Konsultasi Mesin

Moderator: Unta_item

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Konsultasi Mesin

Post by Unta_item » 08 Jan 2013, 20:12

ilhami wrote:Kalau Panther 97, asap nya agak kebiruan, tanda nya apa ya?
Diesel normal asap emang biru agak kehitaman dikit, tapi kalau sangat biru coba check olie mesinnya berkurang tidak, kemungkinan olie bisa naik :mky_06:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16310
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Konsultasi Mesin

Post by DOHC » 08 Jan 2013, 21:00

m4rio wrote:broo... panther ane keknya harus ganti seal crankshaft yang depan deh nih, berapaan ya?
oh ya katanya mank kalo mw ganti seal crankshaft yg belakang / crankcase mesin harus turun ya? gk salah tuh??

ada yg pernah pengalaman ganti seal crankshaft depan dan belakang?
uda mulai netes oli kalo parkir yah mar ?? mirip kejadian nya ama panty ane dulu tuhh...

sama, bengkel jg vonis musti turun mesin... ampe nanya beberapa bengkel jg blg musti turun mesin... bahkan ada yg saranin suru sekalian gear apa nya itu...

biasa isi oli brapa liter mar ?? ane dulu akhirnya ngisi cuman 4.5 liter... ilang tuh rembes oli nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: Konsultasi Mesin

Post by JESKONENG » 09 Jan 2013, 02:44

kmaren barusan ngobrol sama seorang kawan baik yg adalah pemilik Captiva VCDi. Intinya : dia ingin meningkatkan performa mesinnya secara signifikan tanpa harus memodif jeroan mesin dan bertanya apa yg harus dia lakukan, karena saya buta soal mesin diesel, enggak tau harus menjawab gimana... lalu aku teringat om Turboman, maka mohon om Turboman berkenan memberikan saran2nya .. nanti masukan2 dari om Turboman akan aku copas ke fb-nya si kawan itu...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999

User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: Konsultasi Mesin

Post by Rakean » 19 Jan 2013, 09:08

JESKONENG wrote:kmaren barusan ngobrol sama seorang kawan baik yg adalah pemilik Captiva VCDi. Intinya : dia ingin meningkatkan performa mesinnya secara signifikan tanpa harus memodif jeroan mesin dan bertanya apa yg harus dia lakukan, karena saya buta soal mesin diesel, enggak tau harus menjawab gimana... lalu aku teringat om Turboman, maka mohon om Turboman berkenan memberikan saran2nya .. nanti masukan2 dari om Turboman akan aku copas ke fb-nya si kawan itu...
mesin commonrail kalo mo naikin performa tinggal tweak ECU nya.. contoh, bisa pake ECU Shop
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - Present)

mac_dhan
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 07 Jan 2013, 12:21

Re: Konsultasi Mesin

Post by mac_dhan » 13 Apr 2013, 15:11

DjokoPM99 wrote:Selmt datang dan salam kenal Om Andi Turboman....sy PM99
Salam kenal om2 semua

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: Konsultasi Mesin

Post by JESKONENG » 18 Apr 2013, 09:59

ECU Shop brapa harganya ? bisa membuat Captiva VCDi mencatat brapa hp/nm di dyno bench ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999

mac_dhan
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 07 Jan 2013, 12:21

Re: Konsultasi Mesin

Post by mac_dhan » 19 Apr 2013, 11:30

om2 semua, apa efek suhu mesin terhadap konsumsi BBM. Berapa temperatur normal untuk panther bermesin C223. Mohon infonya

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Konsultasi Mesin

Post by Unta_item » 24 Apr 2013, 19:59

mac_dhan wrote:om2 semua, apa efek suhu mesin terhadap konsumsi BBM. Berapa temperatur normal untuk panther bermesin C223. Mohon infonya
Mesin itu seperti manusia dia punya suhu tubuh tertentu yang ideal terlalu dingin ngak boleh terlalu panas juga ngak boleh, ... biasanya diukur suhunya mesin dari suhu air pendingin yang dikontrol oleh thermosthat .... kalau untuk tepatnya suhu berapa ane kurang tahu persis :mky_01:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

mac_dhan
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 07 Jan 2013, 12:21

