Oli Mitsubishi

Moderators: maxx, denny3ck, SeVeN, chr_lee, MitOSI, PXwhite, agriadi287

Post Reply
riananggoro
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 16 Jul 2007, 18:01

Oli Mitsubishi

Post by riananggoro » 14 Dec 2013, 07:43

Kemarin saya ganti oli mesin di km 4349 di Mitsu Cikupa.
Cuma waktu saya lihat, saya dapat nya oli dari drum, tidak terlihat spec nya apa.tidak seperti packing oli yang di pajang di ruang daftar service.
Sebelum nya saya minta ke SA nya pakai yg 5w-30 karena ini yang full synthetic.
Saya dapat nota 53rb/L.

Yang saya bingung pagi ini saya baca kertas informasi ganti oli nya kok umur nya cuma 5000km.
Saya harus kembali di KM 9349.
Setahu saya umur olinya 10000km, karena saya niat ganti oli pun karena masih baru (takut masih banyak gram) dan akan di pakai untuk perjalanan jauh.
Dan karena saya sekalian ganti filter oli. saya di kenakan penggantian oli 5L. tanpa dapat sisa oli untuk di bawa pulang karena cuma dari drum.

Yg saya tanyakan, apakah pengguna lain juga mengalami kondisi seperti saya saat ganti oli?
Karena saya kawatir spec oli yg di berikan tidak sesuai, cuma berumur 5000km saja.
Dan biaya nya lumayan juga, saya di kenakan service kecil 150rb untuk ganti oli dan filter oli saja.

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8672
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Oli Mitsubishi

Post by y_anjasrana » 14 Dec 2013, 08:06

Menurut standard beres, seharusnya ganti olinya ya pas 10.000km. kalau ganti oli di 4349km, jelas di luar standard beres. standard interval beres tetap di interval 10.000km.
Kalau masalah kemasan, itu utk menekan harga. kalau pake kemasan drum, harga oli bisa lebih murah krn ga kena biaya packing. makanya harganya cuma 53rb/liter.

Kalau keberatan dgn biaya ganti oli, ya sebaiknya ganti oli sendiri saja. cuma modal kunci sok, wadah tempat oli, dan kemauan utk ngolong. setau ane klu ganti oli sendiri di luar jadwal service rutin ga membatalkan garansi mesin. cmiiw.
Accurate V5 Accounting System Consultant

riananggoro
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 16 Jul 2007, 18:01

Re: Oli Mitsubishi

Post by riananggoro » 14 Dec 2013, 09:58

Sudah clear, ada kesalahan komunikasi antara SA dan mekanik.
Umur pakai oli nya 10000km.
Untuk biaya penggantian memang lebih mahal, tapi harga oli nya lebih murah.
Jadi ga ada beda nya juga ganti di luar atau di beres.

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5247
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Oli Mitsubishi

Post by nugroho bagor » 14 Dec 2013, 11:29

y_anjasrana wrote:Menurut standard beres, seharusnya ganti olinya ya pas 10.000km. kalau ganti oli di 4349km, jelas di luar standard beres. standard interval beres tetap di interval 10.000km.
Kalau masalah kemasan, itu utk menekan harga. kalau pake kemasan drum, harga oli bisa lebih murah krn ga kena biaya packing. makanya harganya cuma 53rb/liter.

Kalau keberatan dgn biaya ganti oli, ya sebaiknya ganti oli sendiri saja. cuma modal kunci sok, wadah tempat oli, dan kemauan utk ngolong. setau ane klu ganti oli sendiri di luar jadwal service rutin ga membatalkan garansi mesin. cmiiw.
Di mohon jangan menyerobot Master DIY tentang DIY

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16639
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Mitsubishi

Post by Turboman » 14 Dec 2013, 13:49

Biasa lah bkl nulis ganti oli 5000 km, ya kan beres kejer omzet juga

Emang oli MGO 5W30 itu spec nya gimana ? VI dan,TBN nya brp ?

User avatar
artoodetoo
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 5891
Joined: 26 Aug 2007, 10:43

Re: Oli Mitsubishi

Post by artoodetoo » 14 Dec 2013, 14:22

Sebagai sesama pengguna Mitsu, ane ikutan memantau :ungg:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net

E 11 ZO
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 02 Jun 2013, 11:44

Re: Oli Mitsubishi

Post by E 11 ZO » 15 Dec 2013, 08:31

Permisi, mau nanya masalah oli. OS dirumah baru jalan 4900km, tapi alarm di panel udah muncul karena lewat 6 bulan untuk service berkalanya. Yang mau ditanyakan, kira2 harus ngikut jadwal 6 bulan service berkala atau bisa nunggu sampai 10.000km sesuai umur oli? Apakah nanti akan menggugurkan garansi mobil bila tidak menuruti service berkala 6 bulan? Kira2 lebih prefer ganti oli tiap 5000km atau 10.000km? Kebetulan OS dirumah cuma dipakai buat dalam kota aja, jadi kalau nunggu 10.000km rada lama, kira2 setahun baru kecapai.
Mohon pencerahannya...

