bertanya soal Kijang diesel 2001 saya

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

oyinsky
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Aug 11, 2015 8:00

bertanya soal Kijang diesel 2001 saya

Post by oyinsky »

halo om selamat malam..saya punya kidies taun 2001 om..baru aja saya beli 2015 bulan 5 kmrn..gk tau saya knapa suka sekali sama mobil ini..pdhl saya msh muda dan pengangguran tggl di bdg yg notabene mbl anak muda bdg keren2 :big_love:
ada beberapa hal yg mau saya tanyakan..(maafkeun klo pertanyaan saya membosankan)

1.pada awal nya klo di lepas suara tretek tretek di gearbox ada..pas di injak ilank .. dan akir nya di service bulan 12 2015 ..yg di ganti 1 set kopling sama cover,drag laher,2 laher (lupa nmanya pkk nya 3 laher di gnti bagian gearbox) dan couple joint di ganti 3 (LGX) ..kata montir si ini bakal bunyi lagi..dan ternyata bener bunyi lgi tpi gk keras bgt..kadang2 aja abis jalan jauh jkt-bdg..kenapa bisa begini ya om ? apa yg hrs di gnti biar gk bunyi lgi ?
2.pintu blakang electric lock nya rusak,wkt itu perna servis di jln polonia jkt dan nanya harga baru kta nya 2 jtaan..bener gk om ?..apa msh bisa di servis ?..kata montir nya gk bisa di servis hrs gnti baru
3.pas di tol gigi 5 RPM 100an di batang gigi bunyi krikkkkkkkkkkkkkkk (halus tpi terdengar)..baru2 ini aja si kejadian nya..2 bln sebelum nya gk perna bunyi..
4.ini rada aneh..klo saya udah 1 mggu lebih tidak ke jkt-bdg / bdg-jkt suara mesin jadi agak kasar kedengaran tek tek di mesin..tpi klo saya habis dri tol jkt-bdg / bdg-jkt ketika sampai suara mesin halus enak di dengar..kadang saya suka geber sampai 140KM/jam (setikar 2-3 menit)..apa seperti itu kidies ya om ?..klo udah lama gk di geber2 kasar lgi suara mesin nya..stiap ngisi solar saya slalu isi pertadex 70rbu di campur solar sampe penuh..
5.ini jga aneh..saya sering sporing di langganan (saya anggap montir nya jago)..udah lurus setir dan tidak lari..tpi sesudah 2 mggu lebih suka balik lagi..stir nya gk lari si cma klo di lurusin ke kiri sedikit jalan nya..dan itu slalu kejadian ..kata montir smua kaki2 depan aman..dan saya bln 7 2015 memang gnti smua kaki2 depan..hnya balljoint rekondisi ..
6.saya stiap gnti oli saya ikut kan gnti filter oli dan udara KW..ganti nya pasti antara 4000-4500 KM..dan saya pake oli medit*an sx diesel..mgkn ada rekomended oli yg mantap untuk mesin yg udah 250rbu KM ini ?..mesin sih masih enak om blom ada bocor kompresi..
7.nozzle nya msh 1 lobang..gmna klo gnti 2 lobang om ?..rekomended kah?..(asumsi saya 2 lobang karna tarikan jdi enak dan enteng jdi semakin irit krna saya bawa mobil kaki kanan saya di sekolahin dengan bagus)..
8.saya pakai ban mangkok kynergy ex 4 dan baru gnti..minta review nya om..
sgitu dlu om pertanyaan saya ..maaf kalau pertanyaan saya bnyk dan susah di mengerti hehehe :big_smile]
om klo bisa jwb nya di nomerin jga ya..klo gk di jwb di kosongin aja nomor nya..biar gk bingung om saya bacanya :big_peace:
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57

Re: bertanya soal Kijang diesel 2001 saya

Post by benteng »

Punya mobil tuwe adalah kesempatan, kalau senang belajar dan memperbaiki sendiri, kesempatan tambah pinter, kalau diserahkan kebengkel, kesempatan dompet kering.
Secara umum, ini owner dulu kurang rawat.
2, kemahalan 2 juta, kalau bisa betulin sendiri atau dengan montir yang kenal, jadi ga kena getok.
kuras tangki solar dan purging nosel.
6. Filter udara kalau yang ori, kan rentang penggantian bisa >30.000km, kalau yang tipe kertas cukup dibersihkan dengan tiup pake kompresor, bisa ditukang tambal ban pinggir jalan.
Semoga membantu.
User avatar
k0b0chan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Anki

Re: bertanya soal Kijang diesel 2001 saya

Post by k0b0chan »

Secara umum kata" om benteng boleh d dengarkan. Untuk 2jt saya rasa mending di ganti baru drpd di service.

