Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Cinjiang90
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Jan 29, 2016 14:25

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by Cinjiang90 »

Selamat malam om2 suhu..
Mau tanya, sy pengguna innova 2013 at diesel.
Sy sudah melakukan ganjal wastegate setebal 3ring kurleb 3mm dan penggantian selang wastegate lebih pajnag 4cm dr aslinya.. Apa ini masih aman ya?
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by ricz »

Selamat siang...

Saya rencana mau naikin performa & mengganti bagian2 mbl yg rusak, yg mau sy tanyakan :

1. Pengen ganti downpipe, kata bbrp kolega mendingan custom downpipe drpd downpipe merk Kansai, kalo custom musti brapa inch gt dan brp ya budgetnya?

2. Replacement filter, apa mending pasang filter replacement kek KN ato Simota gt ato pasang filter orinya aja ya?

3. Sokbreker, ada pilihan sokbreker yg lebih empuk dikit dri stdnya ga ya?

Thanks...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by htannis »

ricz wrote:Selamat siang...

Saya rencana mau naikin performa & mengganti bagian2 mbl yg rusak, yg mau sy tanyakan :

1. Pengen ganti downpipe, kata bbrp kolega mendingan custom downpipe drpd downpipe merk Kansai, kalo custom musti brapa inch gt dan brp ya budgetnya?

2. Replacement filter, apa mending pasang filter replacement kek KN ato Simota gt ato pasang filter orinya aja ya?

3. Sokbreker, ada pilihan sokbreker yg lebih empuk dikit dri stdnya ga ya?

Thanks...
1. kansai juga custom bro itu merk aja, anyway kl saya bilang atau beli aja merk 507 buatan anak srby saya bilang las an bagus dan dia develop sendiri bikin flow nya bagus gak ada yg patah

2. replacement pake k&n aja jangan pake merk aneh2 yg lain

3. shock yg sekarang kan dah empuk? masa kurang empuk, biasa sih shock aftermarket malah lebih keras bantingannya, kalau kebanyakan sih temen2 pada pake bilstein
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by benteng »

Selamat pagi SM
Saya pemakai GNKI diesel 2015, mau sharing mengenai penggantian oli mesin :
Penggantian pertama oli mesin dilakukan saat odometer menunjukkan 1000 km, secara visual wajar kalau berwarna gelap, meskipun kalau di rasakan kelicinan oli dengan jari masih baik, yah diganti saja. Kali ini ga sempat untuk mengecek secara visual, seperti yang dilakukan pada kendaraan terdahulu, yaitu Nissan dan sepeda motor, dengan cara di tempat yang agak gelap, oli kurasan disorot memakai lampu senter, untuk daleman kendaraan yang proses finishing nya ga dibersihkan, terdapat partikel mengkilap di larutan oli.
Oli pengganti digunakan mobil mx 15-40, dipakai hingga km 4500 dan yang kedua hingga km 9000, hasil kurasan oli bila dirasakan kelicinan dengan jari masih baik, Cuma yang terakhir, suara sudah mulai berubah agak kasar. Kendala yang dirasakan, putaran mesin terasa agak berat.
Karakter dan suara mesin ketika memakai oli mobil mx 15-40 sedikit lebih teredam.
Penggantian oli terakhir, memakai Kendall DX super D XA, SAE 10w-30 di kemasan botol tertulis API CJ 4, CI4, CH4. Menurut buku manual, oli dengan kekentalan 10-30 masih direkomen, kalau yang 5-30 malah hanya direkomendasikan untuk suhu lingkungan dibawah 10 derajat C. CMIIW. Untuk penggantian oli kali ini, Dipakai oli yang lebih encer, dengan harapan mesin berputar lebih ringan.
Sekalian ganti filter oli, rupanya toko memberikan filter oli yang lebih tinggi dimensinya, beda tipe, tapi bisa pakai, ya sudah dipakai saja, 70 ribu, toyota mungkin kw. Tipenya 90915-yzzd4, yang bawaan 90915-TB001. Next lebih baik beli filter oli sakura aja, asli, dan lebih murah Cuma 30 ribu, ganti filter bareng ganti oli.
Hasil test jarak dekat, getaran mesin lebih terasa dan suara mesin terdengar sedikit lebih berisik. Yang pasti putaran mesin lebih ringan. Belum dites di tol dan luar kota, penilaian sementara cukupan, nanti di report kalau jarak pakai sudah sekitar 5000 km. harga diatas Q8-t800, beli di TODA.
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by dieselman228 »

Haloo mau tny dong,
Kondisi mobil odo 23rban, udah purging dan ganti filter solar di 19rb..oli ganti di 18rb..kondisi blt no piggyback..

