Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by nugroho bagor »

octafiantos wrote:Baca 13 page kok blm nemu yg bahas ganti header dan knalpot. Saya sempat baca di tabloid otomotif, nggak lama setelah launching dan banyak yang komolain boros. Salah satu analisa bengkel knalpot terkenal -sayang saya lupa apa itu budi motor apa bukan- borosnya karena diameter knalpot terlalu besar. Mesin tidak dapat tendangan balik. Jadi disiasati dengan mengganti header, resonator, muffler dan seluruh pipanya dengan diameter lebih kecil. Biaya saat itu 3.5juta dan diklaim memperbaiki fc 1.5km/l untuk mesin bensin tanpa mngorbankan performa.

Apa ada yang udah mengaplikasikannya? Penasaran aja apa klaimnya bener.

Sent from my R821 using Tapatalk
Nah saya nambahin aja om,newbie kalo soal Ipah,kalau expert om Htannis n Turboman,kebetulan sudah ganti Header,hasilnya torque bawah terbantu ,apakah worthed ,yup buat saya sudah enak,dan saya juga sudah ganti Down Pipe juga CMIWW
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by montirangin »

[quote="nugroho bagor"
Nah saya nambahin aja om,newbie kalo soal Ipah,kalau expert om Htannis n Turboman,kebetulan sudah ganti Header,hasilnya torque bawah terbantu ,apakah worthed ,yup buat saya sudah enak,dan saya juga sudah ganti Down Pipe juga CMIWW[/quote]
:big_exellent:
pawoo7
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat May 20, 2017 18:21
Location: palembang

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by pawoo7 »

Sy sdh menemukan kenapa innova boros.. Innova tua tp ya.
1. Sensor air flow harus di modif Sdikit.. Biar bisa memanipulasi ecu kluarin bensinnya sdikit.
Cara memanipulasinya dengan di ttup sdikit saja dengan slasi ban. Sekita 2-3cm. Atau bisa jg tambahin resistor variable dan setting sesuai kebutuhan.
2. Setting afr nya beratin kekanan
3. Pasang hcs.. Buat sendiri lebih asyik.
3. Ganti injector dengan injector innova 2015.
4. Pasang ground
Sekian dulu.. Yg mau tambahin silahkan
waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by waterlo »

pawoo7 wrote: Mon May 22, 2017 1:12 Sy sdh menemukan kenapa innova boros.. Innova tua tp ya.
1. Sensor air flow harus di modif Sdikit.. Biar bisa memanipulasi ecu kluarin bensinnya sdikit.
Cara memanipulasinya dengan di ttup sdikit saja dengan slasi ban. Sekita 2-3cm. Atau bisa jg tambahin resistor variable dan setting sesuai kebutuhan.
2. Setting afr nya beratin kekanan
3. Pasang hcs.. Buat sendiri lebih asyik.
3. Ganti injector dengan injector innova 2015.
4. Pasang ground
Sekian dulu.. Yg mau tambahin silahkan
untuk no. 1 kalau ada foto lebih baik difoto om supaya temen2 yang lain bisa ikut. saya pernah liat trik ini di youtube, tapi prosentase yang berhasil dan yang trouble 50:50 berdasarkan komentar di kolom komentarnya. ada yang berhasil dan jadi lebih irit, tapi ada juga yang bilang meter bensin cepet banget drop begitu sisa satu kotak, jauh lebih boros dr sebelum tutup solasi itam.
giel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Dec 19, 2007 3:50

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by giel »

ijin share ya om...


ini innova saya tipe G bensin tahun 2005, kemarin hari kerja pertama setelah lebaran dengan kondisi 40% dalkot lumayan macet dan 60% tol lancar masih dapet segini :
IMG_20170703_093548.jpg
kalo constant cruising based on MID 1-3 penumpang kurang lebih
60 kpj : 22,xx kpl
80 kpj : 18,xx kpj
100 kpj : 16,xx kpl, kadang bisa merosot ke 15,xx juga..

item upgrade :

yang mainstream
- bensin pertalite (komposisi paling hemat secara rupiah)
- ferrit di injektor & koil
- ganti tabung depan knalpot yang kecil 2 pcs dengan resonator
- injektor 12 hole
- busi iridium denso
- filter udara simota
- oli Aral supertronic 5W-30
- poles TB
- puter2 AFR sampai didapat yang paling pas, 100% trial and error

yang rada nyeleneh (gak semahal keliatannya kok)
- fuse ECU lapis logam mulia
- kabel ground ke alternator, TB, chassis & body dengan pure copper 4 AWG
- kabel ground ke body & cylinder head pure copper lapis logam mulia 8 AWG
- bypass kabel input fusebox dengan kabel pure copper lapis logam mulia 8 AWG

nah setelah upgrade itu semua, jangan lupa driving style tetap megang peranan penting. makanya saya dibantu lagi pakai vacuum meter supaya kaki ga ngasal injek pedal gasnya..

