Nissan 'New' Serena : Old or new?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

szli wrote:Di majalah katanya Honda (finally) inggin jual CRV versi 2.4 September nanti.
Cukup menarik. Lebih menarik lagi kalau sudah facelift (kalau ngak salah CRV tahun ini memang dijadwalkan untuk difacelift di Jepang), terus tangki bensin dikembalikan jadi 58-liter dan cabinnya pakai 5-seater yang bangku baris ke-2nya bisa sliding (just like everywhere else di dunia kecuali Indonesia).

I pikir dengan semakin intensenya persaingan, setiap produk itu harus punya sasaran pasar yang jelas dan fokus. Tidak bisa lagi seperti yang Honda Indonesia lakukan dengan CRV di sini, bodinya SUV tetapi mau didwifungsikan jadi MPV juga hanya dengan menambahkan 2 bangku banci di belakang. Akhirnya apa, orang yang senang SUV dengan khayalan gaya hidup outdoor adventure activities pasti tidak senang dengan terbatasnya ruang bagasi (gara gara 2 bangku itu). Sedangkan orang yang senang 7-seater MPV pasti tidak akan menjatuhkan pilihan pada CRV juga. I kurang tahu persis, tapi I curiga gara gara ditambahkan 2 bangku itu, tangki bensin terpaksa dikecilkan dari 58L menjadi 50L.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

3 juta profit. Lumayan lah. Emang seperti Honda, yang bikin pemilik Stream rugi 6 juta for nothing ! Kasus X-Trail CBU 2.0 vs CKD 2.5 memang turun harga 318-250 = 68 juta. Tapi ini wajar, soalnya satu CBU, satu CKD. Ya pajaknya kan beda jauh ! Yang beli CBU kan seharusnya tau system pajak Indonesia. Si Honda turunin harga meskipun 2 harga Streamnya CKD ! Really money hilang seperti asap rokok ke langit !

Nanti jika Honda benar CKD Odyssey, ya yang beli Odyssey CBU sekarang siap stress. Pasti rugi banyak juga. Dari dulu saya pendapat bahwa jika ngak perlu, JANGAN beli mobil CBU. Sudah rugi dari pajak, nanti jika ATPM masukin sendiri atau rakit, rugi lagi ! Unless anda percaya mobil rakitan Indonesia mutunya jauh di banding di rakit orang Jepang. Stream saya di rakit di Indonesia Raya kita, dan tuh ngak pernah problem.

Dan OK saya percaya Serena di ganti Quest di US. Soalnya saya mulai sadar, hampir semua mobil di US ccnya gede banget. Mobil Ford misalnya CCnya ada yang di 6000 cc ! Jadi 2000 cc di US pasti di hangap mobil banci. Pantesan Serena yang cuman 2000 cc harus di ganti Quest yang 3000 cc. Sebenernya orang US artinya buang minyak dunia yang sudah langka. Bisa bayangkan mobil 3000-8000 cc borosnya seperti apa.

Feeling saya Odyssey nanti akan CBU dulu. Dari dulu kan Honda malas rakit Odyssey di sini.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Wah info New SERENA memang sudah menyebar kemana2 neh. Di AutoBild edisi terbaru pun sudah dibahas. Bersamaan dengan New Lancer dan Audi A8 L.

AutoBild sendiri pun memuji New Serena dan mengatakan New Serena adalah MPV Sejati, karena luas dan nyaman serta powerfull man ! Mesinnya diambil dari X-TRAIL versi CBU dulu dengan kapasitas 2000cc ! Sip sip sip ! Dan terakhir AutoBild mengatakan New SERENA ini akan menjadi ancaman bagi para rivalnya !

Suspensinya nyaman, jalan rusak ngga begitu bermasalah bagi si New SERENA ini. Memang agak limbung ... tapi ini The REAL MPV, bukan buat balap atau ngebut2an kan ... New SERENA untuk kenyamanan dan mengangkut seluruh keluarga dengan leluasa tanpa berdesakan lagi. Dari baris kesatu, kedua hingga ketiga semuanya ADIL ... mendapatkan kenyaman yang sama di tiap baris !

Hahaha ... yang hebat lagi ... ya itu lah harganya yang ngga bikin kantong kita bolong. Daripada TOYOTA VOXY atau NOAH atau Odyssey versi CBU yang harganya melangit n mahalnya minta ampun itu, jelas lebih baik New SERENA !
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Info terakhir Odyssey ... kemungkinan akan dimasukkan versi CBU oleh HPM. Dan yang pasti dengan harga lebih murah dari versi CBU oleh IU !

So ... tunda dulu aja...
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Kalian sudah lihat Serenanya di pameran atau showroom ? Lebih impressive di banding baca di majalah. Saya bukan buta fanatik Nissan kan ? Ini mobil benar OK. Dari segi harga, ruangan, feature semuanya pass banget. Jika harganya highwaystar bisa di 250 saja, akan bikin Innova Krista lebih pusing.