Pengamatan sebulan ini injekan gas rada ngempos kenapa ya? seperti ada selanya. Filter udara pake JFC tiap sebulan di cuci dan sensor MAF sekalian dibersihin krn kondisi berdebu sangat biarpun lagi musim ujan..sy coba pakai oem gasnya terasa padet kalau di injek.. udah sebulan ini sy coba amati..
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by Turboman »

dieselman228 wrote:Haloo mau tny dong,
Kondisi mobil odo 23rban, udah purging dan ganti filter solar di 19rb..oli ganti di 18rb..kondisi blt no piggyback..

Pengamatan sebulan ini injekan gas rada ngempos kenapa ya? seperti ada selanya. Filter udara pake JFC tiap sebulan di cuci dan sensor MAF sekalian dibersihin krn kondisi berdebu sangat biarpun lagi musim ujan..sy coba pakai oem gasnya terasa padet kalau di injek.. udah sebulan ini sy coba amati..
Jangan2 itu ngasi oli ke JFC nya kebanyakan om

Mungkin saat dicuci kurang bersih, ditimpa oli baru lagi, tambah rapat dah tuh filter

Filter cotton gauze jangan keseringan dicuci juga

Kalo kondisi jalan sgt berdebu, pakai filter paper aja

supaya tarikan enteng bikin belalai dr air filter box ke balik grill depan, filter paper sebulan sekali tiup angin
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by DOHC »

benteng wrote:Selamat pagi SM
Saya pemakai GNKI diesel 2015, mau sharing mengenai penggantian oli mesin :
Penggantian pertama oli mesin dilakukan saat odometer menunjukkan 1000 km, secara visual wajar kalau berwarna gelap, meskipun kalau di rasakan kelicinan oli dengan jari masih baik, yah diganti saja. Kali ini ga sempat untuk mengecek secara visual, seperti yang dilakukan pada kendaraan terdahulu, yaitu Nissan dan sepeda motor, dengan cara di tempat yang agak gelap, oli kurasan disorot memakai lampu senter, untuk daleman kendaraan yang proses finishing nya ga dibersihkan, terdapat partikel mengkilap di larutan oli.
Oli pengganti digunakan mobil mx 15-40, dipakai hingga km 4500 dan yang kedua hingga km 9000, hasil kurasan oli bila dirasakan kelicinan dengan jari masih baik, Cuma yang terakhir, suara sudah mulai berubah agak kasar. Kendala yang dirasakan, putaran mesin terasa agak berat.
Karakter dan suara mesin ketika memakai oli mobil mx 15-40 sedikit lebih teredam.
Penggantian oli terakhir, memakai Kendall DX super D XA, SAE 10w-30 di kemasan botol tertulis API CJ 4, CI4, CH4. Menurut buku manual, oli dengan kekentalan 10-30 masih direkomen, kalau yang 5-30 malah hanya direkomendasikan untuk suhu lingkungan dibawah 10 derajat C. CMIIW. Untuk penggantian oli kali ini, Dipakai oli yang lebih encer, dengan harapan mesin berputar lebih ringan.
Sekalian ganti filter oli, rupanya toko memberikan filter oli yang lebih tinggi dimensinya, beda tipe, tapi bisa pakai, ya sudah dipakai saja, 70 ribu, toyota mungkin kw. Tipenya 90915-yzzd4, yang bawaan 90915-TB001. Next lebih baik beli filter oli sakura aja, asli, dan lebih murah Cuma 30 ribu, ganti filter bareng ganti oli.
Hasil test jarak dekat, getaran mesin lebih terasa dan suara mesin terdengar sedikit lebih berisik. Yang pasti putaran mesin lebih ringan. Belum dites di tol dan luar kota, penilaian sementara cukupan, nanti di report kalau jarak pakai sudah sekitar 5000 km. harga diatas Q8-t800, beli di TODA.
ini om benteng yg dulu bkin tret ttg peredam xgear ya ?? dah dijual om xgear nya ??

btw filter YZZD4 itu bukan palsu om... itu type utk landcruiser punya... tp bsa di pake di ipah koq... ane malah pake filter ini drpd yg sakura atau yg std ipah punya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by dieselman228 »

Turboman wrote:
dieselman228 wrote:Haloo mau tny dong,
Kondisi mobil odo 23rban, udah purging dan ganti filter solar di 19rb..oli ganti di 18rb..kondisi blt no piggyback..

