Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
fariezal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by fariezal »

Kuat dalam tanjakan, apa kencang di tanjakan....
D4Dnofal2012
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Jan 01, 2018 7:21
Location: surabaya
Daily Vehicle: D4D

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by D4Dnofal2012 »

Om fariezal, kuat di tanjakan dan no worry

Kalo kencang....nga la....
Anggap aja itu bonus
muvaed
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Dec 05, 2015 9:25

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by muvaed »

D4Dnofal2012 wrote: Mon Jan 08, 2018 8:54 Waduh.berarti nanti kalo ganti turbo harus ganti DP lagi ya...?

Emang kepikiran ke magelang aja ke Prospect autoline.

Sekalian mo tanya.
ATF Cooler pake Hayden 678 cukup kah?
M3ngingat sering full load dan tanjakan dan setir mobil lebih dari 4 jam

muvaed wrote: Mon Jan 08, 2018 8:31
D4Dnofal2012 wrote: Mon Jan 08, 2018 7:23 Suhu suhu 2KD FTV.
Salam kenal dari kudus.jawa tengah
Mo tanya tanya nih.
Ipah D4D AT 2013
Modif :
1.KnN
2.Exhaust system Full Set SAKI/ Kansai
3.Ground Cable + Super Ground Cable
4.oli 5W 40
5.gardan 75W 90

Mo tanya.
1.sebenere dengan spek modif di atas.
udah enak bgt.
tapi kok pengen nambah ya?
Spek untuk Harian /nga kejar HP n torsi tinggi
Mohon Rekomendasi Turbo buat gantikan turbo standart.
Bingung nih.pengennya dari RPM bawah sampai 4000 Rpm ngisi terus.
2.mohon rekomendasi Intercooler nya.
Yang plug and play.tanpa bobok.
3.mohon rekomendasi Piggyback antara
Dastek / Mons max
Secara pribadi, kok nga sreg ma REMAP.
4.mohon sarannya, pake Velg ANKI R16.apakah harus ganti rotor 280 mm atau sekalian ganti BBK?BBK mahal oiii

Target mobil ini di kisaran 230 - 240 HP
(Main Safety tapi NGA keluar indikator CHECK ENGINE)
Nga buat cari Top Speed
Tapi Maximise Utility buat mobil MPV
Secara umum, saya keluarga besar. Biasanya ni mobil full load 7 orang + 2 anak kecil.
Medan 70% jalan aspal
Sisanya ya...cuma jalan perbukitan, gunung dieng, gunung kidul tanjakan cino mati, candi colo kudus,..intinya tanjakan la..


Awal bulan februari 2018 mau ke Jakarta nih.sekalian mampir ke R*V barangkali keracunan yang lain

Makasih jawabannya suhu2 2KD
Budget ada lah....

Tujuan akhirnya, mobil MPV All around
kuat tanjakan dan IRIT
Permisi
Klo mau IHI rhf4 saya ada niih bekas pemakaia mau dilego om + DP bolt on kit nya jg.. kondisi normal
Trims
Minta berapa bro (via PM ) aja
Barangkali saya minat.

Ini turbo RHF4 maksimum set 1.6-1.8 bar atau di atas itu?
Ada no WA ga om, soalnya SMer nuebe blm bisa pm....heheee
WA ane 085324313636


Oia max 1.8 bar om
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dieselmani4 »

Met pagi master2 SM dan D4D owner, salam kenal

Baru ketemu ada tret ipah owner disini, biasa SR di k**kus dan di SM. Ternyata banyak id yg ane kenal jg di forum sebelah.. Belom baca2 dr awal tapi saya mo perkenalan dulu aja deh

Ipah GNKI V D4D MT 2013 item
Asal Bdg
Spec
Dastek q+, idrive (no TM)
Intercooler
Tuning di workshop S* Bandung
Kopling Beral Carbotec
EGR delete
Fuel cooler
DP bikin sendiri
Ground cable sendiri
Volt Stabiliser bikin sendiri
AF KNN & Sakura racing (cadangan)
Velg 18" ban hankook ventus
Final gear d4d matic
Per blkg Eibach, depan ori
SA belakang Bilstein item, d3pan ori
Oli antara Delvac Esp 10/40 atau motul CRDi
Aditif CRC fuel teraphy kadang oli 2T

Dipake buat mobil perang sehari2, ipah ini bener2 memuaskan. Fuel cons di MID bbrp kali reset selalu di atas 1:15. Accu awet dah 4thn lebih masih greng.. km sdh mau 80.000

Penyesalan ane cuman 1, gak beli yg matic. dulu gak sabaran nunggu matik lagi susah stoknya akhirnya beli manual
daffydoff
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Jun 12, 2013 8:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by daffydoff »

Dieselmani4 wrote: Wed Jan 24, 2018 2:24 Met pagi master2 SM dan D4D owner, salam kenal

