Itu minyak visco fan. Iya, kadang kebanyakan jadi mesin suaranya kayak Kijang Kapsul. Balik dan minta dikurangin aja om, saya juga kemarin gitu juga. Saya ganti timing belt di 110rb abis tahun udah 2012.Luxman wrote: ↑30 Sep 2018, 18:34 Misi para suhu. Saya pakai ipah D4D 2013. Kemaren udah km 150rb. Ganti timing belt. Ketika di bongkar ketahuan minyak di kipas radiator habis. Oleh montir dikasih lagi. Setelah itu kok kedengarannya suaranya kenceng banget ya sampau masuk kabin. Apalagi kalau di gas. Apa ini normal ?
Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: 30 Apr 2016, 16:04
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Saya juga ngalamin om, tapi saya pake innova e bensin 2010. Smpt service ac di bengkel ac langganan, fluida2 ganti semua (mgkn termasuk minyak visco ini ya). Sampe hari ini suara kipasnya gila kenceng bangettt. Bbrp kali tanya ke bengkel ac langganan "katanya" normal. Ngurangin minyak nya seberapa ya om?exflowly wrote: ↑30 Sep 2018, 19:10Itu minyak visco fan. Iya, kadang kebanyakan jadi mesin suaranya kayak Kijang Kapsul. Balik dan minta dikurangin aja om, saya juga kemarin gitu juga. Saya ganti timing belt di 110rb abis tahun udah 2012.Luxman wrote: ↑30 Sep 2018, 18:34 Misi para suhu. Saya pakai ipah D4D 2013. Kemaren udah km 150rb. Ganti timing belt. Ketika di bongkar ketahuan minyak di kipas radiator habis. Oleh montir dikasih lagi. Setelah itu kok kedengarannya suaranya kenceng banget ya sampau masuk kabin. Apalagi kalau di gas. Apa ini normal ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: 25 Jan 2016, 18:40
- Location: Jakarta
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Ipah dijel 2013 saya input shaft seal joint steer ke steering rack nya basah (seperti di foto)
Tapi oli power steering di reservoir nya level nya tetep sama alias gk kurang.
Mobil sehabis dipakai, dilantai garasi ttp bersih kering gk ada tanda oli power steering nya.
Kira2 kalau oli power steering nya dikuras aman gk yah, takutnya habis di flush oli power steering nya malah rembes terus bocor
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: 30 Apr 2016, 16:04
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Wah, saya kurang tau berapa mililiternya. Yang pasti kudu dirasain visconya setelah servis itu gimana muternya.erwinign wrote: ↑30 Sep 2018, 20:40
Saya juga ngalamin om, tapi saya pake innova e bensin 2010. Smpt service ac di bengkel ac langganan, fluida2 ganti semua (mgkn termasuk minyak visco ini ya). Sampe hari ini suara kipasnya gila kenceng bangettt. Bbrp kali tanya ke bengkel ac langganan "katanya" normal. Ngurangin minyak nya seberapa ya om?
Sebenarnya kalo kipas kayak angin ribut gitu sih logikanya lebih susah overheat (karena visconya greget), tapi saya tetep lebih suka standard aja lah, toh mobil juga pakenya gak buat towing dsb.
Kalo mau pasti, silakan telpon atau bawa langsung ke Ko Win 0811/0815-8789968 di Pluit Karang Asri.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: 12 Sep 2016, 00:37
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Saya pernah begini juga. Diisi minyak terlalu banyak. Di 2KD sampai mobil bergetar di 2500 rpm.erwinign wrote: ↑30 Sep 2018, 20:40Saya juga ngalamin om, tapi saya pake innova e bensin 2010. Smpt service ac di bengkel ac langganan, fluida2 ganti semua (mgkn termasuk minyak visco ini ya). Sampe hari ini suara kipasnya gila kenceng bangettt. Bbrp kali tanya ke bengkel ac langganan "katanya" normal. Ngurangin minyak nya seberapa ya om?exflowly wrote: ↑30 Sep 2018, 19:10Itu minyak visco fan. Iya, kadang kebanyakan jadi mesin suaranya kayak Kijang Kapsul. Balik dan minta dikurangin aja om, saya juga kemarin gitu juga. Saya ganti timing belt di 110rb abis tahun udah 2012.Luxman wrote: ↑30 Sep 2018, 18:34 Misi para suhu. Saya pakai ipah D4D 2013. Kemaren udah km 150rb. Ganti timing belt. Ketika di bongkar ketahuan minyak di kipas radiator habis. Oleh montir dikasih lagi. Setelah itu kok kedengarannya suaranya kenceng banget ya sampau masuk kabin. Apalagi kalau di gas. Apa ini normal ?
Dibongkar, dikurangi extrem, sampai nyaris tidak ada.
Baru bunyinya turun jauh.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: 04 May 2018, 17:54
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Permisi para suhuBecakTerbang wrote: ↑30 Sep 2018, 17:20 Izin tanya om2 semua
Innova kalau bodi kanan dan kiri ada selisih tinggi sekitar 1 - 2 cm normal atau tidak?
Saya ukur dari velg sampai fender
Posisi mobil terparkir di tempat yang rata dan baru spooring
Lebih banyak dikendarai sendiri (apakah pengaruh pembagian beban?)
Ada yang tahu ini kenapa?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: 25 Jan 2016, 18:40
- Location: Jakarta
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Innova ud brp lama usia nya?BecakTerbang wrote: ↑10 Oct 2018, 19:40Permisi para suhuBecakTerbang wrote: ↑30 Sep 2018, 17:20 Izin tanya om2 semua
Innova kalau bodi kanan dan kiri ada selisih tinggi sekitar 1 - 2 cm normal atau tidak?
Saya ukur dari velg sampai fender
Posisi mobil terparkir di tempat yang rata dan baru spooring
Lebih banyak dikendarai sendiri (apakah pengaruh pembagian beban?)
Ada yang tahu ini kenapa?
Waktu terakhir kali spooring kondisi per dan shockbreaker bagaimana?
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: 04 May 2018, 17:54
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: 28 Jul 2018, 06:52
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Innova diesel 2011
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Terima kasih om turboman......Turboman wrote: ↑24 Sep 2018, 22:20 To om Primagultom :
600 km PP dalam seminggu 2X berarti per minggu jalan 1200 km
per bulan 4800 km
Oli mineral API CI-4 pun bisa tancap 10.000 km dgn mudah, asal tiap ganti oli tuang 1 L mesran buat dorong sisa2 oli lama
Ganti oli = ganti filter olinya
EGR ditutup lebih baik.
15W40 mineral API CI-4 for 10.000 km in 2 months OCI :
- PTT 15W40 botol merah
- Mobil Delvac MX (cari di trusted seller)
- Caltex Delo Gold 15W40
- Conoco Power D (hanya ada kemasan pail)
Kalo mau lebih mantap lagi :
- PTT 15W40 semi Synthetic API CI-4 (botol hitam)
PTT ada distro nya di Medan, hub - 0812 6381 3899
Mobil Delvac MX mestinya juga ada di Medan
Caltex & Conoco ane gak yakin......wkwkwkw
Kalo oli Transmisi manual :
- WULING MTF 75W90 - beli di BeRes Wuling bagian spare parts
itu oli GL-4
OLI GARDAN :
pakai aja ENEOS 75W90 GL-5
murah - bagus
atau any kind 80W90 GL-5......merek bebas, asal yg ASLI
Kalo tutup egr ada efek buruknya GK om?
