Mediasi dan solusi dari KTB

Moderators: maxx, denny3ck, SeVeN, chr_lee, MitOSI, PXwhite, agriadi287

kunammerah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 11 Jan 2013, 19:08

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by kunammerah » 28 Jul 2013, 09:30

F 272 wrote:
Salvanost wrote:yang udah ganti altenator, bikin small review donk
sama thread supaya OS2 yang lain juga tau perubahan ganti altenator dan cara daftarnya bagaimana

saya semenjak make shell vpower bisa minimalisir gejala ngorok OS
jadi bingung ganti apa ga
@ Bro Salvanost
Musti Ganti alternator Bro...


Saya baru aja ganti hari kemaren di Bres Mitsu Dwindo Bintaro..
menurut keterangan SA yang akrab dengan saya, itu jangan kan pihak BeRes, atau KTB... pihak Mitsu Jepang nya pun baru menemukan solusi untuk mengatasi suara berdecit saat menyalakan AC...ternyata yang kemarin2 banyak OS yang di ganti Tensioner & V-Belt itu tidak tepat untuk menghilangkan bunyi berdecit itu, bahkan ternyata diketahui belakangan bahwa tensioner & V-Belt sama skali engga ada hubungan nya dengan suara berdecit itu..

Jadi, sparepart yang ada hubungan dengan suara berdecit + ngorok itu adalah : Alternator
katanya Alternator nya sama dengan milik Lancer Ex, yang bikin bingung mereka itu, Alternator sejenis yang selama ini terpasang di Lancer Ex sama sekali tidak bermasalah spt pada OS, namun belakang diketahui bahwa ada semacam sistem sirkulasi udara yang berbeda antara OS dengan Lancer EX, kalo tidak salah dengar Lancer Ex itu two way..sedangkan OS itu one Way.. (atau sebaliknya, Saya gatau pastinya yg mana..takut salah dengar)
Perbedaan sirkulasi udara itulah yang menyebabkan suara ngorok (Ngorok, pihak Mitsu menyebutnya : Noise), menurut Mitsu Japan yg diteruskan ke KTB & BeRes Mitsu.

Namun menurut BeRes juga, untuk OS rakitan tahun 2013 masalah ini sudah tidak dijumpai..
(Perlu Klarifikasi kepada para pemakain OS rakitan 2013, apakah benar tidak ada masalah ?)

Alternator yang disediakan KTB melalui BeRes ini adalah part asli di import dari Jepang dann bersifat Limited.
Jika para pemilik OS saat ini tergabung dalam Mitosi, dan unit OS nya mengalami gejala2 atau sedang bermasalah ngorok+berdecit bisa segera ikutan program penggantian alternator yg di koordinir Mitosi ke KTB.

Kalo saya kemarin kebetulan kontak dengan sahabat baik saya yg bekerja di KTB untuk mendapatkan Alternator tersebut tapi juga minta via BeRes Dwindo, saya pikir siapa yg dapat duluan aja hehehe... Ternyata kabar lebih cepat datang dari sahabat saya di KTB yg BBm : Pak, Alternator pesanan Bapak sudah tersedia & sudah di kirim ke Dwindo Bintaro..silahkan kontak Dwindo.... segera saya kontak SA & Ka. Bengkel, mereka Cek, dan kabari saya memang positif alternator sudah ready untuk OS saya.... Keesokan harinya pagi2 saya meluncur ke Dwindo Bintaro...

Sesaat setelah di ganti Alternator, terdengar suara mesin OS lebih lembut dan minim suara ngorok, begitu pun ketika AC dihidupkan tak ada lagi suara berdecit... + gas di injak berulang2 ..tetap suara berdecit tidak ada...
Saya mau coba hidupkan Pagi2 ini dan ingin lihat perkembangan nya... Nanti saya akan laporkan kondisi nya di trit ini....

Demikian Bro Salvanost..

