Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Moderators: maxx, denny3ck, SeVeN, chr_lee, MitOSI, PXwhite, agriadi287

motolola
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 25 May 2011, 13:06

Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by motolola » 04 Jun 2013, 15:16

OS mobil yang sangat menarik menurut saya. Tapi kita semua tahu KTB masih baru di sektor penumpang. Mobil penumpang tersuksesnya saat ini baru Pajero Sport. Padahal seharusnya Lancer EX yg sangar juga bisa sukses kalau tidak salah "asuhan". Hanya masuk tipe 2.0 AT kemudian disusul Evo X adalah bukti bahwa KTB lemah dalam riset pasar. Lancer EX hanya masuk hingga tahun 2010 dan sekarang sudah tidak dijual lagi.

Agar kejadian Lancer EX tidak terulang pada Outlander Sport, marilah kita sebagai pemilik dan pencinta produk terbaik Mitsubishi membantu KTB dengan memberikan usulan dan masukan yang membangun agar OS sukses merajai pasar crossover dan kendaraan range 300jt. Dengan berdirinya MITOSI, besar harapan saya KTB punya mitra sekaligus corong untuk bertukar pikiran, mana yang terbaik untuk konsumen dan juga KTB. Tidak berjalan sendiri-sendiri tetapi beriringan sekaligus saling melengkapi. Apalagi OS dirakit langsung (CKD) di Indonesia.

Saya pribadi punya usulan buat KTB untuk mengambil alih pasar crossover yang dikuasai Nissan Juke dengan cara merakit versi 4B10 1.8 litre gasoline engine atau 4A92 1.6 litre gasoline engine seperti halnya pasar Rusia. Dengan fascia yang menarik tentu bukan hal yang sulit bagi KTB. Apalagi jika konsumsi bahan bakar bisa lebih ditekan sehingga minimal mendekati konsumsi Nissan Juke. Untuk harga, minimal 260 juta (jgn terlalu rendah) dengan dua tipe transmisi yaitu AT dan manual.

Selain itu juga ada kemungkinan ancaman dari Subaru XV (tapi rasa-rasanya cukup kecil), KTB bisa membuat satu varian lagi yang paling tinggi dengan tambahan fitur cruise control, 710-watt Rockford Fosgate® audio system, 40GB HDD NAV WITH MUSIC SERVER, 18-inch Limited Edition chrome alloy wheels. Bila kemudian Subaru XV memberikan ancaman serius, bisa juga dipertimbangkan memasukkan tipe All-Wheel Control (AWC) by order.

Demikian lah kiranya usul dari saya untuk KTB. Semoga accessoris selalu tersedia dan update, dan mohon maaf apabila terlalu lancang. :mky_01:

User avatar
walid_007
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2795
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: pekalongan, indonesia

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by walid_007 » 04 Jun 2013, 15:43

motolola wrote:OS mobil yang sangat menarik menurut saya. Tapi kita semua tahu KTB masih baru di sektor penumpang. Mobil penumpang tersuksesnya saat ini baru Pajero Sport. Padahal seharusnya Lancer EX yg sangar juga bisa sukses kalau tidak salah "asuhan". Hanya masuk tipe 2.0 AT kemudian disusul Evo X adalah bukti bahwa KTB lemah dalam riset pasar. Lancer EX hanya masuk hingga tahun 2010 dan sekarang sudah tidak dijual lagi.

Agar kejadian Lancer EX tidak terulang pada Outlander Sport, marilah kita sebagai pemilik dan pencinta produk terbaik Mitsubishi membantu KTB dengan memberikan usulan dan masukan yang membangun agar OS sukses merajai pasar crossover dan kendaraan range 300jt. Dengan berdirinya MITOSI, besar harapan saya KTB punya mitra sekaligus corong untuk bertukar pikiran, mana yang terbaik untuk konsumen dan juga KTB. Tidak berjalan sendiri-sendiri tetapi beriringan sekaligus saling melengkapi. Apalagi OS dirakit langsung (CKD) di Indonesia.

Saya pribadi punya usulan buat KTB untuk mengambil alih pasar crossover yang dikuasai Nissan Juke dengan cara merakit versi 4B10 1.8 litre gasoline engine atau 4A92 1.6 litre gasoline engine seperti halnya pasar Rusia. Dengan fascia yang menarik tentu bukan hal yang sulit bagi KTB. Apalagi jika konsumsi bahan bakar bisa lebih ditekan sehingga minimal mendekati konsumsi Nissan Juke. Untuk harga, minimal 260 juta (jgn terlalu rendah) dengan dua tipe transmisi yaitu AT dan manual.

Selain itu juga ada kemungkinan ancaman dari Subaru XV (tapi rasa-rasanya cukup kecil), KTB bisa membuat satu varian lagi yang paling tinggi dengan tambahan fitur cruise control, 710-watt Rockford Fosgate® audio system, 40GB HDD NAV WITH MUSIC SERVER, 18-inch Limited Edition chrome alloy wheels. Bila kemudian Subaru XV memberikan ancaman serius, bisa juga dipertimbangkan memasukkan tipe All-Wheel Control (AWC) by order.