bagi yang belum tau vacuum meter yang kaya gini
*nyomot dari google
2771SS.png
kalo sekiranya ada yang menyimpang mohon dimaafkan suhu :mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by reinhard_harley »

giel wrote: Wed Jul 12, 2017 3:44 ijin share ya om...


ini innova saya tipe G bensin tahun 2005, kemarin hari kerja pertama setelah lebaran dengan kondisi 40% dalkot lumayan macet dan 60% tol lancar masih dapet segini :

IMG_20170703_093548.jpg

kalo constant cruising based on MID 1-3 penumpang kurang lebih
60 kpj : 22,xx kpl
80 kpj : 18,xx kpj
100 kpj : 16,xx kpl, kadang bisa merosot ke 15,xx juga..

item upgrade :

yang mainstream
- bensin pertalite (komposisi paling hemat secara rupiah)
- ferrit di injektor & koil
- ganti tabung depan knalpot yang kecil 2 pcs dengan resonator
- injektor 12 hole
- busi iridium denso
- filter udara simota
- oli Aral supertronic 5W-30
- poles TB
- puter2 AFR sampai didapat yang paling pas, 100% trial and error

yang rada nyeleneh (gak semahal keliatannya kok)
- fuse ECU lapis logam mulia
- kabel ground ke alternator, TB, chassis & body dengan pure copper 4 AWG
- kabel ground ke body & cylinder head pure copper lapis logam mulia 8 AWG
- bypass kabel input fusebox dengan kabel pure copper lapis logam mulia 8 AWG

nah setelah upgrade itu semua, jangan lupa driving style tetap megang peranan penting. makanya saya dibantu lagi pakai vacuum meter supaya kaki ga ngasal injek pedal gasnya..

bagi yang belum tau vacuum meter yang kaya gini
*nyomot dari google
2771SS.png

kalo sekiranya ada yang menyimpang mohon dimaafkan suhu :mky_01:

Om itu bengkel buat upgrade itu semua dimana ya?
Biayanya brp? Ane sdh kelabakan neh onnova mentok di 1: 7. Sdh sekolah bgt tuh kaki.

Mohon petunjuknya om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Turboman »

Kalo bicara FC itu harus diukur di kondisi traffic yg sama

itu om harley udah :
carbon clean & purging injector ?
Bersihkan MAF sensor ?
Set celah busi ke 1,1 mm ?
Setel AFR dgn bantuan CO meter ?
Ban std ?
oli mesin 5W30 ?

Utk vakuum meter banyak yg jual si.....



reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by reinhard_harley »

Carbon clean sdh.
Purging injector blom..dimana ya?
Maf sensor bersihin dimana?
Krn kayanua tune up di auto 2000 ga ada perubahan apa2..
Ban standard
Oli 10-40 seh
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by coklatMetalik »

poeticmind wrote: Tue Feb 10, 2009 4:52 mau cerita, kemaren jalan2 ke kampung di lembang, ada pak haji yg punya innova 2005. ngobrol2... katanya irit banget, hanya tenaga nya kurang. mau diganti2 pake aneh2 takutnya malah boros...

me : ah, masa sih... apa yg mau diganti apa pak?
pak haji : karburator... (katanya...)
me : heh?!!! Image

dibukalah kap mesin nya, hmmm... mesinnya 3K, boooo....! :big_slap: :big_weee: :weekk:
Abis baca 6 halaman sptnya ini yg paling menarik :mky_03:

Jd kepikiran kalo suatu saat nanti LGX gw bodinya kalah duluan krn usia, gw cangkok aja itu 7K-E & gearboxnya ke ipah reborn. Dijamin bebas putu jedug :mky_03: (tp entah bakal separah apa konsumsi bensinnya :big_slap: )
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Turboman »

reinhard_harley wrote:Carbon clean sdh.
Purging injector blom..dimana ya?
Maf sensor bersihin dimana?
Krn kayanua tune up di auto 2000 ga ada perubahan apa2..
Ban standard
Oli 10-40 seh
Lahh mobil kurang kerawat ini.....

