Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Moderator: Unta_item

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by Unta_item » 25 Nov 2012, 21:20

Musim Hujan sudah Tiba, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan, yoks priksa sendiri

1. Fisik Mobil,
-Periksa Tekanan Ban sesuai dengan yang disyaratkan,.. jangan berpikir kalau ban agak kempis akan membuat ban lebih ngak mudah selip, ban kempis akan membuat alur ban ngak efisian dalam membelah air malah bisa menyebabkan aquaplaning
- preiksa ban juga dari kegundulan bila agak gundul maka jalan satu2nya pilihlah ban yang dengan alur terbaik lalu tempatkan di roda depan.
- priksa kondisi wiper, priksa motor wiper, beserta semprotan airnya dll
- alangkah baiknya mengetahui tinggi inlet udara mobil, ini berguna untuk mencegah kerusakan mesin karena water hammer, ketika terjebak banjir.

2.Sopan Santun dijalan:
- Jaga jarak kendaraan didepan anda, sebagai patokan aman, waktu hujan deras jarak pengereman akan bertambah 2x daripada waktu kering.
- Jika hujan deras jangan sekali2 menghidupkan lampu Hazard waktu Jalan, karena akan membinguungkan penguna jalan yang lain, cukup nyalakan lampu depan, atau lampu kota. Lampu hazard hanya digunakan waktu kendaraan darurat berhenti.
- Bila hujab sangat deras bisa digunakan trik ini, carilah mobil yang jarak rodanya sama, misal inova dengan panther, kuda dll jazz dengan yaris, mazda 2 dll,... cobalah ikuti mobil didepannya, ini akan membantu jalur kendaraan anda, karena air dijalan raya udah terbelah oleh roda kendaraan didepan anda ( tepi tetap jaga jarak yang aman)
- Waktu hujan hindari melakukan manuver ekstrim dengan stir (membanting stir dengan mendadak/kasar)

3. Waktu Hujan pertimbangkan untuk memensiunkan lampu lampu yang bersinar Biru, coba ganti dengan lampu pelangi/ Kuning ... lampu kuning akan lebih tembus hujan dan kabut.

NB: Saya memakai lampu Osram Night breaker waktu musim kemarau dan Lampu 4 Seasons waktu Musim hujan

Semoga bisa membantu, Atau kalau mau ada yang menambah :mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: 09 Oct 2012, 13:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by AB1050 » 25 Nov 2012, 21:42

pengalaman ane waktu ujan deras banget sampai jarak pandang cuman beberapa meter aja, jalanan gelap gulita, sendirian gak ada kawan gak ada lawan di jalan..satu2 nya solusi yaa jalan pelan2 ngikutin garis marka :mky_01:
cilakanya kalo pas gak ada garis markanya.. :e-doh:

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5252
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by nugroho bagor » 26 Nov 2012, 08:03

tengak tengok cari hotel,nunggu reda dulu.......................... :ngacir:

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3102
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by m4rio » 26 Nov 2012, 10:32

ane demen nih kalo pas lagi dijalan apa lagi di tol tau2 hujan sederes deresnya, mantaphhhh... :mky_01:

kalo ane persiapannya lebih milih pake ban yang didesain buat jalan basah, jadi bisa agak lebih berani kalo mw terabas genangan air.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11046
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by VanzMatic » 26 Nov 2012, 14:41

Sangat tepat, om unta item..!

Kalau mobil teman2 ada yang udah pakai lampu rem tambahan bentuk segitiga macam lampu kabut belakang F1 tapi dijadiin lampu rem tambahan kesekian, mendingan dirubah jadi lampu kabut belakang. Sedikit tambahan pekerjaan, adalah memang narik kabel sampai ke dashboard, trus beli saklar pencet yang rada bagusan, sekira 75rebuan. :mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1684
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by ilhami » 26 Nov 2012, 17:38

Kenapa ya ada yang menyalakan lampu kabut belakang padahal tidak hujan. Lampunya lebih terang dari lampu rem. Apa saklar lampu kabut belakang disamakan dengan lampu kabut depan ya?

AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: 09 Oct 2012, 13:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by AB1050 » 26 Nov 2012, 18:16

nugroho bagor wrote:tengak tengok cari hotel,nunggu reda dulu.......................... :ngacir:
habis dapet hotel, tengak tengok cari yang anget-anget dulu......... :ngacir: :ngacir:

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by Unta_item » 26 Nov 2012, 18:53

ilhami wrote:Kenapa ya ada yang menyalakan lampu kabut belakang padahal tidak hujan. Lampunya lebih terang dari lampu rem. Apa saklar lampu kabut belakang disamakan dengan lampu kabut depan ya?
Sebenarnya Pemasangan Lampu kabut tambahan, yang dinyalakan waktu mobil berjalan itu sangat berbahaya bagi penguna mobil yang lain,... untuk daerah kita yang beriklim tropis, memasang lampu tambahan di bagian belakang dan dinyalakan sangat kontroversial,...
Kecuali kalau emang mau pasang hanya untuk membantu waktu kita mau mundur untuk mencari parkir itu baru bijaksana :mky_01:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16438
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by DOHC » 26 Nov 2012, 19:22

VanzMatic wrote:Sangat tepat, om unta item..!

Kalau mobil teman2 ada yang udah pakai lampu rem tambahan bentuk segitiga macam lampu kabut belakang F1 tapi dijadiin lampu rem tambahan kesekian, mendingan dirubah jadi lampu kabut belakang. Sedikit tambahan pekerjaan, adalah memang narik kabel sampai ke dashboard, trus beli saklar pencet yang rada bagusan, sekira 75rebuan. :mky_01:
boleh tau gmana skema pemasangan nya om ?? kalo ngejumper pake switch saklar lampu bawaan mobil, agak ga brani ane scara perna gosong dl.. :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by Unta_item » 26 Nov 2012, 19:32

DOHC wrote:
VanzMatic wrote:Sangat tepat, om unta item..!

Kalau mobil teman2 ada yang udah pakai lampu rem tambahan bentuk segitiga macam lampu kabut belakang F1 tapi dijadiin lampu rem tambahan kesekian, mendingan dirubah jadi lampu kabut belakang. Sedikit tambahan pekerjaan, adalah memang narik kabel sampai ke dashboard, trus beli saklar pencet yang rada bagusan, sekira 75rebuan. :mky_01:
boleh tau gmana skema pemasangan nya om ?? kalo ngejumper pake switch saklar lampu bawaan mobil, agak ga brani ane scara perna gosong dl.. :upss: :upss:
Wah um Momod DOHC bergurau nih, oke ane coba jawab ya, buat member lain kalau membutuhkan buat bermain2 dengan relay

Untuk tambahan elektronic diatas 100 watt ada baiknya memakai relay tambahan,...
untuk carannya :
1, beli relay kaki 4 atau 5
2. cara koneknya relay ada 4 kabel yaitu no 30, 85, 86, dan 87
sistem kerja relay adalah ketika kabel 85 dan 86 diberi arus maka saklar no 30 dan 87 akan terhubung

karena sistemnya begitu misal anda mau nambah keras klaxson mobil deegngan cara diberi relay maka caranya sebagai berikut...
1. jalur kabel bell yang lama dihubungkan ke relay no 86 dan 85,
2. anda tinggal menarik kabel yang besar ke kutub positif Accu lalu dihubungkan dengan relay no 30
3. Setelah itu anda tinggal menghubungkan kutub 87 relay dengan klaxson (salah satu saja, sementara satunya disambung kabel untuk ditanam ke body)

Itu ada salah satu cara jalur kabel pemakaian relay tambahan, untuk jalur yang lain sebenarnya bisa dikombinasi bermacam2 cara misal 85 jadi graound sementara 86 pengaktif .... Dlll :big_peace:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11046
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by VanzMatic » 27 Nov 2012, 13:27

ilhami wrote:Kenapa ya ada yang menyalakan lampu kabut belakang padahal tidak hujan. Lampunya lebih terang dari lampu rem. Apa saklar lampu kabut belakang disamakan dengan lampu kabut depan ya?
Ngga om... Saklar lampu kabut belakang, terpisah dengan saklar lampu kabut depan.
Menyalakan lampu kabut depan aja sudah bikin agak silau, apalagi lampu kabut belakang...!
:off_no:

