Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

supergiant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Jan 04, 2010 22:45
Location: malang
Daily Vehicle: avanza + panther AT and 2KD on weekend

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by supergiant »

Oke terimakasih ya suhu bsetiawan
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dieselmani4 »

Turboman wrote: Sat Jan 18, 2020 6:56 Boost Controller ya utk mengatur Boost Pressure sesuai target yg diinginkan

tentu sesuai kemampuan Turbo juga

Kalo Turbo 2KD byk yg bilang kuat sampe 1,2 bar, kalo saya sih Max 1,1 bar aja utk amannya

Dalam setting boost perhtungkan juga Faktor boost spike......misal set boost max 1,1 bar, kadang2 bisa aja spike ke 1,2 walau cuman sepersekian detik
Dieselmani4 wrote:
Turboman wrote: Tue Jan 14, 2020 14:52
Om Turbo, saya kan dah remap dpt 165-170Hp nih. Trus kalo saya pasang FMIC, gak perlu tuning remap lg kan? Misal saya gk perlu naikin Hp dan torsi lagi (cukup segini aja). apa penambahan IC ini akan bikin lag tambah banyak?
Gak perlu

cukup pasang Boost Controller aja jika belom ada

set boost max 1,1 bar aja utk amannya

dan boost meter, utk jaga2 jika ada piping bocor lgs ketauan
Om Turbo, boost controller itu utk menjaga agar tekanan boost tidak melebihi setting ya? Jd pas tekanan naek, dia langsung buka valve ngebuang tekanan? Mohon koreksi kalo salah.
Nah tekanan sampe 1.2bar itu darimana datengnya? Apa dari kompresi putaran turbo? Ketika rpm naek, tekanan naek gitu om?
[/quote]

Om Turbo pakai boost controller merk apa, beli dimana, dc berapa.
Waktu remap kmrn saya liat wastegate diganjel baut tebel. Emang prosedurnya gitu ya?
Kentang08
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Aug 19, 2018 17:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Pajero exceed

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Kentang08 »

Malam semua suhu2.
Saya mau curhat panjang ttg mbl saya.
1,5 thn lalu saya ada beli innova 2008. Diesel G AT. Kilometer sudah cukup tinggi. Tapi rawatan bengkel resmi. Saya cek sendiri mblnya juga cukup segar. Memang pada saat saya test drive. Pada saat start awal mau jalan. Mobil terasa lemot. Tp saya pikir paling filter2 kotor dan butuh purging sdh cukup. Akhirnya saya tebus kah mbl tsb krn sudah kadung suka. Satu minggu setelah tebus. Saya lgsg bawa jalan jkt-bandung. Agak tersiksa ternyata. Mbl terasa lemot. Bahkan pada saat di hotel di kota bdg, mau najak kelur parkir basement saja mblnya ga sanggup nanjak. Harus ancang2 agak jauh. Baru sanggup nanjak.
Pulang dari bdg, lgsg saya ganti oli mesin, filter oli, purging, filter solar. Filter udara msh sangat bagus. Ekspektasi saya hrsnya sdh kembali normal tenaganya. Krn saya pernah bawa innova diesel 2010 dan 2011 tenaganya ga separah ini lemotnya. Ternyata hanya sedikit membaik. Saya coba bersihkan egr. throttle body juga. Akhirnya egr saya tutup. Wastegate saya ganjel 3 ring. Itu tenaga sdh membaik tp belum ketahap mbl yg tenaganya normal. Alias msh kategori lemot. Akhirnya saya agak pasrah. Saya pake2 dulu saja.
Bulan 9 thn kmrn, petaka terjadi. Di tol jorr cakung saya lg speed 80km/h, saya lg akselerasi, posisi gigi 3 mau masuk lari 100km/h. Tiba2 engine ada bunyi bletak, dan lgsg stall. Jarum rpm 0. Indikator posisi spt lg check engine. Saya liat temperatur aman di bwh setengah. Sambil gliding sisaan speed td, saya minggir ke bahu jalan. Ada kira2 30 menit saya nunggu mesin spy lbh dingin, sambil cek ada rembea atau cairan apa yg keluar dr blok mesin. Jujur saya kira stang piston patah dan hajar blok mesin atau timing belt putus. Ternyata ga ada tanda2 apa pun. Saya coba angkat dipstick ternyata oli sudah tdk tersentuh oleh dipstick. Wah. Kurang oli. Saya coba beranikan diri utk starter engine. Lgsg nyala, tp langsung kasar ada bunyi tek tek tek. Saya cuma bs pasrah, saya coba cari bgkl terdekat. Setir cuma pelan2 sekali. Spy ga memperparah. Saya cari bgkl utk beli oli. Saya isi kira2 2 liter utk darurat saja. Lgsg saya bw plg mblnya.
Bsk nya sy msk bengkel, lgsg vonis turun mesin. Hrs cek seluruhnya. Mesin di bongkar. Dan akhirnya di diagnosa, dinding liner sdh kemakan. Oli msk ruang bakar. Akhirny di putus kan utk ganti boring liner. Oversize di kembalikan 0. Beli piston dan ring original. Oversize 0. Metal duduk, metal jalan, metal setengah jalan. Semua di ganti. Packing set ganti. Thermostat sekalian ganti. Selang radiator ganti atas bawah.
Nah, yg jd mslh skrg. Mbl terasa sangat lemot. Tadinya sblm turun mesin sdh lemot, skrg malah tmbh lemot. Kmrn akhir tahun saya bawa jkt sby. Utk lari 100km/jam Arah jkt-sby via tol. Itu sangat sulit. Hrs overdrive ke gigi 3. Itu jg sdh di paksa bejek habis baru sanggup lari 100km/h.
Jujur budget saya sdh habis utk bnrin mbl. Tp sampe skrg mbl kondisinya ga enak banget. Powernya drop bgt. Kira2 ada miss dimana ya. Sdh cek timing belt. Titiknya sdh bnr. Filter solar sdh saya ganti original dan kuras tangki. Msh ga efek. Mbl terasa ga ada tenaga. Kalo cuaca adem atau hujan, itu terasa enak. Tp kl cuaca panas. Sangat parah. Tenaganya kaya hilang.
Kalo posisi pagi2 baru di hidupkan. Lgsg kita bawa jalan. Di injak gas, rpm hampir ga mau reaksi utk naik. Jd kaya ngempos gitu. Kira2 mslh dimana ya suhu2. Jujur saya hopeless. Mbl satu2nya dan budget sudah habis. Krn ga sangka turun mesin dan belanja barang2nya semahal itu.
Terima kasih mimin dan suhu2.
aldilee18
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Sun Dec 22, 2013 1:10
Location: Jakarta utara
Daily Vehicle: Fortuner d4d 2012

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by aldilee18 »

waktu turun mesin, turbo nya di cek ga? masih bagus? jgn2 turbo jebol/ga berfungsi, sebab waktu kekurangan oli itu, turbo jg akan kekurangan pelumasan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

