(ask)problem dinamo start grand

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
juliejumper
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 30 May 2012, 07:38

(ask)problem dinamo start grand

Post by juliejumper » 30 May 2012, 07:51

Pagi semua...
Kenalin ane warga baru forum ini. Kemaren ane baru aja beli motor impian ane, honda grand 95.
Ane mau tanya ttg masalah Motor ini, kalo mesinnya dimatiin kadang suka keluar bunyi seperti "ngokkk" gitu. Ga selalu sih. Ane udah coba minta petunjuk ma temen katanya itu muncul dari dinamo start.
Ane mohon petunjuk dari sesepuh disini, kira2 penyebabnya apa ya ? Dan kira2 part apa yg mesti diganti. Terakhir kira2 butuh budget berapa buat benerinnya
Segitu aja, mohon pecerahannya. Terima kasih.

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: (ask)problem dinamo start grand

Post by asudarsono » 30 May 2012, 09:24

Honda jaman segitu emang punya kelemahan di situ, krn starter listriknya jarang dipakai. Kalau masih bisa buat nyalain mesin, mungkin sekali gak perlu diganti. Cukup dibongkar dan dibersihkan. Kalau perlu gak usah dipasang kembali, toh ada kick starter. Yg penting tempat bekas starternya ditutup.

Eh, beneran krn starternya bukan ya?
Ready to Race

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9814
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat

Re: (ask)problem dinamo start grand

Post by ak4ng » 30 May 2012, 09:30

waduh.... bunyi2an gitu mah banyak faktor,,, lha motor bebek yg baru aja macem revo bbrp ada yg mengeluhkan gitu....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

juliejumper
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 30 May 2012, 07:38

Re: (ask)problem dinamo start grand

Post by juliejumper » 30 May 2012, 14:10

Jadi gitu ya. Btw dapet masukan juga katanya selain dynamo startnya di bersihin, rante nya harus ganti baru. Sarannya masuk ga tuh menurut agan2 semua ?

Klo revo sih bener kayaknya dibilang banyak masalah. Temen2 ane jg banyak yg ngeluh. Cacad kayaknya.

jip_kecil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: 10 Oct 2011, 09:23

Re: (ask)problem dinamo start grand

Post by jip_kecil » 30 May 2012, 16:23

bersihin aja dulu om, tapi biasanya nanti pas bongkar ketauan juga apakah arangnya sudah minta ganti, seingat saya harga arangnya aja ini cukup murah kok, salam

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9814
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat

Re: (ask)problem dinamo start grand

Post by ak4ng » 30 May 2012, 16:35

kl bersihin rante mah gampang... kl ane sih... siram pake bensin lalu gosok pake sikat gigi bekas.. pake wd40 kl ada kerak yg susah...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: (ask)problem dinamo start grand

Post by asudarsono » 30 May 2012, 17:01

Bisa jadi rantainya sudah melar / aus tapi ini gak ada hubungannya ama bunyi tadi lho. Mungkin aja pak montir liat, terus sekalian diganti gitu.

Kalau daya sih mending nunggu rantainya melar sekali sampai menggesek rumahnya ( jaman dulu rantai ada selubungnya, gak telanjang seperti sekarang). Ganti ranati harus sama kedua roda giginya lho, kalau gak, malah makin cepet aus lagi / kemakan.
Ready to Race

Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Location: Yogyakarta

Re: (ask)problem dinamo start grand

Post by Cloud » 03 Jun 2012, 09:11

ngok tu bunyi mesin yang berputar balik berlawanan arah (saat dimatikan, pada langkah kompresi mesin tak kuat melanjutkan putaran, lalu mundur lagi / balik), secara otomatis one way clutch stater aktif, memutarkan dinamo,
jadi emang hampir semua motor yang pake oneway clutch bunyinya kayak gitu.

cuma kalo ngok, berasal dari bunyi arang yang habis pada dinamo
jadi, cukup ganti arangnya aja,

putaran balik mesin ini juga mengaktifkan dekompresi di camshaft lo, jadi normal2 aja,

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11045
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ask)problem dinamo start grand

Post by VanzMatic » 31 Aug 2013, 15:25

Iya bener.
bawa ke ahass juga bisa kok diservis itu dinamo starter. Ongkos sekira 30-50rb udah tokcer lagi.
Tuh grand 96 bini ane udh pake stater listrik terus.

Revo cacad? Yakin? Bukan karena pemiliknya yang jorok?
Revo 2009 awal punya saya masih standard. Silakan coba. 90km/jam aja eces.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: (ask)problem dinamo start grand

Post by asudarsono » 31 Aug 2013, 17:54

FBY bilang Honda cacat semua
FBH bilang Yamaha butut semua
FBY dan FBH sepakat Suzuki alayers semua

Begitulah dunia perbebekan di Indonesia.

Kalau Kawasaki dan almarhum Bajaj aman, krn fokus ke motor batangan.
Ready to Race

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11045
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ask)problem dinamo start grand

Post by VanzMatic » 01 Sep 2013, 10:54

FB mah emang cuman berani di dunia maia...eh...maya doang om...
Di dunia nyata mah diem seribu basa....
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

Post Reply

Return to “Moped Types”