Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
Halo, saya Baron dari Yogya, saya tau forum ini dari bung Yongis...
Kemarin di lomba-lomba irit kliatan Karisma bisa tembus ampe 100 km lebih untuk satu liter bensin. Ga dicampur apa-apa lo....hehehehehhe
Ga jalan pelan-pelan juga, dicoba dijalan kota, kena traffic dan segala macam. Setau saya sih gigi 4 pada speed 60 km/h tuh terbaik diliat dari jangkauan jelajah per liter bensin. Mungkin bisa dibeberkan beberapa sebab kenapa bisa begitu. Rekan-rekan yang lain mungkin bisa menambahkan...
1. Karisma CDI-nya double curve (dobel kurva). Sama kaya dipake di moto-x. Cuma bedanya di moto-x dipake buat tenaga, di Karisma buat ngejer iritnya... Setau saya kelas 125 cuma Karisma yang punya teknologi kaya gini. Sensornya di karburator, ada kabel tuh yang kayanya larinya ke CDI kalo ga salah....
2. Piston, ring piston dilapis PTFE, atau biasa kita sebut telfon. Jadi koefisien geseknya berkurang.
3. Rocker arm Karisma (orang Jawa bilangya templar), di ujung yang dapet cam, ada roller (semacam bearing). Mesin 125 yang lain ujung rocker arm itu langsung nempel ama cam. Roller Karisma ini juga menekan koefisien gesek mesin. Gesek berkurang, makin banyak tenaga buat di "buang" ke roda.
4. Tipe mesin Karisma adalah long stroke, jadi tenaga maximum meski kecil sudah dapat dicapai pada rpm rendah. Bandingkan dengan Shogun yang tenaga puncak di 9800, BliztJoy di 9900 rpm, dan Karisma di 7000 rpm saja.
5. Dengan tipe mesin long stroke begini, pergigian juga harus dibuat "tall", alias tarikan ato napas panjang. Dah rpm rendah, dikasi gigi rapat pula, kan bisa asma tuh Karisma.
6. Karburator Karisma ada yang terbesar di kelas bebek non premium 125 cc. Orang mikir karburator besar berarti boros, padahal kalo settingnya bener ya ga. Kita tak perlu buka gas dalam buat menambah kecepatan. Di mobil contohnya ada, temen saya make Feroza, karburator standar malah cuma 8 km/liter. Ganti karburator sama Weber DCOE 4-barrel 50 mm malah bisa 12 km/liter! Nah loh gimana tu....
Otomatis dengan tenaga putaran rendah dan perbandingan gigi panjang, pada rpm yang sama Karisma dapat speed lebih tinggi, dengan kata lain jarak tempuh lebih jauh.Bener si....Karisma jadi ga dapet akselerasi dengan perbandingan gigi tinggi kaya gitu, buktinya bab akselerasi bisa dimakan ama Jupiter Z, palagi ma Shogun 125! Tapi kalo top speed bisa ngelewati Jupiter Z, nah kalo sama Shogun ga tau juga saya....
Semoga infonya berguna bagi rekan-rekan, kalo ada yang kurang tepat ditunggu saran dan komentarnya....
Kemarin di lomba-lomba irit kliatan Karisma bisa tembus ampe 100 km lebih untuk satu liter bensin. Ga dicampur apa-apa lo....hehehehehhe
Ga jalan pelan-pelan juga, dicoba dijalan kota, kena traffic dan segala macam. Setau saya sih gigi 4 pada speed 60 km/h tuh terbaik diliat dari jangkauan jelajah per liter bensin. Mungkin bisa dibeberkan beberapa sebab kenapa bisa begitu. Rekan-rekan yang lain mungkin bisa menambahkan...
