Mobilio Users

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobilio Users

Post by DOHC »

Hansen wrote: Jadi penasaran, seal oil pan rembes prematur apakah ada hubungannya dengan pemakaian engine flush di tiap service berkala gak yah.
kmungkinan sehh siong...

dl ipah ane jg rembes seal busi gegara owner dulu pake enjin flush mulu..... ferio ane jg gt dl, pake enjin flush jg..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol »

Profith83 wrote: Selama kita habis lepas gas kira kira 1-2 detik kemudian kita injak gas lagi disentak dikit(bukan dibejek) tetapi disentak dikit ... pasti ada jedug gitu ...
Kalau injak gasnya tidak disentak ... jarang muncul jedug.
Kecepatan yah standard sepertinya dari 20 KM ataupun 60 KM/jam muncul om ...
Wah iya sepertinya sih memang dari pergerakan cvt. Kalo di ane sih pas <20kmh baru lbh terasa dan berasa pas torque conv ngelock agak getar..
DOHC wrote:
Hansen wrote: Jadi penasaran, seal oil pan rembes prematur apakah ada hubungannya dengan pemakaian engine flush di tiap service berkala gak yah.
kmungkinan sehh siong...

dl ipah ane jg rembes seal busi gegara owner dulu pake enjin flush mulu..... ferio ane jg gt dl, pake enjin flush jg..
Memang eng flush itu isinya cuma kerosene yang sifatnya merusak karet..
Dan anehnya ahond selalu masukin eng flush di setiap service..

Dealer skrg emg jagonya jualan doang

:big_dunno:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 »

Update Mobilio ganti seal drive shaft, penggantian telah dilakukan dan mobil telah jalan 500 KM. Mobil masih ada bekas oli.
Sepertinya ini olie bekas yang dulu, biarpun sudah dibersihkan di bagian luar. Tetapi ada bagian dalam yang tidak bisa dibersihkan. Sepertinya dari sisa sisa olie itu masih turun.

Tinggal ditunggu 1 bulan lagi, apabila kering dan tidak ada olie berarti aman. Menunggu sambil harap harap cemas.

Oh iya sekalian tanya apabila saya pakai 5 bulan sudah 10,000 KM. Apakah periode ganti olie mesin perlu diperpendek 2.5 bulan 5,000 KM?
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol »

Profith83 wrote:Update Mobilio ganti seal drive shaft, penggantian telah dilakukan dan mobil telah jalan 500 KM. Mobil masih ada bekas oli.
Sepertinya ini olie bekas yang dulu, biarpun sudah dibersihkan di bagian luar. Tetapi ada bagian dalam yang tidak bisa dibersihkan. Sepertinya dari sisa sisa olie itu masih turun.

Tinggal ditunggu 1 bulan lagi, apabila kering dan tidak ada olie berarti aman. Menunggu sambil harap harap cemas.

Oh iya sekalian tanya apabila saya pakai 5 bulan sudah 10,000 KM. Apakah periode ganti olie mesin perlu diperpendek 2.5 bulan 5,000 KM?
Ganti seal drive shaft gara2 ada oli rembes ya om? Apa jedug juga ikutan ilang?

Menurut om turbo sih yg honda epro blue max 7500km om idealnya..
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 »

osbertc0ol wrote:
Profith83 wrote:Update Mobilio ganti seal drive shaft, penggantian telah dilakukan dan mobil telah jalan 500 KM. Mobil masih ada bekas oli.
Sepertinya ini olie bekas yang dulu, biarpun sudah dibersihkan di bagian luar. Tetapi ada bagian dalam yang tidak bisa dibersihkan. Sepertinya dari sisa sisa olie itu masih turun.

Tinggal ditunggu 1 bulan lagi, apabila kering dan tidak ada olie berarti aman. Menunggu sambil harap harap cemas.

Oh iya sekalian tanya apabila saya pakai 5 bulan sudah 10,000 KM. Apakah periode ganti olie mesin perlu diperpendek 2.5 bulan 5,000 KM?
Ganti seal drive shaft gara2 ada oli rembes ya om? Apa jedug juga ikutan ilang?

