Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

dhannemon13
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 30 Jul 2021, 14:19
Daily Vehicle: Yamaha Mio M3 2016

Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by dhannemon13 »

Keluarga ane ada Revo Fi 110 2014, yang dari tahun kemaren gak ganti-ganti oli saking emang itu motor jarang banget keluar rumah semenjak pandemi ini. (Biasanya ane yang niatin gantiin olinya, cuma karena orang dari yang make daily-nya aja gak ada inisiatif ngerawat + tekor dananya kalau ane mele yang gantiin olinya (ane ada daily driver Mio M3) + toh ntuh motor "yang penting masih jalan", yaudahlah ya).

Cuma penasaran aja sebenarnya. Dan ane sadar ini aslinya adalah pertanyaan konyol, saking ini motor gak pernah ganti oli deh, karena kasian juga udah lama gak ganti. Apakah kalau ganti oli full sintetik (contoh lah Shell Ultra) kira-kira bisa 'memperpanjang' waktu ganti enggak ya? Sejauh ini motor make AX-7, ganti dari bawaan Honda, sejujurnya ini oli awet asli kalau dipake yang jarang banget ganti oli ini, pernah 6 bulan gak ganti, ini udah rekor baru sebenarnya sampai 5 siklus waktunya ganti, gak diganti wkwkwk

Satu lagi, motor ini udah masuk ke 24 ribu kilo lebih, dan udah agak kedengeran jelas kek suaranya 'kletek-kletek' (bukan knocking kayaknya) dari mesin pas digas. Apa ini klepnya minta setting ulang kaliya atau ada yang kendor gitu di dalamnya, dan perlu turun mesin? Kalaupun iya, kira-kira biayanya berapa dah untuk servis?

Yang penasaran 'itu mesinnya gak ngebul apa?', belum kok so far, paling nunggu ngebul aja.
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by pernahmiskin »

Kalau males ganti oli, bisa pakai oli diesel.

Sy sdh pakai oli diesel di motor mx old 2008 dari baru sampai sekarang akan saja.

Ganti per 1 tahun atau 5000km

Untuk kenyamanan biasa wae, apa yg di harapkan dari motor bebek std.

Untuk suara kemlatak, bisa jd ada deposit / kerak atau waktunya stel klep atau ganti keteng.

Siapin budget 500rb sdh cukup sy rasa kalau mesin ga ngebul
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by michaelgiri93 »

2014, sekarang baru 24.000 km?
Dikit banget km nya
Wkwkwk
Kalo 6 bulan sekali ganti tapi umur olinya cuma 2-4 ribu km mah oli biasa gpp sih
Supra ane 2008, odo udah hampir 100.000, soalnya semenjak 2015an sudah jarang di pake sih
Ganti oli kalo inget
Oli cari yang sewajarnya aja (gk sampe 60k/lt)
Terakhir saya lihat bak mesinnya di bongkar masih relatif bersih
Blm ada sludge

Kletek kletek apa klutuk klutuk Om?
Kl klutuk² dan hilangnya kl mesin panas itu kalo di supra ane tensioner timing chain
Nanti kalo udah sempet mau coba di ganti
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
dhannemon13
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 30 Jul 2021, 14:19
Daily Vehicle: Yamaha Mio M3 2016

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by dhannemon13 »

pernahmiskin wrote: 31 Jul 2021, 21:33 Kalau males ganti oli, bisa pakai oli diesel.

Sy sdh pakai oli diesel di motor mx old 2008 dari baru sampai sekarang akan saja.

Ganti per 1 tahun atau 5000km

Untuk kenyamanan biasa wae, apa yg di harapkan dari motor bebek std.

Untuk suara kemlatak, bisa jd ada deposit / kerak atau waktunya stel klep atau ganti keteng.

Siapin budget 500rb sdh cukup sy rasa kalau mesin ga ngebul
Oli diesel aman ya enggak buat selip? Soalnya pernah bokap ngide ngasi oli mesin mobil eh suka selip terus.
michaelgiri93 wrote: 01 Aug 2021, 18:45 2014, sekarang baru 24.000 km?
Dikit banget km nya
Wkwkwk
Kalo 6 bulan sekali ganti tapi umur olinya cuma 2-4 ribu km mah oli biasa gpp sih
Supra ane 2008, odo udah hampir 100.000, soalnya semenjak 2015an sudah jarang di pake sih
Ganti oli kalo inget
Oli cari yang sewajarnya aja (gk sampe 60k/lt)
Terakhir saya lihat bak mesinnya di bongkar masih relatif bersih
Blm ada sludge

Kletek kletek apa klutuk klutuk Om?
Kl klutuk² dan hilangnya kl mesin panas itu kalo di supra ane tensioner timing chain
Nanti kalo udah sempet mau coba di ganti
Emang motor jarang dipake gan, dulu second juga beli kalo gasalah tahun 2016 apa 2017 gitu masih 16.000 KM, sekarang aja masih nambah 300-400 km doang paling terakhir make. Mio M3 ane ini malah boros, dari 2019 ke 2021 nambah 10.000 km lebih udahan (ane demen keliling) wkwkkw

Selama ini oli yaaa selalu sewajarnya ajasih, AX7 lah udah pas di tengah2, mau ganti full-synthetic rasanya sayang juga.

Klutuk klutuk mungkin sih, asalnya dari mesin kedengarannya.
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4419
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by Ryan Steele »

Ganti olinya kalau pakai AX7 mending per 2000 km atau 6 bulan sekali. Klo udah lewat udah gak enak. dan mesin Honda sekarang sensitif sama oli. Saya pernah pakai Supra X 125 FI tahun 2009, sekali telat ganti oli, bearing stang seher kena. Turun mesin. Sekali telat ganti oli lagi, mesin macet. Oli pakai AX7 juga. 2014 udah dijual
Gpp lah klo menurut saya untuk sekedar bayarin ganti oli. Gak sampe 100 rb / 6 bulan. Mertua punya revo 2010, saya yang handle. Boro2 dirawat, sebelum nikah aja motor ngejogrok di pinggir jalan komplek, sampe ketumbuhan rumput. Setelah nikah saya perbaiki, pajak saya urus. Setelah selesai selama 3 bulan gak bergeser 1 mm sekalipun di garasi, sampe aki mati lagi.
Jadi ya per 6 bulan sekali ganti oli. Sekarang pakai Repsol, cuma 38k. Sama service (masih karbu) 45k. 100 rb masih ada sisa bwt makan mie ayam di samping bengkel.
no signature
Dxo24
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: 22 Apr 2016, 07:15
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Kijang Innova

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by Dxo24 »

Saya pakai revo fi 2015, oli pakai mobildelvac mx 15w40, kalau berisik, biasanya krn keteng udh lemah. Dia ada pengaturan keteng otomatis juga soalnya
3SZ-VE (2008)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
fansdiesel
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 19 Jul 2018, 12:30

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by fansdiesel »

mending jual aja daripada jadi debu dan gak keurus
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4419
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by Ryan Steele »

masih ada dipakai, om. nggak full ngejogrok kyak motor mertua saya.
saya masih manasin seminggu sekali, karena tiba2 aja nanti mertua perlu pakai, walaupun belum tentu sebulan sekali.
no signature
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by daimler »

Wuiih yg pake oli diesel di motornya berani, klo menurut ogut stationer motor aja lebih tinggi drpd mesin diesel (±1400 rpm vs ±800 rpm) belum lg klo di motor mencapai 3000-4000 rpm tu cepet banget ga berasa, klo mesin diesel karakternya torsi tinggi mudah digapai di rpm rendah jd paling daily use di 2000-3000 rpm (kecuali tronton2 overload :mky_03: ). Oli motor juga paling butuh ±1L tiap ganti, kalo diesel bisa sampai 5-8L kapasitasnya mana utk motor bebek kan transmisi kerendem oli mesin beda sama mesin diesel yg oli mesin sm transmisi terpisah jd perlu tambahan friction modifier di motor biar ga selip kopling yg beresiko kopling jd hangus. Jd opini ogut blm tentu oli diesel cocok dipakai di motor dr faktor2 yg ogut tau dan sebutin td :big_peace:
Ryan Steele wrote: 29 Aug 2022, 16:06 Ganti olinya kalau pakai AX7 mending per 2000 km atau 6 bulan sekali. Klo udah lewat udah gak enak. dan mesin Honda sekarang sensitif sama oli. Saya pernah pakai Supra X 125 FI tahun 2009, sekali telat ganti oli, bearing stang seher kena. Turun mesin. Sekali telat ganti oli lagi, mesin macet. Oli pakai AX7 juga. 2014 udah dijual
Gpp lah klo menurut saya untuk sekedar bayarin ganti oli. Gak sampe 100 rb / 6 bulan. Mertua punya revo 2010, saya yang handle. Boro2 dirawat, sebelum nikah aja motor ngejogrok di pinggir jalan komplek, sampe ketumbuhan rumput. Setelah nikah saya perbaiki, pajak saya urus. Setelah selesai selama 3 bulan gak bergeser 1 mm sekalipun di garasi, sampe aki mati lagi.
Jadi ya per 6 bulan sekali ganti oli. Sekarang pakai Repsol, cuma 38k. Sama service (masih karbu) 45k. 100 rb masih ada sisa bwt makan mie ayam di samping bengkel.
Kira2 toleransi telatnya berapa ratus km ya? Mislanya ganti di 2300ankm udh terhitung telat apa belum?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4419
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by Ryan Steele »

daimler wrote: 30 Aug 2022, 20:13 -cut-
Ryan Steele wrote: 29 Aug 2022, 16:06 Ganti olinya kalau pakai AX7 mending per 2000 km atau 6 bulan sekali. Klo udah lewat udah gak enak. dan mesin Honda sekarang sensitif sama oli. Saya pernah pakai Supra X 125 FI tahun 2009, sekali telat ganti oli, bearing stang seher kena. Turun mesin. Sekali telat ganti oli lagi, mesin macet. Oli pakai AX7 juga. 2014 udah dijual
Gpp lah klo menurut saya untuk sekedar bayarin ganti oli. Gak sampe 100 rb / 6 bulan. Mertua punya revo 2010, saya yang handle. Boro2 dirawat, sebelum nikah aja motor ngejogrok di pinggir jalan komplek, sampe ketumbuhan rumput. Setelah nikah saya perbaiki, pajak saya urus. Setelah selesai selama 3 bulan gak bergeser 1 mm sekalipun di garasi, sampe aki mati lagi.
Jadi ya per 6 bulan sekali ganti oli. Sekarang pakai Repsol, cuma 38k. Sama service (masih karbu) 45k. 100 rb masih ada sisa bwt makan mie ayam di samping bengkel.
Kira2 toleransi telatnya berapa ratus km ya? Mislanya ganti di 2300ankm udh terhitung telat apa belum?
Kalau ketahuan telat ganti oli, secepatnya aja, om. 300 km udah banyak telatnya kalau Honda, IMO. Kalau saya mana yang tercapai duluan aja. udah 2000 km, ganti oli. 6 bulan gak sampai 2000 km, ganti.
Kalau motor mertua, karena gir nanas ban depan udah rusak, jadi odo & speedo gak jalan, 6 bulan sekali saya service & ganti oli. 6 bulan juga gak sampe 500 km jalannya. Terakhir2 udah seingetnya aja, suka kelupaan :mky_01:
no signature
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by daimler »

Ryan Steele wrote: 31 Aug 2022, 09:35
daimler wrote: 30 Aug 2022, 20:13 -cut-
Ryan Steele wrote: 29 Aug 2022, 16:06 -cut-
Kira2 toleransi telatnya berapa ratus km ya? Mislanya ganti di 2300ankm udh terhitung telat apa belum?
Kalau ketahuan telat ganti oli, secepatnya aja, om. 300 km udah banyak telatnya kalau Honda, IMO. Kalau saya mana yang tercapai duluan aja. udah 2000 km, ganti oli. 6 bulan gak sampai 2000 km, ganti.
Kalau motor mertua, karena gir nanas ban depan udah rusak, jadi odo & speedo gak jalan, 6 bulan sekali saya service & ganti oli. 6 bulan juga gak sampe 500 km jalannya. Terakhir2 udah seingetnya aja, suka kelupaan :mky_01:
Siap suhu makasi sudah menjawab :frm_salut: nubi dlu ngikut anjuran yg per 3000rb km, tapi kok rasa2nya di 2300an ini udh ga enak motornya. Klo pas jarang dipakai ya 3bln ganti
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4419
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by Ryan Steele »

daimler wrote: 31 Aug 2022, 17:51 -cut-

Siap suhu makasi sudah menjawab :frm_salut: nubi dlu ngikut anjuran yg per 3000rb km, tapi kok rasa2nya di 2300an ini udh ga enak motornya. Klo pas jarang dipakai ya 3bln ganti
Honda jangan ganti oli per 3.000 km deh... Apa lagi kalau pakai oli resminya. Konon kabarnya baru jalan 2.000 km sisa olinya di bawah 500 ml. Nggak tau bener apa nggaknya itu gosip.

AX7 saya pakai di Supra sekedar untuk harian biasa sih cukup.

Kalau jarang pakai, 6 bulan lah menurut saya. Walaupun 100rb, tapi kan lumayan :big_peace:
no signature
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by daimler »

Ryan Steele wrote: 31 Aug 2022, 22:44 -cut-

Honda jangan ganti oli per 3.000 km deh... Apa lagi kalau pakai oli resminya. Konon kabarnya baru jalan 2.000 km sisa olinya di bawah 500 ml. Nggak tau bener apa nggaknya itu gosip.

AX7 saya pakai di Supra sekedar untuk harian biasa sih cukup.

Kalau jarang pakai, 6 bulan lah menurut saya. Walaupun 100rb, tapi kan lumayan :big_peace:
:big_okay: Iya nih banyak bersliweran di mana2 soal kualitas oli resminya emang begitu ceritanya suhu. AX7 yg 15w-40 ya? Di range harga segitu yg oke oli apa aja buat supra? Saat ini lg pake power1 4T
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by doge »

Ryan Steele wrote: 31 Aug 2022, 22:44
daimler wrote: 31 Aug 2022, 17:51 -cut-

Siap suhu makasi sudah menjawab :frm_salut: nubi dlu ngikut anjuran yg per 3000rb km, tapi kok rasa2nya di 2300an ini udh ga enak motornya. Klo pas jarang dipakai ya 3bln ganti
Honda jangan ganti oli per 3.000 km deh... Apa lagi kalau pakai oli resminya. Konon kabarnya baru jalan 2.000 km sisa olinya di bawah 500 ml. Nggak tau bener apa nggaknya itu gosip.

AX7 saya pakai di Supra sekedar untuk harian biasa sih cukup.

Kalau jarang pakai, 6 bulan lah menurut saya. Walaupun 100rb, tapi kan lumayan :big_peace:
kalo yg mpx2 sekitar 7-8th lalu emg bner... dlu pke itu di beat gnti tiap dkt 2000km... prnah sekali cek dipstik, lah kok di low aja ngga :big_dunno: lgsg ngacir ke bengkel

klo yg spx2 sepengalaman g ada nguap"nya... cmn ya itu, cpt kerasa g enak mesinnya
:ngacir:
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 563
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by satriakarisma »

Toss dulu om, ni samaan ksatria baja hitamnya.
ane revo fi 2015, sekarang udah di 55ribu km.
Current pakai ptt 10w30 diesel botol item, udah jalan hampir setahun n puas.
Pernah coba ahm oil (ampas bgt), ca*trol power1 (sama ampas), t*p1 syn & yg mineral (2-2nya biasa aja), mdelvac 10w40 (lemot kekentelan).
yang paling cocok ya oli thai ini.
Ganti tiap 2 bulan/1500~2000 km.
Keteng juga udh berisik, ntr aja desember gantinya (150 ribuan ori ahm incl pasang), suspectnya roller karet udah aus. hahaha.
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4419
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by Ryan Steele »

daimler wrote: 31 Aug 2022, 23:11
-cut-

:big_okay: Iya nih banyak bersliweran di mana2 soal kualitas oli resminya emang begitu ceritanya suhu. AX7 yg 15w-40 ya? Di range harga segitu yg oke oli apa aja buat supra? Saat ini lg pake power1 4T
AX7 yang 10W-40, om. yang 15W-40 AX5.
Motor zaman now pakai 10W-40 aman. Gap kan udah tipis.
doge wrote: 01 Sep 2022, 06:45 -cut-

kalo yg mpx2 sekitar 7-8th lalu emg bner... dlu pke itu di beat gnti tiap dkt 2000km... prnah sekali cek dipstik, lah kok di low aja ngga :big_dunno: lgsg ngacir ke bengkel

klo yg spx2 sepengalaman g ada nguap"nya... cmn ya itu, cpt kerasa g enak mesinnya
Owner sudah bersabda
no signature
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by daimler »

doge wrote: 01 Sep 2022, 06:45 -cut-

kalo yg mpx2 sekitar 7-8th lalu emg bner... dlu pke itu di beat gnti tiap dkt 2000km... prnah sekali cek dipstik, lah kok di low aja ngga :big_dunno: lgsg ngacir ke bengkel

klo yg spx2 sepengalaman g ada nguap"nya... cmn ya itu, cpt kerasa g enak mesinnya
Sepertinya oli aslinya malah ga sebanding ya dgn harganya :big_dunno: Dgn range harga segitu bisa dapet oli yg lbih ok ya
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by doge »

daimler wrote: 01 Sep 2022, 16:42
doge wrote: 01 Sep 2022, 06:45 -cut-

kalo yg mpx2 sekitar 7-8th lalu emg bner... dlu pke itu di beat gnti tiap dkt 2000km... prnah sekali cek dipstik, lah kok di low aja ngga :big_dunno: lgsg ngacir ke bengkel

klo yg spx2 sepengalaman g ada nguap"nya... cmn ya itu, cpt kerasa g enak mesinnya
Sepertinya oli aslinya malah ga sebanding ya dgn harganya :big_dunno: Dgn range harga segitu bisa dapet oli yg lbih ok ya
beresnya aja g worth sm skali :big_biglaugh:
:ngacir:
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4419
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by Ryan Steele »

doge wrote: 01 Sep 2022, 19:13
daimler wrote: 01 Sep 2022, 16:42
doge wrote: 01 Sep 2022, 06:45 -cut-

kalo yg mpx2 sekitar 7-8th lalu emg bner... dlu pke itu di beat gnti tiap dkt 2000km... prnah sekali cek dipstik, lah kok di low aja ngga :big_dunno: lgsg ngacir ke bengkel

klo yg spx2 sepengalaman g ada nguap"nya... cmn ya itu, cpt kerasa g enak mesinnya
Sepertinya oli aslinya malah ga sebanding ya dgn harganya :big_dunno: Dgn range harga segitu bisa dapet oli yg lbih ok ya
beresnya aja g worth sm skali :big_biglaugh:
Nah... ini... :big_biglaugh: :upss:
no signature
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by daimler »

Sori OOT, karena keliatannya trit2 di motor ini ga serame yg mobil. Ogut mau nanya utk ngelumasin rantai motor ada saran selain pakai k*t? Dan intervalnya baik tiap brp km/hari?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
unna
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 18 Dec 2020, 19:04
Location: indonesia
Daily Vehicle: public transport

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by unna »

daimler wrote: 06 Sep 2022, 11:40 Sori OOT, karena keliatannya trit2 di motor ini ga serame yg mobil. Ogut mau nanya utk ngelumasin rantai motor ada saran selain pakai k*t? Dan intervalnya baik tiap brp km/hari?
Dari jaman jahiliah saia selalu pakai oli mesin bekas, aliran dompet cekak juga mendukung ramah lingkungan. Ditetesi tiap 2 minggu sekali. 1 bkn sekali cuci rantai pakai sabun colek + sabun cuci piring
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4419
Joined: 29 May 2007, 19:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by Ryan Steele »

daimler wrote: 06 Sep 2022, 11:40 Sori OOT, karena keliatannya trit2 di motor ini ga serame yg mobil. Ogut mau nanya utk ngelumasin rantai motor ada saran selain pakai k*t? Dan intervalnya baik tiap brp km/hari?
Pengalaman saya pakai chainlube, seminggu aja udah harus aplikasi lagi karena sudah kering.
Pakai oli baru lebih baik dari oli bekas, kali aja ada sisa2 dikit entah dari mana. Kali aja khilaf ganti oli revo pakai kemasan 1 liter, jadi ada sisa 200 ml, bisa bwt pelumasan :upss:
no signature
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by daimler »

unna wrote: 06 Sep 2022, 11:46
Dari jaman jahiliah saia selalu pakai oli mesin bekas, aliran dompet cekak juga mendukung ramah lingkungan. Ditetesi tiap 2 minggu sekali. 1 bkn sekali cuci rantai pakai sabun colek + sabun cuci piring
Yakin aman pakai oli bekas, ga ada efek samping ke rantainya? Pernah baca2 katanya ga disaranin pakai oli bekas, karena bikin debu cepet nempel di rantai+gear yg mana sifatnya "ngamplas" rantai ama gearnya jd cepet aus malahan. Belum lg klo olinya SAE 10w-40 mayan encer, emg ga kemana2 olinya pas rantainya muter? :big_think:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by daimler »

Ryan Steele wrote: 06 Sep 2022, 16:30 -cut-

Pengalaman saya pakai chainlube, seminggu aja udah harus aplikasi lagi karena sudah kering.
Pakai oli baru lebih baik dari oli bekas, kali aja ada sisa2 dikit entah dari mana. Kali aja khilaf ganti oli revo pakai kemasan 1 liter, jadi ada sisa 200 ml, bisa bwt pelumasan :upss:
Nah itu dia alasannya suhu mau cr selain k*t, klo oli baru pakai sisaan motor 10W-40 gapapa ya, nubi takutnya keenceran trs pas dipakai jalan, oli motornya malah bececeran kemana2 :mky_01:
Pernah baca2 jg di forum pakai oli gardan buat ngelumasin rantai, kira2 gimana suhu?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2280
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014

Post by ilhami »

Chain lube sepertinya oli kental yang dikasih pelarut, sehingga bisa encer ketika disemprot. Setelah disemprotkan ke rantai, pelarutnya menguap, dan oli kentalnya lengket ke rantai, nggak belepotan.

Kalau pakai oli biasa, olinya itu biasanya berlebihan, sehingga menangkap debu dan rantai cepat kotor. Spakbor rantai juga kena cipratan oli sehingga kotoran menumpuk disitu.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post