:big_peace: :big_peace:

sekedar melengkapi info dari Bro F272, untuk OS rakitan 2013 sudah di pastikan part number alternator adalah sama dengan yang 2012 yaitu PN 1800A322, sedangkan yang import dari japan itu menggunakan PN 1800A053. Perbedaannya ada di type ball bearing dari rotor alternator tersebut.
Jadi silahkan jika memang sudah mulai dirasa ada suara berdecit dan ngorok/noise, diinfokan ke beres terdekat untuk di ganti alternator.
Jika bro disini sudah anggota Mitosi mungkin lebih mudah dikoordinir oleh pengurus mitosi untuk penggantian alternator dan sejauh yang saya amati, anggota mitosi mendapatkan privilege yang lebih dimana didahulukan/diprioritaskan. Sebagai gambaran saja anggota mitosi chapter kalimantan sudah mendapatkan penggantian alternator ini minggu lalu dan di kardus alternator yg baru ditulis "anggota mitosi" he..he
berikut adalah foto alternator lama dan baru
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3043
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by F 272 » 28 Jul 2013, 09:40

@Bro kunammerah..
Weiihhh udah ganti alternator juga nih ya jadinya...
Gimana perbadaan nya udah mulai terasa kan ? Noise lebih halus, decit hilang..

Ooh brarti rakitan 2013 pun akan terjadi kemungkinan penyakit bawaan spt 2012 yah kalo melihat nomor seri pada alternator nya sama dengan yg 2012...
Hmmm... Ayoo cepat bergabung dengan Mitosi..!! untuk mendapatkan priortas penggantian alternator... Mudah2an KTB import alternator sejumlah unit yg dia jual ya Bro...

Trims info nya Bro kunammerah.. semoga bermanfaan untuk pengguna OS lain nya..
:big_peace: :big_peace: :big_peace:

kunammerah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 11 Jan 2013, 19:08

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by kunammerah » 28 Jul 2013, 09:47

F 272 wrote:@Bro kunammerah..
Weiihhh udah ganti alternator juga nih ya jadinya...
Gimana perbadaan nya udah mulai terasa kan ? Noise lebih halus, decit hilang..

Ooh brarti rakitan 2013 pun akan terjadi kemungkinan penyakit bawaan spt 2012 yah kalo melihat nomor seri pada alternator nya sama dengan yg 2012...
Hmmm... Ayoo cepat bergabung dengan Mitosi..!! untuk mendapatkan priortas penggantian alternator... Mudah2an KTB import alternator sejumlah unit yg dia jual ya Bro...

Trims info nya Bro kunammerah.. semoga bermanfaan untuk pengguna OS lain nya..
:big_peace: :big_peace: :big_peace:
Bro F272,

saya sih belum ganti alternator karena belum terdengar suara tikus dan ngorok, untuk list mitosier yang membutuhkan penggantian pada gelombang 1 sudah diganti semua sepertinya, dan saya ambil foto2 tersebut dari anggota mitosi yang tergabung di (Line - chat online di HP seperti kakao talk dan whatsapp) yang sudah diganti, saya rasa KTB ini sangat sangat support terhadap konsumen dibanding ATPM lain, dan sangat worthed untuk memiliki Mitsu saat ini.
so nggak perlu takut beli OS saat ini.. :big_peace:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3043
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by F 272 » 28 Jul 2013, 09:58

kunammerah wrote:
F 272 wrote:@Bro kunammerah..
Weiihhh udah ganti alternator juga nih ya jadinya...
Gimana perbadaan nya udah mulai terasa kan ? Noise lebih halus, decit hilang..

Ooh brarti rakitan 2013 pun akan terjadi kemungkinan penyakit bawaan spt 2012 yah kalo melihat nomor seri pada alternator nya sama dengan yg 2012...
Hmmm... Ayoo cepat bergabung dengan Mitosi..!! untuk mendapatkan priortas penggantian alternator... Mudah2an KTB import alternator sejumlah unit yg dia jual ya Bro...

