Konsumsi BBM Kijang Innova

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

Perkiraan saya sekitar 8-11 km/ltr. ingat mesinnya 2000cc, Dan giginya juga dirancang untuk kelas MPV yang giginya lebih kasar, bukan sekelas sedan yang giginya lebih halus.
> Coba bandingkan sedan Eterna'93 dgn cc 2000cc, gigi 1 nya bisa sampe 60km/h. Apakah kijang inova bisa dgn cc nya yang 2000cc juga pake gigi 1? Ya Jelas beda gigi sedan dgn gigi MPV.

> Bandingkan aja Vios pake gigi 5 pada 3000rpm mungkin bisa 100km/h, Kalo ETerna dgn 3000rpm bisa mencapai kurang lebih 120km/h. Tapi kalo pake inova paling di 85-90 km/h , dari situ sudah bisa ketahuan dgn rpm yang sama, kecepatan yang di dapat bisa beda. Ya otomatis untuk mencapai jarak yang sama inova juga butuh bensin lebih banyak.

Belum lagi vios dan kijang inova terpaut 500cc. So mungkin jatuh2 iritnya di 8-11 km/ltr (kalo untuk segitu saya rasa wajar lah). Tapi kalo cuma 6km/ltr saya rada gak percaya .

It's just my opinion...CMIIW
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 22 Aug 2004, 02:46

Post by hdrw »

Ini sumber dari majalah TOP GEAR:
--------------------
Kalau anda nyetir kijang kapsul pasti ingat rasanya saat melaju 120 kpj dijalan tol. Jarum RPM bermain di kisaran 3.500 sampai 4.000.
Pada kondisi sama, bila anda pakai Innova (mesin bensin tipe 1-TR-FE dan 2-TR-FE), jarum RPM paling menunjukkan 2.000 rpm atau 2.500 rpm.
Bisa begitu karena peran variable valve timing intelligent (VVT-i).
VVT-i ini berupa contoller yang dipasang dibagian depan camshaft intake dan bertugas mengubah timing camshaft intake.
Perubahan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi mesin. Saat melaju di jalan lurus rata, mobil tak ada beban, kerja mesin relatif enteng.
Lantaran seolah mobil 'menggelinding', maka timing camshaft intake akan otomatis mundur. Sebaliknya bila mobil diajak agresif, timing akan maju menyesuaikan gaya mengemudi saat itu.
Berbagai sensor mesin (suhu, rpm, bukaan gas, dll) akan memberi informasi kepada engine control unit (ECU) supaya bisa melakukan 'eksekusi' berupa jumlah pengiriman bahan bakar maupun suplai udara ke injector, sesuai kebutuhan.
Dengan begitu, konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien serta semua bahan bakar yang mesuk kedalam combustion chamber dibakar tuntas tanpa sisa.
Keuntungan lain pembakaran sempurna, emisi gas buang juga rendah.
--------------------

Oleh karena itu, saya juga jadi penasaran ingin test drive Innova lagi, agar bisa me review dgn lebih akurat.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

Kalo pd 2000-2500rpm udah bisa sampe 120km/h (sy acungi 2 jempol,utk sedan yg di indo blm ada yg bs), apalagi pd 4000-5000rpm berarti udah sampe 240km/h. That's impossible... Setau sy ratio gigi selalu fix tdk dipengaruhi oleh seberapa besar bahan bakar yg masuk ke dlm silinder. Jd kecepatannya selalu sama pd setiap kondisi, bilamana gigi 5 pd 3000rpm.
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

Top speed inova kan 175km/h(klaim),berarti di atas kertas bs dihitung rpm pd saat top speed yaitu 2900-3600rpm dgn gigi5,dihitung dgn angka perbandingan(dgn catatan speedometernya akurat). Berarti gigi 5nya inova cuma bisa sampe 2900-3600rpm, really imposible. Spy ketahuan pastinya perlu dibuktikan rekan2 yg udah py inova. Apakah benar pd 120km/h cuma 2000-2500rpm? Kalo benar berarti inova bisa irit bgt kalo keluar kota..he..he..he...CMIIW
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