Menurut om turbo sih yg honda epro blue max 7500km om idealnya..
Mobil yang sering pakai istri. Saya akan satu persatu selesaikan masalahnya.
Untuk Jedug belum coba perhatikan lagi.

Punya om juga ada jedug kalau habis gas dilepas kemudian di gas lagi?
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Mobilio Users

Post by Yonatanw »

Profith83 wrote:
osbertc0ol wrote:
Profith83 wrote:Update Mobilio ganti seal drive shaft, penggantian telah dilakukan dan mobil telah jalan 500 KM. Mobil masih ada bekas oli.
Sepertinya ini olie bekas yang dulu, biarpun sudah dibersihkan di bagian luar. Tetapi ada bagian dalam yang tidak bisa dibersihkan. Sepertinya dari sisa sisa olie itu masih turun.

Tinggal ditunggu 1 bulan lagi, apabila kering dan tidak ada olie berarti aman. Menunggu sambil harap harap cemas.

Oh iya sekalian tanya apabila saya pakai 5 bulan sudah 10,000 KM. Apakah periode ganti olie mesin perlu diperpendek 2.5 bulan 5,000 KM?
Ganti seal drive shaft gara2 ada oli rembes ya om? Apa jedug juga ikutan ilang?

Menurut om turbo sih yg honda epro blue max 7500km om idealnya..
Mobil yang sering pakai istri. Saya akan satu persatu selesaikan masalahnya.
Untuk Jedug belum coba perhatikan lagi.

Punya om juga ada jedug kalau habis gas dilepas kemudian di gas lagi?
Ikutan pantau om..

Saya testing kemarin malam, saya lepas gas, langsung sentek, beberapa kali saya coba ga ada jedug.. Adanya bunyi tek.. tek dikit, abis itu lari mobilnya...
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol »

Profith83 wrote: Mobil yang sering pakai istri. Saya akan satu persatu selesaikan masalahnya.
Untuk Jedug belum coba perhatikan lagi.

Punya om juga ada jedug kalau habis gas dilepas kemudian di gas lagi?
Ga ada om, senyap punya saya.. Mungkin karna km masih <10k kali ya..
Memang ada sedikit kaget gitu pas dibawah 20kmh kalo di gas lagi, tapi nggak sampe keluar bunyi sih om..
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 »

osbertc0ol wrote:
Profith83 wrote: Mobil yang sering pakai istri. Saya akan satu persatu selesaikan masalahnya.
Untuk Jedug belum coba perhatikan lagi.

Punya om juga ada jedug kalau habis gas dilepas kemudian di gas lagi?
Ga ada om, senyap punya saya.. Mungkin karna km masih <10k kali ya..
Memang ada sedikit kaget gitu pas dibawah 20kmh kalo di gas lagi, tapi nggak sampe keluar bunyi sih om..
Iya, punya saya gak ada bunyi jedug. Tetapi kaya ada jeda gitu om, kalau habis gas dilepas kemudian di gas lagi ada jeda gitu ... kaya kosong gitu ... terus baru dek dan narik ...
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Mobilio Users

Post by padmalotus »

saya juga jedug kalau stop and go..

dan baru 1800 KM sudah ada suara "errrrrr......" di pilar satu sebelah kanan.

(Mobilio E CVT 2016)
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Mobilio Users

Post by Yonatanw »

padmalotus wrote:saya juga jedug kalau stop and go..

dan baru 1800 KM sudah ada suara "errrrrr......" di pilar satu sebelah kanan.

(Mobilio E CVT 2016)
pilar satu maksudnya pilar A depan driver om? Dilepas karet pintunya, terus dicongkel dikit plastik pilarnya, lepas. kasih busa sampai pilar diketuk terasa padat, dipasang lagi. solved..
Gampang kok om..
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobilio Users

Post by ChZ »

Profith83 wrote: Oh iya sekalian tanya apabila saya pakai 5 bulan sudah 10,000 KM. Apakah periode ganti olie mesin perlu diperpendek 2.5 bulan 5,000 KM?
Tentu saja oom... ikut peraturan mana yang tercapai lebih dulu :mky_01: Working hours nya atau kilometer nya. Pabrikan pasti sudah memperhitungkan kalau 5k kilometer itu ekivalen dengan kurang lebih setengah taun pemakaian (5-6 bulan).
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
andryans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
Location: Jakarta

Re: Mobilio Users

Post by andryans »

ada yg tahu, garansi mobilio itu sampe km berapa ya? apa 50rb/3thn?

so far terakhr saya service di beres 20rb dengan km 11rb an (1,5th) sekarang dah jalan 3bln br 15rb an jarang pakai..

karena next service kudu bayar bs ngga saya milah2 seperti? service hanya engine check dkk.. utk oli bw sendiri, filter ga usah di bersiin krn pake knn?

