Tips Mengganti Filter Oli sendiri

Moderator: Unta_item

Post Reply
User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Tips Mengganti Filter Oli sendiri

Post by Unta_item » 29 Jan 2014, 21:04

Cara Kerja
1. Siapkan Filter oli yang akan digunakan untuk mengganti. juga siapkan juga oli mesin sesuai spesifikasi kendaraan anda.
2. Siapkan juga Alat pembuka filter. bentuknya macam macam ada yang model tali seperti pada gambar saya (maaf udah buluk dan usang gambarnya) atau model Rantai, Bahkan ada yang model kunci. anda bisa membelinya di toko sparepart kendaraan.
3. Dengan mengunakan alat no.2 silahkan buka filter olie mobil anda. ingat arah jangan sampe terbalik. untuk membuka memakai aturan membuka baut yaitu diputar berlawanan dengan arah jam.
Image
4. Setelah filter olie berputar anda dapat membukanya dengan tangan. Pada gambar 4 akan nampak rumah filter olie yang berhasil dilepas.
5. Dengan bantukan Lap bersihkan permukaan bekas oli rumah filternya, Periksa juga terhadap keretakan dan lain lainnya.
6. Ambil Filter olie baru dan olisi sedikit dengan oli permukaan Karetnya.
7. Pasang Filter Oli dan kencangkan dengan Tangan. Setelah kencang dengan bantuan alat gambar no.2 kencangkan filter. ( Ingat jangan terlalu kencang, cukup 1/8 atau 1/4 putaran).
8. Isikan oli dan volumenya sesuai spesifikasi mobil anda.
9. Periksa Dipstik Oli.
10. Hidupkan Mesin beberapa saat lalu lihat dikolong mobil periksa terhadap kebocoran terutama di bagian tutup olie mesin dan daerah filter. Selesai.
Mudah bukan.
Semoga Bermanfaat
Diambil dari sumber
http://yamatoikwan.blogspot.com/2014/01 ... ilter.html
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Tips Mengganti Filter Oli sendiri

Post by marmut » 30 Jan 2014, 01:08

Bravo oom Unta...
Saya kalo ganti filter oli memanfaatkan drive belt bekas dan obeng buat ngungkit drive belt-nya. Dan saat pengencangan cukup pake tangan aja.
[ / ]

User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2190
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: CMH USA
Daily Vehicle: Chevrolet_Silverado_1500_LT_Z71_4x4_2018

Re: Tips Mengganti Filter Oli sendiri

Post by POS VETT » 30 Jan 2014, 01:45

Ini untuk yang tipe canister. Kalo yang cartridge gimana, Oom?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"QUINN A W"
"HKD 3070"

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Tips Mengganti Filter Oli sendiri

Post by marmut » 30 Jan 2014, 02:49

Disini mayoritas canister oom vett... Lagipun saya yakin kebanyakan pemilik mobil nggak mau ganti oli sendiri.
[ / ]

User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2190
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: CMH USA
Daily Vehicle: Chevrolet_Silverado_1500_LT_Z71_4x4_2018

Re: Tips Mengganti Filter Oli sendiri

Post by POS VETT » 30 Jan 2014, 03:56

Iya sih. Gw ganti oli2 sendiri, termasuk transmisi & gardan.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"QUINN A W"
"HKD 3070"

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8672
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Tips Mengganti Filter Oli sendiri

Post by y_anjasrana » 30 Jan 2014, 07:00

Ane ganti oli sendiri koq. cuma kadang susah bener buka filter oli. tempatnya nyelip, susah utk pakai alat apapun...
Accurate V5 Accounting System Consultant

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1682
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Tips Mengganti Filter Oli sendiri

Post by ilhami » 30 Jan 2014, 08:35

Makanya jgn terlalu kencang masangnya :ngacir:

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Tips Mengganti Filter Oli sendiri

Post by Unta_item » 30 Jan 2014, 20:44

marmut wrote:Bravo oom Unta...
Saya kalo ganti filter oli memanfaatkan drive belt bekas dan obeng buat ngungkit drive belt-nya. Dan saat pengencangan cukup pake tangan aja.
apapun alatnya boleh dipakai lagian waktu membuka kan filter olie pasti dibuang jadi agak rusak sedikit ngak masalah, kalau waktu masangnya filter oli baru harus mulus,.... :big_grin:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

Post Reply

Return to “Do It Yourself (DIY)”