Re: Konsultasi Mesin

Post by mac_dhan » 29 Apr 2013, 20:48

panther kotak dgn mesin C223 pas kemarin buka thermostat ada angka 82'C. Tapi klu untuk panther yg mesin 4JA1 udah nggak ada termostatnya om, mau nya sih pasang lagi. Cuma berapa angka 'C nggak tahu, klu ada yg pernah buka mohon di share infonya ya om2 semua. Thank's

juliejumper
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 30 May 2012, 07:38

Re: Konsultasi Mesin

Post by juliejumper » 21 May 2013, 22:17

[HELP] Turbo timer panther LS 2001, matic

Malem semua....
Ceritanya gini. Tadi pagi niat manasin panther yang udah hampir 1 minggu nongkrong (kebiasaan jelek males manasin mesin). Di starter accu ga kuat ngangkat, beberapa kali dicoba tetep ga bisa.
Dengan terpaksa bongkar accu buat di stroom di tukang accu. skip..skip... sore abis pulang kerja langsung pasang accu di posisinya. Di starter mesin langsung nyala :mky_02: :mky_02: .....tenang hati ini rasanya
Selesai dipanasin, kontak dicabut eh mesin langsung mati. Feeling ada yang ga beres dengan turbo timernya neh, biasanya kan kontak dimatiin mesin tetep nyala kira-kira 30 detik buat kasih kesempatan turbo dapet pelumasan.
Coba cari sekringnya ga nemu, si turbo timernya juga ga tau posisinya tempatnya dimana :ungg: :ungg:
Mohon bantuan agan-agan semua untuk solusinya, apa yang mesti dicek, apa yang mesti ane ganti partnya atau waktu masang accu timbul short di turbo timernya ?
sekian - Terima kasih

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Konsultasi Mesin

Post by Unta_item » 28 May 2013, 21:26

juliejumper wrote:[HELP] Turbo timer panther LS 2001, matic

Malem semua....
Ceritanya gini. Tadi pagi niat manasin panther yang udah hampir 1 minggu nongkrong (kebiasaan jelek males manasin mesin). Di starter accu ga kuat ngangkat, beberapa kali dicoba tetep ga bisa.
Dengan terpaksa bongkar accu buat di stroom di tukang accu. skip..skip... sore abis pulang kerja langsung pasang accu di posisinya. Di starter mesin langsung nyala :mky_02: :mky_02: .....tenang hati ini rasanya
Selesai dipanasin, kontak dicabut eh mesin langsung mati. Feeling ada yang ga beres dengan turbo timernya neh, biasanya kan kontak dimatiin mesin tetep nyala kira-kira 30 detik buat kasih kesempatan turbo dapet pelumasan.
Coba cari sekringnya ga nemu, si turbo timernya juga ga tau posisinya tempatnya dimana :ungg: :ungg:
Mohon bantuan agan-agan semua untuk solusinya, apa yang mesti dicek, apa yang mesti ane ganti partnya atau waktu masang accu timbul short di turbo timernya ?
sekian - Terima kasih
Turbo timer biasanya diletakkan di sekjitar dasboard dekat dengan kunci kontak, kemungkinan meriset itu setelan timernya, bawa aja ke Beres untuk disetel ulang ( bila itu turbo timer bawaan OEM turing jadul)
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

wijanarko
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 24 Jul 2013, 00:43

Re: Konsultasi Mesin

Post by wijanarko » 24 Jul 2013, 01:13

salam kenal..brsan gabung..hehehe
mo tanya,nissan serena saya c26 baru mei 2013 kemarin ,sdh bermasalah di brebet klo awal start pagi,sama rpm 3000 brebet juga en ndut ndutan di gas tanggung,sudah ke beres nissan,sdh di cek semua sensor,busi,seabyek prosedural termasuk cek satu2kabelnya,dan dah jalan 6 hari ini belum kelar juga,karena menurut beres nissan smg sdh semua di cek,tinggal nunggu dari jakarta.mungkin ada pencerahan buat saya?..tx