Trims info nya Bro kunammerah.. semoga bermanfaan untuk pengguna OS lain nya..
:big_peace: :big_peace: :big_peace:
Bro F272,

saya sih belum ganti alternator karena belum terdengar suara tikus dan ngorok, untuk list mitosier yang membutuhkan penggantian pada gelombang 1 sudah diganti semua sepertinya, dan saya ambil foto2 tersebut dari anggota mitosi yang tergabung di (Line - chat online di HP seperti kakao talk dan whatsapp) yang sudah diganti, saya rasa KTB ini sangat sangat support terhadap konsumen dibanding ATPM lain, dan sangat worthed untuk memiliki Mitsu saat ini.
so nggak perlu takut beli OS saat ini.. :big_peace:
Bro..Ganti ajah.. hehehe.. tar kehabisan stock ALternator nya Lho..
:mky_02: :mky_02:

scan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 22 Apr 2013, 11:16

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by scan » 29 Jul 2013, 10:48

ganti alternator gratis kan om? mbl baru uda minta ganti alternator, bokap bisa ngoceh nih hehe ( maklum dibeliin bokap )

E 11 ZO
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 02 Jun 2013, 11:44

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by E 11 ZO » 29 Jul 2013, 17:54

kunammerah wrote:
F 272 wrote:
Salvanost wrote:yang udah ganti altenator, bikin small review donk
sama thread supaya OS2 yang lain juga tau perubahan ganti altenator dan cara daftarnya bagaimana

saya semenjak make shell vpower bisa minimalisir gejala ngorok OS
jadi bingung ganti apa ga
@ Bro Salvanost
Musti Ganti alternator Bro...


Saya baru aja ganti hari kemaren di Bres Mitsu Dwindo Bintaro..
menurut keterangan SA yang akrab dengan saya, itu jangan kan pihak BeRes, atau KTB... pihak Mitsu Jepang nya pun baru menemukan solusi untuk mengatasi suara berdecit saat menyalakan AC...ternyata yang kemarin2 banyak OS yang di ganti Tensioner & V-Belt itu tidak tepat untuk menghilangkan bunyi berdecit itu, bahkan ternyata diketahui belakangan bahwa tensioner & V-Belt sama skali engga ada hubungan nya dengan suara berdecit itu..

Jadi, sparepart yang ada hubungan dengan suara berdecit + ngorok itu adalah : Alternator
katanya Alternator nya sama dengan milik Lancer Ex, yang bikin bingung mereka itu, Alternator sejenis yang selama ini terpasang di Lancer Ex sama sekali tidak bermasalah spt pada OS, namun belakang diketahui bahwa ada semacam sistem sirkulasi udara yang berbeda antara OS dengan Lancer EX, kalo tidak salah dengar Lancer Ex itu two way..sedangkan OS itu one Way.. (atau sebaliknya, Saya gatau pastinya yg mana..takut salah dengar)
Perbedaan sirkulasi udara itulah yang menyebabkan suara ngorok (Ngorok, pihak Mitsu menyebutnya : Noise), menurut Mitsu Japan yg diteruskan ke KTB & BeRes Mitsu.

Namun menurut BeRes juga, untuk OS rakitan tahun 2013 masalah ini sudah tidak dijumpai..
(Perlu Klarifikasi kepada para pemakain OS rakitan 2013, apakah benar tidak ada masalah ?)

Alternator yang disediakan KTB melalui BeRes ini adalah part asli di import dari Jepang dann bersifat Limited.
Jika para pemilik OS saat ini tergabung dalam Mitosi, dan unit OS nya mengalami gejala2 atau sedang bermasalah ngorok+berdecit bisa segera ikutan program penggantian alternator yg di koordinir Mitosi ke KTB.

Kalo saya kemarin kebetulan kontak dengan sahabat baik saya yg bekerja di KTB untuk mendapatkan Alternator tersebut tapi juga minta via BeRes Dwindo, saya pikir siapa yg dapat duluan aja hehehe... Ternyata kabar lebih cepat datang dari sahabat saya di KTB yg BBm : Pak, Alternator pesanan Bapak sudah tersedia & sudah di kirim ke Dwindo Bintaro..silahkan kontak Dwindo.... segera saya kontak SA & Ka. Bengkel, mereka Cek, dan kabari saya memang positif alternator sudah ready untuk OS saya.... Keesokan harinya pagi2 saya meluncur ke Dwindo Bintaro...

Sesaat setelah di ganti Alternator, terdengar suara mesin OS lebih lembut dan minim suara ngorok, begitu pun ketika AC dihidupkan tak ada lagi suara berdecit... + gas di injak berulang2 ..tetap suara berdecit tidak ada...
Saya mau coba hidupkan Pagi2 ini dan ingin lihat perkembangan nya... Nanti saya akan laporkan kondisi nya di trit ini....