Demikian lah kiranya usul dari saya untuk KTB. Semoga accessoris selalu tersedia dan update, dan mohon maaf apabila terlalu lancang. :mky_01:

iyah oommm,,,tapi varian 2000 cc memang yang paling pas...daripada masukin 1.6 L buat ngelawan juke dengan harga yang mirip ,pasti varian 2L nya lebih worth... dan 1,6 nya gak laku.
AWD juga hal yang bagus omm...tapi untuk kelas mobil segitu juga kurang worth karena tanggung aj..klo mau 4x4 ya sekalian ambil pasport nya..yang ada malah nambah mahal harga nih OS

untuk hal seprt audio dan palek itu terlalu omm,,,itu kan bisa modif nderi...daripada harga sudah tinggi namun kurang puas dengan motif paleknya :big_slap: ataupun kualitas audio nya...malah nambah numpuk d gudang


klo saya rasa ini OS udah pas kok omm....tp memang kurang deres pasarnya karena segmennya juga tertentu dan agak nanggung..banyak temen gue bilang kalo beda 100 jetian mending sekalian ambil os nya...

subjektif Mohon dikoreksi :big_peace:
Image

LGX
the legend of toyota

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: 15 May 2003, 23:12
Location: Indonesia
Contact:

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by DigitALL » 05 Jun 2013, 00:10

Menurut ane, OS yg ada sekarang di pasaran udah OK. Tp kalau KTB ada rencana pasarin dgn varian mesin 1.6L spt masukan dari bro motolola utk menekan hrg jual agar bisa bersaing dgn crossover 1.5L (spt Juke) itu ide yg bagus :frm_tumbleft:

Mungkin konsumen ada yg ingin crossover / small SUV Mitsu OS tp terkendala dgn budget, ada alternatif lainnya. Atau konsumen tidak ingin mesin kapasitas besar, mau yg irit bisa pilih OS 1.6L. Jd pangsa pasar OS otomatis semakin luas.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16657
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by Turboman » 05 Jun 2013, 00:15

Ngasi usul bagus scr free trus yg nikmatin cuan si KTB ?

tsk tsk tsk...........

claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: 07 Jun 2012, 20:31
Location: Surabaya

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by claude_wallace » 07 Jun 2013, 08:11

menurut saya, OS dgn mesin 2000cc sudah cocok utk pasar indo.
cuma build qualitynya aja yg perlu diperbaiki.

kalau mau sih, masukin mesin dieselnya aja.

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8407
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 083866888918 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by maxx » 07 Jun 2013, 08:29

claude_wallace wrote:menurut saya, OS dgn mesin 2000cc sudah cocok utk pasar indo.
cuma build qualitynya aja yg perlu diperbaiki.

kalau mau sih, masukin mesin dieselnya aja.
Pakai mesin FUSO turbo diesel.. keren kali ya ... :mky_02:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600|083866888918
LINE: monza.autosport
BBM: 7A1BC755 | BBM Channel:C002C4798
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11046
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by VanzMatic » 07 Jun 2013, 10:34

Usul ke KTB? Waduh, kalo udah ke hal sensi beginian, darah saya bisa mendidih lagi nih.... :mky_04:

1. Jaman jaman Lancer berjaya dulu, trus ngapain yah KTB, kok nasip EX dan Evo jadi berantakan?
2. Jaman jaman Grandis melesat dulu, KTB ngapain aja yah, kok jadi ambles tanpa bekas?
3. Jaman jaman rebranding APV jadi Maven dulu, KTB ngapain yah, kok promonya hanya promosiin Maven jadi operasional kantor keluharan dan kecamatan? Sedangkan si APV sudah melesat menjelma jadi APV Arena dan Arena Luxury, Maven nya masih adem ayem mlulu..
4. Jaman jaman Mitsubishi Kuda didaulat sebagai MPV tertangguh dan tercepat saat itu, KTB ngapain pake mematikan siklus hidup Kuda? Apa karena Adventure dan Freeca di luaran tutup usia, lantas disini juga harus tutup usia?

Bukan hater, karena pernah punya T120ss, dan masih miara Kuda Diesel 2.5 Diamond.

Ini..
Image
Image

Kilometernya:
Image
Itu stiker kuning, sudah ada sejak Kuda masih Gress. Pas lahiran anak saya pertama itu. Kilometer masih asli.

Maaf ya kalau jadi OOT nih saya ngepost nya.
Geram saya dengan KTB, malah jadi speechless.....
:mky_01:

Sekali lagi maaf..Sorry bukan pic jual mobil ya...

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

motolola
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 25 May 2011, 13:06

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by motolola » 07 Jun 2013, 11:23

VanzMatic wrote:Usul ke KTB? Waduh, kalo udah ke hal sensi beginian, darah saya bisa mendidih lagi nih.... :mky_04:

1. Jaman jaman Lancer berjaya dulu, trus ngapain yah KTB, kok nasip EX dan Evo jadi berantakan?
2. Jaman jaman Grandis melesat dulu, KTB ngapain aja yah, kok jadi ambles tanpa bekas?
3. Jaman jaman rebranding APV jadi Maven dulu, KTB ngapain yah, kok promonya hanya promosiin Maven jadi operasional kantor keluharan dan kecamatan? Sedangkan si APV sudah melesat menjelma jadi APV Arena dan Arena Luxury, Maven nya masih adem ayem mlulu..
4. Jaman jaman Mitsubishi Kuda didaulat sebagai MPV tertangguh dan tercepat saat itu, KTB ngapain pake mematikan siklus hidup Kuda? Apa karena Adventure dan Freeca di luaran tutup usia, lantas disini juga harus tutup usia?