Harusnya dipakai hanya saat hujan yang lebat, atau berkabut, atau kondisi penerangan yang sangat minim, atau kalau kita sedang perjalanan jauh, melewati subuh dinihari. Nah biasanya menjelang matahari muncul kan suka ada kabut, atau kalau arah kendaraan ke arah matahari, pasti kendaraan di depan akan berubah menjadi gelap.
Nah disini diperlukan lampu kabut belakang juga. IMHO..
DOHC wrote:
VanzMatic wrote:Sangat tepat, om unta item..!

Kalau mobil teman2 ada yang udah pakai lampu rem tambahan bentuk segitiga macam lampu kabut belakang F1 tapi dijadiin lampu rem tambahan kesekian, mendingan dirubah jadi lampu kabut belakang. Sedikit tambahan pekerjaan, adalah memang narik kabel sampai ke dashboard, trus beli saklar pencet yang rada bagusan, sekira 75rebuan. :mky_01:
boleh tau gmana skema pemasangan nya om ?? kalo ngejumper pake switch saklar lampu bawaan mobil, agak ga brani ane scara perna gosong dl.. :upss: :upss:
Nganu om... mohon maaf banget, ane, ngga punya skema.. :ungg: Ane bawa mobilnya ke toko variasi. Disana, saat dipasang, ditarik kabel dari bagian belakang, mengikuti jalur kabel ke arah dashboard, trus kl nda salah ambil arus dari kabel kuning deh...kabel arus saat kontak di posisi On. Seperti DRL depan ambil arus dari kabel kuning. Kontak on langsung nyala.
Cuman, bedanya, ini pakai saklar pencet yang kayak tombol Hazard nya Avanza itu..
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5252
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by nugroho bagor » 27 Nov 2012, 14:04

Hujan telah tiba hujan telah tiba hore hore hoooorrrreeeEe

MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1238
Joined: 21 Jan 2008, 22:00

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by MitshuToyo » 27 Nov 2012, 15:59

Unta_item wrote:
2.Sopan Santun dijalan:
- Jika hujan deras jangan sekali2 menghidupkan lampu Hazard waktu Jalan, karena akan membinguungkan penguna jalan yang lain, cukup nyalakan lampu depan, atau lampu kota. Lampu hazard hanya digunakan waktu kendaraan darurat berhenti.


Nanya; untuk hukum berlalu lintas di Indo gimana Om ? Adakah hitam di atas putih untuk pelarangan ini,.. ?

Kalau di negara2 barat, justru kalau hujan lebat pada nyalain lampu Hazard tuh..
kenapa beralasan pengemudi yg belakang takut tiba2 belok ? Justru seharusnya pengemudi dibelakangnya tidak usah bingung ;karena lampu itu sekaligus menandai jangan menyalip lah..
Kendaraan yg belakang biasanya bingung karena niat menyalip.. sebenarnya buat apa menyalip, pandangan terbatas, hujan deras, mending pelan2 ngekor dari belakang dulu..
Kalau mau pindah jalur, matikan hazard, trus ganti lampu sein..

kalau saya, cuek aja nyalain hazard.. yg belakang biar ikut waspada.. daripada pas ngerem mendadak trus di srondol dr belakang.. :upss:

:big_peace:
Lagi nginjek rem..

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1684
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by ilhami » 27 Nov 2012, 16:35

Sebenernya, lebih gampang mengikuti lampu merah nggak kelap-kelip dibandingkan lampu kuning kelap kelip.

Biasanya lampu kuning kelap kelip itu untuk sesuatu yang diam, misal pemisah jalur.

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11046
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by VanzMatic » 27 Nov 2012, 16:37

MitshuToyo wrote:
Unta_item wrote:
2.Sopan Santun dijalan:
- Jika hujan deras jangan sekali2 menghidupkan lampu Hazard waktu Jalan, karena akan membinguungkan penguna jalan yang lain, cukup nyalakan lampu depan, atau lampu kota. Lampu hazard hanya digunakan waktu kendaraan darurat berhenti.