Sent from my ONEPLUS A3010 using Tapatalk
A/T vehicle.....
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 »

ChZ wrote:
Profith83 wrote: Oh iya sekalian tanya apabila saya pakai 5 bulan sudah 10,000 KM. Apakah periode ganti olie mesin perlu diperpendek 2.5 bulan 5,000 KM?
Tentu saja oom... ikut peraturan mana yang tercapai lebih dulu :mky_01: Working hours nya atau kilometer nya. Pabrikan pasti sudah memperhitungkan kalau 5k kilometer itu ekivalen dengan kurang lebih setengah taun pemakaian (5-6 bulan).
Om kan sebut 5K , tiap 5-6 bulan.

Pertanyaannya saya ulangi, servis tiap

2,5 bulan KM 5,000
atau
5 bulan KM 10,000
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobilio Users

Post by ChZ »

Profith83 wrote:
Om kan sebut 5K , tiap 5-6 bulan.

Pertanyaannya saya ulangi, servis tiap

2,5 bulan KM 5,000
atau
5 bulan KM 10,000
Maksud saya, oli kan idealnya diganti tiap 6 bulan sekali / 5000 KM dengan asumsi engine working hours normal. Tinggal mana yang tercapai lebih dulu, oom.

Karena 5000 KM nya tercapai duluan (2.5 bulan) ya serpisnya di 5000 KM aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Mobilio Users

Post by liep »

Profith83 wrote:
ChZ wrote:
Profith83 wrote:Oh iya sekalian tanya apabila saya pakai 5 bulan sudah 10,000 KM. Apakah periode ganti olie mesin perlu diperpendek 2.5 bulan 5,000 KM?
Tentu saja oom... ikut peraturan mana yang tercapai lebih dulu :mky_01: Working hours nya atau kilometer nya. Pabrikan pasti sudah memperhitungkan kalau 5k kilometer itu ekivalen dengan kurang lebih setengah taun pemakaian (5-6 bulan).
Om kan sebut 5K , tiap 5-6 bulan.
Pertanyaannya saya ulangi, servis tiap
2,5 bulan KM 5,000
atau
5 bulan KM 10,000
kalo saya pribadi, sama dg om chz, idealnya ganti olie tiap 5000km, tp wong mbl bini sdh 32bln baru 9000km, akhirnya spy ga rugi2 amat tp ati tenang, ya ambil jln tengah tiap 5bln ane rutin ganti olie meskipun blm tercapai 5000km

klo kasusnya om profith83, imho tiap 2.5bln gantinya krn sdh 5000km, molor dikit 1 bln sptnya msh aman, hehe

krn mnurut saya pribadi life time itu bisa berkurang selain krn pemakaian, jg krn usia
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol »

Profith83 wrote:
osbertc0ol wrote:
Profith83 wrote: Mobil yang sering pakai istri. Saya akan satu persatu selesaikan masalahnya.
Untuk Jedug belum coba perhatikan lagi.

Punya om juga ada jedug kalau habis gas dilepas kemudian di gas lagi?
Ga ada om, senyap punya saya.. Mungkin karna km masih <10k kali ya..
Memang ada sedikit kaget gitu pas dibawah 20kmh kalo di gas lagi, tapi nggak sampe keluar bunyi sih om..
Iya, punya saya gak ada bunyi jedug. Tetapi kaya ada jeda gitu om, kalau habis gas dilepas kemudian di gas lagi ada jeda gitu ... kaya kosong gitu ... terus baru dek dan narik ...
Ohh menurut saya sih itu gara2 pas lepas gas TC dis-engage, pas di gas lagi rpm built up dan TC langsung ngelock.
Di saya sih cuma terjadi pas dibawah 20kmh, diatas itu tc selalu ngelock..

