Mobilio Users

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol »

Tangerang bisa ke Auto CarTrix tuh buat di scan. tapi susah juga kalo nggak pasti kapan error nya.
Coba diingat apa error terjadi pas kena mobil lobang?
Valerye
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 22 Sep 2018, 22:42
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio e cvt prestige

Re: Mobilio Users

Post by Valerye »

Sudah ke bengkel resmi di check semua ga ada yg rusak. Sekarang diagnosa terakhir itu koil mati. Harus dicoba ganti koil 4 biji. Dan itu mahal kisaran 5jt. Buset dah.
wuestenfuchs
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 25 Sep 2018, 16:38
Location: Jakarta Pusat

Re: Mobilio Users

Post by wuestenfuchs »

Valerye wrote: 25 Sep 2018, 09:52 Sudah ke bengkel resmi di check semua ga ada yg rusak. Sekarang diagnosa terakhir itu koil mati. Harus dicoba ganti koil 4 biji. Dan itu mahal kisaran 5jt. Buset dah.
Ikut nimbrung disini ya para master...
Ada kalimat aneh om..harus dicoba ganti koil 4 biji.. kalo percobaan gagal disuruh coba yg lain lagi dong?
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Mobilio Users

Post by b8099ok »

Koil mati pasti bersisa check engine. Ngga bakalan ilang sebelum di reset.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
Valerye
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 22 Sep 2018, 22:42
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio e cvt prestige

Re: Mobilio Users

Post by Valerye »

Itu dia om ane disuruh coba2 terus sama pihak beres. Busi udah ganti berapa kali blm beres juga. Check engine nyala pas mendadak mati dan klo mau start lg kudu di off dulu kunci kontaknya.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba »

Valerye wrote: 27 Sep 2018, 07:59 Itu dia om ane disuruh coba2 terus sama pihak beres. Busi udah ganti berapa kali blm beres juga. Check engine nyala pas mendadak mati dan klo mau start lg kudu di off dulu kunci kontaknya.
Nah ini juga coba tanya om ketika CE nyala, harusnya si kode error (dtc) kesimpan. Coba tanya beresnya kode berapa lalu googling arti kodenya atau tanya mbah bebong di atas tuh om. Kalau mau coba sendiri, beli obd reader elm327 (100ribuan) aja di toped, colok ke lio ente. Nanti baca pake app torque dari hape aja harusnya nongol kode errornya apa.
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobilio Users

Post by marmut »

Valerye wrote: 25 Sep 2018, 09:52 Sudah ke bengkel resmi di check semua ga ada yg rusak. Sekarang diagnosa terakhir itu koil mati. Harus dicoba ganti koil 4 biji. Dan itu mahal kisaran 5jt. Buset dah.

berani taruhan semangkok bakso, koil sehat wal a'honda.
saya curiga dari ECU atau wiring set.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 »

Saya pemakai lio dan livina. Di livina check engine muncul dan jalan nyendat nyendat karena oxygen sensor. Setelah ganti probelm selesai

Entah di Lio yah. Cuma bisa sharing sampai situ. Maaf kalau tidak membaantu. Coba saja oxygen sensor dibersihkan dengan cara direndam petamax dan digetar getarin agar kotoran kekuat semua. Pakai BBM apa prmium atau pertalite atau pertamax? Gaya setir terlalu kalem atau sedikit agresif atau sangat agresif?
wuestenfuchs
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 25 Sep 2018, 16:38
Location: Jakarta Pusat

Re: Mobilio Users

Post by wuestenfuchs »

josomba wrote: 27 Sep 2018, 08:45
Valerye wrote: 27 Sep 2018, 07:59 Itu dia om ane disuruh coba2 terus sama pihak beres. Busi udah ganti berapa kali blm beres juga. Check engine nyala pas mendadak mati dan klo mau start lg kudu di off dulu kunci kontaknya.
Nah ini juga coba tanya om ketika CE nyala, harusnya si kode error (dtc) kesimpan. Coba tanya beresnya kode berapa lalu googling arti kodenya atau tanya mbah bebong di atas tuh om. Kalau mau coba sendiri, beli obd reader elm327 (100ribuan) aja di toped, colok ke lio ente. Nanti baca pake app torque dari hape aja harusnya nongol kode errornya apa.
Logikanya pasti beres sudah baca historical DTC nya, sehingga nyuruh coba ini itu...kadang pembacaan sensor salah jadi disimpulkan lain sehingga pembacaan DTC gak mengarah solusi, yah namanya buatan manusia... Analogi saya ekstrimnya begini, misalnya oil pressure switch dan pompa oli rusak bareng sehingga semua seolah normal di mata ECU karena pembacaan sensor normal. Yang kemudian matiin mesin adalah DTC engine overheat...kemungkinan yang disalahin radiator dan fokusnya kesana. Gaada yg tau overheatnya karna gak ada oli sampe mesin dibingkar
Profith83 wrote: 27 Sep 2018, 21:33 Saya pemakai lio dan livina. Di livina check engine muncul dan jalan nyendat nyendat karena oxygen sensor. Setelah ganti probelm selesai

