Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Fiko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun Sep 22, 2019 7:46
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Fiko »

Om Turbo, oli power 2kd boleh pakai aisin afw tidak? Makasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

Fiko wrote:Om Turbo, oli power 2kd boleh pakai aisin afw tidak? Makasih
ya saya pake AFW+ utk Pow steering
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by romi10 »

Permisi numpang tanya kalo ipah saya udah di remap dan saya mau pasang intercooler kira2 mesti remap ulang apa ngga ya? kalo ngga di remap ulang kira2 ngefek gak pasang intercooler? Harga intercooler plus pasang yang harganya bersahabat dmn ya utk sekitaran jaksel?
sepedapetir
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Nov 19, 2019 16:28
Location: Kota Tangerang
Daily Vehicle: Cx5

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by sepedapetir »

Selamat malam. Kak, mau tny abis tarik inova 2011 kilometer sudah jalan 130rb. Pemilik sebelumnya servis rutin di auto 2k. Ada budget tambahn sktr 20jt utk up performa, kira2 paling pas dialokasi kemana saja ya?
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by pengendiesel »

KevinIG wrote: Tue Nov 05, 2019 13:50 Salam kenal semuanya.
Mohon maaf kalo salah lapak
Kebetulan saya pertengahan desember ini mau ambil unit innova matic diesel kisaran 2012-2015
Kira2 ad saran apa aja ya yang perlu di cek di innova ini? Penyakit nya apa aja?
Apakah unit yang kilometer nya tinggi (-+100k) masih layak di beli?
Barangkali disini ada yang jual innova diesel at wilayah sby bisa kontak2 om. Thanks
Innova tahun segitu susah yang di bawah 100k odonya.
Coba sering2 cek di mobil88 saja om, harga lebih tinggi tapi unit cenderung lebih terjamin.
Kalo kesulitan ngecek kondisi mobkas, bisa bawa ke auto2k. Dari mobil88nya mau kok kita cek dulu ke auto2k.
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Givrun »

IMG-20191120-WA0039.jpg

baru dikabarin dari bagian parts Atoyot the 76,5 udh datang.. buat persiapan nanti pake buntut 30.. rncana nya pasang skalian pas km 130 rb ganti t-belt + tensioner, n waterpump.. skalian setel klep dan cek alternator.. umur mobil tepat 6 tahun km 110 rbu an.. msh bsa pake kan t-belt nya ?? Cara cek keausan t-belt gmn ya ??


Oli nya rncana nya sih kalo dpt dello 400 0W30, atau gak PTT dynamic 5w30, q8 FT 8700 5w30, ams (lupa type nya) 5w30.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by benzz89 »

Mirip nih km nya ama 2kd ane. Pakenya timing belt or timing chain yah om? Ane juga blom pernah ganti nih sejak beli dari baru, rencana mau di jual tapi gak jadi melulu jadi lupa ganti T-belt/chain [emoji4] abis enak nih 2kd ngangenin jambakan torsi bawahnya.

Mau ikutin nih ganti thermostat supaya bisa pake oli buntut 30, pasti lebih ngacir tendangannya, cuman ntah apakah suara mesin jadi lebih kasar yah? Kangen juga ama buntut 30, pernah pake Mobil 1 5w-30 ngacir mobilnya.

Thermostat kena berapa duit yah om? Harus bongkar water pump yah ganti thermo? Ngeri leaking aja bongkar2 water pump secara mobil juga sudah berumur.
Givrun wrote:
IMG-20191120-WA0039.jpg

baru dikabarin dari bagian parts Atoyot the 76,5 udh datang.. buat persiapan nanti pake buntut 30.. rncana nya pasang skalian pas km 130 rb ganti t-belt + tensioner, n waterpump.. skalian setel klep dan cek alternator.. umur mobil tepat 6 tahun km 110 rbu an.. msh bsa pake kan t-belt nya ?? Cara cek keausan t-belt gmn ya ??


Oli nya rncana nya sih kalo dpt dello 400 0W30, atau gak PTT dynamic 5w30, q8 FT 8700 5w30, ams (lupa type nya) 5w30.
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Givrun »

benzz89 wrote: Wed Nov 20, 2019 13:13 Mirip nih km nya ama 2kd ane. Pakenya timing belt or timing chain yah om? Ane juga blom pernah ganti nih sejak beli dari baru, rencana mau di jual tapi gak jadi melulu jadi lupa ganti T-belt/chain [emoji4] abis enak nih 2kd ngangenin jambakan torsi bawahnya.