Nanya; untuk hukum berlalu lintas di Indo gimana Om ? Adakah hitam di atas putih untuk pelarangan ini,.. ?

Kalau di negara2 barat, justru kalau hujan lebat pada nyalain lampu Hazard tuh..
kenapa beralasan pengemudi yg belakang takut tiba2 belok ? Justru seharusnya pengemudi dibelakangnya tidak usah bingung ;karena lampu itu sekaligus menandai jangan menyalip lah..
Kendaraan yg belakang biasanya bingung karena niat menyalip.. sebenarnya buat apa menyalip, pandangan terbatas, hujan deras, mending pelan2 ngekor dari belakang dulu..
Kalau mau pindah jalur, matikan hazard, trus ganti lampu sein..

kalau saya, cuek aja nyalain hazard.. yg belakang biar ikut waspada.. daripada pas ngerem mendadak trus di srondol dr belakang.. :upss:

:big_peace:


Ah, mosok to om?

Lha bukannya mobil2 dari luarnegeri itu malah punya lampu kabut belakang? Kan berarti kalau dari pabrikan nya ada, pasti karena diwajibkan.
Misal, yang guampang dan sederhana, lampu belakang BMW, dari jaman BMW 320i lama

Image

Kalo nda salah inget, lampu kabut belakang ada di posisi merah paling dalam.. Cmiiw..

Trus..ini..
Image
Image

:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1238
Joined: 21 Jan 2008, 22:00

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by MitshuToyo » 27 Nov 2012, 17:28

VanzMatic wrote:
MitshuToyo wrote:
Unta_item wrote:
2.Sopan Santun dijalan:
- Jika hujan deras jangan sekali2 menghidupkan lampu Hazard waktu Jalan, karena akan membinguungkan penguna jalan yang lain, cukup nyalakan lampu depan, atau lampu kota. Lampu hazard hanya digunakan waktu kendaraan darurat berhenti.


Nanya; untuk hukum berlalu lintas di Indo gimana Om ? Adakah hitam di atas putih untuk pelarangan ini,.. ?

Kalau di negara2 barat, justru kalau hujan lebat pada nyalain lampu Hazard tuh..
kenapa beralasan pengemudi yg belakang takut tiba2 belok ? Justru seharusnya pengemudi dibelakangnya tidak usah bingung ;karena lampu itu sekaligus menandai jangan menyalip lah..
Kendaraan yg belakang biasanya bingung karena niat menyalip.. sebenarnya buat apa menyalip, pandangan terbatas, hujan deras, mending pelan2 ngekor dari belakang dulu..
Kalau mau pindah jalur, matikan hazard, trus ganti lampu sein..

kalau saya, cuek aja nyalain hazard.. yg belakang biar ikut waspada.. daripada pas ngerem mendadak trus di srondol dr belakang.. :upss:



Ah, mosok to om?

Lha bukannya mobil2 dari luarnegeri itu malah punya lampu kabut belakang? Kan berarti kalau dari pabrikan nya ada, pasti karena diwajibkan.
Misal, yang guampang dan sederhana, lampu belakang BMW, dari jaman BMW 320i lama
Kalo nda salah inget, lampu kabut belakang ada di posisi merah paling dalam.. Cmiiw..


Pengalaman saya melintas beberapa kali dalam cuaca buruk di autobahn memang seperti itu sih Om,..
bahkan kadang kalau sedang melintas di autobahn trus ada bauarbeiten, secara refleks beberapa mobil menyalakan lampu hazard..
Makanya saya tanya sebenarnya ada gak peraturan hitam diatas putih ? Bisa jadi sekedar habit orang2 itu saja nyalain lampu hazard..