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8672
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Oli Mitsubishi

Post by y_anjasrana » 15 Dec 2013, 08:47

nugroho bagor wrote:
y_anjasrana wrote:Menurut standard beres, seharusnya ganti olinya ya pas 10.000km. kalau ganti oli di 4349km, jelas di luar standard beres. standard interval beres tetap di interval 10.000km.
Kalau masalah kemasan, itu utk menekan harga. kalau pake kemasan drum, harga oli bisa lebih murah krn ga kena biaya packing. makanya harganya cuma 53rb/liter.

Kalau keberatan dgn biaya ganti oli, ya sebaiknya ganti oli sendiri saja. cuma modal kunci sok, wadah tempat oli, dan kemauan utk ngolong. setau ane klu ganti oli sendiri di luar jadwal service rutin ga membatalkan garansi mesin. cmiiw.
Di mohon jangan menyerobot Master DIY tentang DIY

Master DIYnya ga mungkin main2 kemari om.... :big_weee: :big_weee:
riananggoro wrote:Sudah clear, ada kesalahan komunikasi antara SA dan mekanik.
Umur pakai oli nya 10000km.
Untuk biaya penggantian memang lebih mahal, tapi harga oli nya lebih murah.
Jadi ga ada beda nya juga ganti di luar atau di beres.

Syukur deh kalau sudah clear. Tp jgn lupa karena ada perubahan interval ganti oli, dr 0-10rb-20rb dst jadi 0-5rb-15rb-25rb, tanyakan juga apakah jadwal service part lainnya juga ikutan berubah atau tidak? jgn sampai garansi jd gugur gara2 selisih 5rb km.
Accurate V5 Accounting System Consultant

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8672
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Oli Mitsubishi

Post by y_anjasrana » 15 Dec 2013, 08:54

E 11 ZO wrote:Permisi, mau nanya masalah oli. OS dirumah baru jalan 4900km, tapi alarm di panel udah muncul karena lewat 6 bulan untuk service berkalanya. Yang mau ditanyakan, kira2 harus ngikut jadwal 6 bulan service berkala atau bisa nunggu sampai 10.000km sesuai umur oli? Apakah nanti akan menggugurkan garansi mobil bila tidak menuruti service berkala 6 bulan? Kira2 lebih prefer ganti oli tiap 5000km atau 10.000km? Kebetulan OS dirumah cuma dipakai buat dalam kota aja, jadi kalau nunggu 10.000km rada lama, kira2 setahun baru kecapai.
Mohon pencerahannya...

Ikuti apa kata buku manual saja om. Kalau disuruh ganti oli per 10rbkm atau 6 bulan mana yg lebih cepat, ya ikutin aja. Kalau tidak diikuti nanti garansi bisa gugur.

Btw irit bener ya 10rb nunggu setaun. miras ane belum setaun udah 36rb km.... :big_childish: :big_childish: :big_childish:
Accurate V5 Accounting System Consultant

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11046
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Oli Mitsubishi

Post by VanzMatic » 15 Dec 2013, 08:56

E 11 ZO wrote:Permisi, mau nanya masalah oli. OS dirumah baru jalan 4900km, tapi alarm di panel udah muncul karena lewat 6 bulan untuk service berkalanya. Yang mau ditanyakan, kira2 harus ngikut jadwal 6 bulan service berkala atau bisa nunggu sampai 10.000km sesuai umur oli? Apakah nanti akan menggugurkan garansi mobil bila tidak menuruti service berkala 6 bulan? Kira2 lebih prefer ganti oli tiap 5000km atau 10.000km? Kebetulan OS dirumah cuma dipakai buat dalam kota aja, jadi kalau nunggu 10.000km rada lama, kira2 setahun baru kecapai.
Mohon pencerahannya...
Jadwal penggantian oli tuh 10rb km atau 6 bulan, mana yg tercapai lbh dulu kan? Ya sudah kalau yg tercapai adalah 6 bulannya duluan, ya ambil yg 6 bulan.

Imho Cmiiw
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

riananggoro
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 16 Jul 2007, 18:01

Re: Oli Mitsubishi

Post by riananggoro » 15 Dec 2013, 09:23

y_anjasrana wrote:
nugroho bagor wrote:
y_anjasrana wrote:Menurut standard beres, seharusnya ganti olinya ya pas 10.000km. kalau ganti oli di 4349km, jelas di luar standard beres. standard interval beres tetap di interval 10.000km.
Kalau masalah kemasan, itu utk menekan harga. kalau pake kemasan drum, harga oli bisa lebih murah krn ga kena biaya packing. makanya harganya cuma 53rb/liter.