Bukan hater, karena pernah punya T120ss, dan masih miara Kuda Diesel 2.5 Diamond.
Saya kehabisan kata2. The truth has been spoken

motolola
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 25 May 2011, 13:06

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by motolola » 07 Jun 2013, 13:42

DigitALL wrote:Menurut ane, OS yg ada sekarang di pasaran udah OK. Tp kalau KTB ada rencana pasarin dgn varian mesin 1.6L spt masukan dari bro motolola utk menekan hrg jual agar bisa bersaing dgn crossover 1.5L (spt Juke) itu ide yg bagus :frm_tumbleft:

Mungkin konsumen ada yg ingin crossover / small SUV Mitsu OS tp terkendala dgn budget, ada alternatif lainnya. Atau konsumen tidak ingin mesin kapasitas besar, mau yg irit bisa pilih OS 1.6L. Jd pangsa pasar OS otomatis semakin luas.
:mky_02:
walid_007 wrote:iyah oommm,,,tapi varian 2000 cc memang yang paling pas...daripada masukin 1.6 L buat ngelawan juke dengan harga yang mirip ,pasti varian 2L nya lebih worth... dan 1,6 nya gak laku.
AWD juga hal yang bagus omm...tapi untuk kelas mobil segitu juga kurang worth karena tanggung aj..klo mau 4x4 ya sekalian ambil pasport nya..yang ada malah nambah mahal harga nih OS

untuk hal seprt audio dan palek itu terlalu omm,,,itu kan bisa modif nderi...daripada harga sudah tinggi namun kurang puas dengan motif paleknya :big_slap: ataupun kualitas audio nya...malah nambah numpuk d gudang


klo saya rasa ini OS udah pas kok omm....tp memang kurang deres pasarnya karena segmennya juga tertentu dan agak nanggung..banyak temen gue bilang kalo beda 100 jetian mending sekalian ambil os nya...

subjektif Mohon dikoreksi :big_peace:
claude_wallace wrote:menurut saya, OS dgn mesin 2000cc sudah cocok utk pasar indo.
cuma build qualitynya aja yg perlu diperbaiki.

kalau mau sih, masukin mesin dieselnya aja.
Sebelumnya, ijinkan saya mengucapkan rasa terima kasih dan hormat utk bro claude_wallace yg telah berkenan memberikan komentar di posting ini. Kl gak ada bro claude, rasanya forum awal tentang OS tidak akan sampai part3. Kalau gak gabung MitOSI, minimal jadi anggota kehormatan atau honoris causa dari KTB karena memberikan pencerahan bagi calon pemilik OS seperti saya. :mky_03:. Dua tulisan penting seperti premium+MGO dan pasang volt stabilizer dari bro layak untuk jadi topik khusus/sticky di sini. Saya bahkan mencoba MGO di Galant hiu saya karena mencampur premium+pertamax plus terlalu boros untuk mobil harian (mampir ya ke blog jelek ane)

Sejujurnya Mitsubishi adalah brand ketiga sepanjang umur saya. Pertama Honda dan Toyota. Namun hanya Mitsubishi yang kemudian berlanjut dan jadi brand utk mobil keempat saya. Alasannya simpel, karakter dan eksteriornya masuk selera saya. Mungkin semua rekan2 pemilik OS disini punya alasan yg sama, mengapa memilih brand mitsu. Pasti bukan karena pelayanan aftersales service. Karena kalo alasannya itu, anda pasti beli Toyota atau Honda. Masalahnya selera kita ternyata bukan selera kebanyakan orang Indonesia. Karena kalo selera kita "pasaran" ya pasti milih dua brand tadi. Mitsubishi pasti selalu fokus ke performa dan tampilan. Mereka jg tidak mau jual spare part dg begitu banyak kw seperti halnya Toyota (atau mungkin ini respon pasar ya). Itulah alasannya kenapa mereka tidak sukses. Karena dagangannya bukan selera kebanyakan.

Menurut saya kekuatan Toyota ada pada kesederhanaan mesin dan fitur sehingga lebih minim keluhan. Saya pakai Avanza 2,5 tahun tanpa satupun keluhan. Kemudian mereka punya banyak bengkel dengan layanan memuaskan serta jaminan sparepart, bahkan bervariasi jika mencari di luar beres. Hasilnya adalah mobil seken mereka bukan terdepresiasi, tapi terapresiasi alias lebih mahal dari saat pertama kali beli. Honda punya keunggulan di tampilan menarik dan image irit (warisan civic jaman dulu). Bayangkan mobil seperti Honda Jazz bisa masuk di 5 besar dan SUV mahal/boros seperti CR-V selalu konsisten merangsek ke 10 besar (beberapa kali terlempar namun selalu bisa balik). Mitsubishi bukan tidak punya keunggulan tapi tidak pas dengan selera orang Indonesia (mobil penumpang).

Perubahan yg dilakukan Nissan bisa jadi contoh buat Mitsu. Dulu orang taunya Nissan itu merk mahal, tapi sekarang sukses jualan Grand Livina, March dan Juke. Titik baliknya di GL yg didesain khusus untuk pasar lokal (dari platform Livina yg dipanjangkan). Apa kuncinya selain kapasitas dan kenyamanan? GL itu irit dan sparepart murah. Sebenarnya semua mobil penguasa 5 besar itu adalah mobil khas lokal kecuali bikinan Honda ya. Avanza/Xenia, Innova,GL dan terakhir Ertiga (didesain khusus utk rakyat India dan sukses buat orang Indonesia). Toyota tidak punya image mobil keren ya. Hampir semua tampilan mobilnya pas-pasan bahkan jelek menurut saya. Irit juga tidak, namun bisa diterima. Nissan juga jelek dari tampilan dan bentuk. Lampu, grill dan tarikan bodinya sangat biasa. Lalu apa saran saya buat Mitsu jika berkaca dari kesuksesan Toyota/Honda/Nissan?

