[ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .. ]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
[ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .. ]
Setelah selesai dengan protek kopling (mudah-mudahan ga ada apa2 lagi ya paling ngga 5 taon ke depan )
proyek selanjutnya adalah masalah tarikan mobil, jujur sampe dengan service kopling terakhir kemarin memang belum puas dengan tarikan mobil, terutama untuk RPM/tarikan atas, kok kayaknya berat bener, lihar kapsul sejenis kok kayaknya enak banget nariknya ...
jadi yang terpikir saat ini adalah :
1. Upgrade pengapian (koil, busi, kabel busi) untuk mesin standar, kebetulan platina dah rombak ke CDI
2. Dial Cam
3. PnP
cuma untuk poin no 3 kayak ngga deh, soalnya takut overheat dsb ... CMIIW
Pas waktu Oom Digital jualan items pengapian, doi bilang dengan upgrade pengapian untuk mesin standard bisa mendongkrak tenaga, tapi jujur sebenarnya masih ragu sich, kalaupun ada perubahan mungkin tidak signifikan ...
naah.. dari agan-agan ganteng sekalian, mungkin ada pengalaman meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraannya (terutama mesin bensin) untuk mesin standard ???
apakah ada pilihan lain selain 3 option diatas ?
maapkan kalu sudah ada di tret sebelumnya ...
proyek selanjutnya adalah masalah tarikan mobil, jujur sampe dengan service kopling terakhir kemarin memang belum puas dengan tarikan mobil, terutama untuk RPM/tarikan atas, kok kayaknya berat bener, lihar kapsul sejenis kok kayaknya enak banget nariknya ...
jadi yang terpikir saat ini adalah :
1. Upgrade pengapian (koil, busi, kabel busi) untuk mesin standar, kebetulan platina dah rombak ke CDI
2. Dial Cam
3. PnP
cuma untuk poin no 3 kayak ngga deh, soalnya takut overheat dsb ... CMIIW
Pas waktu Oom Digital jualan items pengapian, doi bilang dengan upgrade pengapian untuk mesin standard bisa mendongkrak tenaga, tapi jujur sebenarnya masih ragu sich, kalaupun ada perubahan mungkin tidak signifikan ...
naah.. dari agan-agan ganteng sekalian, mungkin ada pengalaman meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraannya (terutama mesin bensin) untuk mesin standard ???
apakah ada pilihan lain selain 3 option diatas ?
maapkan kalu sudah ada di tret sebelumnya ...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
opsi lainnya adalah modif knalpot.
sebelum memulai modifikasi, sebaiknya kondisi mesin disegarkan lbh dulu seperti contoh membersihkan kerak diruang bakar dng carbon clean, sistem bahan bakar jg dibersihkan supaya lantjar, kompresi dicek tekanan dan kebocorannya dan sistem lainnya jg dipastikan bagus. Percuma saja melakukan modifikasi kalo mesinnya sendiri blm sehat walafiat.
Jika mesin sudah kembali segar, tentu perfoma jg akan membaik, setelah itu barulah langkah2 modifikasi dilakukan.
CMIIW
sebelum memulai modifikasi, sebaiknya kondisi mesin disegarkan lbh dulu seperti contoh membersihkan kerak diruang bakar dng carbon clean, sistem bahan bakar jg dibersihkan supaya lantjar, kompresi dicek tekanan dan kebocorannya dan sistem lainnya jg dipastikan bagus. Percuma saja melakukan modifikasi kalo mesinnya sendiri blm sehat walafiat.
Jika mesin sudah kembali segar, tentu perfoma jg akan membaik, setelah itu barulah langkah2 modifikasi dilakukan.
CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
Kakak Jalu, kebetulan Kapsul ane nich baru turun mesin sich, walaupun kopling memang pada saat turun mesin tidak terhandle dengan baik ...
kalu opsi knalpot kayaknya belum mau nich Kakak, dari segi biaya spertinya lebih mahal bukan .. CMIIW
antara dua : pengapian or dial cam, kira-kira yang mana ya ?
btw kan ada juga yang namanya electronic booster (mungkin pernah dibahas di tret yang lain), kira-kira signifikan ga ya kalu dipasang ini? ane tau sich sebenarnya nich barang wat memperlancar jalur kelistrikan, kali aja ada pengaruh signifikannya ke pengapian
kalu opsi knalpot kayaknya belum mau nich Kakak, dari segi biaya spertinya lebih mahal bukan .. CMIIW
antara dua : pengapian or dial cam, kira-kira yang mana ya ?
btw kan ada juga yang namanya electronic booster (mungkin pernah dibahas di tret yang lain), kira-kira signifikan ga ya kalu dipasang ini? ane tau sich sebenarnya nich barang wat memperlancar jalur kelistrikan, kali aja ada pengaruh signifikannya ke pengapian
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
hmm..hbs turun mesin kok mengeluh tarikan berat dan merasa tidak segesit kijang yg sejenis...??mestinya kan mesin sehat lagi...
masalah harga sih relatif, tapi enaknya hampir semua bengkel2 knalpot lokal udah paham bgt ttg cara upgrade sistem exhaust kijang..harga bersaing...
masalah harga sih relatif, tapi enaknya hampir semua bengkel2 knalpot lokal udah paham bgt ttg cara upgrade sistem exhaust kijang..harga bersaing...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
sebenarnya bahasanya terlalu extrem kali ya untuk 'berat' ini, sebenarnya ga seberat yang dibayangkan juga, mungkin masih bisa dibilang normal, tapi case beratnya terutama adalah :
1. pada saat AC nyala
2. untuk capai top speed, paling tidak 100km/jam aja, kayaknya aga berat
untuk upgrade knalpot ini, dari pengalaman biasanya brp rata-rata biaya nya ya Oom?
komponen apa aja yang diganti?
pengaruh ke lifetime mesin ora ?
FC nya jadi gmana ya ?
1. pada saat AC nyala
2. untuk capai top speed, paling tidak 100km/jam aja, kayaknya aga berat
untuk upgrade knalpot ini, dari pengalaman biasanya brp rata-rata biaya nya ya Oom?
komponen apa aja yang diganti?
pengaruh ke lifetime mesin ora ?
FC nya jadi gmana ya ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
klo pilihannya hanya 3 itu aja, sy lbh prefer nomor terakhir.
alasannya ckp simple, dengan biaya yg relatif murah, hasil yg d dapatkan cukup signifikan. ga perlu takut merusak/mengurangi umur mesin, karena pnp yg d lakukan tujuannya bukan utk tarik2an, sehingga efisiensi mesin bsa d tercapai e.g: porting head sebisa mungkin tdk banyak2 (mungkin hanya sekitar 0,2-0,4 mm aja)
imho, utk upgrade komponen pengapian saja, hasil yg d dapat kurang worthed, mengingat toh kondisi mesin sendiri sebenernya msh standard, dan sering denger pula cerita2 klo ternyata (misalnya) kabel busi racing itu performanya malah tidak sebaik kabel busi estede dll.
jd utk pendapat nubi, di antara ketiga option d atas, urutan yg paling afdol itu 3-1-2 cmiiw
sebenernya opsi ugrade performa msh banyak, spt oom kelapa muda bilang, exhaust upgrade bsa menjadi pilihan, imho ga perlu d lakukan secara menyeluruh jg its okey kok, bsa d mulai dg penggantian exhaust manifold nya dulu, krn si manifold ini yg sebenernya paling berpengaruh dalam jajaran exhaust system...................ibarat pentolan nya lah
alasannya ckp simple, dengan biaya yg relatif murah, hasil yg d dapatkan cukup signifikan. ga perlu takut merusak/mengurangi umur mesin, karena pnp yg d lakukan tujuannya bukan utk tarik2an, sehingga efisiensi mesin bsa d tercapai e.g: porting head sebisa mungkin tdk banyak2 (mungkin hanya sekitar 0,2-0,4 mm aja)
imho, utk upgrade komponen pengapian saja, hasil yg d dapat kurang worthed, mengingat toh kondisi mesin sendiri sebenernya msh standard, dan sering denger pula cerita2 klo ternyata (misalnya) kabel busi racing itu performanya malah tidak sebaik kabel busi estede dll.
