BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by VanzMatic »

doq wrote:bujug buneng!!!!
seliter 180rb?? :e-wall:
nyerah dah ane sama bos besar...............
ga berani ngebayangin harga oli mobil nya pake yg berapa :mky_06:
embeeeeerrrr....!! :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:

oli mobilnya pake tgmo doank..!! yg 10w-40. Kalo engga, cukup Mesran XP.
:big_weee:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by doq »

update review setelah pasang cam CLD durasi 330 pada motor blitzR

perbandingan noken as orisinil vs cld durasi 330:

akselerasi
dari keadaan diam jelas sekali kalo noken as bawaan lebih mumpuni, cld ini utk tarikan awal terasa lebih lambat dibandingkan yg orisinil..............
ane bandingin waktu mau start ada motor yg lewat dg estimasi kecepatan kisaran 70-80kph, klo pake noken as bawaan bakalan gampang sekali utk ngejar nya, berbanding terbalik dg cld 330 ini.............start awal sedikit berat dan gas ga bisa langsung betot full alias mesti diurut.

topspeed
tampak nya disini lah keunggulan noken as cld 330 dibanding yg orisinil, tarikan atas ngisiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii terusssssssssssss. sayang aja speedometer ane udah lama ga jalan, jadi ga ketauan topspeed yg barusan diraih berapa :upss:
itu jg karena udah keburu kehalangan kendaraan depan yg mulai padet

fyi bila dibandingkan, pada noken as CLD 330 perbedaan mencolok terlihat pada profil lobe yg lebih tinggi dan badan cam yg lebih tebal.

mungkin ada rekan2 SMer yg bisa memberi pencerahan kenapa akselerasi cam CLD ini lebih lambat dr pada cam ori? :e-think: :e-think:
:thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by asudarsono »

Cam durasi panjang (gemuk) dan bukaan besar (tinggi) emang diset tenaganya di rpm atas. Bisa saja akselerasi lebih cepat, tapi bagaimana rpm dijaga tinggi. Secara teoritis, redline bisa makin tinggi, bila pegasnya diganti yang lebih keras atau yang tipe pegas dobel coaxial (kayak yg punya Honda mobil).

Harusnya yg paling mendapat manfaat mungkin motor CVT.
Ready to Race
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by doq »

asudarsono wrote:Cam durasi panjang (gemuk) dan bukaan besar (tinggi) emang diset tenaganya di rpm atas. Bisa saja akselerasi lebih cepat, tapi bagaimana rpm dijaga tinggi. Secara teoritis, redline bisa makin tinggi, bila pegasnya diganti yang lebih keras atau yang tipe pegas dobel coaxial (kayak yg punya Honda mobil).

Harusnya yg paling mendapat manfaat mungkin motor CVT.
wooo gitu ya......sip2 thx berat oom darso
apa yg oom bilang itu memang senada dg yg orang bengkel bilang ke saya, tp sebelum nelen mentah2 info dr dia ya minimal sy perlu 2nd opinion lah :ungg:

orang bengkel itu jg bilang, utk mendapatkan benefit dr cam CLD ini (tenaga atas ngisi terus) plus kelebihan cam orisinil (akselerasi yg lbh baik) bisa didapat dg cara memodif cam CLD ini.........yakni dg membubut pantat cam sambil tetap mempertahankan tinggi lobe nya.
kira2 gimana menurut pendapat oom darso? :e-think:
:thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by asudarsono »

Lobe makin tinggi artinya klep makin gede bukanya, volume bahan bakar udara makin banyak yg masuk. Sayang amat kalau dibalikin seperti standard.

Terus terang aku gak ngerti ini cam buatan siapa, tapi dari menyimpulkan keterangan om, camnya cukup bagus. Nyatanya om gak ada kendala di idle, flatspot dll. Padahal durasi cam 330 derajat udah lumayan ekstrim. IMHO sayang amat dimodif lagi. Tapi emang gak enak ya, punya cam kayak gini. Kayak punya Civic type R atau Corolla Twin Cam GTi, maunya rpm tinggi terus.

Om gak ganti karbu yg lebih gede? Kali aja pasokan bahan bakar kurang. Yg Keihin 19 mm atau 21 mm sekalian asyik kali ya?

Kalau mau second opinion selain saya, tuh om Jeskoneng yg paling top. Bengkelnya sampai ujung pulau Jawa. Opini dia ama aku selalu bersebrangan. Sampai bengkel dia ama bengkelku aja musuh bebuyutan.
Ready to Race
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by doq »