Ada yg tahu gak ratio gigi 5 dan ratio FINAL GEARnya inova brp? Soalnya di brosur tdk dicantumkan. Data dr autobild utk rute kombinasi 8,2km/ltr. Di tol di prediksi 11-12km/ltr. Sory ketikannya ke bagi 3 dan gak rapi, soalnya ketik dr hp.
Image
Desy R
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 19 Jul 2004, 10:32

Post by Desy R »

kalau dari penjelasan hdrw anda mengenai cara kerja VVT-i,saya mengartikan bahwa mesin tersebut sifatnya dinamis,artinya pada keadaan tertentu saja mesin tersebut dapat mencapai 120 km/h pada 2000an RPM, dan pada keadaan tertentu bisa saja mesin tersebut dapat mencapai 120 km/h pada 3000an RPM jika mobil tersebut banyak beban, hal itu disebabkan karena pengaturan timing katup/valve mesin tersebut. (CMIIW). Memang sulit kalau tdk dicoba, mungkin ada rekan2 yg sdh mendpt Innova,bisa berbagi pengalaman. Dan mengenai pertanyaan handling,saya coba mencari final gear Innova juga tidak dapat,saya sudah cari ke http://www.kijanginnova.com, juga tidak ada. Mungkin kalau yg sudah dpt kijang Innova,di buku manualnya ada.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

Tanggapan bung Desy thdp yg ditulis bung Hdrw sama dgn sy. Sy blm pernah baca ada teknologi yg bisa begitu. Tp kalo memang benar bs begitu,berarti mbl itu ada 2 FINAL GEARnya. Dan setau sy blm pernah ketemu mbl yg py 2 FINAL GEAR (coba lht brosur2 mbl lain)..aneh kan jadinya..he..he..he...CMIIW.
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

secara garis besar teknologi vvti sama dgn ivtec honda (bukan vtec). Cuma beda istilah aja antara pabrikan. Spt dulu istilah injection. Kalo toyota EFI, honda PGMFI, suzuki EPI, mitsubishi MPI. Asumsi sy walaupun jumlah bensin yg masuk ke silinder berbeda2 krn pengaruh dr besar/waktu bukaan klep yg diatur komp, hasil gerakan dr silinder (rpm) utk memutar roda gigi tertentu akan sama. Jd gerakan gigi selalu fix, yg variable adalah bukan klep utk menentukan jmlh bensin yg masuk...CMIIW.
Image
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 22 Aug 2004, 02:46

Post by hdrw »

rover75fans wrote: saya nggak percaya kalo sampe 5 km per liter,
coba tolong diperhatikan, kalo di eropa petunjuk board computer untuk konsumsi BBM itu berskala (liter/100km).
Jadi kalo tertera 6 berarti 100km/6l = 1l:16km.

Mungkin elektroniknya buatan luar kali :-)
Itu mesin baru toyota, nggak mungkin boros, minimal 1:12 (hasil rata-rata).
Bung Rover,
Ternyata anda benar sekali, karena penasaran dengan konsumsi bensin Innova, saya mencoba cari buku manual nya ke sales auto2000 tempat saya indent. Dan dia tadi sore fax ke saya.
Rupanya MID itu bisa disetel 2 macam:
1. Average L/100 Km atau
2. Average Km/L
Kalau tertera 8,2 berarti 100 Km/8,2 Liter = 12,19 Km/Liter.
Kalau tertera 5,2 berarti 100 Km/5,2 Liter = 19,23 Km/Liter.
atau bisa juga
Kalau tertera 8,2 bersrti 8,2 Km/Liter
Kalau tertera 5,2 berarti 5,2 Km/Liter
Saya juga ngak tahu waktu itu pakai stelan yang mana? soalnya yang stel salesnya.
Bung moderator, bagaimana sih cara upload gambar text (sudah dalam .BMP)?
Kalau sempat akan saya tampilkan itu fax buku manual MID nya diforum ini.
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 22 Aug 2004, 02:46