Entah di Lio yah. Cuma bisa sharing sampai situ. Maaf kalau tidak membaantu. Coba saja oxygen sensor dibersihkan dengan cara direndam petamax dan digetar getarin agar kotoran kekuat semua. Pakai BBM apa prmium atau pertalite atau pertamax? Gaya setir terlalu kalem atau sedikit agresif atau sangat agresif?
Yang bikin begitu yg nyetirnya kalem ya om? Hehehe
Valerye
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 22 Sep 2018, 22:42
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio e cvt prestige

Re: Mobilio Users

Post by Valerye »

Saya nyetir kalem sekali jarang lewat dari 2000rpm. Irit banget konsumsi bbm saya bisa 13-14km/l dalam kota. Coba nanti saya cek oxygen sensornya. Tapi yg saya aneh itu kenapa saat mati mendadak itu, si kunci ga bisa langsung saya starter tp harus di off kan dulu. Ada kemungkinan kelistrikan kan. Tp dicek sama honda aman2 saja. Bingung saya sudah habis duit banyak ga kelar2.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 »

Gak juga karena setir kalem, yang pakai istri saya justru seringnya RPM tinggi hahhaah….
Tapi pakai premium, jadi banyak kerak, karena premium kualitas yah begitu itu …..

Pakai Pertamax setir kalem juga banyak kerak.
Kalau bisa dikerjakan sendiri coba dilepas dan beli Pertamax 1 liter kemudian dikocok kocok ke dalam Pertamax.
Oxygen Sensor di Livina sekitar 500 rb kalua beli baru.

Cari di youtube untuk bongkar oxygen sensor dan cari juga di youtube cara bersihkan.
Kadang ada yang posting di youtube
paulsiagian
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 02 Oct 2018, 16:13

Re: Mobilio Users

Post by paulsiagian »

Selamat malam semua... Perkenalkan saya Paul...
Baru join... Saya pengguna Mobilio... Saya mau nanya, ada yg ngalamin headlamp nya berembun ga yah? Saya kaget td pagi ( hari Selasa ), liat rumah lampu berembun... Sampai skrg sih msh berembun walaupun udah berkurang embunnya... Hari Senin kemarin memang mobil di cuci dan di siram ruang mesinnya... Tp itu bukan kali pertamanya... Nah, yg kemarin²nya, setelah siram ruang mesin, ga ada berembun... Apakah ada yg pernah atau mungkin masih mengalami hal ini? Ini penampakannya:

Foto 1 Image

Foto 2 Image

Foto 3 ( pakai flash camera ) Image

Foto 4 Image

Mohon maaf, newbie, msh blm paham cara buat spoiler... :big_sorry:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba »

paulsiagian wrote: 03 Oct 2018, 01:12 Selamat malam semua... Perkenalkan saya Paul...
Baru join... Saya pengguna Mobilio... Saya mau nanya, ada yg ngalamin headlamp nya berembun ga yah? Saya kaget td pagi ( hari Selasa ), liat rumah lampu berembun... Sampai skrg sih msh berembun walaupun udah berkurang embunnya... Hari Senin kemarin memang mobil di cuci dan di siram ruang mesinnya... Tp itu bukan kali pertamanya... Nah, yg kemarin²nya, setelah siram ruang mesin, ga ada berembun... Apakah ada yg pernah atau mungkin masih mengalami hal ini? Ini penampakannya:

Foto 1 Image

Foto 2 Image

Foto 3 ( pakai flash camera ) Image

Foto 4 Image

Mohon maaf, newbie, msh blm paham cara buat spoiler... :big_sorry:
Hairdryer aja dulu yg bagian berembun bang Paul (hairdryer dari luar, agak hampir ditempel ke mika). Butuh 10-15 menit sih mantengin hairdryer. Sambil cek juga karet weather seal di belakang batok lampu dah kepasang pas belum. Kalau nanti2nya ada kejadian berembun tapi ga cepat hilang lagi berarti memang ada yg kurang rapet seal sekeliling mika
Image
paulsiagian
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 02 Oct 2018, 16:13