Om ga nanya k montir yang ganti koplingnya kenapa? Imho, dia bisa bilang bakal bunyi lagi, harusnya dia tau ada problem dimana kan? Asumsinya kalau dia ga tau penyebabnya, pas udah ganti itu kopling kan uda bakal beres. Tetapi dia bilang ini bakal masih bunyi, om ga nanya knp dia bisa ngomong bgtu?
Cmiiw..

Sorry klo ngomongnya blepotan. Susah menyampaikannya kalau lewat text hehehe..
User avatar
k0b0chan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Anki

Re: bertanya soal Kijang diesel 2001 saya

Post by k0b0chan »

No 7, menurut saya, kalau di ganti 2 lobang dengan masing" lobang lebih kecil harusnya pengabutan lebih baik, jadi pembakaran lebih optimal. Mungki boleh dicoba om.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: bertanya soal Kijang diesel 2001 saya

Post by paidjho »

1. Kalau pedal kopling di sentuh atau diinjak dikit, buat redam getaran, masih bunyi gak Om? Dulu pernah ngalamin, tp krn gak terlalu ganggu akhirnya didiemin aja...
2. Kemahalan Om, biasanya gak sampai 500rb. Tp biasanya bisa diganti/diakalin pake aftermarket. Coba main ke bengkel lain aja Om.
3. Coba bongkar karet/penutup tuas persneling, biasanya dudukan ball pivotnya dah aus. Bunyinya karena getaran.
4. Efek italian tune up sepertinya.
5. Coba check dudukan rack nya Om. Dalam kondisi berhenti, engine on, putar stir ke kanan kekiri. Minta tolong orang lain lihat racl nya ikut bergerak gak? Kalau iya, karet dudukannya rack minta ganti.
6. Arahin mic ke om turboman. Atau coba browse di rank pemilihan oli Om.
7. imho ya, mendingan standard aja om.
8. Browse di trit serba serbi ban.

CWIIM yaa...
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: bertanya soal Kijang diesel 2001 saya

Post by dieselman228 »

oyinsky wrote:halo om selamat malam..saya punya kidies taun 2001 om..baru aja saya beli 2015 bulan 5 kmrn..gk tau saya knapa suka sekali sama mobil ini..pdhl saya msh muda dan pengangguran tggl di bdg yg notabene mbl anak muda bdg keren2 :big_love:
ada beberapa hal yg mau saya tanyakan..(maafkeun klo pertanyaan saya membosankan)