Post by hdrw »

handling wrote:Ada yg tahu gak ratio gigi 5 dan ratio FINAL GEARnya inova brp? Soalnya di brosur tdk dicantumkan.
Bung Handling,
Saya sudah dapat fax nya dari sales auto2000, ini hasilnya:
Gear Ratio Innova V A/T
1 = 2,804
2 = 1,531
3 = 1
4 = 0,705
R = 2,703

Gear Ratio Innova V Manual
1 = 3,928
2 = 2,142
3 = 1,397
4 = 1
5 = 0,851
R = 4,743
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: 10 May 2004, 14:22
Location: Taco Bell
Contact:

Post by Chalupa »

hdrw wrote:bagaimana sih cara upload gambar text (sudah dalam .BMP)?
Harus di-convert dulu ke jpeg baru bisa di-upload, karena file ber-extension .bmp biasanya itu sangat besar size-nya.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

hdrw wrote:
handling wrote:Ada yg tahu gak ratio gigi 5 dan ratio FINAL GEARnya inova brp? Soalnya di brosur tdk dicantumkan.
Bung Handling,
Saya sudah dapat fax nya dari sales auto2000, ini hasilnya:
Gear Ratio Innova V A/T
1 = 2,804
2 = 1,531
3 = 1
4 = 0,705
R = 2,703

Gear Ratio Innova V Manual
1 = 3,928
2 = 2,142
3 = 1,397
4 = 1
5 = 0,851
R = 4,743


Final Gear ratio nya berapa ya bung Hdrw? Thanks ya atas infonya.....
rover75fans
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 12 Sep 2004, 03:26

Post by rover75fans »

hallo bung hdrw,
kemungkinan besar pada waktu itu anda pakek setting per 100km.
Kalo begitu rata-rata (kombinasi kota/tol) 1lt : 12km. Ya lumayan bagus untuk mobil 7 penumpang dengan motor bensin. Berapa ya berat kosong Innova?, kalo ditambah dengan 7 penumpang penuh jadi 1:9 kali ya?.

Konsumsinya hampir sama dengan stream ya?, malah mungkin lebih bagus?, Stream 2000cc 1:10?
Berat kosong Stream 1,4 Ton gimana innova?

Yang menarik mesin dieselnya, harusnya lebih irit? coba test drive dieselnya dong? dieselnya udah common rail diesel nggak?

Mungkin dieselnya bisa sampe 1lt:15km? kalo bener-bener diesel baru toyota?
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 22 Aug 2004, 02:46

Post by hdrw »

Bung Handling, saya koreksi sedikit,

Rasio Gear Innova A/T
1=2,826 2=1,493 3=1 4=0,730 R=2,703

Rasio Gear Innova Manual
1=3,928 2=2,142 3=1,397 4=1 5=0,851 R=4,743

FinalGear=4,556

Final Gear ini, ngak tau untuk yang A/T atau Manual.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

Mgkn itu final gear M/T, kalau A/T mendekati 4,800-5,000...CMIIW. Sy blm dpt brosur detil, jd sy tdk bisa tahu pasti. Anyway thanks banget atas infonya bung Hrdw.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: 07 Jun 2004, 09:38

Post by szli »

Hari Minggu saya ke Auto2000 mau test drive Innova. Wah, ramai dan antriannya panjang, meskipun tiap orang cuman boleh test jarak pendek.

Sambil tunggu, dari pada bengong di showroom, saya ikut jadi penumpang gabung ama yang duluan test drive dulu. Seperti immigran gelap ngumpet, cuman saya of course minta ijin untuk gabung dulu, dan yang lain senang juga ada saya bantu kasih opini di baris 3. Saya jadi excess baggage.

Pertama saya duduk di baris ke 3. Test carnya Innova Diesel M/T versi V.

OK. Yang positive dulu. Itu mesin diesel jauh lebih bagus banding diesel kapsul yang berisik, getar dan loyo. Yang baru ini suaranya halus, hampir mirip bensin. Malah saya bilang lebih halus dari bensin kapsul yang juga berisik itu. Ini lah bedanya technology new millenium ama tahun 1970s.

Dan accelerasinya bagus. Berasa banget tarikannya. Jadi itu harga extra untuk diesel wajar. Dapat mesin diesel bagus.