Imho, harus di bedakan lampu kabut dan fasilitas relay Hazard.. lampu kabut tidak memberi penjelasan apa2 selain memberi penglihatan lebih baik bagi driver di belakang kita..
Justru kita merasa tertolong oleh kendaraan depan jika menyalakan lampu hazard ; Ini lho, saya di depan.. jangan nyalip dulu.. pandangan cuma 10 meter.. didepan jg ada karavan reyot.. ada motor bonceng 6.. ada becak ngangkut gajah.. bla..bla.. gimanapun yang depan lebih tahulah situasi jalan..

Mungkin sj gw salah, males googling aturannya.. kalau memang ada pelarangan ada baiknya di share disini.. :upss:
Lagi nginjek rem..

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11046
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by VanzMatic » 27 Nov 2012, 18:08

Kalau mengenai aturan hitam di atas putihnya, jujur ane belum nemu, om... Blum sempet ubek2 mendalam di internet..
:mky_01:

Bauerbeiten atau bauarbeiten, om? Pekerjaan konstruksi jalan ya?
Mungkin siiih...ya mungkiin...karena agak ngerem mendadak, jadi menyalakan hazard..
Ane juga kalau pas di tol, kalo depan tiba tiba ngerem mendadak, ane juga langsung pencet hazard, hehe...
:mky_01:

Cuma, berdasar pengamatan orang awam kayak ane, macam mobil mobil Cina yang disini kan sudah juga dilengkapi dengan lampu kabut belakang, Kayak misalnya Cherry QQ,
Image

Cherry Tiggo,
Image

trus ini...
Image

ane emang blum tau tertulisnya di peraturan, mungkin berdasar geografis China yang lebih banyak di posisi utara, sehingga lebih banyak kabut/musim dinginnya, mungkin regulasi ini diberlakukan...

Trus kayak gini..
Image


[quote="MitshuToyo"

-cut-
Imho, harus di bedakan lampu kabut dan fasilitas relay Hazard.. lampu kabut tidak memberi penjelasan apa2 selain memberi penglihatan lebih baik bagi driver di belakang kita..

-cut-

[/quote]

Nah mungkin memang disitulah point nya om, better visual instead of worst visual when smog..

Maaf kalo ini analisis sotoy banget..
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11046
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by VanzMatic » 27 Nov 2012, 18:18

Tambahan....sebelum pulang kantor, hehe....

Ini baru ngulik mbah Wiki sebentar,,,
Tentang Rear Fog lamp
Rear fog lamps



In Europe and other countries adhering to UN Regulation 48, vehicles must be equipped with one or two bright red "rear fog lamps" (or "fog taillamps"), which serve as high-intensity rear position lamps to be energised by the driver in conditions of poor visibility to enhance vehicle conspicuity from the rear. The allowable range of intensity for a rear fog lamp is 150 to 300 candela,[13] which is within the range of a U.S. stop lamp.[5] For this reason, some European vehicles imported to the United States have their rear fog lamps wired as stop lamps, since their European-specification stop lamps may not be sufficiently intense to comply with U.S. regulations, and in North America rear fog lamps are not required equipment. However, they are permitted, and are found almost exclusively on European-brand vehicles in North America — Audi, Jaguar, Mercedes, MINI, Land Rover, Porsche, Saab and Volvo provide functional rear fog lights on their North American models. The final generation Oldsmobile Aurora also had dual rear fog lights installed in the rear bumper as standard equipment.

Most jurisdictions permit rear fog lamps to be installed either singly or in pairs. If a single rear fog is fitted, most jurisdictions require it to be located at or to the driver's side of the vehicle's centreline — whichever side is the prevailing driver's side in the country in which the vehicle is registered.[13] This is to maximise the sight line of following drivers to the rear fog lamp. In many cases, a single reversing lamp is mounted on the passenger side of the vehicle, positionally symmetrical with the rear fog. If two rear fog lamps are fitted, they must be symmetrical with respect to the vehicle's centreline.[13] Proponents of twin rear fog lamps say two lamps provide vehicle distance information not available from a single lamp. Proponents of the single rear fog lamp say dual rear fog lamps closely mimic the appearance of illuminated stop lamps (which are mandatorily installed in pairs), reducing the conspicuity of the stop lamps' message when the rear fogs are activated. To provide some safeguard against rear fog lamps being confused with stop lamps, UN Regulation 48 requires a separation of at least 10 cm between the closest illuminated edges of any stop lamp and any rear fog lamp.[13]
http://en.wikipedia.org/wiki/Automotive_lighting
monggo ditambahkan...
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8672
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by y_anjasrana » 27 Nov 2012, 23:05

terlalu serius buat oot nih..
klu ane yg disiapkan paling2 payung,
ganti karpet mobil dr berbulu jd karet, ganti karet wiper, n sedikit poles2 kaca....
Accurate V5 Accounting System Consultant

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by imsus2c » 28 Nov 2012, 01:16

MitshuToyo wrote:
Unta_item wrote:
2.Sopan Santun dijalan:
- Jika hujan deras jangan sekali2 menghidupkan lampu Hazard waktu Jalan, karena akan membinguungkan penguna jalan yang lain, cukup nyalakan lampu depan, atau lampu kota. Lampu hazard hanya digunakan waktu kendaraan darurat berhenti.


Nanya; untuk hukum berlalu lintas di Indo gimana Om ? Adakah hitam di atas putih untuk pelarangan ini,.. ?

Kalau di negara2 barat, justru kalau hujan lebat pada nyalain lampu Hazard tuh..
kenapa beralasan pengemudi yg belakang takut tiba2 belok ? Justru seharusnya pengemudi dibelakangnya tidak usah bingung ;karena lampu itu sekaligus menandai jangan menyalip lah..
Kendaraan yg belakang biasanya bingung karena niat menyalip.. sebenarnya buat apa menyalip, pandangan terbatas, hujan deras, mending pelan2 ngekor dari belakang dulu..
Kalau mau pindah jalur, matikan hazard, trus ganti lampu sein..

kalau saya, cuek aja nyalain hazard.. yg belakang biar ikut waspada.. daripada pas ngerem mendadak trus di srondol dr belakang.. :upss:

:big_peace:


paling ngga enak ngekorin mobil yg nyalakan lampu hazard, apalagi di hujan/kabut... bukan masalah pengin atau ngga pengin nyalip, tapi bikin pusing karena kedip2nya bikin efek hipnotis :roll:
sama seperti ngantri di lampu merah, mobil depan sudah nyalakan sein, padahal lampu hijau masih lama...ini juga bikin pedih dimata... nyalakan aja 3-5 detik sebelum hijau, toh traffic light jaman sekarang rata2 dipasangi timer
pengalaman nggak enak yg lain, malam malam (apalagi hujan/kabut), ngekor dibelakang mobil polisi yg strobo-nya nyala
mobil polisi jaman sekarang, lampu strobo (led)-nya terang banget
mending kalau dia jalan normal, nah ini kadang cuma jalan 30-40kpj
kalau pas ngekor di jalur marka lurus (ngga boleh nyalip)... apes deh, pening rasanya kepala/mata... kalau sudah begini, saya mendingan minggir berhenti dulu
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by andy1800 » 28 Nov 2012, 01:39

imsus2c wrote:
MitshuToyo wrote:
Unta_item wrote: 2.Sopan Santun dijalan:
- Jika hujan deras jangan sekali2 menghidupkan lampu Hazard waktu Jalan, karena akan membinguungkan penguna jalan yang lain, cukup nyalakan lampu depan, atau lampu kota. Lampu hazard hanya digunakan waktu kendaraan darurat berhenti.
Nanya; untuk hukum berlalu lintas di Indo gimana Om ? Adakah hitam di atas putih untuk pelarangan ini,.. ?

