All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 675
Joined: 21 Jan 2016, 18:01
Location: Semarang

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Koddy » 12 Jun 2019, 20:33

DrgFredysen wrote:
marmut wrote:
12 Jun 2019, 18:31
DrgFredysen wrote:
12 Jun 2019, 13:25
Siang suhu2, mau nanya mobil saya innova diesel 2012, oli pakai ptt 10w30, pake biosolar+racun ptt, ban pakai maxxis marauder s2. Seminggu yang lalu ada kejadian aneh dimana innova saya tidak kuat menanjak saat saya bawa liburan bersama keluarga ke simajarunjung. Dakiannya lumayan terjal, isi 7 orang dewasa. Saat menanjak, rpm mesin tiba2 drop sampai sekitar 700 rpm (hampir stgh dari angka 1). Mau tanya apakah ada yang salah dengan mesin saya? Berhubung liburan keluarga touring dengan 1 calya dan 1 fortuner. Calya dan fortuner vrz malah dengan mudah melewati tanjakan, memang isinya masing2 mobil 5 penumpang dewasa. Sepulang dari sana, saat balik ke medan, lagi2 innova saya tidak bisa mengejar kedua mobil keluarga, kecepatannya mentok di 130 k/h, sementara kedua mobil itu larinya 160 k/h. Thanks b4.

sudah pernah ganti plaat kopling? kalau mau ganti, sebaiknya ganti 1 set plus pilot bearing yang nempel di flywheel.

Belum pernah ganti plat kopling gan. Soalnya km nya baru 58000 km. Maklum kota kecil, mana2 dekat, sehari paling jauh cuman 10km.
Apakah ciri2 minta ganti plat kopling?
Plat kopling sudah habis saatnya ganti
Innova manual emang km segituan rata² musti ganti plat kopling

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2874
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by marmut » 12 Jun 2019, 21:23

DrgFredysen wrote:
12 Jun 2019, 18:36


Belum pernah ganti plat kopling gan. Soalnya km nya baru 58000 km. Maklum kota kecil, mana2 dekat, sehari paling jauh cuman 10km.
Apakah ciri2 minta ganti plat kopling?

KM tidak bisa jadi satu-satunya patokan penggantian (salahsatu/lebih) suku cadang.
untuk kasus plaat kopling ini, dari gaya berkendara, jumlah muatan (dalam KG), jalur/medan yang ditempuh, sangat berpengaruh.

coba saat mesin idle dan handbrake ditarik, masukkan gigi 1 lalu lepas pedal kopling perlahan-lahan (tanpa menginjak gas).
kalau mesin langsung mati, ada kemungkinan plaat kopling masih sehat.

paling enak dibawa ke bengkel yang anda percaya, minta general check up.
kalau memang mekaniknya jempolan, mereka akan langsung bisa memvonis plus dan minusnya kendaraan tanpa anda berucap sepatah kata pun.
pipes - cigars - coffee

DrgFredysen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 25 May 2019, 14:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DrgFredysen » 12 Jun 2019, 22:24

Jailanijailani wrote:
12 Jun 2019, 19:40
Kalo indikasi rpm drop, kemungkinan bukan di kopling. Mungkin memang kurang berani injak gas agak dalam, sampe rpm agak tinggi biar turbo aktif.
Lagipula kalo jalan tanjakan perlu maintain rpm di 2500 keatas untuk mendapatkan torsi maksimal.
Dan setau saya memang top speed innova cuma segituan
Tekan gas sudah dalam om, apa mungkin terlalu dalam kah? Sehingga kondisi ruang bakar jadi basah? Saya rasa sudah tekan sampai menyentuh plat dasar mobil. Sedih sekali kalo top speed standar 2kd cuman segitu, disalip sama calya yg notabene lcgc. Perasaan yg generasi pertama innova bensin cepat sampe 160km/jam

DrgFredysen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 25 May 2019, 14:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DrgFredysen » 12 Jun 2019, 22:29

marmut wrote:
12 Jun 2019, 21:23
DrgFredysen wrote:
12 Jun 2019, 18:36


Belum pernah ganti plat kopling gan. Soalnya km nya baru 58000 km. Maklum kota kecil, mana2 dekat, sehari paling jauh cuman 10km.
Apakah ciri2 minta ganti plat kopling?

