Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1433
Joined: 23 Dec 2009, 11:16

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by grandscenic » 04 Jul 2018, 07:58

arief225 wrote:
11 Apr 2017, 17:16
Tapi kayanya rata rata papanja suspensinya gitu, saya ada papanja 2007 klo jalan ajrut ajrutan. Coba punya temen papanja 2009. Sama juga. Jadi ininya ini mobil tahan banting, tapi yg naikinnya rasanya kebanting banting😁
Smart answer, I do totally agree.. what do you expect when you buy an Avanza, you got what you paid. Klo mau yg super nyaman.. ya belinya Lexus.. hihihi..
Etme Bulma Dünyası

User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: Ja - Bo - Ta - Bek
Daily Vehicle: 44D + 1K1FS

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by vulvy8858 » 04 Jul 2018, 09:41

diidoot wrote:
03 Jul 2018, 15:55
nimbrung ah

berawal dari postingan si om, kemaren saya akhirnya ganti shock belakang GN Xenia 2016 milik istri saya pake Tokico. Awalnya mau pake Excel G tapi karena mobil jarang terisi penuh (ga sebulan sekali juga itu bangku belakang dipake) jadi prefer ke Tokico aja.

Ternyata shock tokico menurut saya di Xenia baru jauh lebih enak ya walau masih ga seenak bantingannya Ertiga. Masih kerasa Xenianya lah. Mungkin karena double action dan reboundnya lebih lambat dibanding bawaan.

Btw kalau dipake penuh atau 5 orang dewasa, pas di polisi tidur masih kena stopper. Untuk harga sangat worth it lah 650 ribu saja di toped. Biasa ganti shock sedan segitu cuman setengah pasang :mky_01:

Jadi saran saya kalau Xeniavanza barunya jarang dipenuhin, ganti pake tokico aja. Mayan mengurangi mentul-mentulnya
kalo mau makin nggenah

kasi ban nya Michelin XM2 om.

yakin makin nggenah ahahahahaha

cuma kantong boncos oge euy.
Or4cle wrote:
03 Jul 2018, 17:23

Setubuhhh ... Berdasarkan pengalaman saya, ciri2 SA dah rusak adalah efek jeduk saat lewat poldur atau hajar lubang gede.
betul om hehehehe
Yamaha Xeon 125 44D 2012 + GIVI E20
Maruti Suzuki Baleno A/T 1K1FS 2018

User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: Ja - Bo - Ta - Bek
Daily Vehicle: 44D + 1K1FS

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by vulvy8858 » 04 Jul 2018, 09:45

diidoot wrote:
03 Jul 2018, 15:55
nimbrung ah

berawal dari postingan si om, kemaren saya akhirnya ganti shock belakang GN Xenia 2016 milik istri saya pake Tokico. Awalnya mau pake Excel G tapi karena mobil jarang terisi penuh (ga sebulan sekali juga itu bangku belakang dipake) jadi prefer ke Tokico aja.

Ternyata shock tokico menurut saya di Xenia baru jauh lebih enak ya walau masih ga seenak bantingannya Ertiga. Masih kerasa Xenianya lah. Mungkin karena double action dan reboundnya lebih lambat dibanding bawaan.

Btw kalau dipake penuh atau 5 orang dewasa, pas di polisi tidur masih kena stopper. Untuk harga sangat worth it lah 650 ribu saja di toped. Biasa ganti shock sedan segitu cuman setengah pasang :mky_01:

Jadi saran saya kalau Xeniavanza barunya jarang dipenuhin, ganti pake tokico aja. Mayan mengurangi mentul-mentulnya
kalo mau makin nggenah

kasi ban nya Michelin XM2 om.

yakin makin nggenah ahahahahaha

cuma kantong boncos oge euy.
Or4cle wrote:
03 Jul 2018, 17:23

Setubuhhh ... Berdasarkan pengalaman saya, ciri2 SA dah rusak adalah efek jeduk saat lewat poldur atau hajar lubang gede.
betul om hehehehe
Yamaha Xeon 125 44D 2012 + GIVI E20
Maruti Suzuki Baleno A/T 1K1FS 2018

diidoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 11 May 2016, 15:40

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by diidoot » 04 Jul 2018, 17:08

vulvy8858 wrote:
04 Jul 2018, 09:41

kalo mau makin nggenah

kasi ban nya Michelin XM2 om.

yakin makin nggenah ahahahahaha

cuma kantong boncos oge euy.
:mky_01:

sekarang masih pake champiro Eco-G terkutuk bawaannya. Sebenernya penasaran bedanya Eco G sama Eco biasa. Apa ada sesuatu
yang lain gitu? Baru 20 ribu sih, taun depan ganti kalau udah kopek kopek :big_grin:
-

pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 577
Joined: 03 Sep 2008, 23:59

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by pilotgaruda » 05 Jul 2018, 07:16

diidoot wrote:
04 Jul 2018, 17:08
vulvy8858 wrote:
04 Jul 2018, 09:41

kalo mau makin nggenah

kasi ban nya Michelin XM2 om.

yakin makin nggenah ahahahahaha

cuma kantong boncos oge euy.
:mky_01:

sekarang masih pake champiro Eco-G terkutuk bawaannya. Sebenernya penasaran bedanya Eco G sama Eco biasa. Apa ada sesuatu
yang lain gitu? Baru 20 ribu sih, taun depan ganti kalau udah kopek kopek :big_grin:
entah kenapa ana berasa ban bawaan avanza dulu lebih hening dan benturannya lebih empuk daripada ar20 ana. cuma emang ar20 handlingnya lebih mantab.

User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: Ja - Bo - Ta - Bek
Daily Vehicle: 44D + 1K1FS

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by vulvy8858 » 06 Jul 2018, 14:50

pilotgaruda wrote:
05 Jul 2018, 07:16
entah kenapa ana berasa ban bawaan avanza dulu lebih hening dan benturannya lebih empuk daripada ar20 ana. cuma emang ar20 handlingnya lebih mantab.
AR20 sih emang lumayan bagus handlingnya. cuma ya nothing's special sama itu ban kecuali harganya yang luar biasa dahsyat dan ajaib. wkwkwk.
diidoot wrote:
04 Jul 2018, 17:08
sekarang masih pake champiro Eco-G terkutuk bawaannya. Sebenernya penasaran bedanya Eco G sama Eco biasa. Apa ada sesuatu
yang lain gitu? Baru 20 ribu sih, taun depan ganti kalau udah kopek kopek :big_grin:
jengkelin sekalian atuh wkwkwk
Yamaha Xeon 125 44D 2012 + GIVI E20
Maruti Suzuki Baleno A/T 1K1FS 2018

DickDuck
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 18 Aug 2018, 11:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nyeker 1500cc

Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras

Post by DickDuck » 18 Aug 2018, 11:28

Yang ingin saya tanyakan:
1. Gimana caranya supaya avanza saya jadi lebih "nyaman" ...

#Ganti dgn per yg lbh empuk tp diimbangi dgn shock twin tube - double action yg baik, asumsi tinggi std 5jari dpn + 6jari blkg, turunin dikit jd 3-4jari dpn + 5-5,5jari blkg utk lbh stabil.

2. Pingin pergantian shock/spring dgn yang baru, ga mau yg second ...
3. Ga mau ketinggian mobil jadi turun
4. Ga usah hot bits, krn ini avanza harian mobil perang, sayang pake hotbit

#Ganti dgn per dpn Veloz + Strut Tokico B2353/2354, per blkg pake punya Vios/Limo Gen2 2007/2013 potong 1/2 s/d 1 ulir agar jatuhnya jd 6,5-7jari + SA Tokico E3455 utk Kijang Super.
Per Vios/Limo Gen2 jk tdk dipotong, jatuhnya 7,5-8jari di Avz. Potong 1/2 ulir dulu, lihat jatuhnya per blkg dgn 3-4 penumpang, jk msh terlalu nungging bisa dipotong 1/2 ulir lg (bertahap aja, jgn sampe kelebihan potong ya).
Per hanya dipotong saja ya, tanpa proses pemanasan dgn posisi per yg terpotong menghadap ke bwh.
Kalo perlu karet stopper blkg dipotong jg shg tersisa 4cm saja.

5. Mana yg lebih empuk, Tokico / Excell G?

#Mekanisme double action SA: Action 1 menahan ayunan spring pertama dan action 2 menahan ayunan selanjutnya. Action 1 memicu Action 2 menjadi lbh keras menahan ayunan per. Action 1 Tokico lbh lembut dr Excel G, tp Action 2 Tokico lbh keras dr Excel G. Shg lebih cepat stabil Tokico dgn konsekuensi lbh cepat afkir Tokico drpd Excel G. Hasilnya Tokico lbh berasa empuk drpd Excel G.
Btw, double action beda ya dgn double rebound atau Dual Flow Valve (Misalnya, SA Ohlins, dst.).
https://www.ohlins.com/ohlins-unique-dual-flow-valve/

6. Apa sebenernya merk asli Shock Breaker yg dipakai Avanza?

# Kalo Avz lama (2011 kebwh) strut dpn Showa oli single action, SA blkg kyb gas single action. Mustinya 2012 keatas semuanya sudah setipe dgn Kyb Premium gas double action lokal, kecuali spec. yg utk armada taxi, CMIIW.

7. Berfikiran untuk mengkombinasi Shock Excel G dgn per Jamex/eibach/Tien, apakah sesuai seperti yg saya harapkan? (lebih empuk dan ketinggian sama dgn std?)
8. Atau saya pasrah saja ganti shock di Be-res, dan berharap kenyamanan avanza saya akan kembali seperti setahun yang lalu?

#Kalo Avz 2010 saya, per dpn pake per blkg Esteem dgn strut Gabriel/Kyb Premium gas lokal. Btw, strut/per dpn Avz 2011 ke bwh beda ya dgn Avz 2012 keatas, kalo shock/per blkg msh relatif sama kedudukannya. Utk blkg saya pake per APM khusus Avz (warna hitam), dgn SA Taruna (Tokico/Kyb Excel G).
Jatuhnya dpn 3jari blkg 5 jari, msh bisa ngangkut 6 penumpang dewasa @ 50-60kg ga gesrot/jeduk. Plus strutbar, Avz saya bisa manuver hampir spt sedan, kecuali kalo ada angin samping yg kencang ya. Dgn kondisi "sempurna", lumayan msh bisa stabil s/d 140km/h.
Utk lewatin speedtrap dgn kecepatan tinggi tetep lah msh goyang dombret. Jgn salahin spring atau shocknya dulu ya, salahin desain suspensi blkg Avz/Rush yg maksa ngikutin suspensi blkg model Innova/Fortuner yg sudah jelas2 lbh lebar, jd shocknya bisa miring dr tengah ke pinggir utk menahan tu goyang dombret :)

Post Reply

Return to “Minibus / Station Types”