Page 1 of 8

Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Tue Feb 03, 2009 23:53
by relisar
Dikutip dari Detik.com
Jakarta - Toyota Kijang Innova memiliki image boros BBM di benak sebagian masyarakat Indonesia. Untuk mengubah citra itu, sebuah bengkel di Serpong Plaza, setiap jumat malam dijadikan tempat pertemuan Inova Community, yang merupakan wadah komunitas pengguna dan penggemar Toyota Inova.

"Karena, kita menyadari image Toyota Inova yang terkenal boros bahan bakar. Oleh karena itu, kami coba menaggulanginya dengan melakukan beberapa modifikasi teknis pada setiap kendaraan" ujar Ketua Harian Inova Community Kicky Nelwan ketika dihubungi detikOto, Kamis (29/1/2009).

Inova Community didirikan pada tanggal 23 Juli 2006, berawal dari percakapan di forum mailist.

"Waktu itu, pertama kali kita kumpul cuma 6 orang. kemudian langsung membentuk kepengurusan," ujarnya.

Saat ini Innova Community sudah memiliki lebih dari dari 400 member, yang di isi dengan kegiatan ngobrol dan diskusi mengenai permasalahan yang berkaitan dengan mobil Inova.

Menurut Kicky, Dalam setiap pertemuannya, mereka sering membahas permasalahan bagaimana supaya mobil-mobil tersebut bisa tetap irit dan efisien.

Innova Community juga berguna dalam membina komunikasi di jalan raya, dengan berbekal satu perangkat navigasi berupa ponsel untuk berkomunikasi sehingga, membuat mereka dapat saling menjaga dan membantu sesama komunitas ketika berada di jalan raya.

Rencananya, pada bulan Februari mendatang (21-22/2/09), Innova Community akan mengadakan touring ke daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung, dengan jumlah 35 member yang sudah ngebet untuk ikutan touring. ( ddn / ddn )
http://oto.detik.com/read/2009/01/29/10 ... -community

Ada yg bisa menjelaskan tips and trick supaya Innova bisa lebih kenceng tapi irit? :frm_tumbleft:

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Wed Feb 04, 2009 0:08
by flexiblebil
lho, jadi innova2 ini udah bisa dibikin lebih irit apa belum ya? kok beritanya malah membahas sejarah community & turing ke ciwidey hehe.. ditunggu pencerahannya gimana bikin innova jadi irit.. :)

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Wed Feb 04, 2009 3:38
by avansa
Iya neh kirain udah nemu ramuan ang jitu bikin ipah jadi lebih irirt,
GL bisa kenapa ipah kok nggak bisa yah..?
tapi sepertinya udah menjadi hal umum kalau mobil bertype bongsor dan masuk kelas mewah BBM selalu berbanding lurus.
Pasang WI..hilangin doble blower AC...apa mungkin..? :mrgreen:

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Wed Feb 04, 2009 3:46
by GTR
kalo buat irit karena hasil "di-oprek2", bukannya bersifat umum / general bisa berlaku buat semua mobil yah...

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Wed Feb 04, 2009 3:49
by Turboman
Ane ada buat sedikit rangkuman berbagai tips tuning efisiensi utk Ipah VVT-i (1TR-FE) di :

http://efisiensi-mania.dinogroups.com/ - Panduan tuning efisiensi utk Innova VVT-i (TR-FE)


Semoga membantu, en kalo ada masukkan lain monggo di share en tararengkyu sebelumnya :mrgreen:

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Wed Feb 04, 2009 11:30
by relisar
Sip juragan VVT-i dah nongol, ternyata mesin kenceng ngga harus boros kan, malah bisa tambah irit :e-clap:

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Wed Feb 04, 2009 14:54
by FortunerMan
avansa wrote:Iya neh kirain udah nemu ramuan ang jitu bikin ipah jadi lebih irirt,
GL bisa kenapa ipah kok nggak bisa yah..?
tapi sepertinya udah menjadi hal umum kalau mobil bertype bongsor dan masuk kelas mewah BBM selalu berbanding lurus.
GL sama Innova boleh tipe sama, MPV...tapi sebenernya Innova adalah truck/SUV menyamar sebagai MPV. Innova dibangun dari ladder frame chassisnya Hilux, dan bermesin light truck. Lain philosophy dengan GL yang seperti "sedan tinggi bermuat banyak".

Masing2 ada plus minusnya, minusnya ladder frame MPV (sama seperti ladder frame SUV) yaitu berat lebih tinggi, gak gesit sit kaya GL yang monokok dan bermesin sedan/MPV. Plusnya...ladder frame chassis dari truck lebih cocok untuk dihajar hajar oleh jalanan Indonesia. Mesin light truck 1TR-FE yang takdirnya untuk kerja berat mestinya lebih badak dari mesin yang diperuntukkan untuk angkut keluarga ke mall - bukan lebih kenceng/irit, tp lebih tahan banting.

Bagusnya Innova Community ini berusaha meminimize kekurangan dari Innova...dan saudara2nya di Fortuner club ikut menenggak manfaatnya :)

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Thu Feb 05, 2009 2:37
by GTR
mesin ZZFE sama tahan banting yet lebih irit harusnya, tapi TAM ga bakal "beli" mesin ini buat di innova.

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Thu Feb 05, 2009 4:14
by FortunerMan
Mesin ZZ? Itu mah mesin sedan...lihat aja pemakaiannya http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_ZZ_engine...Corolla, Celica, dan sebangsanya. Mesin light truck/truck Toyota TR, KD, GR, dll...mesin2 badak. Karena Innova berplatform light truck, lucu juga kalo dipasangin mesin Corolla seperti mau anda....TAM emang gak pernah bener ya :P

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Thu Feb 05, 2009 4:23
by GTR
that's it, memang itu mesin buat wish; dan ga masalah kalo adopt buat innova dgn adapt tentunya, kalo orientasi nya irit.
mirip mesin yrv/sirion buat xeniavanza/Granmax or mesin vios/yaris buat sienta or mesin buat noah/voxy or mesin camry buat alphard & previa/estima kan.

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Thu Feb 05, 2009 12:05
by FortunerMan
GTR wrote:that's it, memang itu mesin buat wish; dan ga masalah kalo adopt buat innova dgn adapt tentunya, kalo orientasi nya irit.
mirip mesin yrv/sirion buat xeniavanza/Granmax or mesin vios/yaris buat sienta or mesin buat noah/voxy or mesin camry buat alphard & previa/estima kan.
Orientasinya tahan banting dan trouble free. Makanya Kijang reputasinya baik - belum pernah denger Kijang dari dulu irit. Dengan adanya Innova Community, bermanfaat sekali kalo kekurangan Innova bisa di perbaiki...dan tujuan thread ini supaya bermanfaat buat pemakai lainnya.

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Thu Feb 05, 2009 13:48
by paddock
Meski 1ZZFE punya tenaga yang lebih baik ketimbang 1TR-FE 140 hp vs 138 hp namun torsi yang dipunyai 1ZZFE kalah dibanding 1TR-FE yaitu 165 nm vs 180 nm

1 hal lagi,tenaga dan torsi yang diperoleh altis semuanya didapat di rpm yang lebih tinggi ketimbang 1TR-FE

Yaitu 140 hp/6000 rpm vs 138/5600 rpm
dan 165 nm/4200 vs 180 nm/4000 rpm

Kebodohan atau sok professor sebagian orang yang punya pemikiran untuk memasukkan 1ZZFE ke Innova karena hanya di logika hp yang lebih besar dan pengandaian lebih irit.
Padahal pemakaian innova sebagian besar bukan untuk ngebut melainkan dalam kota yang butuh torsi di putaran rendah yang bagus.

1 lagi,harga 1ZZFE pasti bakal melonjakkan harga innova yang pastinya tidak terjangkau oleh masyarakat.

1ZZFE semuanya diaplikasikan pada mobil gerak depan.tentunya butuh penyesuaian oleh TAM indonesia untuk memakaikannya di innova,sedangkan pihak prinsipal jepang belum tentu setuju karena butuh riset panjang berkaitan perubahan final gear dan perhitungan ulang desain transmisi.