Kentang08 wrote:Malam semua suhu2.
Saya mau curhat panjang ttg mbl saya.
1,5 thn lalu saya ada beli innova 2008. Diesel G AT. Kilometer sudah cukup tinggi. Tapi rawatan bengkel resmi. Saya cek sendiri mblnya juga cukup segar. Memang pada saat saya test drive. Pada saat start awal mau jalan. Mobil terasa lemot. Tp saya pikir paling filter2 kotor dan butuh purging sdh cukup. Akhirnya saya tebus kah mbl tsb krn sudah kadung suka. Satu minggu setelah tebus. Saya lgsg bawa jalan jkt-bandung. Agak tersiksa ternyata. Mbl terasa lemot. Bahkan pada saat di hotel di kota bdg, mau najak kelur parkir basement saja mblnya ga sanggup nanjak. Harus ancang2 agak jauh. Baru sanggup nanjak.
Pulang dari bdg, lgsg saya ganti oli mesin, filter oli, purging, filter solar. Filter udara msh sangat bagus. Ekspektasi saya hrsnya sdh kembali normal tenaganya. Krn saya pernah bawa innova diesel 2010 dan 2011 tenaganya ga separah ini lemotnya. Ternyata hanya sedikit membaik. Saya coba bersihkan egr. throttle body juga. Akhirnya egr saya tutup. Wastegate saya ganjel 3 ring. Itu tenaga sdh membaik tp belum ketahap mbl yg tenaganya normal. Alias msh kategori lemot. Akhirnya saya agak pasrah. Saya pake2 dulu saja.
Bulan 9 thn kmrn, petaka terjadi. Di tol jorr cakung saya lg speed 80km/h, saya lg akselerasi, posisi gigi 3 mau masuk lari 100km/h. Tiba2 engine ada bunyi bletak, dan lgsg stall. Jarum rpm 0. Indikator posisi spt lg check engine. Saya liat temperatur aman di bwh setengah. Sambil gliding sisaan speed td, saya minggir ke bahu jalan. Ada kira2 30 menit saya nunggu mesin spy lbh dingin, sambil cek ada rembea atau cairan apa yg keluar dr blok mesin. Jujur saya kira stang piston patah dan hajar blok mesin atau timing belt putus. Ternyata ga ada tanda2 apa pun. Saya coba angkat dipstick ternyata oli sudah tdk tersentuh oleh dipstick. Wah. Kurang oli. Saya coba beranikan diri utk starter engine. Lgsg nyala, tp langsung kasar ada bunyi tek tek tek. Saya cuma bs pasrah, saya coba cari bgkl terdekat. Setir cuma pelan2 sekali. Spy ga memperparah. Saya cari bgkl utk beli oli. Saya isi kira2 2 liter utk darurat saja. Lgsg saya bw plg mblnya.
Bsk nya sy msk bengkel, lgsg vonis turun mesin. Hrs cek seluruhnya. Mesin di bongkar. Dan akhirnya di diagnosa, dinding liner sdh kemakan. Oli msk ruang bakar. Akhirny di putus kan utk ganti boring liner. Oversize di kembalikan 0. Beli piston dan ring original. Oversize 0. Metal duduk, metal jalan, metal setengah jalan. Semua di ganti. Packing set ganti. Thermostat sekalian ganti. Selang radiator ganti atas bawah.
Nah, yg jd mslh skrg. Mbl terasa sangat lemot. Tadinya sblm turun mesin sdh lemot, skrg malah tmbh lemot. Kmrn akhir tahun saya bawa jkt sby. Utk lari 100km/jam Arah jkt-sby via tol. Itu sangat sulit. Hrs overdrive ke gigi 3. Itu jg sdh di paksa bejek habis baru sanggup lari 100km/h.
Jujur budget saya sdh habis utk bnrin mbl. Tp sampe skrg mbl kondisinya ga enak banget. Powernya drop bgt. Kira2 ada miss dimana ya. Sdh cek timing belt. Titiknya sdh bnr. Filter solar sdh saya ganti original dan kuras tangki. Msh ga efek. Mbl terasa ga ada tenaga. Kalo cuaca adem atau hujan, itu terasa enak. Tp kl cuaca panas. Sangat parah. Tenaganya kaya hilang.
Kalo posisi pagi2 baru di hidupkan. Lgsg kita bawa jalan. Di injak gas, rpm hampir ga mau reaksi utk naik. Jd kaya ngempos gitu. Kira2 mslh dimana ya suhu2. Jujur saya hopeless. Mbl satu2nya dan budget sudah habis. Krn ga sangka turun mesin dan belanja barang2nya semahal itu.
Terima kasih mimin dan suhu2.
Cek Kompresi

Cek sistem injeksi / SCV / kalo perlu servis injector nya (ganti parts2 injector yg udah aus)

Turbo normal ? bacaan boost gimana

Beli mobilnya lgs dr ownernya / dari showroom ?
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Givrun »