Mau ikutin nih ganti thermostat supaya bisa pake oli buntut 30, pasti lebih ngacir tendangannya, cuman ntah apakah suara mesin jadi lebih kasar yah? Kangen juga ama buntut 30, pernah pake Mobil 1 5w-30 ngacir mobilnya.

Thermostat kena berapa duit yah om? Harus bongkar water pump yah ganti thermo? Ngeri leaking aja bongkar2 water pump secara mobil juga sudah berumur.
Pakai nya t-belt om, t-chain gak perlu ganti2 ..
T- belt d manual book ganti d odo 150 rbu , km segitu tanda t belt d speedo akan menyala, ane rncana ganti d 130 rbu om karna d km segitu brarti umur nya dah 6 tahun lebih .. kalau ganti t - belt disarankan ganti tensioner dan waterpump , krna alasan umur juga thermostat skalian biar gak dua kali kerja.
Precaution aja sih om. Cmn ya spek bukaan thermostat nya aja yg ane trunin.

Ane rncana pake t belt gates, tensioner nsk dan waterpump aisin/gnb..
Dc thermostat 225k .. d pesen kan k jepang by Atoyot. 2 bln baru sampai.. pesen ini karna versi aftermarket nya gak ketemu.. hehe
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by benzz89 »

Noted with thanks Om Givrun informasinya [emoji120]

Jadi ganti t-belt baiknya sekalian ganti water pump om? Apa gak sayang kalau misal kondisi water pump masih bagus? Biasanya water pump kl bunyinya sdh kasar baru indikasi hrs ganti, cuman di mesin diesel hrs cek pake stetoskop secara mesinnya lebih berisik banding mesin bensin.

Baru dengar dari om nih ganti t-belt baiknya dibarengi dengan ganti water pump jg, memang kl utk pre-caution sih bagus sekali ini.
Givrun wrote:
benzz89 wrote: Wed Nov 20, 2019 13:13 Mirip nih km nya ama 2kd ane. Pakenya timing belt or timing chain yah om? Ane juga blom pernah ganti nih sejak beli dari baru, rencana mau di jual tapi gak jadi melulu jadi lupa ganti T-belt/chain [emoji4] abis enak nih 2kd ngangenin jambakan torsi bawahnya.

Mau ikutin nih ganti thermostat supaya bisa pake oli buntut 30, pasti lebih ngacir tendangannya, cuman ntah apakah suara mesin jadi lebih kasar yah? Kangen juga ama buntut 30, pernah pake Mobil 1 5w-30 ngacir mobilnya.

Thermostat kena berapa duit yah om? Harus bongkar water pump yah ganti thermo? Ngeri leaking aja bongkar2 water pump secara mobil juga sudah berumur.
Pakai nya t-belt om, t-chain gak perlu ganti2 ..
T- belt d manual book ganti d odo 150 rbu , km segitu tanda t belt d speedo akan menyala, ane rncana ganti d 130 rbu om karna d km segitu brarti umur nya dah 6 tahun lebih .. kalau ganti t - belt disarankan ganti tensioner dan waterpump , krna alasan umur juga thermostat skalian biar gak dua kali kerja.
Precaution aja sih om. Cmn ya spek bukaan thermostat nya aja yg ane trunin.

Ane rncana pake t belt gates, tensioner nsk dan waterpump aisin/gnb..
Dc thermostat 225k .. d pesen kan k jepang by Atoyot. 2 bln baru sampai.. pesen ini karna versi aftermarket nya gak ketemu.. hehe
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by evanbngdor »

benzz89 wrote: Thu Nov 21, 2019 0:29 Noted with thanks Om Givrun informasinya [emoji120]

Jadi ganti t-belt baiknya sekalian ganti water pump om? Apa gak sayang kalau misal kondisi water pump masih bagus? Biasanya water pump kl bunyinya sdh kasar baru indikasi hrs ganti, cuman di mesin diesel hrs cek pake stetoskop secara mesinnya lebih berisik banding mesin bensin.