Mendesain mesin untuk gerak belakang mungkin tidak semudah mengubah posisi letak mesin.Pastinya loss di gardan perlu diperhatikan secara cermat.

Contohnya pengalaman teman saya mengaplikasikan 4AFE di kijang grand karena mesin 5Knya jebol.
Harapan sangat tinggi,mengigat 4afe punya hp dan torsi yang lebih bagus.Tapi kenyataannya setelah jadi lari mobilnya loyo.Agak membaik di atas tetapi nafasnya ngos2an.Dugaan terbesar di gear ratio yang tetap mengandalkan milik 5k.


Kenapa Avanza pake mesin sama seperti YRV/Sirion? karena basis mesin dan transmisi avanza mirip dengan daihatsu gran max di jepang.Sudah pasti transmisi,setang piston dan kruk as K3 VE apanja dan gran max didesain lebih solid ketimbang milik sirion.

Apakah TAM indonesia bisa meriset 1ZZFE untuk innova? wong mesin dan transmisinya aja impor mana mampu rubah?Data dari mana hehe

Asal tahu aja 1TR-FE banyak diaplikasikan pada kendaraan penumpang banyak macam Toyota Hi-Ace.dan TAM menilai Bobot Innova mirip dengan Hi Ace

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Thu Feb 05, 2009 13:56
by paddock
GTR wrote:that's it, memang itu mesin buat wish; dan ga masalah kalo adopt buat innova dgn adapt tentunya, kalo orientasi nya irit.
mirip mesin yrv/sirion buat xeniavanza/Granmax or mesin vios/yaris buat sienta or mesin buat noah/voxy or mesin camry buat alphard & previa/estima kan.
Masalahnya kan Alphard and Camry,Vios and noah/voxy sama2 FWD
K3VE dan transmisi yang dipakai Avanza basisnya sama kayak K3VE milik pick up granmax jepang
Bukan K3VE dan transmisi Sirion/yrv

Dugaan gue terbesar ada di Transmisi set terutama final gear and perbandingan gigi setang piston dan kruk as yang berbeda antara avanza dan Sirion

Sekarang gue tanya mampu ga TAM Indonesia bikin transmisi yang pas agar 1ZZFE berperforma baik di ipah? mengingat semua 1ZZFE di seluruh dunia dipake pada varian FWD semua (altis,Caldina,MR,Celica,wish bla bla bla)

TAM indonesia mungkin disuruh rancang bikin noken as nya aja ga bisa mungkin,apalagi suruh ngeset transmisi and set stroker kit yang pas and tahan banting buat 1ZZFE hahahaha

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Thu Feb 05, 2009 14:57
by MitshuToyo
[quote="paddockSekarang gue tanya mampu ga TAM Indonesia bikin transmisi yang pas agar 1ZZFE berperforma baik di ipah? mengingat semua 1ZZFE di seluruh dunia dipake pada varian FWD semua (altis,Caldina,MR,Celica,wish bla bla bla)

TAM indonesia mungkin disuruh rancang bikin noken as nya aja ga bisa mungkin,apalagi suruh ngeset transmisi and set stroker kit yang pas and tahan banting buat 1ZZFE hahahaha[/quote]

Buset.. bener jg ya.. masak Astra gak punya Engineer2 R&D sih ? Pantes harga mobil melambung terus, mobil nasional hanya impian, Untuk part2 rumit masih di kuasai negara asal.. transfer teknologi itu bisa jadi gak pernah ada..

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Fri Feb 06, 2009 2:46
by GTR
selain xeniavanza RWD dari mesin YRV FWD;
mesin carry pick-up/box/angkot RWD itu mesin swift lawas th 85 FWD.
juga futura 1.3 basis mesin amenity/eleny/esteem.
APV itu mesin... mesin baleno lawas 1.5.

Tergantung transmisi (ratio gearing (juga final gear)) dan adapt management mesin. Tentu ini jadi menu wajib buat adopt totally beda mesin dan bobot.

1TRFE +trannny nya ini dirancang thailand, daripada TAM, cmiiw.
bikin total baru set mesin 1TRFE dgn transmisi nya buat truk family nya aja bisa.. not a chance transmisi aja tidak bisa..
bukan tidak bisa tapi tidak mau karena profit sacrifice, karena mau sharing dgn truck nya yg sekarang ada bisa jadi masih lebih murah daripada adopt mesin family wish/noah+transmisi baru yg bisa jadi dianggap masih lebih costly.

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Fri Feb 06, 2009 5:26
by FortunerMan
Pokoknya menurut GTR TAM itu salah melulu, udah gak mungkin bener. Gak peduli kalo Toyota Hiace current generation yg dijual dimana mana (termasuk Japanese market) pun memakai mesin 1TR-FE, 2TR-FE, dan 1KD-FTV...pokoknya TAM itu penipu aja :P

http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_Hiace
5th generation
Toyota Hiace Van
(2004 - )

The fifth generation Hiace appeared in August 2004 as a wide long-wheelbase wagon, wide super-long-wheelbase high-roof "Grand Cabin", long-wheelbase van, long-wheelbase high-roof van and a wide super-long-wheelbase high-roof van. In this generation the gear stick has been moved to the dash-board to enable easier movement in the cabin. Four-speed, five-speed and automatic transmission versions are available.

All of the models use a 4-cylinder DOHC engine, in a variety of forms: 1TR-FE 2000 cc petrol, 2TR-FE 2700 cc petrol or 2KD-FTV 2500 cc common rail DOHC intercooled turbo diesel.

Wheels magazine found in a van test that the diesel model could, in factory standard form, do donuts continuously with the speedometer reading nearly 100 km/h (62 mph). Two of these engines are available in Malaysia, the 2KD-FTV 2.5 L turbo diesel, offered in a choice of panel van or window van; and the 2TR-FE 2.7 L petrol, that comes only in the window van option.

The 2.5 L turbo diesel engine has a maximum output of 75 kW at 3600 rpm and a maximum torque of 260 Nm at 1600-2400 rpm. The 2.7 L petrol engine has a maximum output of 111 kW at 4800 rpm and a maximum torque of 241 Nm at 3800 rpm.

Currently on Japan's list of the most commonly stolen vehicles the Hiace currently resides at #1. Because of it lack of a theft immobilizer, it is fairly easy to steal a Hiace, as opposed to much more valuable SUVs and sports cars, which have very technical theft deterent systems.
Jangan komplen sama TAM, sekalian Toyota Jepang juga bro hehe...

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Fri Feb 06, 2009 5:33
by GTR
saya tidak bilang TAM gak bener...
poin saya: MPV toyota itu termasuk innova bisa saja lebih irit kalo aja bisa pakai mesin2 toyota yg seperti di MPV toyota lainnya juga seperti pada wish, noah, previa, estima s/d alphard.

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Fri Feb 06, 2009 5:37
by FortunerMan
GTR wrote:saya ga pernah bilang TAM salah...
yg saya bilang, MPV toyota itu termasuk innova bisa saja lebih irit kalo pakai mesin2 toyota yg seperti di MPV toyota lainnya juga seperti pada wish, noah, previa, estima s/d alphard.
Baru aja post sebelumnya bilang TAM pengeruk keuntungan, gak mau sacrifice profit - jadi di Jepang salah juga Hiace pake mesin Innova? Udah dipake di JDM pun mesinnya masih salah :P

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Fri Feb 06, 2009 5:39
by GTR
profit matters, itu possibilities, isn't it.. kan TAM = institusi bisnis.
or bisa jadi price yg sacrifice kalo memang mesin ini lebih mahal.
Hiace dan MPV wish/voxy/noah sama2 pakai mesin toyota.

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Fri Feb 06, 2009 5:48
by FortunerMan
Betul, hanya Toyota produsen mobil yang mencari profit. Yang lainnya non-profit organization, OK deh.

Poin1: TAM tidak menganaktirikan Indonesian market seperti tudingan anda. Ini sudah kebijakan Jepang - light commercial/passenger vehicles seperti Hiace and Innova pakenya mesin TR, di Japanese market sekalipun. Berarti mesin2 Innova cukup baik buat JDM yang terkenal high standard.

Poin2: Thread ini untuk berbagi tips and tricks yang sudah dikumpulkan oleh Innova Community, so your motive is?...ntah apa. Nggak mungkin bikin Innova gak laku juga kok bro, santai aja. Mari berbagi pengetahuan buat pemakai IMV vehicles.

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Fri Feb 06, 2009 5:56
by GTR
motive saya (terhadap kebutuhan mesin di innova dari mesin MPV toyota lain yg kayanya sama tahan banting, tapi bisa jadi lebih irit => belum tentu juga koq, cuma opini) cuma dari sini bro..

"mestinya lebih badak dari mesin yang diperuntukkan untuk angkut keluarga ke mall - bukan lebih kenceng/irit, tp lebih tahan banting."

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Fri Feb 06, 2009 6:03
by FortunerMan
There are engines designed for heavy duty/commercial vehicles, ada yg buat pure passenger. Kenapa Landcruiser/LX470 gak pake mesin Lexus LS460 aja? Toh semua mesin sama saja tahan bantingnya :P

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Fri Feb 06, 2009 6:13
by paddock
FortunerMan wrote:
GTR wrote:saya ga pernah bilang TAM salah...
yg saya bilang, MPV toyota itu termasuk innova bisa saja lebih irit kalo pakai mesin2 toyota yg seperti di MPV toyota lainnya juga seperti pada wish, noah, previa, estima s/d alphard.
Baru aja post sebelumnya bilang TAM pengeruk keuntungan, gak mau sacrifice profit - jadi di Jepang salah juga Hiace pake mesin Innova? Udah dipake di JDM pun mesinnya masih salah :P
pokoknya selama itu bukan honda si gtr pasti ngejek2 trus.

liat aja komen2nya.kita mah dah mafhum ma tingkahnya sekalipun dah jadi momod

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Fri Feb 06, 2009 6:22
by paddock
GTR wrote:selain xeniavanza RWD dari mesin YRV FWD;
mesin carry pick-up/box/angkot RWD itu mesin swift lawas th 85 FWD.
juga futura 1.3 basis mesin amenity/eleny/esteem.
APV itu mesin... mesin baleno lawas 1.5.

Tergantung transmisi (ratio gearing (juga final gear)) dan adapt management mesin. Tentu ini jadi menu wajib buat adopt totally beda mesin dan bobot.

1TRFE +trannny nya ini dirancang thailand, daripada TAM, cmiiw.
bikin total baru set mesin 1TRFE dgn transmisi nya buat truk family nya aja bisa.. not a chance transmisi aja tidak bisa..
bukan tidak bisa tapi tidak mau karena profit sacrifice, karena mau sharing dgn truck nya yg sekarang ada bisa jadi masih lebih murah daripada adopt mesin family wish/noah+transmisi baru yg bisa jadi dianggap masih lebih costly.
anda stress atau gimana sih?
Ga mungkin Thailand yang rancang traiinny nya.Paling mereka cuma produksinya aja.Apa kah anda berpkir bahwa mereka yang merancang?

Pernah berpikir ga kenapa 1ZZFE tidak pernah dipakaikan buat kendaraan Rwd?Cek aja disemua situs jaringan toyota di dunia.Ada ga?
Klo ga ada,buat apa TAM repot2 minta ke prinsipal jepang agar dibikinin transmisi rwd buat 1ZZFE?

Klo anda tahu penyebabnya,maka anda ga akan berpendapat yang sok professor seakan2 TAM mata duitan dan anda yang paling pintar dari segi teknis.

Re: Innova Tak Lagi Boros di Tangan Innova Community

Posted: Fri Feb 06, 2009 7:18
by GTR
maksudnya dari tadi dengan MPV, bukan dengan SUV nya...
salahsatu faktor yg ga kalah penting buat MPV adalah iritnya secara mpv juga lebih sering ke mall, or buat apa vvti nya; tentu juga tahan bantingnya.
FortunerMan wrote:There are engines designed for heavy duty/commercial vehicles, ada yg buat pure passenger. Kenapa Landcruiser/LX470 gak pake mesin Lexus LS460 aja? Toh semua mesin sama saja tahan bantingnya :P