Kentang08 wrote: Sun Jan 26, 2020 18:32 Malam semua suhu2.
Saya mau curhat panjang ttg mbl saya.
1,5 thn lalu saya ada beli innova 2008. Diesel G AT. Kilometer sudah cukup tinggi. Tapi rawatan bengkel resmi. Saya cek sendiri mblnya juga cukup segar. Memang pada saat saya test drive. Pada saat start awal mau jalan. Mobil terasa lemot. Tp saya pikir paling filter2 kotor dan butuh purging sdh cukup. Akhirnya saya tebus kah mbl tsb krn sudah kadung suka. Satu minggu setelah tebus. Saya lgsg bawa jalan jkt-bandung. Agak tersiksa ternyata. Mbl terasa lemot. Bahkan pada saat di hotel di kota bdg, mau najak kelur parkir basement saja mblnya ga sanggup nanjak. Harus ancang2 agak jauh. Baru sanggup nanjak.
Pulang dari bdg, lgsg saya ganti oli mesin, filter oli, purging, filter solar. Filter udara msh sangat bagus. Ekspektasi saya hrsnya sdh kembali normal tenaganya. Krn saya pernah bawa innova diesel 2010 dan 2011 tenaganya ga separah ini lemotnya. Ternyata hanya sedikit membaik. Saya coba bersihkan egr. throttle body juga. Akhirnya egr saya tutup. Wastegate saya ganjel 3 ring. Itu tenaga sdh membaik tp belum ketahap mbl yg tenaganya normal. Alias msh kategori lemot. Akhirnya saya agak pasrah. Saya pake2 dulu saja.
Bulan 9 thn kmrn, petaka terjadi. Di tol jorr cakung saya lg speed 80km/h, saya lg akselerasi, posisi gigi 3 mau masuk lari 100km/h. Tiba2 engine ada bunyi bletak, dan lgsg stall. Jarum rpm 0. Indikator posisi spt lg check engine. Saya liat temperatur aman di bwh setengah. Sambil gliding sisaan speed td, saya minggir ke bahu jalan. Ada kira2 30 menit saya nunggu mesin spy lbh dingin, sambil cek ada rembea atau cairan apa yg keluar dr blok mesin. Jujur saya kira stang piston patah dan hajar blok mesin atau timing belt putus. Ternyata ga ada tanda2 apa pun. Saya coba angkat dipstick ternyata oli sudah tdk tersentuh oleh dipstick. Wah. Kurang oli. Saya coba beranikan diri utk starter engine. Lgsg nyala, tp langsung kasar ada bunyi tek tek tek. Saya cuma bs pasrah, saya coba cari bgkl terdekat. Setir cuma pelan2 sekali. Spy ga memperparah. Saya cari bgkl utk beli oli. Saya isi kira2 2 liter utk darurat saja. Lgsg saya bw plg mblnya.
Bsk nya sy msk bengkel, lgsg vonis turun mesin. Hrs cek seluruhnya. Mesin di bongkar. Dan akhirnya di diagnosa, dinding liner sdh kemakan. Oli msk ruang bakar. Akhirny di putus kan utk ganti boring liner. Oversize di kembalikan 0. Beli piston dan ring original. Oversize 0. Metal duduk, metal jalan, metal setengah jalan. Semua di ganti. Packing set ganti. Thermostat sekalian ganti. Selang radiator ganti atas bawah.
Nah, yg jd mslh skrg. Mbl terasa sangat lemot. Tadinya sblm turun mesin sdh lemot, skrg malah tmbh lemot. Kmrn akhir tahun saya bawa jkt sby. Utk lari 100km/jam Arah jkt-sby via tol. Itu sangat sulit. Hrs overdrive ke gigi 3. Itu jg sdh di paksa bejek habis baru sanggup lari 100km/h.
Jujur budget saya sdh habis utk bnrin mbl. Tp sampe skrg mbl kondisinya ga enak banget. Powernya drop bgt. Kira2 ada miss dimana ya. Sdh cek timing belt. Titiknya sdh bnr. Filter solar sdh saya ganti original dan kuras tangki. Msh ga efek. Mbl terasa ga ada tenaga. Kalo cuaca adem atau hujan, itu terasa enak. Tp kl cuaca panas. Sangat parah. Tenaganya kaya hilang.
Kalo posisi pagi2 baru di hidupkan. Lgsg kita bawa jalan. Di injak gas, rpm hampir ga mau reaksi utk naik. Jd kaya ngempos gitu. Kira2 mslh dimana ya suhu2. Jujur saya hopeless. Mbl satu2nya dan budget sudah habis. Krn ga sangka turun mesin dan belanja barang2nya semahal itu.
Terima kasih mimin dan suhu2.
Start pagi susah ? Asep tebal ?
Ada gejala brebet kayak tekor solar gak d tol ?
Sdh prnah kalibrasi injeksi ?
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by benzz89 »

Kalau rawatan beres sih harusnya jelas yah historical servicenya, kapan ganti oli mesin, transmisi, gardan dll. Tapi bagaimanapun kalau ane jadi Om, pas habis beli pasti ane langsung ganti seluruh cairan2 di mobil tsb demi peace of mind ane sendiri, terutama oli mesin, transmisi & gardan karena ke 3 oli ini yang sangat berpengaruh terhadap akselerasi mobil. Mau sekalian ama purging yah akan lebih baik lagi.

Minyak rem, oli power steering & radiator coolent biasanya lebih panjang masa pakai umurnya, mau diganti sekalian yah lebih baik, tapi bisa di cek juga pakai alat untuk minyak rem apakah kadar airnya masih sedikit, oli power steering juga bisa di cek secara visual dari warnanya. Radiator coolent gak terlalu mahal & umurnya pakainya panjang, mau flushing sekalian yah lebih baik.

Intinya oli2 & cairan2 baiknya diganti pas habis eksekusi mobil second, baru om lebih tenang untuk bawa jarak jauh, bukan sebaliknya. Apalagi waktu tes kan Om sudah berasa lemot itu mobil, harusnya ada perhatian lebih lagi untuk beberes sampai kondisi normal baru hati lebih tenang.

Yang ane baca sepertinya Om blom ada ganti oli transmisi & gardannya. Pengalaman beli dari baru fortuner 2kd sampai km 40 ribuan oli gardan gak pernah ganti, padahal ane sudah bilang mau ganti ke SA auto 2000 sejak service 10 ribu & 20 ribu. SA bilang jadwal ganti oli gardan 80 ribu (sesuai buku service rutin).

Di Km 40 ribu itu berat sekali mobilnya, akselerasi boyo/lemot. Ane bingung kenapa yah ini mobil? Ane konsul ke bengkel non resmi (sudah malas ke beres lagi). Akhirnya oli transmisi di ganti full 12 liter (karena blom pernah ganti sama sekali dari baru) di tes masih boyo juga, bingung... Akhirnya ganti oli gardan (blom pernah ganti juga sejak baru) baru ngacir itu fortuner ane.

Dalam ati kampr*t itu SA beres, kalau kita ikutin buku service bisa jebol itu transmisi matic & gardan ane. Matic kalau gak salah ganti di 100 ribu & gardan di 80 ribu kalau ikut buku service, kenyataannya di 40 ribu itu oli gardan sudah kaya air comberan hitamnya & gram2nya nempel tebel di bautnya. Padahal sudah berkali2 ane minta ganti tapi kata SA nya gak perlu karena ganti di 80 ribu, lagian ngapain juga buang2 uang kata SA nya waktu itu, dalam ati ane bener juga, tapi kenyataannya di 40 ribu sudah berat sekali.

Kedua waktu kejadian mesin bunyi keras & stall di jalan, jangan di paksa jalan lagi dong om, paling aman di derek aja sampai bengkel terdekat atau sekalian ke bengkel kepercayaan om, menghindari jeroan mesin tambah babak belur apalagi oli nya sudah gak ada waktu cek deep stick, sangat2 beresiko hanya demi untuk cari oli buat top up. Menurut ane sudah gak penting top up oli lagi kalau mesin sudah bunyi beletak keras & langsung stall seperti itu berbanding dengan tambah hancurnya jeroan internal mesin berikut turbonya, karena turbo juga butuh pelumasan dari oli mesin. IMHO.

