Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 12 Jun 2008, 17:46

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Prive » 02 Apr 2009, 11:57

Om Profith, KF saya rasa bukan masalah Om, ipah saya KF masih standard semua, btw ipahnya M/T or A/T Om, jangan2 yg nyetir belum cocok driving stylenya dgn ipah, misalnya :

- TBW standard ipah ada lag ampir 1 detik, jadinya utk stop & go baiknya tekan gas agak diurut jgn dibejek
- lalu d4d yg torsinya melimpah di rpm rendah, gak perlu injek gas dalem2 saat stop & go, malah kalo udah jago utk stop & go macet cukup lepas kopling saja tanpa injek gas (ini utk M/T yah)

kalo dapetnya max cuma 1:9 coba iseng2 klaim ke beres Om, mestinya dilayani dgn baik krn klo ndak salah standard FC juga masuk cakupan warranty mereka - cmiiw, waktu pertama make ipah saya juga belum tau cara nyetirnya yg pas, tapi utk rute dalkot full macet masih bisa dapet 1:10,5 - 1:11

utk ilmu ipah d4d lebih dalem bisa tanya Om Turboman ato join di milisnya ([email protected]), saya sih cuma tau kulit2nya aja

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8764
Joined: 12 Jun 2007, 15:46
Location: La-3°33'27.17"N /Lo-98°37'18.96"E

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Abu2 » 02 Apr 2009, 13:03

Profith83 wrote:hehehe
Seharusnya memang lebih boros karena mobil lebih besar dan tenaga lebih besar

Hubungan KF dapat mengirit bensin ?
Kalu KF nya yang huper optik type 'Drei' dia bisa menolak solar sampai 70%.
Kalau mobil sering dipakai siang hari apabila AC dibuat paling dingin dan kondidi mobil tidak pakai KF yang bagus maka dipastikan AC mobil tidak akan berhenti, karena kabin jadi panas dan tidak bisa dingin sehingga AC akan tetap jalan terus

Kalau mobil sering dipakai siang hari apabila AC dibuat paling dingin dan kondidi mobil memakai KF yang bagus maka dipastikan AC mobil cukup sering berhanti , karena kabin bisa cepat dingin sehingga AC bisa otomatis mati

nah, ane sampe sekarang juga masih sedikit binun tentang hub KF dgn irit, dan di korelasikan dgn kinerja AC..
om, ane numpang tanya..

untuk AC konvensional (bukan auto climate control) apakah si AC mengetahui apakah kabin dah dingin ato belum, sehingga si AC akan mengistiratkan kerja kompresor nya?
Setau ane, AC konvensional tsb, sewaktu kita idupin dgn temperatur max paling dingin, kinerja kompresor ya langsung bekerja utk temperatur yg paling dingin. gak peduli di dalam kabin udah dingin ato belum.
Bener gak ya? :e-think:
Image

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: 22 Nov 2007, 17:26

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by GTR » 02 Apr 2009, 13:09

bro,
A/C lama maupun climate control sama2 ada semacam sensor temperaturnya yg selanjutnya memutus arus (mematikan kerja kompressor). alat ini tahanannya bisa diatur2 oleh (variabel) namanya thermister.
kalo alat ini udah "kedinginan", arus nya diputus, kalo udah "kepanasan" kembali (tergantung tahanan yg kita geser2 tadi) nyala lagi kompressornya.
digeser ke level paling dingin pun, hanya ke level tertentu, setelah tercapai, kompressor akan mati dan kembali nyala, dst.

dgn kata lain, sistem kendali temperatur mobil itu dari jumlah frekuensi & lama nyala kompressor (yg kita atur geser2 thermister ataupun tombol2 di model climate control), bukan kompressor nya yg bisa berubah2 power nya seperti mesin.
kalo kejar ke suhu tertentu yg di-set lebih rendah, kompressor bekerja lebih lama dan lebih sering, demikian sebaliknya.

climate control kan fungsi pengaturan a/c yg lebih lengkap dan otomatis.. .cmiiw

Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 12 Jun 2008, 17:46

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Prive » 02 Apr 2009, 14:10

mungkin maksudnya kalo pake KF yang daya pantul panasnya tinggi lantas penumpang jadi tidak terlalu kegerahan sehingga temperatur AC-nya tidak perlu diset paling dingin sehingga AC tidak bekerja non-stop, dan terjadi pengiritan bbm, kira2 gitu kali ya...

cuma agak subyektif memang, tergantung penumpangnya, kalo yg naik biasa tinggal di gurun pasir mungkin dia bilang tanpa AC pun udara Jkt udah dingin, tapi kalo orang yg biasa tinggal di kutub mungkin harus masuk ke dalem freezer kulkas baru dia bilang adem..he..he.. :mrgreen: :mrgreen:

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8764
Joined: 12 Jun 2007, 15:46
Location: La-3°33'27.17"N /Lo-98°37'18.96"E

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Abu2 » 02 Apr 2009, 14:30

GTR wrote:bro,
A/C lama maupun climate control sama2 ada semacam sensor temperaturnya yg selanjutnya memutus arus (mematikan kerja kompressor). alat ini tahanannya bisa diatur2 oleh (variabel) namanya thermister.
kalo alat ini udah "kedinginan", arus nya diputus, kalo udah "kepanasan" kembali (tergantung tahanan yg kita geser2 tadi) nyala lagi kompressornya.
digeser ke level paling dingin pun, hanya ke level tertentu, setelah tercapai, kompressor akan mati dan kembali nyala, dst.

dgn kata lain, sistem kendali temperatur mobil itu dari jumlah frekuensi & lama nyala kompressor (yg kita atur geser2 thermister ataupun tombol2 di model climate control), bukan kompressor nya yg bisa berubah2 power nya seperti mesin.
kalo kejar ke suhu tertentu yg di-set lebih rendah, kompressor bekerja lebih lama dan lebih sering, demikian sebaliknya.

climate control kan fungsi pengaturan a/c yg lebih lengkap dan otomatis.. .cmiiw

pingin nanya lagi biar aku tambah wawasan, tp cari topik yg tepat dulu..kalo nanya ttg a/c disini takutnya di marah mod krn OOT.. :mrgreen:
Image

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by avansa » 02 Apr 2009, 20:28

wakaka..ok..ok..aku bisa menerima hubungan KF denan keiritan bensin..tapi waits..itu berlaku di siang hari aja loh..jadi nggak umum di semua kondisi.. :mrgreen:
Image

User avatar
FortunerMan
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11146
Joined: 02 Mar 2007, 21:05
Location: Indonesia

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by FortunerMan » 02 Apr 2009, 21:02

GTR wrote:bro,
A/C lama maupun climate control sama2 ada semacam sensor temperaturnya yg selanjutnya memutus arus (mematikan kerja kompressor). alat ini tahanannya bisa diatur2 oleh (variabel) namanya thermister.
kalo alat ini udah "kedinginan", arus nya diputus, kalo udah "kepanasan" kembali (tergantung tahanan yg kita geser2 tadi) nyala lagi kompressornya.
digeser ke level paling dingin pun, hanya ke level tertentu, setelah tercapai, kompressor akan mati dan kembali nyala, dst.

dgn kata lain, sistem kendali temperatur mobil itu dari jumlah frekuensi & lama nyala kompressor (yg kita atur geser2 thermister ataupun tombol2 di model climate control), bukan kompressor nya yg bisa berubah2 power nya seperti mesin.
kalo kejar ke suhu tertentu yg di-set lebih rendah, kompressor bekerja lebih lama dan lebih sering, demikian sebaliknya.

climate control kan fungsi pengaturan a/c yg lebih lengkap dan otomatis.. .cmiiw
Ooo gitu ya....jadi AC model puter biasa pun ada sensornya? Kirain kalo model biasa...nyala aja terus, sampe orgnya kedinginan kepanasan.

Perlu nih kayanya kaca film depan....kemaren suhu di MID 43 derajat pas sebelum hujan! AC udah nyembur, masih aja rada gerah duduk di depan.
The Ultimate Driving Machine
CATCH IT IN MOTION. IF YOU CAN.

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: 22 Nov 2007, 17:26

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by GTR » 03 Apr 2009, 09:15

jadi oot dikit,

ada..sejak a/c mobil generasi awal, ini juga berfungsi sebagai pengaman kompressor biar ga jebol terus menerus nyala, mirip juga dgn kulkas or a/c di rumah.

kalo kita idle dgn waktu cukup lama paling gampang di malam hari dgn a/c =on, setelah beberapa menit, ke-detect kompressor mati kemudian nyala lagi berulang, frekuensi nyala/mati ini berubah2 tergantung kita set temperaturnya (=via thermister)nya dari dalam.

bahkan pada sebagian mobil EFI, ECU nya "connect" ke throttle sensor, yg kalo kondisi mendadak pedal gas dibejek full-throttle dengan maksud akselerasi optimal, ECU memutus arus ke kompressor sesaat (tinggal blower fan aja yg hidup) untuk meringankan beban mesin, sesaat kemudian baru kembali nyala, coba aja.