Re: Mobilio Users

Post by paulsiagian »

josomba wrote: 03 Oct 2018, 08:31
paulsiagian wrote: 03 Oct 2018, 01:12 Selamat malam semua... Perkenalkan saya Paul...
Baru join... Saya pengguna Mobilio... Saya mau nanya, ada yg ngalamin headlamp nya berembun ga yah? Saya kaget td pagi ( hari Selasa ), liat rumah lampu berembun... Sampai skrg sih msh berembun walaupun udah berkurang embunnya... Hari Senin kemarin memang mobil di cuci dan di siram ruang mesinnya... Tp itu bukan kali pertamanya... Nah, yg kemarin²nya, setelah siram ruang mesin, ga ada berembun... Apakah ada yg pernah atau mungkin masih mengalami hal ini? Ini penampakannya:

Foto 1 Image

Foto 2 Image

Foto 3 ( pakai flash camera ) Image

Foto 4 Image

Mohon maaf, newbie, msh blm paham cara buat spoiler... :big_sorry:
Hairdryer aja dulu yg bagian berembun bang Paul (hairdryer dari luar, agak hampir ditempel ke mika). Butuh 10-15 menit sih mantengin hairdryer. Sambil cek juga karet weather seal di belakang batok lampu dah kepasang pas belum. Kalau nanti2nya ada kejadian berembun tapi ga cepat hilang lagi berarti memang ada yg kurang rapet seal sekeliling mika

Om josomba pernah ngalamin juga kah?

Nah, berhubung lagi di luar rumah, ini aku bela²in cari parkiran di luar gedung... Biar bisa kena matahari tuh headlamp... Dan sblm di tinggal, aku cabut bohlam lampu sein dah bohlam lampu utamanya... Biar sirkulasi udaranya makin cepat... Semoga nanti sore udah berkurang lagi tuh embun... Karet batok lampu sih rapat, td di cek sblm cabut lampu utama... Nah klo seal ini yg rada ribet ceknya...

Thx buat sarannya om josomba... :thanks:
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: 12 Jan 2008, 19:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Mobilio Users

Post by iwansiagian »

marmut wrote:
Valerye wrote: 25 Sep 2018, 09:52 Sudah ke bengkel resmi di check semua ga ada yg rusak. Sekarang diagnosa terakhir itu koil mati. Harus dicoba ganti koil 4 biji. Dan itu mahal kisaran 5jt. Buset dah.

berani taruhan semangkok bakso, koil sehat wal a'honda.
saya curiga dari ECU atau wiring set.
Coba cek juga cranks shaft censor. Dulu pernah pakai Honda Stream itu penyakit nya gitu kalo dah aus suka mati mesin sendiri.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol »

Report abis ganti Ban SP300 ke Michelin Energy XM2 tekanan 35 rata.
Udah jalan 1000KM konklusi

Mobil jadi haluus banget dan empuk. Road noise berkurang signifikan.
Ban bawaan SP300 berarti sangat berisik dan keras.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Mobilio Users

Post by solar_kerosen »

Valerye wrote: 25 Sep 2018, 09:52 Sudah ke bengkel resmi di check semua ga ada yg rusak. Sekarang diagnosa terakhir itu koil mati. Harus dicoba ganti koil 4 biji. Dan itu mahal kisaran 5jt. Buset dah.
Rusak part harus beli berarti garansi habis , kalo nurut gue itu 3 beres [cencored] atau bajingan masa ga bisa ngetes koil bagus atau tidak lagian beres turunan langsung atpm yg mana jual dan training mobil servis langsung . Tugas dia menganalisa kerusakan bukan pembeli mobil kok aneh curiga koil rusak harus beli kl gagal cari lg menjijikkan ptui...
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: 22 Jul 2016, 09:23

Re: Mobilio Users

Post by Escaflowne »

Malam om, numpang tanya, jok tengah sisi kanan mobilio saya tahun 2015, bunyi jedug nyit nyit kalo diduduki orang, kejadian ini baru berlangsung 2 bulan terakhir, kira kira apa ya penyebabnya?

Perasaan saya sepertinya pengait jok tengah bagian belakang ke lantai yang sepertinya bergeser dudukannya.

Mohon sarannya om.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mobilio Users

Post by josomba »

Escaflowne wrote: 22 Oct 2018, 22:59 Malam om, numpang tanya, jok tengah sisi kanan mobilio saya tahun 2015, bunyi jedug nyit nyit kalo diduduki orang, kejadian ini baru berlangsung 2 bulan terakhir, kira kira apa ya penyebabnya?

Perasaan saya sepertinya pengait jok tengah bagian belakang ke lantai yang sepertinya bergeser dudukannya.