Baru dengar dari om nih ganti t-belt baiknya dibarengi dengan ganti water pump jg, memang kl utk pre-caution sih bagus sekali ini.
Kalo mau sekalian pas ganti timing belt sih bisa aja ganti waterpump sama thermostat nya jg.

Saya sih kemarin ganti timing belt sama tensioner aja, itu jg kondisinya masih bagus 150rb km (6 tahun) padahal sering banget RPM tinggi karena transmisi manual, jalan speed 120-130 aja udh mendekati redline.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Dondhan
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Nov 19, 2019 17:08
Location: Bandarlampung
Daily Vehicle: Innova V diesel 2013-2014 GNKI

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dondhan »

Selamat siang.. Mohon saran dan rekomendasi nya om turboman dan suhu yang lainnya..
Saya baru 3 bulan ini ambil innova diesel V MT 2013 GNKI 2kd, sebelum nya pakai Honda CRV 2014.. Belum faham benar terkait mesin diesel.
Mohon pencerahan nya.
Gnki masih standar banget, skrg pakai ban dueller 215/70/15, oli masih pakai TMO diesel 15-40, barusan ganti fanbelt dan shock belakang kika genuine.
Mau tanya :
1. Suara mesin kasar banget..skrg odo baru 73000 ganti terakhir di 70.000 Habis baca2 saran om turbo pakai PTT yg buntut 40 atau merk apa yaa yg lain..
Soalnya skrg saya pakai ke bandung tarikan atas rada berat dan mentok di 120-an. Kalo dibandung beli dimana ya om alamat tokonya. Biar sekalian dibeli.

2. Habis baca2 omturbo dan di forum KIOC rencana cuma mau geser TPS dan tambah ring westgate.. Biar ada tenaga sedikit (harian pakai ke kantor pp 23km) pakai biosolar plus amsoil cetane. Kalo keluar kota pakai pertadex kadang dexlite. Atau ada saran lain utk mobil standar tapi rada ada tenaga nya.

3. Perawatan apa lagi oom-oom utk GNKI saya yg sdh KM 73.000-an... Biasa bengkel auto2k yg THS..

4. Apakah type ban saya salah sehingga berakibat berat di tenaga atas.. Saran type ukuran ban apa yg bagus.. Karena saya hanya ingin naik setingkat dari standar nya.

Mohon maaf oom2 masih banyak tanya belum faham benar di mesin diesel.
Thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

Dondhan wrote:Selamat siang.. Mohon saran dan rekomendasi nya om turboman dan suhu yang lainnya..
Saya baru 3 bulan ini ambil innova diesel V MT 2013 GNKI 2kd, sebelum nya pakai Honda CRV 2014.. Belum faham benar terkait mesin diesel.
Mohon pencerahan nya.
Gnki masih standar banget, skrg pakai ban dueller 215/70/15, oli masih pakai TMO diesel 15-40, barusan ganti fanbelt dan shock belakang kika genuine.
Mau tanya :
1. Suara mesin kasar banget..skrg odo baru 73000 ganti terakhir di 70.000 Habis baca2 saran om turbo pakai PTT yg buntut 40 atau merk apa yaa yg lain..
Soalnya skrg saya pakai ke bandung tarikan atas rada berat dan mentok di 120-an. Kalo dibandung beli dimana ya om alamat tokonya. Biar sekalian dibeli.

2. Habis baca2 omturbo dan di forum KIOC rencana cuma mau geser TPS dan tambah ring westgate.. Biar ada tenaga sedikit (harian pakai ke kantor pp 23km) pakai biosolar plus amsoil cetane. Kalo keluar kota pakai pertadex kadang dexlite. Atau ada saran lain utk mobil standar tapi rada ada tenaga nya.

3. Perawatan apa lagi oom-oom utk GNKI saya yg sdh KM 73.000-an... Biasa bengkel auto2k yg THS..

4. Apakah type ban saya salah sehingga berakibat berat di tenaga atas.. Saran type ukuran ban apa yg bagus.. Karena saya hanya ingin naik setingkat dari standar nya.