a/c mobil belakangan udah dual-zone, jadi pakai 2 sensor, nyala kompressor nya ngikutin posisi sensor yg mana yg perlu didinginkan lebih dulu biasanya sisi kiri or kanan.
FortunerMan wrote:
GTR wrote:bro,
A/C lama maupun climate control sama2 ada semacam sensor temperaturnya yg selanjutnya memutus arus (mematikan kerja kompressor). alat ini tahanannya bisa diatur2 oleh (variabel) namanya thermister.
kalo alat ini udah "kedinginan", arus nya diputus, kalo udah "kepanasan" kembali (tergantung tahanan yg kita geser2 tadi) nyala lagi kompressornya.
digeser ke level paling dingin pun, hanya ke level tertentu, setelah tercapai, kompressor akan mati dan kembali nyala, dst.

dgn kata lain, sistem kendali temperatur mobil itu dari jumlah frekuensi & lama nyala kompressor (yg kita atur geser2 thermister ataupun tombol2 di model climate control), bukan kompressor nya yg bisa berubah2 power nya seperti mesin.
kalo kejar ke suhu tertentu yg di-set lebih rendah, kompressor bekerja lebih lama dan lebih sering, demikian sebaliknya.

climate control kan fungsi pengaturan a/c yg lebih lengkap dan otomatis.. .cmiiw
Ooo gitu ya....jadi AC model puter biasa pun ada sensornya? Kirain kalo model biasa...nyala aja terus, sampe orgnya kedinginan kepanasan.

Perlu nih kayanya kaca film depan....kemaren suhu di MID 43 derajat pas sebelum hujan! AC udah nyembur, masih aja rada gerah duduk di depan.

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by avansa » 03 Apr 2009, 20:02

Berarti kalau di pasang KF meringankan beban AC karena tidak di set pada posisi yang sama sebelum pasang kf..begitu kira kira bro Fortu :mrgreen:
Image

User avatar
FortunerMan
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11146
Joined: 02 Mar 2007, 21:05
Location: Indonesia

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by FortunerMan » 03 Apr 2009, 20:03

Boleh juga di coba neh...skrg kaca depan kaga pake apa2 hehehe, polosh...
The Ultimate Driving Machine
CATCH IT IN MOTION. IF YOU CAN.

Profith83
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1245
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Profith83 » 06 Apr 2009, 13:56

Tapi memang perbedaan tidak significant paling cuma 1-3% tergantung sering keluar siang hari dan kena macet apa tidak ...
Kalau sering keluar siang hari dan kena macet dan pasang AC di level yang paling dingin ... ini cukup mempengaruhi yang besar bisa sampai 3%

Tetapi kalau keluar malam hari biarpun pakai KF tidak ada bedanya ...

Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: 07 Jun 2007, 08:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Leonhearts » 06 Apr 2009, 14:09

saya punya hilux 4x2 pick up 2.0 nih tapi dah dibuat box dibelakangnya,, sharing dong piggyback bagus ga agar ga boros. saya isi 40 liter rata2 hanya menempuh 300km aja untuk luar kota,,,lalu hilux bisa pasang MID kaya innova v ga ya....
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia

siinoi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: 15 Oct 2008, 16:26

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by siinoi » 20 Apr 2009, 17:32

innova v oktober 2008 pertama diklaim 1:8 hehehe eh uda masuk bulan kesekian sekarang di MID cuma 1:6. isinya premium, duh cupu deh sebel banget....tapi mo gimana lagi udah dibeli juga.

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by avansa » 20 Apr 2009, 19:51

Yang nge claim itu kan pihak TAM kalau orang tam yang denger pasti akan jawab dengan diplomasi,untuk dapaet 1;8 harus mengikuti gaya menyupir yang bagus .coba liat ini http://saft7.com/?p=300 btw sorri loh bos bukan maksud hati ngajari,,just berbagi informasi ajah :mrgreen:
Image

User avatar
FortunerMan
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11146
Joined: 02 Mar 2007, 21:05
Location: Indonesia

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by FortunerMan » 20 Apr 2009, 20:06

siinoi wrote:innova v oktober 2008 pertama diklaim 1:8 hehehe eh uda masuk bulan kesekian sekarang di MID cuma 1:6. isinya premium, duh cupu deh sebel banget....tapi mo gimana lagi udah dibeli juga.
Sering2 di Reset kalo mau tau berapa persisnya. Misalnya sebelum ke kantor, reset dulu. Jalan2 ke Bandung, reset dulu...jadi tau persis berapa.
The Ultimate Driving Machine
CATCH IT IN MOTION. IF YOU CAN.