Baru ketemu ada tret ipah owner disini, biasa SR di k**kus dan di SM. Ternyata banyak id yg ane kenal jg di forum sebelah.. Belom baca2 dr awal tapi saya mo perkenalan dulu aja deh

Ipah GNKI V D4D MT 2013 item
Asal Bdg
Spec
Dastek q+, idrive (no TM)
Intercooler
Tuning di workshop S* Bandung
Kopling Beral Carbotec
EGR delete
Fuel cooler
DP bikin sendiri
Ground cable sendiri
Volt Stabiliser bikin sendiri
AF KNN & Sakura racing (cadangan)
Velg 18" ban hankook ventus
Final gear d4d matic
Per blkg Eibach, depan ori
SA belakang Bilstein item, d3pan ori
Oli antara Delvac Esp 10/40 atau motul CRDi
Aditif CRC fuel teraphy kadang oli 2T

Dipake buat mobil perang sehari2, ipah ini bener2 memuaskan. Fuel cons di MID bbrp kali reset selalu di atas 1:15. Accu awet dah 4thn lebih masih greng.. km sdh mau 80.000

Penyesalan ane cuman 1, gak beli yg matic. dulu gak sabaran nunggu matik lagi susah stoknya akhirnya beli manual
Bdg dapet 1:15 GNKI?
Sadis om
Ane matic boro-boro 1:10 juga jarang.
Sering short trip doang sih
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dieselmani4 »

daffydoff wrote: Thu Jan 25, 2018 7:23
Bdg dapet 1:15 GNKI?
Sadis om
Ane matic boro-boro 1:10 juga jarang.
Sering short trip doang sih
Iya om. Mgkn krn manual. Dan kakinya sdh lulus S2. Cruising di tol paling 90-100 kph. Kecuali ke luar kota 100-120 kph. Gak suka bejek2 malah sukanya engine brake.
Stiap hari jalan 40-50km. Tol : non tol 50:50.
Dulu sebelum pasang daster jatuhnya 1:12
daffydoff
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Jun 12, 2013 8:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by daffydoff »

Dieselmani4 wrote: Thu Jan 25, 2018 10:03
Iya om. Mgkn krn manual. Dan kakinya sdh lulus S2. Cruising di tol paling 90-100 kph. Kecuali ke luar kota 100-120 kph. Gak suka bejek2 malah sukanya engine brake.
Stiap hari jalan 40-50km. Tol : non tol 50:50.
Dulu sebelum pasang daster jatuhnya 1:12


Oh sering tol, tol dan non 50 : 50 pantesan, hehe
Iya bnr om dulu ada 2kd manual juga lebih irit, heran juga, padahal rentang rpm nya main lebih tinggi rata-rata daripada matic nya.
Kaki ane kynya baru S1 om, kl dalkot ya kaki alus, tapi kalo tol agak dalem, tapi ga lebay sih diurut juga nginjeknya.
ke bdg pp tetep aja, mentok2 10-11km/l matic ane :big_dunno:
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dieselmani4 »

daffydoff wrote: Fri Jan 26, 2018 2:23
Oh sering tol, tol dan non 50 : 50 pantesan, hehe
Iya bnr om dulu ada 2kd manual juga lebih irit, heran juga, padahal rentang rpm nya main lebih tinggi rata-rata daripada matic nya.
Kaki ane kynya baru S1 om, kl dalkot ya kaki alus, tapi kalo tol agak dalem, tapi ga lebay sih diurut juga nginjeknya.
ke bdg pp tetep aja, mentok2 10-11km/l matic ane :big_dunno:
Iya om 50:50 palagi tol di Bdg masih lancar gak kyk di Jkt. Trus kalo dipake ngebut suka kasian sm mesinnya, 110kph aja sdh di 3000 rpm terdengar meraung.
Btw om ke bdg kok cuma 10-11 kpl ya.. sdh pake piggy om?
amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
Location: Kodya Tangerang

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by amd »

waah, enggak rugi ya kalau gitu ganti final gear a/t buat di pasang di mobil m/t, trus di tambah pigiback dkk hingga dapat fc 1:15
ikut nimbrung nih, akhir des kemaren ane baru dari tangerang ke wuryantoro jateng pp, total isi solar +/- 490ribu
yang sempat di catat dari tangerang ke spbu akr gringsing/batang/alas roban diisi full lagi hanya 170ribu (33 liter), atau FC 427km/33=12,94 kpl itu sudah terjebak macet di tol bekasi-cikarang utama +/- 1jam, setelah lancar kecepatan berkisar 100-120km.
kendaraan GNKI 2011 m/t standard, posisi odo 171k (EGR ditutup, OCT, DP, GC, Poles saluran intake)
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dieselmani4 »