Mohon maaf oom2 masih banyak tanya belum faham benar di mesin diesel.
Thanks
Penyehatan mesin dulu

- Purging
- Kuras tangki
- Bersihkan intake dan tutup EGR
- Ganti air filter
- Cross Joint kasih greaae
- Bersihkan MAF sens

- Setelan rem tangan nahan roda belakang nggak ?
Dondhan
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Nov 19, 2019 17:08
Location: Bandarlampung
Daily Vehicle: Innova V diesel 2013-2014 GNKI

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dondhan »

Thanks om turboman..
-Setelan rem tangan tidak nahan roda..normal baik om..
- Ada link untuk cara tutup EGR oom.. Apakah nanti bisa di standarkan kembali..
- merk apa oom yang bagus untuk air filter nya..
- Rencana di Km.75000 mau ganti oli.. Kalo fastron gold 5w-40 TBN 10.3 dengan dengan PTT 5-40 mana yg rekomendasi oom turbo..ataukah royal purple 10-40 API CF..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

Dondhan wrote:Thanks om turboman..
-Setelan rem tangan tidak nahan roda..normal baik om..
- Ada link untuk cara tutup EGR oom.. Apakah nanti bisa di standarkan kembali..
- merk apa oom yang bagus untuk air filter nya..
- Rencana di Km.75000 mau ganti oli.. Kalo fastron gold 5w-40 TBN 10.3 dengan dengan PTT 5-40 mana yg rekomendasi oom turbo..ataukah royal purple 10-40 API CF..
Fast Gold 5W40 ane lom pernah coba

Kalo dapat harga miring en ASLI ya dicoba aja

Btw drpd beli Roy Purp, mending beli Schaeffer 5W40 di ToPed - Papasari aja yg cuman 120 rb / qt

itu oli kelas Keraton asli, cek aja harga di amazon brp

User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by romi10 »

Dondhan wrote: Thu Nov 21, 2019 4:00 Selamat siang.. Mohon saran dan rekomendasi nya om turboman dan suhu yang lainnya..
Saya baru 3 bulan ini ambil innova diesel V MT 2013 GNKI 2kd, sebelum nya pakai Honda CRV 2014.. Belum faham benar terkait mesin diesel.
Mohon pencerahan nya.
Gnki masih standar banget, skrg pakai ban dueller 215/70/15, oli masih pakai TMO diesel 15-40, barusan ganti fanbelt dan shock belakang kika genuine.
Mau tanya :
1. Suara mesin kasar banget..skrg odo baru 73000 ganti terakhir di 70.000 Habis baca2 saran om turbo pakai PTT yg buntut 40 atau merk apa yaa yg lain..
Soalnya skrg saya pakai ke bandung tarikan atas rada berat dan mentok di 120-an. Kalo dibandung beli dimana ya om alamat tokonya. Biar sekalian dibeli.

2. Habis baca2 omturbo dan di forum KIOC rencana cuma mau geser TPS dan tambah ring westgate.. Biar ada tenaga sedikit (harian pakai ke kantor pp 23km) pakai biosolar plus amsoil cetane. Kalo keluar kota pakai pertadex kadang dexlite. Atau ada saran lain utk mobil standar tapi rada ada tenaga nya.

3. Perawatan apa lagi oom-oom utk GNKI saya yg sdh KM 73.000-an... Biasa bengkel auto2k yg THS..

4. Apakah type ban saya salah sehingga berakibat berat di tenaga atas.. Saran type ukuran ban apa yg bagus.. Karena saya hanya ingin naik setingkat dari standar nya.

Mohon maaf oom2 masih banyak tanya belum faham benar di mesin diesel.
Thanks
Nubi bantu jawab ya om, no :
1. Awal2 saya juga ngerasa suara mesin ipah disel kasar, tp lama2 ngga kok, malah suaranya jd bikin ketagihan..
2. Ipah diesel std emang mentok di 120km/h om, dulu saya juga gitu, kl geser TPS dan tambah ring wastegate emang bikin turbo spool lebih cepet and kedengeran tapi ga signifikan kenaikannya..saran saya langsung REMAP aja om, itu perubahannya kenaikan powernya sangat significan and ntah kenapa mobil saya setelah remap getaran mesin jadi lebih kalem and solar lebih irit..
3.Justru kelebihan Ipah diesel ga perlu dipusingin sm perawatan yg ribet..rutin ganti oli fully synthetic aja sm filter oli n filter solar aja
4. REMAP