Kalau keberatan dgn biaya ganti oli, ya sebaiknya ganti oli sendiri saja. cuma modal kunci sok, wadah tempat oli, dan kemauan utk ngolong. setau ane klu ganti oli sendiri di luar jadwal service rutin ga membatalkan garansi mesin. cmiiw.
Di mohon jangan menyerobot Master DIY tentang DIY

Master DIYnya ga mungkin main2 kemari om.... :big_weee: :big_weee:
riananggoro wrote:Sudah clear, ada kesalahan komunikasi antara SA dan mekanik.
Umur pakai oli nya 10000km.
Untuk biaya penggantian memang lebih mahal, tapi harga oli nya lebih murah.
Jadi ga ada beda nya juga ganti di luar atau di beres.

Syukur deh kalau sudah clear. Tp jgn lupa karena ada perubahan interval ganti oli, dr 0-10rb-20rb dst jadi 0-5rb-15rb-25rb, tanyakan juga apakah jadwal service part lainnya juga ikutan berubah atau tidak? jgn sampai garansi jd gugur gara2 selisih 5rb km.
interval tidak berubah tetap 10rb service lg.karena kemarin bukan service berkala, cuma ganti oli saja.
karena saya dapat mobil manufacture bulan februari.jadi kalau di hitung oli nya sudah berumur 10bln sejak dituang.takutnya sudah ada pengendapan,setahu saya idealnya oli dipakai 6bulan.

E 11 ZO
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 02 Jun 2013, 11:44

Re: Oli Mitsubishi

Post by E 11 ZO » 15 Dec 2013, 11:10

y_anjasrana wrote:
E 11 ZO wrote:Permisi, mau nanya masalah oli. OS dirumah baru jalan 4900km, tapi alarm di panel udah muncul karena lewat 6 bulan untuk service berkalanya. Yang mau ditanyakan, kira2 harus ngikut jadwal 6 bulan service berkala atau bisa nunggu sampai 10.000km sesuai umur oli? Apakah nanti akan menggugurkan garansi mobil bila tidak menuruti service berkala 6 bulan? Kira2 lebih prefer ganti oli tiap 5000km atau 10.000km? Kebetulan OS dirumah cuma dipakai buat dalam kota aja, jadi kalau nunggu 10.000km rada lama, kira2 setahun baru kecapai.
Mohon pencerahannya...

Ikuti apa kata buku manual saja om. Kalau disuruh ganti oli per 10rbkm atau 6 bulan mana yg lebih cepat, ya ikutin aja. Kalau tidak diikuti nanti garansi bisa gugur.

Btw irit bener ya 10rb nunggu setaun. miras ane belum setaun udah 36rb km.... :big_childish: :big_childish: :big_childish:
Thanks buat infonya om.. maklum, OSnya cuma dipake dalam kota ama istri buat antar jemput anak :mky_01: jadi banyak nganggurnya :mky_03: anyway, kalo service berkalanya ikut 6 bulan berarti pemakaian cuma per 5000km dong? apa ngak sayang tuh? kayaknya jadi ngak effisien yah? kan olinya bisa sampai 10.000km, trus harganya emang lebih mahal dari oli biasa yang cuma bisa 5000km... :big_childish: kira2 bisa pilih ganti oli yg speknya cuma 5000km ngak? kan harganya lebih murah, jadi ngirit... :big_think:

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1335
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Oli Mitsubishi

Post by Salvanost » 15 Dec 2013, 18:18

kalau saya sih prefer ganti oli tiap 5000km

kerasa bedanya
ga perlu repot2 tambahin lupromax lagi

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Oli Mitsubishi

Post by asudarsono » 16 Dec 2013, 07:46

Kalau emang pemakaian mobilnya gak berat, bisa dipertimbangkan pakai oli mineral yg setara. Saya rasa kalau mau pertahankan frekuensi 6 bln, itu lebih baik dari beli oli mahal tapi frekuensi dikurangi jadi tahunan misalnya.

Kalau kasus di atas, karena mobilnya baru, tetep suruh balik di km 10.000. Itu bukan masalah di olinya, tapi di mobilnya. Bengkel udah bener kasih oli murah krn sebentar lagi wajib ganti oli di km 10.000. Justru bengkel gak bener kalau kasih oli sintetis, krn mengganggu proses inreyen yaitu menghilangkan gram.
Ready to Race