amd wrote: Fri Jan 26, 2018 13:41 waah, enggak rugi ya kalau gitu ganti final gear a/t buat di pasang di mobil m/t, trus di tambah pigiback dkk hingga dapat fc 1:15
ikut nimbrung nih, akhir des kemaren ane baru dari tangerang ke wuryantoro jateng pp, total isi solar +/- 490ribu
yang sempat di catat dari tangerang ke spbu akr gringsing/batang/alas roban diisi full lagi hanya 170ribu (33 liter), atau FC 427km/33=12,94 kpl itu sudah terjebak macet di tol bekasi-cikarang utama +/- 1jam, setelah lancar kecepatan berkisar 100-120km.
kendaraan GNKI 2011 m/t standard, posisi odo 171k (EGR ditutup, OCT, DP, GC, Poles saluran intake)
Pertengahan Dec kmrn ane dari Bdg via Cipali & brexit ke Semarang trus ke Yogya via borobudur trus pulang ke Bdg lewat jalur selatan, total trip 4 hari.

Dari Bdg diisi biosolar 150rb, di semarang pas mo masuk tol unggaran mau ke yogya diisi 150rb lagi. Sampe Bdg posisi level fuel indikator kembali di awal. Total PP 1050km. Jalanan umumnya lancar, nemu macet di kendal sejam, di magelang sejam, kurleb.

Tiap abis perjalanan jauh ane bilang terimakasih sama ipah ane hehehe. Sambil doain mudah2an sehat2 aja. Mobil yg gagah tapi bandel dan irit, bener2 memuaskan.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by nugroho bagor »

Dieselmani4 wrote: Sat Jan 27, 2018 12:47
amd wrote: Fri Jan 26, 2018 13:41 waah, enggak rugi ya kalau gitu ganti final gear a/t buat di pasang di mobil m/t, trus di tambah pigiback dkk hingga dapat fc 1:15
ikut nimbrung nih, akhir des kemaren ane baru dari tangerang ke wuryantoro jateng pp, total isi solar +/- 490ribu
yang sempat di catat dari tangerang ke spbu akr gringsing/batang/alas roban diisi full lagi hanya 170ribu (33 liter), atau FC 427km/33=12,94 kpl itu sudah terjebak macet di tol bekasi-cikarang utama +/- 1jam, setelah lancar kecepatan berkisar 100-120km.
kendaraan GNKI 2011 m/t standard, posisi odo 171k (EGR ditutup, OCT, DP, GC, Poles saluran intake)
Pertengahan Dec kmrn ane dari Bdg via Cipali & brexit ke Semarang trus ke Yogya via borobudur trus pulang ke Bdg lewat jalur selatan, total trip 4 hari.

Dari Bdg diisi biosolar 150rb, di semarang pas mo masuk tol unggaran mau ke yogya diisi 150rb lagi. Sampe Bdg posisi level fuel indikator kembali di awal. Total PP 1050km. Jalanan umumnya lancar, nemu macet di kendal sejam, di magelang sejam, kurleb.

Tiap abis perjalanan jauh ane bilang terimakasih sama ipah ane hehehe. Sambil doain mudah2an sehat2 aja. Mobil yg gagah tapi bandel dan irit, bener2 memuaskan.
Dan para pakar Rock ,ngincar 2kd 2014-2015,bekasnya ngeri hargannya
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by iamwewe »

amd wrote: Fri Jan 26, 2018 13:41 waah, enggak rugi ya kalau gitu ganti final gear a/t buat di pasang di mobil m/t, trus di tambah pigiback dkk hingga dapat fc 1:15
ikut nimbrung nih, akhir des kemaren ane baru dari tangerang ke wuryantoro jateng pp, total isi solar +/- 490ribu
yang sempat di catat dari tangerang ke spbu akr gringsing/batang/alas roban diisi full lagi hanya 170ribu (33 liter), atau FC 427km/33=12,94 kpl itu sudah terjebak macet di tol bekasi-cikarang utama +/- 1jam, setelah lancar kecepatan berkisar 100-120km.
kendaraan GNKI 2011 m/t standard, posisi odo 171k (EGR ditutup, OCT, DP, GC, Poles saluran intake)
Nunpang nanya om. Odo udh 171k, utk sektor kaki2 udh perawatan apa aja selain ganti shock?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

iamwewe wrote:
amd wrote: Fri Jan 26, 2018 13:41 waah, enggak rugi ya kalau gitu ganti final gear a/t buat di pasang di mobil m/t, trus di tambah pigiback dkk hingga dapat fc 1:15
ikut nimbrung nih, akhir des kemaren ane baru dari tangerang ke wuryantoro jateng pp, total isi solar +/- 490ribu
yang sempat di catat dari tangerang ke spbu akr gringsing/batang/alas roban diisi full lagi hanya 170ribu (33 liter), atau FC 427km/33=12,94 kpl itu sudah terjebak macet di tol bekasi-cikarang utama +/- 1jam, setelah lancar kecepatan berkisar 100-120km.
kendaraan GNKI 2011 m/t standard, posisi odo 171k (EGR ditutup, OCT, DP, GC, Poles saluran intake)
Nunpang nanya om. Odo udh 171k, utk sektor kaki2 udh perawatan apa aja selain ganti shock?
kalo saya sih dulu babat semua

Ball Joint atas bawah

Tie rod end

Rack end

semua pake 555 Sankei

Karet link stabilizer ganti

alhasil mobil enak lagi spt baru saat high speed

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by iamwewe »

Turboman wrote: Mon Jan 29, 2018 1:17
iamwewe wrote:
amd wrote: Fri Jan 26, 2018 13:41 waah, enggak rugi ya kalau gitu ganti final gear a/t buat di pasang di mobil m/t, trus di tambah pigiback dkk hingga dapat fc 1:15
ikut nimbrung nih, akhir des kemaren ane baru dari tangerang ke wuryantoro jateng pp, total isi solar +/- 490ribu
yang sempat di catat dari tangerang ke spbu akr gringsing/batang/alas roban diisi full lagi hanya 170ribu (33 liter), atau FC 427km/33=12,94 kpl itu sudah terjebak macet di tol bekasi-cikarang utama +/- 1jam, setelah lancar kecepatan berkisar 100-120km.
kendaraan GNKI 2011 m/t standard, posisi odo 171k (EGR ditutup, OCT, DP, GC, Poles saluran intake)
Nunpang nanya om. Odo udh 171k, utk sektor kaki2 udh perawatan apa aja selain ganti shock?
kalo saya sih dulu babat semua

Ball Joint atas bawah

Tie rod end

Rack end

semua pake 555 Sankei

Karet link stabilizer ganti

alhasil mobil enak lagi spt baru saat high speed
tq2 om infonya. kadang liat org pake mobil odo sampe 200-250k mikirnya, ini mesin sasis transmisi gardan pasti kuat dgn perawatan std ganti oli filter dll. tapi utk kaki2 gimana ya.. perawatan apa aja dan apa nggak takut gitu sektor kaki2 kuat apa nggak (karat, retak rambut, karet etc)

thanks om skali lagi infonya. pengen coba juga pake mobil sampe 200 250k wkwkwkw :emo-flowerforyou:
amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
Location: Kodya Tangerang

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by amd »

iamwewe wrote: Sat Jan 27, 2018 14:56
amd wrote: Fri Jan 26, 2018 13:41 waah, enggak rugi ya kalau gitu ganti final gear a/t buat di pasang di mobil m/t, trus di tambah pigiback dkk hingga dapat fc 1:15
ikut nimbrung nih, akhir des kemaren ane baru dari tangerang ke wuryantoro jateng pp, total isi solar +/- 490ribu
yang sempat di catat dari tangerang ke spbu akr gringsing/batang/alas roban diisi full lagi hanya 170ribu (33 liter), atau FC 427km/33=12,94 kpl itu sudah terjebak macet di tol bekasi-cikarang utama +/- 1jam, setelah lancar kecepatan berkisar 100-120km.
kendaraan GNKI 2011 m/t standard, posisi odo 171k (EGR ditutup, OCT, DP, GC, Poles saluran intake)
Nunpang nanya om. Odo udh 171k, utk sektor kaki2 udh perawatan apa aja selain ganti shock?
perawatan di sektor kaki2 dari 2011 s/d sekarang :
-kampas TDW rem dpn+blk, ganti di posisi odo 142k (des/16)
-minyak rem dot3, buang/ganti setahun 1x di tiap2 neple ban+master kopling bwh (tdk dikuras total)

shock ganti 2x dpn+blk - OEM
ball joint atas/bwh, long tierod+tierod end blm pernah diganti, masih stabil lari diatas 100k dan telapak ban juga bagus.
pada waktu ganti shock dpn keadaan balljoint diperiksa masih bagus, tapi rencana akan diganti thn ini.

Ini record perawatan mobil ane :
-awal 2012: tutup egr+oct+gc+poles , 2013: dp
-bersihkan filter screen di dalam tanki, posisi odo 95k
-accu gs hybrid 80d26l 12v/70ah ganti pada posisi odo 112k, nov/15
-oli mesin+filter 15w-40, ganti tiap 6k, delvac mx/conoco hydroclear/caltex delo gold ultra, beli eceran dari drum
-oli gear+transmisi 80w-90, ganti tiap 30-40k, gear mobilube/caltex thuban gl5, trans caltex gl4
-filter solar, ganti tiap 5k, sakura f11112
-filter udara, ganti tiap 30-40k, aspira
-filter ac/cabin, ganti jika sudah kotor
-kopling set ganti pada posisi odo 146k feb/17, OEM
-t-belt ganti pada posisi odo 150,4k, gates powergrip 97R25-HSN (as subject lebih enak diganti tiap 100-125k)
-v-belt 2x ganti, bando 7k1516 posisi odo 125k dan skf vkmv 7pk1516-epdm posisi odo 166k
-bersihkan baling2 turbo+intake 1x setahun
-segala additif bbm saya sdh tidak pakai sejak 2015, jadi murni biosolar/akr solar
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by iamwewe »

amd wrote: Mon Jan 29, 2018 10:50
iamwewe wrote: Sat Jan 27, 2018 14:56
amd wrote: Fri Jan 26, 2018 13:41 waah, enggak rugi ya kalau gitu ganti final gear a/t buat di pasang di mobil m/t, trus di tambah pigiback dkk hingga dapat fc 1:15
ikut nimbrung nih, akhir des kemaren ane baru dari tangerang ke wuryantoro jateng pp, total isi solar +/- 490ribu
yang sempat di catat dari tangerang ke spbu akr gringsing/batang/alas roban diisi full lagi hanya 170ribu (33 liter), atau FC 427km/33=12,94 kpl itu sudah terjebak macet di tol bekasi-cikarang utama +/- 1jam, setelah lancar kecepatan berkisar 100-120km.
kendaraan GNKI 2011 m/t standard, posisi odo 171k (EGR ditutup, OCT, DP, GC, Poles saluran intake)
Nunpang nanya om. Odo udh 171k, utk sektor kaki2 udh perawatan apa aja selain ganti shock?
perawatan di sektor kaki2 dari 2011 s/d sekarang :
-kampas TDW rem dpn+blk, ganti di posisi odo 142k (des/16)
-minyak rem dot3, buang/ganti setahun 1x di tiap2 neple ban+master kopling bwh (tdk dikuras total)

shock ganti 2x dpn+blk - OEM
ball joint atas/bwh, long tierod+tierod end blm pernah diganti, masih stabil lari diatas 100k dan telapak ban juga bagus.
pada waktu ganti shock dpn keadaan balljoint diperiksa masih bagus, tapi rencana akan diganti thn ini.

Ini record perawatan mobil ane :
-awal 2012: tutup egr+oct+gc+poles , 2013: dp
-bersihkan filter screen di dalam tanki, posisi odo 95k
-accu gs hybrid 80d26l 12v/70ah ganti pada posisi odo 112k, nov/15
-oli mesin+filter 15w-40, ganti tiap 6k, delvac mx/conoco hydroclear/caltex delo gold ultra, beli eceran dari drum
-oli gear+transmisi 80w-90, ganti tiap 30-40k, gear mobilube/caltex thuban gl5, trans caltex gl4
-filter solar, ganti tiap 5k, sakura f11112
-filter udara, ganti tiap 30-40k, aspira
-filter ac/cabin, ganti jika sudah kotor
-kopling set ganti pada posisi odo 146k feb/17, OEM
-t-belt ganti pada posisi odo 150,4k, gates powergrip 97R25-HSN (as subject lebih enak diganti tiap 100-125k)
-v-belt 2x ganti, bando 7k1516 posisi odo 125k dan skf vkmv 7pk1516-epdm posisi odo 166k
-bersihkan baling2 turbo+intake 1x setahun
-segala additif bbm saya sdh tidak pakai sejak 2015, jadi murni biosolar/akr solar
sangar abis record perawatannya...

ini mobil om beli dari baru kah? trus manual ato matic ya? karena saya ada baca ganti kopling set.

beda sama saya cuma interval ganti oli gear + transmisi sy tiap 75k.

beberapa hal yg mau saya tanyakan:
1. kalo kampas rem TDW itu sama kampas rem ori sama gk sih? better yg mana dalam pengereman, secara pny saya tipe G at non abs, kadang ngerasa gelosor rem nya.

2. pernah ada cek sasis laddernya ato kaki2 nya gak ya ada retak rambut apa nggak secara udh 170k odo. Pengalaman punya kapsul 150k odo kalo gk salah inget, sasis laddernya udh ada retak rambut. BTW domisili saya di pluit, dan tiap hari PP pluit - tj priuk alias banyak banget daerah deket pantai dan hawa pantai

thank u om
agnov
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Sun Jun 04, 2017 3:11

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by agnov »

Pagi Om-Om..
Izin ogut nanya problem ipah ane pagi ini,
Jadi lampu indikator pintu kebuka di speedometer nyala terus, tp dicek pintu semua rapat, nah kalo diinjek rem nya lampu indikator pintu tsb mati
Waktu mesin mati n dikunci masih tetap hidup juga.
Kira2 kenapa ya?
Oh iya mobilnya 2KD innova V AT 2014
agnov
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Sun Jun 04, 2017 3:11

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by agnov »

agnov wrote:Pagi Om-Om..
Izin ogut nanya problem ipah ane pagi ini,
Jadi lampu indikator pintu kebuka di speedometer nyala terus, tp dicek pintu semua rapat, nah kalo diinjek rem nya lampu indikator pintu tsb mati
Waktu mesin mati n dikunci masih tetap hidup juga.
Kira2 kenapa ya?
Oh iya mobilnya 2KD innova V AT 2014
Solved Om..ternyata begitu kejemur langsung sembuh..terima kasih
amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
Location: Kodya Tangerang

