klw lewat gronjalan atw speedtrap.

pdhl ANKI nya G Diesel MT entry level... GNKI nya juga G Diesel MT... klw kelincahan yaaa ANKI lbh berat 200kg...

Soal perawatan beres hmmm yakin gak dicuanin ama beresnya ? Sya servis Civic HRV CRV semua normal-normal aja... per 10k KM jarang tembus sejuta... ama SA mah jangan mau klw ditawarin yang di luar buku serpis...

bengkel resmi Honda langganan kebetulan workshop managernya dulu orangnya sesuai SOP standar HPM dan buku serpis... kgk pernah nawarin yang aneh - aneh... jaman pake CRV RE malah nyaris gak keluar sepeserpun serpis 10k karna dapet voucher wkt beli... itupun abis cm 700ribu-an serpis 10k... malah mahalan Xenia tiap 10k... gile aja Xenia tiap 10k keluar tagihan sejuta... entah diapain aja mobilnya... jaman ane masih bego blom paham amat ama mobil... batin ane serpis CRV ma Xenia mahalan Xenia...

Di Nissan, telpon beres tanya serpis 20k berapaan... dijawab 2.5 juta... ditutup telponnya ama bokap karna g masuk akal... ngapain aja 2.5 juta... lsg bawa ke shop n drive ganti oli aja... wakakkaa...

Serpis di luaran dengan harga beres bisa dapet barang lbh bagus... wakakkaa... kuras rem, ganti ATF + XADO ATF, kuras radiator... cm sejutaan lebih dikit... mahal di XADO ATF nya...



Menarik bwat dibahas... video investigasi bengkel resmi di kanada... tp ga beda ama kelakuan bengkel resmi disini sih... sukanya nambahin apa yg g perlu di buku manual servis...
Thks for the info Chris.. Jujur kalau si RC1 yang di service agak mahal wajar secara memang mobil premium, lha ini mobil yang nyerempet LCGC bisa mahal bener, kebetulan service bawa ke RYL apa emg mereka macem2 itu ya, lha gila service 30rb brio 3.2jt..

Cuma kalau mau ganti Innova terutama seri tertinggi, mending di pending deh..
Bener kata bro ChZ kalau mau nunggu sekalian nunggu XPander walau tahun depan dan inden nya pun harus dari sekarang..
"naik xpander di giass, excited karena harga segitu gak ada yang ngalahin nyaman nya"
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Herdy999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 19 May 2017, 21:39
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: Avanza

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by Herdy999 »

fariezal wrote:D4D matic mobil dicari orang,,, tp diliat kendaraan tahun 2012 dijual minta 250juta ya agag lama laku nya, cz pasarannya udah gag sampai segitu sekarang.... Kecuali nawarin harga segitu ya ga masalah
blm dono seri G blm ada airboobs, temen beli 2014 vin 2013 220 jt 6 bln lalu.
ganti lmpv big mistake.
12valves
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: 21 Feb 2016, 02:03

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by 12valves »

yg skrg pakai LMPV pingin banget naik kelas ke D4D GNKI AT. ini malah sebaliknya? ga pingin disetirin pakai Alphard om??
- Plastic IMM Auxillary.
- CNC machines.

Free Proffesional concultancy : 081293578630
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by Profith83 »

maaf pertanyaannya kurang lengkap jadiya miss leading...

Lebih baik mana ditahan mobilnya ataukah dijual dan diganti dengan apa? dengan pertimbangan seperti diatas
gogon344
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: 30 Dec 2015, 10:53

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by gogon344 »

nyobain alphard om hehe nyaman dapet segitu tapi gen1 si hee masih gagah loh
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: 23 Dec 2009, 11:16

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by grandscenic »

Klo ga keberatan dg mobil yg udah berumur 9-10thn. Saya mau sarankan Toyota Previa, kmrn iseng liat di mobil123dotcom.. itu kisaran 190-200jt-an dg rasio thn kendaraan dan km pemakaian-wajar.. bukan mobil simpanan dan bukan jg mobil pekerja keras, diliat2 aja dulu.. klo perlu cek ke tkp, tes jalan, bisa cari yg dr user lgsg, liat riwayat buku perawatan dan minta kesediaan yg jual utk cek ke beres, since it’s Toyota.. berarti ga perlu terlalu khawatir soal bengkel, spare part dan jg montir nya.
Ini mobil emang bukan yg termasuk bnyk populasinya dan penampilan jg Family Minivan banget, ga terlalu menarik. Tp sepertinya 7seater yg sangat nyaman, soal keiritan dan perawatan saya ga tau krn blm prnh pake, mungkin ada SMers dsni yg pke atau tau ttg Previa boleh cerita dkit. Dari budget yg ada.. msh surplus 50jt-an, bisa buat yg lain :)
Etme Bulma Dünyası
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by Profith83 »