Nah, negativenya. duduk baris ke 3 jangan harap enak untuk jarak panjang. Mau 3 orang ? Forget it. Sempit. Dan paha atas kaki agak paksa naik. Jika duduk di baris 1 dan 2, sudut paha hampir 0 derajat dari horizontal, di baris 3 sekitar 10-20 derajat. Jadi mau cari posisi enak untuk jarak panjang agak mustahil.

Dan suspensinya lumayan keras. Memang untuk mau ngebut high speed pasti mantap, tapi lewat jalan keriting lumayan mabok. Agak mirip suspensi Stream.

Overall saya merasa cabin kapsul kayaknya lebih lega banding Innova, meskipun di atas kertas kapsul lebih kecil. I may be wrong, soalnya sudah lama ngak pakai kapsul.

Akhirnya saya ngak jadi test drive jadi driver, soalnya antrianya masih panjang, dan sebenernya saya mau test matiknya. Maybe next time. Toh sudah 2 cycle duduk di baris 3 dan sekali di baris 2. Sudah tauh deh feelingnya.

Jadi my suggestion, yang sering pakai mobil tiap hari jarak jauh, apalagi ke Tangerang / Bekasi, itu Diesel boleh. Pasti jangka panjang irit bensinnya akan compensasi harga awal yang lebih mahal.

Cuman hope filternya dan mesinnya benar tahan minum solar kita yang gila itu.
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 22 Aug 2004, 02:46

Post by hdrw »

Ini saya salin dari fax buku manual MID Innova:

JENIS-JENIS INFO MID:
1. Temperatur Luar
2. Konsumsi bahan bakar rata2
3. Konsumsi bahan bahar seketika itu
4. Kecepatan kendaraan rata2
5. Waktu pengendaraan
6. Driving range (jangkauan pengendaraan)
7. Kompas
8. Off
Nilai yang diperlihatkan MID menunjukkan kondisi pengendaraan secara umum.
Akurasinya berubah sesuai dgn kebiasaan pengendaraan dan kondisi jalan.

DISPLAY JARAK MIL/KONSUMSI BAHAN BAKAR.
Hanya display untuk angka konsumsi bahan bakar (Liter/100km) dan jarak tempuh (km/Liter) yang bisa saling dipertukarkan/dipilih.

KONSUMSI BAHAN BAKAR RATA2 ("Average Liter/100km" atau "Avg Km/Liter")
Konsumsi bahan bakar rata2 dihitung berdasarkan pada jumlah jarak yang ditempuh dan jumlah konsumsi bahan bakar dengan mesin hidup.

KONSUMSI BAHAN BAKAR SEKETIKA ITU ("Avg L/100km" atau "Avg Km/L")
Konsumsi bahan bakar seketika itu adalah dihitung dan ditampilkan berdasarkan jarak dan konsumsi bahan bakar dengan mesin hidup.
Agar dicatat bahwa bilangan yang akurat tidak akan diperlihatkan dalam keadaan berikut:
- kendaraan berhenti dengan mesin hidup. (display akan menunjukkan konsumsi bahan bakar yang tinggi luar biasa).
- kendaraan dikendarai menurun sepanjang lereng, menggunakan pengereman mesin. (display akan menunjukkan konsumsi bahan bakar yang rendahnya luar biasa).
Perhitungan direset ketika switch pengapian diputar ke off.
Desy R
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 19 Jul 2004, 10:32

Post by Desy R »

terima kasih sekali hdrw,informasi anda sangat berguna dan membantu sekali,informasi anda membuat jelas. Dari penjelasan anda,saya berpendapat konsumsi bbm yg 1:5,3 itu kemungkinan kendaraan berhenti dalam keadaan hidup,sehingga computer MID itu hanya memberikan perkiraan konsumsi BBM.
bocaha
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 23 Jul 2004, 09:24

Post by bocaha »

Saya kemarin test drive di Pecenongan.
Bensin 6.2 km/l dan kata salesnya emang udah banyak yang komplain boros.
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 22 Aug 2004, 02:46

Post by hdrw »