Pengamatan sebulan ini injekan gas rada ngempos kenapa ya? seperti ada selanya. Filter udara pake JFC tiap sebulan di cuci dan sensor MAF sekalian dibersihin krn kondisi berdebu sangat biarpun lagi musim ujan..sy coba pakai oem gasnya terasa padet kalau di injek.. udah sebulan ini sy coba amati..
Jangan2 itu ngasi oli ke JFC nya kebanyakan om

Mungkin saat dicuci kurang bersih, ditimpa oli baru lagi, tambah rapat dah tuh filter

Filter cotton gauze jangan keseringan dicuci juga

Kalo kondisi jalan sgt berdebu, pakai filter paper aja

supaya tarikan enteng bikin belalai dr air filter box ke balik grill depan, filter paper sebulan sekali tiup angin
Ooh oke om turbo noted..
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by benteng »

DOHC wrote:
benteng wrote:Selamat pagi SM
Saya pemakai GNKI diesel 2015, mau sharing mengenai penggantian oli mesin :
Penggantian pertama oli mesin dilakukan saat odometer menunjukkan 1000 km, secara visual wajar kalau berwarna gelap, meskipun kalau di rasakan kelicinan oli dengan jari masih baik, yah diganti saja. Kali ini ga sempat untuk mengecek secara visual, seperti yang dilakukan pada kendaraan terdahulu, yaitu Nissan dan sepeda motor, dengan cara di tempat yang agak gelap, oli kurasan disorot memakai lampu senter, untuk daleman kendaraan yang proses finishing nya ga dibersihkan, terdapat partikel mengkilap di larutan oli.
Oli pengganti digunakan mobil mx 15-40, dipakai hingga km 4500 dan yang kedua hingga km 9000, hasil kurasan oli bila dirasakan kelicinan dengan jari masih baik, Cuma yang terakhir, suara sudah mulai berubah agak kasar. Kendala yang dirasakan, putaran mesin terasa agak berat.
Karakter dan suara mesin ketika memakai oli mobil mx 15-40 sedikit lebih teredam.
Penggantian oli terakhir, memakai Kendall DX super D XA, SAE 10w-30 di kemasan botol tertulis API CJ 4, CI4, CH4. Menurut buku manual, oli dengan kekentalan 10-30 masih direkomen, kalau yang 5-30 malah hanya direkomendasikan untuk suhu lingkungan dibawah 10 derajat C. CMIIW. Untuk penggantian oli kali ini, Dipakai oli yang lebih encer, dengan harapan mesin berputar lebih ringan.
Sekalian ganti filter oli, rupanya toko memberikan filter oli yang lebih tinggi dimensinya, beda tipe, tapi bisa pakai, ya sudah dipakai saja, 70 ribu, toyota mungkin kw. Tipenya 90915-yzzd4, yang bawaan 90915-TB001. Next lebih baik beli filter oli sakura aja, asli, dan lebih murah Cuma 30 ribu, ganti filter bareng ganti oli.
Hasil test jarak dekat, getaran mesin lebih terasa dan suara mesin terdengar sedikit lebih berisik. Yang pasti putaran mesin lebih ringan. Belum dites di tol dan luar kota, penilaian sementara cukupan, nanti di report kalau jarak pakai sudah sekitar 5000 km. harga diatas Q8-t800, beli di TODA.
ini om benteng yg dulu bkin tret ttg peredam xgear ya ?? dah dijual om xgear nya ??

btw filter YZZD4 itu bukan palsu om... itu type utk landcruiser punya... tp bsa di pake di ipah koq... ane malah pake filter ini drpd yg sakura atau yg std ipah punya...
betul mod, yang dulu bikin trit modif peredam livina, sekarang x gear udah dijual mod, ke mantan anak buah, sebenarnya sayang juga, odo baru 53 k, harganya payah, cuma karena garasi ga punya, akhirnya dilepas juga.