Kalau memang oli gardan & transmisi belum di ganti, coba ganti dulu om, semoga ada perbaikan, maaf gak bisa bantu banyak [emoji120]
Kentang08 wrote:Malam semua suhu2.
Saya mau curhat panjang ttg mbl saya.
1,5 thn lalu saya ada beli innova 2008. Diesel G AT. Kilometer sudah cukup tinggi. Tapi rawatan bengkel resmi. Saya cek sendiri mblnya juga cukup segar. Memang pada saat saya test drive. Pada saat start awal mau jalan. Mobil terasa lemot. Tp saya pikir paling filter2 kotor dan butuh purging sdh cukup. Akhirnya saya tebus kah mbl tsb krn sudah kadung suka. Satu minggu setelah tebus. Saya lgsg bawa jalan jkt-bandung. Agak tersiksa ternyata. Mbl terasa lemot. Bahkan pada saat di hotel di kota bdg, mau najak kelur parkir basement saja mblnya ga sanggup nanjak. Harus ancang2 agak jauh. Baru sanggup nanjak.
Pulang dari bdg, lgsg saya ganti oli mesin, filter oli, purging, filter solar. Filter udara msh sangat bagus. Ekspektasi saya hrsnya sdh kembali normal tenaganya. Krn saya pernah bawa innova diesel 2010 dan 2011 tenaganya ga separah ini lemotnya. Ternyata hanya sedikit membaik. Saya coba bersihkan egr. throttle body juga. Akhirnya egr saya tutup. Wastegate saya ganjel 3 ring. Itu tenaga sdh membaik tp belum ketahap mbl yg tenaganya normal. Alias msh kategori lemot. Akhirnya saya agak pasrah. Saya pake2 dulu saja.
Bulan 9 thn kmrn, petaka terjadi. Di tol jorr cakung saya lg speed 80km/h, saya lg akselerasi, posisi gigi 3 mau masuk lari 100km/h. Tiba2 engine ada bunyi bletak, dan lgsg stall. Jarum rpm 0. Indikator posisi spt lg check engine. Saya liat temperatur aman di bwh setengah. Sambil gliding sisaan speed td, saya minggir ke bahu jalan. Ada kira2 30 menit saya nunggu mesin spy lbh dingin, sambil cek ada rembea atau cairan apa yg keluar dr blok mesin. Jujur saya kira stang piston patah dan hajar blok mesin atau timing belt putus. Ternyata ga ada tanda2 apa pun. Saya coba angkat dipstick ternyata oli sudah tdk tersentuh oleh dipstick. Wah. Kurang oli. Saya coba beranikan diri utk starter engine. Lgsg nyala, tp langsung kasar ada bunyi tek tek tek. Saya cuma bs pasrah, saya coba cari bgkl terdekat. Setir cuma pelan2 sekali. Spy ga memperparah. Saya cari bgkl utk beli oli. Saya isi kira2 2 liter utk darurat saja. Lgsg saya bw plg mblnya.
Bsk nya sy msk bengkel, lgsg vonis turun mesin. Hrs cek seluruhnya. Mesin di bongkar. Dan akhirnya di diagnosa, dinding liner sdh kemakan. Oli msk ruang bakar. Akhirny di putus kan utk ganti boring liner. Oversize di kembalikan 0. Beli piston dan ring original. Oversize 0. Metal duduk, metal jalan, metal setengah jalan. Semua di ganti. Packing set ganti. Thermostat sekalian ganti. Selang radiator ganti atas bawah.
Nah, yg jd mslh skrg. Mbl terasa sangat lemot. Tadinya sblm turun mesin sdh lemot, skrg malah tmbh lemot. Kmrn akhir tahun saya bawa jkt sby. Utk lari 100km/jam Arah jkt-sby via tol. Itu sangat sulit. Hrs overdrive ke gigi 3. Itu jg sdh di paksa bejek habis baru sanggup lari 100km/h.
Jujur budget saya sdh habis utk bnrin mbl. Tp sampe skrg mbl kondisinya ga enak banget. Powernya drop bgt. Kira2 ada miss dimana ya. Sdh cek timing belt. Titiknya sdh bnr. Filter solar sdh saya ganti original dan kuras tangki. Msh ga efek. Mbl terasa ga ada tenaga. Kalo cuaca adem atau hujan, itu terasa enak. Tp kl cuaca panas. Sangat parah. Tenaganya kaya hilang.
Kalo posisi pagi2 baru di hidupkan. Lgsg kita bawa jalan. Di injak gas, rpm hampir ga mau reaksi utk naik. Jd kaya ngempos gitu. Kira2 mslh dimana ya suhu2. Jujur saya hopeless. Mbl satu2nya dan budget sudah habis. Krn ga sangka turun mesin dan belanja barang2nya semahal itu.
Terima kasih mimin dan suhu2.
breakhar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Tue Nov 29, 2016 3:10

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by breakhar »

Kentang08 wrote: Sun Jan 26, 2020 18:32 Malam semua suhu2.
Saya mau curhat panjang ttg mbl saya.
1,5 thn lalu saya ada beli innova 2008. Diesel G AT. Kilometer sudah cukup tinggi. Tapi rawatan bengkel resmi. Saya cek sendiri mblnya juga cukup segar. Memang pada saat saya test drive. Pada saat start awal mau jalan. Mobil terasa lemot. Tp saya pikir paling filter2 kotor dan butuh purging sdh cukup. Akhirnya saya tebus kah mbl tsb krn sudah kadung suka. Satu minggu setelah tebus. Saya lgsg bawa jalan jkt-bandung. Agak tersiksa ternyata. Mbl terasa lemot. Bahkan pada saat di hotel di kota bdg, mau najak kelur parkir basement saja mblnya ga sanggup nanjak. Harus ancang2 agak jauh. Baru sanggup nanjak.
Pulang dari bdg, lgsg saya ganti oli mesin, filter oli, purging, filter solar. Filter udara msh sangat bagus. Ekspektasi saya hrsnya sdh kembali normal tenaganya. Krn saya pernah bawa innova diesel 2010 dan 2011 tenaganya ga separah ini lemotnya. Ternyata hanya sedikit membaik. Saya coba bersihkan egr. throttle body juga. Akhirnya egr saya tutup. Wastegate saya ganjel 3 ring. Itu tenaga sdh membaik tp belum ketahap mbl yg tenaganya normal. Alias msh kategori lemot. Akhirnya saya agak pasrah. Saya pake2 dulu saja.
Bulan 9 thn kmrn, petaka terjadi. Di tol jorr cakung saya lg speed 80km/h, saya lg akselerasi, posisi gigi 3 mau masuk lari 100km/h. Tiba2 engine ada bunyi bletak, dan lgsg stall. Jarum rpm 0. Indikator posisi spt lg check engine. Saya liat temperatur aman di bwh setengah. Sambil gliding sisaan speed td, saya minggir ke bahu jalan. Ada kira2 30 menit saya nunggu mesin spy lbh dingin, sambil cek ada rembea atau cairan apa yg keluar dr blok mesin. Jujur saya kira stang piston patah dan hajar blok mesin atau timing belt putus. Ternyata ga ada tanda2 apa pun. Saya coba angkat dipstick ternyata oli sudah tdk tersentuh oleh dipstick. Wah. Kurang oli. Saya coba beranikan diri utk starter engine. Lgsg nyala, tp langsung kasar ada bunyi tek tek tek. Saya cuma bs pasrah, saya coba cari bgkl terdekat. Setir cuma pelan2 sekali. Spy ga memperparah. Saya cari bgkl utk beli oli. Saya isi kira2 2 liter utk darurat saja. Lgsg saya bw plg mblnya.
Bsk nya sy msk bengkel, lgsg vonis turun mesin. Hrs cek seluruhnya. Mesin di bongkar. Dan akhirnya di diagnosa, dinding liner sdh kemakan. Oli msk ruang bakar. Akhirny di putus kan utk ganti boring liner. Oversize di kembalikan 0. Beli piston dan ring original. Oversize 0. Metal duduk, metal jalan, metal setengah jalan. Semua di ganti. Packing set ganti. Thermostat sekalian ganti. Selang radiator ganti atas bawah.
Nah, yg jd mslh skrg. Mbl terasa sangat lemot. Tadinya sblm turun mesin sdh lemot, skrg malah tmbh lemot. Kmrn akhir tahun saya bawa jkt sby. Utk lari 100km/jam Arah jkt-sby via tol. Itu sangat sulit. Hrs overdrive ke gigi 3. Itu jg sdh di paksa bejek habis baru sanggup lari 100km/h.
Jujur budget saya sdh habis utk bnrin mbl. Tp sampe skrg mbl kondisinya ga enak banget. Powernya drop bgt. Kira2 ada miss dimana ya. Sdh cek timing belt. Titiknya sdh bnr. Filter solar sdh saya ganti original dan kuras tangki. Msh ga efek. Mbl terasa ga ada tenaga. Kalo cuaca adem atau hujan, itu terasa enak. Tp kl cuaca panas. Sangat parah. Tenaganya kaya hilang.
Kalo posisi pagi2 baru di hidupkan. Lgsg kita bawa jalan. Di injak gas, rpm hampir ga mau reaksi utk naik. Jd kaya ngempos gitu. Kira2 mslh dimana ya suhu2. Jujur saya hopeless. Mbl satu2nya dan budget sudah habis. Krn ga sangka turun mesin dan belanja barang2nya semahal itu.
Terima kasih mimin dan suhu2.
bner kata om turbo om, sesuai anjuran beliau aja di cek turbo dan injectornya, atau ke bengkel lain di coba, misalkan alecon .. saya make 2008 MT km 280rb masih sehat sentosa sampe srkg 140-160 lancar jaya..
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Vicvic »

Kentang08 wrote: Sun Jan 26, 2020 18:32 Malam semua suhu2.
Saya mau curhat panjang ttg mbl saya.
1,5 thn lalu saya ada beli innova 2008. Diesel G AT. Kilometer sudah cukup tinggi. Tapi rawatan bengkel resmi. Saya cek sendiri mblnya juga cukup segar. Memang pada saat saya test drive. Pada saat start awal mau jalan. Mobil terasa lemot. Tp saya pikir paling filter2 kotor dan butuh purging sdh cukup. Akhirnya saya tebus kah mbl tsb krn sudah kadung suka. Satu minggu setelah tebus. Saya lgsg bawa jalan jkt-bandung. Agak tersiksa ternyata. Mbl terasa lemot. Bahkan pada saat di hotel di kota bdg, mau najak kelur parkir basement saja mblnya ga sanggup nanjak. Harus ancang2 agak jauh. Baru sanggup nanjak.
Pulang dari bdg, lgsg saya ganti oli mesin, filter oli, purging, filter solar. Filter udara msh sangat bagus. Ekspektasi saya hrsnya sdh kembali normal tenaganya. Krn saya pernah bawa innova diesel 2010 dan 2011 tenaganya ga separah ini lemotnya. Ternyata hanya sedikit membaik. Saya coba bersihkan egr. throttle body juga. Akhirnya egr saya tutup. Wastegate saya ganjel 3 ring. Itu tenaga sdh membaik tp belum ketahap mbl yg tenaganya normal. Alias msh kategori lemot. Akhirnya saya agak pasrah. Saya pake2 dulu saja.
Bulan 9 thn kmrn, petaka terjadi. Di tol jorr cakung saya lg speed 80km/h, saya lg akselerasi, posisi gigi 3 mau masuk lari 100km/h. Tiba2 engine ada bunyi bletak, dan lgsg stall. Jarum rpm 0. Indikator posisi spt lg check engine. Saya liat temperatur aman di bwh setengah. Sambil gliding sisaan speed td, saya minggir ke bahu jalan. Ada kira2 30 menit saya nunggu mesin spy lbh dingin, sambil cek ada rembea atau cairan apa yg keluar dr blok mesin. Jujur saya kira stang piston patah dan hajar blok mesin atau timing belt putus. Ternyata ga ada tanda2 apa pun. Saya coba angkat dipstick ternyata oli sudah tdk tersentuh oleh dipstick. Wah. Kurang oli. Saya coba beranikan diri utk starter engine. Lgsg nyala, tp langsung kasar ada bunyi tek tek tek. Saya cuma bs pasrah, saya coba cari bgkl terdekat. Setir cuma pelan2 sekali. Spy ga memperparah. Saya cari bgkl utk beli oli. Saya isi kira2 2 liter utk darurat saja. Lgsg saya bw plg mblnya.
Bsk nya sy msk bengkel, lgsg vonis turun mesin. Hrs cek seluruhnya. Mesin di bongkar. Dan akhirnya di diagnosa, dinding liner sdh kemakan. Oli msk ruang bakar. Akhirny di putus kan utk ganti boring liner. Oversize di kembalikan 0. Beli piston dan ring original. Oversize 0. Metal duduk, metal jalan, metal setengah jalan. Semua di ganti. Packing set ganti. Thermostat sekalian ganti. Selang radiator ganti atas bawah.
Nah, yg jd mslh skrg. Mbl terasa sangat lemot. Tadinya sblm turun mesin sdh lemot, skrg malah tmbh lemot. Kmrn akhir tahun saya bawa jkt sby. Utk lari 100km/jam Arah jkt-sby via tol. Itu sangat sulit. Hrs overdrive ke gigi 3. Itu jg sdh di paksa bejek habis baru sanggup lari 100km/h.
Jujur budget saya sdh habis utk bnrin mbl. Tp sampe skrg mbl kondisinya ga enak banget. Powernya drop bgt. Kira2 ada miss dimana ya. Sdh cek timing belt. Titiknya sdh bnr. Filter solar sdh saya ganti original dan kuras tangki. Msh ga efek. Mbl terasa ga ada tenaga. Kalo cuaca adem atau hujan, itu terasa enak. Tp kl cuaca panas. Sangat parah. Tenaganya kaya hilang.
Kalo posisi pagi2 baru di hidupkan. Lgsg kita bawa jalan. Di injak gas, rpm hampir ga mau reaksi utk naik. Jd kaya ngempos gitu. Kira2 mslh dimana ya suhu2. Jujur saya hopeless. Mbl satu2nya dan budget sudah habis. Krn ga sangka turun mesin dan belanja barang2nya semahal itu.
Terima kasih mimin dan suhu2.
Itu tahun 2008 masih pakai dpf di knalpotnya suruh bengkel lepas dpf nya om
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Vicvic »