asudarsono wrote:Lobe makin tinggi artinya klep makin gede bukanya, volume bahan bakar udara makin banyak yg masuk. Sayang amat kalau dibalikin seperti standard.
bukan dibalikin seperti standard oom, tapi ide nya adalah memapas pantat cam nya, bukan lobe nya, agar didapat akselerasi yg sama atau lebih baik dr cam standard.
but on the other hand, memang sayang sih klo cam ini mesti dimodif lagi.........menurut saya juga masih terlalu prematur, karena rencana kedepan nya cam CLD ini mau tetap dipake saat ada dana utk bore-up mesin :e-think:
so kalo mau dimodif ya lebih baik menunggu nanti saja, kira2 saat mesin sudah naik kapasitas apakah profile bawaan cam CLD ini masih mumpuni?
asudarsono wrote:Terus terang aku gak ngerti ini cam buatan siapa, tapi dari menyimpulkan keterangan om, camnya cukup bagus. Nyatanya om gak ada kendala di idle, flatspot dll. Padahal durasi cam 330 derajat udah lumayan ekstrim. IMHO sayang amat dimodif lagi.
setau saya merk CLD ini buatan lokal oom, hasil karya orang ciledug...............cmiiw
dan selain cam jg cukup banyak aksesoris racing produksi merk tsb, http://www.cldracing.com
asudarsono wrote:Tapi emang gak enak ya, punya cam kayak gini. Kayak punya Civic type R atau Corolla Twin Cam GTi, maunya rpm tinggi terus. Om gak ganti karbu yg lebih gede? Kali aja pasokan bahan bakar kurang. Yg Keihin 19 mm atau 21 mm sekalian asyik kali ya?
nahhh itu dia ga enak nya, soale utk pemakaian harian dijalanan ibukota malah jadi ga efektif main rpm tinggi...............selain boros bensin, mesin jg cepet bener panas nya, maklum oom masih teknologi kuno pendingin angin doank :upss:
klo utk karbu sih itu sdh dijadwalkan nanti saat bore-up, karena utk kondisi motor saat ini imho masih belum perlu lah..........lebih baik dioptimalkan dulu aja melalui setingan maupun penggantian spuyer2 nya.

btw, problem akselerasi sedikit terpecahkan setelah saya menyambangi dukun spesialis kawasaki di ciledug....................ternyata ada kekurangan dalam penyettingan timing, klep dan karbu oleh bengkel sebelum nya.
kali ini akselerasi meningkat cukup signifikan dibanding sebelum nya :mrgreen:
walau memang belum dapet sensasi "ditendang jin", tapi sudah cukup lah utk saat ini.........tinggal masalah adaptasi aja antara rider dan motor nya :upss:

sip oom darso, nanti coba deh saya undang oom jeskoneng buat ngikut komen2 disini :thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by JESKONENG »

asudarsono wrote:Lobe makin tinggi artinya klep makin gede bukanya, volume bahan bakar udara makin banyak yg masuk. Sayang amat kalau dibalikin seperti standard.

Terus terang aku gak ngerti ini cam buatan siapa, tapi dari menyimpulkan keterangan om, camnya cukup bagus. Nyatanya om gak ada kendala di idle, flatspot dll. Padahal durasi cam 330 derajat udah lumayan ekstrim. IMHO sayang amat dimodif lagi. Tapi emang gak enak ya, punya cam kayak gini. Kayak punya Civic type R atau Corolla Twin Cam GTi, maunya rpm tinggi terus.

Om gak ganti karbu yg lebih gede? Kali aja pasokan bahan bakar kurang. Yg Keihin 19 mm atau 21 mm sekalian asyik kali ya?

Kalau mau second opinion selain saya, tuh om Jeskoneng yg paling top. Bengkelnya sampai ujung pulau Jawa. Opini dia ama aku selalu bersebrangan. Sampai bengkel dia ama bengkelku aja musuh bebuyutan.
hahahahaaaaaaa.... mas Darsonosu bisa ajaaaaah....

third opinion yaaa.. btw, aku enggak pernah ngikutin/baca topic ini dari awal... Tapi kalok cam sudah custom (lift lebih tinggi, dan durasi lebih lama), sebaiknya dilakukan juga ubahan berikut ini utk mengimbangi peningkatan volumetric efficiency dari campuran bbm/udara sebagai hasil kerja cam custom itu :

- Port n Polishing lobang inlet dan exhaust pada cyl head (utk diameternya, ada itungannya yg in sekian persen dari klep in, dan yg ex sekian persen dari klep ex). Yg paham banget urusan ukuran porting ini a.l. mas Londo Trb (Jogja), mas Adie WrAin (mbandung), mas Romi Pandawa (Jatiwaringin)..

- lalu merancang ulang exhaust, terpenting adalah diameter leher knalpot dan diameter baffle (pipa saringan di dalam silencer). Yg ahli dalam hal ini a.l. mas Adie mbandung, dengan produk knalpot customnya a.l. seri B (dng cover Byson), seri J (racing only), RC-series (semi racing), Triovale (silent) dll...

- karbu std Blitz itu type vakum atau skep ? kalok masih vakum ya lebih baik diganti yg skep, lalu jetting ulang sampai dapet AFR yg ideal (angkanya sekitar 12,6 s/d 12, 8 dalam kondisi mesin digeber stasioner, atau sekitar 13 s/d 13,4 dalam kondisi mesin digeber di jalan raya). Mas Adie di Abbys Performance Tuning Bandung (Jl. Lodaya 26 Bdg) punya alat AFR meter digital yg sangat akurat. Di Jakarta AFR meter ada di Ultraspeed Racing Ciledug (sambil dynotest) dan di Aerospeed Racing Jl. Haji Nawi Jaksel.