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15243
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Konsultasi Mesin

Post by Turboman » 24 Jul 2013, 01:19

wijanarko wrote:salam kenal..brsan gabung..hehehe
mo tanya,nissan serena saya c26 baru mei 2013 kemarin ,sdh bermasalah di brebet klo awal start pagi,sama rpm 3000 brebet juga en ndut ndutan di gas tanggung,sudah ke beres nissan,sdh di cek semua sensor,busi,seabyek prosedural termasuk cek satu2kabelnya,dan dah jalan 6 hari ini belum kelar juga,karena menurut beres nissan smg sdh semua di cek,tinggal nunggu dari jakarta.mungkin ada pencerahan buat saya?..tx
bensin pakai apa ?

Sudah cek filter BBM ? ada air gak ?

wijanarko
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 24 Jul 2013, 00:43

Re: Konsultasi Mesin

Post by wijanarko » 24 Jul 2013, 01:23

sudah bro..kompliiit pliiit semuanya..pake pertamax plus..pokoknya ngikut anjuran..jadi garansi aman...cuma sy jadi kuatir soalnya beres puri smg sudah mentok..

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15243
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Konsultasi Mesin

Post by Turboman » 24 Jul 2013, 01:28

wijanarko wrote:sudah bro..kompliiit pliiit semuanya..pake pertamax plus..pokoknya ngikut anjuran..jadi garansi aman...cuma sy jadi kuatir soalnya beres puri smg sudah mentok..
yakin pertamaxnya gak ada air ?

Sensor CKP / crank angle sensor bagus ?

Filter udara std ? MAF sensor bersih ?

masuk mode ECO maupun mode normal tetap endut2-an ?

wijanarko
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 24 Jul 2013, 00:43

Re: Konsultasi Mesin

Post by wijanarko » 24 Jul 2013, 01:41

mggu kmrn sudah buka filter bensin lewat jok tengah(harusnya beres sudah tau prosedurnya ya bro?,..maap sy agak kurg paham juga)
kbtulan ada c26 test drive juga di beres jadi tuker2 an semua sensor,sampe koil,busi juga,ujung2nya ecu juga tuker..tetep sama gejalanya ga brubah..klo c 26 test drive rpm 3000 ke atas ada kaya suara dengung tambahan en tnaga tambah,klo punya saya,dengung tambahan ada,tp brebet..mode eco sama biasa sdh sy coba smua.
klo pake cruise control di jalan nanjak sy tahan di kecepatan atas(80 an)..rpm tinggi lewat 3000 brebet dulu baru stelahnya nailk 4000 lancar
o yaa agak panjang..maap..klo posisi n/p gas di injak kaget /rpm mpe 5000 mulus ga ada masalah...mhn pencerahan kmbli....tx

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15243
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Konsultasi Mesin

Post by Turboman » 24 Jul 2013, 01:49

wijanarko wrote:mggu kmrn sudah buka filter bensin lewat jok tengah(harusnya beres sudah tau prosedurnya ya bro?,..maap sy agak kurg paham juga)
kbtulan ada c26 test drive juga di beres jadi tuker2 an semua sensor,sampe koil,busi juga,ujung2nya ecu juga tuker..tetep sama gejalanya ga brubah..klo c 26 test drive rpm 3000 ke atas ada kaya suara dengung tambahan en tnaga tambah,klo punya saya,dengung tambahan ada,tp brebet..mode eco sama biasa sdh sy coba smua.
klo pake cruise control di jalan nanjak sy tahan di kecepatan atas(80 an)..rpm tinggi lewat 3000 brebet dulu baru stelahnya nailk 4000 lancar
o yaa agak panjang..maap..klo posisi n/p gas di injak kaget /rpm mpe 5000 mulus ga ada masalah...mhn pencerahan kmbli....tx
Check sensor2 di mesin mobil anda deh......MAF / CKP / Cam angle sensor, dll.