MAF sensor yg posisi di atas air filter, lepas aki dulu sebelum lepas MAF sensor.....bersihkan dgn MAF sensor cleaner

Purging injector banyak.....bisa pake 3M / Wuerth / TUNAP dll.......di Citra Alam - MK / GBT Meruya - paket EC dll

Oli pake 5W30

Cek celah busi pake feeler gauge busi set ke 1,1 mm

filter udara hrs bersih

abis semua di atas beres, setel AFR pake bantuan CO meter......set lambda di 1 or 1 kurang dikittt....misal 0,98

giel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Dec 19, 2007 3:50

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by giel »

reinhard_harley wrote: Wed Jul 12, 2017 5:35
Om itu bengkel buat upgrade itu semua dimana ya?
Biayanya brp? Ane sdh kelabakan neh onnova mentok di 1: 7. Sdh sekolah bgt tuh kaki.

Mohon petunjuknya om

bener kata om TM, trafficnya gimana dulu. saya itu kondisi 60% tol lancar lho. kalau macet yang jarak 10 km aja butuh 2 jam ya bisa 1:5 :mky_04:

bengkel mana aja bisa asal ada bahannya. knalpot saya bikin di bengkel knalpot biasa yang penting galvanis dan........ murah :mky_03:

injector bisa beli online, masang sendiri butuh waktu 60 menit termasuk bersih2 intake dan poles TB. kalau mau terima beres ke bengkel pernah iseng tanya sekitar 150rb jasanya..

kabel bikin sendiri, daripada beli jadi dengan biaya yang sama dapet mutunya lebih jelek..
giel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Dec 19, 2007 3:50

Re: RE: Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by giel »

Turboman wrote: Wed Jul 12, 2017 6:18
reinhard_harley wrote:Carbon clean sdh.
Purging injector blom..dimana ya?
Maf sensor bersihin dimana?
Krn kayanua tune up di auto 2000 ga ada perubahan apa2..
Ban standard
Oli 10-40 seh
Lahh mobil kurang kerawat ini.....

MAF sensor yg posisi di atas air filter, lepas aki dulu sebelum lepas MAF sensor.....bersihkan dgn MAF sensor cleaner

Purging injector banyak.....bisa pake 3M / Wuerth / TUNAP dll.......di Citra Alam - MK / GBT Meruya - paket EC dll

Oli pake 5W30

Cek celah busi pake feeler gauge busi set ke 1,1 mm

filter udara hrs bersih

abis semua di atas beres, setel AFR pake bantuan CO meter......set lambda di 1 or 1 kurang dikittt....misal 0,98

nambahin om, kebersihan TB sampai ke intake penting juga tuh apalagi kalo mobil udah umur..
Change
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Oct 29, 2016 22:50

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Change »

@ om giel, kalau pakai metode full to full, dptnya berapa km/liter ? Di innova sendiri n punya temen, bensin auto, dgn bensin 92, dalkot rata2 1 : 5-7, saja. Perawatan rutin bengkel resmi. Cukup menarik improvement yg sudah dilakukan btw....
giel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Dec 19, 2007 3:50

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by giel »

Change wrote: Wed Jul 12, 2017 6:41 @ om giel, kalau pakai metode full to full, dptnya berapa km/liter ? Di innova sendiri n punya temen, bensin auto, dgn bensin 92, dalkot rata2 1 : 5-7, saja. Perawatan rutin bengkel resmi. Cukup menarik improvement yg sudah dilakukan btw....
untuk pemakaian long term antara MID dengan full to full beda +/- 0,8 kpl lebih boros dari angka MID..

setau saya bensin AT emang bensinnya agak ga wajar sih om :mky_01:
Change
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Oct 29, 2016 22:50

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Change »

Berarti bisa dibilang, bensin manual masih dlm batas wajar yah...apalagi jika dilakukan beberapa improvement spt yg om lakukan ya.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Dogies »

giel wrote: Wed Jul 12, 2017 3:44 ijin share ya om...


ini innova saya tipe G bensin tahun 2005, kemarin hari kerja pertama setelah lebaran dengan kondisi 40% dalkot lumayan macet dan 60% tol lancar masih dapet segini :

IMG_20170703_093548.jpg

kalo constant cruising based on MID 1-3 penumpang kurang lebih
60 kpj : 22,xx kpl
80 kpj : 18,xx kpj
100 kpj : 16,xx kpl, kadang bisa merosot ke 15,xx juga..

