[ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 05 Dec 2013, 21:43

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by aceagung »

adityabp wrote: 03 Jan 2019, 09:49 Per kampas kopling dah lemah.
Ok om, kl ini berarti ganti kopling :mky_05:
marmut wrote: 03 Jan 2019, 19:37 bisa dari clutch cover atau permukaan flywheel yang bergesekan dengan plat kopling sudah tidak rata.
Kl gak rata apa gak seharusnya muncul terus om? Ini cmn 1x :big_think:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

aceagung wrote: 04 Jan 2019, 08:42
Kl gak rata apa gak seharusnya muncul terus om? Ini cmn 1x :big_think:

maka dari itu musti diperiksa terlebih dahulu, diperhatiken baik-baik :
- umur kendaraan sudah berapa KM.
- terahir ganti plat kopling kapan? apakah ganti 1 set atau bagaimana?

dari situ bisa diambil perkiraan kesimpulan musti bagaimana.
saat nanti bongkar transmisi untuk ganti kopling, tidak ada salahnya semua yang ada diseputaran bell housing dan flywheel diperiksa. apakah seal kruk as belakang masih sehat atau sudah waktunya ganti? pun untuk seal-seal yang ada di transmisi juga diperhatiken.
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 05 Dec 2013, 21:43

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by aceagung »

marmut wrote: 04 Jan 2019, 09:50
aceagung wrote: 04 Jan 2019, 08:42
Kl gak rata apa gak seharusnya muncul terus om? Ini cmn 1x :big_think:

maka dari itu musti diperiksa terlebih dahulu, diperhatiken baik-baik :
- umur kendaraan sudah berapa KM.
- terahir ganti plat kopling kapan? apakah ganti 1 set atau bagaimana?

dari situ bisa diambil perkiraan kesimpulan musti bagaimana.
saat nanti bongkar transmisi untuk ganti kopling, tidak ada salahnya semua yang ada diseputaran bell housing dan flywheel diperiksa. apakah seal kruk as belakang masih sehat atau sudah waktunya ganti? pun untuk seal-seal yang ada di transmisi juga diperhatiken.
KM Masih 27rb an om, blm pernah ganti plat kopling
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by Jambangan »

marmut wrote: 03 Jan 2019, 19:48
Jambangan wrote: 03 Jan 2019, 12:52 Kalo mobil terasa bergetar saat kecepatan 60 gigi 4 kira2 kenapa ya??
Tapi kalo naik ke gigi 5 atau turun ke gigi 3 hilang getarannya
Jadi cuma gigi 4 kecepatan 60 aja yg terasa getaran sampe kerasa ke badan

crankshaft balance nggak? atau bisa juga damper di pulley kruk as (kalo ada) sudah minta ganti.
Entahlah om
Mobil udah dijual jg sih :mky_01:
Seinget ane jadi kyk gitu setelah ganti kopling di bengkel dekat rumah
Coltbiru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 04 Feb 2017, 16:07

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by Coltbiru »

Pernah ngalamin kejadian mirip ini pas nyetir mesin diesel Om, dipake jalan terasa kayak jendul2 mobilnya, saya pikir kampas koplingnya, ternyata bukan.
Jadi ceritanya jendul2 itu hilang setelah solarnya ditambahin racun nori...
permanaeza
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 18 Sep 2017, 13:49
Location: jakarta
Daily Vehicle: civic_FD1_2006_Manualtransmission

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by permanaeza »

dear agan2 suhu2 ,
ane ijin bertanya ane pemakai civic fd manual,
beberapa waktu yg lalu ane ngalamin kejadian mobil tidak bs pindah gigi saat mesin hidup,gigi / persnelling bs dipindahkan saat mesin mati,ternyata setlah di bongkar housing (yg ada per kampas kopling / bagian tengah dr kampas kopling) nya hancur berantakan..per kampas nya juga pd lepas...akhirnya ane ganti lah 1 set kopling original nya honda (merk exedy)
namun gejala lama masih timbul
1.pada saat angkat kopling pada gigi 1 pada awal bergerak mobil bergetar baik pd jalan datar maupun menanjak (kalo menanjak lebih parah) seolah2 tidak kuat
2.bunyi2 dr bak kopling saat netral dan free kopling (klotok2)
namun saat pedal kopling diinjak hilang .namun bunyi ini msh samar2 karena memang 1 set kopling masih baru,sebelumnya bunyi terdengar jelas .saat masih pake kopling yg lama

mohon masukan nya suhu2 ...apa yg menjadi penyebab

1.per kampas kopling (housing tengah bagian kampas) bisa terlepas berantakan
2.penyebab getaran saat angkat pedal kopling saat bergerak jalan pd gigi 1 ?