oh gitu, itu tipe landcruiser, karena kertas filter lebih luas, jadi otomatis penyaringan oli lebih baik, trims infonya. :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by DOHC »

@ benteng
yah bgitulah batu makam om... ane dl jual lipina ane jg miris banget... pdahal ud lepas ke tgn pribadi... kl showroom ampun2 di bantai harganya.. pdahal kondisi ud ckup mint, body baret alus tipis dkit doank, kaki2 abis ane restorasi total.. kupling abis ganti... tetep aj ambrol seken nya..

yes, kl mnurut mods turbo sehh biar ga cepet jenuh tuh filter... tp so far so good sehh ane pake di ipah ane... cuman pas ngisi oli agak lebi banyak aj dr filter std...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: RE: Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by 3mul »

benteng wrote:Selamat pagi SM
Saya pemakai GNKI diesel 2015, mau sharing mengenai penggantian oli mesin :
Penggantian pertama oli mesin dilakukan saat odometer menunjukkan 1000 km, secara visual wajar kalau berwarna gelap, meskipun kalau di rasakan kelicinan oli dengan jari masih baik, yah diganti saja. Kali ini ga sempat untuk mengecek secara visual, seperti yang dilakukan pada kendaraan terdahulu, yaitu Nissan dan sepeda motor, dengan cara di tempat yang agak gelap, oli kurasan disorot memakai lampu senter, untuk daleman kendaraan yang proses finishing nya ga dibersihkan, terdapat partikel mengkilap di larutan oli.
Oli pengganti digunakan mobil mx 15-40, dipakai hingga km 4500 dan yang kedua hingga km 9000, hasil kurasan oli bila dirasakan kelicinan dengan jari masih baik, Cuma yang terakhir, suara sudah mulai berubah agak kasar. Kendala yang dirasakan, putaran mesin terasa agak berat.
Karakter dan suara mesin ketika memakai oli mobil mx 15-40 sedikit lebih teredam.
Penggantian oli terakhir, memakai Kendall DX super D XA, SAE 10w-30 di kemasan botol tertulis API CJ 4, CI4, CH4. Menurut buku manual, oli dengan kekentalan 10-30 masih direkomen, kalau yang 5-30 malah hanya direkomendasikan untuk suhu lingkungan dibawah 10 derajat C. CMIIW. Untuk penggantian oli kali ini, Dipakai oli yang lebih encer, dengan harapan mesin berputar lebih ringan.
Sekalian ganti filter oli, rupanya toko memberikan filter oli yang lebih tinggi dimensinya, beda tipe, tapi bisa pakai, ya sudah dipakai saja, 70 ribu, toyota mungkin kw. Tipenya 90915-yzzd4, yang bawaan 90915-TB001. Next lebih baik beli filter oli sakura aja, asli, dan lebih murah Cuma 30 ribu, ganti filter bareng ganti oli.
Hasil test jarak dekat, getaran mesin lebih terasa dan suara mesin terdengar sedikit lebih berisik. Yang pasti putaran mesin lebih ringan. Belum dites di tol dan luar kota, penilaian sementara cukupan, nanti di report kalau jarak pakai sudah sekitar 5000 km. harga diatas Q8-t800, beli di TODA.
Nti kalo dah 7500 km pake Kendall 10w-30 update ya om. Saya jg minat pake oli itu.

Sent from my LG-D855 using Tapatalk
amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
Location: Kodya Tangerang

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by amd »

minggu lalu ane mau beli filter solar merk sak**a f-11112 buat 2kd-ftv di tangerang, tapi belum ketemu.
akhirnya ane ditawari filter solar innova yg tanpa merk seperti di gambar, idr90rb
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by htannis »

mana nih pemakai innova gak ada yg ramein trit ini
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by dieselman228 »

amd wrote:minggu lalu ane mau beli filter solar merk sak**a f-11112 buat 2kd-ftv di tangerang, tapi belum ketemu.
akhirnya ane ditawari filter solar innova yg tanpa merk seperti di gambar, idr90rb
Ditawarin gimana om? Sy juga nyari f11112 belom nemu..
Kalau ada contactnya beloh om..pas skg mau ganti berharap f11112 udh keluar..