Crossoverjersey wrote: 16 Oct 2017, 15:50 Sienta Q dapat tuh om 250 juta kan diskonnya 42 jt
Lebih canggih dari Xpander lah itu sienta Q kemana mana

Kekurangannya kalo VS Xpander
Lebih sempit dari Xpander
Exterior (masih bisa diupgrade jadi modellista)
Gada armrest Tengah

Tapi itu kan jadinya downgrade yah kalo dari Innova...
Sebenarnya sih pingin juga Sienta karena :
1. Pernah test drive, mesinnya responsive, jadi kalau mau overtake dalam kota bisa lincah. Kalau mobil lemot kapan sampai tujuannya. Tujuannya bukan buat ngebut, cuma buat overtake supaya bias lincah saja.
2. Diskon cukup besar (kalau diatas 35 jt) sehingga terllihat value for money

yang gak suka itu :
1. Pemakaian BBM, Pertamax(Sienta) dibandingkan dengan Bio Solar(GNKI), jauh lebih murah Bio Solar.

Ada gak yah Mobil sebandel GNKI yang seirit pengeluaran BBM ANKI yang juga cukup besar seperti GNKI
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by liep »

Profith83 wrote: 17 Oct 2017, 08:34 Sebenarnya sih pingin juga Sienta karena :
1. Pernah test drive, mesinnya responsive, jadi kalau mau overtake dalam kota bisa lincah. Kalau mobil lemot kapan sampai tujuannya. Tujuannya bukan buat ngebut, cuma buat overtake supaya bias lincah saja.
2. Diskon cukup besar (kalau diatas 35 jt) sehingga terllihat value for money
yang gak suka itu :
1. Pemakaian BBM, Pertamax(Sienta) dibandingkan dengan Bio Solar(GNKI), jauh lebih murah Bio Solar.
Ada gak yah Mobil sebandel GNKI yang seirit pengeluaran BBM ANKI yang juga cukup besar seperti GNKI
coba test dfrive expander, kmrn ane sdh test yg versi manual, koplingnya dalam+enteng--btuh stel ulang, tp diluar itu sih isinya bagus smua, dr ruang mesin rapi+luas+cat ga berlepotan+ad peredam
bangku baris pertama posisi stir enak --tilt+tele, spionnya besar, tarikan gas enak, baris kedua dimajukan stlh posisi stir enakpun msh lega utk saya 175cm, stlh baris 2 maju full yg msh lega td, duduk baris 3 jg enak kok--mirip ipah lama jaraknya--tp cuma bisa buat 2org aj di blakang krn jarak sampingnya aj, saya kira posisi xpander lbih tinggi posisi duduk+sudut kaki tdk mengantung+tdk sesak, sienta sempitlah dibanding ini
peredaman bagus banget om, jauh dibanding veloz12 ato lio rs17, sptnya lbih baik dr ipah lawas jg, remnya jg ga anjrut2an
bini duduk baris ke2 dg anak2, habis test drive bilang enak+kedap+empuk+ga limbung+suspensi mantap lembutnya
saya coba rute yg sama dg lio rs17 stlh test drive+kecpt sama,,,,walahhh rasanya digoncang bgt, ga enak blas, sampe bini nyuruh ane tukar lio rsnya dg xpander hehe, ane ga ngincar kecpt max, akselerasi cukup ya sdh, tp sgaja pas test kmrn nyari jln yg ancur+ad polisi tidur, hasilnya bagus+enak, kami bdua stuju klo xpader bahkan lbih enak drpd hrv yg lbih mahal
jarak gap antar bodi jg bagus, lbih rapi dr lio rs ato bahkan hrv, catnya jg skilas saya liat tebal+rapi
saya liat kmrn mid unit test manual sdh 9000km fc10,..km/ltr, itu padahal dibuat test dalkot
bbm min pertalite sptnya
gaungnya xpander ini sptnya memang sdh disiapkan dg serius, jd mslh bandel+sparepart sptnya bisa lolos, info slaes kmrn utk orderan bln ini ad free jasa servis 3th klo ga salah

klo cuma mslh bosan dg mbl sama dpakai kelamaan tp msh btuh mbl luas dan nyaman, saya kira xpander bisa jd acuan--diluar antrian sd feb, tp klo mslh turun kelas+nyari mbl rwd ya lain lagi--xpander jd ga bisa msk hitungan
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by Pboyz97 »

Keep aja om GNKInya, umurnya bakal panjang tuh, GNKI termasuk mobil yg awet & bandel menurut saya, apalagi kmnya masih rendah gitu. Kalau mau ganti, saya vote xpander, soalnya leganya mirip2 GNKI & fiturnya lumayan lengkap untuk kelasnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by Pugman »

ChZ wrote: 16 Oct 2017, 16:00 7 seater senyaman Innova jepang irit bandel...