N cara pasangnya tinggal beli tutup egr n pasang ato ada lagi yg d lepas om turboman.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: 04 May 2018, 17:54
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Jadi ini gimana ya para suhu-suhu heheheBecakTerbang wrote: ↑10 Oct 2018, 22:27Udah 6 tahun
Shockbreaker sepertinya udah agak lemes yang kanan
Soal mengecek per saya kurang tahu caranya
Saya bingung permasalahannya di mana
Apa ganti shock-nya dulu aja atau bagaimana?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 195
- Joined: 26 Feb 2014, 11:32
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
di mobil saya juga gt om . sisi driver lebih pendek dari penumpang. ngak ngerti napa. kaki2 semua normal . pernah ganti shock baru di ukur jg gt. tapi selama bedanya ndikit mah cuek aja. hahaha.BecakTerbang wrote: ↑12 Oct 2018, 09:45Jadi ini gimana ya para suhu-suhu heheheBecakTerbang wrote: ↑10 Oct 2018, 22:27Udah 6 tahun
Shockbreaker sepertinya udah agak lemes yang kanan
Soal mengecek per saya kurang tahu caranya
Saya bingung permasalahannya di mana
Apa ganti shock-nya dulu aja atau bagaimana?
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Kalo EGR jalan terus justru malah bikin :Primagultom wrote:Terima kasih om turboman......Turboman wrote: ↑24 Sep 2018, 22:20 To om Primagultom :
600 km PP dalam seminggu 2X berarti per minggu jalan 1200 km
per bulan 4800 km
Oli mineral API CI-4 pun bisa tancap 10.000 km dgn mudah, asal tiap ganti oli tuang 1 L mesran buat dorong sisa2 oli lama
Ganti oli = ganti filter olinya
EGR ditutup lebih baik.
15W40 mineral API CI-4 for 10.000 km in 2 months OCI :
- PTT 15W40 botol merah
- Mobil Delvac MX (cari di trusted seller)
- Caltex Delo Gold 15W40
- Conoco Power D (hanya ada kemasan pail)
Kalo mau lebih mantap lagi :
- PTT 15W40 semi Synthetic API CI-4 (botol hitam)
PTT ada distro nya di Medan, hub - 0812 6381 3899
Mobil Delvac MX mestinya juga ada di Medan
Caltex & Conoco ane gak yakin......wkwkwkw
Kalo oli Transmisi manual :
- WULING MTF 75W90 - beli di BeRes Wuling bagian spare parts
itu oli GL-4
OLI GARDAN :
pakai aja ENEOS 75W90 GL-5
murah - bagus
atau any kind 80W90 GL-5......merek bebas, asal yg ASLI
Kalo tutup egr ada efek buruknya GK om?
N cara pasangnya tinggal beli tutup egr n pasang ato ada lagi yg d lepas om turboman.
- Intake penuh endapan, makin lama makin tebal
- Usia oli jadi sedikit lebih pendek
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: 04 May 2018, 17:54
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Ooooootulalit wrote: ↑12 Oct 2018, 10:03di mobil saya juga gt om . sisi driver lebih pendek dari penumpang. ngak ngerti napa. kaki2 semua normal . pernah ganti shock baru di ukur jg gt. tapi selama bedanya ndikit mah cuek aja. hahaha.BecakTerbang wrote: ↑12 Oct 2018, 09:45Jadi ini gimana ya para suhu-suhu heheheBecakTerbang wrote: ↑10 Oct 2018, 22:27
Udah 6 tahun
Shockbreaker sepertinya udah agak lemes yang kanan
Soal mengecek per saya kurang tahu caranya
Saya bingung permasalahannya di mana
Apa ganti shock-nya dulu aja atau bagaimana?
Kalau selisihnya 1-2cm masih aman tidak om?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: 22 Oct 2016, 10:30
- Daily Vehicle: IpahD4d - geniob16b -bmwn42b20
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Coba cek karet bodinya om,, karet antara bodi dgn sasis,, posisi di sasis,,blkg ban, diliat aja pasti ada karet item nyempil disituBecakTerbang wrote: ↑10 Oct 2018, 19:40Permisi para suhuBecakTerbang wrote: ↑30 Sep 2018, 17:20 Izin tanya om2 semua
Innova kalau bodi kanan dan kiri ada selisih tinggi sekitar 1 - 2 cm normal atau tidak?
