Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Moderator: Unta_item

Post Reply
User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by Unta_item » 30 Oct 2012, 18:27

Dalam Rangka Mendukung Level 5 Tertinggi 4Sehat5 Sempurna Part 2 (by Ikwan S - PM028)

1. Siapkan Alat dan bahan (gambar1) Senter, palu, kunci 10, kunci 13 kunci 8 kunci 7 obeng minus.
2. Lihat gambar 2, letak segel solar
3. Cungkil dengan obeng minus yang tajam bagian pantatnya (gambar 3)
4. Gambar segel udah keluar ... (conto ada di gambar 1 yang dilingkari merah)
5. dengan kunci 13 kendurin mur nya berlawanan dengan arah jarum jam, setelah mur kendor lalu as ujungnya diputer dengan mengunakan obeng minus, searah jarum jam untuk mborosin berlawanan untuk ngurangi). mulailah dengan 1/4 atau 1/2 putaran dulu ... ntar mesin staioner akan membesar ( tanda solar lebih banyak). kemudian kencangkan mur 13 tadi dan ingat setelan obeng minus jangan ikut berubah ( ditahan )
6. Karena stationer membesar maka wajib dikecilkan, Gambar 7. pake kunci 10 kendurkan mur nya, lalu putar baut 10 sehingga tuas injector bisa bergerak kleluar.
7. Setelah itu hidupkan AC lalu setel kembali putaran mesin memlaui vakum AC (gambar8) dengan cara dikendurin murnya pake kunci 7/ 8 ) lalu ujung baut diputar searah jarum jam ... stationer akan mengecil waktu AC hidup)
8. pekerjaan 5-6 bisa di coba berulang sambil di test jalan kira2 berapa putaran yang anda butuhkasn disesuaikan dengan gaya mengemudi anda,...

NB sebagai contoh, Unta Item memerlukan 4x360 derajat ..... :)
Selamat Ber DIY Semoga Tuhan Selalu beserta Kita :)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17002
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by Turboman » 30 Oct 2012, 18:47

Efek dari teknik Tuning ini harus dimonitor dengan EGT meter

Utk Turbo Diesel boleh dilakukan, asal EGT termonitor, sedang utk Diesel non Turbo tidak direkomendasikan, supply udara yg segitu2 aja tapi supply solar ditambah dengan signifikan maka dapat dipastikan EGT akan terbang tinggi dan jika diteruskan siap2 aja utk menyambut "retaknya Cylinder head". :mrgreen:

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by Unta_item » 30 Oct 2012, 18:51

Turboman wrote:Efek dari teknik Tuning ini harus dimonitor dengan EGT meter

Utk Turbo Diesel boleh dilakukan, asal EGT termonitor, sedang utk Diesel non Turbo tidak direkomendasikan, supply udara yg segitu2 aja tapi supply solar ditambah dengan signifikan maka dapat dipastikan EGT akan terbang tinggi dan jika diteruskan siap2 aja utk menyambut "retaknya Cylinder head". :mrgreen:
Mantab nih masukan dari Suhu Turboman,.... :mky_02:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

User avatar
tomscat 505
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 30 Oct 2012, 20:17

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by tomscat 505 » 01 Nov 2012, 21:50

Turboman wrote:Efek dari teknik Tuning ini harus dimonitor dengan EGT meter

Utk Turbo Diesel boleh dilakukan, asal EGT termonitor, sedang utk Diesel non Turbo tidak direkomendasikan, supply udara yg segitu2 aja tapi supply solar ditambah dengan signifikan maka dapat dipastikan EGT akan terbang tinggi dan jika diteruskan siap2 aja utk menyambut "retaknya Cylinder head". :mrgreen:
Om Turbomen, utk yg non turbo di tuning seperti itu tp diimbangi dg memperbanyak pasokan udara ( ex. pake free flow, CAI, AIC dll) gimana om? apa masi blm bs nurunin EGT mesin om?

btw ada ga yg punya foto stelan baut full load uda kebuka yg standart a.k.a blm di oprek..? :mky_03:

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by Unta_item » 01 Nov 2012, 21:55

tomscat 505 wrote:
Turboman wrote:Efek dari teknik Tuning ini harus dimonitor dengan EGT meter

Utk Turbo Diesel boleh dilakukan, asal EGT termonitor, sedang utk Diesel non Turbo tidak direkomendasikan, supply udara yg segitu2 aja tapi supply solar ditambah dengan signifikan maka dapat dipastikan EGT akan terbang tinggi dan jika diteruskan siap2 aja utk menyambut "retaknya Cylinder head". :mrgreen:
Om Turbomen, utk yg non turbo di tuning seperti itu tp diimbangi dg memperbanyak pasokan udara ( ex. pake free flow, CAI, AIC dll) gimana om? apa masi blm bs nurunin EGT mesin om?

btw ada ga yg punya foto stelan baut full load uda kebuka yg standart a.k.a blm di oprek..? :mky_03:
Yang belon kebuka cuman di lapisi timah kayak corong gitu .... :big_smoking:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

User avatar
tomscat 505
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 30 Oct 2012, 20:17

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by tomscat 505 » 01 Nov 2012, 22:29

maksud sy, yg udah kebuka aja um Iwan tp blm diputer2 gitu... kan bisa di itung tuh jml dratnya yg keliatan...

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by Unta_item » 01 Nov 2012, 22:50

tomscat 505 wrote:maksud sy, yg udah kebuka aja um Iwan tp blm diputer2 gitu... kan bisa di itung tuh jml dratnya yg keliatan...
Ya mana bisa seperti itu, kan tiap mesin walau terlahir sama tapi setelannya ya beda,... coba anda amati motor baru didealer laru diamati setelan posisi stioner dan jarum jet needlenya (jarum angin) apakah sama motor satu dengan yang lain ??? :mky_01:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

User avatar
tomscat 505
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 30 Oct 2012, 20:17

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by tomscat 505 » 01 Nov 2012, 22:56

Unta_item wrote: Ya mana bisa seperti itu, kan tiap mesin walau terlahir sama tapi setelannya ya beda,... coba anda amati motor baru didealer laru diamati setelan posisi stioner dan jarum jet needlenya (jarum angin) apakah sama motor satu dengan yang lain ??? :mky_01:
paling gak ya mendekati variable standart lah... kali aja bisa um... hehehe.. :mrgreen:

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by Unta_item » 24 Nov 2012, 20:30

tomscat 505 wrote:
Unta_item wrote: Ya mana bisa seperti itu, kan tiap mesin walau terlahir sama tapi setelannya ya beda,... coba anda amati motor baru didealer laru diamati setelan posisi stioner dan jarum jet needlenya (jarum angin) apakah sama motor satu dengan yang lain ??? :mky_01:
paling gak ya mendekati variable standart lah... kali aja bisa um... hehehe.. :mrgreen:
:mky_01:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 814
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by RVR » 24 Nov 2012, 22:31

Unta_item wrote:
tomscat 505 wrote:
Unta_item wrote: Ya mana bisa seperti itu, kan tiap mesin walau terlahir sama tapi setelannya ya beda,... coba anda amati motor baru didealer laru diamati setelan posisi stioner dan jarum jet needlenya (jarum angin) apakah sama motor satu dengan yang lain ??? :mky_01:

paling gak ya mendekati variable standart lah... kali aja bisa um... hehehe.. :mrgreen:
:mky_01:
Pada berani ya kutak kutik inj.pump tanpa alat ukur
Resikonya serius lho
Sebenernya bisa kok dikontrol dari smoke levelnya, sebelum & sesudah distel (alatnya ada kok di beres ato bengkel yg bisa uji emisi)
Kalau udah 40% sebelum distel mendingan ga usah
distel lagi, karena lebih dari itu cuma jadi asap aja

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by Unta_item » 25 Nov 2012, 20:32

RVR wrote:
berani ya kutak kutik inj.pump tanpa alat ukur
Resikonya serius lho
Sebenernya bisa kok dikontrol dari smoke levelnya, sebelum & sesudah distel (alatnya ada kok di beres ato bengkel yg bisa uji emisi)
Kalau udah 40% sebelum distel mendingan ga usah
distel lagi, karena lebih dari itu cuma jadi asap aja
[/quote]

Mungkin bagi sebagian para Anggota SM yang jarang Ber DIY, Tampaknya DIY itu menegangkan dan menakutkan ya, karena lebih aman dan mudah untuk pergi kebengkel dan menganti disana ... karena orangnya udah master-master, udah terlalu pintar dengan berpikir jauh kedepan dengan resiko EGT melambung, Turbo remuks, mesin hancur dll, ... :mky_07:

Ya memang salah ane ngak menyajikan Thread DIY dari Awal cuman sepotong2,... pada awalnya Setel baut setelan Solar adalah Level no5 dari Thread 4 Sehat 5 sempurna Part 2 (euro2 only) (PM-028)
yang bagiannya diantaranya adalah menganjal waste gate turbo, menonaktifkan unit EGR, amputasi katalic konverter, piping manifold, dll dengan kondisi seperti itu untuk mencapai performa maksimal maka jalan satu satunya adalah memperbanyak semprotan solar .... :mky_03:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

User avatar
solar_kerosen
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by solar_kerosen » 25 Nov 2012, 21:04

Turboman wrote:Efek dari teknik Tuning ini harus dimonitor dengan EGT meter

Utk Turbo Diesel boleh dilakukan, asal EGT termonitor, sedang utk Diesel non Turbo tidak direkomendasikan, supply udara yg segitu2 aja tapi supply solar ditambah dengan signifikan maka dapat dipastikan EGT akan terbang tinggi dan jika diteruskan siap2 aja utk menyambut "retaknya Cylinder head". :mrgreen:

pusing ........... makin canggih malah makin susah nanganinnya botak kepala lama lama :e-doh:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by Unta_item » 25 Nov 2012, 21:31

solar_kerosen wrote:
Turboman wrote:Efek dari teknik Tuning ini harus dimonitor dengan EGT meter