KM tidak bisa jadi satu-satunya patokan penggantian (salahsatu/lebih) suku cadang.
untuk kasus plaat kopling ini, dari gaya berkendara, jumlah muatan (dalam KG), jalur/medan yang ditempuh, sangat berpengaruh.

coba saat mesin idle dan handbrake ditarik, masukkan gigi 1 lalu lepas pedal kopling perlahan-lahan (tanpa menginjak gas).
kalau mesin langsung mati, ada kemungkinan plaat kopling masih sehat.

paling enak dibawa ke bengkel yang anda percaya, minta general check up.
kalau memang mekaniknya jempolan, mereka akan langsung bisa memvonis plus dan minusnya kendaraan tanpa anda berucap sepatah kata pun.
Jalurnya seringan dalam kota saja om. Mesin idle handbrake tarik, mesin mati om.
Kira2 ada info bengkel di kota medan dimana yg topcer gk om? Thx.

osbertc0ol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 360
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by osbertc0ol » 12 Jun 2019, 23:46

DrgFredysen wrote:
12 Jun 2019, 22:24
Jailanijailani wrote:
12 Jun 2019, 19:40
Kalo indikasi rpm drop, kemungkinan bukan di kopling. Mungkin memang kurang berani injak gas agak dalam, sampe rpm agak tinggi biar turbo aktif.
Lagipula kalo jalan tanjakan perlu maintain rpm di 2500 keatas untuk mendapatkan torsi maksimal.
Dan setau saya memang top speed innova cuma segituan
Tekan gas sudah dalam om, apa mungkin terlalu dalam kah? Sehingga kondisi ruang bakar jadi basah? Saya rasa sudah tekan sampai menyentuh plat dasar mobil. Sedih sekali kalo top speed standar 2kd cuman segitu, disalip sama calya yg notabene lcgc. Perasaan yg generasi pertama innova bensin cepat sampe 160km/jam
Innova Diesel M/T kondisi standard + versi yang ada Catalyst (Saringan di Knalpot) mentok di 130-140 km/h..

Nah kalo menanjak nggak kuat dan RPM turun sampe 700 kemungkinan besar sih kopling aman. Kalo kopling ud aus harusnya meraung tp ga nanjak haha.

Dulu Innova diesel 2009 sy ganti kopling di 85rb+ km. Itu aja belom terlalu aus kampasnya tp balik lagi tergantung pemakaian & Driving style

onetonet
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 20 Sep 2018, 10:28
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Kijang 2L and ANKI 2GD

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by onetonet » 13 Jun 2019, 08:11

Jailanijailani wrote:
12 Jun 2019, 19:40
Kalo indikasi rpm drop, kemungkinan bukan di kopling. Mungkin memang kurang berani injak gas agak dalam, sampe rpm agak tinggi biar turbo aktif.
Lagipula kalo jalan tanjakan perlu maintain rpm di 2500 keatas untuk mendapatkan torsi maksimal.
Dan setau saya memang top speed innova cuma segituan
Ouw... saya kira hanya 2L saja top speed diangka segitu dan 2KD bisa lebih banterr (belum pernah ngerasain 2KD :ungg: ),
perlu dicheck ulang tuh mulai dari saluran udara, filter udara hingga filter solar.
Moga-moga aja tidak ada kerusakan serius

KSG88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: 11 Apr 2019, 17:26

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by KSG88 » 15 Jun 2019, 09:45

Apakah ada yang sudah punya innova vin 2019. Bila ada, apakah hasil perakitan terbaru masih memiliki pola problematika permasalahan yg sama seperti yg sudah sudah dibahas?

Innova ada rencana facelift gk ya dalam waktu dekat ini, mengingat umurnya sudah hampir 4 tahun dr reborn pertama diluncurkan

ickvanovs
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 24 Feb 2013, 21:12

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ickvanovs » 22 Jun 2019, 14:28

om tanya dong, supaya handlingnya makin enak pas diajak kebut harus di pasang apa kaki-kaki nya ya?