- utk memunculkan "hidden power" sebagai efek cam custom dan PnP, sebaiknya dipasang cdi programmable (a.l. Rextor), lalu dilakukan re-mapping timing pengapian (di atas mesin dyno), bisa di Ultraspeed Racing, atau Aerospeed Racing atau di Global Motorindo (Rextor). Ko Teddy Cong, boss Global Motorindo (distributor cdi Rextor) sudah biasa melakukan re-mapping ignition timing itu, apalagi kalok cdi-nya merk Rextor.

Kalok semua pekerjaan itu dilakukan dengan itungan yg akurat, pasti hasilnya menggembirakan.. Dan jangan lupa utk melakukan dynotest seblum dan sesudah setiap ubahan utk mengetaui apakah ubahan itu menghasilkan peningkatan performa, dan seberapa besar peningkatan itu...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by JESKONENG »

kayaknya kita perlu test performa motor2 kita, selain dng cara dynotest (mengetaui peak power/torque dan karakter performa mesin), juga dengan mendapatkan catatan waktu utk performa akselerasi 402m, di SEntul (kan ada drag bebas setiap hari senin mulai jam 13 s/d 18)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by asudarsono »

Nah khan, gak salah gue berguru ama om Jazz Kuning.
Ready to Race
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by doq »

JESKONENG wrote:
asudarsono wrote:Lobe makin tinggi artinya klep makin gede bukanya, volume bahan bakar udara makin banyak yg masuk. Sayang amat kalau dibalikin seperti standard.

Terus terang aku gak ngerti ini cam buatan siapa, tapi dari menyimpulkan keterangan om, camnya cukup bagus. Nyatanya om gak ada kendala di idle, flatspot dll. Padahal durasi cam 330 derajat udah lumayan ekstrim. IMHO sayang amat dimodif lagi. Tapi emang gak enak ya, punya cam kayak gini. Kayak punya Civic type R atau Corolla Twin Cam GTi, maunya rpm tinggi terus.

Om gak ganti karbu yg lebih gede? Kali aja pasokan bahan bakar kurang. Yg Keihin 19 mm atau 21 mm sekalian asyik kali ya?

Kalau mau second opinion selain saya, tuh om Jeskoneng yg paling top. Bengkelnya sampai ujung pulau Jawa. Opini dia ama aku selalu bersebrangan. Sampai bengkel dia ama bengkelku aja musuh bebuyutan.
hahahahaaaaaaa.... mas Darsonosu bisa ajaaaaah....

third opinion yaaa.. btw, aku enggak pernah ngikutin/baca topic ini dari awal... Tapi kalok cam sudah custom (lift lebih tinggi, dan durasi lebih lama), sebaiknya dilakukan juga ubahan berikut ini utk mengimbangi peningkatan volumetric efficiency dari campuran bbm/udara sebagai hasil kerja cam custom itu :

- Port n Polishing lobang inlet dan exhaust pada cyl head (utk diameternya, ada itungannya yg in sekian persen dari klep in, dan yg ex sekian persen dari klep ex). Yg paham banget urusan ukuran porting ini a.l. mas Londo Trb (Jogja), mas Adie WrAin (mbandung), mas Romi Pandawa (Jatiwaringin)..

- lalu merancang ulang exhaust, terpenting adalah diameter leher knalpot dan diameter baffle (pipa saringan di dalam silencer). Yg ahli dalam hal ini a.l. mas Adie mbandung, dengan produk knalpot customnya a.l. seri B (dng cover Byson), seri J (racing only), RC-series (semi racing), Triovale (silent) dll...

- karbu std Blitz itu type vakum atau skep ? kalok masih vakum ya lebih baik diganti yg skep, lalu jetting ulang sampai dapet AFR yg ideal (angkanya sekitar 12,6 s/d 12, 8 dalam kondisi mesin digeber stasioner, atau sekitar 13 s/d 13,4 dalam kondisi mesin digeber di jalan raya). Mas Adie di Abbys Performance Tuning Bandung (Jl. Lodaya 26 Bdg) punya alat AFR meter digital yg sangat akurat. Di Jakarta AFR meter ada di Ultraspeed Racing Ciledug (sambil dynotest) dan di Aerospeed Racing Jl. Haji Nawi Jaksel.

- utk memunculkan "hidden power" sebagai efek cam custom dan PnP, sebaiknya dipasang cdi programmable (a.l. Rextor), lalu dilakukan re-mapping timing pengapian (di atas mesin dyno), bisa di Ultraspeed Racing, atau Aerospeed Racing atau di Global Motorindo (Rextor). Ko Teddy Cong, boss Global Motorindo (distributor cdi Rextor) sudah biasa melakukan re-mapping ignition timing itu, apalagi kalok cdi-nya merk Rextor.