Mitsu punya tiga kelebihan di tampang, performance dan dealer. 3 poin ini gak cukup buat sukses di sini. Tampang sudah keren tapi gagal. Performance udah kencang tapi gagal. Jumlah dealer gak kalah dari Toyota tapi layanan selevel dengan mobil niaga alias seadanya. Kalau mau sukses harus niru Nissan yang masuk belakangan. Mereka masuk dengan label irit (bukan dengan image kencang yg selama ini menempel di Nissan. GT-R bisa dibilang sport car paling murah dan manusiawi). Kesuksesan Pajero Sport bukan semata karena racikan yang pas. PS sedikit terbantu oleh performa Fortuner Diesel yg boyo (0-100 km/jam dibawah 20 dtk). Tapi bukan cuma karena itu. Kl alasannya kencang, Ford Everest jauh lebih kencang. Performance bukanlah poin utama yg dicari oleh rakyat Indonesia. Kl mau sekedar kencang, harusnya Nissan X-Trail bisa menang lawan CRV. PS sudah punya image bawaan dari strada yg tahan banting dan sanggup minum solar busuk. Apalagi solar kan jauh lebih irit dari bensin. PS masuk disaat yg tepat dan momen yg pas. Kelihatannya kesuksesan PS ini membuat KTB mulai serius jualan mobil penumpang. Buktinya mereka masukin mobil irit macam Mirage dan nekat merakit OS disini dengan mengaktifkan lagi pabrik bekas Kuda.

Jadi kalau memang KTB niat buat jualan mobil penumpang dan bukan mau mengulang kegagalan yg sudah disebutkan oleh bro VanzMatic di atas, saran saya masukkan versi 1.6 with Auto Stop & Go fitur.

Image

Coba liat keiritan versi 1.6 diatas yg saya kutip dari manul owner luar. Untuk jalan macet dengan fitur AS&G diperoleh 13,3 untuk dalkot. Angka ini gak jauh2 amat dari hasil test Nissan Juke versi Autobild. Memang angka dari pabrikan gak bisa jadi patokan sepenuhnya.Tapi kalo dibandingkan hasil test OS versi Autobild, angka versi 2.0 sebesar 9,8 km/l untuk dalkot gak beda jauh kok. Versi 2.0 tetap yg terbaik buat mitsu lover, tapi untuk berkembang dan diterima khalayak banyak KTB harus bereksperimen dengan versi 1.6 MIVEC with AS&G.

Di luar usulan tipe 1.6, beberapa hal yg juga penting untuk diperhatikan oleh KTB dalam hal marketing dan aftersales service:
1. Perbanyak varian dan modif/facelift/dressup. Ukuran mobil laku di Indonesia itu gampang. Liat aja variannya, kalo banyak dijamin itu mobil laris. Lihat avanza/xenia/innova/APV. Bisa lebih dari 10 varian. Selain itu untuk menjual mobil dalam rentang lebih dari 5 th dan terus bertahta diatas, lakukan sesering mungkin facelift. Pajero Sport mengeluarkan model manual, Dakar dan Limited edition. Tapi itu belum cukup karena Fortuner, dr tahun 2005, bisa menyalip lagi PS karena sudah melakukan 2x facelift, 2x mengeluarkan edisi TRD, sekali mengeluarkan versi VNT (buat menyaingi Dakar) dan punya jg versi Bensin!

2. Perbaiki kualitas sales. Kalo perlu buatlah sales khusus produk, jangan universal, sehingga penguasaan atas produk maksimal. KTB sudah pernah jualan mobil khusus selera lokal seperti Kuda dan Maven (kembaran APV seperti Avanza/Xenia) tapi tetap tidak sukses. Panther tetap jualan hingga sekarang dan APV punya 11 varian! Kuda terkenal kencang dan bertenaga tapi jeblok. Maven (saya baca di autobild) lebih kencang dari APV, lebih irit dan lebih gagah (menurut saya) tapi lebih mahal dlm hal sparepart dan kurang serius jualannya.

3. Memang dealer KTB tidak kalah dari Toyota, tapi itukan dealer mobil niaga. Perlakuan terhadap pelanggan mobil niaga dan penumpang bagai bumi dan langit, baik saat jualan maupun saat service. Jika perlu buat dealer khusus untuk mobil penumpang yg terpisah dari mobil niaga. Jika tidak memungkinkan, minimal pisahkan ruang showroom dan service walaupun masih satu gedung. Pemilik mobil penumpang butuh service lebih dibandingkan pemilik atau operator mobil niaga.

Terakhir, sebelum saya di banned oleh rekan2 MitOSI karena terlalu banyak ngecap :mky_01: , saya hanya berusaha agar OS jadi mobil sukses dan Mitsu bisa naik peringkat, minimal peringkat 3 di bawah Toyota dan Honda. Tidak harus jadi mobil pasaran seperti Toyota dengan membuat mobil khusus Indonesia tapi lebih mirip cara Honda yg menjual mobil global. Honda sukses menjual mobil lebih mahal dari pasar tapi tetap laku berkat image irit yg dulu sukses melekat di Honda Civic. Orang kebanyakan tidak mencari mobil kencang (image Mitsu). Tidak ada rekan2 disini yang membahas performance OS seintens membahas keluhan2 kecil yg melekat di OS. Keren saja bahkan tidak cukup, tapi harus ditambah irit. Nissan sudah melakukan itu. Mazda (dulu brand mahal seperti Nissan) juga mencoba hal yang sama dengan Skyactiv walau tetap jual mahal. Mudah2an Mitsu unggul dg produk seperti PS, Mirage dan, semoga saja, OS. Mohon maaf petinggi KTB jika saya lancang. Saya harap mereka memantau tulisan ini ( geer bgt :mky_03: ) dan selalu mendengarkan usulan dari club otomotif seperti MitOSI.

Penikmat_Kopi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1135
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by Penikmat_Kopi » 07 Jun 2013, 14:22

usulan supaya sukses di pasaran: ganti logonya jadi triple elips :ngacir:

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11046
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by VanzMatic » 07 Jun 2013, 14:25

Trims ya...sudah tidak menendang saya dari trit ini.... :mky_01: :mky_01:

Gomen nasai... :mky_01:

Ini sedikit sharing saja..
Bengkel Mitsubishi yang paling sering saya kunjungi untuk perawatan rutin kuda diesel milik keluarga di atas, adalah Borobudur Motor. Sejak pertama beli Kuda, dan saya beli Colt T120ss juga disitu. Walaupun akhirnya dijual untuk beli rumah saat saya pindah kerja ke Jakarta.
Okay, BTT..
Saya akui, pelayanan purnajual Mitsubishi saat ini, sudah meningkat drastis. Sangat nyaman. Dan menyenangkan.
Saya ada langganan SA disana, namanya Pak Pranowo. Orangnya hangat, open minded dan solving problem. Really like that man!