Utk Turbo Diesel boleh dilakukan, asal EGT termonitor, sedang utk Diesel non Turbo tidak direkomendasikan, supply udara yg segitu2 aja tapi supply solar ditambah dengan signifikan maka dapat dipastikan EGT akan terbang tinggi dan jika diteruskan siap2 aja utk menyambut "retaknya Cylinder head". :mrgreen:

pusing ........... makin canggih malah makin susah nanganinnya botak kepala lama lama :e-doh:
Napain Pusing, nih coba ane terangin dikit,.. untuk mesin diesel semakin boros bensin maka mesin makin dingin, sedang pada diesel makin boros solar maka mesin makin panas ....

panas dan dingin disini maksudnya adalah suhu gas buang diexhaust manifold (knalpot lah)

dengan diboroskannya solar maka suhu Turboman takut kalau EGT mesin akan melambung tinggi sehingga mengurangi umur dari mesin,.... :mky_01:

Padahal dalam Thread 4Sehat5 Sempurna part2, udah ane boost udara sebanyak2nya seperti
membuat filter se free flow mungkin, penambahan unit CAI, memboost turbo dengan memperkeras waste gate, memakai sirip intake tambahan, memakai BFPS (boks filter with powerscoop) dll...

Jadi efek asap hitam dan EGT melambung sudah tercover dengan sendirinya :mky_02:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

mac_dhan
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 07 Jan 2013, 12:21

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by mac_dhan » 14 Apr 2013, 14:52

Unta_item wrote:
solar_kerosen wrote:
Turboman wrote:Efek dari teknik Tuning ini harus dimonitor dengan EGT meter

Utk Turbo Diesel boleh dilakukan, asal EGT termonitor, sedang utk Diesel non Turbo tidak direkomendasikan, supply udara yg segitu2 aja tapi supply solar ditambah dengan signifikan maka dapat dipastikan EGT akan terbang tinggi dan jika diteruskan siap2 aja utk menyambut "retaknya Cylinder head". :mrgreen:

pusing ........... makin canggih malah makin susah nanganinnya botak kepala lama lama :e-doh:
Napain Pusing, nih coba ane terangin dikit,.. untuk mesin diesel semakin boros bensin maka mesin makin dingin, sedang pada diesel makin boros solar maka mesin makin panas ....

panas dan dingin disini maksudnya adalah suhu gas buang diexhaust manifold (knalpot lah)

dengan diboroskannya solar maka suhu Turboman takut kalau EGT mesin akan melambung tinggi sehingga mengurangi umur dari mesin,.... :mky_01:

Padahal dalam Thread 4Sehat5 Sempurna part2, udah ane boost udara sebanyak2nya seperti
membuat filter se free flow mungkin, penambahan unit CAI, memboost turbo dengan memperkeras waste gate, memakai sirip intake tambahan, memakai BFPS (boks filter with powerscoop) dll...

Jadi efek asap hitam dan EGT melambung sudah tercover dengan sendirinya :mky_02:
:off_good_job:
Om unta, boks filter with powerscoop yg udah diaplikasi ke kucing mana fotonya. Jd pingin diterapin ke kucing ku jg kayaknya tu om. Ditunggu ya om

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5279
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by nugroho bagor » 14 Apr 2013, 17:27

Parkir mundur dulu,amankan parkirnya ntar di serobot repot

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Setel Baut Setelan Solar pada Ispan

Post by Unta_item » 17 Apr 2013, 22:19

mac_dhan wrote:
Unta_item wrote:
solar_kerosen wrote:

pusing ........... makin canggih malah makin susah nanganinnya botak kepala lama lama :e-doh:
Napain Pusing, nih coba ane terangin dikit,.. untuk mesin diesel semakin boros bensin maka mesin makin dingin, sedang pada diesel makin boros solar maka mesin makin panas ....

panas dan dingin disini maksudnya adalah suhu gas buang diexhaust manifold (knalpot lah)

dengan diboroskannya solar maka suhu Turboman takut kalau EGT mesin akan melambung tinggi sehingga mengurangi umur dari mesin,.... :mky_01:

Padahal dalam Thread 4Sehat5 Sempurna part2, udah ane boost udara sebanyak2nya seperti
membuat filter se free flow mungkin, penambahan unit CAI, memboost turbo dengan memperkeras waste gate, memakai sirip intake tambahan, memakai BFPS (boks filter with powerscoop) dll...

Jadi efek asap hitam dan EGT melambung sudah tercover dengan sendirinya :mky_02:
:off_good_job:
Om unta, boks filter with powerscoop yg udah diaplikasi ke kucing mana fotonya. Jd pingin diterapin ke kucing ku jg kayaknya tu om. Ditunggu ya om
Silahkan menuju Blog ane disana Boks Filter With Power Scoop diulas tuntas ... tau kan alamatnya ,,,,, :mky_03:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

Post Reply

Return to “Do It Yourself (DIY)”