Sama-sama..
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by pengendiesel »

Dondhan wrote: Thu Nov 21, 2019 4:00 Selamat siang.. Mohon saran dan rekomendasi nya om turboman dan suhu yang lainnya..
Saya baru 3 bulan ini ambil innova diesel V MT 2013 GNKI 2kd, sebelum nya pakai Honda CRV 2014.. Belum faham benar terkait mesin diesel.
Mohon pencerahan nya.
Gnki masih standar banget, skrg pakai ban dueller 215/70/15, oli masih pakai TMO diesel 15-40, barusan ganti fanbelt dan shock belakang kika genuine.
Mau tanya :
1. Suara mesin kasar banget..skrg odo baru 73000 ganti terakhir di 70.000 Habis baca2 saran om turbo pakai PTT yg buntut 40 atau merk apa yaa yg lain..
Soalnya skrg saya pakai ke bandung tarikan atas rada berat dan mentok di 120-an. Kalo dibandung beli dimana ya om alamat tokonya. Biar sekalian dibeli.

2. Habis baca2 omturbo dan di forum KIOC rencana cuma mau geser TPS dan tambah ring westgate.. Biar ada tenaga sedikit (harian pakai ke kantor pp 23km) pakai biosolar plus amsoil cetane. Kalo keluar kota pakai pertadex kadang dexlite. Atau ada saran lain utk mobil standar tapi rada ada tenaga nya.

3. Perawatan apa lagi oom-oom utk GNKI saya yg sdh KM 73.000-an... Biasa bengkel auto2k yg THS..

4. Apakah type ban saya salah sehingga berakibat berat di tenaga atas.. Saran type ukuran ban apa yg bagus.. Karena saya hanya ingin naik setingkat dari standar nya.

Mohon maaf oom2 masih banyak tanya belum faham benar di mesin diesel.
Thanks
Innova 2kd m/t mah top speed mentok 140km/h saja, di jalan datar. Udah pernah nyoba, mau panjangnya seberapa tetep susah nglewatin 140.
Apalagi kalo rutenya menanjak ke bandung, imho 120km/h masih wajar. Gak bisa dibandingin sama crv.
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Givrun »

benzz89 wrote: Thu Nov 21, 2019 0:29 Noted with thanks Om Givrun informasinya [emoji120]

Jadi ganti t-belt baiknya sekalian ganti water pump om? Apa gak sayang kalau misal kondisi water pump masih bagus? Biasanya water pump kl bunyinya sdh kasar baru indikasi hrs ganti, cuman di mesin diesel hrs cek pake stetoskop secara mesinnya lebih berisik banding mesin bensin.

Baru dengar dari om nih ganti t-belt baiknya dibarengi dengan ganti water pump jg, memang kl utk pre-caution sih bagus sekali ini.
Owh brarti mending cek dlu ya om?.. ya ane dsarankan juga sih soal nya hehe..
evanbngdor wrote: Thu Nov 21, 2019 2:29
Kalo mau sekalian pas ganti timing belt sih bisa aja ganti waterpump sama thermostat nya jg.

Saya sih kemarin ganti timing belt sama tensioner aja, itu jg kondisinya masih bagus 150rb km (6 tahun) padahal sering banget RPM tinggi karena transmisi manual, jalan speed 120-130 aja udh mendekati redline.
Unit nya msh ada om ? Sdh km brp ya om ? Waterpump dn thermostat aman ??

iya sih om manual book 150 rbu km. tapi kalau ane tunggu sampai segitu kayak nya jd 7 tahun.. ngeri jga karna kalau putus fatal kta nya..

Kebetulan d 130 rbu jadwal kuras radiator.. kalau gak ada tanda seret dan bocor , apa better ganti thermostat saja.. udh kebeli ini :upss:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by evanbngdor »

Givrun wrote: Fri Nov 22, 2019 4:52
evanbngdor wrote: Thu Nov 21, 2019 2:29
Kalo mau sekalian pas ganti timing belt sih bisa aja ganti waterpump sama thermostat nya jg.