Saya ukur dari velg sampai fender
Posisi mobil terparkir di tempat yang rata dan baru spooring
Lebih banyak dikendarai sendiri (apakah pengaruh pembagian beban?)
Ada yang tahu ini kenapa?
ojoh samve mavok vrohh !
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: 04 May 2018, 17:54
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Saya ngukurnya dari frame chassis paling belakang ke tanah om
Dari body ke tanah juga saya sudah ukur
Hasil selisih kiri dan kanan sama dari kedua pengukuran tsb
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: 25 Jan 2016, 18:40
- Location: Jakarta
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
gojenkz wrote:Coba cek karet bodinya om,, karet antara bodi dgn sasis,, posisi di sasis,,blkg ban, diliat aja pasti ada karet item nyempil disituBecakTerbang wrote: ↑10 Oct 2018, 19:40Permisi para suhuBecakTerbang wrote: ↑30 Sep 2018, 17:20 Izin tanya om2 semua
Innova kalau bodi kanan dan kiri ada selisih tinggi sekitar 1 - 2 cm normal atau tidak?
Saya ukur dari velg sampai fender
Posisi mobil terparkir di tempat yang rata dan baru spooring
Lebih banyak dikendarai sendiri (apakah pengaruh pembagian beban?)
Ada yang tahu ini kenapa?
Just FYI total ada 8 cushion body to chassis nya...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: 22 Oct 2016, 10:30
- Daily Vehicle: IpahD4d - geniob16b -bmwn42b20
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Kalo punya ane dulu mobil posisi miring kiri, pas di cek rupanya karet bodi no 2 (kiri) yang mendem,,trus sm montirnya bodinya diangkat,,ditambah karet tambahan,,alhasil bodi imbang kanan kiri
ojoh samve mavok vrohh !
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: 14 Oct 2018, 09:29
- Location: Cirebon
- Daily Vehicle: Innova
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Misi para om dan suhu nubie minta tolong pencerahan case nya sy mau ngangkat ipah diesel manual 2010 km udah 200 rb mobil masih standard dengan perawatan record nya kita gak tau cuman mobil udah modifikasi kaki kaki pelk lebar dan per mercy ama boge kira kira worthed ga yah bodi sih mulus, kira_ 2 di hargai berapa ya berhubung pertama kali mo pake jenis ini , mohon saran nya thanks all best regards
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: 03 Jul 2017, 17:48
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: B-6619-ges
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Saya pernah tambahin silicon oil 2 botol kecil (beli di toko spare part), kebanyakan... Malah jadi dengung.exflowly wrote: ↑01 Oct 2018, 01:15Wah, saya kurang tau berapa mililiternya. Yang pasti kudu dirasain visconya setelah servis itu gimana muternya.erwinign wrote: ↑30 Sep 2018, 20:40
Saya juga ngalamin om, tapi saya pake innova e bensin 2010. Smpt service ac di bengkel ac langganan, fluida2 ganti semua (mgkn termasuk minyak visco ini ya). Sampe hari ini suara kipasnya gila kenceng bangettt. Bbrp kali tanya ke bengkel ac langganan "katanya" normal. Ngurangin minyak nya seberapa ya om?
Sebenarnya kalo kipas kayak angin ribut gitu sih logikanya lebih susah overheat (karena visconya greget), tapi saya tetep lebih suka standard aja lah, toh mobil juga pakenya gak buat towing dsb.
Kalo mau pasti, silakan telpon atau bawa langsung ke Ko Win 0811/0815-8789968 di Pluit Karang Asri.