jd utk pendapat nubi, di antara ketiga option d atas, urutan yg paling afdol itu 3-1-2 cmiiw
sebenernya opsi ugrade performa msh banyak, spt oom kelapa muda bilang, exhaust upgrade bsa menjadi pilihan, imho ga perlu d lakukan secara menyeluruh jg its okey kok, bsa d mulai dg penggantian exhaust manifold nya dulu, krn si manifold ini yg sebenernya paling berpengaruh dalam jajaran exhaust system...................ibarat pentolan nya lah
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
kalo boleh tahu, mobil kijang kapsulnya yang seri mana ya? diesel atau bensin?
sori nih, gak nyimak sejarahnya om kapsul...
sori nih, gak nyimak sejarahnya om kapsul...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
mmm.... *kayaknya untuk upgrade pengapian dan dial cam mulai di coret nich*
kalu PnP seberapa signifikan Oom doq? biaya kalu ga salah sekitar 1.5jt ya? kalu dibekasi bengkel yang recommended kalu ga salah yang ada di Pekayon itu ya? *lupa nama bengkel nya*
kalu penggantian exhaust manifold saja kira-kira seberapa signifikan ya? ada informasi biayanya kah?
lalu untuk Pnp dan knalpot tadi, signifikan perubahan tarikan ada di rentang mana nanti jadinya ?
kalu PnP seberapa signifikan Oom doq? biaya kalu ga salah sekitar 1.5jt ya? kalu dibekasi bengkel yang recommended kalu ga salah yang ada di Pekayon itu ya? *lupa nama bengkel nya*
kalu penggantian exhaust manifold saja kira-kira seberapa signifikan ya? ada informasi biayanya kah?
lalu untuk Pnp dan knalpot tadi, signifikan perubahan tarikan ada di rentang mana nanti jadinya ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
maap kan agan-agan kalu nanya nya nyerocos kayak mercon, soalny lagi curious banget nyari yang terbaik berdasarkan pengalaman rekan-rekan sekalian ..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
se-signifikan apa perubahnnya itu tergantung bengkel oom
tp klo misalnya d ambil hasil kerja bengkel yg kualitas nya rata2 (ga jelek or ga bagus bgt), yahhhh sangat signifikan d bandingkan kondisi semula.
begitupun upgrade exhaust, hasilnya sangat bergantung dlm kepiawaian bengkel "meracik" formula yg pas dg keinginan oom kapsul........
trus mengenai rentang peningkatan powerband, terus terang sy ga tau oom ga pernah di dyno antara sebelum/sesudah sih.........
bayangan nubi, utk pnp, peningkatan power terasa d smua rentang powerband, mungkin bentuk kurva nya sama, hanya saja lbh tinggi cmiiw
nahhh.........klo exhaust, tinggal request aja mau nya spt apa?mau jagoan topspeed?jagoan akselerasi?ato pengen yg peningkatan nya rata/seimbang?
mohon cmiiw
tp klo misalnya d ambil hasil kerja bengkel yg kualitas nya rata2 (ga jelek or ga bagus bgt), yahhhh sangat signifikan d bandingkan kondisi semula.
begitupun upgrade exhaust, hasilnya sangat bergantung dlm kepiawaian bengkel "meracik" formula yg pas dg keinginan oom kapsul........
trus mengenai rentang peningkatan powerband, terus terang sy ga tau oom ga pernah di dyno antara sebelum/sesudah sih.........
bayangan nubi, utk pnp, peningkatan power terasa d smua rentang powerband, mungkin bentuk kurva nya sama, hanya saja lbh tinggi cmiiw
nahhh.........klo exhaust, tinggal request aja mau nya spt apa?mau jagoan topspeed?jagoan akselerasi?ato pengen yg peningkatan nya rata/seimbang?
mohon cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
gpp oom, nyantai ajakapsul 97 wrote:maap kan agan-agan kalu nanya nya nyerocos kayak mercon, soalny lagi curious banget nyari yang terbaik berdasarkan pengalaman rekan-rekan sekalian ..
kta smua sama2 belajar koookk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
mungkin bisa dijadikan referensi juga :
Mengganti header dan knalpot adalah salah satu cara untuk meningkatkan performa kendaraan tanpa harus melakukan perubahan jeroan blok mesin.
Knalpot sendiri adalah pipa gas buang untuk mesin mulai dari bagian tengah hingga ujung belakang. Sedangkan header, sesuai dengan namanya adalah bagian pangkal dari seluruh pipa gas buang mobil yang menghubungkan lubang gas buang (Exhaust) pada blok mesin dengan pipa knalpot. Penggantian knalpot dapat meningkatkan performa hingga 15%, sedangkan apabila hanya mengganti header dan muffler-nya saja hanya mampu mendongkrak performa sebesar 5% saja.
Jangan Sampai Salah Konfigurasi Header
Konfigurasi dari header knalpot itu bisa bermacam-macam, sesuai dengan karakter dan bentuk mesin dan jumlah silindernya ataupun bisa juga dibuat sesuai dengan yang diinginkan (Custom). Yang pasti bentuk header selalu berawal dengan beberapa saluran masuk dan berakhir dengan satu saluran buang. Secara umum mobil yang mengusung mesin empat silinder, header dibuat dengan konfigurasi 4- 2-1 atau bisa langsung 4-1, biasanya untuk besarnya diameter pipa header adalah 2â€Â.
Maksud istilah header berkonfigurasi 4-2-1 adalah header dengan empat saluran masuk dari lubang exhaust kemudian digabung menjadi dua saluran dan yang terakhir digabung lagi menjadi satu saluran. Sedangkan untuk model konfigurasi 4-1 adalah header yang langsung menggabungkan keempat saluran masuk menjadi satu. Untuk header 4-2-1 yang dikumpulin adalah ujung pipa 1 dengan 4 dan 2 dengan 3, soalnya melihat posisi dari piston, dimana langkah buang 1 dan 4 hampir bersamaan, begitu juga dengan 2 dan 3, makanya disatukan biar membuangnya bersamaan. Kalau posisinya terbalik tarikannya mobil malah bisa ngempos.
Setiap konfigurasi mempengaruhi karakteristik performa yang akan dihasilkan pada sebuah kendaraan. “karakter dari header 4-2-1 bisa menghasilkan tenaga tarikan bawah yang lebih mantap. Sedangkan untuk karakter header 4-1 lebih bagus pada peningkatan top-speed alias pada tarikan atasnya†ujar Hanes, juragan dari Ambarukmo Knalpot yang terletak dibilangan Jakarta Timur ini. Tapi tetap saja faktor penentu akhir adalah karakter dari mesin itu sendiri karena akan sangat menentukan jenis header yang mau diaplikasikan, apalagi untuk mesin mobil yang sudah dimodifikasi.
Untuk membuat konfigurasi header 4-2-1 biasanya lebih ribet, karena selain desain yang ribet juga terkendala ruang kompartemen mesin yang ada dan kalau tidak memungkinkan untuk dibuat header dengan konfigurasi 4-2-1, dapat menggunakan konfigurasi 4-1 tapi primary pipe-nya saja yang dibuat panjang untuk mengejar torsi bawah. Jarak antara tabung dengan header juga akan sangat mempengaruhi performa dari mobil.
Sesuaikan Dengan Karakter Mesin
Apabila ingin performa mobil meningkat, tapi suara mobil menjadi tidak berisik, cukup hanya dengan mengganti header dari mobil dan tidak perlu mengganti knalpotnya. Alternatif lainnya adalah untuk memaksimalkannya dengan cara mengganti pipa knalpot, tapi tetap menggunakan tabung peredam beserta resonatornya. Tapi kalau memang doyan dengan suara knalpot yang berisik, selain mengganti header juga bisa mengganti pipa knalpotnya.
Setiap penggantian tiap bagian dari saluran buang harus disesuaikan dengan karakter mesin mobil karena kalau tidak mesin bisa kehilangan tenaganya. Knalpot free-flow yang mengeluarkan suara sangar, hanya cocok buat mesin yang sudah dimodifikasi cukup serius. Karena untuk jenis mesin seperti itu membutuhkan saluran pembuangan yang sangat lancar. Sedangkan untuk mesin yang masih standar, saluran free-flow justru bisa membuat mobil menjadi ngempos tarikannya karena mesin juga membutuhkan tendangan balik hasil dari tahanan pada knalpot untuk bisa mencapai putaran torsi maksimumnya.
Di Ambarukmo knalpot, untuk produksi knalpot full mulai dari header hingga muffler baik itu model custom ataupun dengan brand Hanes dipatok harga sebesar ±2,5 juta. Sedangkan untuk muffler dengan bahan stainless stell dihargai antara 700 ribu hingga 1,2 juta. Untuk header, yang mempunyai konfigurasi 4-1 dijual seharga 700 ribu dan yang ingin mempergunakan konfigurasi header 4-2-1 dilepas dengan harga 900 ribu.
Jadi jangan sembarangan untuk mengganti knalpot ataupun headernya. Lebih baik dikonsultasikan terlebih dulu dengan orang-orang yang mengerti tentang knalpot atau langsung bertanya ke bengkel knalpot. Jangan sampai ingin meningkatkan performa mobil tapi ternyata hasilnya malah membuat mesin loyo.
AMBARUKMO KNALPOT
Jl. Jend. Basuki Rachmat No.8 Jakarta Timur
Phone : 021-8626577
Mengganti header dan knalpot adalah salah satu cara untuk meningkatkan performa kendaraan tanpa harus melakukan perubahan jeroan blok mesin.
Knalpot sendiri adalah pipa gas buang untuk mesin mulai dari bagian tengah hingga ujung belakang. Sedangkan header, sesuai dengan namanya adalah bagian pangkal dari seluruh pipa gas buang mobil yang menghubungkan lubang gas buang (Exhaust) pada blok mesin dengan pipa knalpot. Penggantian knalpot dapat meningkatkan performa hingga 15%, sedangkan apabila hanya mengganti header dan muffler-nya saja hanya mampu mendongkrak performa sebesar 5% saja.
Jangan Sampai Salah Konfigurasi Header
Konfigurasi dari header knalpot itu bisa bermacam-macam, sesuai dengan karakter dan bentuk mesin dan jumlah silindernya ataupun bisa juga dibuat sesuai dengan yang diinginkan (Custom). Yang pasti bentuk header selalu berawal dengan beberapa saluran masuk dan berakhir dengan satu saluran buang. Secara umum mobil yang mengusung mesin empat silinder, header dibuat dengan konfigurasi 4- 2-1 atau bisa langsung 4-1, biasanya untuk besarnya diameter pipa header adalah 2â€Â.
Maksud istilah header berkonfigurasi 4-2-1 adalah header dengan empat saluran masuk dari lubang exhaust kemudian digabung menjadi dua saluran dan yang terakhir digabung lagi menjadi satu saluran. Sedangkan untuk model konfigurasi 4-1 adalah header yang langsung menggabungkan keempat saluran masuk menjadi satu. Untuk header 4-2-1 yang dikumpulin adalah ujung pipa 1 dengan 4 dan 2 dengan 3, soalnya melihat posisi dari piston, dimana langkah buang 1 dan 4 hampir bersamaan, begitu juga dengan 2 dan 3, makanya disatukan biar membuangnya bersamaan. Kalau posisinya terbalik tarikannya mobil malah bisa ngempos.
Setiap konfigurasi mempengaruhi karakteristik performa yang akan dihasilkan pada sebuah kendaraan. “karakter dari header 4-2-1 bisa menghasilkan tenaga tarikan bawah yang lebih mantap. Sedangkan untuk karakter header 4-1 lebih bagus pada peningkatan top-speed alias pada tarikan atasnya†ujar Hanes, juragan dari Ambarukmo Knalpot yang terletak dibilangan Jakarta Timur ini. Tapi tetap saja faktor penentu akhir adalah karakter dari mesin itu sendiri karena akan sangat menentukan jenis header yang mau diaplikasikan, apalagi untuk mesin mobil yang sudah dimodifikasi.
Untuk membuat konfigurasi header 4-2-1 biasanya lebih ribet, karena selain desain yang ribet juga terkendala ruang kompartemen mesin yang ada dan kalau tidak memungkinkan untuk dibuat header dengan konfigurasi 4-2-1, dapat menggunakan konfigurasi 4-1 tapi primary pipe-nya saja yang dibuat panjang untuk mengejar torsi bawah. Jarak antara tabung dengan header juga akan sangat mempengaruhi performa dari mobil.
Sesuaikan Dengan Karakter Mesin
Apabila ingin performa mobil meningkat, tapi suara mobil menjadi tidak berisik, cukup hanya dengan mengganti header dari mobil dan tidak perlu mengganti knalpotnya. Alternatif lainnya adalah untuk memaksimalkannya dengan cara mengganti pipa knalpot, tapi tetap menggunakan tabung peredam beserta resonatornya. Tapi kalau memang doyan dengan suara knalpot yang berisik, selain mengganti header juga bisa mengganti pipa knalpotnya.
Setiap penggantian tiap bagian dari saluran buang harus disesuaikan dengan karakter mesin mobil karena kalau tidak mesin bisa kehilangan tenaganya. Knalpot free-flow yang mengeluarkan suara sangar, hanya cocok buat mesin yang sudah dimodifikasi cukup serius. Karena untuk jenis mesin seperti itu membutuhkan saluran pembuangan yang sangat lancar. Sedangkan untuk mesin yang masih standar, saluran free-flow justru bisa membuat mobil menjadi ngempos tarikannya karena mesin juga membutuhkan tendangan balik hasil dari tahanan pada knalpot untuk bisa mencapai putaran torsi maksimumnya.
Di Ambarukmo knalpot, untuk produksi knalpot full mulai dari header hingga muffler baik itu model custom ataupun dengan brand Hanes dipatok harga sebesar ±2,5 juta. Sedangkan untuk muffler dengan bahan stainless stell dihargai antara 700 ribu hingga 1,2 juta. Untuk header, yang mempunyai konfigurasi 4-1 dijual seharga 700 ribu dan yang ingin mempergunakan konfigurasi header 4-2-1 dilepas dengan harga 900 ribu.
Jadi jangan sembarangan untuk mengganti knalpot ataupun headernya. Lebih baik dikonsultasikan terlebih dulu dengan orang-orang yang mengerti tentang knalpot atau langsung bertanya ke bengkel knalpot. Jangan sampai ingin meningkatkan performa mobil tapi ternyata hasilnya malah membuat mesin loyo.
AMBARUKMO KNALPOT
Jl. Jend. Basuki Rachmat No.8 Jakarta Timur
Phone : 021-8626577
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
jadi bingung sendiri ...
ternyata modif knalpot harus ada pilihannya juga ya, mau rentang atas apa bawah ..
mau nya sich atas bawah okay nich, gmana ya ?
ternyata modif knalpot harus ada pilihannya juga ya, mau rentang atas apa bawah ..
mau nya sich atas bawah okay nich, gmana ya ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
heheheehe.......
sebelum makin bingung, budgeting dulu aja oom trus tentuin mana yg mo d kerjakan pertama
soal "racun" mahhh gampang tuhhh hihihihi
sebelum makin bingung, budgeting dulu aja oom trus tentuin mana yg mo d kerjakan pertama
soal "racun" mahhh gampang tuhhh hihihihi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
Yg di Caman itu Polomas bukan?
IMHO, kalau habis turun mesin, emang mesin terasa berat. Kalau udah 10 ribu km baru terasa longgar. Kijang Kapsul itu masih OHV kah? Kalau gitu yg lebih penting driveability. Kalau di rpm tinggi lebih banyak cuma berisik yg didapat.
Dalam hal modif u mendpt speed, perlu pendekatan menyeluruh. Ya pnp, throttle body, pengapian, intake, exhaust, hi compression piston, syukur bisa remapping.
Pengalaman saya pakai 504, bisa melebihi top speed claim pabrik. Dari 98HP bisa jadi 110HP.
IMHO, kalau habis turun mesin, emang mesin terasa berat. Kalau udah 10 ribu km baru terasa longgar. Kijang Kapsul itu masih OHV kah? Kalau gitu yg lebih penting driveability. Kalau di rpm tinggi lebih banyak cuma berisik yg didapat.
Dalam hal modif u mendpt speed, perlu pendekatan menyeluruh. Ya pnp, throttle body, pengapian, intake, exhaust, hi compression piston, syukur bisa remapping.
Pengalaman saya pakai 504, bisa melebihi top speed claim pabrik. Dari 98HP bisa jadi 110HP.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
PnP memberikan benefit karena bersifat optimalisasi dr sistem aliran di cyl head, konsekuensinya, untuk pengerjaan mobil mesti nginap dan jika ada kesalahan/miss susah untuk dikembalikan lagi. keuntungannya, jika pnp berhasil maka mobil akan irit bertenaga
ganti knalpot jika desainnya tepat akan mendongkrak performa secara instan, konsekuensinya : biasanya suara lbh bising dan cenderung lbh boros (akibat yg bising sering digeber2 ) , keuntungannya, pengerjaan bisa ditunggu, dan mudah dikembalikan lg ke kondisi standar (tinggal ditukar dng yg asli)
CMIIW
ganti knalpot jika desainnya tepat akan mendongkrak performa secara instan, konsekuensinya : biasanya suara lbh bising dan cenderung lbh boros (akibat yg bising sering digeber2 ) , keuntungannya, pengerjaan bisa ditunggu, dan mudah dikembalikan lg ke kondisi standar (tinggal ditukar dng yg asli)
CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
bagaimana dengan dial cam Vs. pengapian dengan segala plus minus nya juga ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
wah...................manstaabbbbbbbbb singkat-padat-berisijalu wrote:PnP memberikan benefit karena bersifat optimalisasi dr sistem aliran di cyl head, konsekuensinya, untuk pengerjaan mobil mesti nginap dan jika ada kesalahan/miss susah untuk dikembalikan lagi. keuntungannya, jika pnp berhasil maka mobil akan irit bertenaga
ganti knalpot jika desainnya tepat akan mendongkrak performa secara instan, konsekuensinya : biasanya suara lbh bising dan cenderung lbh boros (akibat yg bising sering digeber2 ) , keuntungannya, pengerjaan bisa ditunggu, dan mudah dikembalikan lg ke kondisi standar (tinggal ditukar dng yg asli)
CMIIW
jangan2 kelapa nya kelapa tua nih
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
kalo mau atas bawah, di bawah pake supercharger, di atas pake turbo charger...kapsul 97 wrote:jadi bingung sendiri ...
ternyata modif knalpot harus ada pilihannya juga ya, mau rentang atas apa bawah ..
mau nya sich atas bawah okay nich, gmana ya ?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
nahhhh atas bawah kena tuhhhhh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
- Location: Where the sunshine on me...