Mohon sarannya om.
Wah kalau saya dulu malah bunyi kalau ga ada yg duduki om. Seandainya mau coba, kasus saya dulu solved setelah besi pengait saya lapisin pake lakban listrik (karet elastik) gitu sih....
Image
Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: 22 Jul 2016, 09:23

Re: Mobilio Users

Post by Escaflowne »

josomba wrote:
Escaflowne wrote: 22 Oct 2018, 22:59 Malam om, numpang tanya, jok tengah sisi kanan mobilio saya tahun 2015, bunyi jedug nyit nyit kalo diduduki orang, kejadian ini baru berlangsung 2 bulan terakhir, kira kira apa ya penyebabnya?

Perasaan saya sepertinya pengait jok tengah bagian belakang ke lantai yang sepertinya bergeser dudukannya.

Mohon sarannya om.
Wah kalau saya dulu malah bunyi kalau ga ada yg duduki om. Seandainya mau coba, kasus saya dulu solved setelah besi pengait saya lapisin pake lakban listrik (karet elastik) gitu sih....
Noted with thanks om sarannya, saya coba nanti
User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: Mobilio Users

Post by piko25 »

Abis ganti filter udara di km 20rban, kok ada yg aneh ya?
Filter bawaan ada tulisan TOYOROKI (thailand), warna putih ke kuningan.
Yg Ori tanpa tulisan tsb, cuma honda aja warna cenderung pink (beli 150 diluar) di beres 145 belum ppn, sama aja sih

Klo yg kw/oem warna bener2 putih harga 70rban

Mobilio kan CKD kok sparepart dr thailand? Lalu yg dijual di beres buatan mana? Berarti beda ya yg bawaan mobil dengan sparepart yg dijual HPM?
Penasaran aja sih
Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: 22 Jul 2016, 09:23

Re: Mobilio Users

Post by Escaflowne »

Siang om, numpang nanya bengkel non resmi untuk ganti karet shockbreaker belakang daerah kelapa gading yang recommended dimana ya?
IMG_20181120_110141.jpg
Naim
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 07 Dec 2018, 15:59
Location: Batam
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Mobilio Users

Post by Naim »

Valerye wrote: 22 Sep 2018, 22:50 Selamat malam. Mobil saya mobilio e cvt prestige. Saya ada masalah nih yg belum selesai dengan mobil saya. Padahal sudah di bawa ke 3 bengkel resmi. Dari reser ECU, cabut Gps & ganti busi belum sembuh2. Penyakitnya begini. Setiap mobil dingin atau mau dipanasin pagi2 mobil saya hidup tp mati lagi, begitu seterusnya sampai selang 1/2 jam. Matinya itu ada 2 step, sebelum mati mobil selalu naik RPM sendiri lalu check engine, oli, sama indikator kunci menyala setelah itu mati indikator tersebut, mobil masih menyala nah setelah itu mobil tiba2 mati berbarengan dengan check engine menyala. Begitu seterusnya sampai 1/2 jam setiap pagi. 3 bengkel resmi ga mampu menyelesaikan masalah saya. Siapa tau disini ada yg tau penyebabnya. Sedikit tambahan, dikala mobil berjalan kejadian itu sering terjadi lagi sampai harus was2 kalo mau menyalip karena pernah pas saya menyalip mobil mati sehingga harus di stater lagi. Dan anehnya klo habis mati tidak bisa langsung di starter karena kuncinya harus di offkan dahulu. Kira2 apa ya penyakitnya. Di check di ECU, aki dan busi ga ada masalah menurut bengkel resmi. Mohon para suhu bisa menanggapi masalah saya. Terima kasih.
Apakah sebelum terjadi masalah, engine-nya pernah diutak atik Om? ataukah problemnya tiba2 muncul seperti di atas..? Kalau bengkel beres seharusnya mereka bisa mengatasi, kalau ngak bisa mereka akan diskusi dengan engineer Honda di JKT,. Mereka pasti akan mati2an mencari solusinya karena menyangkut reputasi. Sebaiknya OM tanyakan langsung ke manager beres nya biar dicarikan solusi terbaik. Bahaya dengan kondisi mobil seperti diatas.
User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: Mobilio Users

Post by piko25 »

disini ada yg sudah ganti front pipe dan down pipe ya? rasanya dulu ada yg cerita
User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 03 Mar 2014, 15:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: Mobilio Users

Post by piko25 »

hehehe... sepi ternyata, saya kemarin ganti FP dan DP, kebelakangnya ada reson dan muffler masih bawaan, maksud hati biar gk berisik eh ternyata rpm 2500an udah berisik, ternyata gk meredam dengan bagus nih reson dan muffler bawaan walau untuk suara gk terlalu masuk kedalem.

tarikan pasti lebih enteng, AVG sementara masih sama aja rasanya,
Post Reply