Vicvic wrote: Mon Jan 27, 2020 5:53
Kentang08 wrote: Sun Jan 26, 2020 18:32 Malam semua suhu2.
Saya mau curhat panjang ttg mbl saya.
1,5 thn lalu saya ada beli innova 2008. Diesel G AT. Kilometer sudah cukup tinggi. Tapi rawatan bengkel resmi. Saya cek sendiri mblnya juga cukup segar. Memang pada saat saya test drive. Pada saat start awal mau jalan. Mobil terasa lemot. Tp saya pikir paling filter2 kotor dan butuh purging sdh cukup. Akhirnya saya tebus kah mbl tsb krn sudah kadung suka. Satu minggu setelah tebus. Saya lgsg bawa jalan jkt-bandung. Agak tersiksa ternyata. Mbl terasa lemot. Bahkan pada saat di hotel di kota bdg, mau najak kelur parkir basement saja mblnya ga sanggup nanjak. Harus ancang2 agak jauh. Baru sanggup nanjak.
Pulang dari bdg, lgsg saya ganti oli mesin, filter oli, purging, filter solar. Filter udara msh sangat bagus. Ekspektasi saya hrsnya sdh kembali normal tenaganya. Krn saya pernah bawa innova diesel 2010 dan 2011 tenaganya ga separah ini lemotnya. Ternyata hanya sedikit membaik. Saya coba bersihkan egr. throttle body juga. Akhirnya egr saya tutup. Wastegate saya ganjel 3 ring. Itu tenaga sdh membaik tp belum ketahap mbl yg tenaganya normal. Alias msh kategori lemot. Akhirnya saya agak pasrah. Saya pake2 dulu saja.
Bulan 9 thn kmrn, petaka terjadi. Di tol jorr cakung saya lg speed 80km/h, saya lg akselerasi, posisi gigi 3 mau masuk lari 100km/h. Tiba2 engine ada bunyi bletak, dan lgsg stall. Jarum rpm 0. Indikator posisi spt lg check engine. Saya liat temperatur aman di bwh setengah. Sambil gliding sisaan speed td, saya minggir ke bahu jalan. Ada kira2 30 menit saya nunggu mesin spy lbh dingin, sambil cek ada rembea atau cairan apa yg keluar dr blok mesin. Jujur saya kira stang piston patah dan hajar blok mesin atau timing belt putus. Ternyata ga ada tanda2 apa pun. Saya coba angkat dipstick ternyata oli sudah tdk tersentuh oleh dipstick. Wah. Kurang oli. Saya coba beranikan diri utk starter engine. Lgsg nyala, tp langsung kasar ada bunyi tek tek tek. Saya cuma bs pasrah, saya coba cari bgkl terdekat. Setir cuma pelan2 sekali. Spy ga memperparah. Saya cari bgkl utk beli oli. Saya isi kira2 2 liter utk darurat saja. Lgsg saya bw plg mblnya.
Bsk nya sy msk bengkel, lgsg vonis turun mesin. Hrs cek seluruhnya. Mesin di bongkar. Dan akhirnya di diagnosa, dinding liner sdh kemakan. Oli msk ruang bakar. Akhirny di putus kan utk ganti boring liner. Oversize di kembalikan 0. Beli piston dan ring original. Oversize 0. Metal duduk, metal jalan, metal setengah jalan. Semua di ganti. Packing set ganti. Thermostat sekalian ganti. Selang radiator ganti atas bawah.
Nah, yg jd mslh skrg. Mbl terasa sangat lemot. Tadinya sblm turun mesin sdh lemot, skrg malah tmbh lemot. Kmrn akhir tahun saya bawa jkt sby. Utk lari 100km/jam Arah jkt-sby via tol. Itu sangat sulit. Hrs overdrive ke gigi 3. Itu jg sdh di paksa bejek habis baru sanggup lari 100km/h.
Jujur budget saya sdh habis utk bnrin mbl. Tp sampe skrg mbl kondisinya ga enak banget. Powernya drop bgt. Kira2 ada miss dimana ya. Sdh cek timing belt. Titiknya sdh bnr. Filter solar sdh saya ganti original dan kuras tangki. Msh ga efek. Mbl terasa ga ada tenaga. Kalo cuaca adem atau hujan, itu terasa enak. Tp kl cuaca panas. Sangat parah. Tenaganya kaya hilang.
Kalo posisi pagi2 baru di hidupkan. Lgsg kita bawa jalan. Di injak gas, rpm hampir ga mau reaksi utk naik. Jd kaya ngempos gitu. Kira2 mslh dimana ya suhu2. Jujur saya hopeless. Mbl satu2nya dan budget sudah habis. Krn ga sangka turun mesin dan belanja barang2nya semahal itu.
Terima kasih mimin dan suhu2.
Itu tahun 2008 masih pakai dpf di knalpotnya suruh bengkel lepas dpf nya om
Dpf nya mampet om biasanya soalnya pake solar biasa
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Vicvic »

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

Bukan DPF

Katalik aja

diliat aja Donpep nya kalo model gembung (ada kataliknya) ya ganti dgn yg type Plong

Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Vicvic »

Maksud saya itu catalytic converter yg dpf tadi ralat ya
Kentang08
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Aug 19, 2018 17:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Pajero exceed

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Kentang08 »

Halo teman2. Sorry mgkn info ttg mbl nya krg lengkap.
- Start saat pagi mudah. Cuma kl lgsg di bawa jalan itu sangat ngempos.
- Knalpot bebas asap. Tidak ngebul.
- Belum cek kompresi krn tdk punya alatnya.
Tp kl di feeling, ini kompresi normal. Bunyi garing mesinnya standar. Suara mesin normal, ga ada bunyi2 aneh atau kasar.
- Beli direct owner bukan ke shwrm.
- Belum service injector dan scv (SCV apa ya)
- Mesin tdk brebet spt kekurangan solar
- Turbo kedengaran cukup normal. Saya cabut filter udara, terdengar siulan cukup keras.

Saya cuma asumsi. Kl peranti pendukung hrsnya ga bermslh ya. Krn sblm dan sesudah turun mesin ga di utak atik. Hrsnya performance lbh better sblm turun mesin. Krn ring piston dan piston sdh baru. Kompresi bagus lg.
memang bagian fuel supply blm ke sentuh sama sekali. Cuma ganti filsol dan kurang tangki. Krn jujur saya sdg kehabisan dana. Budget sdh habis utk turun mesin kmrn.

Saya cuma berharap siapa tau, saya ada miss di hal kecil yg butuh dana seadanya utk di perbaiki. Atau mungkin teman2 ada referensi bgkl yg spesialis innova diesel. Jd cepat dan tepat sasaran diagnosanya. Kl seandainya biaya besar lg. Sementara legowo dgn kondisi spt ini. Btw, lokasi saya di kelapa gading. Salam kenal dan Terima kasih teman2 🙏🏻
Kentang08
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Aug 19, 2018 17:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Pajero exceed

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Kentang08 »

Dp Sudah saya ganti kmrn pas turun mesin. Sekalian ganti downpipe. Berharap performa sdh jauh lbh baik. Ternyata malah drop.
breakhar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Tue Nov 29, 2016 3:10

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by breakhar »

Kentang08 wrote: Mon Jan 27, 2020 6:43 Dp Sudah saya ganti kmrn pas turun mesin. Sekalian ganti downpipe. Berharap performa sdh jauh lbh baik. Ternyata malah drop.
IG nya Alecon. https://instagram.com/aleconracingparts ... 7nxumjy7db

Manatau mau konsultasi om. Saya sih belum
Pernah kesana krn posisi di medan😬
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

Boleh juga konsul ke si XBOOST......di Bekasi

ini spesialis 2KD juga

+6282211122199
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by henbob »

Kentang08 wrote: Mon Jan 27, 2020 6:38 Halo teman2. Sorry mgkn info ttg mbl nya krg lengkap.
- Start saat pagi mudah. Cuma kl lgsg di bawa jalan itu sangat ngempos.
- Knalpot bebas asap. Tidak ngebul.
- Belum cek kompresi krn tdk punya alatnya.
Tp kl di feeling, ini kompresi normal. Bunyi garing mesinnya standar. Suara mesin normal, ga ada bunyi2 aneh atau kasar.
- Beli direct owner bukan ke shwrm.
- Belum service injector dan scv (SCV apa ya)
- Mesin tdk brebet spt kekurangan solar
- Turbo kedengaran cukup normal. Saya cabut filter udara, terdengar siulan cukup keras.

Saya cuma asumsi. Kl peranti pendukung hrsnya ga bermslh ya. Krn sblm dan sesudah turun mesin ga di utak atik. Hrsnya performance lbh better sblm turun mesin. Krn ring piston dan piston sdh baru. Kompresi bagus lg.
memang bagian fuel supply blm ke sentuh sama sekali. Cuma ganti filsol dan kurang tangki. Krn jujur saya sdg kehabisan dana. Budget sdh habis utk turun mesin kmrn.

Saya cuma berharap siapa tau, saya ada miss di hal kecil yg butuh dana seadanya utk di perbaiki. Atau mungkin teman2 ada referensi bgkl yg spesialis innova diesel. Jd cepat dan tepat sasaran diagnosanya. Kl seandainya biaya besar lg. Sementara legowo dgn kondisi spt ini. Btw, lokasi saya di kelapa gading. Salam kenal dan Terima kasih teman2 🙏🏻
Penasaran jg gw jadinya, kalo roda belakang dijack stand dua2nya trs mesin dinyalain. masih berat ga nariknya? Gearbox, clutch aman?

Penasaran jg soalnya oli bisa sampek habis gt, gw jg pernah dulu oli habis gt tp beda mobil. Tp gw jalanin pelan sampe tmpt aman lalu cek mesinnya.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by kompresorz »

Kentang08 wrote: Mon Jan 27, 2020 6:38 Halo teman2. Sorry mgkn info ttg mbl nya krg lengkap.
- Start saat pagi mudah. Cuma kl lgsg di bawa jalan itu sangat ngempos.
- Knalpot bebas asap. Tidak ngebul.
- Belum cek kompresi krn tdk punya alatnya.
Tp kl di feeling, ini kompresi normal. Bunyi garing mesinnya standar. Suara mesin normal, ga ada bunyi2 aneh atau kasar.
- Beli direct owner bukan ke shwrm.
- Belum service injector dan scv (SCV apa ya)
- Mesin tdk brebet spt kekurangan solar
- Turbo kedengaran cukup normal. Saya cabut filter udara, terdengar siulan cukup keras.

Saya cuma asumsi. Kl peranti pendukung hrsnya ga bermslh ya. Krn sblm dan sesudah turun mesin ga di utak atik. Hrsnya performance lbh better sblm turun mesin. Krn ring piston dan piston sdh baru. Kompresi bagus lg.
memang bagian fuel supply blm ke sentuh sama sekali. Cuma ganti filsol dan kurang tangki. Krn jujur saya sdg kehabisan dana. Budget sdh habis utk turun mesin kmrn.

Saya cuma berharap siapa tau, saya ada miss di hal kecil yg butuh dana seadanya utk di perbaiki. Atau mungkin teman2 ada referensi bgkl yg spesialis innova diesel. Jd cepat dan tepat sasaran diagnosanya. Kl seandainya biaya besar lg. Sementara legowo dgn kondisi spt ini. Btw, lokasi saya di kelapa gading. Salam kenal dan Terima kasih teman2 🙏🏻
kalo teman saya kejadiannya fuel pump sudah lemah krn retak...gak ada lari....



padahal 2 KD spek balap...
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Givrun »

Kentang08 wrote: Mon Jan 27, 2020 6:38 Halo teman2. Sorry mgkn info ttg mbl nya krg lengkap.
- Start saat pagi mudah. Cuma kl lgsg di bawa jalan itu sangat ngempos.
- Knalpot bebas asap. Tidak ngebul.
- Belum cek kompresi krn tdk punya alatnya.
Tp kl di feeling, ini kompresi normal. Bunyi garing mesinnya standar. Suara mesin normal, ga ada bunyi2 aneh atau kasar.
- Beli direct owner bukan ke shwrm.
- Belum service injector dan scv (SCV apa ya)
- Mesin tdk brebet spt kekurangan solar
- Turbo kedengaran cukup normal. Saya cabut filter udara, terdengar siulan cukup keras.

Saya cuma asumsi. Kl peranti pendukung hrsnya ga bermslh ya. Krn sblm dan sesudah turun mesin ga di utak atik. Hrsnya performance lbh better sblm turun mesin. Krn ring piston dan piston sdh baru. Kompresi bagus lg.
memang bagian fuel supply blm ke sentuh sama sekali. Cuma ganti filsol dan kurang tangki. Krn jujur saya sdg kehabisan dana. Budget sdh habis utk turun mesin kmrn.

Saya cuma berharap siapa tau, saya ada miss di hal kecil yg butuh dana seadanya utk di perbaiki. Atau mungkin teman2 ada referensi bgkl yg spesialis innova diesel. Jd cepat dan tepat sasaran diagnosanya. Kl seandainya biaya besar lg. Sementara legowo dgn kondisi spt ini. Btw, lokasi saya di kelapa gading. Salam kenal dan Terima kasih teman2 🙏🏻
SCV itu suction control valve yg ngatur debit solar. Scv brmasalah biasa nya susah start dan mesin sering mati. Cmiiw.

History nya ,, brarti trakhir purging 1,5 tahun lalu ?
Metode purging nya d luar kan ? Dilangsungkan selang inlet dan return.

Kebetulan sya ngerawat fleet tapi banyakan bkn commonrail..

Problem ngempos sperti itu sya nemu nya sih banyakan di fuel supply yg bermasalah ..

Imho ya om, paling murah sih coba cek sendiri dlu fuel line nya.. copotin selang2 ,cek satu2 , bersihkan. Copotin rumah filter solar , cek , bersihkan . Kuras tangki (turun tangki) cek, bersihkan .. rakit kembali, bleeding lalu purging agak banyakan. Trakhir Masukin obat purging 1 kaleng k tangki..

Mudah2 an membantu..
Kentang08
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Aug 19, 2018 17:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Pajero exceed

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Kentang08 »

Kalo clucth matic hrsny sih aman ya. Karena ini kl posisi hujan mbl terasa lbh bertenaga. Kl problem di clutch hrsnya konstan boyo. Kalo selang dr rumah filsol dan tangki sdh di bersihkan. Sudah di sembur bolak balik. Sarigan dalam tangki sdh di sembur lawan arah. Berarti tinggal scv dan injector yah. Googling ternyata2 part ini harganya selangit ya. Kl cuman servis sebatas maintenance ada bayangan ga ya kira2 di biaya berapa?
Dari 1,5 thn lalu saya beli. Mbl ini baru kepakai 15rban kilometer. Purging setelah pemakaian 5rb kilo Krg lebih. Purging pakai selang in out dr filsol di celup ke cairan purging om. Makanya saya lg nyari, ini miss dimana ya. Pakai diesel niatnya biar irit dan tenaga enak. Malah jd begini. Huhu.
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Vicvic »

Kentang08 wrote: Mon Jan 27, 2020 12:13 Kalo clucth matic hrsny sih aman ya. Karena ini kl posisi hujan mbl terasa lbh bertenaga. Kl problem di clutch hrsnya konstan boyo. Kalo selang dr rumah filsol dan tangki sdh di bersihkan. Sudah di sembur bolak balik. Sarigan dalam tangki sdh di sembur lawan arah. Berarti tinggal scv dan injector yah. Googling ternyata2 part ini harganya selangit ya. Kl cuman servis sebatas maintenance ada bayangan ga ya kira2 di biaya berapa?
Dari 1,5 thn lalu saya beli. Mbl ini baru kepakai 15rban kilometer. Purging setelah pemakaian 5rb kilo Krg lebih. Purging pakai selang in out dr filsol di celup ke cairan purging om. Makanya saya lg nyari, ini miss dimana ya. Pakai diesel niatnya biar irit dan tenaga enak. Malah jd begini. Huhu.
https://youtu.be/idF8r2ZQvZY
Coba tonton di menit ke 2 ada yang namanya filter PIM retak juga bikin berat tarikan
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by henbob »

Kentang08 wrote: Mon Jan 27, 2020 12:13 Kalo clucth matic hrsny sih aman ya. Karena ini kl posisi hujan mbl terasa lbh bertenaga. Kl problem di clutch hrsnya konstan boyo. Kalo selang dr rumah filsol dan tangki sdh di bersihkan. Sudah di sembur bolak balik. Sarigan dalam tangki sdh di sembur lawan arah. Berarti tinggal scv dan injector yah. Googling ternyata2 part ini harganya selangit ya. Kl cuman servis sebatas maintenance ada bayangan ga ya kira2 di biaya berapa?
Dari 1,5 thn lalu saya beli. Mbl ini baru kepakai 15rban kilometer. Purging setelah pemakaian 5rb kilo Krg lebih. Purging pakai selang in out dr filsol di celup ke cairan purging om. Makanya saya lg nyari, ini miss dimana ya. Pakai diesel niatnya biar irit dan tenaga enak. Malah jd begini. Huhu.
kalo udah dipastiin kaki2 aman. lanjut step lagi untuk cek pake OBD blom? hasilnya apa aja ya?

Apakah mass air flow sensornya aman dan berfungsi? letaknya deket air filter. Cek sensor2nya dulu yang sekiranya part bagian yg murah dulu.

Untuk ngeceknya bisa ke bengkel dari saran om2 diatas, bilang aja utk ngecek smua dulu. kalo bengkel bagus ga langsung divonis2 kok. nego aja baik2. hehehe..
salkoyta
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Oct 07, 2017 11:49

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by salkoyta »

Kentang08 wrote: Mon Jan 27, 2020 12:13 Kalo clucth matic hrsny sih aman ya. Karena ini kl posisi hujan mbl terasa lbh bertenaga. Kl problem di clutch hrsnya konstan boyo. Kalo selang dr rumah filsol dan tangki sdh di bersihkan. Sudah di sembur bolak balik. Sarigan dalam tangki sdh di sembur lawan arah. Berarti tinggal scv dan injector yah. Googling ternyata2 part ini harganya selangit ya. Kl cuman servis sebatas maintenance ada bayangan ga ya kira2 di biaya berapa?
Dari 1,5 thn lalu saya beli. Mbl ini baru kepakai 15rban kilometer. Purging setelah pemakaian 5rb kilo Krg lebih. Purging pakai selang in out dr filsol di celup ke cairan purging om. Makanya saya lg nyari, ini miss dimana ya. Pakai diesel niatnya biar irit dan tenaga enak. Malah jd begini. Huhu.
saya bulan ini baru alami yang kejadian persis, baru ambil mobil 2nd hand 2006 2.5V AT, selang seminggu, mesin kalo di gas spontan langsung bletak trus stall, mau dibejek sedalm apapunm rpm cuma di angka 1000 / masuk safe mode,, tempo 30 detik mesin mati dan indikator Check Engine nyala.. kemudian mesin di starter lagi,, mesin normal.. digas dalam lagi, bletak lagi.. sll begitu.... saya cek dan service di bengkel bekasi,, injector nya hanya dikalibrasi saja.. habis 1.5jt

saya biarkan sampai bbrp minggu akhir ny kejadian lebih parah,, mesin pincang getaran hebat dan rpm g bs lebih dari 1000.. betul injector nya ada yang rusak 1 buah,. berbekal pengalaman bahwa kalau tidak semua bengkel mobil diesel bisa service injector common rail sendiri / kalibrasi dan repair,, akhir nya mobil saya inap di bengkel spesialis injector commonrail, awal nya agak khawatir karena harga nya mahal, namun ternyata hanya direpair beberapa part internal nya saja.. bayangkan berapa belas juta bila harus ganti semua injector nya

Image

alhasil mobil sehat seperti baru, atarikan mantap.. karena saya punya pembanding mbl innova 2014.. dibanding 2006 yang baru ganti part internal injector,,rasa nya identik / seperti mobil tahun muda.. salah saya kl kejadian seperti itu lagi, pasti saya bawa ke spesialis injector COMMONRAIL dulu..

atau bisa ke betawi diesel / giok can kl mau coba2, saya lihat review d youtube nya bagus

https://youtu.be/zjnSubwrnl4
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Turboman »

Sharing Info panel speedo bermasalah (seri V)

Terutama seri V sebelum th 2011

Mesti panas / dijemur baru nyala

Bisa di reparasi

Info dari A Chien +6281905686669

* sekedar sharing info & bukan seles bkl *
IMG-20200129-WA0035.jpeg
IMG-20200129-WA0041.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.