Kalau di negara2 barat, justru kalau hujan lebat pada nyalain lampu Hazard tuh..
kenapa beralasan pengemudi yg belakang takut tiba2 belok ? Justru seharusnya pengemudi dibelakangnya tidak usah bingung ;karena lampu itu sekaligus menandai jangan menyalip lah..
Kendaraan yg belakang biasanya bingung karena niat menyalip.. sebenarnya buat apa menyalip, pandangan terbatas, hujan deras, mending pelan2 ngekor dari belakang dulu..
Kalau mau pindah jalur, matikan hazard, trus ganti lampu sein..

kalau saya, cuek aja nyalain hazard.. yg belakang biar ikut waspada.. daripada pas ngerem mendadak trus di srondol dr belakang.. :upss:

:big_peace:
paling ngga enak ngekorin mobil yg nyalakan lampu hazard, apalagi di hujan/kabut... bukan masalah pengin atau ngga pengin nyalip, tapi bikin pusing karena kedip2nya bikin efek hipnotis :roll:
sama seperti ngantri di lampu merah, mobil depan sudah nyalakan sein, padahal lampu hijau masih lama...ini juga bikin pedih dimata... nyalakan aja 3-5 detik sebelum hijau, toh traffic light jaman sekarang rata2 dipasangi timer
pengalaman nggak enak yg lain, malam malam (apalagi hujan/kabut), ngekor dibelakang mobil polisi yg strobo-nya nyala
mobil polisi jaman sekarang, lampu strobo (led)-nya terang banget
mending kalau dia jalan normal, nah ini kadang cuma jalan 30-40kpj
kalau pas ngekor di jalur marka lurus (ngga boleh nyalip)... apes deh, pening rasanya kepala/mata... kalau sudah begini, saya mendingan minggir berhenti dulu
ane ngikut cerita dari orang barat aja deh, yg ane bold pertama itu.
yg ane bold kedua, sepakat. tp, emangnya klo polisi strobo nyala n jalan pelan gitu, dia gak boleh kita suruh minggir dulu ya meneer? knp?
aturannya gimana sih klo ketemu sm polisi dg strobo nyala? strobo nyala itu artinya apa, klo polisi yg sama tsb strobonya tdk nyala itu artinya apa?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by imsus2c » 28 Nov 2012, 01:46

andy1800 wrote: ane ngikut cerita dari orang barat aja deh, yg ane bold pertama itu.
yg ane bold kedua, sepakat. tp, emangnya klo polisi strobo nyala n jalan pelan gitu, dia gak boleh kita suruh minggir dulu ya meneer? knp?
aturannya gimana sih klo ketemu sm polisi dg strobo nyala? strobo nyala itu artinya apa, klo polisi yg sama tsb strobonya tdk nyala itu artinya apa?
ik kurang tau kenapa mereka (polisi) mesti nyalakan strobo, ya mungkin sebagai petunjuk identitas dari kejauhan, supaya langsung dikenali sebagai mobil dinas lagi bertugas

kalau jalurnya boleh disalip (marka putus), sudah tentu akan ik salip tanpa minta mereka minggir..
sialnya kalau marka lurus, itu sih cari perkara namanya
ya mungkin sih tujuannya baik, kalau jalur sempit marka lurus, jalan musti pelan sesuai anjuran (maks 40 kpj..., mungkin loh), jadi semacam safety car gitu kali ya? :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by poeticmind » 28 Nov 2012, 01:50

paling benar adalah kasih lampu hi beam ke polisi tersebut agar kita dikasih jalan... biasa itu... mereka akan kasih jalan kok, sy sering malah pake klakson, mereka sih cengar cengir aja..
Image

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by andy1800 » 28 Nov 2012, 02:10

poeticmind wrote:paling benar adalah kasih lampu hi beam ke polisi tersebut agar kita dikasih jalan... biasa itu... mereka akan kasih jalan kok, sy sering malah pake klakson, mereka sih cengar cengir aja..
wah. pasti ngandelin beking nih :off_no:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Hujan Telah Tiba Persiapkan Mobil anda

Post by poeticmind » 28 Nov 2012, 02:16

andy1800 wrote:
poeticmind wrote:paling benar adalah kasih lampu hi beam ke polisi tersebut agar kita dikasih jalan... biasa itu... mereka akan kasih jalan kok, sy sering malah pake klakson, mereka sih cengar cengir aja..
wah. pasti ngandelin beking nih :off_no:
itu polisi nya punya moto : MARI BIASAKAN CUKUP 40 KMPJ SAJA, STABIL... TIDAK NGEGAS, TIDAK NGEREM

:big_weee:
Image

Post Reply

Return to “Out Off Topics (OOT)”