Mobilio Users

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
User avatar
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: 21 Feb 2016, 17:43
Location: Surabaya
Contact:

Re: Mobilio Users

Post by Yonatanw » 06 Nov 2017, 18:27

Profith83 wrote:
@DOHC belum pernah stel klep om. Tetapi bukan bunyik tik tk atau tek tek dari klep tapi lebih ke arah besi beradu. klenteng .. klenteng. Kaya ada sesuatu yang lepas kalau mesin panas ANEH benar. BeRes juga gak dapat carinya ... padahal mobil masih 2 thn.
Katana BeResmobilnya pernah tabrakan ada besi beradu, minta di body repair. Tapi aneh kalau body tidak ada hubungannnya dengan mesin panas harusnya ... pusing om ...
Om, kalau klenteng2 bukan kondensor lepas dari dudukannya? Saya dulu pernah, itu cuma diapit karet.
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE

User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 01 May 2013, 11:43
Location: Jakarta

Re: Mobilio Users

Post by ALX7 » 06 Nov 2017, 20:08

ijin sharing sesama pemakai lio,
saya punya e cvt 2014 dgn ODO hampir 33rb

1. rpm ngaco gegara habis bersih2 throtle body pernah saya alami dan saya tanyakan di forum ini, dugaannya memang ECU ngaco, ttp waktu itu saya akhir nya sembuh sendiri dgn cara mencopot sensor udara, saya tiup2 lalu jemur... tp itu benar2 saya lakukan dgn keadaan spekulasi dan sudah pasrah jika memang akhirnya rusak dan ganti baru...untung nya malah tidak dan problem solved :big_biglaugh:

2. rembesan oli dikolong, untungnya tidak ada..

3. air cadangan radiator sering berkurang.. ya, saya jg bingung, pdahal saya cek ga ada kerak air

yang saya bingung itu kenapa kadang mesin suara halus dan tarikan enteng, kadang suara mesin agak kasar dan agak lemot..
:big_think:
oh ya, pake oli 0-20 nya TMO dan premium+redline (sering nya)
I am a Driver... not a Racer...

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 » 06 Nov 2017, 20:16

Yonatanw wrote:
06 Nov 2017, 18:27
Profith83 wrote:
@DOHC belum pernah stel klep om. Tetapi bukan bunyik tik tk atau tek tek dari klep tapi lebih ke arah besi beradu. klenteng .. klenteng. Kaya ada sesuatu yang lepas kalau mesin panas ANEH benar. BeRes juga gak dapat carinya ... padahal mobil masih 2 thn.
Katana BeResmobilnya pernah tabrakan ada besi beradu, minta di body repair. Tapi aneh kalau body tidak ada hubungannnya dengan mesin panas harusnya ... pusing om ...
Om, kalau klenteng2 bukan kondensor lepas dari dudukannya? Saya dulu pernah, itu cuma diapit karet.
Bunyinya kadang kadang yah om Yonatanw ... dan pas posisi panas saja om? Saya perjalanan 20 KM dengan jarak tempuh 30 menit tidak bunyi.
Setelah itu baliknya rute yang mirip jadi berbunyi. Dan bunyinya tidak jelas sympthom nya. Benar gitu om?

User avatar
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: 21 Feb 2016, 17:43
Location: Surabaya
Contact:

Re: Mobilio Users

Post by Yonatanw » 06 Nov 2017, 20:55

Profith83 wrote:
Bunyinya kadang kadang yah om Yonatanw ... dan pas posisi panas saja om? Saya perjalanan 20 KM dengan jarak tempuh 30 menit tidak bunyi.
Setelah itu baliknya rute yang mirip jadi berbunyi. Dan bunyinya tidak jelas sympthom nya. Benar gitu om?
Saya dulu pernah klenteng2, saya cari dari sana.. Saya ga yakin keluarnya pas mesin panas.. sepertinya sih saya yang uda lelah nyetir lama baru kedengeran ini bunyi.. pas pagi tubuh segar ga terlalu notice.