terima kasih...
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by anadzir »

halo suhu-suhu mau nanya seputar transmisi manual, jadi ketika mobil idle ada bunyi ngorok di transmisinya, pas diinjek pedal kopling bunyi ngoroknya hilang. Biasanya bunyi ngoroknya juga muncul pas di gas pada saat kecepatan rendah.

Mohon bantuannya..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

anadzir wrote: 12 Jun 2019, 11:44 halo suhu-suhu mau nanya seputar transmisi manual, jadi ketika mobil idle ada bunyi ngorok di transmisinya, pas diinjek pedal kopling bunyi ngoroknya hilang. Biasanya bunyi ngoroknya juga muncul pas di gas pada saat kecepatan rendah.

Mohon bantuannya..

bahasa inggris : clutch release bearing.
bahasa belanda : druklager.
bahasa asem reges : drek laher.
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by P47hos »

marmut wrote: 12 Jun 2019, 12:47
anadzir wrote: 12 Jun 2019, 11:44 halo suhu-suhu mau nanya seputar transmisi manual, jadi ketika mobil idle ada bunyi ngorok di transmisinya, pas diinjek pedal kopling bunyi ngoroknya hilang. Biasanya bunyi ngoroknya juga muncul pas di gas pada saat kecepatan rendah.

Mohon bantuannya..

bahasa inggris : clutch release bearing.
bahasa belanda : druklager.
bahasa asem reges : drek laher.
Klo di Livina bagaimana? Bawaannya sdh ada bunyi gt tp klo diinjak ya hilang.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

P47hos wrote: 12 Jun 2019, 12:51

Klo di Livina bagaimana? Bawaannya sdh ada bunyi gt tp klo diinjak ya hilang.

transmisi manual? ya dari situ sumbernya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

permanaeza wrote: 12 Jun 2019, 08:08 dear agan2 suhu2 ,
ane ijin bertanya ane pemakai civic fd manual,
beberapa waktu yg lalu ane ngalamin kejadian mobil tidak bs pindah gigi saat mesin hidup,gigi / persnelling bs dipindahkan saat mesin mati,ternyata setlah di bongkar housing (yg ada per kampas kopling / bagian tengah dr kampas kopling) nya hancur berantakan..per kampas nya juga pd lepas...akhirnya ane ganti lah 1 set kopling original nya honda (merk exedy)
namun gejala lama masih timbul
1.pada saat angkat kopling pada gigi 1 pada awal bergerak mobil bergetar baik pd jalan datar maupun menanjak (kalo menanjak lebih parah) seolah2 tidak kuat
2.bunyi2 dr bak kopling saat netral dan free kopling (klotok2)
namun saat pedal kopling diinjak hilang .namun bunyi ini msh samar2 karena memang 1 set kopling masih baru,sebelumnya bunyi terdengar jelas .saat masih pake kopling yg lama

mohon masukan nya suhu2 ...apa yg menjadi penyebab

1.per kampas kopling (housing tengah bagian kampas) bisa terlepas berantakan
2.penyebab getaran saat angkat pedal kopling saat bergerak jalan pd gigi 1 ?


terima kasih...

yang diganti 1 set itu clutch plate + clutch cover + clutch release bearing?
saat penggantian, permukaan flywheel yang nempel dengan plat kopling diperiksa atau tidak?
getar saat pertama lepas pedal kopling bisa jadi karena permukaan flywheel yang bersinggungan langsung dengan plaat kopling sudah tidak rata permukaannya, atau bisa jadi clutch cover kwaliteit-nya tidak bagus.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC »

P47hos wrote: 12 Jun 2019, 12:51
marmut wrote: 12 Jun 2019, 12:47
anadzir wrote: 12 Jun 2019, 11:44 halo suhu-suhu mau nanya seputar transmisi manual, jadi ketika mobil idle ada bunyi ngorok di transmisinya, pas diinjek pedal kopling bunyi ngoroknya hilang. Biasanya bunyi ngoroknya juga muncul pas di gas pada saat kecepatan rendah.

Mohon bantuannya..

bahasa inggris : clutch release bearing.
bahasa belanda : druklager.
bahasa asem reges : drek laher.
Klo di Livina bagaimana? Bawaannya sdh ada bunyi gt tp klo diinjak ya hilang.
ahh penyakit khas lipindut.. umum itu, apalagi yg OGL 1500cc.. yg ANGL aj masi kedengeran.. itu cone synchro utk gear 5 atau mundur (lupa ane) yg muter mulu.. kl masuk gigi masi lancar2 jaya mahh cuekin aj, gapapa itu.. kcuali kl masuk gigi rada seret atau susah (dgn catatan kopling sehat), nah itu alamat bongkar gearbox..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by P47hos »

marmut wrote: 12 Jun 2019, 13:45
P47hos wrote: 12 Jun 2019, 12:51

Klo di Livina bagaimana? Bawaannya sdh ada bunyi gt tp klo diinjak ya hilang.

transmisi manual? ya dari situ sumbernya.
Sudah diganti 1 set, tp sebelum diganti tidak sekencang sekarang bunyinya.


DOHC wrote: 12 Jun 2019, 16:12 ahh penyakit khas lipindut.. umum itu, apalagi yg OGL 1500cc.. yg ANGL aj masi kedengeran.. itu cone synchro utk gear 5 atau mundur (lupa ane) yg muter mulu.. kl masuk gigi masi lancar2 jaya mahh cuekin aj, gapapa itu.. kcuali kl masuk gigi rada seret atau susah (dgn catatan kopling sehat), nah itu alamat bongkar gearbox..
Efek sampingnya apa om? Solusinya diapain? Ini kedengaran cukup kenceng dr dalam kabin, awalnya master atas kopling jebol, karena bongkar semua sekalian ganti set kopling, tp malah suaranya jd lebih kenceng dibanding sebelumnya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

P47hos wrote: 12 Jun 2019, 20:22
marmut wrote: 12 Jun 2019, 13:45
P47hos wrote: 12 Jun 2019, 12:51

Klo di Livina bagaimana? Bawaannya sdh ada bunyi gt tp klo diinjak ya hilang.

transmisi manual? ya dari situ sumbernya.
Sudah diganti 1 set, tp sebelum diganti tidak sekencang sekarang bunyinya.


DOHC wrote: 12 Jun 2019, 16:12 ahh penyakit khas lipindut.. umum itu, apalagi yg OGL 1500cc.. yg ANGL aj masi kedengeran.. itu cone synchro utk gear 5 atau mundur (lupa ane) yg muter mulu.. kl masuk gigi masi lancar2 jaya mahh cuekin aj, gapapa itu.. kcuali kl masuk gigi rada seret atau susah (dgn catatan kopling sehat), nah itu alamat bongkar gearbox..
Efek sampingnya apa om? Solusinya diapain? Ini kedengaran cukup kenceng dr dalam kabin, awalnya master atas kopling jebol, karena bongkar semua sekalian ganti set kopling, tp malah suaranya jd lebih kenceng dibanding sebelumnya

sudah ditanyakan ke pihak yang bongkar kenapa kok bunyinya makin keras setelah penggantian kopling? seharusnya mereka bisa kasih solusi atau setidaknya masukan.
btw, setelah transmisi terpasang, sudah diisi pelumas lagi? karena sebelum transmisi dilepas, pelumas musti dibuang/ditampung terlebih dahulu.

@DOHC,
suhu, kalo synchromesh bukannya susah masuk versneling? saya sih belum pernah nemu kasus synchromesh bikin bunyi kecuali yang udah mrotoli seperti remah emping pasti pada bunyi klotakan sampai ahirnya senyap ga bunyi lagi..... mohon petunjuk suhu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC »

@mbah marmut : jd konon critanya utk desain girbok buatan renault ini, utk beberapa gigi nya itu ad cone syncro yg ikutan muter pas kopling lg disengage, tujuan nya yah biar pas di engage kupling nya, gear nya ud cepet engage jg.. nahh yg bikin bunyi itu krn kebetulan utk gear2 syncro ke 5 ( kl ga salah) letak nya di dalem housing warna item yg pas di bawah aki itu dan itu dalemnya rada kopong, makanya pas doi muter jd ad resonasi suara... nah housing yg sama dipake utk yg 6 speed, cuman krn yg 6 speed lebi banyak gigi nya, makanya ga sekopong yg 5 speed = less brisik..

Jd intinya bukan rusak sperti yg di takutin org2.. cman emg disain nya aj yg rada unik
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by P47hos »

marmut wrote: 12 Jun 2019, 21:11
sudah ditanyakan ke pihak yang bongkar kenapa kok bunyinya makin keras setelah penggantian kopling? seharusnya mereka bisa kasih solusi atau setidaknya masukan.
btw, setelah transmisi terpasang, sudah diisi pelumas lagi? karena sebelum transmisi dilepas, pelumas musti dibuang/ditampung terlebih dahulu.

@DOHC,
suhu, kalo synchromesh bukannya susah masuk versneling? saya sih belum pernah nemu kasus synchromesh bikin bunyi kecuali yang udah mrotoli seperti remah emping pasti pada bunyi klotakan sampai ahirnya senyap ga bunyi lagi..... mohon petunjuk suhu.
Kurang lebih jawabannya sama dgn om @DOHC, karena karakter transmisi nya. Belum mau bongkar lg karena perpindahan gigi masih halus, hanya kopling jd pendek kembali seperti mobil waktu keluar dealer dan ga bisa di stel. Overall sih transmisinya ga ada masalah hanya suara kerrr itu yg agak tambah keras dibandingkan sebelum diganti.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC »

Sekedar nambahin komen mbah marmut, ntuh level oli mtf bole di cek jg, krn kl kurang bsa bkin rada brisik jg.. lagian posisi baut pengisian mtf lipindut plg gampang d buka.. baut kupu2 plastik, pake tang jepit jg bsa kebuka

Coba di buka, ngocor ga oli nya, atau colok pake jari kira2 kesentuh ga oli nya, kl kurang tinggal tambahin pake oli GL4
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
permanaeza
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 18 Sep 2017, 13:49
Location: jakarta
Daily Vehicle: civic_FD1_2006_Manualtransmission

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by permanaeza »

marmut wrote: 12 Jun 2019, 14:06
permanaeza wrote: 12 Jun 2019, 08:08 dear agan2 suhu2 ,
ane ijin bertanya ane pemakai civic fd manual,
beberapa waktu yg lalu ane ngalamin kejadian mobil tidak bs pindah gigi saat mesin hidup,gigi / persnelling bs dipindahkan saat mesin mati,ternyata setlah di bongkar housing (yg ada per kampas kopling / bagian tengah dr kampas kopling) nya hancur berantakan..per kampas nya juga pd lepas.


yang diganti 1 set itu clutch plate + clutch cover + clutch release bearing?
saat penggantian, permukaan flywheel yang nempel dengan plat kopling diperiksa atau tidak?
getar saat pertama lepas pedal kopling bisa jadi karena permukaan flywheel yang bersinggungan langsung dengan plaat kopling sudah tidak rata permukaannya, atau bisa jadi clutch cover kwaliteit-nya tidak bagus.
betul suhu marmut 1 set (kampas,matahari,drek laher) + seal kruk as + seal & per master kopling bawah (jaga2 aja) biar sekalian,pas diganti kata montirnya masih bagus flywheelnya..tp itu secara kasat mata aja kan..yg bener kan diukur pake alat ukur dial gauge,sya terpaksa kudu bongkar lagi karena takut umur kopling set sy gak lama jebol lagi,kalo dr kualitas sy yakin kualitas nya karena beli langsung di dealer honda nya...
apakah flywheel bs dibubut sj...or hrs ganti?
apakah ada kemungkinan lain semisal input shaft sudah tidak center?
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by P47hos »

DOHC wrote: 13 Jun 2019, 20:07 Sekedar nambahin komen mbah marmut, ntuh level oli mtf bole di cek jg, krn kl kurang bsa bkin rada brisik jg.. lagian posisi baut pengisian mtf lipindut plg gampang d buka.. baut kupu2 plastik, pake tang jepit jg bsa kebuka