Kalok semua pekerjaan itu dilakukan dengan itungan yg akurat, pasti hasilnya menggembirakan.. Dan jangan lupa utk melakukan dynotest seblum dan sesudah setiap ubahan utk mengetaui apakah ubahan itu menghasilkan peningkatan performa, dan seberapa besar peningkatan itu...
wahhhh thx berat oom jes ilmu nya :mrgreen:
FYI karbu standard blitzR adalah keihinPB 18 dan type skep......walau jarum skep nya bukan yg type adjustable sih.
kemudian utk mesin, kebeneran saat ini sudah dilakukan PNP berikut penggantian per kopling yg lebih keras dan cam CLD berdurasi 330, cam standar nya dipensiunkan agar suatu saat apabila mau dikembalikan seperti standar tidak sulit.

memang yg menjadi dilema saat ini adalah soal knalpot, terus terang sy ga terlalu suka suara knalpot yg berisik.........yaaaa mau nya sih knalpot yg plong tapi suara nya sama dengan knalpot standard hehehehe.
hal ini jg sempet sy konsultasikan dg dukun kawasaki nya kemaren dan akhir nya dia nyaranin utk menggunakan silincer motor lain yg menurut nya lebih baik dlm menyalurkan gas buang dibandingkan standar blitzR

cdi programable, apakah semua tempat dyno yg oom sebut diatas itu bisa melakukan maping cdi dr semua merk oom? atawa hanya merk tertentu saja? :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: 08 Sep 2004, 03:44

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by yoyoyo »

doq wrote:hehehe nuhun oom.......
iya nih, si blitzR ini kendaraan pertama hasil memeras keringat jaman dulu.........kreditan pulak (udah lunas lharrrr) :upss:
dengan segala perlakuan salah kemarenan itu, ternyata sektor mesin sama sekali ga ada masalah berarti, T.O.P begete emank kawasaki kualitas nya :big_smoking:

klo make zx130 berarti sama kaya oom diedietkeren tuh (oom yoyoyo entah masih ada apa ngga ya motor nya) :upss:
masih dong :big_smoking:

mana foto blitz-R nya?
kelihatannya sdh ditangani bbrp spesialis..
klo tenaga sdg besar, pertimbangkan rem yg mumpuni.
selain itu kalau terlalu panas, jetting karbu dibikin agak rich.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by doq »

yoyoyo wrote:
doq wrote:hehehe nuhun oom.......
iya nih, si blitzR ini kendaraan pertama hasil memeras keringat jaman dulu.........kreditan pulak (udah lunas lharrrr) :upss:
dengan segala perlakuan salah kemarenan itu, ternyata sektor mesin sama sekali ga ada masalah berarti, T.O.P begete emank kawasaki kualitas nya :big_smoking:

klo make zx130 berarti sama kaya oom diedietkeren tuh (oom yoyoyo entah masih ada apa ngga ya motor nya) :upss:
masih dong :big_smoking:

mana foto blitz-R nya?
kelihatannya sdh ditangani bbrp spesialis..
klo tenaga sdg besar, pertimbangkan rem yg mumpuni.
selain itu kalau terlalu panas, jetting karbu dibikin agak rich.
siap jendral!!!
hehehe iya nih.......sedang dalam masa2 "inkubasi" menuju "powerfull blitzR" :upss: :upss:
foto2 sih ada kok disini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 26#p467226
memang itu pic udh agak lama, but so far masih belom ada yg berubah secara kasat mata utk tampilan luar

oom yoyoyo gimana kabar mongtor nya?
masih sehat apa udh ada yg berubah dr kondisi estede neh? :big_smoking:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by JESKONENG »

doq wrote:
JESKONENG wrote:
asudarsono wrote:Lobe makin tinggi artinya klep makin gede bukanya, volume bahan bakar udara makin banyak yg masuk. Sayang amat kalau dibalikin seperti standard.

Terus terang aku gak ngerti ini cam buatan siapa, tapi dari menyimpulkan keterangan om, camnya cukup bagus. Nyatanya om gak ada kendala di idle, flatspot dll. Padahal durasi cam 330 derajat udah lumayan ekstrim. IMHO sayang amat dimodif lagi. Tapi emang gak enak ya, punya cam kayak gini. Kayak punya Civic type R atau Corolla Twin Cam GTi, maunya rpm tinggi terus.

Om gak ganti karbu yg lebih gede? Kali aja pasokan bahan bakar kurang. Yg Keihin 19 mm atau 21 mm sekalian asyik kali ya?

Kalau mau second opinion selain saya, tuh om Jeskoneng yg paling top. Bengkelnya sampai ujung pulau Jawa. Opini dia ama aku selalu bersebrangan. Sampai bengkel dia ama bengkelku aja musuh bebuyutan.
hahahahaaaaaaa.... mas Darsonosu bisa ajaaaaah....

third opinion yaaa.. btw, aku enggak pernah ngikutin/baca topic ini dari awal... Tapi kalok cam sudah custom (lift lebih tinggi, dan durasi lebih lama), sebaiknya dilakukan juga ubahan berikut ini utk mengimbangi peningkatan volumetric efficiency dari campuran bbm/udara sebagai hasil kerja cam custom itu :

- Port n Polishing lobang inlet dan exhaust pada cyl head (utk diameternya, ada itungannya yg in sekian persen dari klep in, dan yg ex sekian persen dari klep ex). Yg paham banget urusan ukuran porting ini a.l. mas Londo Trb (Jogja), mas Adie WrAin (mbandung), mas Romi Pandawa (Jatiwaringin)..

- lalu merancang ulang exhaust, terpenting adalah diameter leher knalpot dan diameter baffle (pipa saringan di dalam silencer). Yg ahli dalam hal ini a.l. mas Adie mbandung, dengan produk knalpot customnya a.l. seri B (dng cover Byson), seri J (racing only), RC-series (semi racing), Triovale (silent) dll...

- karbu std Blitz itu type vakum atau skep ? kalok masih vakum ya lebih baik diganti yg skep, lalu jetting ulang sampai dapet AFR yg ideal (angkanya sekitar 12,6 s/d 12, 8 dalam kondisi mesin digeber stasioner, atau sekitar 13 s/d 13,4 dalam kondisi mesin digeber di jalan raya). Mas Adie di Abbys Performance Tuning Bandung (Jl. Lodaya 26 Bdg) punya alat AFR meter digital yg sangat akurat. Di Jakarta AFR meter ada di Ultraspeed Racing Ciledug (sambil dynotest) dan di Aerospeed Racing Jl. Haji Nawi Jaksel.

- utk memunculkan "hidden power" sebagai efek cam custom dan PnP, sebaiknya dipasang cdi programmable (a.l. Rextor), lalu dilakukan re-mapping timing pengapian (di atas mesin dyno), bisa di Ultraspeed Racing, atau Aerospeed Racing atau di Global Motorindo (Rextor). Ko Teddy Cong, boss Global Motorindo (distributor cdi Rextor) sudah biasa melakukan re-mapping ignition timing itu, apalagi kalok cdi-nya merk Rextor.

Kalok semua pekerjaan itu dilakukan dengan itungan yg akurat, pasti hasilnya menggembirakan.. Dan jangan lupa utk melakukan dynotest seblum dan sesudah setiap ubahan utk mengetaui apakah ubahan itu menghasilkan peningkatan performa, dan seberapa besar peningkatan itu...
wahhhh thx berat oom jes ilmu nya :mrgreen:
FYI karbu standard blitzR adalah keihinPB 18 dan type skep......walau jarum skep nya bukan yg type adjustable sih.
kemudian utk mesin, kebeneran saat ini sudah dilakukan PNP berikut penggantian per kopling yg lebih keras dan cam CLD berdurasi 330, cam standar nya dipensiunkan agar suatu saat apabila mau dikembalikan seperti standar tidak sulit.

memang yg menjadi dilema saat ini adalah soal knalpot, terus terang sy ga terlalu suka suara knalpot yg berisik.........yaaaa mau nya sih knalpot yg plong tapi suara nya sama dengan knalpot standard hehehehe.
hal ini jg sempet sy konsultasikan dg dukun kawasaki nya kemaren dan akhir nya dia nyaranin utk menggunakan silincer motor lain yg menurut nya lebih baik dlm menyalurkan gas buang dibandingkan standar blitzR

cdi programable, apakah semua tempat dyno yg oom sebut diatas itu bisa melakukan maping cdi dr semua merk oom? atawa hanya merk tertentu saja? :e-think:
soal pilihan cdi programmable, aku mohon maaf, aku cuma akrab sama produk Rextor aja dari th 2008.. dan belinya kalok di Jkt bisa langsung ke distributornya yaitu ko Teddy Cong, sekaligus minta dia yg melakukan re-mapping timing pengapian oleh cdi rextor yg dibeli itu, di atas mesin dyno..

sekedar info tentang dimana tempatnya beli/dyno/remapping cdi rextor :

Global Motorindo
jl. letjen suprapto no. 60 Galur, Jakpus
owner/joki/operator dyno : Teddy Cong (hp 087882121778 atau 085714267989)

btw, soal dynotest, kalibrasi dan berat roller yg berbeda2, mengakibatkan perolehan angka hp/nm hasil dyno yg berbeda2 antara Ultraspeed Racing, Global Motorindo, dan Aerospeed. Yg penting, harus ada catatan hasil dyno sebelum dan sesudah suatu modif/pasang part racing di satu lokasi dyno, spy ketauan berapa banyak peningkatan performa sebagai hasil modifan itu
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by doq »

wah mantap sekali info nya, thx oom :mrgreen:
jd nanti saat nya perlu cdi baru saya sdh tau harus kemana hehehee
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: 08 Sep 2004, 03:44