Sayangnya, sampai bulan lalu, saat Kuda Diesel diperbaiki kebocoran rembes oli, beberapa part kok kayak kosong melompong? Seal bak oli, seal kruk as, seal kruk belakang. Jadinya ditunda setengah bulan deh, menunggu pesanan barangnya. Untungnya saat perbaikan dan perlu ganti timing belt, tokcer mereka ready stock.

Satu yang sangat memberatkan, untuk servis rutin sebuah mobil setengah tuir macam Kuda, kok yaa masih dikepruk dengan ongkos jasa 500rb-an? Kuras minyak power steering, kok masih digebuk ongkos 400rb ya? Hadeuh....lumayan menguras kantong juga sih...

Tapi berhubung kami sekeluarga sudah bertekad hati untuk merehabilitasi dan memperbaiki si Kuda yang sempet terabaikan sejenak, dikuat kuatin hati deh untuk tetep diperbaiki.

Pokoknya, ni Kuda harus bisa meringkik kuat lagi..! :mky_08:


Oia, harusnya di trit bergizi ini, diisi juga oleh para punggawa punggawa aktif Idmoc, yang tidak lelah nya tetap memegang idealisme mereka membela bendera tiga berlian di luar pengaruh ATPM.
Saya yakin, ada beberapa member SM yang juga sesepuh IdMOC yang juga membaca.
Mudahan mereka mau turun gunung menyapa Mitsu lovers disini, selain tentu saja mod Kopat..
:frm_salut:
Salam tiga berlian!
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: 17 Oct 2002, 17:44
Location: surabaya rek
Contact:

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by campoeran » 07 Jun 2013, 14:32

Kalau varian baru rasanay 1.6L dengan harga 250jt bisa jadi good deal tuh :) .

Penikmat_Kopi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1135
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by Penikmat_Kopi » 07 Jun 2013, 15:26

atau bikin klub sepakbola seperti dulu itu kan ada jamannya galatama

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8672
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by y_anjasrana » 07 Jun 2013, 15:41

sepuh mitsu koq belum muncul ya....
Accurate V5 Accounting System Consultant

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13575
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by madcat015 » 07 Jun 2013, 18:30

Turboman wrote:Ngasi usul bagus scr free trus yg nikmatin cuan si KTB ?

tsk tsk tsk...........
Well said om...

Kadang pabrikan bermuka dua... Baik di depan customer yg protes hanya untuk meredam ketidakpuasan, toh dibelakang mereka juga berpikir ada ribuan customer lagi yang ga peduli... Ngapain repot... :shrug:

Honda pun terbukti juga ga luput dari blunder2 seperti Freed, Brio, dan ironisnya, Civic (fatal bener kasus sedan ini)... Ane rasa pabrikan pasti punya perhitungan di atas kertas tersendiri..., sekarang eksekusi dan kenyataan di lapangan yang sering kali berbicara lain.

Car enthusiast memang boleh vokal dan kritis, tapi pabrikan tetap aja punya perhitungan tersendiri yang kita ga tau serumit dan sekonyol apa... :shrug:

Mohon maaf kalo ada kata2 nubie yang menyinggung...
Obey the mahakitteh. :big_cat:

Image

Image << Panic button for mere miserable mortals

nichoreinaldy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 19 Apr 2013, 15:56

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by nichoreinaldy » 07 Jun 2013, 18:43

madcat015 wrote:
Turboman wrote:Ngasi usul bagus scr free trus yg nikmatin cuan si KTB ?

tsk tsk tsk...........
dan ironisnya, Civic (fatal bener kasus sedan ini)
mang kenapa bro si civic ? perasaan banyak yang pake di jalan :e-think:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16438
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by DOHC » 07 Jun 2013, 18:48

nubie coba komen dikit yahh....

mengenai soal brand nissan yg irit dan spare part murah sperti yg di kemukakan diatas... sbg mantan user nissan, GL tentu nya... ane sdikit menyanggah yahh soal hal tsb... pertama utk soal irit, speedometer GL itu ada deviasi, apalagi utk kluaran awal... sudah banyak dibahas di forum2 bahkan milis livina sendiri... dan entah di kluaran2 taon berikut nya, sperti nya sudah di kalibrasi ulang.. dan angka2 FC yg dramatis sperti 1:20an yg sering terjadi di GL kluaran pertama sudah nyaris ga kedengeran lg di forum2 atau dunia maya utk GL kluaran skrg.. pengalaman ane make GL dan livina bertaon2 pun jg umum nya dapet FC di 1:10an.. tidak berbeda jauh dgn kompetitor.. dan jangan lupa kasus nissan march yg di gugat konsumen nya (2 gugatan resmi, dan ada beberapa sisa nya akhirnya mencabut gugatan karena sudah menempuh "jalan damai") mengenai perihal konsumsi FC nissan march
soal spare part murah, ini ane alami sendiri... utk spare part malah ckup mahal.. ambil contoh shock breaker blakang, yg OEM ampir 1 juta sepasang.. sdgkan KW nya yg kayaba excel 500an rebu spasang.. bandingkan dgn kompetitor mpv laris macam apansa.. jauh beda nya.. kopling set total hampir 1.4 jutaan.. tidak lebi murah dari kompetitor nya.. brake pad utk KW yg tersedia merek paraut (kualitas ckup bagus) saja sudah 200an ampir 300 rebu.. kalo yg oem bisa 2 kali lipat nya.. terlebih susah sekali mencari part aftermarket non oem atau part KW utk nissan... bahkan harga spare part nissan yg dijual di luar beres pun cuman beda sdikit skali dgn harga di beres..


*sharing mantan user GL.... yg ga trima kalo mitsu disamakan dgn nissan... dan balik berondok lagi di genteng.. :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13575
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by madcat015 » 07 Jun 2013, 18:50

nichoreinaldy wrote:
madcat015 wrote:
Turboman wrote:Ngasi usul bagus scr free trus yg nikmatin cuan si KTB ?

tsk tsk tsk...........
dan ironisnya, Civic (fatal bener kasus sedan ini)
mang kenapa bro si civic ? perasaan banyak yang pake di jalan :e-think:
Civic FD (mk. 8) memang banyak, secara tuh mobil keren dan hanya Lancer aja yang menurut ane dapat menyaingi tampilan agresifnya...

Civic FB (mk. 9) yang sekarang di jual..., yah, begitulah... Jarang banget keliatan di jalan..., lha wong bentuk mirip City difotokopi 110% dan bokongnya yang kehilangan aura Civic (dengan 2 stop lamp ala integra atau mk. 7)...

Terlepas dari blunder itu, Honda keliatannya bakal menebus blundernya dengan facelift... Sementara Mitsu..., ane ga melihat ada satu pun yang salah dengan Lancer EX... :shrug:

*atas ane uda balik rupanya... pantas tadi ane denger suara glodakan dari genteng tetangga* :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:

Image

Image << Panic button for mere miserable mortals

nichoreinaldy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 19 Apr 2013, 15:56

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by nichoreinaldy » 07 Jun 2013, 19:02

oh gitu ternyata, maklum ane newbie :mky_01:
oit bakal di facelift ? kasian bener yang beli civic secara ane liat platnya baru :mky_07:

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: 15 May 2003, 23:12
Location: Indonesia
Contact:

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by DigitALL » 08 Jun 2013, 00:43

motolola wrote:Terakhir, sebelum saya di banned oleh rekan2 MitOSI karena terlalu banyak ngecap :mky_01: , saya hanya berusaha agar OS jadi mobil sukses dan Mitsu bisa naik peringkat, minimal peringkat 3 di bawah Toyota dan Honda. Tidak harus jadi mobil pasaran seperti Toyota dengan membuat mobil khusus Indonesia tapi lebih mirip cara Honda yg menjual mobil global. Honda sukses menjual mobil lebih mahal dari pasar tapi tetap laku berkat image irit yg dulu sukses melekat di Honda Civic. Orang kebanyakan tidak mencari mobil kencang (image Mitsu). Tidak ada rekan2 disini yang membahas performance OS seintens membahas keluhan2 kecil yg melekat di OS. Keren saja bahkan tidak cukup, tapi harus ditambah irit. Nissan sudah melakukan itu. Mazda (dulu brand mahal seperti Nissan) juga mencoba hal yang sama dengan Skyactiv walau tetap jual mahal. Mudah2an Mitsu unggul dg produk seperti PS, Mirage dan, semoga saja, OS. Mohon maaf petinggi KTB jika saya lancang. Saya harap mereka memantau tulisan ini ( geer bgt :mky_03: ) dan selalu mendengarkan usulan dari club otomotif seperti MitOSI.
Justru menurut ane lebih bagus kalau ada petinggi KTB yg baca agar mereka bisa maju dan membenahi seluruh strateginya.
Secara produk kalau ane perhatiin, produknya bagus2 spt Mirage Exceed yg fiturnya melimpah dan irit, Outlander Sport PX jg fiturnya melimpah, Pajero Sport (Dakar) tangguh, irit, kenceng. Dulu Grandis dgn hrg dibwh 300jt termasuk MPV premium dgn hrg terjangkau di kelasnya. Lancer jg bagus.
Mungkin strateginya yg perlu dibenahi spt kata bro motolola.

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: 15 May 2003, 23:12
Location: Indonesia
Contact:

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by DigitALL » 08 Jun 2013, 00:56

nichoreinaldy wrote:oh gitu ternyata, maklum ane newbie :mky_01:
oit bakal di facelift ? kasian bener yang beli civic secara ane liat platnya baru :mky_07:
Civic FB yg skrng modelnya parah. Kalau malem pas lampu belakangnya nyala ga ada kerennya kaya Civic FD dulu. Civic FD punya ciri khas 2 pasang lampu bulet, keliatan keren. Tarikan garis body dan kaca sampingnya keliatan sporty. Yg skrng spt City versi besarnya, ane setuju dgn bro madcat. :e-doh:

zoroaster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 01 Nov 2012, 18:10

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by zoroaster » 08 Jun 2013, 01:52

madcat015 wrote: Civic FD (mk. 8) memang banyak, secara tuh mobil keren dan hanya Lancer aja yang menurut ane dapat menyaingi tampilan agresifnya...

Civic FB (mk. 9) yang sekarang di jual..., yah, begitulah... Jarang banget keliatan di jalan..., lha wong bentuk mirip City difotokopi 110% dan bokongnya yang kehilangan aura Civic (dengan 2 stop lamp ala integra atau mk. 7)...

Terlepas dari blunder itu, Honda keliatannya bakal menebus blundernya dengan facelift... Sementara Mitsu..., ane ga melihat ada satu pun yang salah dengan Lancer EX... :shrug:

*atas ane uda balik rupanya... pantas tadi ane denger suara glodakan dari genteng tetangga* :ngacir: :ngacir: :ngacir:
menurut ane, kesalahan lancer Ex itu penetapan harganya....
gw dulu demen sama lancer (ex CK4 2002 user)... gw inget launching lancer EX sama lancer EVO X (2007?) di pameran gaikindo (waktu itu masih di JCC)... jaman gw masih mahasiswa, pengen banget minta dibeliin lancer EX kalo gw nggak salah inget harga dulu 340 atau 360 juta (jaman ini civic FD masih baru, gw masih nggak seneng soalnya model rada "gendut")... lancer EVO X kalo nggak salah 600 apa 800 jt ya... intinya gw kaget EVO ternyata dibawah 1 M....

yg bikin gw kecewa, nggak sampe 2 tahun ya kalo ga salah (mungkin gw salah, ada yg bisa kasih data harga?) ketika itu sedang ada rejeki, dan bokap juga cukup seneng dengan tampang EX... tapi apa yg terjadi? seinget gw harganya naik jadi 390jt (civic FD masih di kelas 340-360jt, tapi gw masih nggak demen)... mau cari second jarang, karena emg gw lihat jarang juga yg pakai.... disini gw inget EVO X udah nyentuh hampir 1 M.... terpaksa hold dulu....

lalu terakhir 2010 apa 2011 gitu... ketika waktu itu memang harus ganti mobil, coba2 ngelongok ke EX, ternyata sudah 400jutaan.... FD 2010 (lampu belakang nya udah segi enam, bukan bulet lagi) berada di 380jt kalo nggak salah yg 2000cc nya....

ya mungkin normal kali ya kenaikan harga? cuma ya sama2 minim fitur... dan di tahun 2010, gw sudah mulai merasa civic FD itu keren... jadi maksud gw adalah... kenapa harganya jadi mahal banget sih.....

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13575
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by madcat015 » 08 Jun 2013, 08:29

Betul bro zoroaster... ane ingat, EvoX pertama kali rilis 800jt... ane sampe bengong... kok harganya cukup bersaing (dompet ane ga bs menyaingi waktu itu, DP 5% pun ga sanggup).

Civic FD saat itu lagi berjuang sama CRV RE utk meyakinkan pasar mengenai bentuk dan teknologi yg mereka usung, sementara EX malah tampil sangat agresif dengan slanted head lamp dan shark nose nya... amunisi EX lebih baik dari sisi penampilan menurut nubitol ini... :mrgreen:

2 taon kemudian... tadaaaaa... 1.2M! :frm_bang_head: ane mending hunting sedan 2 pintu Bavaria aja dah atau beli poor's man sport car.

Postingan bro zoro sangat mengena, harga bisa jadi merupakan blunder KTB saat itu.
Obey the mahakitteh. :big_cat:

Image

Image << Panic button for mere miserable mortals

motolola
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 25 May 2011, 13:06

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by motolola » 08 Jun 2013, 10:14

DOHC wrote:nubie coba komen dikit yahh....

mengenai soal brand nissan yg irit dan spare part murah sperti yg di kemukakan diatas... sbg mantan user nissan, GL tentu nya... ane sdikit menyanggah yahh soal hal tsb... pertama utk soal irit, speedometer GL itu ada deviasi, apalagi utk kluaran awal... sudah banyak dibahas di forum2 bahkan milis livina sendiri... dan entah di kluaran2 taon berikut nya, sperti nya sudah di kalibrasi ulang.. dan angka2 FC yg dramatis sperti 1:20an yg sering terjadi di GL kluaran pertama sudah nyaris ga kedengeran lg di forum2 atau dunia maya utk GL kluaran skrg.. pengalaman ane make GL dan livina bertaon2 pun jg umum nya dapet FC di 1:10an.. tidak berbeda jauh dgn kompetitor.. dan jangan lupa kasus nissan march yg di gugat konsumen nya (2 gugatan resmi, dan ada beberapa sisa nya akhirnya mencabut gugatan karena sudah menempuh "jalan damai") mengenai perihal konsumsi FC nissan march
soal spare part murah, ini ane alami sendiri... utk spare part malah ckup mahal.. ambil contoh shock breaker blakang, yg OEM ampir 1 juta sepasang.. sdgkan KW nya yg kayaba excel 500an rebu spasang.. bandingkan dgn kompetitor mpv laris macam apansa.. jauh beda nya.. kopling set total hampir 1.4 jutaan.. tidak lebi murah dari kompetitor nya.. brake pad utk KW yg tersedia merek paraut (kualitas ckup bagus) saja sudah 200an ampir 300 rebu.. kalo yg oem bisa 2 kali lipat nya.. terlebih susah sekali mencari part aftermarket non oem atau part KW utk nissan... bahkan harga spare part nissan yg dijual di luar beres pun cuman beda sdikit skali dgn harga di beres..