1. Karisma CDI-nya double curve (dobel kurva). Sama kaya dipake di moto-x. Cuma bedanya di moto-x dipake buat tenaga, di Karisma buat ngejer iritnya... Setau saya kelas 125 cuma Karisma yang punya teknologi kaya gini. Sensornya di karburator, ada kabel tuh yang kayanya larinya ke CDI kalo ga salah....
2. Piston, ring piston dilapis PTFE, atau biasa kita sebut telfon. Jadi koefisien geseknya berkurang.
3. Rocker arm Karisma (orang Jawa bilangya templar), di ujung yang dapet cam, ada roller (semacam bearing). Mesin 125 yang lain ujung rocker arm itu langsung nempel ama cam. Roller Karisma ini juga menekan koefisien gesek mesin. Gesek berkurang, makin banyak tenaga buat di "buang" ke roda.
4. Tipe mesin Karisma adalah long stroke, jadi tenaga maximum meski kecil sudah dapat dicapai pada rpm rendah. Bandingkan dengan Shogun yang tenaga puncak di 9800, BliztJoy di 9900 rpm, dan Karisma di 7000 rpm saja.
5. Dengan tipe mesin long stroke begini, pergigian juga harus dibuat "tall", alias tarikan ato napas panjang. Dah rpm rendah, dikasi gigi rapat pula, kan bisa asma tuh Karisma.
6. Karburator Karisma ada yang terbesar di kelas bebek non premium 125 cc. Orang mikir karburator besar berarti boros, padahal kalo settingnya bener ya ga. Kita tak perlu buka gas dalam buat menambah kecepatan. Di mobil contohnya ada, temen saya make Feroza, karburator standar malah cuma 8 km/liter. Ganti karburator sama Weber DCOE 4-barrel 50 mm malah bisa 12 km/liter! Nah loh gimana tu....
Otomatis dengan tenaga putaran rendah dan perbandingan gigi panjang, pada rpm yang sama Karisma dapat speed lebih tinggi, dengan kata lain jarak tempuh lebih jauh.Bener si....Karisma jadi ga dapet akselerasi dengan perbandingan gigi tinggi kaya gitu, buktinya bab akselerasi bisa dimakan ama Jupiter Z, palagi ma Shogun 125! Tapi kalo top speed bisa ngelewati Jupiter Z, nah kalo sama Shogun ga tau juga saya....
Semoga infonya berguna bagi rekan-rekan, kalo ada yang kurang tepat ditunggu saran dan komentarnya....
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
Re: Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
Waktu lomba irit-iritan apa ngga ada yang dirubah tuh? pilot/mainjet dikecilin... malah ada yg tembus 110 km / liter... ruarr biasa.. yg pasti ikut pengaruh juga dari raidernya & memainkan gasnya.
Saya sendiri bawa karisma untuk harian -+ 50 km /liter...
Saya sendiri bawa karisma untuk harian -+ 50 km /liter...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Saya ga ekot bung ivanov...lagian kalo saya ekot Karismanya mungkin cuma 25 kilo untuk satu liter, keberatan pengendara!!
Setau saya semua kondisi standard pabrik. Masalahnya abis selese itu pada di scrut. IMHO yang buat paling boros tuh pas akselerasi. Jadi kalo mo irit sebenarnya ya....gas konstan, rpm konstan, akselerasi halus tapi tidak terlalu cepat dan tak terlalu lambat, pasti irit deh. Tapi yang buat paling irit ya...konstans RPM dan gas itu.
Apalagi kebiasaan kita yang suka geber-geber gas di traffic light. Stupid indeed itu...
Bung Fadly, saya sehari-hari bawa macan Honda, bisa dapet 40 kilo perliternya... kalo ngebut san akselerasi maximal yang cuma dapet 30 kilo perliter. Ehehehehehehh
Setau saya semua kondisi standard pabrik. Masalahnya abis selese itu pada di scrut. IMHO yang buat paling boros tuh pas akselerasi. Jadi kalo mo irit sebenarnya ya....gas konstan, rpm konstan, akselerasi halus tapi tidak terlalu cepat dan tak terlalu lambat, pasti irit deh. Tapi yang buat paling irit ya...konstans RPM dan gas itu.