Mungkin ya om.. coba digoyang kondensornya, kalau kocak, tinggal ditaruh balik ke karetnya, gampang kok om..
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 » 06 Nov 2017, 21:46

Yonatanw wrote:
06 Nov 2017, 20:55
Profith83 wrote:
Bunyinya kadang kadang yah om Yonatanw ... dan pas posisi panas saja om? Saya perjalanan 20 KM dengan jarak tempuh 30 menit tidak bunyi.
Setelah itu baliknya rute yang mirip jadi berbunyi. Dan bunyinya tidak jelas sympthom nya. Benar gitu om?
Saya dulu pernah klenteng2, saya cari dari sana.. Saya ga yakin keluarnya pas mesin panas.. sepertinya sih saya yang uda lelah nyetir lama baru kedengeran ini bunyi.. pas pagi tubuh segar ga terlalu notice.

Mungkin ya om.. coba digoyang kondensornya, kalau kocak, tinggal ditaruh balik ke karetnya, gampang kok om..
Kondensor AC yang bentuk sarangan itu yah om? iya kapan hari memang yang bagian bawah hampir terlepas habis tabrakan tetapi sudah balik normal. klem klemanya dimana saja om?

User avatar
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: 21 Feb 2016, 17:43
Location: Surabaya
Contact:

Re: Mobilio Users

Post by Yonatanw » 06 Nov 2017, 21:53

Profith83 wrote:
Kondensor AC yang bentuk sarangan itu yah om? iya kapan hari memang yang bagian bawah hampir terlepas habis tabrakan tetapi sudah balik normal. klem klemanya dimana saja om?
Di bagian atas, 2 biji karet. Cuma digantung aja. Kalau ngga kocak berarti udah oke om..
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE

User avatar
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: 21 Feb 2016, 17:43
Location: Surabaya
Contact:

Re: Mobilio Users

Post by Yonatanw » 06 Nov 2017, 21:57

ALX7 wrote:
yang saya bingung itu kenapa kadang mesin suara halus dan tarikan enteng, kadang suara mesin agak kasar dan agak lemot..
:big_think:
oh ya, pake oli 0-20 nya TMO dan premium+redline (sering nya)
Saya kerasanya pas siang, udara panas lio ini jadi kurang responsive.. ga di mobilio aja, di brio juga gt.

Cmiiw.
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE

User avatar
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: 21 Feb 2016, 17:43
Location: Surabaya
Contact:

Re: Mobilio Users

Post by Yonatanw » 06 Nov 2017, 21:57

ALX7 wrote:
yang saya bingung itu kenapa kadang mesin suara halus dan tarikan enteng, kadang suara mesin agak kasar dan agak lemot..
:big_think:
oh ya, pake oli 0-20 nya TMO dan premium+redline (sering nya)
Saya kerasanya pas siang, udara panas lio ini jadi kurang responsive.. ga di mobilio aja, di brio juga gt.

Cmiiw.
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1311
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 » 06 Nov 2017, 22:08

Yonatanw wrote:
06 Nov 2017, 21:57
ALX7 wrote:
yang saya bingung itu kenapa kadang mesin suara halus dan tarikan enteng, kadang suara mesin agak kasar dan agak lemot..
:big_think:
oh ya, pake oli 0-20 nya TMO dan premium+redline (sering nya)
Saya kerasanya pas siang, udara panas lio ini jadi kurang responsive.. ga di mobilio aja, di brio juga gt.

Cmiiw.
Saya juga merasakan hal yang sama. Hampir semua mobil kalau dikendarai setelah jam 17:00 - 07:00 pagi maka mesin terasa halus dan tarikan juga OK. Mobil Innova diesel juga sama

User avatar
josomba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba » 07 Nov 2017, 07:54

ALX7 wrote:
06 Nov 2017, 20:08
ijin sharing sesama pemakai lio,
saya punya e cvt 2014 dgn ODO hampir 33rb

1. rpm ngaco gegara habis bersih2 throtle body pernah saya alami dan saya tanyakan di forum ini, dugaannya memang ECU ngaco, ttp waktu itu saya akhir nya sembuh sendiri dgn cara mencopot sensor udara, saya tiup2 lalu jemur... tp itu benar2 saya lakukan dgn keadaan spekulasi dan sudah pasrah jika memang akhirnya rusak dan ganti baru...untung nya malah tidak dan problem solved :big_biglaugh:

2. rembesan oli dikolong, untungnya tidak ada..

3. air cadangan radiator sering berkurang.. ya, saya jg bingung, pdahal saya cek ga ada kerak air

yang saya bingung itu kenapa kadang mesin suara halus dan tarikan enteng, kadang suara mesin agak kasar dan agak lemot..
:big_think:
oh ya, pake oli 0-20 nya TMO dan premium+redline (sering nya)
Setuju dengan pak yonatan dan pak profith di atas, kalo udara dah mulai panas atau terasa gerah banget di luaran, rata2 sih mobil agak menurun performanya ya. Tapi coba diinget2 juga apakah sebelum pake 0-20 TMO gak begitu? Oli fungsinya dispersi panas juga kan. Soalnya pernah pake Fastron Gold 0W-20 (sama base stock olinya dengan TMO) memang kalo lagi siang2 panas terik berasa kentara agak lebih lemot. Balikin ke merk lain, lebih ga lemot - tapi tetep ada berasa lebih berat dibandingkan nyetir pagi hari sekali atau sore-malem.

Kalo penjelasan detail hot weather vs car performance boleh baca di link berikut: (walaupun kita ga sampe winter vs summer seperti di artikel tersebut, tapi panas dingin memang menyebabkan perbedaan performa mobil)

http://knowhow.napaonline.com/car-perfo ... r-weather/
Science!

What matters here is that cold air is denser than hot air. That means that in the summer, your intake receives less concentrated levels of oxygen than in the winter, causing the engine to lose horsepower trying to make up the difference. The other problem with warm air is that it can suspend more water particles when it’s humid out, which further displaces the oxygen. If you have a turbocharger, you’ll especially notice it there. To prevent a rich mixture (too much fuel) and engine knocking, less fuel is sent to the combustion chamber, and the ECU adjusts the timing. All of this has a negative effect on performance.
DJ - P5-VPS
T32 - MR20DD

User avatar
piko25
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya

Re: Mobilio Users

Post by piko25 » 08 Nov 2017, 12:47

TMO itu maksudnya Toyota Motor Oil?

ini pendapat pribadi, ane kok kurang sreg ya oli encer untuk iklim tropis. setidaknya 5-30 atau 5-40 lah, karena SAE yg besar kan untuk daya tahan suhu yg tinggi

User avatar
josomba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba » 08 Nov 2017, 13:13

piko25 wrote:
08 Nov 2017, 12:47
TMO itu maksudnya Toyota Motor Oil?

ini pendapat pribadi, ane kok kurang sreg ya oli encer untuk iklim tropis. setidaknya 5-30 atau 5-40 lah, karena SAE yg besar kan untuk daya tahan suhu yg tinggi
Dunia oli memang penuh perdebatan antara terlalu encer dan kental. Ga hanya disini, di luar pun juga banyak yang masih ragu dengan SAE20 vs yang lebih tebel/kental.

Berikut poin2 menurut saya pribadi.

1. Di SM ada om turboman yang pernah test Q8 0W-20 di mesin R20A-nya doi (mobil taun 2007 kalo ga salah), saya liat data UOA-nya (Used Oil Analysis) surprisingly wear levelnya kecil. Coba berguru di BITOG (Bob Is The Oil Guy), angka2 wearnya om Turbo memang bisa dikatakan normal - masih relatif jauh di bawah ambang. Coba search di thread Ranking dan Pemilihan Oli deh om, saya lupa di part berapa ada scan PDF dari UOA olinya. Saya nanti bulan juni tahun depan juga akan test oli 0W-20 yang lagi dipake sekarang, kalo wear levelnya oke maka saya akan lanjutin pake buntut -20 tapi kalo ternyata berada di ambang atau bahkan lewat maka saya akan naikkan ke buntut -30.

2. Percaya lah pada rekomendasi di buku manual. Menurut saya viskositas oli yang menjadi pilihan di buku manual sudah dipikirkan matang2 oleh engineernya, kecuali saya ikutan design dan memang ada perhitungan2nya.

3. Menurut castrol, 75% Engine Wear terjadi saat start-up. sumber: https://www.castrol.com/en_ae/arabia/pr ... -wear.html Paling nggak meyakinkan saya juga supaya pakai oli encer supaya oli cepat naik ke atas dan segera melindungi mesin.

*Saya bukan professional perlendiran....eh maksudnya oli...hanya lah seorang pengamat biasa. Disini ada beberapa suhu SM yang memang jagoan oli di thread sebelah, atau nggak coba cek2 di BITOG cari UOA oli2 yang mobilnya dipake di Middle east atau pun australia. Kalo dari Amerika cari yang test UOA-nya di Arizona atau Texas. Daerah2 yang suhunya mirip dengan kita. Saya tipe orang yang percaya data tes.
DJ - P5-VPS
T32 - MR20DD

User avatar
piko25
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya

Re: Mobilio Users

Post by piko25 » 08 Nov 2017, 13:56

josomba wrote:
08 Nov 2017, 13:13
piko25 wrote:
08 Nov 2017, 12:47
TMO itu maksudnya Toyota Motor Oil?

ini pendapat pribadi, ane kok kurang sreg ya oli encer untuk iklim tropis. setidaknya 5-30 atau 5-40 lah, karena SAE yg besar kan untuk daya tahan suhu yg tinggi
Dunia oli memang penuh perdebatan antara terlalu encer dan kental. Ga hanya disini, di luar pun juga banyak yang masih ragu dengan SAE20 vs yang lebih tebel/kental.

Berikut poin2 menurut saya pribadi.

1. Di SM ada om turboman yang pernah test Q8 0W-20 di mesin R20A-nya doi (mobil taun 2007 kalo ga salah), saya liat data UOA-nya (Used Oil Analysis) surprisingly wear levelnya kecil. Coba berguru di BITOG (Bob Is The Oil Guy), angka2 wearnya om Turbo memang bisa dikatakan normal - masih relatif jauh di bawah ambang. Coba search di thread Ranking dan Pemilihan Oli deh om, saya lupa di part berapa ada scan PDF dari UOA olinya. Saya nanti bulan juni tahun depan juga akan test oli 0W-20 yang lagi dipake sekarang, kalo wear levelnya oke maka saya akan lanjutin pake buntut -20 tapi kalo ternyata berada di ambang atau bahkan lewat maka saya akan naikkan ke buntut -30.

2. Percaya lah pada rekomendasi di buku manual. Menurut saya viskositas oli yang menjadi pilihan di buku manual sudah dipikirkan matang2 oleh engineernya, kecuali saya ikutan design dan memang ada perhitungan2nya.

3. Menurut castrol, 75% Engine Wear terjadi saat start-up. sumber: https://www.castrol.com/en_ae/arabia/pr ... -wear.html Paling nggak meyakinkan saya juga supaya pakai oli encer supaya oli cepat naik ke atas dan segera melindungi mesin.

*Saya bukan professional perlendiran....eh maksudnya oli...hanya lah seorang pengamat biasa. Disini ada beberapa suhu SM yang memang jagoan oli di thread sebelah, atau nggak coba cek2 di BITOG cari UOA oli2 yang mobilnya dipake di Middle east atau pun australia. Kalo dari Amerika cari yang test UOA-nya di Arizona atau Texas. Daerah2 yang suhunya mirip dengan kita. Saya tipe orang yang percaya data tes.
nah makanya saya cuma nulis gk sreg, karena emang di forum2 sampe pas kopdar pun ini semacam debat tak kunjung usai. parameter pun macem2 terhadap oli, ketahanan panas, viskositas dan lain2. saya memang menghindari bahas oli terlalu dalam, selain OOT dengan thread. pasti panjang dan tak kunjung usai. hehehehehe
kalo saya, yg penting gak gampang butek, ninggal kerak, tahan panas, stabil di suhu indonesia,

nah sekarang, terkait garansi. honda mewajibkan pake HGO atau gk ya? vendornya apa ya? klo dl pake Nissan Genuine Oil (NGO) vendornya idemitsu

User avatar
josomba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba » 08 Nov 2017, 14:32

piko25 wrote:
08 Nov 2017, 12:47

nah makanya saya cuma nulis gk sreg, karena emang di forum2 sampe pas kopdar pun ini semacam debat tak kunjung usai. parameter pun macem2 terhadap oli, ketahanan panas, viskositas dan lain2. saya memang menghindari bahas oli terlalu dalam, selain OOT dengan thread. pasti panjang dan tak kunjung usai. hehehehehe
kalo saya, yg penting gak gampang butek, ninggal kerak, tahan panas, stabil di suhu indonesia,

nah sekarang, terkait garansi. honda mewajibkan pake HGO atau gk ya? vendornya apa ya? klo dl pake Nissan Genuine Oil (NGO) vendornya idemitsu
Iya om, balik lagi preferensi masing2. Saya tipe yang ambil terendah dari yang diijinkan buku manual. Kalo om merasa nyaman dengan oli kental, ambil saja buntut tertinggi yang diperbolehkan di buku manual. HGO --> Idemitsu untuk 10w-30 n 5w30 (cek di NPT), nah kalo buntut -20nya ada yang bilang idemitsu tapi liat di daftar NPT ESDM malah Eneos. Entah deh tuh. Kalo boleh bawa oli luar pas servis di BeRes....hmm karena saya cukup kenal 1 SA di BeRes, waktu itu pernah sih sekali bawa oli dari luar tapi muka doi kek asyeem. hahaha. Coba ditanyakan dulu ke SA-nya, tiap bengkel seperti suka beda kebijakan, di BeRes lainnya domisili saya sama sekali gaboleh bawa oli dari luar.
DJ - P5-VPS
T32 - MR20DD

User avatar
piko25
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya

Re: Mobilio Users

Post by piko25 » 08 Nov 2017, 16:07

josomba wrote:
08 Nov 2017, 14:32
Iya om, balik lagi preferensi masing2. Saya tipe yang ambil terendah dari yang diijinkan buku manual. Kalo om merasa nyaman dengan oli kental, ambil saja buntut tertinggi yang diperbolehkan di buku manual. HGO --> Idemitsu untuk 10w-30 n 5w30 (cek di NPT), nah kalo buntut -20nya ada yang bilang idemitsu tapi liat di daftar NPT ESDM malah Eneos. Entah deh tuh. Kalo boleh bawa oli luar pas servis di BeRes....hmm karena saya cukup kenal 1 SA di BeRes, waktu itu pernah sih sekali bawa oli dari luar tapi muka doi kek asyeem. hahaha. Coba ditanyakan dulu ke SA-nya, tiap bengkel seperti suka beda kebijakan, di BeRes lainnya domisili saya sama sekali gaboleh bawa oli dari luar.
mobile masih belum ada nopol, jadi boro2 mau servis wkwkwkwk
paling nanti pas 1000 nanya, sekalian klo mahal ganti dewe aja. 1000 kan gk harus ganti oli

User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 01 May 2013, 11:43
Location: Jakarta

Re: Mobilio Users

Post by ALX7 » 10 Nov 2017, 15:32

klo pertimbangan saya, pake oli 0-20 itu karena factor lebih irit bahan bakar, dan memang sudah saya coba utk bbrp tingkat kekentalan oli.. toh lebih sering pake short trip dalam kota.. memang efek nya lebih gak berisik dibanding pake oli buntut kental... masih dalam pengamatan kapan lio saya suara halus/kasar nya..
I am a Driver... not a Racer...