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
btw pas kmaren turun mesin sayang bgt om gak skalian PnP, turun 2x deh
kl kata ane coba servis kaya kata bang jaldut dulu, kalo masih dirasa kurang enak, bisa ganti exhaust system, kijang kapsul menurut gw pribadi masih tetep enak di 4-2-1, kl masih kurang enak juga, coba aja di PnP.
untuk masalah pengapian ga bisa komen,, karena pernah coba coba ganti kabel busi tp malah gak enak, untung bisa refund. skr cm pake busi yang bagus aja.
masalah modul elektronik juga kayanya kurang ngaruh deh om, kalo mau beli kabel ground yang bagus, nah itu baru beneran ngaruh bgt... (tp ada juga sih yg ngomong modulnya malah jauh ningkatin performa)
kl kata ane coba servis kaya kata bang jaldut dulu, kalo masih dirasa kurang enak, bisa ganti exhaust system, kijang kapsul menurut gw pribadi masih tetep enak di 4-2-1, kl masih kurang enak juga, coba aja di PnP.
untuk masalah pengapian ga bisa komen,, karena pernah coba coba ganti kabel busi tp malah gak enak, untung bisa refund. skr cm pake busi yang bagus aja.
masalah modul elektronik juga kayanya kurang ngaruh deh om, kalo mau beli kabel ground yang bagus, nah itu baru beneran ngaruh bgt... (tp ada juga sih yg ngomong modulnya malah jauh ningkatin performa)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
keuntungan mesin OHV seperti kijang adalah untuk turun cyl head lbh praktis, tidak perlu ribet melepas timing chain seperti pada mesin OHC, jd jika mau di pnp maka jam kerjanya bs lbh singkatKIOS3R wrote:btw pas kmaren turun mesin sayang bgt om gak skalian PnP, turun 2x deh
Dial cam pada dasarnya tidak menambah performa, tapi bertujuan supaya powerband mesin bs digeser lbh sesuai dng kebutuhan pemakaian, dibutuhkan adjustable timing chain/belt cam pulley untuk melakukannya, tersedia pulley yg aftermarket atau bikin custom. Konsekuensi ; krn karakter mesin berubah maka setingan mesin byk yg ikut berubah menyesuaikan (butuh mekanik kepercayaan), khusus pulley custom maka kondisinya perlu dicek secara periodik mengingat itu bikinan bengkel. Keuntungan ; karakter mesin bs lbh sesuai dng kebutuhan sehingga driveability lbh nyaman serta berpotensi lbh hemat bbm.
Upgrade pengapian bertujuan meningkatkan bunga api (spark) dibusi sehingga campuran bbm bisa terbakar lbh sempurna. Konsekuensi ; bujet cukup mahal (mesti sepaket koil+kabel busi+busi, krn kalo hanya ganti salah satu akan mubazir) namun peningkatan performa meski ada tapi tidak signifikan, rawan terjadi storing pada audio. Keuntungan : start mesin lbh tokcer, bbm lbh irit krn tarikan lbh enteng dan getaran mesin bs lbh halus. Note : Upgrade pengapian akan lbh dibutuhkan untuk mesin2 yg dimodifikasi berat dimana supplai bbmnya deras, campuran bbm yg lbh padat membutuhkan percikan api yg lbh kuat untuk terbakar sempurna.
CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
- Location: Where the sunshine on me...
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
pantesan ane coba2 upgrade pengapian malah hasilnya gak sesuai yang diharapkan,,,
untuk mobil ane belon butuh kali yah upgrade pengapian? paling beli busi bagus aja.
part buat marmut jg susah bgt jal, yg banyak malah merk abal abal
untuk mobil ane belon butuh kali yah upgrade pengapian? paling beli busi bagus aja.
part buat marmut jg susah bgt jal, yg banyak malah merk abal abal
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
sistem pengapian mobil skrg memang udah modern kres, rata2 1 coil 1 busi (coil on plug/coil over plug)....aliran arus dr koil ke busi lbh singkat jadi lbh efisien ketimbang sistem lama dimana 1 coil untuk beberapa busi yg dibagi2 oleh distributor.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [ Meningkatkan power/speed/kemampuan berlari kendaraan .
1 coil 1 busi, coilnya ditaruh di mana ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green