Saya sih kemarin ganti timing belt sama tensioner aja, itu jg kondisinya masih bagus 150rb km (6 tahun) padahal sering banget RPM tinggi karena transmisi manual, jalan speed 120-130 aja udh mendekati redline.
Unit nya msh ada om ? Sdh km brp ya om ? Waterpump dn thermostat aman ??

iya sih om manual book 150 rbu km. tapi kalau ane tunggu sampai segitu kayak nya jd 7 tahun.. ngeri jga karna kalau putus fatal kta nya..

Kebetulan d 130 rbu jadwal kuras radiator.. kalau gak ada tanda seret dan bocor , apa better ganti thermostat saja.. udh kebeli ini :upss:
Masih ada Om, ngga akan dijual jg kecuali terpaksa banget sih ini mobil haha.

Skg odometernya 153 ribuan. Kemaren ganti T-belt&Tensioner sekitar bulan oktober. Waterpump&thermostat kemaren waktu bongkar sih ngga keliatan ada rembesan.

Temen saya malah ada yg sampe t-belt nya putus di odometer 350rb an, belom pernah ganti dr baru, yaudah mati aja gitu di jalan, diganti timing belt baru langsung tokcer lg katanya
:mky_08:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by osbertc0ol »

evanbngdor wrote: Fri Nov 22, 2019 5:05
Masih ada Om, ngga akan dijual jg kecuali terpaksa banget sih ini mobil haha.

Skg odometernya 153 ribuan. Kemaren ganti T-belt&Tensioner sekitar bulan oktober. Waterpump&thermostat kemaren waktu bongkar sih ngga keliatan ada rembesan.

Temen saya malah ada yg sampe t-belt nya putus di odometer 350rb an, belom pernah ganti dr baru, yaudah mati aja gitu di jalan, diganti timing belt baru langsung tokcer lg katanya
:mky_08:
WOW biasanya timing belt putus hancur itu mesinnya.. hebat banget ya 2kd... memang mesin badak.

[emo-mark-A]
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Givrun »

osbertc0ol wrote: Fri Nov 22, 2019 5:32
evanbngdor wrote: Fri Nov 22, 2019 5:05
Masih ada Om, ngga akan dijual jg kecuali terpaksa banget sih ini mobil haha.

Skg odometernya 153 ribuan. Kemaren ganti T-belt&Tensioner sekitar bulan oktober. Waterpump&thermostat kemaren waktu bongkar sih ngga keliatan ada rembesan.

Temen saya malah ada yg sampe t-belt nya putus di odometer 350rb an, belom pernah ganti dr baru, yaudah mati aja gitu di jalan, diganti timing belt baru langsung tokcer lg katanya
:mky_08:
WOW biasanya timing belt putus hancur itu mesinnya.. hebat banget ya 2kd... memang mesin badak.

[emo-mark-A]
Baca2 sih gpp kalau mati gak dpaksa hidupkan lagi, problem nya bnyk yg gak tau kalau yg bikin mati gara2 timing belt putus.. ambyar dah
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by DOHC »

Efek Timing belt putus tergantung type ruang bakar mesin nya, kl yg non interference yah gapapa, tp kl yg interference, jaminan bubar itu klep2 nya pd pengok kehajar piston..

Utk beberapa enjin setau ane ad yg non, misalnya enjin2 VW jadul.. kl yg interf setau ane enjin2 mitsu yg masi tbelt, ama toyota K series dan 4A series
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by benzz89 »

Unit ane km 130 ribuan hampir 10 taon blom pernah ganti V-belt, T-belt, engine2 mounting, water pump, shock breaker, kaki2, semua aman jaya, kaga rusak2, seumur2 punya mobil baru kali ini nemu yang kaya begini, beli dari baru puas pake banget... ajib nih 2KD [emoji38]
Givrun wrote:
benzz89 wrote: Thu Nov 21, 2019 0:29 Noted with thanks Om Givrun informasinya [emoji120]

Jadi ganti t-belt baiknya sekalian ganti water pump om? Apa gak sayang kalau misal kondisi water pump masih bagus? Biasanya water pump kl bunyinya sdh kasar baru indikasi hrs ganti, cuman di mesin diesel hrs cek pake stetoskop secara mesinnya lebih berisik banding mesin bensin.

Baru dengar dari om nih ganti t-belt baiknya dibarengi dengan ganti water pump jg, memang kl utk pre-caution sih bagus sekali ini.
Owh brarti mending cek dlu ya om?.. ya ane dsarankan juga sih soal nya hehe..
evanbngdor wrote: Thu Nov 21, 2019 2:29
Kalo mau sekalian pas ganti timing belt sih bisa aja ganti waterpump sama thermostat nya jg.

Saya sih kemarin ganti timing belt sama tensioner aja, itu jg kondisinya masih bagus 150rb km (6 tahun) padahal sering banget RPM tinggi karena transmisi manual, jalan speed 120-130 aja udh mendekati redline.
Unit nya msh ada om ? Sdh km brp ya om ? Waterpump dn thermostat aman ??

iya sih om manual book 150 rbu km. tapi kalau ane tunggu sampai segitu kayak nya jd 7 tahun.. ngeri jga karna kalau putus fatal kta nya..

Kebetulan d 130 rbu jadwal kuras radiator.. kalau gak ada tanda seret dan bocor , apa better ganti thermostat saja.. udh kebeli ini :upss:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by MSU »

romi10 wrote: Fri Nov 22, 2019 4:21
Dondhan wrote: Thu Nov 21, 2019 4:00 Selamat siang.. Mohon saran dan rekomendasi nya om turboman dan suhu yang lainnya..
Saya baru 3 bulan ini ambil innova diesel V MT 2013 GNKI 2kd, sebelum nya pakai Honda CRV 2014.. Belum faham benar terkait mesin diesel.
Mohon pencerahan nya.
Gnki masih standar banget, skrg pakai ban dueller 215/70/15, oli masih pakai TMO diesel 15-40, barusan ganti fanbelt dan shock belakang kika genuine.
Mau tanya :
1. Suara mesin kasar banget..skrg odo baru 73000 ganti terakhir di 70.000 Habis baca2 saran om turbo pakai PTT yg buntut 40 atau merk apa yaa yg lain..
Soalnya skrg saya pakai ke bandung tarikan atas rada berat dan mentok di 120-an. Kalo dibandung beli dimana ya om alamat tokonya. Biar sekalian dibeli.

2. Habis baca2 omturbo dan di forum KIOC rencana cuma mau geser TPS dan tambah ring westgate.. Biar ada tenaga sedikit (harian pakai ke kantor pp 23km) pakai biosolar plus amsoil cetane. Kalo keluar kota pakai pertadex kadang dexlite. Atau ada saran lain utk mobil standar tapi rada ada tenaga nya.

3. Perawatan apa lagi oom-oom utk GNKI saya yg sdh KM 73.000-an... Biasa bengkel auto2k yg THS..

4. Apakah type ban saya salah sehingga berakibat berat di tenaga atas.. Saran type ukuran ban apa yg bagus.. Karena saya hanya ingin naik setingkat dari standar nya.

Mohon maaf oom2 masih banyak tanya belum faham benar di mesin diesel.
Thanks
Nubi bantu jawab ya om, no :
1. Awal2 saya juga ngerasa suara mesin ipah disel kasar, tp lama2 ngga kok, malah suaranya jd bikin ketagihan..
2. Ipah diesel std emang mentok di 120km/h om, dulu saya juga gitu, kl geser TPS dan tambah ring wastegate emang bikin turbo spool lebih cepet and kedengeran tapi ga signifikan kenaikannya..saran saya langsung REMAP aja om, itu perubahannya kenaikan powernya sangat significan and ntah kenapa mobil saya setelah remap getaran mesin jadi lebih kalem and solar lebih irit..
3.Justru kelebihan Ipah diesel ga perlu dipusingin sm perawatan yg ribet..rutin ganti oli fully synthetic aja sm filter oli n filter solar aja
4. REMAP

Sama-sama..
rasa-nya ga wajar kalo mentok di 120kmh aja om...kayak kurang sehat ni mobil
saya bandinginnya ama kuda diesel...120kmh aja lewat...rasa-nya yg commonrail+turbo harusnya bisa lebih
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by evanbngdor »

osbertc0ol wrote: Fri Nov 22, 2019 5:32
evanbngdor wrote: Fri Nov 22, 2019 5:05
Masih ada Om, ngga akan dijual jg kecuali terpaksa banget sih ini mobil haha.