1.pada awal nya klo di lepas suara tretek tretek di gearbox ada..pas di injak ilank .. dan akir nya di service bulan 12 2015 ..yg di ganti 1 set kopling sama cover,drag laher,2 laher (lupa nmanya pkk nya 3 laher di gnti bagian gearbox) dan couple joint di ganti 3 (LGX) ..kata montir si ini bakal bunyi lagi..dan ternyata bener bunyi lgi tpi gk keras bgt..kadang2 aja abis jalan jauh jkt-bdg..kenapa bisa begini ya om ? apa yg hrs di gnti biar gk bunyi lgi ?
2.pintu blakang electric lock nya rusak,wkt itu perna servis di jln polonia jkt dan nanya harga baru kta nya 2 jtaan..bener gk om ?..apa msh bisa di servis ?..kata montir nya gk bisa di servis hrs gnti baru
3.pas di tol gigi 5 RPM 100an di batang gigi bunyi krikkkkkkkkkkkkkkk (halus tpi terdengar)..baru2 ini aja si kejadian nya..2 bln sebelum nya gk perna bunyi..
4.ini rada aneh..klo saya udah 1 mggu lebih tidak ke jkt-bdg / bdg-jkt suara mesin jadi agak kasar kedengaran tek tek di mesin..tpi klo saya habis dri tol jkt-bdg / bdg-jkt ketika sampai suara mesin halus enak di dengar..kadang saya suka geber sampai 140KM/jam (setikar 2-3 menit)..apa seperti itu kidies ya om ?..klo udah lama gk di geber2 kasar lgi suara mesin nya..stiap ngisi solar saya slalu isi pertadex 70rbu di campur solar sampe penuh..
5.ini jga aneh..saya sering sporing di langganan (saya anggap montir nya jago)..udah lurus setir dan tidak lari..tpi sesudah 2 mggu lebih suka balik lagi..stir nya gk lari si cma klo di lurusin ke kiri sedikit jalan nya..dan itu slalu kejadian ..kata montir smua kaki2 depan aman..dan saya bln 7 2015 memang gnti smua kaki2 depan..hnya balljoint rekondisi ..
6.saya stiap gnti oli saya ikut kan gnti filter oli dan udara KW..ganti nya pasti antara 4000-4500 KM..dan saya pake oli medit*an sx diesel..mgkn ada rekomended oli yg mantap untuk mesin yg udah 250rbu KM ini ?..mesin sih masih enak om blom ada bocor kompresi..
7.nozzle nya msh 1 lobang..gmna klo gnti 2 lobang om ?..rekomended kah?..(asumsi saya 2 lobang karna tarikan jdi enak dan enteng jdi semakin irit krna saya bawa mobil kaki kanan saya di sekolahin dengan bagus)..
8.saya pakai ban mangkok kynergy ex 4 dan baru gnti..minta review nya om..
sgitu dlu om pertanyaan saya ..maaf kalau pertanyaan saya bnyk dan susah di mengerti hehehe :big_smile]
om klo bisa jwb nya di nomerin jga ya..klo gk di jwb di kosongin aja nomor nya..biar gk bingung om saya bacanya :big_peace:


gw bantu jawab no 4, 6dan 8 aja yah..

4. itu bisa jadi efek ITU om...biar suara ga kasar, coba sekalian purging nosel dan carbon clean ruang bakar om, solar juga mempengaruhi..mungkin isi dex yang udah basi bisa jadi..coba ganti ke shell atau pake aditif aja macam redline, psdk, schaeffer diesel treat 2000, crc 1 tank....penyehatan mesin aja om sekalian, kyk kuras tanki, ganti filter solar sama filter udara...

6. kalau mau coba pake Q8 T800 10w40 ini oli kelas HDEO bisa 10000km atau 10 bulanan harga waktu sy ganti oli nov 15 masih <100rb/L..kalau ga nemu pake shell helix 10w40 itu bisa diesel juga sn/cf,mb 229.x lupa antara 1 atau 3 pake 7500 atau 6 bulan..
kalau ga yakin bisa pake 15w40 mobil delvax mx ini banyak yang jual HDEO juga yah 7500 km atau 6 bulan masih oke sih..kalau sulit nyarinya yah fastron diesel 15w40 juga okelah.

8. ban hankook lumayan om imho pernah coba di ipah, grip pas jalanan basah okelah, kering juga oke..ketahanan kembangnya gw ga paham soalnya cuma nyoba mobil orang doang.. :big_peace:
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: bertanya soal Kijang diesel 2001 saya

Post by octafiantos »

share secara umum, saya belum pernah punya kijang diesel hanya pernah piara sedan sedan toyota 80s-90s.
mi tek tek di kopling biasanya dari dek laher/release bearing. kalo montir bilang ganti bakal bunyi lagi ya berarti tahu part penggantinya bukan yang berkualitas bagus. kadang bengkel ada yang bilang kalo tgp ini itu, tapi juga tau replacement part mana yang kualitasnya baik dan mana yang biasa. saya beberapa kali ganti kopling set memang campur, ga semua tgp.

motor central lock ori 2 juta?
saya ngga tahu harga tgp, tapi yakin ada aftermarket partnya. bmw udah terkenal mahal motor central locknya apalagi yang ada lobang kuncinya (pintu depan kanan dan kalo sedan lama kiri-bagasi) karena itu sentral, trigger semua motor lain. tapi ada aftermarket partsnya seharga 450-600ribu.
Kavling kosong, bisa dikridit.
Haagendasz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31