wijanarko
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 24 Jul 2013, 00:43

Re: Konsultasi Mesin

Post by wijanarko » 24 Jul 2013, 01:55

siiaap..bsok pagi sy konsultasikan lagi sarannya ke beres (opname rawat jalan,pagi antar,sore jemput)..tx..

juniarto
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 29 Oct 2013, 20:21

Re: Konsultasi Mesin

Post by juniarto » 29 Oct 2013, 21:18

Oom, salam kenal. saya pengguna panther Royale '96. Ada suara mendengung saat gigi persneling masuk. kecuali gigi 4. Dalam forum kemungkinan bearing counter gearnya. Berapa ya biaya ganti/perbaikan nya? thanks.

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Konsultasi Mesin

Post by Unta_item » 29 Oct 2013, 21:23

juniarto wrote:Oom, salam kenal. saya pengguna panther Royale '96. Ada suara mendengung saat gigi persneling masuk. kecuali gigi 4. Dalam forum kemungkinan bearing counter gearnya. Berapa ya biaya ganti/perbaikan nya? thanks.
Untuk biaya maaf tidak bisa membantu, itu sepenuhnya tergantung harga sparepart dan jasa bengkel,
Urusan dengung cobalah di analisa dengan teliti, karena itu melibatkan banyak sekali faktor, mulai dari bunyi gardan, lager roda, transmisi beserta bearingnya atau kopelpun jkadang bisa bermasalah, ngak ada salahnya anda mencari analisa dari beberapa bengkel. :mky_06:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

shama
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 31 Oct 2016, 00:20

Re: Konsultasi Mesin

Post by shama » 31 Oct 2016, 01:18

Turboman wrote:
tomscat 505 wrote: btw trimakasi om turboman atas share linknya DMax & sistem commonrailnya ISUZUnya... :frm_tumbright: pelajari dulu sblm pelihara dcab.. :mrgreen:
sama sama

itu nemu gak sengaja ternyata di luar dugaan, bagus banget ya guidance D-Max dan kupas tuntas tentang Common Rail-nya, thumbs up buat IAMI yg "niat" bikin literatur spt itu.

Harusnya motto-nya skg berubah, dari "Pake Panther pinter" menjadi "Pinter CommonRail bersama Isuzu" :mrgreen:
makasih om turbo info nya
makin kepincut aja nih ama diesel a isuzu... :big_love:

Ikmputra
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 10 Feb 2017, 13:10
Location: Bali
Daily Vehicle: captiva

Re: Konsultasi Mesin

Post by Ikmputra » 10 Feb 2017, 13:27

Selamat siang Om...
Mohon bantuan mengenai masalah pada mobil captiva diesel FL 2011.
Awalnya mobil pagi di start perlu 2x sampe 3x idupnya. Berselang 1 mnggu pagi di start dan baru mau keluar garase lampu check engine menyala mobil tdk mau jalan saat di gas dan lampu servis pun ikut nyala.sy perkirakan karena filter solar kotor karna asapnya pagi tebal.
Mobil dibawa ke bengkel saya minta ganti filter solar, filter udara.
Namun setelah selesau mesin jadi brebet dan check engine nyala lagi.
Scan ICU muncul fuel pressure hight.
Di hapus muncul lagi...
Cek electrik icu normal...
Mesin tetap brebet....
Apakah ini masalah pada injectornya? Apa ada tersumbat? Mohon bagai mana solusinya....
Karna bengkel blm berani buka injektornya...katanya mau dibelikan obat pembersih injector.....

ardianzer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 02 Jun 2010, 20:27

Re: Konsultasi Mesin

Post by ardianzer » 10 Feb 2017, 19:58

Apakah pompa solar bunyi berdenging keras om ?


Sent from my iPhone using Tapatalk

Post Reply

Return to “Konsultasi Masalah”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest