Mobilio Users

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol »

Pierre87 wrote: Sat Jul 20, 2019 10:45 Oli transmisi ane rembes ga sampe netes.. apa ada yg pernah ngalamin? Kira2 brp duit yah..makasi
Santai om. rata2 semua brio/mobilio begitu.. diganti juga nanti gitu lagi..
selama gak netes2 parah diemin aja om..

Rajin2 aja ganti oli CVT max 25rb km jadi ketauan kalo berkurang.
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Mobilio Users

Post by epevert »

Pierre87 wrote:Oli transmisi ane rembes ga sampe netes.. apa ada yg pernah ngalamin? Kira2 brp duit yah..makasi
Ada 2 macam sih rembes dr lokasi yg situ2 dekatan..walau dua2nya kudu ganti seal juga
Kalo yg rembes oli transmisi, ganti seal transmisi
Kalo yg rembes oli mesin, ganti seal kruk as...

akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Mobilio Users

Post by akbrn »

osbertc0ol wrote:
Pierre87 wrote: Sat Jul 20, 2019 10:45 Oli transmisi ane rembes ga sampe netes.. apa ada yg pernah ngalamin? Kira2 brp duit yah..makasi
Santai om. rata2 semua brio/mobilio begitu.. diganti juga nanti gitu lagi..
selama gak netes2 parah diemin aja om..

Rajin2 aja ganti oli CVT max 25rb km jadi ketauan kalo berkurang.
Udah paling bener sih ini, yg sy udah jalan 50 rb km semenjak ganti seal, skrg mulai rembes lagi. Hahaha

Malah beberapa user ada yg selang beberapa hari ganti seal, malah jadi netes oli nya

Selama masih sekedar rembes mending sering dipantau aja antara oli mesin & oli transmisi.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Mobilio Users

Post by indeskey »

Ini mobilnya transmisi manual apa cvt om?
akbrn wrote: Fri Aug 09, 2019 16:00
osbertc0ol wrote:
Pierre87 wrote: Sat Jul 20, 2019 10:45 Oli transmisi ane rembes ga sampe netes.. apa ada yg pernah ngalamin? Kira2 brp duit yah..makasi
Santai om. rata2 semua brio/mobilio begitu.. diganti juga nanti gitu lagi..
selama gak netes2 parah diemin aja om..

Rajin2 aja ganti oli CVT max 25rb km jadi ketauan kalo berkurang.
Udah paling bener sih ini, yg sy udah jalan 50 rb km semenjak ganti seal, skrg mulai rembes lagi. Hahaha

Malah beberapa user ada yg selang beberapa hari ganti seal, malah jadi netes oli nya

Selama masih sekedar rembes mending sering dipantau aja antara oli mesin & oli transmisi.
okio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Mon May 17, 2010 5:46

Re: Mobilio Users

Post by okio »

indeskey wrote:Ini mobilnya transmisi manual apa cvt om?
akbrn wrote: Fri Aug 09, 2019 16:00
osbertc0ol wrote: Santai om. rata2 semua brio/mobilio begitu.. diganti juga nanti gitu lagi..
selama gak netes2 parah diemin aja om..

Rajin2 aja ganti oli CVT max 25rb km jadi ketauan kalo berkurang.
Udah paling bener sih ini, yg sy udah jalan 50 rb km semenjak ganti seal, skrg mulai rembes lagi. Hahaha

Malah beberapa user ada yg selang beberapa hari ganti seal, malah jadi netes oli nya

Selama masih sekedar rembes mending sering dipantau aja antara oli mesin & oli transmisi.
Ane makai Lio CVT udah 5 tahun lancar2 aja, sekarang mau ganti ambil Lio CVT lagi jadi waswas
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4584
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 »

okio wrote: Mon Aug 12, 2019 2:21
indeskey wrote:Ini mobilnya transmisi manual apa cvt om?
akbrn wrote: Fri Aug 09, 2019 16:00 Udah paling bener sih ini, yg sy udah jalan 50 rb km semenjak ganti seal, skrg mulai rembes lagi. Hahaha

Malah beberapa user ada yg selang beberapa hari ganti seal, malah jadi netes oli nya

Selama masih sekedar rembes mending sering dipantau aja antara oli mesin & oli transmisi.
Ane makai Lio CVT udah 5 tahun lancar2 aja, sekarang mau ganti ambil Lio CVT lagi jadi waswas
Semua tergantung pemakaian sih om. Ada yang pakaimya kasar, ada yang halus.
Mungkin pm pakainya halus jadi setelah 5 thn OK2x saja.

Punya saya sering dipakai istri saya, sudah 4 thn ini, ada 2 keluhan:
1. Shock depan kanan kaluar kena polisi tidur yang tajam seperti bunyi glodak, kayanya shock sudah lemah, jadi waktu naik polisi tidur gak bunyi, waktu turun justru bunyi
2. Drive Shaft / Input Shaft bunyi lagi, dulu di 1.5 thn dah pernah ganti. Sekarang bunyi lagi, mungkin karena sering dari D pindah ke S. Bunyinya jedek jedek kalau jalan pelan habis gas, dilepas, dan gas lagi

Pernah ganti karet shock atas, kelihatan kalua kap mesin dibuka
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4584
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 »

Jedug dan bunyi jedeng.

Waktu kecepatan sekitar 20 an KM/jam lepas gas gak sampai 2 detik, kemudian tekan pedal gas lagi seperti terburu buru.
Akan bunyi jedug dan ada bunyi jedeng seperti besi beradu (gak terlalu keras sih)

Asalnya cuma jedug, setelah pakai 4 thn KM 75 rb akhirnya muncul juga. Kenapa yah?
okio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Mon May 17, 2010 5:46

Re: Mobilio Users

Post by okio »

Profith83 wrote:
okio wrote: Mon Aug 12, 2019 2:21
indeskey wrote:Ini mobilnya transmisi manual apa cvt om?
Ane makai Lio CVT udah 5 tahun lancar2 aja, sekarang mau ganti ambil Lio CVT lagi jadi waswas
Semua tergantung pemakaian sih om. Ada yang pakaimya kasar, ada yang halus.
Mungkin pm pakainya halus jadi setelah 5 thn OK2x saja.

Punya saya sering dipakai istri saya, sudah 4 thn ini, ada 2 keluhan:
1. Shock depan kanan kaluar kena polisi tidur yang tajam seperti bunyi glodak, kayanya shock sudah lemah, jadi waktu naik polisi tidur gak bunyi, waktu turun justru bunyi
2. Drive Shaft / Input Shaft bunyi lagi, dulu di 1.5 thn dah pernah ganti. Sekarang bunyi lagi, mungkin karena sering dari D pindah ke S. Bunyinya jedek jedek kalau jalan pelan habis gas, dilepas, dan gas lagi

Pernah ganti karet shock atas, kelihatan kalua kap mesin dibuka
Iya saya sejauh ini pakai 54rb km masih biasa dan puas, cuma feeling shock udah keras dan bising jalan beton masuk kabin, sepertinya musti tambah peredam nih..
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Mobilio Users

Post by epevert »

okio wrote:
indeskey wrote:Ini mobilnya transmisi manual apa cvt om?
akbrn wrote: Fri Aug 09, 2019 16:00 Udah paling bener sih ini, yg sy udah jalan 50 rb km semenjak ganti seal, skrg mulai rembes lagi. Hahaha

Malah beberapa user ada yg selang beberapa hari ganti seal, malah jadi netes oli nya

Selama masih sekedar rembes mending sering dipantau aja antara oli mesin & oli transmisi.
Ane makai Lio CVT udah 5 tahun lancar2 aja, sekarang mau ganti ambil Lio CVT lagi jadi waswas
Kalo beli baru worry free lah om...santai aja...dulu sblm ambil lio saya jg baca forum2 smua komen BQ jelek..berisik kabin n dll...tp pas pake oke aja...pake dr baru sampe dijual 35bulan 151rb KM..claim garansi ke beres dr kaki2 full dpn blkg sampai transmisi..
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba »

okio wrote: Tue Aug 20, 2019 7:47 Iya saya sejauh ini pakai 54rb km masih biasa dan puas, cuma feeling shock udah keras dan bising jalan beton masuk kabin, sepertinya musti tambah peredam nih..
Selain peredam, ganti ban pake continental cc6....dijamin senyap n empuk.
Image
htk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 26, 2018 4:56

Re: Mobilio Users

Post by htk »

Apakah kalo mobilio di pasang full peredam, keheningan kabin bisa seperti expander ?
Pierre87
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 07, 2018 6:30

Re: Mobilio Users

Post by Pierre87 »

Makasi gan.. ane da ikutin sarannya ganti oli matic tiap 25k.. semoga aja kaga sampe netes.amit2 deh

Ane pake oli eneos sutisna 5w30 apakah ada yg pakai dsini? Mohon reviewnya atau ada yg bisa kasi rekomen oli yg price to performancenya baik

Untuk oli power stering mobilio tiap brp km yah diganti dan radiator tiap brp km dikuras.thanks
josomba wrote:
Pierre87 wrote: Mon Jul 22, 2019 2:00 Mo nangis bacanya pak hiks..
Btw thx u
Karena nurunin transmisi jadi mahal.......

belom pake acara seal yg nyambung ke sisi oli mesin gantian yg rembes (oli mesin bisa berkurang ampe low dalam 3 hari) karena masangnya cepet2.....dulu saya balik lagi karena kaget liat oli mesin kok jadi cuman sisa di batas bawah....ngolong ke bawah, yailah sekarang ada tetesan oli....
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol »

Pierre87 wrote: Mon Sep 02, 2019 5:47 Makasi gan.. ane da ikutin sarannya ganti oli matic tiap 25k.. semoga aja kaga sampe netes.amit2 deh

Ane pake oli eneos sutisna 5w30 apakah ada yg pakai dsini? Mohon reviewnya atau ada yg bisa kasi rekomen oli yg price to performancenya baik

Untuk oli power stering mobilio tiap brp km yah diganti dan radiator tiap brp km dikuras.thanks
Eneos sustina ud bagus om.. kalo untuk daily dalam kota pake oli 0w20 aja lebih irit, bisa merk q8 atau amsoil..

Power steering sudah elektrik ga pake oli om. radiator 3 tahunan aja om..
htk wrote: Sat Aug 31, 2019 7:02 Apakah kalo mobilio di pasang full peredam, keheningan kabin bisa seperti expander ?
Ditest aja om..
Pierre87
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 07, 2018 6:30

Re: Mobilio Users

Post by Pierre87 »

Mengenai peredaman yg dipasang sendiri itu tergantung teknik pemasangan dan pemilihan bahannya jg.. jd susah jg apakah akan mirip expander

Mnrt ane sih mening pakai aja gan.. apa adanya krn pemasangan peredam itu ga mudah dan menambah bobot mobil jg
osbertc0ol wrote:
Pierre87 wrote: Mon Sep 02, 2019 5:47 Makasi gan.. ane da ikutin sarannya ganti oli matic tiap 25k.. semoga aja kaga sampe netes.amit2 deh

Ane pake oli eneos sutisna 5w30 apakah ada yg pakai dsini? Mohon reviewnya atau ada yg bisa kasi rekomen oli yg price to performancenya baik

Untuk oli power stering mobilio tiap brp km yah diganti dan radiator tiap brp km dikuras.thanks
Eneos sustina ud bagus om.. kalo untuk daily dalam kota pake oli 0w20 aja lebih irit, bisa merk q8 atau amsoil..

Power steering sudah elektrik ga pake oli om. radiator 3 tahunan aja om..
htk wrote: Sat Aug 31, 2019 7:02 Apakah kalo mobilio di pasang full peredam, keheningan kabin bisa seperti expander ?
Ditest aja om..
htk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Jun 26, 2018 4:56

Re: Mobilio Users

Post by htk »

Pierre87 wrote: Tue Sep 03, 2019 5:57 Mengenai peredaman yg dipasang sendiri itu tergantung teknik pemasangan dan pemilihan bahannya jg.. jd susah jg apakah akan mirip expander

Mnrt ane sih mening pakai aja gan.. apa adanya krn pemasangan peredam itu ga mudah dan menambah bobot mobil jg
iya tambah beban, ya anggap aja tambah bawa 1 anak remaja...
osbertc0ol wrote: Mon Sep 02, 2019 9:44 Ditest aja om..

minta pengalaman buat teman2 yang sudah pasang full peredam om..
Pierre87
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 07, 2018 6:30

Re: Mobilio Users

Post by Pierre87 »

Ada yg pernah pake TPMS buatan tiongkok ga? Pengen beli jd lebih aware ama tekanan ban, mohon dibantu agan2 reviewnya.thanks
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Mobilio Users

Post by indeskey »

Ada penampakannya nggak om, saya juga tertarik.
Pierre87 wrote:Ada yg pernah pake TPMS buatan tiongkok ga? Pengen beli jd lebih aware ama tekanan ban, mohon dibantu agan2 reviewnya.thanks
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba »

Pierre87 wrote: Thu Sep 12, 2019 0:47 Ada yg pernah pake TPMS buatan tiongkok ga? Pengen beli jd lebih aware ama tekanan ban, mohon dibantu agan2 reviewnya.thanks
Ya pernah liat di mobil temen sih, fungsi2 aja.

Saya sih prefer cek manual pake gauge pagi2 ya tiap 1 minggu sekali. Kalau kurang, tambah pake kompresor yg tinggal colok ke outlet power mobil.
Cek angin sesuai rekomendasi buku adalah pagi2 hari ketika mobil belum dipakai..... kalau dah dipakai 10km, pas cek di bengkel ban tinggal tambah 1-2 psi dari seharusnya.
Image
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Mobilio Users

Post by ZEXELGRIFONE »

Pierre87 wrote: Thu Sep 12, 2019 0:47 Ada yg pernah pake TPMS buatan tiongkok ga? Pengen beli jd lebih aware ama tekanan ban, mohon dibantu agan2 reviewnya.thanks
indeskey wrote: Thu Sep 12, 2019 0:52 Ada penampakannya nggak om, saya juga tertarik.
Pierre87 wrote:Ada yg pernah pake TPMS buatan tiongkok ga? Pengen beli jd lebih aware ama tekanan ban, mohon dibantu agan2 reviewnya.thanks
Saya pake om, TPMS beli online, modelnya seperti ini:
IMG_20190421_122448_2.jpg
Sensornya pasang di ban modelnya eksternal, gantiin tutup pentil ban.
16976664_f52eb2fb-d808-4509-a969-3f4e540c6076_1000_1000.jpg
Sudah pake beberapa bulan, buat mudik JKT-SMG PP jg. Bahkan pas lebaran kemaren saya pasang satu set jg di mobil ortu.
Klo review di yutub banyak om..

Tapi menurut saya kelebihannya:
-Monitoringnya sepertinya realtime ya.
-Bisa ubah satuan pengukuran (bar/psi) dan satuan suhu (Celcius dan Fahrenheit)
-Bisa set tekanan dan suhu batas atas berapa, batas bawah berapa. Lebih atau kurang dari itu, alarmnya bunyi.
-Ada sleep mode nya, jadi pas mobil parkir TPMS ikutan mati. Tar klo ada getaran (mobil mo jalan) dia auto nyala.
-Monitor bisa di cas pake USB atau pake tenaga surya (ada solar panel nya).
-Sensor model eksternal tutup pentil gampang pasangnya.
-Tampilan monitor bisa diatur tingkat kecerahannya.
-Batere sensor model kancing sepertinya gampang cari gantinya.
-Pasangnya ga pake ribet, cukup ganti tutup pentil ban dengan sensor, sesuaikan kode sensornya dengan posisi ban (FR-RR-RL-FL), trus monitornya ditempelin ke dashboard (ada doble tape nya). Ga pake bongkar ban, narik kabel power, dsb..

Kekurangan:
-Batere sensor (yg di tutup pentil ban) bagian kanan-belakang punya ane dah habis, pdhal baru beberapa bulan.
-Saat dipasang itu, monitor awalnya silent, tapi setelah agak lama dan dalam kondisi2 tertentu ada bunyi2 "cring2" saat jalan. Ga sering sih.
-Sensor model tutup pentil bisa diambil maling jg.
-Manual book minim, blum tau fitur2nya apa lagi (atau saya yg blum rajin explore).

Untuk kekurangan no.1, rencana baru weekend ini saya mo ganti batere-nya..

Overall menurut saya, TPMS ini sangat membantu memonitor tekanan dan suhu ban. Jadi lebih pede klo pas ngebut atau jalan jauh. :mky_02:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Mobilio Users

Post by Vicvic »

ZEXELGRIFONE wrote: Thu Sep 12, 2019 1:54
Pierre87 wrote: Thu Sep 12, 2019 0:47 Ada yg pernah pake TPMS buatan tiongkok ga? Pengen beli jd lebih aware ama tekanan ban, mohon dibantu agan2 reviewnya.thanks
indeskey wrote: Thu Sep 12, 2019 0:52 Ada penampakannya nggak om, saya juga tertarik.
Pierre87 wrote:Ada yg pernah pake TPMS buatan tiongkok ga? Pengen beli jd lebih aware ama tekanan ban, mohon dibantu agan2 reviewnya.thanks
Saya pake om, TPMS beli online, modelnya seperti ini:

IMG_20190421_122448_2.jpg

Sensornya pasang di ban modelnya eksternal, gantiin tutup pentil ban.

16976664_f52eb2fb-d808-4509-a969-3f4e540c6076_1000_1000.jpg

Sudah pake beberapa bulan, buat mudik JKT-SMG PP jg. Bahkan pas lebaran kemaren saya pasang satu set jg di mobil ortu.
Klo review di yutub banyak om..

Tapi menurut saya kelebihannya:
-Monitoringnya sepertinya realtime ya.
-Bisa ubah satuan pengukuran (bar/psi) dan satuan suhu (Celcius dan Fahrenheit)
-Bisa set tekanan dan suhu batas atas berapa, batas bawah berapa. Lebih atau kurang dari itu, alarmnya bunyi.
-Ada sleep mode nya, jadi pas mobil parkir TPMS ikutan mati. Tar klo ada getaran (mobil mo jalan) dia auto nyala.
-Monitor bisa di cas pake USB atau pake tenaga surya (ada solar panel nya).
-Sensor model eksternal tutup pentil gampang pasangnya.
-Tampilan monitor bisa diatur tingkat kecerahannya.
-Batere sensor model kancing sepertinya gampang cari gantinya.
-Pasangnya ga pake ribet, cukup ganti tutup pentil ban dengan sensor, sesuaikan kode sensornya dengan posisi ban (FR-RR-RL-FL), trus monitornya ditempelin ke dashboard (ada doble tape nya). Ga pake bongkar ban, narik kabel power, dsb..

Kekurangan:
-Batere sensor (yg di tutup pentil ban) bagian kanan-belakang punya ane dah habis, pdhal baru beberapa bulan.
-Saat dipasang itu, monitor awalnya silent, tapi setelah agak lama dan dalam kondisi2 tertentu ada bunyi2 "cring2" saat jalan. Ga sering sih.
-Sensor model tutup pentil bisa diambil maling jg.
-Manual book minim, blum tau fitur2nya apa lagi (atau saya yg blum rajin explore).

Untuk kekurangan no.1, rencana baru weekend ini saya mo ganti batere-nya..

Overall menurut saya, TPMS ini sangat membantu memonitor tekanan dan suhu ban. Jadi lebih pede klo pas ngebut atau jalan jauh. :mky_02:
Emangnya bisa di ganti om baterenya setau saya harus beli lg pentilnya trus akurat ngk om baca tekanan nya?
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Mobilio Users

Post by ZEXELGRIFONE »

Vicvic wrote: Thu Sep 12, 2019 3:52
Emangnya bisa di ganti om baterenya setau saya harus beli lg pentilnya trus akurat ngk om baca tekanan nya?
Sepertinya bisa om
Kemaren liat yutub, dan jg pengalaman temen yg punya TPMS serupa dan sensornya dibongkar coz habis baterenya, baterenya model kancing CR1632.

Saya jg penasaran, jadi mo coba bongkar dan ganti baterenya besok libur weekend. :mky_01:

Klo soal akurasi, pengalaman saya klo dibandingin sama toko ban, kios nitrogen SPBU, atau tambal ban pinggir jalan, bisa sama bisa jg beda. Kalopun beda ga jauh.

Tapi itu pengalaman saya, dan tergantung alatnya di masing2 lokasi jg..
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Mobilio Users

Post by indeskey »

Mantab penjelasan dan review nya om. Makasih :big_deal:
ZEXELGRIFONE wrote: Thu Sep 12, 2019 1:54
Pierre87 wrote: Thu Sep 12, 2019 0:47 Ada yg pernah pake TPMS buatan tiongkok ga? Pengen beli jd lebih aware ama tekanan ban, mohon dibantu agan2 reviewnya.thanks
indeskey wrote: Thu Sep 12, 2019 0:52 Ada penampakannya nggak om, saya juga tertarik.
Pierre87 wrote:Ada yg pernah pake TPMS buatan tiongkok ga? Pengen beli jd lebih aware ama tekanan ban, mohon dibantu agan2 reviewnya.thanks
Saya pake om, TPMS beli online, modelnya seperti ini:

IMG_20190421_122448_2.jpg

Sensornya pasang di ban modelnya eksternal, gantiin tutup pentil ban.

16976664_f52eb2fb-d808-4509-a969-3f4e540c6076_1000_1000.jpg

Sudah pake beberapa bulan, buat mudik JKT-SMG PP jg. Bahkan pas lebaran kemaren saya pasang satu set jg di mobil ortu.
Klo review di yutub banyak om..

Tapi menurut saya kelebihannya:
-Monitoringnya sepertinya realtime ya.
-Bisa ubah satuan pengukuran (bar/psi) dan satuan suhu (Celcius dan Fahrenheit)
-Bisa set tekanan dan suhu batas atas berapa, batas bawah berapa. Lebih atau kurang dari itu, alarmnya bunyi.
-Ada sleep mode nya, jadi pas mobil parkir TPMS ikutan mati. Tar klo ada getaran (mobil mo jalan) dia auto nyala.
-Monitor bisa di cas pake USB atau pake tenaga surya (ada solar panel nya).
-Sensor model eksternal tutup pentil gampang pasangnya.
-Tampilan monitor bisa diatur tingkat kecerahannya.
-Batere sensor model kancing sepertinya gampang cari gantinya.
-Pasangnya ga pake ribet, cukup ganti tutup pentil ban dengan sensor, sesuaikan kode sensornya dengan posisi ban (FR-RR-RL-FL), trus monitornya ditempelin ke dashboard (ada doble tape nya). Ga pake bongkar ban, narik kabel power, dsb..

Kekurangan:
-Batere sensor (yg di tutup pentil ban) bagian kanan-belakang punya ane dah habis, pdhal baru beberapa bulan.
-Saat dipasang itu, monitor awalnya silent, tapi setelah agak lama dan dalam kondisi2 tertentu ada bunyi2 "cring2" saat jalan. Ga sering sih.
-Sensor model tutup pentil bisa diambil maling jg.
-Manual book minim, blum tau fitur2nya apa lagi (atau saya yg blum rajin explore).

Untuk kekurangan no.1, rencana baru weekend ini saya mo ganti batere-nya..

Overall menurut saya, TPMS ini sangat membantu memonitor tekanan dan suhu ban. Jadi lebih pede klo pas ngebut atau jalan jauh. :mky_02:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Mobilio Users

Post by indeskey »

btw om, itu gambar pertama kondisi real mobil om ya. ban kiri depan temp nya jauh ya sama yg lain?
ZEXELGRIFONE wrote: Thu Sep 12, 2019 5:36
Vicvic wrote: Thu Sep 12, 2019 3:52
Emangnya bisa di ganti om baterenya setau saya harus beli lg pentilnya trus akurat ngk om baca tekanan nya?
Sepertinya bisa om
Kemaren liat yutub, dan jg pengalaman temen yg punya TPMS serupa dan sensornya dibongkar coz habis baterenya, baterenya model kancing CR1632.

Saya jg penasaran, jadi mo coba bongkar dan ganti baterenya besok libur weekend. :mky_01:

Klo soal akurasi, pengalaman saya klo dibandingin sama toko ban, kios nitrogen SPBU, atau tambal ban pinggir jalan, bisa sama bisa jg beda. Kalopun beda ga jauh.

Tapi itu pengalaman saya, dan tergantung alatnya di masing2 lokasi jg..
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Mobilio Users

Post by ZEXELGRIFONE »

indeskey wrote: Thu Sep 12, 2019 7:38 btw om, itu gambar pertama kondisi real mobil om ya. ban kiri depan temp nya jauh ya sama yg lain?
ZEXELGRIFONE wrote: Thu Sep 12, 2019 5:36
Vicvic wrote: Thu Sep 12, 2019 3:52
Emangnya bisa di ganti om baterenya setau saya harus beli lg pentilnya trus akurat ngk om baca tekanan nya?
Sepertinya bisa om
Kemaren liat yutub, dan jg pengalaman temen yg punya TPMS serupa dan sensornya dibongkar coz habis baterenya, baterenya model kancing CR1632.

Saya jg penasaran, jadi mo coba bongkar dan ganti baterenya besok libur weekend. :mky_01:

Klo soal akurasi, pengalaman saya klo dibandingin sama toko ban, kios nitrogen SPBU, atau tambal ban pinggir jalan, bisa sama bisa jg beda. Kalopun beda ga jauh.

Tapi itu pengalaman saya, dan tergantung alatnya di masing2 lokasi jg..
Iya itu kondiri real, setelah mobil dipake trus berhenti, parkir siang2.
Saya jg kurang tau kenapa temp ban kiri depan lebih tinggi dari yg lain.

Kemaren2 malam saya iseng foto lagi, posisi mobil diam di carport, sambil saya panasin mesinnya (maklum kuncen carport :D).
**Abaikan sensor kanan belakang yg tampil 00.
Ternyata sama jg.. Ban kiri depan temperaturnya terdeteksi lebih tinggi daripada yg lain:
IMG_20190910_185526_2.jpg
Mungkin saat diam, emang area kiri depan itu selalu lebih panas daripada area lain kali ya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Mobilio Users

Post by ZEXELGRIFONE »

Update..
Untuk suhu ban kiri depan yg lebih tinggi dr ban lain, sepertinya normal. Berikut capture foto saat TPMS hidup tapi mesin blum distart
IMG_20190914_094632~2.jpg
Terlihat suhu ban depan kiri-kanan sama.

Kemudian tadi ganti batere sensor TPMS kanan belakang, dan sensor kembali berfungsi normal.
Videonya:
[youtube]
https://youtu.be/Zu2kX3BLPbk
[/youtube]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.