inuendo wrote:jadi mikir andai mobil sejuta umat itu yg bikin dan mengeluarkan adalah group GM, dijual 100jt an pun sepertinya gak selaku kalo dikeluarin sama produsen sekarang...
alasanya pasti jualnya lagi susah depresiasinya jatuh
Untuk orang kebanyakan (bukan kaum2 tajir), beli mobil itu bukan hanya mao dipake 6 bulan lalu dibuang, melainkan jauh lebih lama daripada itu. Karena mobil itu harganya mahal, jadi kalo mobil itu "rusak" (atau gak sesuai dengan ekspektasi pemiliknya mula2), biasanya diperbaiki sama pemiliknya, bukan dibuang seperti kalo beli hp atau beli tv.
Jadi beli mobil itu sama aja kaya bikin komitmen jangka pendek/menengah bahwa kita bakalan bersama2 dengan mobil itu untuk bbrp tahun kedepan sampe waktunya ganti mobil lagi (sampe duitnya kumpul lagi).
Sama spt pernikahan, sehabis mobil itu anda bawa pulang dari showroom, maka apapun yg terjadi pada mobil itu (kejadian kecelakaan, serempet2, dll) dan segala "sifat2" yg dibawa oleh mobil itu (rewel, boros, sering rusak, dll) akan menjadi tanggung jawab anda sendiri. Si showroom gak bakalan mao terima kalo anda mao pulangin mobil tsb.
toyota/honda itu udah lama jualan mobil disini, dan produk2 mereka pun terkenal dengan "sifat2" yg: jarang rusak, easy maintenance, spart part gak gitu mahal, service dimana2 banyak, lumayan irit, dll.
Sedangkan pemain2 baru, contohnya proton, bukannya produk mereka jelek tapi belom ketauan aja "sifat2"nya gimana.
Nah kalo ada calon konsumen yg biasa2 aja (yg nyari duit dengan susah payah, bukan kaum tajir) lagi pengen cari mobil, maka dia akan cenderung berkomitmen dengan produk2 toyota/honda yg udah dia kenal dari jaman baheula. Memang gak semua calon konsumen spt itu, tapi pasti kebanyakan iya.
Pertanyaannya: apakah mereka semua salah/engga kritis/bodoh kalo milih mobil yg "sifat2"nya udah mereka kenal untuk berkomitmen?
Ttg concern bro Inuendo, karena toyota/honda udah lama main disini, maka mereka mempunyai keunggulan di sektor REPUTASI. Itu adalah keunggulan produk2 yg udah lama main disini. Ini berlaku disemua industri, bukan cuma otomotif (dari jualan bakmi ayam sampe jualan kapal tanker, pasti yg lebih lama berkecimpung, yg lebih terkenal produknya).
Makanya merek2 toy/honda itu berlomba2 berinvenstasi disini, bagusin jalur distribusi spare part mereka, buka BERES sebanyak2nya, masukkin model2 baru dgn cepat, dulu waktu ekonomi hampir ambruk mereka mati-matian bertahan disini (engga kabur pas jualannya seret), thn 70an waktu saingannya sesama jepang belum mao/ogah2an berinventasi disini karena cuma sedikit sekali orang yg bisa beli mobil, mereka mao mulai investasi, dulu waktu pasar mobil indo masih dikuasai produsen eropa/amerika, toyota/honda tetep persistent jualan mobil, dll.....
Kenapa mereka mao lakukan itu semua? Karena mereka mao mempertahankan reputasi mereka disini.
Nah kalo menilik pemikiran bro Inuendo, apakah seharusnya faktor REPUTASI ini engga exists? Jadi produk baru dengan produk lama seharusnya dipandang sejajar gitu?
Kalo anda berpikiran bahwa reputasi ini seharusnya gak exists, maka pasti banyak "fenomena" kehidupan yg anda bingung: Orang2 yg lagi ngantri di dokter spesialis ternama yg mahal anda pasti bilang "bodoh" semua; Mending ke dokter spesialis baru yg lebih murah, ruang prakteknya bagus, alat2 kedokterannya lebih canggih, dsb
Tapi REPUTASI ini sifatnya gak kekal. Reputasi ini bisa bikin konsumen untuk dateng ke showroom dan beli mobilnya. Setalah mobil dibawa pulang, maka "sifat2" mobilnya lah yg bikin konsumen mao stick di merek ini atau pindah ke merek lain.
Jadi yg sebenernya konsumen ingini adalah sifat2 yg dibawa oleh merek tertentu, bukan mereknya tok.
Kalo mereka beli toyota dan gak sesuai dengan ekspektasinya, maka besok2 pasti ogah beli toyota lagi, begitu juga GM....sekarang beli GM dan puas, besok2 beli merek GM gak mikir 2 kali.
Jadi rasanya terlalu sempit kalo kita bilang bahwa "coba kalo mobil ini ditempel merek GM pasti gak laku":
1. Pertama karena produsen toyota pasti gak mao mobilnya ditempel merek GM. Mobil merek toyota pasti mempunyai sifat2 toyota, bukan GM.
Gak ada orang beli merek GM dapetnya sifat2 toyota, dan sebaliknya.
2. Bbrp tahun dari sekarang belum tentu GM jadi underdog terus. Kalo produknya konsisten bagus dan investasinya kenceng disini bukan engga mungkin konsumen banyak yg beralih ke GM.
Kalo ngomongin resale value itu bukan cuma hanya dari merek, tapi itung2an nya udah ngejelimet karena resale value itu adalah persepsi masyarakat ttg value sebuah mobil bekas pada saat ini ATAU juga bisa disimpulkan: "value dari sisa suatu mobil yg masih berguna untuk si tangan kedua", itungannya engga sesimple sticker price yg dikasi oleh produsen, tapi ini udah konsumen yg menilai.