Dan berasa lebih halus dan waktu mikir berkurang setelah benerin grounding..
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 »

ChZ wrote:
Profith83 wrote:
Om kan sebut 5K , tiap 5-6 bulan.

Pertanyaannya saya ulangi, servis tiap

2,5 bulan KM 5,000
atau
5 bulan KM 10,000
Maksud saya, oli kan idealnya diganti tiap 6 bulan sekali / 5000 KM dengan asumsi engine working hours normal. Tinggal mana yang tercapai lebih dulu, oom.

Karena 5000 KM nya tercapai duluan (2.5 bulan) ya serpisnya di 5000 KM aja.
Sip sip om.
Terima kasih saran dan penjelasannya.
Nanti coba tiap 5,000 Km ganti olie dan lihat olienya parah atau gak.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 »

osbertc0ol wrote:
Profith83 wrote:
osbertc0ol wrote:
Ga ada om, senyap punya saya.. Mungkin karna km masih <10k kali ya..
Memang ada sedikit kaget gitu pas dibawah 20kmh kalo di gas lagi, tapi nggak sampe keluar bunyi sih om..
Iya, punya saya gak ada bunyi jedug. Tetapi kaya ada jeda gitu om, kalau habis gas dilepas kemudian di gas lagi ada jeda gitu ... kaya kosong gitu ... terus baru dek dan narik ...
Ohh menurut saya sih itu gara2 pas lepas gas TC dis-engage, pas di gas lagi rpm built up dan TC langsung ngelock.
Di saya sih cuma terjadi pas dibawah 20kmh, diatas itu tc selalu ngelock..

Dan berasa lebih halus dan waktu mikir berkurang setelah benerin grounding..
benerin grounding apakah pengaruh? apakah tidak cuma sugesti saja?
Di Surabaya yang biasa nanganin grounding Mobilio dimana yah?
vixio
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Jan 02, 2017 9:58

Re: Mobilio Users

Post by vixio »

ada yg udah pake roof monitor d rs cvtnya??pengen pasang cuman agak ragu2 takut ngalangin spion tengahnya
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol »

Profith83 wrote:
osbertc0ol wrote:
Profith83 wrote:
Iya, punya saya gak ada bunyi jedug. Tetapi kaya ada jeda gitu om, kalau habis gas dilepas kemudian di gas lagi ada jeda gitu ... kaya kosong gitu ... terus baru dek dan narik ...
Ohh menurut saya sih itu gara2 pas lepas gas TC dis-engage, pas di gas lagi rpm built up dan TC langsung ngelock.
Di saya sih cuma terjadi pas dibawah 20kmh, diatas itu tc selalu ngelock..

Dan berasa lebih halus dan waktu mikir berkurang setelah benerin grounding..
benerin grounding apakah pengaruh? apakah tidak cuma sugesti saja?
Di Surabaya yang biasa nanganin grounding Mobilio dimana yah?
Lumayan pengaruh om, waktu mikir berkurang, dan voltase jadi stabil.
Biasa pas kompresor narik lampu kabin redup parah, setelah grounding goyang dikit aja lampunya..

Soalnya ground mobilio semua via body mobil jadi resistensi sangat besar, ga ada satupun yang langsung ke aki.
Ipah ane sih langsung ke aki cuman memang titiknya nggak banyak, kalo seperti ipah sih kayaknya pengaruhnya nggak begitu besar kalo mobilnya masih baru, entah mobil lainnya..

Seinggat ane di mobilio ane ditambah 2 jalur grounding yang langsung ke negatif aki.
Jalur 1 = Blok mesin, Alternator.
Jalur 2 = Throttle body, CVT.