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by amd »

iamwewe wrote: Tue Jan 30, 2018 1:39
amd wrote: Mon Jan 29, 2018 10:50
iamwewe wrote: Sat Jan 27, 2018 14:56

Nunpang nanya om. Odo udh 171k, utk sektor kaki2 udh perawatan apa aja selain ganti shock?
perawatan di sektor kaki2 dari 2011 s/d sekarang :
-kampas TDW rem dpn+blk, ganti di posisi odo 142k (des/16)
-minyak rem dot3, buang/ganti setahun 1x di tiap2 neple ban+master kopling bwh (tdk dikuras total)

shock ganti 2x dpn+blk - OEM
ball joint atas/bwh, long tierod+tierod end blm pernah diganti, masih stabil lari diatas 100k dan telapak ban juga bagus.
pada waktu ganti shock dpn keadaan balljoint diperiksa masih bagus, tapi rencana akan diganti thn ini.

Ini record perawatan mobil ane :
-awal 2012: tutup egr+oct+gc+poles , 2013: dp
-bersihkan filter screen di dalam tanki, posisi odo 95k
-accu gs hybrid 80d26l 12v/70ah ganti pada posisi odo 112k, nov/15
-oli mesin+filter 15w-40, ganti tiap 6k, delvac mx/conoco hydroclear/caltex delo gold ultra, beli eceran dari drum
-oli gear+transmisi 80w-90, ganti tiap 30-40k, gear mobilube/caltex thuban gl5, trans caltex gl4
-filter solar, ganti tiap 5k, sakura f11112
-filter udara, ganti tiap 30-40k, aspira
-filter ac/cabin, ganti jika sudah kotor
-kopling set ganti pada posisi odo 146k feb/17, OEM
-t-belt ganti pada posisi odo 150,4k, gates powergrip 97R25-HSN (as subject lebih enak diganti tiap 100-125k)
-v-belt 2x ganti, bando 7k1516 posisi odo 125k dan skf vkmv 7pk1516-epdm posisi odo 166k
-bersihkan baling2 turbo+intake 1x setahun
-segala additif bbm saya sdh tidak pakai sejak 2015, jadi murni biosolar/akr solar
sangar abis record perawatannya...

ini mobil om beli dari baru kah? trus manual ato matic ya? karena saya ada baca ganti kopling set.

beda sama saya cuma interval ganti oli gear + transmisi sy tiap 75k.

beberapa hal yg mau saya tanyakan:
1. kalo kampas rem TDW itu sama kampas rem ori sama gk sih? better yg mana dalam pengereman, secara pny saya tipe G at non abs, kadang ngerasa gelosor rem nya.

2. pernah ada cek sasis laddernya ato kaki2 nya gak ya ada retak rambut apa nggak secara udh 170k odo. Pengalaman punya kapsul 150k odo kalo gk salah inget, sasis laddernya udh ada retak rambut. BTW domisili saya di pluit, dan tiap hari PP pluit - tj priuk alias banyak banget daerah deket pantai dan hawa pantai

thank u om
beli dari baru nop/2011 edu 3 socket, 2kd m/t
tambahan lagi oli power steering ganti di posisi odo 90k jan/15 dan kemarin jan/18 di posisi 173k, atf dexron iii
1. yang nggak sama ya harganya, ori kelihatan lebih baik kwalitasnya. produk lokal juga nggak kalah bagus selama mendapat pengawasan dari principalnya, misal akebono dsb yang sudah punya reputasi. yang lebih penting ya jaga jarak aman pengereman, ganti berkala minyak rem.
2. retak di besi chasisnya ya kemungkinan kecil, kalau di las lasan nya mungkin
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by iamwewe »

amd wrote: Tue Jan 30, 2018 4:42
iamwewe wrote: Tue Jan 30, 2018 1:39
amd wrote: Mon Jan 29, 2018 10:50
perawatan di sektor kaki2 dari 2011 s/d sekarang :
-kampas TDW rem dpn+blk, ganti di posisi odo 142k (des/16)
-minyak rem dot3, buang/ganti setahun 1x di tiap2 neple ban+master kopling bwh (tdk dikuras total)

shock ganti 2x dpn+blk - OEM
ball joint atas/bwh, long tierod+tierod end blm pernah diganti, masih stabil lari diatas 100k dan telapak ban juga bagus.
pada waktu ganti shock dpn keadaan balljoint diperiksa masih bagus, tapi rencana akan diganti thn ini.