Klw bandingannya sama GNKI lama... ya Xpander Sport (prefer interior hitam klw sering bawa anak kecil)... atau Grand New Avanza Veloz juga menurut butt-o-meter ane gak hina-hina amat bantingannya... kebetulan skrg pake sebiji yang Grand New Avanza G...

Tp kalo sabar, ya Xpander Sport aja... indentnya bisa ampe taon depan tapi.
NYoman wrote: 16 Oct 2017, 14:06 Yang jadi masalah, ditanya yang senyaman innova terutama seri 2012..
Jawabannya gak ada, even ANKI pun gak senyaman dan selincah GNKI (proved) seminggu pakai punya temen, regret to sell old GNKI..

Kalau dibanding biaya perawatan langsung dari beres, jujur saya malah bilang lebih banyak keluar duit untuk servis di mobilio.. Saya ada brio yang lebih kecil dari si mobilio, servis tiap 10rb nya lebih mahal dari GNKI saya yang total pekerjaan nya tidak sebanyak mobil yang lebih besar..

Kecuali emng nyari yang fun to drive dan nyari yang enak dibawa ngebut ya mobilio itu pilihan paling masuk akal..
Prnh bandingin ANKI G vs GNKI ... kbetulan waktu tugas dinas jemput tamu... sewa 3 Innova 1 ANKI 2 GNKI... Brangkat pertama numpang di GNKI... pulangnya numpang yg ANKI... bantingan, NVH, semua ANKI lbh bagus... berasa banget kok... kaki-kaki jauh ANKI lebih enak terutama klw lewat gronjalan atw speedtrap.

pdhl ANKI nya G Diesel MT entry level... GNKI nya juga G Diesel MT... klw kelincahan yaaa ANKI lbh berat 200kg...

Soal perawatan beres hmmm yakin gak dicuanin ama beresnya ? Sya servis Civic HRV CRV semua normal-normal aja... per 10k KM jarang tembus sejuta... ama SA mah jangan mau klw ditawarin yang di luar buku serpis...

bengkel resmi Honda langganan kebetulan workshop managernya dulu orangnya sesuai SOP standar HPM dan buku serpis... kgk pernah nawarin yang aneh - aneh... jaman pake CRV RE malah nyaris gak keluar sepeserpun serpis 10k karna dapet voucher wkt beli... itupun abis cm 700ribu-an serpis 10k... malah mahalan Xenia tiap 10k... gile aja Xenia tiap 10k keluar tagihan sejuta... entah diapain aja mobilnya... jaman ane masih bego blom paham amat ama mobil... batin ane serpis CRV ma Xenia mahalan Xenia...

Di Nissan, telpon beres tanya serpis 20k berapaan... dijawab 2.5 juta... ditutup telponnya ama bokap karna g masuk akal... ngapain aja 2.5 juta... lsg bawa ke shop n drive ganti oli aja... wakakkaa...

Serpis di luaran dengan harga beres bisa dapet barang lbh bagus... wakakkaa... kuras rem, ganti ATF + XADO ATF, kuras radiator... cm sejutaan lebih dikit... mahal di XADO ATF nya...



Menarik bwat dibahas... video investigasi bengkel resmi di kanada... tp ga beda ama kelakuan bengkel resmi disini sih... sukanya nambahin apa yg g perlu di buku manual servis...
Ngomongin Xado, kalau Xado yang untuk pelapis mesin yang pakainya dicampur kedalam oli mesin pernah pakai Om?
User avatar
katumiri
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 25 Dec 2016, 09:18
Location: Jakarta

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by katumiri »

Punya GNKI matic diesel mo dijual? 20 taon lagi juga masih jagjag waringkas tu mobil asal dirawat. Sayang kalo dijual apalagi dituker sama LMPV. Ikut dukung yg vote jangan dijual, pake aja
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: 14 Feb 2014, 15:01

Re: 250 jt - 7 seater, jepang, irit dan bandel

Post by liep »

katumiri wrote: 17 Oct 2017, 13:28 Punya GNKI matic diesel mo dijual? 20 taon lagi juga masih jagjag waringkas tu mobil asal dirawat. Sayang kalo dijual apalagi dituker sama LMPV. Ikut dukung yg vote jangan dijual, pake aja

Ipah 2012 dpake 20th lg sih kmungkinan besar msh jln..wong truk mercy nunung aj msh bisa jln sd skrang. Tp ap yakin ga bosan make mbl yg sama 25th? Hahaha...
Kdg ganti mbl itu bkn krn rusak...utk beberapa org..ganti mbl itu salah satunya krn bosan kok ga rusak2 dipake
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post