Grounding perlu ditambahin atau dibenerin kalo mobil umurnya udh tua atau grounding dasarnya sangat ngirit kabel (baca: JELEK) seperti mobilio.
User avatar
andryans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
Location: Jakarta

Re: Mobilio Users

Post by andryans »

ganti aki basah 30A & pasang voltmeter sementara

akhirnya tewas jg hr ini setlah 1.5th make, gejala ga beres kmren saat di stater aga ngeden. asalan ganti aki basah krn lebih awet aja berdasarkan pengalaman lalu, dimensi lebih gede dikit tp tetep masuk d rmhnya [emoji23]

sekalian pasang voltmeter murah 25k aja buat sementara sambil nunggu order yg ada charger 2.1A. pasang gampang kabel minus ke body, positif ke rumah relay yg kosong sebelah kanan (cari yg saat kontak ON nyala)

gotu aja deh

Image

Image

Sent from OnePlus 3T - Nougat 7.0.1
A/T vehicle.....
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Mobilio Users

Post by osbertc0ol »

andryans wrote:ganti aki basah 30A & pasang voltmeter sementara

akhirnya tewas jg hr ini setlah 1.5th make, gejala ga beres kmren saat di stater aga ngeden. asalan ganti aki basah krn lebih awet aja berdasarkan pengalaman lalu, dimensi lebih gede dikit tp tetep masuk d rmhnya [emoji23]

sekalian pasang voltmeter murah 25k aja buat sementara sambil nunggu order yg ada charger 2.1A. pasang gampang kabel minus ke body, positif ke rumah relay yg kosong sebelah kanan (cari yg saat kontak ON nyala)

gotu aja deh
Sent from OnePlus 3T - Nougat 7.0.1
Aki standard nya lio brapa ya? 32A kan?
1.5thn apa sblmnya pernah nambah air aki?

btw oot dikit oneplus 3T di android 7 gimana om banyak bug gak? hehehe
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mobilio Users

Post by daftar »

kecil juga yah akinya mobilio.
:ngacir:
User avatar
andryans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Mobilio Users

Post by andryans »

osbertc0ol wrote:
andryans wrote:ganti aki basah 30A & pasang voltmeter sementara

akhirnya tewas jg hr ini setlah 1.5th make, gejala ga beres kmren saat di stater aga ngeden. asalan ganti aki basah krn lebih awet aja berdasarkan pengalaman lalu, dimensi lebih gede dikit tp tetep masuk d rmhnya [emoji23]

sekalian pasang voltmeter murah 25k aja buat sementara sambil nunggu order yg ada charger 2.1A. pasang gampang kabel minus ke body, positif ke rumah relay yg kosong sebelah kanan (cari yg saat kontak ON nyala)

gotu aja deh
Sent from OnePlus 3T - Nougat 7.0.1
Aki standard nya lio brapa ya? 32A kan?
1.5thn apa sblmnya pernah nambah air aki?

btw oot dikit oneplus 3T di android 7 gimana om banyak bug gak? hehehe
30A bro....
barusan iseng2 masang grounding hks

Image

oneplus 3T with nougat 7.0.1 stable bro kl disaya sih, no rooted

Sent from OnePlus 3T - Nougat 7.0.1
A/T vehicle.....
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mobilio Users

Post by Profith83 »

osbertc0ol wrote:
andryans wrote:ganti aki basah 30A & pasang voltmeter sementara

akhirnya tewas jg hr ini setlah 1.5th make, gejala ga beres kmren saat di stater aga ngeden. asalan ganti aki basah krn lebih awet aja berdasarkan pengalaman lalu, dimensi lebih gede dikit tp tetep masuk d rmhnya [emoji23]

sekalian pasang voltmeter murah 25k aja buat sementara sambil nunggu order yg ada charger 2.1A. pasang gampang kabel minus ke body, positif ke rumah relay yg kosong sebelah kanan (cari yg saat kontak ON nyala)

gotu aja deh
Sent from OnePlus 3T - Nougat 7.0.1
Aki standard nya lio brapa ya? 32A kan?
1.5thn apa sblmnya pernah nambah air aki?

btw oot dikit oneplus 3T di android 7 gimana om banyak bug gak? hehehe
Oh iya sekedar info ... jangan isi air aki bawaan Mobilio. Karena aki dia typenya maintenance free ...
Punya saya belum 1 thn rusak justru karena saya tambahin air akinya.
Tertulis di body sampingnya, maintenance free. Masalahnya tulisan tersebut baru terlihat kalau akinya dicopot