Skg odometernya 153 ribuan. Kemaren ganti T-belt&Tensioner sekitar bulan oktober. Waterpump&thermostat kemaren waktu bongkar sih ngga keliatan ada rembesan.

Temen saya malah ada yg sampe t-belt nya putus di odometer 350rb an, belom pernah ganti dr baru, yaudah mati aja gitu di jalan, diganti timing belt baru langsung tokcer lg katanya
:mky_08:
WOW biasanya timing belt putus hancur itu mesinnya.. hebat banget ya 2kd... memang mesin badak.

[emo-mark-A]
Usut punya usut katanya di dalem nya itu masih ada timing chain nya lg, makanya pas kondisi timing belt putus itu piston2 ngga pada berantakan yg akibatnya harus turun mesin.

Saya sih belom pernah ngebongkar, cuma denger cerita aja
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by romi10 »

MSU wrote: Fri Nov 22, 2019 7:00
romi10 wrote: Fri Nov 22, 2019 4:21
Dondhan wrote: Thu Nov 21, 2019 4:00 Selamat siang.. Mohon saran dan rekomendasi nya om turboman dan suhu yang lainnya..
Saya baru 3 bulan ini ambil innova diesel V MT 2013 GNKI 2kd, sebelum nya pakai Honda CRV 2014.. Belum faham benar terkait mesin diesel.
Mohon pencerahan nya.
Gnki masih standar banget, skrg pakai ban dueller 215/70/15, oli masih pakai TMO diesel 15-40, barusan ganti fanbelt dan shock belakang kika genuine.
Mau tanya :
1. Suara mesin kasar banget..skrg odo baru 73000 ganti terakhir di 70.000 Habis baca2 saran om turbo pakai PTT yg buntut 40 atau merk apa yaa yg lain..
Soalnya skrg saya pakai ke bandung tarikan atas rada berat dan mentok di 120-an. Kalo dibandung beli dimana ya om alamat tokonya. Biar sekalian dibeli.

2. Habis baca2 omturbo dan di forum KIOC rencana cuma mau geser TPS dan tambah ring westgate.. Biar ada tenaga sedikit (harian pakai ke kantor pp 23km) pakai biosolar plus amsoil cetane. Kalo keluar kota pakai pertadex kadang dexlite. Atau ada saran lain utk mobil standar tapi rada ada tenaga nya.

3. Perawatan apa lagi oom-oom utk GNKI saya yg sdh KM 73.000-an... Biasa bengkel auto2k yg THS..

4. Apakah type ban saya salah sehingga berakibat berat di tenaga atas.. Saran type ukuran ban apa yg bagus.. Karena saya hanya ingin naik setingkat dari standar nya.

Mohon maaf oom2 masih banyak tanya belum faham benar di mesin diesel.
Thanks
Nubi bantu jawab ya om, no :
1. Awal2 saya juga ngerasa suara mesin ipah disel kasar, tp lama2 ngga kok, malah suaranya jd bikin ketagihan..
2. Ipah diesel std emang mentok di 120km/h om, dulu saya juga gitu, kl geser TPS dan tambah ring wastegate emang bikin turbo spool lebih cepet and kedengeran tapi ga signifikan kenaikannya..saran saya langsung REMAP aja om, itu perubahannya kenaikan powernya sangat significan and ntah kenapa mobil saya setelah remap getaran mesin jadi lebih kalem and solar lebih irit..
3.Justru kelebihan Ipah diesel ga perlu dipusingin sm perawatan yg ribet..rutin ganti oli fully synthetic aja sm filter oli n filter solar aja
4. REMAP

Sama-sama..
rasa-nya ga wajar kalo mentok di 120kmh aja om...kayak kurang sehat ni mobil
saya bandinginnya ama kuda diesel...120kmh aja lewat...rasa-nya yg commonrail+turbo harusnya bisa lebih
Ya ga mentok juga sih tapi lama bgt naiknya ato pas lagi turunan baru cepet naiknya, itu menurut saya namanya mentok..

Di bilang ga sehat sih ga juga ya sblm remap waktu itu KM masih 50rban dan selalu ganti oli dan filter2 sebelum waktunya..cm ya emang selalu pake solar busuk doang