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by yoyoyo »

doq wrote:
yoyoyo wrote: masih dong :big_smoking:

mana foto blitz-R nya?
kelihatannya sdh ditangani bbrp spesialis..
klo tenaga sdg besar, pertimbangkan rem yg mumpuni.
selain itu kalau terlalu panas, jetting karbu dibikin agak rich.
siap jendral!!!
hehehe iya nih.......sedang dalam masa2 "inkubasi" menuju "powerfull blitzR" :upss: :upss:
foto2 sih ada kok disini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 26#p467226
memang itu pic udh agak lama, but so far masih belom ada yg berubah secara kasat mata utk tampilan luar

oom yoyoyo gimana kabar mongtor nya?
masih sehat apa udh ada yg berubah dr kondisi estede neh? :big_smoking:
lihat fotonya sih, waduh ngelamarnya sama, november 2005 :big_peace:

motor sih sehat, tapi kyknya udh minta top overhoul , porting & polish, ganti kampas kopling.

sejauh ini gantian/ubahan baru sebatas:
- aplikasi nano energizer :mky_03:
- capacitor bank 20000mf (tp solderan nya lepas,blm diapa2in lg,kwkwkw)
- side gap busi
- koil shogun sp
- rantai gearset Kaze
- air filter dilepas (box terpasang)
- oli kawasaki KGMO saja

penasaran sama aplikasi tabung uap air sejuk ke intake manifold (lupa namanya, tapi bukan water injection loh)
tapi ane ga mau jauh2 dari estede, takut nagih :big_weee:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by doq »

yoyoyo wrote:
doq wrote:
yoyoyo wrote: masih dong :big_smoking:

mana foto blitz-R nya?
kelihatannya sdh ditangani bbrp spesialis..
klo tenaga sdg besar, pertimbangkan rem yg mumpuni.
selain itu kalau terlalu panas, jetting karbu dibikin agak rich.
siap jendral!!!
hehehe iya nih.......sedang dalam masa2 "inkubasi" menuju "powerfull blitzR" :upss: :upss:
foto2 sih ada kok disini <!-- l --><a class="postlink-local" href="http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... p467226</a><!-- l -->
memang itu pic udh agak lama, but so far masih belom ada yg berubah secara kasat mata utk tampilan luar

oom yoyoyo gimana kabar mongtor nya?
masih sehat apa udh ada yg berubah dr kondisi estede neh? :big_smoking:
lihat fotonya sih, waduh ngelamarnya sama, november 2005 :big_peace:

motor sih sehat, tapi kyknya udh minta top overhoul , porting & polish, ganti kampas kopling.

sejauh ini gantian/ubahan baru sebatas:
- aplikasi nano energizer :mky_03:
- capacitor bank 20000mf (tp solderan nya lepas,blm diapa2in lg,kwkwkw)
- side gap busi
- koil shogun sp
- rantai gearset Kaze
- air filter dilepas (box terpasang)
- oli kawasaki KGMO saja

penasaran sama aplikasi tabung uap air sejuk ke intake manifold (lupa namanya, tapi bukan water injection loh)
tapi ane ga mau jauh2 dari estede, takut nagih :big_weee:
nambahin setelah nanti PNP:
-kampas koplin kawak GTO
-per kopling racing
-per klep racing
-cam racing
-cdi racing
-koil racing (koil so'un pensiunin aja)

:ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: 08 Sep 2004, 03:44

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by yoyoyo »

mm,..ngga ah, BBM mau mahal (lagi) :mky_08:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by doq »

baaahhhh.....tengki motor berapa liter seh?
saya aja make super extra buat blitzR, seminggu ga nyampe gocap :big_smoking:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: 08 Sep 2004, 03:44

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by yoyoyo »

4liter an :big_peace:
klo ubahan/modifan sih udah ada contohnya, tinggal duplikasi.
tapi ane ga mau, krn pasti RATJOENnya akan tambah ganas :mky_01:
*bokek mode ON
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by VanzMatic »

doq wrote:baaahhhh.....tengki motor berapa liter seh?
saya aja make super extra buat blitzR, seminggu ga nyampe gocap :big_smoking:
yoyoyo wrote:4liter an :big_peace:
klo ubahan/modifan sih udah ada contohnya, tinggal duplikasi.
tapi ane ga mau, krn pasti RATJOENnya akan tambah ganas :mky_01:
*bokek mode ON
Bisikan om doq sering membuat hati terlena dan menggiring ke lembah....bokek....

