*sharing mantan user GL.... yg ga trima kalo mitsu disamakan dgn nissan... dan balik berondok lagi di genteng.. :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Rupanya Bro DOHC punya pengalaman buruk ya dengan GL,hehehe. Sekarang mobilnya apa nih Bro? Mudah2an OS yaa...
GL ini sedikit unik menurut saya. Nissan mengeluarkan dua jenis mesin yaitu 1.5 dan 1.8. Posisinya berada diantara Avanza dan Innova. Avanza py tipe 1.5 tetapi sejujurnya GL bukanlah rival langsung dari Avanza. Media menganggap GL adalah rival Innova. Jika diamati lebih detail, biasanya pengguna Avanza yg sdh meningkat taraf hidupnya akan upgrade ke GL. Bahkan dealer Nissan setahu saya menawarkan program buyback Avanza bagi peminat GL. Saya py teman yg inden Avanza saat launching pertama kali namun kemudian ganti GL saat booming 2008. Dia bilang GL itu adalah Honda Stream seharga Innova, utk menggambarkan kenyamanan GL. Jd membandingkan Avanza dgn GL itu kurang tepat menurut saya. Rivalnya adalah Innova, walaupun Innova bensin cc nya lbh bsr, yaitu 2.0. Kl boleh tahu bro DOHC pakai GL 1.5 atau 1.8? Kebetulan bokap ane pake GL 1.5XV AT. Sering ia pakai pp Tj. Karang -Palembang dan TJk-Jkt. Dia bilang sangat irit kok. Saya jg beberapa kali bawa mobil ini, setirnya ringan dan jauuuuh lebih nyaman dari Avanza 1.3S AT saya dulu. Dibanding Innova yg gembrot dgn setir berat, GL jg tidak kalah. Apalagi Innova bensin py image boros.
Jd menurut saya, yg menilai sebuah mobil itu irit atau tdk ya masyarakat. Buktinya GL konsisten di 5 besar mobil terlaris hingga 2011. Tiga bsr selalu Avanza/Xenia/Innova. Di 2010, peringkat 4 masih dipegang Honda Jazz yg dulu py image irit dengan icon i-DSI, sebelum ganti i-VTEC semua. Disusul oleh GL diposisi 5. Thn berikutnya GL malah naik ke peringkat 4. Selanjutnya 2012, posisi keempat masih digenggam oleh GL, walau pendatang baru, Suzuki Ertiga, sdh mulai mengancam. Sy lupa bulan apa di 2013, penjualan Ertiga sempat menyamai Xenia, sehingga Avanza/Xenia terpaksa menambah fitur baru utk menghadang Ertiga, yaitu dual airbag dan rem ABS (tdnya hanya di varian tertinggi saja).
Intinya adalah, suka tidak suka, GL tetap lebih irit dr Avanza apalagi Innova. Bagi mereka yg tdk mau dibilang pasaran, mereka pilih GL. Untuk sparepart, bagi mereka yg pernah pakai Nissan sblm era GL, pasti akan bilang part GL murah. Ingat, image Nissan sebelum ini adalah mobil mewah. Utk part KW, memang tdk ada yg bisa mengalahkan Toyota. Tapi ingat, jgn bandingkan GL dgn Avanza ya, bandingkan ia dgn Innova. Yg pantas melawan
Avanza/Xenia dan sekelas, cuma Ertiga saat ini.
Soal Nissan March, memang ada sempat kasus, tapi tidak mengurangi minat masyarakat beli March. Buktinya tahun 2011, ia masuk peringkat 10. Satu-satunya yg masuk 10 bsr dari kelas small hatchback. 2012-2013, jelas sudah berbeda karena sdh muncul Honda Brio dan Toyota Etios Valco. Dua mobil ini saya prediksi bakal mendepak Jazz dan Yaris dari 10 besar di 2013 akhir nanti.
Nah, kenyataannya Mitsubishi tidak punya kendaraan penumpang di 10 besar. Saya amati diera-era tadi, PS paling2 bermain di 15 besar. Itu pun saling dorong2an dgn CRV dan Fortuner. CRV pernah masuk 10 besar, PS belum. Itulah alasannya saya bilang Mitsubishi harus belajar dari Nissan. GL selalu di 10 besar, bahkan 5 besar, dan March pernah jaya sebelum Honda/Toyota main di segmen ini. Saya tidak bilang Mitsu belajar dari Daihatsu/Suzuki yg konsisten di kelas bawah ya. Saya hanya ingin Mitsu selevel Honda utk urusan penjualan mobil penumpang, dg meniru trik Nissan. Itu saja.

User avatar
walid_007
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2795
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: pekalongan, indonesia

Re: Apa usul anda pada KTB agar OS sukses

Post by walid_007 » 08 Jun 2013, 11:02

kita bicara SALES (bukan sales orang maksudnya PENJUALAN)

gini2 om kendala utama ktb adalah varian,,,yups...fvrian mobil yang ditawarkan ktb sangat kurang greget...dan bukan barang yang jadi pioneer bahkan suzuki is better,,,

gue ambil contoh
ente liat nissan,dalam tempo 1 dekade katakanlah di indonesia(th 2000 keatas) mereka udah mengeluarkan banyak model..dari eva,GL,serena,elgrand, mereka berubah

yups..mereka mengeluarkan seluruh senjatanya pada MPV,karena??? indonesia adalah sarangnya mpv....orang yang beli serena serasa "beli elgrand" itulah pasar...melihat flagshipnya atau bahkann evalia serasa elgrand :big_slap:

toyota katakanlah...dari avz,inova,nav1,alphard??
mereka komplit plit
orang yang beli nav1 serasa beli "alphard" ,beli avz serasa innova

di sedan kita liat...ada city,civic,accord?? yups klo honda hanya menjual civic saja..maka civic ga akan laris

KESIMPULAN

itulah gambaran saya...semuanya harus seperti TANGGA,,dari yang terbawah naik ke tenggah hingga atas.....semuanya harus ada dan ga boleh kosong!!!!!

itu yang membuat nama sedan honda dan toyota terpandang,,sedan nissan blom,,karena ga punya adek2,,, :big_peace:
ini yang memuat mpv nisan dan toyota terpandang...honda kurang

ini yang membuat SUV toyota terpandang,,dari LC sampe RUSH,bahkan masih ada yang lain(IU) sperti prado dkk

PS bisa lumayan deres karena pemakaian nama PAJERO :big_peace: , yahh!!!benar,,,ada pajero exced di indonesia,,,dan jika ga ada pajero exced,,,,ada bisa tau jawabannya......??mau tau??? PS hanya cerita yang bernasib sama seperti kuda


jadi itulah masalahnya TAM adalah raja,,,HPM juga di sedannya juga bisa disebut sama, NMI juga bisa menjadi ratu MPV

kalo KTB??? mereka sepeti kurang senjata "ompong" :big_peace:





maaf kalo saya lancang ,,namun inilah fakta toh demi kebaikan ktb












:ngacir:
Image

LGX
the legend of toyota

Post Reply

Return to “MitOSI General Chat”