Belum lama bongkar lagi, kuras & bersihin, isi lagi 3 botol,masih kebanyakan, langsung bongkar disedot 1 botol jadi tinggal 2 botol, skrg udah pas.
Saat dingin udah gak terlalu berat klo diputar tangan.
Klo mesin belum panas, begitu mesin dimatiin kipasnya masih muter sebentar.
Sementara klo mesin udah panas bekas jalan jauh, begitu dimatiin, kipasnya berhenti seirama putaran mesin (fungsi bimetalnya masih bagus). Jarum temperatur normal2 aja.
Untuk bimetal ini, silahkan Google cara kerja viscous fan.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: 02 Apr 2017, 06:50
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Bisa jadi karena tanki bbm lagi full. Posisi tanki di sisi kiri belakang body. Wajar kalau tanki full body agak miring ke kiri. Terutama bagian belakanhgojenkz wrote:Coba cek karet bodinya om,, karet antara bodi dgn sasis,, posisi di sasis,,blkg ban, diliat aja pasti ada karet item nyempil disituBecakTerbang wrote: ↑10 Oct 2018, 19:40Permisi para suhuBecakTerbang wrote: ↑30 Sep 2018, 17:20 Izin tanya om2 semua
Innova kalau bodi kanan dan kiri ada selisih tinggi sekitar 1 - 2 cm normal atau tidak?
Saya ukur dari velg sampai fender
Posisi mobil terparkir di tempat yang rata dan baru spooring
Lebih banyak dikendarai sendiri (apakah pengaruh pembagian beban?)
Ada yang tahu ini kenapa?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: 04 May 2018, 17:54
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Punya saya miring ke kanan om...Luxman wrote: ↑14 Oct 2018, 18:21Bisa jadi karena tanki bbm lagi full. Posisi tanki di sisi kiri belakang body. Wajar kalau tanki full body agak miring ke kiri. Terutama bagian belakanhgojenkz wrote:Coba cek karet bodinya om,, karet antara bodi dgn sasis,, posisi di sasis,,blkg ban, diliat aja pasti ada karet item nyempil disitu
Masih belum ketemu penyakitnya
- Turboman
- SM Specialist
- Posts: 21985
- Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Disc rotor rem depan - alternative utk Ipah 2004 - 2015, harga ekonomis, kualitas setara OEM
Perfectly balanced from the factory
buatan Bendix
* bukan seles parts *
Perfectly balanced from the factory
buatan Bendix
* bukan seles parts *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: 30 Sep 2016, 10:52
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
jd kangen 2kd ane kl baca thread ini, paling seru & informatif...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: 14 May 2014, 10:40
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
rekan2 adakah yang pernah pakai filter solar aspira?
saya ganti aspira baru 2bulan / kurleb 2000km lampu indikator dah nyala. sebelumnya pakai sakura kurleb 1th baru nyala. bbm solbus + redline / psdk.
saya ganti aspira baru 2bulan / kurleb 2000km lampu indikator dah nyala. sebelumnya pakai sakura kurleb 1th baru nyala. bbm solbus + redline / psdk.
- nugroho bagor
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: 11 Mar 2011, 05:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 57 Replies
- 6362 Views
-
Last post by blackpolarbear
-
- 167 Replies
- 11124 Views
-
Last post by Hafidh0607
-
- 17 Replies
- 3236 Views
-
Last post by touchme
-
- 35 Replies
- 3678 Views
-
Last post by kepo2601
-
- 225 Replies
- 20383 Views
-
Last post by adityawei
-
- 0 Replies
- 413 Views
-
Last post by Prashskiy
-
- 11 Replies
- 3007 Views
-
Last post by gils
-
- 2481 Replies
- 140695 Views
-
Last post by sh00t
-
- 9 Replies
- 1066 Views
-
Last post by DrivingPotato
-
- 942 Replies
- 29636 Views
-
Last post by Suryaputra