Panther Users...! Part 2

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

syaharuddingent
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Mar 07, 2016 2:18

Re: Panther Users...! Part 2

Post by syaharuddingent »

Salam Kenal & Salam Hormat dari newbie Panther LS 01 Silver, maaf belum bisa upload foto kucing, hape lemut.

Siap seduluran sak lawase disini sama om-om dan senior-senior disini...dan siap menjadi member yang baik dan siap menerima bimbingan dari semuanya.

Salam

Syaharuddin
glitterboy
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Jul 06, 2016 7:31

Re: Panther Users...! Part 2

Post by glitterboy »

Maaf nih mau tanya, door trim lanther TOURING/ grand TOURING bisa pnp di pnther lm/LV tahun 2001/2002 ndak ya? Soale saya lihat doortrimnya TOURING/grand TOURING bagus terkesan modern kalau punya lm/LV kelihatan udah uzur gitu :upss: . Kalau setir TOURING sih katanya pnp ke lm LV. :ungg:
oyinsky
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Aug 11, 2015 8:00

Re: Panther Users...! Part 2

Post by oyinsky »

punten om om kucing'ers..
ane pingin ambil panther LS 2002 matic om..
rekomended apa gk om pilihan ane ?.
kelemahan nya apa aja om yg tipe matic ini.
kata empunya si blom perna turun mesin dri 2002 sampe skrg..skrg KM 350rbu dan mnurut saya badak jga si kucing ..waktu ngetest kucing nya pas masukin gigi D nyentak bgt..stlh itu gk perlu di rem bnyk ..dan lepas rem msh jalan..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Panther Users...! Part 2

Post by imsus2c »

oyinsky wrote:punten om om kucing'ers..
ane pingin ambil panther LS 2002 matic om..
rekomended apa gk om pilihan ane ?.
kelemahan nya apa aja om yg tipe matic ini.
kata empunya si blom perna turun mesin dri 2002 sampe skrg..skrg KM 350rbu dan mnurut saya badak jga si kucing ..waktu ngetest kucing nya pas masukin gigi D nyentak bgt..stlh itu gk perlu di rem bnyk ..dan lepas rem msh jalan..
Recommend apa engga tergantung ekspektasi...Ada yg bilang ketuaaan ada yg bilang ok ok saja :D
Odo segitu buat mesin panther, asal perawatan teratur (ganti oli/filter/tune up dsb) dan pemakaian normal, mestinya masih aman.
Bersihkan saja turbo dan piping-nya sekalian stel ulang klep-nya.
Pastikan matic-nya sehat, meski kalau harus servis pun ngga rumit umit amat (matic jadul). Tapi spare parts nya lumayan mahal, terutama kalau masih ada stigma onderdil panther itu harusnya murah.
Nyentaknya separah apa ya? Kalau mobil diesel memang lebih nyentak dibanding bensin.
Coba di flush (kuras) dulu oli matic nya, cukup pakai oli atf spek dexron iii
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
112Ben
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Fri Dec 19, 2008 16:11

Re: Panther Users...! Part 2

Post by 112Ben »

egibaio wrote:Malam om om sekalian maaf bangunin trit lama nih

Jadi dirumah ada Panther LV Turbo 2008 yang biasa dipake bokap ane dan ane jg cukup sering pake. Nah, panther ini ane rasain akselerasi kalau buat nyalip luar kota atau pindah lajur di tol bener2 payah malah udah masuk level yg agak membahayakan nih lambatnya, dalkot sih masih lumayan. Ane jadi kepikiran buat improve panther ini, karena keluarga ane terutama bokap demen bgt sama panther karena bandel dan irit bgtt. Jadi ane mau nanya gimana caranya improve performa panther ini (tuker jadi Innova D4D ga masuk option ya om :mky_01: )

-Ane pengen mobil ini akselerasinya lebih oke tapi jangan mengorbankan FCnya, karena bokap suka bgt FC panther ini.
-Tadi lihat2 di trit ini ada cara ganjel wastegate dan EGR, itu kira2 ada impact ke FC ga ya?
-Mobil ini kalau cruising di tol RPMnya ane rasa lebih tinggi drpd panther kotak, apa beda final gear nya? Kalau beda bisa diganti ga ya?
-Bantingan di belakang keras bgt, per daun bisa dicopot selembar gitu ga ya?
-Ada produk yang oke biar remnya agak gigit ga ya?

Ane ga nyari performa luar biasa, cuma yang penting lebih enak buat harian hehe. Terima kasih bantuannya om om sekalian :big_smile]
kalo mau ngebut/akselerasi lebih OK konsekuensinya sih pasti jadi sedikit lbh boros om.. klo gak gt gak ada sumber tenaganya dari mana kec. modif yang aneh2 kayak pake HHO, methanol dll yang ajaib2 dan agak ribet day to day-nya.. hehehe..

paling gampang.. puter baut full load.. searah jarum jam (ngencengin).. kira2 nambah 1/4 puteran aja klo panther kapsul.. makin kenceng makin boros setelanya.. di kendorin jadi makin irit setelannya.. tp jangan lupa.. posisi original wajib di tandain.. dan jangan sampai ilang tandanya.. harus berbekas jd bisa balik original lagi posisinya klo gak puas ama hasilnya..

pengalamn gw setel2 full load..
setel boros dikit dr stndard.. jadinya lbh boros dikit.. lukot 1:15 jadi 1:13an,, buat dalkot juga dari 1:11 jadi 1:9an.. tp buat nyusul ngeblong lukot lawan arah gitu mantapp om.. pede banget..

setel irit dikit dr standard.. jadinya lbh boros juga.. lukot 1:15 jadi 1:12an + gak ada tenaga.. buat dalkot dari 1:11 jadi 1:10an.. tenaga RPM rendahnya kek lebih mantep gitu.. tp kalo dah di rute lukot atau di tol abis2an tenaganya.. nafasnya kek pendek gitu jadinya..

paling irit & bertenaga naikin sedikit dari standard.. selain itu terlalu boros/asep berlebihan/mesin gak awet atau gak ada tenaga..
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Panther Users...! Part 2

Post by Rakean »

egibaio wrote:Malam om om sekalian maaf bangunin trit lama nih

Jadi dirumah ada Panther LV Turbo 2008 yang biasa dipake bokap ane dan ane jg cukup sering pake. Nah, panther ini ane rasain akselerasi kalau buat nyalip luar kota atau pindah lajur di tol bener2 payah malah udah masuk level yg agak membahayakan nih lambatnya, dalkot sih masih lumayan. Ane jadi kepikiran buat improve panther ini, karena keluarga ane terutama bokap demen bgt sama panther karena bandel dan irit bgtt. Jadi ane mau nanya gimana caranya improve performa panther ini (tuker jadi Innova D4D ga masuk option ya om :mky_01: )

-Ane pengen mobil ini akselerasinya lebih oke tapi jangan mengorbankan FCnya, karena bokap suka bgt FC panther ini.
-Tadi lihat2 di trit ini ada cara ganjel wastegate dan EGR, itu kira2 ada impact ke FC ga ya?
-Mobil ini kalau cruising di tol RPMnya ane rasa lebih tinggi drpd panther kotak, apa beda final gear nya? Kalau beda bisa diganti ga ya?
-Bantingan di belakang keras bgt, per daun bisa dicopot selembar gitu ga ya?
-Ada produk yang oke biar remnya agak gigit ga ya?

Ane ga nyari performa luar biasa, cuma yang penting lebih enak buat harian hehe. Terima kasih bantuannya om om sekalian :big_smile]
pengalaman dulu pake panther LV Turbo 2008, untuk dongkrak tenaga versi awal2 sih gak gitu sulit om, dan lumayan berasa peningkatan nya (jangan tanya naik berapa HP, karena ga pernah dyno test :mky_01: )

1. Matikan EGR:
ada beberapa option matiin EGR, bisa sumpel pake gotri (bola besi kecil) di dalam selang vacuum EGR nya, tutup pake Plat antara pipa EGR, atau cabut kabel modul EGR di belakang dashboard.

2. Bobok sarang tawon/catalytic converter:
buka tabung sarang tawon (pipa gendut setelah turbo), daleman nya bobok ajah sampe plong, atau kalo mo versi mahal nya replace sama pipa downpipe custom

3. Perkeras bukaan wastegate turbo
ada beberapa option, seperti ganjel tuas pake per sepeda motor, nambah ring di tutup wastegate nya, ganti per wastegate sama yg lebih keras.

4. Atur load solar
boost yg besar harus diimbangin sama pasokan solar ke mesin, atur load mesti trial error juga, kalo kebanyakan bukaan load solar nya yang ada malah ngebul doang tapi g ada tenaga., kalo setelan nya pas, bsisa dapet tenaga dapet juga hemat FC nya, kalo gak mau ribet bawa ajah ke tukang bospom/injection pump minta disetelin.. FYI dulu jaman pake panther, load udah digedein tapi FC tetep hemat, jarak luar kota bisa dapet 1:12-14)

dari no 1-4 itu kalo niat bisa dikerjain sendiri kok dengan biaya yg sangat murah :mky_01:

kalo mo advance:
ganti rotorhead di injection pump ke 12mm racing, ganti turbo ke RHF4 (plug n play), tambah intercooler, modif nozzle, dll :big_grin:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Coltbiru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sat Feb 04, 2017 9:07

Re: Panther Users...! Part 2

Post by Coltbiru »

Mesin panther kalo solarnya diborosin kan jadi tambah panas ya Om, bahaya ndak itu Om..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Panther Users...! Part 2

Post by Turboman »

Coltbiru wrote:Mesin panther kalo solarnya diborosin kan jadi tambah panas ya Om, bahaya ndak itu Om..
Bahaya

EGT naik

pasang EGT meter
Coltbiru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sat Feb 04, 2017 9:07

Re: RE: Re: Panther Users...! Part 2

Post by Coltbiru »

Turboman wrote: Thu Feb 16, 2017 2:14
Coltbiru wrote:Mesin panther kalo solarnya diborosin kan jadi tambah panas ya Om, bahaya ndak itu Om..
Bahaya

EGT naik

pasang EGT meter
Gitu ya Om, berarti lebih aman setelan load solar standar saja ya, tidak diubah-ubah..
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Panther Users...! Part 2

Post by Rakean »

Coltbiru wrote: Thu Feb 16, 2017 1:10 Mesin panther kalo solarnya diborosin kan jadi tambah panas ya Om, bahaya ndak itu Om..
Kalo mo borosin trial n error ajah, dikit2 puter nya, (misal per 1/4 putaran).. Tes jalan akselerasi, dan pastiin asap nya ga ngebul parah..

Kebesaran putar load solar malah gak ada tenaga dan ngebul asep nya..
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Coltbiru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sat Feb 04, 2017 9:07

Re: Panther Users...! Part 2

Post by Coltbiru »

Rakean wrote: Thu Feb 16, 2017 7:58
Coltbiru wrote: Thu Feb 16, 2017 1:10 Mesin panther kalo solarnya diborosin kan jadi tambah panas ya Om, bahaya ndak itu Om..
Kalo mo borosin trial n error ajah, dikit2 puter nya, (misal per 1/4 putaran).. Tes jalan akselerasi, dan pastiin asap nya ga ngebul parah..

Kebesaran putar load solar malah gak ada tenaga dan ngebul asep nya..
O sedikit ya muternya, paham Om.....
terima kasih Om....
Yonx7
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Feb 15, 2017 3:50

Re: Panther Users...! Part 2

Post by Yonx7 »

Rakean wrote: Thu Feb 16, 2017 7:58
Coltbiru wrote: Thu Feb 16, 2017 1:10 Mesin panther kalo solarnya diborosin kan jadi tambah panas ya Om, bahaya ndak itu Om..
Kalo mo borosin trial n error ajah, dikit2 puter nya, (misal per 1/4 putaran).. Tes jalan akselerasi, dan pastiin asap nya ga ngebul parah..

Kebesaran putar load solar malah gak ada tenaga dan ngebul asep nya..
Posisi load nya dimana ya om? Ada potonya kah?
iqbal85
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed May 10, 2017 17:19
Location: Demak
Daily Vehicle: Phanter

Re: Panther Users...! Part 2

Post by iqbal85 »

Bos, mau tanya kucing saya ketika posisi mesin dingin dan kontak on, kok indikator suhu sudah sparoh. padahal mesin belum dihidupkan. kira2x masalahnya dimana? terimakasih sebelumnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Panther Users...! Part 2

Post by Turboman »

iqbal85 wrote:Bos, mau tanya kucing saya ketika posisi mesin dingin dan kontak on, kok indikator suhu sudah sparoh. padahal mesin belum dihidupkan. kira2x masalahnya dimana? terimakasih sebelumnya.
cek sensor suhu coolant dan cluster meter

kalo periksa cluster meter bisa ke A Chien

budidiesel85
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Isuzu Panther

Re: Panther Users...! Part 2

Post by budidiesel85 »

masi idup treat ini?

Salam kenal admin admin di sini.

Permisi
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Panther Users...! Part 2

Post by romi10 »

One day nnt kl garasi uda muat 2 mobil pengen melihara kucing juga buat nemenin 2kd ane..
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: Panther Users...! Part 2

Post by gerobak nippon »

Pantherrr..
Mobil jelek dan mahal.. #eehh.. :big_peace:
budidiesel85
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Isuzu Panther

Re: Panther Users...! Part 2

Post by budidiesel85 »

kalo beli panther berani beli second yang mulus bro daripada beli baru terpaut jauh harganya
budidiesel85
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Isuzu Panther

Re: Panther Users...! Part 2

Post by budidiesel85 »

legendaris mobil ini broo, jangan salah. dimana mobil sudah pada ecu . ini masi manual semua.. ada seni nya
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Panther Users...! Part 2

Post by Rakean »

romi10 wrote: Wed Apr 11, 2018 13:56 One day nnt kl garasi uda muat 2 mobil pengen melihara kucing juga buat nemenin 2kd ane..
hehehe ane juga kalo ada rejeki pengen banget minang panther lagi...

walo jadul, mesin berisik, no fitur... tapi ini mobil enak bgt ac dingin, respon rpm bawah nya enak bgt, buat sodok2 an di jalan kalo lagi macet sih asik
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
budidiesel85
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Isuzu Panther

Re: Panther Users...! Part 2

Post by budidiesel85 »

Re: Panther Users...! Part 2
Unread post by Rakean » 22 Apr 2018, 07:32

romi10 wrote: ↑11 Apr 2018, 20:56
One day nnt kl garasi uda muat 2 mobil pengen melihara kucing juga buat nemenin 2kd ane..
hehehe ane juga kalo ada rejeki pengen banget minang panther lagi...

walo jadul, mesin berisik, no fitur... tapi ini mobil enak bgt ac dingin, respon rpm bawah nya enak bgt, buat sodok2 an di jalan kalo lagi macet sih asik

relpy:

ane demen banget mobil ini.
setuju panther suara raungannya bikin kangen..

hehe

budidiesel85
budidiesel85
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Isuzu Panther

Re: Panther Users...! Part 2

Post by budidiesel85 »

sudul thread lama

halo yg pake panther mana suaranya.

hehe

Budidiesel85
Luxman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Apr 01, 2017 23:50

Re: Panther Users...! Part 2

Post by Luxman »

Ane baru bungkus panther 2006 untuk angkut barang dagangan. Km masih 120rb an. Tapi kok mesin terasa kasar, getaran kerasa banget.

Selama ini pakai ipah 2KD km udan 140rb an kok radanya masih jauh enakan ipah.
budidiesel85
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Isuzu Panther

Re: Panther Users...! Part 2

Post by budidiesel85 »

Post by Luxman » 28 May 2018, 06:43

Ane baru bungkus panther 2006 untuk angkut barang dagangan. Km masih 120rb an. Tapi kok mesin terasa kasar, getaran kerasa banget.

Selama ini pakai ipah 2KD km udan 140rb an kok radanya masih jauh enakan ipah.

reply:
salam bro luxman

ritual membuat mesin diesel fit:
ganti oli plus engine flush (ada stp, prestone) , ganti filter udara
yg utama ganti filter solar. kemudian lakukan langkah di bawah ini
1. Purging (pake diesel purge , liquimoly bisa, isuzu diesel purge ori juga bisa)
2. rutin diesel treatment + Injector cleaner ( STP ) tinggal campur di solar (bisa lebih dari 1 kali tergantung case)
3. abis itu Bleyerr di tol rpm tinggi 3000 rpm-4000rpm untuk ngeluarin carbonnya
4. coba rasakan lagi apa yang kurang.

Baru ke step berikutnya..

reply :
Selama ini pakai ipah 2KD km udan 140rb an kok radanya masih jauh enakan ipah.
bro ini mesin panther ama ipah horsepowernya udah beda. kebetulan saya ada dua kendaraan ini di rumah.
ipah juga sama aja. yg penting sering injector clean kalo minum bio solar ama ganti filter solar.
jangan lupa purging


Salam Budidiesel85
budidiesel85
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Isuzu Panther

Re: Panther Users...! Part 2

Post by budidiesel85 »

sundul lagi thread lawas

Halo semua


Budidiesel85