Coba di buka, ngocor ga oli nya, atau colok pake jari kira2 kesentuh ga oli nya, kl kurang tinggal tambahin pake oli GL4
Oh apa bisa pengaruh dr oli transmisi? Oli transmisinya buka pake NGO tp pake shell spirax, setau saya ada perbedaan angka. Bengkel tempat ganti kopling nya sih spesialis Nissan jd sy percaya saja mereka mau pake oli apa
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by bembenk95 »

Pengalaman di G4EE kia pride.
keluaran thn 2010.
pas odo dah 100K (2019 awal) injak kopling dah terasa berat dan efeknya Master Kopling kalah dan harus ganti.
Di ajak ngebut, kopling masih belum selip.
akhir nya bulan lalu pas odo 120K kopling makin berat saja.
ane putusin ganti 1 SET kopling deh.
efeknya kopling jd enteng kaya injek kapas... :big_childish:
Attachments
Kopling Plate.jpg
Kopling Pad.jpg
Kopling Pad baru.jpg
Kopling 120K.jpg
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC »

Setau ane girbok lipina (dan beberapa girbok buatan renault atau psa grup) minta spesifik gl4 dgn kekentalan 75-80 atau 85.. dan krn girbok lipina buatan renault yah mustinya sehh spek kekentalan nya mirip2.. dl ane perna lg darurat pakein sainz gl 5 yg 75-90, gapapa sehh, ga bkin tambah brisik atau apa, cuman yah stelah sampe tujuan, ane kuras dan isi pake NGO MTF..

Spirax setau ane trakir kluarin oli gl 4 dgn kekentalan kepala 75 itu kira2 belasan taon yg lalu.. jd yah most likely itu spirax yg dipake skrg ud ga masuk spek nya si girbok lipina..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by ZEXELGRIFONE »

Sekalian nanya boleh yaa..

Kemaren pas mudik, diminta setirin mobil adek ipar (wuling confero s).. pedal koplingnya enak, enteng dan empuk..

Nah jadi kepikiran mobil ortu dirumah, Xenia 2011 MT.. injekan pedal koplingnya agak berat.. Dan kayaknya blum pernah turun kopling (beli sekend),
Nah biar injekan pedal kopling Xenia ortu enteng gimana yak? Apanya yg kudu diservis?
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by bembenk95 »

Di manual trans mobil ane speknya butuh 2 Liter 75~80 GL 4. Sekarang pakai punya Suz 75~80 GL4, pernah pake Spirax G3 (80) , Castrol 80~90 GL4. Rata2 ane ganti di 20K. sampai saat ini aman2 saja sih. odo 120K. Oli transmisi beda viskositas 5~10 point spt nya susah di bedain secara pemakaian normal.
Mungkin baru bisa Bedakan kalo dari Spek 90 loncat ke 140. :big_slap:
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC »

ZEXELGRIFONE wrote: 14 Jun 2019, 08:46 Sekalian nanya boleh yaa..

Kemaren pas mudik, diminta setirin mobil adek ipar (wuling confero s).. pedal koplingnya enak, enteng dan empuk..

Nah jadi kepikiran mobil ortu dirumah, Xenia 2011 MT.. injekan pedal koplingnya agak berat.. Dan kayaknya blum pernah turun kopling (beli sekend),
Nah biar injekan pedal kopling Xenia ortu enteng gimana yak? Apanya yg kudu diservis?
Faktor kupling enteng berat bsa bnyak macem, mekanisme either kabel sling baja atau hidrolik, per matahari, ukuran diameter flywheel dsb dsb... laen mobil laen karakter, di ipah ane plaat kupling nya awet bener, bsa 100 rebu km masi tebel dan ngegigit, tp ntuh pedal ud keras nya minta ampun, ad lg lipina ane dl, 90 rebu jg masi enteng tp ud selap selip plaat nya..

Tp kl avanxenia sehh setau ane yg seri masi pake kabel sling baja rata2 pd keras, agak mendingan stelah yg pake hidrolik..

Btw mbah marmut mana nehh.. mbah, perlu pencerahan nehh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

DOHC wrote: 14 Jun 2019, 09:04
Btw mbah marmut mana nehh.. mbah, perlu pencerahan nehh

ngko dingin.... lagi ngunyah sega, wetenge kempong je.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post