Ini record perawatan mobil ane :
-awal 2012: tutup egr+oct+gc+poles , 2013: dp
-bersihkan filter screen di dalam tanki, posisi odo 95k
-accu gs hybrid 80d26l 12v/70ah ganti pada posisi odo 112k, nov/15
-oli mesin+filter 15w-40, ganti tiap 6k, delvac mx/conoco hydroclear/caltex delo gold ultra, beli eceran dari drum
-oli gear+transmisi 80w-90, ganti tiap 30-40k, gear mobilube/caltex thuban gl5, trans caltex gl4
-filter solar, ganti tiap 5k, sakura f11112
-filter udara, ganti tiap 30-40k, aspira
-filter ac/cabin, ganti jika sudah kotor
-kopling set ganti pada posisi odo 146k feb/17, OEM
-t-belt ganti pada posisi odo 150,4k, gates powergrip 97R25-HSN (as subject lebih enak diganti tiap 100-125k)
-v-belt 2x ganti, bando 7k1516 posisi odo 125k dan skf vkmv 7pk1516-epdm posisi odo 166k
-bersihkan baling2 turbo+intake 1x setahun
-segala additif bbm saya sdh tidak pakai sejak 2015, jadi murni biosolar/akr solar
sangar abis record perawatannya...

ini mobil om beli dari baru kah? trus manual ato matic ya? karena saya ada baca ganti kopling set.

beda sama saya cuma interval ganti oli gear + transmisi sy tiap 75k.

beberapa hal yg mau saya tanyakan:
1. kalo kampas rem TDW itu sama kampas rem ori sama gk sih? better yg mana dalam pengereman, secara pny saya tipe G at non abs, kadang ngerasa gelosor rem nya.

2. pernah ada cek sasis laddernya ato kaki2 nya gak ya ada retak rambut apa nggak secara udh 170k odo. Pengalaman punya kapsul 150k odo kalo gk salah inget, sasis laddernya udh ada retak rambut. BTW domisili saya di pluit, dan tiap hari PP pluit - tj priuk alias banyak banget daerah deket pantai dan hawa pantai

thank u om
beli dari baru nop/2011 edu 3 socket, 2kd m/t
tambahan lagi oli power steering ganti di posisi odo 90k jan/15 dan kemarin jan/18 di posisi 173k, atf dexron iii
1. yang nggak sama ya harganya, ori kelihatan lebih baik kwalitasnya. produk lokal juga nggak kalah bagus selama mendapat pengawasan dari principalnya, misal akebono dsb yang sudah punya reputasi. yang lebih penting ya jaga jarak aman pengereman, ganti berkala minyak rem.
2. retak di besi chasisnya ya kemungkinan kecil, kalau di las lasan nya mungkin
eh iya saya blm pernah ganti oli p steering nya.

ok deh om, tq sharingnya ya
daffydoff
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Jun 12, 2013 8:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by daffydoff »

Dieselmani4 wrote: Fri Jan 26, 2018 11:09
Iya om 50:50 palagi tol di Bdg masih lancar gak kyk di Jkt. Trus kalo dipake ngebut suka kasian sm mesinnya, 110kph aja sdh di 3000 rpm terdengar meraung.
Btw om ke bdg kok cuma 10-11 kpl ya.. sdh pake piggy om?
std om, cuma DP kansai doang
Heran juga saya knp agak boros gini
Banding yang manual dulu memang lumayan keliatan, dari posisi jarum aja yg matic ini rasanya cpt bnr turunnya, berasa bawa bensin
Aplg kl diem idle nunggu mesin nyala, kyk ngocor
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by evanbngdor »

amd wrote: Mon Jan 29, 2018 10:50
iamwewe wrote: Sat Jan 27, 2018 14:56
amd wrote: Fri Jan 26, 2018 13:41 waah, enggak rugi ya kalau gitu ganti final gear a/t buat di pasang di mobil m/t, trus di tambah pigiback dkk hingga dapat fc 1:15
ikut nimbrung nih, akhir des kemaren ane baru dari tangerang ke wuryantoro jateng pp, total isi solar +/- 490ribu
yang sempat di catat dari tangerang ke spbu akr gringsing/batang/alas roban diisi full lagi hanya 170ribu (33 liter), atau FC 427km/33=12,94 kpl itu sudah terjebak macet di tol bekasi-cikarang utama +/- 1jam, setelah lancar kecepatan berkisar 100-120km.
kendaraan GNKI 2011 m/t standard, posisi odo 171k (EGR ditutup, OCT, DP, GC, Poles saluran intake)
Nunpang nanya om. Odo udh 171k, utk sektor kaki2 udh perawatan apa aja selain ganti shock?
perawatan di sektor kaki2 dari 2011 s/d sekarang :
-kampas TDW rem dpn+blk, ganti di posisi odo 142k (des/16)
-minyak rem dot3, buang/ganti setahun 1x di tiap2 neple ban+master kopling bwh (tdk dikuras total)

shock ganti 2x dpn+blk - OEM
ball joint atas/bwh, long tierod+tierod end blm pernah diganti, masih stabil lari diatas 100k dan telapak ban juga bagus.
pada waktu ganti shock dpn keadaan balljoint diperiksa masih bagus, tapi rencana akan diganti thn ini.

Ini record perawatan mobil ane :
-awal 2012: tutup egr+oct+gc+poles , 2013: dp
-bersihkan filter screen di dalam tanki, posisi odo 95k
-accu gs hybrid 80d26l 12v/70ah ganti pada posisi odo 112k, nov/15
-oli mesin+filter 15w-40, ganti tiap 6k, delvac mx/conoco hydroclear/caltex delo gold ultra, beli eceran dari drum
-oli gear+transmisi 80w-90, ganti tiap 30-40k, gear mobilube/caltex thuban gl5, trans caltex gl4
-filter solar, ganti tiap 5k, sakura f11112
-filter udara, ganti tiap 30-40k, aspira
-filter ac/cabin, ganti jika sudah kotor
-kopling set ganti pada posisi odo 146k feb/17, OEM
-t-belt ganti pada posisi odo 150,4k, gates powergrip 97R25-HSN (as subject lebih enak diganti tiap 100-125k)
-v-belt 2x ganti, bando 7k1516 posisi odo 125k dan skf vkmv 7pk1516-epdm posisi odo 166k
-bersihkan baling2 turbo+intake 1x setahun
-segala additif bbm saya sdh tidak pakai sejak 2015, jadi murni biosolar/akr solar
Perawatannya ok nih om, mirip2 sama saya lah.

Tiap 10rb km:
1. Balancing&Rotasi ban
2. Ganti oli mesin+filter
3. Ganti Filter solar

Tiap 20rb km:
1. Balancing&Rotasi Ban
2. Spooring
3. Ganti oli mesin+Filter
4. Ganti oli transmisi
5. Ganti oli gardan
6. Kuras minyak rem&kopling
7. Purging

Tiap 40rb km:
1. Balancing&Rotasi Ban
2. Spooring
3. Ganti oli mesin+Filter
4. Ganti oli transmisi
5. Ganti oli gardan
6. Kuras minyak rem&kopling
7. Kuras Minyak Power Steering
8. Kuras Radiator
9. Purging
10. Kuras Nitrogen.
11. Kuras Tangki

Itu semua diluar part-part yang memang harus diganti kayak kampas rem. Tp bukan service record bengkel resmi, buku servis bersih tanpa noda :wkkk: :wkkk:

Sekarang usia 4 tahun, odometer 115k. kaki-kaki yang baru diganti partnya itu baru kampas rem depan sama long tie rod. long tie rod waktu itu ganti jg karena ada gejala oblak yg kiri, mumpung lg di bengkel, ganti aja sekalian.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dieselmani4 »

daffydoff wrote: Tue Jan 30, 2018 9:01
Dieselmani4 wrote: Fri Jan 26, 2018 11:09
Iya om 50:50 palagi tol di Bdg masih lancar gak kyk di Jkt. Trus kalo dipake ngebut suka kasian sm mesinnya, 110kph aja sdh di 3000 rpm terdengar meraung.
Btw om ke bdg kok cuma 10-11 kpl ya.. sdh pake piggy om?
std om, cuma DP kansai doang
Heran juga saya knp agak boros gini
Banding yang manual dulu memang lumayan keliatan, dari posisi jarum aja yg matic ini rasanya cpt bnr turunnya, berasa bawa bensin
Aplg kl diem idle nunggu mesin nyala, kyk ngocor
Bukan maksud meracuni ya om hehe. Kalo pake daster, kita ngijek pedal gas dikit2 aja dah laju kenceng ipahnya. Jadi lebih irit ke bbm juga
:big_exellent:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

daffydoff wrote:
Dieselmani4 wrote: Fri Jan 26, 2018 11:09
Iya om 50:50 palagi tol di Bdg masih lancar gak kyk di Jkt. Trus kalo dipake ngebut suka kasian sm mesinnya, 110kph aja sdh di 3000 rpm terdengar meraung.
Btw om ke bdg kok cuma 10-11 kpl ya.. sdh pake piggy om?
std om, cuma DP kansai doang
Heran juga saya knp agak boros gini
Banding yang manual dulu memang lumayan keliatan, dari posisi jarum aja yg matic ini rasanya cpt bnr turunnya, berasa bawa bensin
Aplg kl diem idle nunggu mesin nyala, kyk ngocor
Purging udah ?

EGR valve udah bersihkan dan tutup ?

odo udah brp ?

pernah ada kasus 2KD - 2005 yg udah jalan 200 rb km lebih, akhirnya sembuh setelah injector & nozzle dikalibrasi
daffydoff
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Jun 12, 2013 8:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by daffydoff »

Turboman wrote: Wed Jan 31, 2018 5:58


Purging udah ?

EGR valve udah bersihkan dan tutup ?

odo udah brp ?

pernah ada kasus 2KD - 2005 yg udah jalan 200 rb km lebih, akhirnya sembuh setelah injector & nozzle dikalibrasi
Purging belum krn KM baru 17 ribu
EGR sdh blok dari kilometer 3ribuan kalo gak salah