Apalagi kebiasaan kita yang suka geber-geber gas di traffic light. Stupid indeed itu...
Bung Fadly, saya sehari-hari bawa macan Honda, bisa dapet 40 kilo perliternya... kalo ngebut san akselerasi maximal yang cuma dapet 30 kilo perliter. Ehehehehehehh
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
Kok bisa ya.
Aku sih cuman lihat dari trip meternya.Dari keadaan full tank sampai indikator fuel hidup. (mulai pake reserve)
dulu awal-awal beli tripmeternya nunjuk angka 150an km, sktr 1:20
ganti knalpot racing dan setting spuyer kalo nyante-nyante bisa 130km dan baru pingin narik sktr 120km.
Setelah ganti karbu jd 30mm,maks paling irit,jalan sangat santai paling sktr 100an km. Kalo baru edan-edan-edanan bisa kok cuman buat 80km.
Kondisi mesin standart gak diapa-apain.
Aku juga kerasa aneh,kok bisa begitu.
Aku sih cuman lihat dari trip meternya.Dari keadaan full tank sampai indikator fuel hidup. (mulai pake reserve)
dulu awal-awal beli tripmeternya nunjuk angka 150an km, sktr 1:20
ganti knalpot racing dan setting spuyer kalo nyante-nyante bisa 130km dan baru pingin narik sktr 120km.
Setelah ganti karbu jd 30mm,maks paling irit,jalan sangat santai paling sktr 100an km. Kalo baru edan-edan-edanan bisa kok cuman buat 80km.
Kondisi mesin standart gak diapa-apain.
Aku juga kerasa aneh,kok bisa begitu.
Speed is a game??!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Bulan depan deh.. kebetulan Daku mau touring ke Anyer negh...fadly wrote:coba dong jas perhatiin, kan bisa buat perbandingan, waktu ente ke puncak kan bisa kira2 berapa km / liter....y_anjasrana wrote:Yups.. harus standar, bahkan spion-spionnya jg standar.
Btw Karisma Daku minumnya berapa km/liter ya? Gak pernah merhatiin...
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re:
Bagaimana reviewnya Omy_anjasrana wrote:Bulan depan deh.. kebetulan Daku mau touring ke Anyer negh...fadly wrote:coba dong jas perhatiin, kan bisa buat perbandingan, waktu ente ke puncak kan bisa kira2 berapa km / liter....y_anjasrana wrote:Yups.. harus standar, bahkan spion-spionnya jg standar.
Btw Karisma Daku minumnya berapa km/liter ya? Gak pernah merhatiin...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Re:
Bagaimana reviewnya Om [/quote]nugroho bagor wrote:Bulan depan deh.. kebetulan Daku mau touring ke Anyer negh...y_anjasrana wrote: coba dong jas perhatiin, kan bisa buat perbandingan, waktu ente ke puncak kan bisa kira2 berapa km / liter....
wanjir udah 10th masih ditagih reviewnya
masih inget gak tuh?
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
Bujugg... bangkit kubur maning.. [emoji102] [emoji97]
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
Sebenar nya.......siapa kah daku itu?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3692
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
Wow tritnya bangkit
knp yah honda discontinue motor ini?
Kok ga ada kabarnya
knp yah honda discontinue motor ini?
Kok ga ada kabarnya
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
- Location: Surabaya
Re: Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
just curious,
airbag itu ada masa kadaluarsanya gak sih?
airbag itu ada masa kadaluarsanya gak sih?
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
Loo... kok jadi ke airbag, om?[emoji55] [emoji97]sirahngelu wrote:just curious,
airbag itu ada masa kadaluarsanya gak sih?