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3712
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by kompresorz » 23 Jun 2019, 22:19

DrgFredysen wrote:
12 Jun 2019, 13:25
Siang suhu2, mau nanya mobil saya innova diesel 2012, oli pakai ptt 10w30, pake biosolar+racun ptt, ban pakai maxxis marauder s2. Seminggu yang lalu ada kejadian aneh dimana innova saya tidak kuat menanjak saat saya bawa liburan bersama keluarga ke simajarunjung. Dakiannya lumayan terjal, isi 7 orang dewasa. Saat menanjak, rpm mesin tiba2 drop sampai sekitar 700 rpm (hampir stgh dari angka 1). Mau tanya apakah ada yang salah dengan mesin saya? Berhubung liburan keluarga touring dengan 1 calya dan 1 fortuner. Calya dan fortuner vrz malah dengan mudah melewati tanjakan, memang isinya masing2 mobil 5 penumpang dewasa. Sepulang dari sana, saat balik ke medan, lagi2 innova saya tidak bisa mengejar kedua mobil keluarga, kecepatannya mentok di 130 k/h, sementara kedua mobil itu larinya 160 k/h. Thanks b4.
:e-think: .....

sesama standar...


calya lumayan kencang bisa lewat 160...


kalo vrz sih susah di uber klo ktemu jln kosong...tanjakan sih gak ada rasanya...


mungkin sudah kodrat susah ngejar 2 mobil itu...

DrgFredysen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 25 May 2019, 14:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by DrgFredysen » 24 Jun 2019, 14:54

:e-think: .....

sesama standar...


calya lumayan kencang bisa lewat 160...


kalo vrz sih susah di uber klo ktemu jln kosong...tanjakan sih gak ada rasanya...


mungkin sudah kodrat susah ngejar 2 mobil itu...
[/quote]

:big_dunno: Yah mungkin harus menerima diasapin sama lcgc sesama standard... Wkakakkaa

Btw suhu2, saya barusan liat di youtube ada pemilik bengkel yang bilang kalau racun solar bisa menimbulkan sludge di tangki bbm, apakah benar? Merk apa saja ya yang menimbulkan sludge di tangki bbm? Jadi rada ngeri sendiri ni, soalnya mobil ane sering dikasi racun solar.

andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by andyez86 » 24 Jun 2019, 15:02

KSG88 wrote:
15 Jun 2019, 09:45
Apakah ada yang sudah punya innova vin 2019. Bila ada, apakah hasil perakitan terbaru masih memiliki pola problematika permasalahan yg sama seperti yg sudah sudah dibahas?

Innova ada rencana facelift gk ya dalam waktu dekat ini, mengingat umurnya sudah hampir 4 tahun dr reborn pertama diluncurkan
mggu lalu kita ambil reborn bensin MT dari BeRes kesayangan Jateng di solo ( mereka ga bagus tapi kita di Jateng ga pnya pilihan lain) ...suara kopling ada bunyi pas di angkat....tp org technical blg itu normal terjadi di semua unit...ya udah klo saya dapet twc sih siap kena sue aja itu org....

andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by andyez86 » 24 Jun 2019, 15:04

DrgFredysen wrote:
24 Jun 2019, 14:54
:e-think: .....

sesama standar...


calya lumayan kencang bisa lewat 160...


kalo vrz sih susah di uber klo ktemu jln kosong...tanjakan sih gak ada rasanya...


mungkin sudah kodrat susah ngejar 2 mobil itu...
:big_dunno: Yah mungkin harus menerima diasapin sama lcgc sesama standard... Wkakakkaa

Btw suhu2, saya barusan liat di youtube ada pemilik bengkel yang bilang kalau racun solar bisa menimbulkan sludge di tangki bbm, apakah benar? Merk apa saja ya yang menimbulkan sludge di tangki bbm? Jadi rada ngeri sendiri ni, soalnya mobil ane sering dikasi racun solar.
[/quote]

saya sih ga bs bayangin gmna rasanya dan suara lcgc digeber sampe 160 kmh....terlalu beresiko kalau bawa mbl bgtu dgn kecepatan tinggi di tol

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3712
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by kompresorz » Yesterday, 20:06

DrgFredysen wrote:
24 Jun 2019, 14:54
:e-think: .....

sesama standar...


calya lumayan kencang bisa lewat 160...


kalo vrz sih susah di uber klo ktemu jln kosong...tanjakan sih gak ada rasanya...


mungkin sudah kodrat susah ngejar 2 mobil itu...
:big_dunno: Yah mungkin harus menerima diasapin sama lcgc sesama standard... Wkakakkaa

Btw suhu2, saya barusan liat di youtube ada pemilik bengkel yang bilang kalau racun solar bisa menimbulkan sludge di tangki bbm, apakah benar? Merk apa saja ya yang menimbulkan sludge di tangki bbm? Jadi rada ngeri sendiri ni, soalnya mobil ane sering dikasi racun solar.
[/quote]









saya aja gak percaya racun aditif bgtu...

murni ful biosolar...manyussss

sering bejek jos gandossss...

Post Reply