Bung bocaha,
Anda pakai stelan yang mana? (Average "L/100km" atau "km/L").
Anda tahu cara stel nya? atau salesnya yang stel?
Kalau salesnya yang stel, saya ngak yakin.
Karena banyak sales yang tidak tahu stelan ini.
Waktu saya test drive, jangankan suruh salesnya stel pilihan Dasar Perhitungan Konsumsi Bahan Bakar ini, suruh reset saja masih men cari2/men coba2.
Kalau anda baca buku manualnya dan stel sendiri, itu baru benar.
Karena tanpa buku manual tidak bisa memainkan MID dgn benar.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: 29 Jul 2004, 18:09

Post by handling »

bener juga kata Bung Hdrw, siapa tahu bukan 6,2km/ltr malah 16,1 km/ltr. kan jadi enak.

By the way untuk range pendek saya rasa agak susah tahu pastinya. Mungkin kalo range agak panjang misalnya 10km lebih ketahuan pasti angkanya lebih akurat.
Kalo cuma 100m tapi jalannya lancar banget ya pasti angka yang didpt irit sekali.....CMIIW
Image
rover75fans
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 12 Sep 2004, 03:26

Post by rover75fans »

hallo,
untuk teknik pengukuran konsumsi bahan bakar,
yang dihitung biasanya jumlah bahan bakar yang telah disemprot dengan berapa kecepatan kendaraan itu dalam jangka waktu tertentu.
Dari 3 informasi ini bisa dihitung konsumsi sementara atau rata-rata.
Tentu saja kalo mobilnya diam hasilnya tidak relevan.

Kelihatannya toyota sendiri nggak ngetes alat itu, karena mereka seharusnya berfikir, mereka harusnya setel ke liter/km bukan liter/100km.

Elektronik yang digunakan pasti dari luar negeri dan dari pabriknya disetel liter/100km.
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: 11 Jan 2004, 16:54

Post by calvin99 »

wah friend......
kayanya saya bawa kabar buruk nih...hehehehe
Tadi baru saja test drive Innova type V AT di auto 2000 juanda.
Pertama saya langsung setel2 MIDnya and cari AVG fuel consumption. saya tanya salesnya ada berapa setelan, tapi mereka bilang nggak tau.
setelah saya utak-atik (hehehe, untung boleh sama salesnya) and MID siap, saya jalan kurang lebih 5km. jalan lancar, kecuali lampu merah...
setelah saya perhatikan, AVGnya nggak pernah bergerak dari "5,3 KM/L"...dan saya yakin ini ukurannya km/l bukan l/100km, karena di MIDnya sendiri terteranya km/l..
Wah kalau sampe bener segini, bisa dibayangin berapa seringnya mampir ke pom bensin..hhehehe

o, ya satu lagi, menurut saya tarikan mesin 2000ccnya kok loyo yah putaran bawahnya?
di type G MT, saya coba mesinnya baru mulai nendang di rpm 3,5-4....dibawah itu ngeden.
kayanya percuma tuh DOHC sama VVT-i.
Ada yg bisa nambahin....
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: 27 Jul 2004, 21:03

Post by observer »

calvin99 wrote: o, ya satu lagi, menurut saya tarikan mesin 2000ccnya kok loyo yah putaran bawahnya?
di type G MT, saya coba mesinnya baru mulai nendang di rpm 3,5-4....dibawah itu ngeden.
kayanya percuma tuh DOHC sama VVT-i.
Ada yg bisa nambahin....
Saya setuju, paling tidak dibandingkan dengan mesinnya Serena, tarikannya memang agak kalah, padahal yang saya testdrive adalah versi manual bensin (bisa dibayangkan versi A/Tnya pasti lebih kalah lagi).

Tentang konsumsi bbm, saya pikir 5.3km/l terlalu ridiculous! :shock: Hard to believe!! Lebih baik dihitung secara manual saja lah kalau sudah ada yang punya. :)
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: 11 Jan 2004, 16:54

Post by calvin99 »

betul tuh, saya setuju sama bung obs.....
Mendingan kalo buat konsumsi bbm, diitung cara manual aj....ntar kalo udah ada yg punya..
Kadang2 itungan computer emang harus di cross check sama yg manual, biar ketauan % kesalahannya...
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post