..................................................................kabuuuuurrrr......... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by doq »

ya ampoooon......
bikin mongtor jd lebih bertenaga mah ga seboros jajan mobil lhaaaaa :big_weee:
btw oom VM, benefit nya apa aja tuh pake oli seliter 180rb ? baik yg kasat mata maupun ngga? :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by VanzMatic »

doq wrote:ya ampoooon......
bikin mongtor jd lebih bertenaga mah ga seboros jajan mobil lhaaaaa :big_weee:
btw oom VM, benefit nya apa aja tuh pake oli seliter 180rb ? baik yg kasat mata maupun ngga? :e-think:
Yang paling nyata kerasa siih...:
1. Perpindahan persneling jauh lebih enteng. Kalo pakai oli yg 25rb-an seliternya, walaupun baru ganti oli dan baru jalan 50km, tapi waktu injek persneling buat oper gigi naik / turun, bunyinya CKROK. Kalau pakai oli itu, bisa alus pisan.. Cklik, gtu.. Mudah2an bukan sugesti semata ya om, tapi pastinya enteng oper gigi. Sebelum diisi oli itu, ane flush dulu om.. buang oli lama nya juga agak lama, pake miring2kan motor segala kiri kanan, mastiin oli keluar maksimal (walaupun pasti engga bakal keluar seliter untuk merek sayap.)

2. Tarikan terasa lebih ringan. Lebih jos lagi kalo sekalian serpis bengkel om. Kalo pake oli yang harga sangat biasa, begitu dipake macet2an panas2an, rasanya sih rada bolot. Setelah dipakein oli ini, terasa performanya stabil, walaupun disiksa motor idle ditengah macet parah panas2an dari jam 12 sampe jam 3 sore. Buat ane, ane engga berharap dengan ganti oli paling bagus, performa bakal superior, karena itu ngga penting, dan ane rasa hanya gimmick belaka. Saat itu, yang ane butuh, performa motor jangan sampai ngedrop kalo disiksa begitu rupa.

3. Jarak penggantian oli bisa lebih panjang. Waktu sampai 5000km sejak isi oli itu, performa mesin belum drop. Perpindahan persneling juga masih ringan dan alus. Kayaknya, begitu menginjak KM 6000, performa mulai turun dikit. Padhal, pada KM 5.500, ane sempet serpisin tuh motor tanpa mengganti oli itu. Di KM 6.500-an, perpindahan persneling mulai kasar. Ya udah ane tap aja di KM 7000-an. Ngga tega aja..

apa lagi ya?

Ntar di share lagi ya...

Semoga berkenan share dari ane...
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: 08 Sep 2004, 03:44

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by yoyoyo »

VanzMatic wrote: Bisikan om doq sering membuat hati terlena dan menggiring ke lembah....bokek....
..................................................................kabuuuuurrrr......... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
kita pantau aja 3-6 bulan ke depan apalagi nih news dari oom doq :big_peace:
oiya oom VM, about oli kerang yg 180rb itu,
barangkali pernah dengar, Deltalube? ane baru2 ini memantaw thread anak ZX di whatsapp,
mereka sdg suka ini, krn memang proven, seliternya 79rb. ada di Toda (Jkt) atau ps.Senin (entah toko apa)
cari2 testi di inet, nemu dari forum sebelah
deltalube ini sebenarnya adalah oli mesin pabrik. yg dirancang dipergunakan untuk mesin yg menyala 24 jam tiap harinya (non stop running, kecuali pas jadwal maintenance yg biasanya ga lebih dari 4 hari, dalam tiap tahunnya).

kebanyakan produk deltalube emang dibuat untuk perangkat industri. misalnya mesin, hidrolis, grease (grease tahan air, tahan panas, tahan tekanan dan non conducting grease, kl ga salah macemnya spt itu).


ane pernah menggunakan yg 757 untuk motor ane. oli ini warnanya merah bening (gak tau kalo yg sekarang). ane memakainya pertama kali karena dpt sampling dari teman ane. awalnya ane kaget. soalnya setau ane, deltalube itu oli mesin pabrik (pabrik tempat ane kerja menggunakan deltalube ampir 20 tahun). ternyata deltalube juga membuat oli untuk kendaraan bermotor.

ane memakai oli deltalube selama 2 bulan, jarak yg ane tempuh ~6000km (ane dulu kerja wira wiri di jalan, tiap hari minim 50km, kadang sampe 400km juga ). selama memakai oli ini, yg ane rasain, mulai start sampe kondisi mesin panas karena dipake keliling2 terus, ga ada penurunan performa, mesin tetep alus. gak cepet panas. pas ganti oli, begitu lobang oil drain dibuka, oli yang keluar tetep berwarna merah sedikit lebih keruh dan berwarna lebih gelap daripada yang baru. jumlahnya pun hanya berkurang dikit banget, bisa diabaikan.

doq wrote:ya ampoooon......
bikin mongtor jd lebih bertenaga mah ga seboros jajan mobil lhaaaaa :big_weee:
btw oom VM, benefit nya apa aja tuh pake oli seliter 180rb ? baik yg kasat mata maupun ngga? :e-think:
sy skrg 10rb (premium) utk 1.5 minggu oom, pengen lebih irit :mky_04:
sampai2 jelantah dapur berminat dijadiin bhn bakar kompor :big_weee:
http://twitter.com/#!/komporjelantah/
http://www.kompornabati.com/
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by doq »

ane jg bsa oom 50rb buat setaon :big_slap: :big_slap:

@VM
thx info nya oom :D
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: BlitzR 2006, KazeR125 2006, ZX130 2006

Post by VanzMatic »

yoyoyo wrote:
VanzMatic wrote: Bisikan om doq sering membuat hati terlena dan menggiring ke lembah....bokek....
..................................................................kabuuuuurrrr......... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
kita pantau aja 3-6 bulan ke depan apalagi nih news dari oom doq :big_peace:
oiya oom VM, about oli kerang yg 180rb itu,
barangkali pernah dengar, Deltalube? ane baru2 ini memantaw thread anak ZX di whatsapp,
mereka sdg suka ini, krn memang proven, seliternya 79rb. ada di Toda (Jkt) atau ps.Senin (entah toko apa)
cari2 testi di inet, nemu dari forum sebelah
deltalube ini sebenarnya adalah oli mesin pabrik. yg dirancang dipergunakan untuk mesin yg menyala 24 jam tiap harinya (non stop running, kecuali pas jadwal maintenance yg biasanya ga lebih dari 4 hari, dalam tiap tahunnya).

kebanyakan produk deltalube emang dibuat untuk perangkat industri. misalnya mesin, hidrolis, grease (grease tahan air, tahan panas, tahan tekanan dan non conducting grease, kl ga salah macemnya spt itu).


ane pernah menggunakan yg 757 untuk motor ane. oli ini warnanya merah bening (gak tau kalo yg sekarang). ane memakainya pertama kali karena dpt sampling dari teman ane. awalnya ane kaget. soalnya setau ane, deltalube itu oli mesin pabrik (pabrik tempat ane kerja menggunakan deltalube ampir 20 tahun). ternyata deltalube juga membuat oli untuk kendaraan bermotor.

ane memakai oli deltalube selama 2 bulan, jarak yg ane tempuh ~6000km (ane dulu kerja wira wiri di jalan, tiap hari minim 50km, kadang sampe 400km juga ). selama memakai oli ini, yg ane rasain, mulai start sampe kondisi mesin panas karena dipake keliling2 terus, ga ada penurunan performa, mesin tetep alus. gak cepet panas. pas ganti oli, begitu lobang oil drain dibuka, oli yang keluar tetep berwarna merah sedikit lebih keruh dan berwarna lebih gelap daripada yang baru. jumlahnya pun hanya berkurang dikit banget, bisa diabaikan.

Great idea om...
:off_good_job:

Ane hanya pengin bahas dikit nih yang om quote:
1. Apakah oli yang dipakai untuk di motor itu adalah oli yang untuk mesin pabrik, atau oli unttuk motor? Kalau memang oli untuk mesin pabrik, apakah rotasi mesin pabrik tsb sampai 6000-8000rpm seperti rpm normal motor pada kecepatan 80-an kpj...? Sebab, kalau rotasi mesin pabrik itu rendah, rasanya olinya yang malah 'setreesss' kalo dimasukin ke mesin montor. Rotasi mesin motor kan 2x lebih tinggi dibanding rotasi mesin mobil. Karena itu, walaupun mesin skutik menganut pelumasan terpisah dengan transmisi, tapi sedikit salah kaprah kalo oli mesin mobil dimasukin ke dalam mesin skutik. Karena karakteristik mesin motor adalah berputar 2x lebih tinggi dibanding mobil.

2. Apakah oli yang ditap bener hanya sedikit lebih keruh...? Rasanya itu malah berbahaya, om, Cmiiw ya.. Menurut ilmu dari om Turbo, sesepuh di SM ini, oli yang telah di-tap, apalagi setelah menempuh jarak yang jauh, tapi warnanya engga hitam / engga kotor, justru menandakan oli tersebut fungsi membersihkan kotoran di mesin malah sangat sangat minim. Kandungan "detergent" sebagai zat pembersih selain zat2 lain sebagai pelumas, terindikasi mungkin tidak ada. Ini yang bahaya, yang kemungkinan besar malah bisa memicu timbulnya sludge.. CMIIW sangat ya..
Mungkin oli tersebut hanya memiliki zat2 pelumas yang kuat, tapi lemah di kandungan zat pembersih dari kotoran mesin..

Mohon koreksinya yaa..
:big_peace:

Kalau ane pribadi, kalo oli yang murah, mendingan pakai yang pernah dipakai sebagai genuine oil pabrikan ybs, misalnya kalo di motor Tjap Sayap, pakai oli Federal. Tapi kalo oli yang mantap mahalnya, mendingan pakai yang bermerek aja.. Dibilangin orang makan merek juga nggapapa, karena ini menyangkut mesin, bukan macam asesori belaka...

Ini hanya IMHO looo...
:mky_01:

doq wrote:-cut-
@VM
thx info nya oom :D
Udeeeh...berani bayarin upgrade mesin Blitz, berani glonggongin pake Super Extra, mosok Advance Ultra doank ga sanggup siiih juragan kita satu ini....???

:mky_03:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post