Demikian Bro Salvanost..

:big_peace: :big_peace:

sekedar melengkapi info dari Bro F272, untuk OS rakitan 2013 sudah di pastikan part number alternator adalah sama dengan yang 2012 yaitu PN 1800A322, sedangkan yang import dari japan itu menggunakan PN 1800A053. Perbedaannya ada di type ball bearing dari rotor alternator tersebut.
Jadi silahkan jika memang sudah mulai dirasa ada suara berdecit dan ngorok/noise, diinfokan ke beres terdekat untuk di ganti alternator.
Jika bro disini sudah anggota Mitosi mungkin lebih mudah dikoordinir oleh pengurus mitosi untuk penggantian alternator dan sejauh yang saya amati, anggota mitosi mendapatkan privilege yang lebih dimana didahulukan/diprioritaskan. Sebagai gambaran saja anggota mitosi chapter kalimantan sudah mendapatkan penggantian alternator ini minggu lalu dan di kardus alternator yg baru ditulis "anggota mitosi" he..he
berikut adalah foto alternator lama dan baru
Waahhh... :mky_02: kabar termanis dari KTB nih, akhirnya bisa kasih solusi buat masalah yang pelik ini :big_smoking: OS dirumah masih 1000km, jadi belum ada tanda2 bunyi berdecit tapi suara "noise" waktu start pagi hari memang rada kencang. Padahal OSnya rakitan 2013, semoga aja belakangan nanti ngak ada bunyi decit2nya.. kalaupun nantinya muncul, punya solusi ganti alternator :mky_08:
Anyway, IMHO mungkin ada baiknya pihak KTB melansir berita recall buat semua OS rakitan 2012 untuk penggantian alternator yang "defect" alias cacat tersebut. Saya rasa, ada ratusan bahkan mungkin ribuan pemilik OS di Indo yang tidak mengetahui hal ini karena belum sempat jadi member forum ini. Apakah mungkin kawan2 Mitosi bisa memberikan masukan kepada KTB untuk menyebarkan berita ke semua pengguna OS? (maaf, saya belum sempat daftar anggota Mitosi.. :big_peace: )
Dari sini saya semakin yakin bahwa pihak KTB sangat serius memperhatikan keluhan konsumen, dan untuk rakitan OS kedepan bisa lebih disempurnakan.. :mky_02:

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1309
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by Salvanost » 29 Jul 2013, 20:54

Kontak melalui web KTB
3 hari kemudian (hari ini) sudah muncul respon jawaban di email

ditanyakan dimana service pertama kali
berarti pergantian altenator di beres yang sudah familiar ya

mungkin 3 minggu lagi baru ganti tunggu lebaran selesai, biar santai.

kunammerah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 11 Jan 2013, 19:08

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by kunammerah » 31 Jul 2013, 05:33

scan wrote:ganti alternator gratis kan om? mbl baru uda minta ganti alternator, bokap bisa ngoceh nih hehe ( maklum dibeliin bokap )
tenang bro,
alternator gratis kok, jadi silahkan kunjungi beres terdekat.. dan semua yg menyangkut kelemahan OS sepertinya masih free jadi KTB sangat support dengan customernya.. :mky_02:

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: 15 May 2003, 23:12
Location: Indonesia
Contact:

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by DigitALL » 02 Aug 2013, 18:41

kunammerah wrote:
scan wrote:ganti alternator gratis kan om? mbl baru uda minta ganti alternator, bokap bisa ngoceh nih hehe ( maklum dibeliin bokap )
tenang bro,
alternator gratis kok, jadi silahkan kunjungi beres terdekat.. dan semua yg menyangkut kelemahan OS sepertinya masih free jadi KTB sangat support dengan customernya.. :mky_02:
Aftersales service Mitsubishi tanggap dan sangat support customer jg ya :frm_tumbleft:

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1309
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by Salvanost » 18 Aug 2013, 22:45

Os facelift kapan keluar ya? Kepengen tau improvementnya sejauh apa

Terutama 2nd rownya
Saya nyerah duduk di 2nd row, jaug lebih enak bangku depan

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by RVR » 18 Aug 2013, 22:55

Salvanost wrote:Os facelift kapan keluar ya? Kepengen tau improvementnya sejauh apa

Terutama 2nd rownya
Saya nyerah duduk di 2nd row, jaug lebih enak bangku depan
Harusnya facelift taon dpn udah keluar dong
Di negara lain udah facelift semua

kunammerah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 11 Jan 2013, 19:08

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by kunammerah » 26 Aug 2013, 17:23

RVR wrote:
Salvanost wrote:Os facelift kapan keluar ya? Kepengen tau improvementnya sejauh apa

Terutama 2nd rownya
Saya nyerah duduk di 2nd row, jaug lebih enak bangku depan
Harusnya facelift taon dpn udah keluar dong
Di negara lain udah facelift semua
Gak yakin ane tahun depan bro RVR, karena OS/RVR/ASX sudah ada dari tahun 2010 tapi di indo baru 2012.. mungkin facelift 2 tahun kedepan.. capek deh.. :wkkk:

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1309
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by Salvanost » 26 Aug 2013, 22:27

Lapor udah ganti altenator....
Serasa make os baru :mky_01:

Benar2 minim suara mengganggu, suara mesin tetap berisik, tapi suara ngorok dan decit hilang
Udah main2in ac buat benar2 yakin emang suara yg mengganggu benar2 hilang

Terus saya ada sedikit keluhan...
Ternyata rada susah ya masang air filter di kap mesin
Selain klip atas, bagian bawahnya juga harus diperhatikan
Next time pas service baru minta bantuan teknisi beres supaya ngerti cara bongkar pasangnya

Btw udah ada yg ganti air filter bawaan? Ada perubahan positif dan negatif yg signifikan?
Misal lebih boros, atau suara kap mesin jadi lebih halus dan enak?

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by RVR » 26 Aug 2013, 22:50

Salvanost wrote:Lapor udah ganti altenator....
Serasa make os baru :mky_01:

Benar2 minim suara mengganggu, suara mesin tetap berisik, tapi suara ngorok dan decit hilang
Udah main2in ac buat benar2 yakin emang suara yg mengganggu benar2 hilang

Terus saya ada sedikit keluhan...
Ternyata rada susah ya masang air filter di kap mesin
Selain klip atas, bagian bawahnya juga harus diperhatikan
Next time pas service baru minta bantuan teknisi beres supaya ngerti cara bongkar pasangnya

Btw udah ada yg ganti air filter bawaan? Ada perubahan positif dan negatif yg signifikan?
Misal lebih boros, atau suara kap mesin jadi lebih halus dan enak?
Maksud bro salvanost ganti yg after market apa ganti yg ori/bawaan?
Ane pernah waktu check air filter balikinnya ga pas, suara isepan mesin jadi garang begitu
Ternyata pasangnya kurang pas, jadi ada udara masuk ga lewat filter...hehehe

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1309
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by Salvanost » 27 Aug 2013, 02:06

RVR wrote:
Salvanost wrote:Lapor udah ganti altenator....
Serasa make os baru :mky_01:

Benar2 minim suara mengganggu, suara mesin tetap berisik, tapi suara ngorok dan decit hilang
Udah main2in ac buat benar2 yakin emang suara yg mengganggu benar2 hilang

Terus saya ada sedikit keluhan...
Ternyata rada susah ya masang air filter di kap mesin
Selain klip atas, bagian bawahnya juga harus diperhatikan
Next time pas service baru minta bantuan teknisi beres supaya ngerti cara bongkar pasangnya

Btw udah ada yg ganti air filter bawaan? Ada perubahan positif dan negatif yg signifikan?
Misal lebih boros, atau suara kap mesin jadi lebih halus dan enak?
Maksud bro salvanost ganti yg after market apa ganti yg ori/bawaan?
Ane pernah waktu check air filter balikinnya ga pas, suara isepan mesin jadi garang begitu
Ternyata pasangnya kurang pas, jadi ada udara masuk ga lewat filter...hehehe
After market kaya k & n bro,
sepupu saya juga kasih saran kasih strut bar biar lebih stabil

Sama kasusnya kaya saya bro
Saya juga cuma ngecek doank, tapi yg bongkar sepupu saya
Saya sendiri cuma diajarin, yg penting klip atas bunyi
Pas di beres juga sama, lihat klip dipasang dianggap udah benar pasangnya, pas di cek pake tangan baru ketauan longgar, ada kesalahan pemasangan
Tau2 ga pas dibagian bawah
Suaranya jadi garang ya, kaya suara truk atau bus lagi ngebut :mky_03:

Biar lebih enak jawabnya saya bagi beberapa poin pertanyaan
1. Rekomended ganti air filter kaya k & n?
2. Rekomended kasih strutbar? Terutama supaya stabil pas belokan tajam, lebih penting strutbar kolong apa kap mesin?
3. Ada karpet yg rekomended buat os? Kerabat saya ga suka sama karpet lama, bau karetnya ga enak, terpaksa ganti karpet
4. Sama kaya no 3. Kerabat saya ngeluh bau hangus pas ngebut, apa sudah ada solusi? Odometer 7000km

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3043
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by F 272 » 27 Aug 2013, 11:09

Salvanost wrote:
RVR wrote:
Salvanost wrote:Lapor udah ganti altenator....
Serasa make os baru :mky_01:

Biar lebih enak jawabnya saya bagi beberapa poin pertanyaan
1. Rekomended ganti air filter kaya k & n?
2. Rekomended kasih strutbar? Terutama supaya stabil pas belokan tajam, lebih penting strutbar kolong apa kap mesin?
3. Ada karpet yg rekomended buat os? Kerabat saya ga suka sama karpet lama, bau karetnya ga enak, terpaksa ganti karpet
4. Sama kaya no 3. Kerabat saya ngeluh bau hangus pas ngebut, apa sudah ada solusi? Odometer 7000km
1. Saya seumur2 belum pernah pake air filter K&N, katanya sih bagus yah.. pengen jg sih nyobain.. hehehe
2. Strutbar, saya pernah pake di CRV 2,4L th.2006 di atas mesin..(bawah kap mesin), awalnya yakin tambah enak & ada perbedaan soal kestabilan pas manuver...tapi gatau yah sama aja rasa nya sih Bro.. di Avanza pernah juga pasang yg dikolong...itu malah repot banget sering kendor baut2nya & sering nyangkut karena mengurangi Ground Clereance mobil jadinya... di innova yang selalu saya bawa lari2 di Tol itu malah ga pake sama sekali tetap stabil..tapi per+shock nya emang saya ganti kompetisi hehehe..
3. menurut saya agak susah tuh cari karpet OS, bentuknya beda dengan yg lain... Kalo mau ikuti potongan bidang karpet asli, itu bidang yg di injak lebih kecil daripada bidang yg ada di kolong kursi depan..perhatiin aja Bro.. Karpet yg aneh menurut saya hahaha... Saran saya, beli karpet lembaran yg bahan nya sama spt karpet VNT TRD / Camry Hibryd.. lalu gunting sendiri..ikutin cetakan /potongan karpet OS yang asli..saya pun mau bikin spt itu..pasti hasilnya mantap.. udah saya bayangin itu hehehe..

4. Bau angus pas ngebut... saya juga sama, ah biarkan saja..anggap aja kalo pas langi ngebut kita seperti Pembalap sungguhan... jadi lebih seru gituloh ada bau angus2 dikit hehehe.. Nama nya juga lagi balap..

:big_peace: :big_peace: :big_peace:

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1309
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by Salvanost » 28 Aug 2013, 13:54

tunggu iims deh baru hunting karpet, untung belum beli karpet universal di ace :mky_01:

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3043
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by F 272 » 28 Aug 2013, 16:52

Salvanost wrote:tunggu iims deh baru hunting karpet, untung belum beli karpet universal di ace :mky_01:
Kayaknya sih engga akan cocok tuh Bro bentuk & ukurannya yg universal ke bidang karpet OS terutama yg kursi belakang + supir...kalo depan kiri mungkin bisa pasang..hehehe..
:mky_08: :mky_08:

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1309
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by Salvanost » 29 Aug 2013, 22:06

iya moga2 aja ada yg khusus buat OS
kalau ga salah di iims ada yg khusus ikutin bentuk tiap mobil, cuma harganya rada mahal, ditotal2 bisa hampir 1juta

mau tanya
ada keluhan aneh
kadang kalau lagi jalan, mobil sering goyang2 ga stabil, padahal jalanan ga ada lubang gede
ban ga ada yang kempes, ga ada gejala mesti di spooring (setir ga getar, jalan lurus)
feeling saya ban kanan belakang seperti ga kepasang dengan benar, tapi kayanya ga pernah dibongkar

tapi kalau udah masuk jalan tol, mobil mulus ga goyang2
ngebut juga ga goyang2

ini cara buat bikin makin stabil dan minim goyang2 gimana ya?
apa dengan cara balancing? dengar2 balancing emang ada 2 jenis, buat low speed sama high speed

kalau ya, saya sekalian rotasi ban + sekalian cek spooring balancing

ban dueler os lumayan juga, udah sering kena trotoar jalan, untung aja velg masih mulus, bannya juga masih mulus :mky_03:

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by RVR » 29 Aug 2013, 22:25

Salvanost wrote:iya moga2 aja ada yg khusus buat OS
kalau ga salah di iims ada yg khusus ikutin bentuk tiap mobil, cuma harganya rada mahal, ditotal2 bisa hampir 1juta

mau tanya
ada keluhan aneh
kadang kalau lagi jalan, mobil sering goyang2 ga stabil, padahal jalanan ga ada lubang gede
ban ga ada yang kempes, ga ada gejala mesti di spooring (setir ga getar, jalan lurus)
feeling saya ban kanan belakang seperti ga kepasang dengan benar, tapi kayanya ga pernah dibongkar

tapi kalau udah masuk jalan tol, mobil mulus ga goyang2
ngebut juga ga goyang2

ini cara buat bikin makin stabil dan minim goyang2 gimana ya?
apa dengan cara balancing? dengar2 balancing emang ada 2 jenis, buat low speed sama high speed

kalau ya, saya sekalian rotasi ban + sekalian cek spooring balancing

ban dueler os lumayan juga, udah sering kena trotoar jalan, untung aja velg masih mulus, bannya juga masih mulus :mky_03:
Udah brp ribu km jarak tempuh OSnya bro?
Kemungkinan waktunya rotasi bro (dpn ke blk, blk ke dpn)
Bagaimana tekanan udara bannya bro? 32 psi?

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1309
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by Salvanost » 29 Aug 2013, 22:50

baru 7000 km :mky_01: rencana 10000 baru mau rotasi

tadi pas cek angin depan 32 belakang 31
kemudian saya ganti depan 30 belakang 31

kalau mau rotasi berarti sekalian balancing dan spooring ya?

kira2 balancing sama spooring boleh bebas?
kalau ga salah balancing perlu mesin bagus
sedangkan spooring perlu yang pintar spooring

ada tempat yang rekomended?

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by RVR » 29 Aug 2013, 23:49

Salvanost wrote:baru 7000 km :mky_01: rencana 10000 baru mau rotasi

tadi pas cek angin depan 32 belakang 31
kemudian saya ganti depan 30 belakang 31

kalau mau rotasi berarti sekalian balancing dan spooring ya?

kira2 balancing sama spooring boleh bebas?
kalau ga salah balancing perlu mesin bagus
sedangkan spooring perlu yang pintar spooring

ada tempat yang rekomended?
Sebaiknya begitu bro
Balancing & spooring
Pengalaman sih di tirezone (gt radial) & tomo (toko model/bridgestone) alatnya bagus kok
Kalo spooring yg paling jamak dipake bengkel merk hunter (kata bengkel spooring saat ini paling akurat & gampang pakenya)

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16428
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by DOHC » 29 Aug 2013, 23:53

kalo spooring ane biasa langganan di start tyre muara karang raya... muahalll buangettt utk ukuran spooring konvensional non embel2 3D... tpi hasil nya so far malah plg memuaskan bagi ane...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1309
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by Salvanost » 30 Aug 2013, 15:06

wah muara karang jauh
saya posisi di daerah ciracas jakarta timur

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: Mediasi dan solusi dari KTB

Post by RVR » 30 Aug 2013, 20:23

Salvanost wrote:wah muara karang jauh
saya posisi di daerah ciracas jakarta timur

Di formula ban pramuka, salah satu TOMO/bridgestone

Post Reply

Return to “MitOSI Modification and problem solving”