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
- Location: Surabaya
Re: Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
Loh, salah tret!VanzMatic wrote:Loo... kok jadi ke airbag, om?[emoji55] [emoji97]sirahngelu wrote:just curious,
airbag itu ada masa kadaluarsanya gak sih?
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
Mangap-mangap.
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
Penjualannya turun terus.sandal wrote:Wow tritnya bangkit
knp yah honda discontinue motor ini?
Kok ga ada kabarnya
Jadi ketika Wave 125 di Thailand ganti baju, momentumnya dipake untuk discobtinue seri Karisma dan diganti label Supra. Jadi secara seri discontinue tapi secara produk enggak.
Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
Karena honda kecolongan sama motcin yg duluan register nama karisma utk motor. Jadinya akhirnya didiskontinyu. Ganti nama jadi Supra125.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Kenapa Karisma Irit? Mungkin karena ini...
Jauh lebih rumit dari sekedar merek. Konflik dengan Tossa, Honda udah duluan pake trade mark Karisma, udah didaftarin duluan. Tossa kalah soal merek Tossa Karisma ketika digugat. Sila cek arsip di inet.
Sejak awal, Karisma punya beberapa cacat. Pertama kasus miss transmisi karena desain per dasi yang kurang baik. Dan beberapa kasus shifting arm kurang panjang. Kedua soal kabel bodi di leher. Produksi awal kurang panjang. Karena ditekak tekuk kanan kiri, putus dan cluster mati total. Ketiga bug di odometer digital. Lansiran awal, nggak bisa auto reset setelah sampe 99999. Keempat, rem belakang bunyi dan nggak pakem. Ini dari desain lubang buang buat debris nggak ada dan desain tromol nyatu langsung ke swing arm tanpa bracket. Sisanya resistensi indikator digital yang sering rusak karena orang selalu skip proses auto kalibrasi.
Semua cacat diperbaiki di facelift yang dikasih embel embel X. Kecuali desain tromol dan swing arm, baru dirubah di Supra X125. Semua problem itu bikin Karisma sejak dilanching tidak pernah sampai bikin lini produksi di kapasitas maksimal. Dan di pasar dicap motor rewel. Walhasil, ketika Wave125 ganti baju, Honda memutuskan membuang nama Karisma dan disematkan nama andalan dan jaminan mutu produknya bakal laku, Supra.
Jadi kalo nggak mau beli motor yang mereknya berpotemnsi dibunuh induknya, belilah Supra. Kalo perlu tunggu Supramatik, jamin problem free dan laris.
Sent from my R821 using Tapatalk
Sejak awal, Karisma punya beberapa cacat. Pertama kasus miss transmisi karena desain per dasi yang kurang baik. Dan beberapa kasus shifting arm kurang panjang. Kedua soal kabel bodi di leher. Produksi awal kurang panjang. Karena ditekak tekuk kanan kiri, putus dan cluster mati total. Ketiga bug di odometer digital. Lansiran awal, nggak bisa auto reset setelah sampe 99999. Keempat, rem belakang bunyi dan nggak pakem. Ini dari desain lubang buang buat debris nggak ada dan desain tromol nyatu langsung ke swing arm tanpa bracket. Sisanya resistensi indikator digital yang sering rusak karena orang selalu skip proses auto kalibrasi.
Semua cacat diperbaiki di facelift yang dikasih embel embel X. Kecuali desain tromol dan swing arm, baru dirubah di Supra X125. Semua problem itu bikin Karisma sejak dilanching tidak pernah sampai bikin lini produksi di kapasitas maksimal. Dan di pasar dicap motor rewel. Walhasil, ketika Wave125 ganti baju, Honda memutuskan membuang nama Karisma dan disematkan nama andalan dan jaminan mutu produknya bakal laku, Supra.
Jadi kalo nggak mau beli motor yang mereknya berpotemnsi dibunuh induknya, belilah Supra. Kalo perlu tunggu Supramatik, jamin problem free dan laris.
Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.