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: 22 Nov 2007, 17:26

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by GTR » 21 Apr 2009, 15:03

kalo teririt ada di versi lomba 1:15.49, luar kota, itu pun ketat syarat2nya:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/03 ... ijang.html

reguler mix tol (luar kota) kali, kalo dari kompas sekitar 1:7.3 - 1:8 reguler dalkot:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/03 ... ijang.html

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by avansa » 21 Apr 2009, 21:06

nah kalau ini jelas dari biangya alias dari dedengkotnya TAM..Mba Rini..Hayo kalao belon kenal saya kenalin he..he..he (Padahal Mba Rini sendiri belon tentu kenal sam Ane) :mrgreen:
Image

SchizoPhrenix
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 14 Aug 2008, 12:48

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by SchizoPhrenix » 22 Apr 2009, 00:35

siinoi wrote:innova v oktober 2008 pertama diklaim 1:8 hehehe eh uda masuk bulan kesekian sekarang di MID cuma 1:6. isinya premium, duh cupu deh sebel banget....tapi mo gimana lagi udah dibeli juga.
da yg ga beres x tuh
innova G Bensin 2008 AT facelift masuk kok 1:9 dalkotnya, lukotnya dpt 1:11 buat tol jkt-merak

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by avansa » 22 Apr 2009, 21:34

SchizoPhrenix wrote:
siinoi wrote:innova v oktober 2008 pertama diklaim 1:8 hehehe eh uda masuk bulan kesekian sekarang di MID cuma 1:6. isinya premium, duh cupu deh sebel banget....tapi mo gimana lagi udah dibeli juga.
da yg ga beres x tuh
innova G Bensin 2008 AT facelift masuk kok 1:9 dalkotnya, lukotnya dpt 1:11 buat tol jkt-merak
Ane juga menduga seperti itu..atau mungkin teknik menghitungyan yang keliru..
kalau Bro Schip menghitungya pegimana..? :e-think:
Image

SchizoPhrenix
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 14 Aug 2008, 12:48

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by SchizoPhrenix » 23 Apr 2009, 18:12

avansa wrote: Ane juga menduga seperti itu..atau mungkin teknik menghitungyan yang keliru..
kalau Bro Schip menghitungya pegimana..? :e-think:
misalnya digaris setengah,isi 50rb ampe garis setengah lg
dan itu sering diitung ampir setiap ngisi( kerajinan ya :big_peace: )
ini dilakuin karena sering pergi agak jauh,jd biar tau mobilnya tetep fit apa ga
seringnya diatas 9an km per ltrnya, semuanya msh standarnya

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4925
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by nugroho bagor » 11 Nov 2014, 05:09

FortunerMan wrote:Boleh juga di coba neh...skrg kaca depan kaga pake apa2 hehehe, polosh...
Kalau saya buat Privasi aja om :mky_03:

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6110
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by newrubble » 11 Nov 2014, 07:26

kalo di tgn enthusiast community apa juga bisa krn ini bicara fanatism (atau istilah lain kalo ini kurang pas) tapi yg paling penting apakah bisa irit egn factory std...minimal authorized workshop engine tuning std

montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by montirangin » 11 Nov 2014, 07:32

SchizoPhrenix wrote:
siinoi wrote:innova v oktober 2008 pertama diklaim 1:8 hehehe eh uda masuk bulan kesekian sekarang di MID cuma 1:6. isinya premium, duh cupu deh sebel banget....tapi mo gimana lagi udah dibeli juga.
da yg ga beres x tuh
innova G Bensin 2008 AT facelift masuk kok 1:9 dalkotnya, lukotnya dpt 1:11 buat tol jkt-merak
pake apa om bisa irit begitu? 1:9 innova + matic lagi

User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by htannis » 11 Nov 2014, 07:39

nugroho bagor wrote:
FortunerMan wrote:Boleh juga di coba neh...skrg kaca depan kaga pake apa2 hehehe, polosh...
Kalau saya buat Privasi aja om :mky_03:
emang biasa ngapain di dalam mobil om :mky_01:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares

octafiantos
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: 11 Nov 2005, 11:10

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by octafiantos » 11 Nov 2014, 08:58

Baca 13 page kok blm nemu yg bahas ganti header dan knalpot. Saya sempat baca di tabloid otomotif, nggak lama setelah launching dan banyak yang komolain boros. Salah satu analisa bengkel knalpot terkenal -sayang saya lupa apa itu budi motor apa bukan- borosnya karena diameter knalpot terlalu besar. Mesin tidak dapat tendangan balik. Jadi disiasati dengan mengganti header, resonator, muffler dan seluruh pipanya dengan diameter lebih kecil. Biaya saat itu 3.5juta dan diklaim memperbaiki fc 1.5km/l untuk mesin bensin tanpa mngorbankan performa.

Apa ada yang udah mengaplikasikannya? Penasaran aja apa klaimnya bener.

Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.

Post Reply

Return to “Minibus / Station Types”

Who is online

Users browsing this forum: Yandex [Bot] and 9 guests