Re: bertanya soal Kijang diesel 2001 saya

Post by Haagendasz »

share beberapa pengalaman pegang kijang krista diesel 2002 s/d dijual 2016

4. saya biasa isi solar di SPBU COCO sih, pernah rekor 1 tahun ga ganti filter solar karena masih bersih, ga ada endapan sama sekali. filter solar pake Jimco untuk Komatsu RD33 (seperti Panther biasa pake). Harga sekitar 40rb an terakhir beli, ukuran 2x lebih panjang dibanding original kijang diesel. sama setiap kali isi full tank ditambahin pake oli 2T sekitar 100 ml buat pelumasan ...

5. efek jalanan miring ga tuh ? klo direm narik juga setirnya ? ball joint merk 555 sepertinya ga mahal kok om dan awet juga.

6. klo mesin masih bagus boleh upgrade merk oli yang lebih baik, saya dulu pake Mobil 1 Delvac MX 15w40, ganti setiap 8000-9000 km, sejak baru seperti itu tidak ada yang rusak sampe dijual mesin masih kering. klo pengen merk lain boleh ikuti saran suhu2 disini. filter oli selalu ganti setiap ganti oli karena agak panjang interval ganti olinya.
filter udara cari merk K&N klo masih ada, ambil yang tipe replacement, dijamin mantap. saya punya pake filter K&N dari baru sampe dijual, ga pernah diganti juga ga rusak

7. urusan nozzle coba ngobrol sama kang Dani di Benz Diesel seberang terminal Leuwipanjang (deket per4an kopo). saya punya dulu ganti tahun 2013 pake merk Denso karena ori yang Zexel abis.

8. saya juga pake ban kinergy ex, 195/65 r15 ukuran standar krista ... so far happy, pake selama 3000 km doang, memang ga sebagus Dunlop LM 704 klo menurut beberapa temen, tapi harga ekonomis dan worthed
oyinsky
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Aug 11, 2015 8:00

Re: bertanya soal Kijang diesel 2001 saya

Post by oyinsky »

k0b0chan wrote:Secara umum kata" om benteng boleh d dengarkan. Untuk 2jt saya rasa mending di ganti baru drpd di service.

Om ga nanya k montir yang ganti koplingnya kenapa? Imho, dia bisa bilang bakal bunyi lagi, harusnya dia tau ada problem dimana kan? Asumsinya kalau dia ga tau penyebabnya, pas udah ganti itu kopling kan uda bakal beres. Tetapi dia bilang ini bakal masih bunyi, om ga nanya knp dia bisa ngomong bgtu?
Cmiiw..

Sorry klo ngomongnya blepotan. Susah menyampaikannya kalau lewat text hehehe..
2 bengkel om yg blng gitu..katanya klo mbl saya udah bunyi gini..bakal bunyi trus tpi gk kasar bgt..hrs ganti baru 1 set gearbox..
memang si batang yg di lewati kopling dah longgar dkt

paidjho wrote:1. Kalau pedal kopling di sentuh atau diinjak dikit, buat redam getaran, masih bunyi gak Om? Dulu pernah ngalamin, tp krn gak terlalu ganggu akhirnya didiemin aja...
2. Kemahalan Om, biasanya gak sampai 500rb. Tp biasanya bisa diganti/diakalin pake aftermarket. Coba main ke bengkel lain aja Om.
3. Coba bongkar karet/penutup tuas persneling, biasanya dudukan ball pivotnya dah aus. Bunyinya karena getaran.
4. Efek italian tune up sepertinya.
5. Coba check dudukan rack nya Om. Dalam kondisi berhenti, engine on, putar stir ke kanan kekiri. Minta tolong orang lain lihat racl nya ikut bergerak gak? Kalau iya, karet dudukannya rack minta ganti.
6. Arahin mic ke om turboman. Atau coba browse di rank pemilihan oli Om.
7. imho ya, mendingan standard aja om.
8. Browse di trit serba serbi ban.

CWIIM yaa...
diesel boleh di italian tune up kan om sebenarnya?