item upgrade :

yang mainstream
- bensin pertalite (komposisi paling hemat secara rupiah)
- ferrit di injektor & koil
- ganti tabung depan knalpot yang kecil 2 pcs dengan resonator
- injektor 12 hole
- busi iridium denso
- filter udara simota
- oli Aral supertronic 5W-30
- poles TB
- puter2 AFR sampai didapat yang paling pas, 100% trial and error

yang rada nyeleneh (gak semahal keliatannya kok)
- fuse ECU lapis logam mulia
- kabel ground ke alternator, TB, chassis & body dengan pure copper 4 AWG
- kabel ground ke body & cylinder head pure copper lapis logam mulia 8 AWG
- bypass kabel input fusebox dengan kabel pure copper lapis logam mulia 8 AWG

nah setelah upgrade itu semua, jangan lupa driving style tetap megang peranan penting. makanya saya dibantu lagi pakai vacuum meter supaya kaki ga ngasal injek pedal gasnya..

bagi yang belum tau vacuum meter yang kaya gini
*nyomot dari google
2771SS.png

kalo sekiranya ada yang menyimpang mohon dimaafkan suhu :mky_01:
Yang ane tau kalo ada mid tipe v...
Ini manual ya?
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by diesel mania »

poeticmind wrote: Tue Feb 10, 2009 4:52 mau cerita, kemaren jalan2 ke kampung di lembang, ada pak haji yg punya innova 2005. ngobrol2... katanya irit banget, hanya tenaga nya kurang. mau diganti2 pake aneh2 takutnya malah boros...

me : ah, masa sih... apa yg mau diganti apa pak?
pak haji : karburator... (katanya...)
me : heh?!!! Image

dibukalah kap mesin nya, hmmm... mesinnya 3K, boooo....! :big_slap: :big_weee: :weekk:
wakak... Masalah ganti mesin nih yg saya paling demen. 3K,5K emang mesin yg murmer 3-5jt dapet. Benernya naekan dikit dapet mesin K3VE avanza 8jtaan. Mungkin pak haji males ribet elektrikal mending maenan karbu. Kalo diesel entah kenapa masih pada mahal. Kelas C223 isuzu aja dibanderol 8-9jt. Diesel pada diperebutin ama tukang genset dan perahu ikan sih. Lalu 4D56 masih dikisaran 10-12jt. Jadi saya rasa pilihan pak haji udah tepat, murah n low cost maintenance.
Diesel in my head
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by armann »

itu mid innova/fortuner lama mah suka ngaco imho, jadi klo mau akurat mesti pake alat lg, ga bs depend on mid only, kecuali yg mobil baru2, persentase errornya lebih kecil
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
adios123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Tue Jan 23, 2018 17:52
Location: yogyakarta
Daily Vehicle: suzuki

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by adios123 »

waterlo wrote: Tue Jul 11, 2017 12:16
pawoo7 wrote: Mon May 22, 2017 1:12 Sy sdh menemukan kenapa innova boros.. Innova tua tp ya.
1. Sensor air flow harus di modif Sdikit.. Biar bisa memanipulasi ecu kluarin bensinnya sdikit.
Cara memanipulasinya dengan di ttup sdikit saja dengan slasi ban. Sekita 2-3cm. Atau bisa jg tambahin resistor variable dan setting sesuai kebutuhan.
2. Setting afr nya beratin kekanan
3. Pasang hcs.. Buat sendiri lebih asyik.
3. Ganti injector dengan injector innova 2015.
4. Pasang ground
Sekian dulu.. Yg mau tambahin silahkan
untuk no. 1 kalau ada foto lebih baik difoto om supaya temen2 yang lain bisa ikut. saya pernah liat trik ini di youtube, tapi prosentase yang berhasil dan yang trouble 50:50 berdasarkan komentar di kolom komentarnya. ada yang berhasil dan jadi lebih irit, tapi ada juga yang bilang meter bensin cepet banget drop begitu sisa satu kotak, jauh lebih boros dr sebelum tutup solasi itam.
yg gagal atau tidak berhasil itu setelah solasi hitamnya dilepas bisa kmbali normal atau permanen cacat MAF sensornya om?
waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by waterlo »

adios123 wrote: Thu Jan 25, 2018 2:11 yg gagal atau tidak berhasil itu setelah solasi hitamnya dilepas bisa kmbali normal atau permanen cacat MAF sensornya om?
dilepas balik normal lagi, karena gak nyentuh sisi elektrikal samsek. cuma menipu pembacaan debit udara yang dibaca MAF sensornya.
adios123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Tue Jan 23, 2018 17:52
Location: yogyakarta
Daily Vehicle: suzuki

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by adios123 »

waterlo wrote: Thu Jan 25, 2018 8:29
adios123 wrote: Thu Jan 25, 2018 2:11 yg gagal atau tidak berhasil itu setelah solasi hitamnya dilepas bisa kmbali normal atau permanen cacat MAF sensornya om?
dilepas balik normal lagi, karena gak nyentuh sisi elektrikal samsek. cuma menipu pembacaan debit udara yang dibaca MAF sensornya.
apakah ini trick sama dengan metode crawford performance eco block? jadi itu maf sensornya diganjal jd lebih tinggi. sy sih blm pernah pakai. tapi toh kalau pun cara membohongi debit udara yg masuk itu dirasa efektif untuk tenaga sy baru mau. ya walau tidak semahal dan se efektip remap..
malah lirikan saya kok jatuh di gimick lama throtel body spacer ya walau mirip2 sperti cyclone
hendranata
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Thu Dec 07, 2017 6:47
Location: sby
Daily Vehicle: hrv

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by hendranata »

ini irit karena di oprek kan. rawan garansi hangus
waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by waterlo »

adios123 wrote: Thu Jan 25, 2018 11:06 apakah ini trick sama dengan metode crawford performance eco block? jadi itu maf sensornya diganjal jd lebih tinggi. sy sih blm pernah pakai. tapi toh kalau pun cara membohongi debit udara yg masuk itu dirasa efektif untuk tenaga sy baru mau. ya walau tidak semahal dan se efektip remap..
malah lirikan saya kok jatuh di gimick lama throtel body spacer ya walau mirip2 sperti cyclone
ya mirip2, karena fungsinya menipu pembacaan debit udara. cuma pakai eco block mahal, ini versi murmerceng nya hahahaha... gak sampai 10rb harga selotipnya. so far saya udah coba lagi, tutup sebanyak 4mm dari bagian plastik coakan yang menghadap ke filter / intake. dan sukses bikin konsumsi bbm turun. belum coba full to full, tapi dari rit to rit ini lebih irit.

biasa depok-bsd habis 10 ltr premium pp (1 kotak) , terakhir minggu lalu sekitar 5-6 ltr pp (setengah kotak lebih dikit). tentunya dengan kaki yg sekolah ya. coasting mode dan maks 70 kpj @ 2500 rpm.

and for sure, do at your own risk and research. seberapa mm nutupnya ngaruh ke performa, tapi buat saya 4mm cukup.
adios123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Tue Jan 23, 2018 17:52
Location: yogyakarta
Daily Vehicle: suzuki

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by adios123 »

waterlo wrote: Fri Jan 26, 2018 0:51
adios123 wrote: Thu Jan 25, 2018 11:06 apakah ini trick sama dengan metode crawford performance eco block? jadi itu maf sensornya diganjal jd lebih tinggi. sy sih blm pernah pakai. tapi toh kalau pun cara membohongi debit udara yg masuk itu dirasa efektif untuk tenaga sy baru mau. ya walau tidak semahal dan se efektip remap..
malah lirikan saya kok jatuh di gimick lama throtel body spacer ya walau mirip2 sperti cyclone
ya mirip2, karena fungsinya menipu pembacaan debit udara. cuma pakai eco block mahal, ini versi murmerceng nya hahahaha... gak sampai 10rb harga selotipnya. so far saya udah coba lagi, tutup sebanyak 4mm dari bagian plastik coakan yang menghadap ke filter / intake. dan sukses bikin konsumsi bbm turun. belum coba full to full, tapi dari rit to rit ini lebih irit.

biasa depok-bsd habis 10 ltr premium pp (1 kotak) , terakhir minggu lalu sekitar 5-6 ltr pp (setengah kotak lebih dikit). tentunya dengan kaki yg sekolah ya. coasting mode dan maks 70 kpj @ 2500 rpm.

and for sure, do at your own risk and research. seberapa mm nutupnya ngaruh ke performa, tapi buat saya 4mm cukup.
coba deh nanti mumpung ada wktu.

pernah denger testimoni tbs raser ndak? sy cari di bakulnya kok perasaan sepi apa ini gimick kurang epektip di era mobil2 drive by wire. 1jutaan juga sih ya duitnya apalagi itu rekomen juga digabung sama ferox/knn, nambah lagi duitnya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Post by Turboman »

TB spacer utk mesin NA boleh dicoba

Utk 1TR GNKI 2011 - onwards boleh coba oli 0W20 jika jarang RPM tinggi

oli encer bikin tarikan mesin lebih enteng juga