User avatar
josomba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba » 10 Nov 2017, 17:21

ALX7 wrote:
10 Nov 2017, 15:32
klo pertimbangan saya, pake oli 0-20 itu karena factor lebih irit bahan bakar, dan memang sudah saya coba utk bbrp tingkat kekentalan oli.. toh lebih sering pake short trip dalam kota.. memang efek nya lebih gak berisik dibanding pake oli buntut kental... masih dalam pengamatan kapan lio saya suara halus/kasar nya..
Pak, di page awal, ente pernah bilang mboil di pagi hari ndut2an pas dibawa jalan. Itu saat masih pake 5w-30 kah? Soalnya saya awalnya begitu pas masih pake 5w-30 tapi semenjak beralih ke 0w-20, cuman 5 detik dr semenjak nyala lalu bawa jalan udah ga pernah ndut2an lagi sih.
DJ - P5-VPS
T32 - MR20DD

User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 01 May 2013, 11:43
Location: Jakarta

Re: Mobilio Users

Post by ALX7 » 11 Nov 2017, 10:08

josomba wrote:
10 Nov 2017, 17:21
ALX7 wrote:
10 Nov 2017, 15:32
klo pertimbangan saya, pake oli 0-20 itu karena factor lebih irit bahan bakar, dan memang sudah saya coba utk bbrp tingkat kekentalan oli.. toh lebih sering pake short trip dalam kota.. memang efek nya lebih gak berisik dibanding pake oli buntut kental... masih dalam pengamatan kapan lio saya suara halus/kasar nya..
Pak, di page awal, ente pernah bilang mboil di pagi hari ndut2an pas dibawa jalan. Itu saat masih pake 5w-30 kah? Soalnya saya awalnya begitu pas masih pake 5w-30 tapi semenjak beralih ke 0w-20, cuman 5 detik dr semenjak nyala lalu bawa jalan udah ga pernah ndut2an lagi sih.
oh.. itu bukan karena oli, tp yg setelah bersih2 semprot TB, rpm jadi naik turun, ga bisa dibawa pelan, mau nya nyruduk terus..
tp setelah masalah rpm normal ga pernah ndut2an..
pengalaman pake oli buntut kental sama encer saya alami juga pas cold start, warming nya lebih cepat selesai, palingan 20-30 detik rpm udah dibawah 1000 klo pake 0-20, klo dulu pake 10-40 hampir 1menit malah...
I am a Driver... not a Racer...

User avatar
piko25
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya

Re: Mobilio Users

Post by piko25 » 13 Nov 2017, 11:23

ALX7 wrote:
11 Nov 2017, 10:08
oh.. itu bukan karena oli, tp yg setelah bersih2 semprot TB, rpm jadi naik turun, ga bisa dibawa pelan, mau nya nyruduk terus..
tp setelah masalah rpm normal ga pernah ndut2an..
pengalaman pake oli buntut kental sama encer saya alami juga pas cold start, warming nya lebih cepat selesai, palingan 20-30 detik rpm udah dibawah 1000 klo pake 0-20, klo dulu pake 10-40 hampir 1menit malah...
kira2 oli yg dari pabrik apa ya? yg green kli ya, paling murah.

btw di toped harga green, blue,gold cuma selisih ribuan. 200rban semua. klo di beres berapa ya? +PPN lagi.

User avatar
josomba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba » 13 Nov 2017, 11:44

piko25 wrote:
13 Nov 2017, 11:23

btw di toped harga green, blue,gold cuma selisih ribuan. 200rban semua. klo di beres berapa ya? +PPN lagi.
Seinget saya kalo mata ga siwer juga pas terakhir ke BeRes:
Green -> lupa keknya 100k /L
Blue --> 110 ribu /L
Gold --> 130 ribu /L

Ngeri om kalo beli oli dari online shop khususnya oli2 generik pabrikan, kecuali yakin penjualnya asli. Coba baca di thread sebelah deh mengenai oli ACDC. Ada yg beli oli merk apa gitu, seal di dalem tutup ada tulisan honda. Ada juga beli merk mobil supermiring, pas sampe, 2-3 botol warnanya keruh n ada endapan.
DJ - P5-VPS
T32 - MR20DD

User avatar
Kaleng
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Contact:

Re: Mobilio Users

Post by Kaleng » 13 Nov 2017, 12:07

mo sharing mobilio sendiri baru habis service km 70.000 di beres. Total habis 1,2jtaan pakai oli yang blue.

Service km 60.000 saya tolak camber cleaner, yg setelah saya tanya ada beberapa item termasuk bersihin injector dengan cara dilewatin cairan tertentu di jalur injector, akhirnya di servis km 70rb coba ambil, efeknya setelah servis, ketika lepas pedal accelerator engine break ndak berasa, sebelum service lepas accelerator lumayan berasa tiba2 melambat. Gak tau ini karena oli baru, atau berkat camber cleaner tsb.

pada servis km 60.000 pakai oli yang blue juga sama.

User avatar
piko25
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya

Re: Mobilio Users

Post by piko25 » 14 Nov 2017, 05:51

@josomba: bukan yg penjual baru kok bro di toped, makanya kan lumayan agak irit.

@Kaleng: masih masa garansi gk om?

Kmrn enak2 ngebut, spido mentok di 150, wkwkwk... limit. Pgn remap, limit di 180, tenaga samain brv.

User avatar
josomba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba » 20 Nov 2017, 14:06

ada yang mengalami rattling di area bagasi? Bunyinya tik tik tik tik. Muncul bunyi2 ga mengenakkan telinga ini setelah 1 tahun pakai sih ya

Sejauh ini yang udah dilakukan:
1. Lakban tools di kanan (awalnya pernah bunyi besi ting ting ting, setelah lakban2 peralatn tools dan kencengin dongkrak hilang)
2. Kasih busa di balik dudukan plat nomor
3. Kasih trim restorer di karet bagasi --> lumayan membantu tapi ga lama bunyi lagi
4. Kencengin ban serep

Kira2 kenapa ya? Bawa ke BeRes 2x juga ga lama bunyi lagi.
Solusi utama ya memang setel lagu kenceng sih, tp rasa penasaran masih pengen tahu sumbernya. :D
DJ - P5-VPS
T32 - MR20DD

User avatar
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: 21 Feb 2016, 17:43
Location: Surabaya
Contact:

Re: Mobilio Users

Post by Yonatanw » 20 Nov 2017, 15:54

josomba wrote:ada yang mengalami rattling di area bagasi? Bunyinya tik tik tik tik. Muncul bunyi2 ga mengenakkan telinga ini setelah 1 tahun pakai sih ya

Sejauh ini yang udah dilakukan:
1. Lakban tools di kanan (awalnya pernah bunyi besi ting ting ting, setelah lakban2 peralatn tools dan kencengin dongkrak hilang)
2. Kasih busa di balik dudukan plat nomor
3. Kasih trim restorer di karet bagasi --> lumayan membantu tapi ga lama bunyi lagi
4. Kencengin ban serep

Kira2 kenapa ya? Bawa ke BeRes 2x juga ga lama bunyi lagi.
Solusi utama ya memang setel lagu kenceng sih, tp rasa penasaran masih pengen tahu sumbernya. :D
Kalau keadaan hujan bunyi ngga om? Kalau ngga bunyi, coba karet2 pintu dikasih pelicin semua. Mobilio saya harus dikasih semir ban rutin tiap sebulan sekali di karet pintu, bunyi hilang semua..
Saya juga termasuk orang yang ga tahan sama rattle om..
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE

User avatar
josomba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba » 20 Nov 2017, 17:00

Yonatanw wrote:
20 Nov 2017, 15:54
Kalau keadaan hujan bunyi ngga om? Kalau ngga bunyi, coba karet2 pintu dikasih pelicin semua. Mobilio saya harus dikasih semir ban rutin tiap sebulan sekali di karet pintu, bunyi hilang semua..
Saya juga termasuk orang yang ga tahan sama rattle om..
Wah sama ya kalo dikasih pelicin/trim restorer memang jadi berkurang bunyinya ya. Saya juga jadi rutin 2 minggu sekali kasih semir/trim restorer. Lagi mikir2 sih nih apa ganti karet aja kali ya haha [emo-yesno]
DJ - P5-VPS
T32 - MR20DD

Post Reply

Return to “Minibus / Station Types”