E 11 ZO
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 02 Jun 2013, 11:44

Re: Oli Mitsubishi

Post by E 11 ZO » 16 Dec 2013, 10:50

Kmaren saya iseng2 tlp bengkel service 24 jam Mitsubishi jakarta&bandung buat nanya masalah service berkala 6 bulan atau 10.000km. Tanggapan 2 service advisor di 2 tempat yang berbeda (jakarta&bandung), pergantian oli bisa menunggu 10.000km walaupun sudah lewat 6 bulan dan tidak akan menggugurkan garansi mesin mobil. Bila ingin mengganti oli saja pada 5000km bisa dilakukan (tergantung kebutuhan), tetapi pada 10.000km wajib service berkala untuk pengecekan mobil secara komplit.
Masih ragu juga, saya telepon langsung kepala bengkel Mitsubishi... Beliau mengatakan bahwa garansi mesin mobil didasarkan pada dua kriteria yaitu 6 bulan dan atau 10.000km. Jadi walaupun mobil baru jalan 4900km tapi udah 6 bulan, masih bisa nunggu sampai 10.000km baru service berkala. Hal ini tidak menggugurkan garansi mobil..

User avatar
artoodetoo
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 5891
Joined: 26 Aug 2007, 10:43

Re: Oli Mitsubishi

Post by artoodetoo » 16 Dec 2013, 10:53

E 11 ZO wrote:Kmaren saya iseng2 tlp bengkel service 24 jam Mitsubishi jakarta&bandung buat nanya masalah service berkala 6 bulan atau 10.000km. Tanggapan 2 service advisor di 2 tempat yang berbeda (jakarta&bandung), pergantian oli bisa menunggu 10.000km walaupun sudah lewat 6 bulan dan tidak akan menggugurkan garansi mesin mobil. Bila ingin mengganti oli saja pada 5000km bisa dilakukan (tergantung kebutuhan), tetapi pada 10.000km wajib service berkala untuk pengecekan mobil secara komplit.
Masih ragu juga, saya telepon langsung kepala bengkel Mitsubishi... Beliau mengatakan bahwa garansi mesin mobil didasarkan pada dua kriteria yaitu 6 bulan dan atau 10.000km. Jadi walaupun mobil baru jalan 4900km tapi udah 6 bulan, masih bisa nunggu sampai 10.000km baru service berkala. Hal ini tidak menggugurkan garansi mobil..
Setahu ane biasanya khan ada kata2 "mana yang tercapai terlebih dahulu" :big_think:
Jadi kalo 6 bulan tercapai terlebih dahulu ya mesti segera servis meski belum 10.000 km
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net

User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: 16 Oct 2012, 23:17
Location: PIK

Re: Oli Mitsubishi

Post by hbobo » 26 Dec 2013, 19:33

os ane di km1000 udah ganti ke oli MGO 5W-30, disuru kembali pada km 10rb. cuma kalo ane sih km 5rb udah balik suru ganti oli lagi. walau ada yang bilang oli bisa 10rb. kalo ane sih palingan cek aja kadar oli nya. kalo menurut ane uda keruh sampe keruh banget. yah meningan ganti oli, nga usa nunggu 5rb atau 6 bulan. kalo dari pengalaman ane sih rata rata di 5rb km udah keruh olinya.

trus anjuran beres ganti setiap 6bulan. ane ga perna tuh kaya gitu. mobil ane yang jarang dipake aja, kadang 10 bulan baru ganti oli. malah kadang setahun. lancar lancar aja dan garansi nga hangus kok. ane uda tanya ke beres, nga masalah kok kalo diatas 6bulan, kalo emang mobil banyakan nginep di garasi mau ganti diatas 6 bulan juga nga masalah. cuma katanya yang penting dipanasin aja mobilnya setiap beberapa hari sekali, untuk mencegah nga tau sebutan bahasa teknisnya. ane ada mobil udah 9 bulan sejak terakhir kali ganti oli di km5rb, sekarang km nya masih 9500. cuma setelah taon baru mau ganti oli. hehehe.

cuma satu hal. asli mobil mitsu borosnya parah banget. gila tenaga boyo begitu, tapi konsumsi bensin lebih rakus dibandingin crv yang tenaganya jauh lebih idup, maupun X3 yang tenaganya bukannya lawan os.
buat yang cari mobil irit yah jangan coba coba mitsu deh.
one small step for a man, a giant leap for mankind

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1335
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Oli Mitsubishi

Post by Salvanost » 27 Dec 2013, 00:07

kalau menurut saya sih sama aja ya
mau 1000 mau 10000 sama aja keruhnya
cuma bedanya kalau 10000 di cek oli warnanya kopi susu
sama pas ganti oli... kerasa bedanya

pendapat saya juga sama dengan yang lain mending sekalian aja ganti 5000km
tapi mungkin nanti saya ga langsung ganti, coba tambahin lupromax dulu

saya masih mau experimen oli 5w 30 + lupromax atau ganti tiap 5000km
lebih enak yang mana

sekalian promosi, kalau mau service berkala coba di raden inten
service oke

cuma rada jauh, tapi saya emang udah fix, kesana sekalian spooring balancing ban di bengkel dekat sana

Post Reply

Return to “MitOSI Modification and problem solving”