Ini fisol mirip sama oem..
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by benteng »

Sy juga beli buat buat stok, afaik ini bukan merek sakura, karena kemasan putih polos tanpa merek, tapi penjualnya bilang ini sama dipakai di pajero dan inova diesel.
Harga jauh lebih murah dari oem, ya udah cobain daripada beli filter solar di beres bisa diatas 200 ribu. :mky_07:
Kalau belum saatnya ganti filter solar, jangan iseng buka rumah filter solar, karena bila rumah filter sudah terbuka kondisi seal o ring filter ke rumah filter sudah melar dan sangat sulit dipasang kembali kerumah filternya, kecuali o ring dipendekin, atau ganti filter set baru.
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by benteng »

sharing ke 1 :
modif air intake, seperti yang sudah diuraikan oleh master Turboman disini, viewtopic.php?t=6934, beli pasak di supermarket bangunan, atau di Ace hardware, seharga 1 buah 10 ribuan.

Sebenarnya sudah ada pengarah aliran udara inlet di box filternya dari pabrikan, cuma masih kurang, dengan penambahan "bantuan pengarah" aliran udara di inlet box, maka aliran udara menjadi lebih smooth dan lebih lancar. Jangan lupa setelah modif, ECU di reset.

Sharing ke 2.
Ganti ban depan dari standard Bridgestone B390 di D4D.
Bulan lalu sebelum liburan ke Jawa Timur, dari Tangerang, dirasa ban bawaan agak berisik terutama bila melewati aspal kasar, maka rencana mau ganti ban.
Setelah cari di inet, ban yang empuk dan silent, pilihan mengerucut ke Michelin dan Continental. Coba telpon ke anwan ( dijawab bengkel udah tutup ) lalu coba ke bsd, ternyata ada ban continental, coba ganti dengan ban ini 2 buah dipasang di depan. Kebetulan sedang ada promo dari harga normal 1 jutaan menjadi 730 rb. promo katanya sampai maret entah tanggal berapa berakhirnya.

Ternyata benar lebih empuk dan cukup silent, aquaplaning hampir sama dengan b390, gigitan permukaan jalan sedikit dibawah b390, pernah di kena bantingan di jalan yang agak menurun tajam, sampai stabilizer depan gesrok jalan beton, ban masih mulus ga masalah. Perjalanan campur toll, pantura, dan tikungan tanjakan cukup tajam dari batu ke Tuban, ga masalah di pengereman dan melewati genangan. Melewati genangan sebelah ban kecepatan normal aja 60 sd 70 km/jam.

Setelah dipakai perjalanan lebih dari 1000 km, kesimpulan, rekomen buat dipakai harian.

Semoga membantu.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by ricz »

htannis wrote:
ricz wrote:Selamat siang...

Saya rencana mau naikin performa & mengganti bagian2 mbl yg rusak, yg mau sy tanyakan :

1. Pengen ganti downpipe, kata bbrp kolega mendingan custom downpipe drpd downpipe merk Kansai, kalo custom musti brapa inch gt dan brp ya budgetnya?

2. Replacement filter, apa mending pasang filter replacement kek KN ato Simota gt ato pasang filter orinya aja ya?

3. Sokbreker, ada pilihan sokbreker yg lebih empuk dikit dri stdnya ga ya?

Thanks...
1. kansai juga custom bro itu merk aja, anyway kl saya bilang atau beli aja merk 507 buatan anak srby saya bilang las an bagus dan dia develop sendiri bikin flow nya bagus gak ada yg patah

2. replacement pake k&n aja jangan pake merk aneh2 yg lain

3. shock yg sekarang kan dah empuk? masa kurang empuk, biasa sih shock aftermarket malah lebih keras bantingannya, kalau kebanyakan sih temen2 pada pake bilstein
Shock bilstein kan lebih empuk dr stdnya om hen, kalo limbung dia lebih limbung dr standardnya ato sama aja om?
2021 Fortuner VRZ
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by benteng »

per dan shock innova std memang empuk, maka dengan body agak berat akan limbung.
Mengurangi limbung bisa dari modif per, shock, stabilizer atau memperkaku body pakai bracing.
Last edited by benteng on Sun Mar 06, 2016 9:15, edited 2 times in total.
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by benteng »

double post :mky_01:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by htannis »

ricz wrote:
htannis wrote:
ricz wrote:Selamat siang...

Saya rencana mau naikin performa & mengganti bagian2 mbl yg rusak, yg mau sy tanyakan :

1. Pengen ganti downpipe, kata bbrp kolega mendingan custom downpipe drpd downpipe merk Kansai, kalo custom musti brapa inch gt dan brp ya budgetnya?

2. Replacement filter, apa mending pasang filter replacement kek KN ato Simota gt ato pasang filter orinya aja ya?

3. Sokbreker, ada pilihan sokbreker yg lebih empuk dikit dri stdnya ga ya?

Thanks...
1. kansai juga custom bro itu merk aja, anyway kl saya bilang atau beli aja merk 507 buatan anak srby saya bilang las an bagus dan dia develop sendiri bikin flow nya bagus gak ada yg patah

2. replacement pake k&n aja jangan pake merk aneh2 yg lain

3. shock yg sekarang kan dah empuk? masa kurang empuk, biasa sih shock aftermarket malah lebih keras bantingannya, kalau kebanyakan sih temen2 pada pake bilstein
Shock bilstein kan lebih empuk dr stdnya om hen, kalo limbung dia lebih limbung dr standardnya ato sama aja om?
kalau ganti bilstein doang pasti lbh limbung, kebanyakan bilstein digabung dengan tein yg lbh keras itu per nya, itu masih empuk tapi lbh stabil dari std nya, tapi harus ditambah underbrace
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by dieselman228 »

benteng wrote:sharing ke 1 :
modif air intake, seperti yang sudah diuraikan oleh master Turboman disini, viewtopic.php?t=6934, beli pasak di supermarket bangunan, atau di Ace hardware, seharga 1 buah 10 ribuan.

Sebenarnya sudah ada pengarah aliran udara inlet di box filternya dari pabrikan, cuma masih kurang, dengan penambahan "bantuan pengarah" aliran udara di inlet box, maka aliran udara menjadi lebih smooth dan lebih lancar. Jangan lupa setelah modif, ECU di reset.
Mumpung besok libur mau iseng" ngegarap filter box..
Om beli pasaknya di toko bangunan bilangnya apa ya? Atau ada alternatif lain selain itu ya om?
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by benteng »

Kalau di Ace hardware cari dibagian seal pintu rumah, namanya ganjel daun pintu. alternatif cari gabus dipotong berbentuk baji, bisa juga kalau mau dari plastik yang buat penutup atap/polikarbonat, dipotong dan ditekuk, berbentuk segitiga, seperti tanjakan cuci mobil manual.
Dicoba paskan, kalau sudah yakin, bersihkan debu di dinding filter box,
Pasangnya di lem pakai lem superglue, supaya cepat settle/kering.
Sekalian kalau ke ace, beli semprotan maf sensor, sebotol sekitar RP 50 rb, sebelum reset ECU.
Selamat mencoba.
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by dieselman228 »

Halo om" tiba" kepikiran kenapa engine break kalu di manual parah bener kalau gigi 1 dan 2, abis gugling kemungkinan karena egr di tutup dan butterfly valve di TB msh ada..kalau nyopot si butterfly valvenya ada efek jangka panjang ga ya? Kira" bengkel di jakarta yg bs ngelepasnya dimana ya? Thx mohon infonya..
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
Cinjiang90
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Jan 29, 2016 14:25

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by Cinjiang90 »

Mumpung ada yang bahas ttg oli nih.. ada yg pernah denger oli bardahl gak? Untuk innova Diesel
Ini waktu sy ganti sy d anjurin oli bardahl DH 10-40 dg kemampuan jalan smp 10rb km.. nah ini sy coba menggunakan sudah 3rb km.. actuali sih ini oli 3rb belum keliatan menghitam jika di lihat pada deep stick.
Mungkin ada yg pernah mengenal dan menggunakan oli ini?
Dia juga pernah untuk no oil run test, hasilnya tuh boil masi baik2 aja..
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 02

Post by htannis »

dieselman228 wrote:Halo om" tiba" kepikiran kenapa engine break kalu di manual parah bener kalau gigi 1 dan 2, abis gugling kemungkinan karena egr di tutup dan butterfly valve di TB msh ada..kalau nyopot si butterfly valvenya ada efek jangka panjang ga ya? Kira" bengkel di jakarta yg bs ngelepasnya dimana ya? Thx mohon infonya..
gak ada masalah saya dah 2 tahun gak pake throttle body tuh, pake pipa dilangsungin ke intercooler. bisa juga sih tb asli dicopot butterfly nya doang, kebanyakan bengkel bisa kok kerjaan gampang
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares