Performa mesin Kijang Innova

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Desy R
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32

Performa mesin Kijang Innova

Post by Desy R »

Bagaimana dengan performa mesin kijang Innova atau Top speed nya kijang Innova ? Kalau saya baca di autobild atau otomotif katanya klaim dari TAM, kijang Innova bensin 2.0 M/T, top speednya 175 kph, sedangkan kijang innova diesel 2.5 M/T, top speednya 155 kph. Bagaimana kenyataannya ? ada yg mencobanya ?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Waduh ... belum pernah test drive nih. Apalagi sampe mencapai TOP SPEED ...

Kalau menurut klaim dari TAM segitu, ya mungkin tidak akan beda jauh (seharusnya sih).
Desy R
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32

Post by Desy R »

ya kalau misalkan ada yg udah test drive, bisa berbagi pengalamannya di sini untuk mengetahui seberapa bagus teknologi kijang innova ini.
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

Hati-hati bo, jangan hanya karena ingin men-test top speednya Innova, eh malah ntar jadi almarhum.
Desy R
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32

Post by Desy R »

thanks atas warningnya, ini cuma bagi yg pernah test drive aja koq,tdk memaksa, saya cuma ingin tau aja koq performa mesin Innova.
Desy R
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32

Post by Desy R »

tambahan informasi,di koran kompas hari ini ktnya kijang innova yg bensin udah ditest dan hasilnya bisa sampai 180 kp/h
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Wah lumayan kenceng ya....
Kalo sedan yang 1500cc -1800cc menang ditarikan awal, tapi untuk tarikan menengah dan top speed udah mesti was2 dgn kijang inova yang sekarang.

kalo Kijang kapsul 2.0L yang dulu , top speednya masih tidak setinggi itu..... Memang hebat kijang inova yang sekarang.

Tapi di test drive nya tdk dibilang kijang A/T nya agak malas untuk di ajak kick down (seperti yang diberirtakan Autobild). Mungkin Autobild lebih detil dalam masalah pengetesan dibanding kompas.....CMIIW
Image
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Waktu kemarin saya test drive Innova A/T, kok kickdown nya hanya ada 1 tingkatan yah?
Apa kijang kapsul A/T, stream A/T, serena, kickdown nya hanya ada 1 tingkatan?
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

maksud nya 1 tingkatan ini apa ya? Sory nih bisa diperjelas? Thx
Image
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Saya juga ngak tahu persis nyebutnya apa? (kalo ngak salah, semi dan full kickdown).
Yang pasti waktu nginjak gas dengan penuh/mentok (step 1) mobilkan berakselerasi dengan cepat, namun jika merasa akselerasi kurang, anda masih bisa tekan lagi itu pedal gas (step 2) dengan sedikit menambah tenaga dikaki untuk menambah lagi akselerasi.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

loh bukannya yg step 1 itu udah mentok tekannya, mana ada sisa lagi utk tekan lagi. Pas teken abis kan persnelingnya lgsg oper ke gigi yg lbh rendah. Dan lgsg berasa bgt akselerasinya. Nah kalo yg dimaksud autobild, pas ditekan gas mendadak sampe habis,mobil gak tuker gigi ke yg lbh rendah. Jd tetap pake gigi yg semula. Jd tarikan /hentakannya tdk terlalu terasa. Sy sih blm tau ya kalo ada mbl yg udah diinjek abis, trur msh bs diinjak lg. Coba rekan2 yg lain ada yg bs jwb?
Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Setau gw sih kick down itu ngga ada 2 step deh. Apa itu teknologi terbaru ?
Desy R
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32

Post by Desy R »

kalau menurut saya mungkin maksudnya walaupun pedal gas sudah diinjak sampai habis,tapi tarikan mesin tidak berhenti sampai di situ atau torsinya belum mencapai maksimum atau masih ada torsi yang tersisa,jadi seakan-akan rasanya seperti menginjak gas lebih dalam lagi. (CMIIW).
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

DigitALL wrote:Setau gw sih kick down itu ngga ada 2 step deh. Apa itu teknologi terbaru ?
Saya pikir ini bukan teknologi baru.
Sejak 1987 sampai sekarang, tetap saja kickdown nya ada 2 step.
Jika nanti service rutin, akan saya tanya ke teknisi bagaimana menjelaskan ini (1 and 2 step).
Kalau begitu, kijang kapsul,stream,serena, kickdown nya hanya ada 1 step ?
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

handling wrote:Wah lumayan kenceng ya....
Kalo sedan yang 1500cc -1800cc menang ditarikan awal, tapi untuk tarikan menengah dan top speed udah mesti was2 dgn kijang inova yang sekarang.

kalo Kijang kapsul 2.0L yang dulu , top speednya masih tidak setinggi itu..... Memang hebat kijang inova yang sekarang.

Tapi di test drive nya tdk dibilang kijang A/T nya agak malas untuk di ajak kick down (seperti yang diberirtakan Autobild). Mungkin Autobild lebih detil dalam masalah pengetesan dibanding kompas.....CMIIW
Seperti juga hasil test drive bung d1d1k di Semarang yg mengatakan tarikan Innova lebih responsif dibanding Odysey 2.300 cc.
Hasil test drive sayapun atas Innova V A/T, tarikanan nya cukup responsif dan kickdown nya baik dan selalu dapat.
Tarikan Innova ini mirip2 Toyota Wish.
Desy R
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32

Post by Desy R »

Wah... kalau yg V A/T aja udah responsif,apalagi yg manual ya ? waktu itu saya pernah test drive yg G M/T,memang tarikannya cukup kuat,walaupun digas sedikit.
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Bung Handling,
Kalo boleh tahu, Gear ratio dan final gear innova yg anda minta untuk memprediksi apa sih? :)
cyberman
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Sep 30, 2004 6:25

Post by cyberman »

Itu untuk mengetahui RPM maksimum dan kecepatan maksimum yg dapat dicapai pada setiap tingkatan gigi.
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Laporan TOP GEAR bilang, test drive innova M/T dengan limiter 6000 RPM
Gigi 3 bisa 120 km/jam
Gigi 4 bisa 180 km/jam
Gigi 5 kalo berani siap-siap mencapai 200 km/jam
Kalau dengan Rasio Gear Innova Manual
1=3,928 2=2,142 3=1,397 4=1 5=0,851 R=4,743
FinalGear=4,556
Coba yang ngerti hitungannya, apa benar bisa ?
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Cara ngitungnya gimana sih? Ajarin dong! :o
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Bung handling tau ngga ?
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

hdrw wrote:Bung Handling,
Kalo boleh tahu, Gear ratio dan final gear innova yg anda minta untuk memprediksi apa sih? :)
Sorry baru bales skrg, telat baca.....
itu untuk mengetahui giginya halus atau kasar biasanya diliat dari kombinasi final gear dan ratio gear V.

Biasanya untuk kelas MPV,SUV, final gear nya kasar berkisar 4,5 keatas
Contoh nya suzuki APV kalo gak salah 5,000 an keatas.....CMIIW

Dan Kalo untuk kelas sedan rata dibawah 4,500 - 3,500 umumnya...

Nah untuk truk lebih gila lagi ....bisa diatas 5,000 an.

Semua ini dibuat lain karena tergantung dari tujuan utama mobil itu dibuat. Kalo MPV,SUV, Truk. kan tujuan utamanya untuk bawa barang atau orang. Bukan mementingkan kecepatan...ya makanya dikasih Final Gear yang kasar. Supaya kerja mesin bisa ringan dan kalo dipake nanjak juga kuat.
Tapi ya tarikan giginya jadi pendek.Jadi sebentar2 udah mesti tuker gigi. Misalnya gigi 1 pada 5000rpm cuma bisa sampe 20km/h. Dan kalo pada kecepatan 60km/h kita biasanya udah pake gigi 3 atau 4. Tapi kalo di sedan pada kecepatan 60km/h masih pake gigi 2 atau 3.
Contoh lagi ...Kijang kapsul gigi 5 pada 3000rpm cuma berada di kecepatan 82,5 atau 85km/h (Kalo gak salah saya pernah bawa).

Nah kalo Sedan kan dibuat untuk kenyamanan, giginya dibuat halus. Jadi tarikannya jadi panjang. Misalnya gigi 1pada 5000rpm udah bisa sampe 40-45km/h. dan kalo gigi 5 pada 3000rpm udah di 95km/h bahkan ada yang udah di 120km/h (tergantung dari type mobil).

Nah kalo Truk lebih2 lagi, untuk mencapai 100km/h mesti butuh gigi 12.....CMIIW Kalo gak salah Truk Fuso.

Nah terlepas dari gigi nya halus atau kasar, masih ada lagi tenaga mesin. Jadi percuma kalo ratio giginya halus, tapi tenaga mesinnya tidak cukup kuat untuk muterin giginya sampe pada rpm tertentu. ya hasilnya untuk mencapai kecepatan tertentu butuh waktu lebih dari biasanya.

Tapi sekarang definisi utk itu semua sudah mulai melenceng, buktinya Porsche Cayanne yang basis nya SUV bisa melesat diatas 200-250km/h. Bayangin aja dgn bodinya yang tinggi bisa lari menyaingi sedan....gilakan....
Last edited by handling on Sat Oct 09, 2004 14:29, edited 2 times in total.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

observer wrote:Cara ngitungnya gimana sih? Ajarin dong! :o


Top speed tidak bisa di hitung dgn angka. Melainkan harus dites . Biasanya yang dicantumkan di brosur itu cuma Claim dari pabrik. Ya paling gak itu tdk meleset jauh lebih cepat atau bisa lebih kurang dari yang tertera.

Biasanya yang bisa dihitung adalah keakuratan dari speedometer dan rpm, dgn memakai alat , kalo gak salah VERICOM....CMIIW. Dgn alat ini bisa ketahuan speedometernya akurat gak.
Misalnya di Speedometer udah tercantum 25km/h, padahal di vericom cuma 23km/h.

Nah satu lagi yang secara umum bisa diketahui dari itungan (biasanya gak melenceng jauh,dgn catatan speedometer dan rpm nya akurat).
Nih contohnya . pada gigi 3 2000rpm , kecepatan yang didapat 40km/h, nah untuk menghitung kecepatan pada 4000rpm ya tingal dikali 2, dapetnya 80km/h. (kalo speedometer dan rpm nya gak akurat akan melenceng)
Usahakan angka rpm yang diambil sebagai patokan agak tinggi, misalkan 2000-2500rpm.
Soalnya utk putaran rendah biasanya rpm yang di dashboard gak akurat.

Nah contoh lagi kalo pada gigi 5 pada 3000rpm bisa di 85km/h , kalo di 170km/h berarti rpmnya udah di 6000rpm.
Tapi apakah mesinnya sanggup untuk memutar giginya pada gigi5 sampe pada 6000rpm? hee..hee..he.... kembali lagi ke tenaga mesin.


Moga2 jelas....mungkin rekan2 ada yang lebih tahu , bisa membantu menjelaskan lebih detil....CMIIW
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

hdrw wrote:Laporan TOP GEAR bilang, test drive innova M/T dengan limiter 6000 RPM

Gigi 5 kalo berani siap-siap mencapai 200 km/jam
Kalo Autobild bilang cuma di 175km/h kalo gak salah inget ya....CMIIW

kalo bisa 200km/h wah hebat banget, bisa lewatin Nissan Teana yang cuma 190km/h dgn V6 nya (hasil test autobild), dan mobil sedan seperti lancer corolla galant (apalagi city dan baleno) juga mesti hati dgn kijang ini kalo di tol, bisa dilewatin....he...he...he....

Tapi saya sanksi dgn Nissan Teana yang cuma bisa 190km/h, seharusnya bisa lebih dari itu dgn mesin v6 nya.Paling tidak 210km/h.he...he...he...
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Thanks bung Handling.
Ngomong2 kapan Harrier nya dianterin :)