Dimensinya dari luar biasa saja, ngak kesan besar seperti Alphard / Elysion, tapi anehnya, sudah masuk dalam kok rasanya di dalam mobil besar. Itulah magicnya design mobil Flatfloor dan kotak tinggi. Vs mobil chassis niaga yang lantainya banyak up and downnya.

Saya lagi cari majalah Top Gear, tapi sampai hari ini belum keluar. Mungkin mereka lagi tambah article Serena Test Drive, jadi delay.

Ada banyak saudara saya yang dulu impression ama Nissan cuman " Biasa biasa " saja. Seperti Mr. Whitewolf (Mungkin anda mau beritahu saya jeleknya Serena dimana, supaya saya bisa "sadar"). Mereka termasuk orang Toyota fan (ya Kijang lah). Eh, belakangan lihat Serena semua kagum. Ada satu yang bilang jika dia uangnya cukup, mau Serena.

Ya udah, puji Serena terus bosan. Coba kita cari kejelekan mobil ini. (whats wrong with this car) Yang satu saya sadar ya waktu musim banjir, ini mobil ngak pintar berenang. Harus lari ke gedung tinggi untuk menggungsi. Tapi toh 1 tahun cuman berapa hari banjir parah. Dan mau mobil ground clearance tinggi dan tetap headroom lega ya artinya mobil harus tingginya lebih dari 2 m. Ngak bisa parkir di mal dan gedung kantor lagi.
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Kok honda jazz uda ckd tambah mahal aja.

Dulu cbu dari thailand Rp 127,5jt, Skrg ckd Rp 129,5jt gimana dengan kasus ini?
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

pinoh_boy wrote:Kok honda jazz uda ckd tambah mahal aja.

Dulu cbu dari thailand Rp 127,5jt, Skrg ckd Rp 129,5jt gimana dengan kasus ini?
Itulah hebatnya Honda dibanding Nissan, Mobil CKD malah bisa lebih mahal dari mobil CBU... Masih belum kapok kena pengalaman CRV dgn X Trail dulu. Tunggu produsen lain keluar produk yg sama, pasti kalang kabut tuh Honda. Maybe Nissan bisa nelurin March, toyota dgn Scionnya atau Mitsu dgn coltnya... biar harga makin kompetitif.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Asiiik ,kalo mitsubishi ngeluarin Colt,mantan pemilik starlet serasa reuni lagi tuh?Starlet ama colt ini memang seperti pinang dibelah dua.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Bung edward salah gambar, itu mah colt yg masi kuno.

[/img]http://lenta.ru:8000/auto/2004/02/17/mi ... icture.jpg
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Image
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

pinoh_boy wrote:Bung edward salah gambar, itu mah colt yg masi kuno.
Nah lho, gimana sih nih Edward? Kasih gambar kok outdated? Payah, hehehe :p
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

edward wrote:Asiiik ,kalo mitsubishi ngeluarin Colt,mantan pemilik starlet serasa reuni lagi tuh?Starlet ama colt ini memang seperti pinang dibelah dua.
Liat lg tread gue diatas...

Kan pinginnya mau nostalgila ama starlet lama,makanya secara sengaja kasih pics yg masih sama ama model sutarlet itu.

Kalo yg baru mah jauh bgt modelnya ama sutarlet? :wink: :wink: :wink:

Out dated ya?
Sometimes classic thing is delighted...

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Oke deh bung edward, jangan tersinggung ya. hehehe
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

pinoh_boy wrote:Oke deh bung edward, jangan tersinggung ya. hehehe
Hehehe Nothing at all man.
Itu colt baru malah keliatan seperti peugeot 206 ya?(versi terbaru 206 malah menggunakan transmisi tiptronik........(OOT ya?)

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Ga juga bung. Senewen ga apa2
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kok honda jazz uda ckd tambah mahal aja.

Dulu cbu dari thailand Rp 127,5jt, Skrg ckd Rp 129,5jt gimana dengan kasus ini?
Emang aneh si Honda ini. Mentang2 ngga ada saingannya dia berani naekin harga. Padahal seharusnya versi CKD itu dimana2 pasti lebih murah dibandingkan dengan versi CBU.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Hehehe Nothing at all man.
Itu colt baru malah keliatan seperti peugeot 206 ya?(versi terbaru 206 malah menggunakan transmisi tiptronik........(OOT ya?)
Bung Edward, Peugeot 206 baru yang mana sih yang pake Tiptronik itu ? Apakah yang dijual di Indo juga sudah ada trans Tiptronik ?
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

DigitALL wrote:
Hehehe Nothing at all man.
Itu colt baru malah keliatan seperti peugeot 206 ya?(versi terbaru 206 malah menggunakan transmisi tiptronik........(OOT ya?)
Bung Edward, Peugeot 206 baru yang mana sih yang pake Tiptronik itu ? Apakah yang dijual di Indo juga sudah ada trans Tiptronik ?
new 206 facelift dah make tiptronik, nurut berita di kompas. dan rencananya akan mulai dirakit diInd mulai bulan 10. Berita selengkapnya bisa dibaca di http://www.kompas.com/otomotif/news/0407/30/201740.htm
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Nissan 'New' Serena : Old or new?

Post by Herry »

Is this facelift of Nissan Serena??
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

@Digital

Betul seperti yg disebut bung herry,sumbernya dr kompas.

@szli.
Sekarang saya harus 100% percaya dg keyakinan bung szli bahwa New Serena akan menjadi MPV of choice,menjadi MPV yg paling ideal buat keluarga indonesia.
Berikut ini salinan dr http://www.mobilku.com tentang new serena.

Nissan Serena, MPV sejati


(03/08/2004) - Sukses bermain di segmen sport utility vehicle, Nissan Motor Indonesia ekspansi ke segmen multi purpose vehicle dengan keyakinan penuh bakal menorehkan prestasi serupa.

Inilah kulminasi dari rangkaian rumor yang merembes sejak Oktober tahun lalu. Nissan Serena generasi kedua dipasarkan di Indonesia. Inilah jago baru Nissan di Indonesia meskipun bukan model fresh.

Dirakit lokal, Serena baru ini ditawarkan dengan harga mulai Rp 233 juta yang menawarkan kualitas kenyamanan, kemewahan, dan kemudahan yang sulit dicari padanannya di Indonesia.

Nissan berhasil menata interior Serena hingga volume-nya diklaim paling besar dikelasnya, sekaligus mempertahankan sosok eksteriornya tetap kompak. Ruang kepala dan kaki berlimpah bahkan untuk mereka yang jangkung. Dengan atmosfer kabin yang tenang, teduh dan senyap, mengalir dalam kemacetan Jakarta di pelukan Serena ….hmmm kita akan meresapi makna tagline ‘first class on the ground’.

Fleksibilitas tata letak kursi merupakan keunggulan multi purpose vehicle yang juga ditawarkan Serena. Kursi dengan armrest yang bisa dilipat pada baris kedua, dengan operasi sederhana, -menarik tuas, menekan tombol- bisa digeser, diputar 360 derajat, dimiringkan, bahkan dilipat.

Kelenturan ini yang menyebabkan minivan menjadi multi guna. Bisa jadi wahana pengangkut keluarga besar, menjadi ‘ruang rapat’ untuk empat orang (memutar kursi baris kedua ke belakang), jadi tempat tidur, untuk membawa sepeda, membawa barang belanja, atau apa saja yang anda inginkan. Itulah mengapa disebut multi purpose vehicle. Serena adalah multi purpose vehicle dengan kenyaman plus.

Layanan plus

Varian Highway Star menawarkan layanan car entertainment dengan LCD monitor yang berfungsi untuk TV, VCD, DVD, CD, MP3 dan Radio. Monitor ini secara otomotif akan menayangkan situasi di belakang mobil yang ketika tuas transmisi di posisikan reverse. Gambar itu diambil oleh kamera yang diletakkan di ujung atap belakang. Pada varian standar. Monitor diganti radio cassette CD 2DIN sementara kamera diganti spion belakang.

Fitur menarik lainnya adalah electric sliding door. Pintu geser di dua sisi Serena yang berukuran lebar ini di operasikan dengan empat cara; tombol di ruang kemudi, tombol di pilar B, remote control dan pegangan pintu.

Satu sentuhan ringan pada tombol, pintu akan bergeser menutup/membuka dengan lembut tanpa suara. Kerja pintu tidak terpengaruh posisi berhenti mobil. Di tanjakan/turunan tetap dapat dioperasikan dengan mudah. Untuk keamanan, bila ada objek yang menghalangi geraknya, maka secara otomatis pintu berbalik arah. Demikian pula tombol di pilar B, tidak dapat digunakan untuk membuka pintu, sehingga aman untuk anak-anak.

Fitur-fitur menarik lainnya adalah AC depan dan belakang otomatis dengan kontrol heater tipe putar dan aman terhadap ozone. Untuk kenyamana juga disedikan meja lipat di depan dengan empat tempat minum. Untuk kemudahan penumpang berjalan didalam kabin, rem parkir diubah dari tipe tuas tangan ke pedal kaki. Karena ini minivan, lumrah bila ada bejibun tempat penyimpanan, mulai dari disekitar dashboard, di pintu, di belakang kursi dan tempat-tempat lain.

Mesin generasi baru QR20DE yang memproduksi 147 hp/6000 rpm dan torsi maksimum 189 Nm/4000 rpm cukp responsif dan ramah lingkungan. Seluruhnya menggunakan transmisi automatic 4-speed guna memanjakan pengemudi menembus lebatnya lalulintas jalanan.

Kenyaman dan kelincahan berkendara juga ditentukan lewat penggunaan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang multi link. Sedangkan pengereman di kontrol lewat cakram berdiameter 15 inch.

Karena ini mobil keluarga, tentunya faktor keselamatan sangat penting. Nissan melengkapi dengan dengan lampu depan berukuran besar (CSR/Comples Surface Reflector), reverse camera dan kaca spion berukuran lebar. Dalam list active safety Serena, terdapat ABS, EBD, Brake Assist yang membantu kerja rem cakram 15 inch. Sementara keamanan pasif bertumpu pada kekuatan struktur yang kuat dari Zone Body, rancangan interior bagian atas yang melindungi kepala bila terjadi benturan, SRS Airbag ganda di depan, sabuk pengaman tiga titik pada seluruh kursi plus lap belt pada kursi baris kedua.

Ditargetkan 300 – 500 unit perbulan mengisyaratkan keyakinan Nissan bermain di segmen ini sekaligus memberikan ancaman langsung pada pemain lama yang enggan berbenah. Lebih-lebih kabar kedatangan Honda Odysses ex ATPM semakin kuat, pasar minivan akan makin panas. Meskipun Nissan tidak memposisikan Serena sebagai rival Kijang Innova karena berada pada spektrum harga yang berbeda, terbuka peluang lapis teratas dari struktur konsumen Kijang Innova bisa berpindah ke Serena.

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Nissan 'New' Serena : Old or new?

Post by edward »

Herry wrote:Is this facelift of Nissan Serena??
Edited,revisi ataupun versi facelift,yg jelas model rear lamp nya berbeda dg yg mau diluncurkan di indo.

Btw versi mana tuh new serena?

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Photo bung Herrynya Serena itu bukan facelift, tapi versi Serena di Taiwan yang namanya Nissan QR-V. Sudah lama exist di situ. Jadi itu malah old model yang khusus untuk Taiwan. Yang di Indo lebih manis saya bilang.

Dan kemarin saya ke Toyota ambil brochure Innova (sudah ada !). Hmm. Not bad, tapi reformasi Kijang sampai 75 %. Belum 100%. Why ? Versi V yang class Krista ternyata tetap belum ada airbag. Katanya mau airbag harus ambil yang versi 2700 cc V6 yang harganya pasti mendekati 250 juta.

Dan bangkunya ngak bisa sepintar Serena, ngak bisa jadi ranjang, ngak bisa di putar. Dan saudara saya bilang (dia dari keluarga yang lama pakai Kijang) kali ini Innova bentuknya kurang bagus. Ngak seperti mobil mahal. Malah Toyota Wish lebih keren.

Ngak percaya, silahkan ke dealer Auto2000 dan lihat brochurenya. Nah yang mau ambil versi V yang harganya sekitar 215 juta, saya anjurkan, sudahlah, ambil Serena standard saja yang 233 juta, yang sudah lebi complit dan pintar, atau Highway Star !

Dan baca Top Gear edisi August. Di bahas Serena baru, Kijang Innova dan Suzuki APV. Edisi yang penuh info menarik. Top Gear terkenal Kritis dan ngak pandang bulu dengan ATPM terkenal. Kali ini mereka 100% puji Serena, ngak ada yang bisa mereka Kritis kali ini. Dan APV juga mereka suka, malah mereka bilang interior APV sedikit lebi lega di banding Kijang Capsul ! Demikian ruang kakinya !
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Dari sales kit Kijang Innova, terdapat bahwa ruang kepala untuk produk tersebut sbb:

Ruang Kepala Kijang Innova Serena (dari website)
Depan (mm) 935 955 1.045/1.035
Baris Kedua (mm) 915 950 1.045
Baris Ketiga (mm) 905 887 955/940

Jadi tampaknya Innova kalah ama Serena dari segi ruang kepala, dan bahkan kalah ama kapsul di baris ketiga. For me this matters!!
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

new 206 facelift dah make tiptronik, nurut berita di kompas. dan rencananya akan mulai dirakit diInd mulai bulan 10. Berita selengkapnya bisa dibaca di http://www.kompas.com/otomotif/news/0407/30/201740.htm
Thanks buat info lengkapnya bung !
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Ya sudah, berarti tancap terus ke New SERENA. Dan yang pasti INNOVA paling mewah pun tetap tidak bisa melawan New SERENA.

Gw liat aja memang New SERENA bagus sekali sebagai MPV sejati. Bahkan belum ada rival yang bisa menyaingi keluasan dan kenyamanan berkendara. Stream ? Oh No... ini kan ngga luas sampe barisan ketiga ! Walopun harga kurang lebih sama...